Cara Mengamankan WIFI

FAST DOWNLOADads
Download

Cara Mengamankan WIFI Agar Tidak Digunakan Orang Lain – Selain memakai layanan internet, kita juga sanggup mengakses ISP, salah satu fitur layanan yang disediakan oleh ISP ialah layanan internet nirkabel (sering disebut WIFI).





Wifi ialah jaringan yang cukup terkenal sekarang, dari pada memakai jaringan operator, banyak orang sudah mulai lebih suka memakai Wifi.





Wifi cukup simpel dan mudah, oleh lantaran itu, wifi ini telah banyak dipakai tidak hanya di kantor atau sekolah, tetapi juga telah banyak dipakai di rumah-rumah.





Tetapi banyak pengguna wifi yang tidak tau atau tidak paham bahwa jaringan wifi ialah jaringan yang paling gampang diserang oleh orang-orang pintar yang membutuhkan koneksi internet.





Ini sebagian besar disebabkan oleh kecerobohan pemilik Wifi lantaran tidak melindungi atau menawarkan keamanan atau juga kata sandi pada wifi mereka.





Mengapa Harus Mengamankan Wifi Anda





Cara




Konsekuensi yang disebabkan oleh tidak melindungi WiFi ialah sebagai berikut:





  • Mengurangi kecepatan internet dari susukan wifi yang Anda miliki lantaran Anda membagikan koneksi Anda kepada orang lain, terutama jikalau orang itu memakai wifi Anda untuk mengunduh.
  • Meningkatkan tagihan internet wifi Anda, terutama jikalau Anda membayar wifi per penggunaan atau penggunaan.
  • Membahayakan keamanan, dengan tidak melindungi wifi Anda, orang lain juga sanggup mengaksesnya dan juga sanggup mengakses file langsung yang Anda miliki melalui jaringan WiFi.




Untuk itu Anda membutuhkan keamanan atau proteksi untuk mengamankan wifi Anda, sehingga tidak sembarang orang sanggup mengakses wifi yang Anda miliki.





Pada kesempatan ini kami akan menawarkan tutorial ihwal cara gampang mengamankan wifi semoga tidak dipakai oleh orang lain.





Bagaimana caranya? Bagi Anda yang mempunyai wifi di rumah Anda, silakan lihat dengan seksama tutorial berikut.





Cara Mengamankan WIFI Agar Tidak Digunakan Orang Lain





Cara




1. Buat Kata Sandi yang Aman





Pertama, Anda harus menciptakan kata sandi yang aman. Karena ibarat yang Anda semua tahu, kata sandi ialah “gembok” pertama yang sanggup Anda gunakan untuk mengamankan wifi Anda.





Buat kata sandi yang sulit dan gampang untuk Anda ingat. Agar lebih aman, silakan buat kombinasi kata sandi dengan abjad besar dan kecil, kemudian kata dan disertai dengan tanda baca.





Jika Anda resah menciptakan kata sandi, Anda sanggup memakai pertolongan Pembuat Kata Sandi dari Norton.





Cara menciptakan kata sandi atau mengubah kata sandi pada wifi biasanya bervariasi tergantung pada merek dan perangkat yang Anda gunakan.





Jika Anda resah ihwal cara mengatur atau mengubah kata sandi, Anda sanggup mengunjungi Ciscom, Linksys, AirPort Netgear, Belkin, Apple, D-Link, TP-Link, Buffalo, 3Com untuk mengetahui cara menciptakan atau mengubah kata sandi WiFi Anda.





2. Aktifkan Enkripsi Jaringan Wifi





Sesuatu yang terkait dengan Enkripsi Jaringan Wifi ialah WPA, WEP, dan WPA2.





Ketiga hal ini ialah cara untuk melindungi wifi dan untuk menghindari anda acara pengintaian yang di lakukan hacker yang bertujuan untuk mengetahui apa yang Anda telusuri di internet sendiri.





Bagaimana cara untuk memakai enkripsi jaringan wifi ini? Caranya mudah, silakan masukkan pengaturan keamanan pada router Anda, kemudian pilih metode enkripsi yang Anda inginkan, Anda sanggup menentukan WPA, WPA2 atau WEP.





Kemudian masukkan kata sandi Anda yang rumit, memakai kombinasi abjad kecil dan besar.





3. Ubah Nama SSID





SSID ialah nama jaringan WiFi Anda. SSID ini berbeda dari satu SSID dari WLAN lain, nama SSID ini telah ditentukan dari penyedia router yang Anda gunakan ibarat “D-Link” atau “Linksys”.





Router Anda akan membagikan gosip terang ihwal SSID Anda. Makara orang lain sanggup mengetahui nama router yang Anda miliki.





Jadi, orang lain sanggup mengakses wifi Anda dengan memakai kata sandi default dengan nama pengguna router Anda.





Misalnya nama pengguna router Anda ialah admin maka kata sandi tersebut secara otomatis admin juga lantaran belum pernah diubah.





Untuk mengatasinya, Anda sanggup mematikan fitur siaran router SSID Anda melalui halaman pengaturan router Anda.





Dengan melaksanakan ini, orang lain tidak sanggup mengetahui gosip terang ihwal jaringan wifi Anda.





Orang yang sudah tahu cara mendapatkan siaran dari SSID biasanya memakai pertolongan dari perangkat lunak ibarat Kismet (Linux, Mac OS) dan inSSIDer (Windows).





Karena itu cara terbaik untuk mencegah orang lain mengetahui siaran SSID Anda ialah dengan mengubah nama pengguna dan kata sandi Anda yang merupakan default.





4. Masukkan Alamat MAC ke Sistem Router (Penyaringan Alamat MAC)





Setiap perangkat yang terhubung ke jaringan internet mempunyai ISP harus mempunyai Alamat MAC.





Agar wifi Anda lebih aman, Anda sanggup mengatur router Anda sehingga hanya sanggup mendapatkan koneksi ke alamat MAC yang sudah terdaftar di sistem router Anda.





Dan menolak semua alamat MAC yang tidak terdaftar di dalamnya. Bagaimana menemukan alamat MAC di komputer? Sangat mudah, begini caranya:





  • Tekan Ctrl + R, maka sebuah kotak akan muncul di sisi kiri bawah, ketik cmd di dalam kotak.
  • Kemudian dalam cmd, ketikkan ipconfig / all.




Setelah Anda mengambil langkah-langkah di atas, semua Alamat MAC yang terhubung ke router WiFi Anda akan muncul. Kemudian silakan masukkan Alamat MAC ke Penyaringan Alamat MAC di router.





5. Kurangi Cakupan Wifi





Setiap router wifi mempunyai jangkauan atau batas area yang berbeda tergantung pada merek router yang Anda gunakan.





Secara umum, jangkauan atau jangkauan router ialah sekitar 50 hingga 300 meter, jikalau lebih dari itu biasanya dipakai di kantor dan sekolah.





Anda sanggup mengurangi atau mengurangi area jangkauan router wifi Anda. Anda sanggup menentukan frekuensi sinyal 802.11b atau 802.11n, jangan menentukan 802.11g sehingga cakupan router Anda tidak terlalu luas.





Dengan ini hanya Anda yang berada di bersahabat router yang sanggup memakai wifi Anda.





Penutup





Demikianlah artikel kami ihwal Cara Mengamankan WIFI Agar Tidak Digunakan Orang Lain, semoga sanggup membantu anda dalam memproteksi wifi anda.





Terima kasih telah membaca artikel kami dan hingga jumpa di artikel kami selanjutnya.





Baca Juga:










FAST DOWNLOADads
| Server1 | Server2 | Server3 |
Download
Next Post Previous Post