Cara Mengatasi “Your Connection is Not Secure”

FAST DOWNLOADads
Download

Cara Mengatasi “Your Connection is Not Secure” dengan Mudah – Pernahkah Anda melihat Koneksi Anda bukan peringatan aman? Meskipun Anda sibuk menjelajahi browser web tetapi tiba-tiba notifikasi muncul, frustrasi atau bahkan panik?





Sepertinya sebagian besar pengguna Chrome dan Mozilla Firefox telah mengalami problem ini. Tidak perlu risau sebab sebenarnya untuk mengatasi problem yang satu ini sangat mudah.





Karena dalam diskusi ini kami akan memperlihatkan beberapa cara untuk mengatasi problem Koneksi Anda tidak Aman. Lihat klarifikasi lengkapnya.





Apa Itu yang di maksud Your Connection is not Secure





Your Connection is not Secure ialah kanal internet Anda tidak aman. Biasanya pesan akan muncul kalau terjadi kesalahan pada SSL.





SSL umumnya dipakai untuk menjaga keamanan atau privasi informasi yang dimasukkan pengguna di situs web. Tentu saja, sebagian besar situs web sudah memakai dukungan ini.





Jadi kalau Anda mengunjungi alamat situs web dan mendapatkan pesan kesalahan maka sangat mungkin bahwa situs web tersebut belum diverifikasi atau mempunyai sertifikasi yang valid.





Itu berarti situs web tidak mempunyai enkripsi yang besar lengan berkuasa uagar melindungi hal pribadi Anda. Umumnya jenis situs web yang dianggap tidak kondusif ialah yang mempunyai alamat url http: //.





Karena itu kalau Anda mengunjungi alamat web dan mendapatkan pesan, Anda harus berhati-hati.





Namun, kalau Anda menemukan peringatan ini ketika mengakses situs web terkenal menyerupai Twitter, Facebook, Google atau sejenisnya, maka Anda sanggup mengatasinya dengan langkah-langkah berikut.





Cara Mengidentifikasi Situs Web Tidak Aman





Perlu Anda ketahui, tampilan pesan “Your Connection is not Secure” ada kemungkinan besar bahwa situs yang Anda kunjungi memang tidak kondusif untuk perangkat PC Anda.





Biasanya situs tidak kondusif akan ditandai dengan yang berikut:





1. Untuk Pengguna Browser Desktop





Jika satu situs memenuhi satu bahkan lebih kondisi kegagalan yang sudah disebutkan di atas, browser desktop niscaya menampilkan tag “Tidak Aman” di sebelah ujung kiri bilah navigasi (tempat URL dimasukkan dan ditampilkan).





Biasanya disertai dengan gembok yang tidak dikunci. Ikon informasi “saya atau instruksi visual lainnya yang berbeda dari ikon gembok hijau yang menyertai situs yang aman.





Jadi cobalah untuk memperhatikan situs yang Anda kunjungi.





2. Untuk Pengguna Browser Seluler





Browser seluler biasanya tidak menghasilkan URL untuk memberi ruang bagi teks “Tidak Aman”, tetapi hanya mengandalkan ikon yang berbeda.





Pengguna seluler menampilkan situs yang kondusif dengan gembok tertutup hijau, dan situs yang tidak kondusif dengan indikator terpisah. Biasanya gembok non-hijau gembok atau ikon informasi dengan simbol “i”.





Cara Mengatasi “Your Connection is not Secure”





Pernahkah




Jadi, kalau Anda mengunjungi situs web dan mendapatkan pesan menyerupai itu Anda disarankan untuk berhati-hati.





Tetapi kalau pesan keluar ketika membuka beberapa situs web terkenal menyerupai Google, Facebook, Twitter, dan sejenisnya, Anda sanggup mencoba menuntaskan problem dengan cara berikut.





1. Perbarui browser Anda





Ternyata memperbarui peramban web yang dipakai juga sanggup menjadi solusi untuk mengatasi munculnya pesan koneksi Anda tidak aman.





Jika Anda telah memakai beberapa metode sebelumnya dan masih tidak sanggup menuntaskan masalah, cobalah memperbarui peramban ke versi terbaru.





Untuk memperbarui browser cukup gampang sebab hanya perlu memperbarui secara eksklusif melalui masing-masing browser.





Untuk semua pengguna Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera dan browser lainnya, silakan perbarui dulu.





Jika Anda tidak sanggup memperbarui browser Anda dari dalam, Anda harus mengunduhnya lagi dari perangkat lunak browser.





“Your Connection is not Secure” sanggup menjadi problem sepele yang sering muncul sebab tanggal atau tanggal dan waktu sistem pada perangkat yang Anda gunakan tidak sesuai atau tidak diperbarui.





2. Bersihkan Cache dan Riwayat di Browser





Coba hapus cache dan riwayat di browser. Cache merupakan track record yang ada di browser ketika berselancar di internet mengunjungi banyak sekali browser.





Sehingga semakin banyak cache yang ada di browser, semakin besar risiko browser akan mengalami gangguan atau masalah.





Bagaimana cara menghapus cache di browser? Anda sanggup masuk ke sajian di sudut kanan atas kemudian pilih histori. Di sajian riwayat, Anda sanggup mengeklik hapus data penelusuran.





Kemudian pilih semua dan klik tombol hapus. Selanjutnya pergi ke opsi pengaturan dan cari penggalan perubahan proxy. Lalu pergi ke tab keamanan dan privasi dan pilih tingkat menengah.





Kemudian tutup browser Anda dan tunggu beberapa ketika dan buka kembali. kini cobalah untuk mengakses situs web yang sebelumnya mendapatkan pemberitahuan “Your Connection is not Secure”.





3. Atur Sistem Waktu dan Tanggal





Untuk mengatasinya dengan sangat mudah, Anda hanya perlu menyesuaikan tanggal dan waktu pembaruan pada perangkat Anda.





Anda melaksanakan ini dengan mengunjungi Tanggal dan waktu di sudut kanan perangkat kemudian pilih ubah pengaturan tanggal dan waktu.





Setelah itu, sesuaikan saja dengan tanggal dan waktu ketika ini.

Bersihkan Cache dan Riwayat di Browser





Jika Anda telah melaksanakan metode sebelumnya tetapi masih gagal dan peringatan keamanan koneksi muncul maka Anda sanggup mencoba metode kedua ini.





4. Jangan Menonaktifkan Protokol Pemindaian SSL di Antivirus





Misalnya, kalau Anda telah mematikan pemindaian protokol SSL pada antivirus dan ternyata pesan koneksi Anda tidak kondusif tidak lagi keluar, masalahnya memang pada antivirus yang digunakan.





Tetapi sehabis itu masih ada sesuatu yang harus dilakukan, yaitu menghapus riwayat browser Anda dan mencoba menginstal ulang versi terbaru dari browser yang digunakan, termasuk perangkat lunak antivirus dan sistem operasi itu sendiri.





Jika Anda telah melaksanakan langkah-langkah di atas, kini Anda sanggup mencoba untuk mengaktifkan kembali pemindaian protokol SSL di pengaturan antivirus.





Masih tidak berhasil juga dengan memakai metode di atas? Maka cara lain ialah dengan menghapus akta cert8.db yang disimpan.





5. Akses Situs Web dengan Mode Pribadi





Pernahkah Anda mendengar perihal mode privat? Mode ini ialah cara untuk mengakses situs web di mana tidak ada yang sanggup mengetahui acara Anda.





Menggunakan mode pribadi ini akan menghapus sebagian besar komponen data pribadi. Namun untuk pengunduhan data dan bookmark masih tersimpan.





Selain itu mode pribadi ini juga tidak menyimpan cookie, data situs web, riwayat perambanan, atau jenis informasi lain yang dimasukkan ke dalam formulir ketika masuk ke situs web.





Karena itu, kalau Anda telah memakai metode sebelumnya tetapi gagal menuntaskan problem koneksi Anda tidak aman, Anda sanggup mencoba mengaksesnya lagi memakai mode pribadi.





Cara melaksanakan ini cukup gampang dengan menekan tombol ctrl + shift + N pada keyboard. Kemudian semua yang terbaru di jendela pribadi juga dibuka melalui mode pribadi.





Solusi lain ialah mencoba menonaktifkan pemindaian protokol SSL yang ada di pengaturan antivirus Anda.





Tujuan langkah ini ialah untuk mengidentifikasi apakah ada problem sebab acara antivirus yang bertentangan dengan enkripsi data.





6. Menghapus Sertifikat cert8.db





Karena biasanya problem munculnya koneksi Anda tidak kondusif ialah sebab akta cert8.db yang rusak.





Jadi untuk mengatasinya Anda harus menghapus file dan membiarkan browser Anda memperbarui file.





Jika situs yang ingin Anda kunjungi mempunyai enkripsi yang lemah, maka Anda akan diberikan opsi untuk memuat ulang situs web dengan beberapa opsi.





Tetapi penting untuk mengetahui bahwa situs web orisinil tidak meminta Anda untuk lulus akta dan kalau mereka memintanya.





Maka Anda perlu mengusut apakah situs web yang Anda kunjungi sedang mencoba melaksanakan phishing atau memang situs web palsu. Cara menghapus cert8.db di Firefox:





  • Tekan Win-R pada windows untuk masuk ke sajian run.
  • Ketik% appdata% kemudian masukkan.
  • Cari folder Mozilla ⇒ Firefox ⇒ Profil ⇒ e2ufiejg.default.
  • Kemudian cari file berjulukan cert8, harap hapus.




7. Pindai Perangkat untuk Mendeteksi Malware





Cara lain yang sanggup Anda lakukan untuk mengatasi problem koneksi Anda yang tidak kondusif ialah dengan mengusut dan melaksanakan pemindaian sistem penuh pada perangkat.





Tujuannya ialah untuk mengetahui apakah sistem Anda diserang oleh Malware atau tidak. Karena sanggup jadi Malware atau virus yang mengancam komputer/PC Anda dan menjadi penyebab timbulnya problem ini.





Anda sanggup memakai Windows Defender (program antivirus bawaan), yang melindungi komputer Anda dari virus, spyware, dan perangkat lunak berbahaya lainnya.





8. Nyalakan kembali Router





Ada kemungkinan bahwa router menyebabkan “Koneksi Anda tidak aman” dan perlu dimulai ulang. Untuk memulai kembali router Anda, cari tombol daya dan tekan hingga Anda melihat perangkat mati.





Tunggu sekitar 30 detik dan kemudian nyalakan kembali router. Tunggu hingga daya menyala dan terkonfigurasi penuh.





Penutup





Demikianlah artikel kami perihal Cara Mengatasi “Your Connection is Not Secure” dengan Mudah, semoga sanggup bermanfaat dan membantu anda dalam mengatasi koneksi yang tidak kondusif pada browser anda.





Terima kasih telah membaca artikel kami dan hingga jumpa di artikel kami selanjutnya.





Baca Juga:














FAST DOWNLOADads
| Server1 | Server2 | Server3 |
Download
Next Post Previous Post