Cara Mengatasi Bootloop Android

FAST DOWNLOADads
Download

7 Cara Mengatasi Bootloop Atau Boot Fail Pada Android + Jenis Bootloop – Jika anda membaca goresan pena ini niscaya anda sedang terkena persoalan Bootloop di android anda.





Bootloop memang merupakan salah satu persoalan yang sering dikeluhkan oleh pengguna Android.





Bootloop sendiri yaitu suatu proses / insiden di mana ponsel gagal melaksanakan booting lantaran kerusakan pada perangkat Android sehingga ponsel gagal start-up.





Itulah yang menciptakan ponsel tidak sanggup masuk ke sajian home.





Saat ini ponsel dilengkapi dengan bermacam-macam fitur canggih sehingga dalam pekerjaan apa pun sangat mudah, tetapi kehadiran fitur ini tidak menutup kemungkinan ponsel tidak akan terpengaruh oleh bootloop.





Banyak hal lain yang sanggup mengakibatkan ponsel mengalami bootloop termasuk gagal ketika meningkatkan sistem, gagal root sehingga ketika ponsel restart hanya mengatakan logo / merek ponsel.





Itu akan terus terjadi berulang kali ketika ponsel restart, kemudian lainnya hal-hal yang sanggup mengakibatkan bootloop salah memakai firmware android.





Karena hal-hal di atas, ponsel Anda mengalami bootloop. Begitu banyak yang bertanya-tanya bagaimana cara menghadapi bootloop?





kali ini kami akan menjelaskan cara menangani bootloop dengan mudah, tetapi sebelum mempelajari caranya, bootloop sendiri mempunyai aneka macam jenis dan cara menanganinya yang berbeda-beda.





Cara Mengatasi Bootloop Ponsel Android





Cara




Berikut ini yaitu jenis-jenis dan cara mengatasi bootloop pada ponsel android.





1. Bootloop Android Tipe Ringan





Jenis bootloop ini diklasifikasikan sebagai jenis ringan. Bootloop jenis ini biasanya disebabkan ketika Anda memainkan game dan menginstal APK tiba-tiba handphone me-restart sendiri atau disebut booting ulang otomatis.





Dan sesudah itu, semakin menyebalkan ponsel tidak sanggup masuk ke sajian tetapi hanya memunculkan logo ponsel saja. Itu menjengkelkan bukan? Jangan khawatir, berikut ini yaitu cara mengatasinya.





Cara Mengatasi :





Karena bootloop di atas dikategorikan sebagai tipe ringan, maka cara yang digunkanan juga sangat mudah.





Caranya yaitu anda hanya perlu melepas baterai ponsel Android Anda, tunggu beberapa ketika bila sudah kemudian pasang kembali di ponsel.





Setelah itu nyalakan ponsel Anda kembali maka ponsel biasanya akan kembali normal dan ponsel tidak lagi mengalami masalah.





Selanjutnya kami akan menjelaskan aneka macam jenis bootloop dan cara menanganinya. Penasaran, lihat lebih terperinci bagaimana cara memperbaiki bootloop android sebagai berikut.





2. Bootloop Android Tipe Sedang





Masalah bootloop yang satu ini tergolong bootloop yang tidak terlalu berat biasanya disebabkan oleh kebiasaan mengutak-atik fitur yang tersedia di Android.





Jika tidak niscaya lantaran Anda secara tidak sengaja atau bahkan sering memasuki sistem recovery tanpa mengetahui terlebih dahulu apa efeknya.





Karena gotong royong pemulihan sistem yaitu potongan terpenting dari ponsel android, biasanya dari pemulihan sistem kita sanggup melaksanakan rooting ponsel.





Atau mungkin Anda mengutak-atik tidak terperinci tanpa mengetahui dampaknya dan salah dalam mengutak-atik biasanya sanggup mengakibatkan ponsel Anda reboot / bootloop dengan sendirinya.





Tetapi jangan khawatir, jenis bootloop diklasifikasikan sebagai kategori sedang lantaran sanggup di pulihkan dengan masuk ke pemulihan sistem. kemudian membackup kembali.





Cara Mengatasi :





Hal pertama yang dibutuhkan yaitu PC / Laptop untuk menciptakan cadangan data pemulihan gambar orisinil dan pemulihan file CWM.





Metode ini hanya akan berfungsi bila Anda telah mendownload cadangan data ROM di ponsel.





3. Bootloop Android Tipe Parah





Jenis bootloop ini telah diklasifikasikan sebagai jenis yang sulit dan berat, dimana penyebabnya yaitu termasuk kesalahan ketika melaksanakan sesuatu yang berkaitan dengan hal-hal berikut di bawah ini:





  • Mengganti Stock ROM yang berbeda
  • Kompilasi APK yang salah
  • Melakukan peningkatan sistem operasi




Aktivitas di atas merupakan jenis acara yang sanggup memicu bootloop yang sudah tinggi / sulit.





Karakteristik ponsel yang terkena bootloop tipe ini yaitu bahwa ponsel tidak sanggup masuk ke sajian utama dan tidak sanggup lagi dipakai atau sering disebut sebagai kemacetan total.





Cara Mengatasi :





Pada kasus bootloop di atas, telah digolongkan sebagai bootloop yang sudah parah, sehingga cara menanganinya berbeda dengan cara-cara yang sebelumnya.





Yang harus dipersiapkan yaitu pc / laptop dan juga harus diinstal dengan aplikasi khusus untuk menginstal ulang Sistem Operasi pada Android atau sanggup juga untuk melaksanakan flasing ROM (firmware).





Perlu diingat bagaimana cara menginstal android yang berbeda sesuai cita-cita Anda dan sesuai dengan merek ponsel Anda.





Bagaiman Cara Mengatasi Bootloop Ponsel Android Tanpa PC?





Cara




Kami mempunyai 4 cara untuk Anda mencoba menangani bootloop di ponsel Anda, metode ini sanggup dilakukan sendiri tanpa harus dibawa ke Layanan Pelanggan atau konter HP. Inilah caranya:





1. Mulai ulang ponsel





Ini cara pertama yang sanggup Anda lakukan bila bootloop Anda berada pada level ringan, biasanya lantaran kesalahan operasi data tanpa melalui Mode Pemulihan.





Caranya mudah, yaitu me-restart ponsel dengan mematikan ponsel, mengeluarkan baterai, kartu SIM, dan kartu SD. Tunggu ponsel Anda hingga setidaknya 15 menit.





Pasang kembali baterai, SIM, dan Kartu SD dan salahkan kembali ponsel Anda. Jika masih tidak berhasil, coba gunakan metode selanjutnya.





2. Hapus Partisi Cache





Wipe Cache Partition yaitu cara yang cukup ampuh untuk menangani bootloop. Dengan cara ini Anda sanggup melakukannya tanpa takut kehilangan semua data HP Anda juga kawan.





Metode ini cukup mudah, yaitu masuk ke Recovery Mode pada ponsel Anda dan pilih Wipe Cache Partition dan pilih Yes.





Cara untuk masuk ke Mode Pemulihan pada setiap ponsel berbeda, berikut cara masuk ke Mode Pemulihan pada beberapa merek HP:





  • Samsung: Tombol Beranda + daya atau Beranda + Volume Naik + Daya
  • Huawei: Tombol daya + Volume naik
  • LG: Beranda + Volume Naik + Daya
  • Asus: Power + Volume Up hingga logo muncul, lepaskan tombol Power sambil terus menekan Volume Up.
  • HTC: Daya + Volume Turun + Daya




Ponsel Anda akan kembali ke halaman utama bila berhasil. Jika Anda masih mempunyai masalah, maka Anda harus melaksanakan Reset Pabrik.





3. Reset Pabrik





Cara paling efektif untuk mengatasi bootloop yang sanggup Anda lakukan yaitu dengan melaksanakan Wipe Data atau Factory Reset HP Anda melalui Recovery Mode.





Secara teknis metode ini akan mengatur ulang perangkat lunak sistem dan membuatnya terlihat menyerupai ketika pertama kali sistem diinstal. Saat Anda berada di sajian Mode Pemulihan, pilih Atur Ulang Pabrik kemudian pilih Ya.





Sistem akan memproses secara otomatis, biarkan ponsel Anda melaksanakan Factory Reset tanpa terganggu. Setelah berhasil, ponsel Anda harus pergi ke halaman Beranda.





4. Flashing ROM





Flashing ROM yaitu cara paling rumit dan berat untuk menuntaskan persoalan bootloop. Menggunakan metode ini hanya dipakai bila ponsel Anda mempunyai persoalan bootloop yang serius.





Biasanya persoalan bootloop ini disebabkan oleh salah menginstal Custom ROM atau pembaruan OS yang salah ke ponsel Anda.





Cara yang harus dilakukan untuk mengatasinya yaitu menginstal ROM yang kompatibel dengan ponsel Anda.





Penutup





Demikian artikel kami wacana 7 Cara Mengatasi Bootloop Atau Boot Fail pada Android + Jenis Bootloop, semoga sanggup membantu dan menambah wawasan anda.





Terima kasih telah membaca dan hingga berjumpa di artikel kami selanjutnya.





Baca Juga:









F.A.Q.





Apa itu Bootloop?

Bootloop yaitu suatu proses di mana ponsel gagal melaksanakan booting lantaran kerusakan pada perangkat Android.

Apa Penyebab Android Bootloop?

Biasa nya lantaran menginstal aplikasi terlalu banyak atau juga melaksanakan Root yang gagal.

Apa itu Flashing?

flashing yaitu proses menginstal ulang atau mengganti firmware atau ROM yang ditemukan pada ponsel android.


FAST DOWNLOADads
| Server1 | Server2 | Server3 |
Download
Next Post Previous Post