Contoh Motto Hidup

FAST DOWNLOADads
Download

–  Pasti pernah, dong, mendapat pertanyaan atau kalimat ibarat ini? Biasanya, ketika kita menjadi akseptor MOPD atau PKKMB, pertanyaan mengenai motto hidup terus berkumandang. Bahkan, terkadang disuruh untuk membuat referensi motto hidup.


Tidak hanya itu, bahkan terkadang untuk mengisi sebuah fomulir atau surat lamaran kerja, tidak jarang perusahaan meminta pelamar untuk memasukkan motto hidupnya.  Sayangnya, banyak orang yang tidak tahu ketika ditanya wacana motto hidup. Ada pula yang gres membuat motto hidup sesudah ditanya. Sebenarnya, apa, sih, motto hidup itu?


mendapat


Pengertian Motto Hidup


Motto sendiri berarti prinsip hidup. Biasa pula disebut dengan semboyan ataupun anutan dalam hidup. Beberapa orang menganggap bahwa motto yakni sebuah kalimat yang menggambarkan sifat individu seseorang.


mendapat


Manfaat Motto Hidup


Meskipun terlihat sepele, ternyata motto hidup mempunyai beberapa efek baik bagi kehidupan kita, loh. Berikut beberapa manfaat dari motto hidup:



  • Dapat menghancurkan pikiran negatif

  • Bisa membantu dalam mengubah kebiasaan jikalau diyakini dengan benar

  • Mengukuhkan prinsip hidup

  • Mengingatkan kita terhadap moralitas hidup

  • Mengandung nilai kehidupan dan nurani

  • Dapat menenangkan pikiran.


Ada beberapa jenis motto hidup yang bisa dijadikan anutan dalam hidup. Beberapa di antaranya yakni motto hidup islami, motto hidup motivasi, motto hidup bijak, motto hidup lucu, unik, dan lain sebagainya.


Berikut beberapa referensi motto hidup yang bermakna dan sangat bagus untuk diterapkan ke dalam kehidupan:


Motto Hidup Islami


mendapat


Biasanya, motto hidup islami ini diambil dari potongan-potongan ayat suci Al-Qur’an maupun dari hadist-hadist shahih yang bisa memacu semangat orang yang mendengarnya. Ada begitu banyak ayat Al-Qur’an dan hadist yang isinya bisa dijadikan motto hidup kita.


Beberapa di antaranya adalah:




  • Jika kau berduka cita




“Jika kau berduka cita, sesungguhnya Allah bersama kita”


Ini yakni arti dari Qur’an surah At-taubah ayat 40. Selain mempunyai arti yang indah, ayat ini juga bisa dijadikan sebagai motto hidup, loh. Ini dikarenakan ayat ini mengajarkan supaya kita tetap bisa tegak menghadapi kehidupan, alasannya selalu ada Allah yang berada di sisi kita.




  • Man Jadda wa Jada




Bagi penggemar novel Negeri 5 Menara, niscaya sudah tidak absurd dengan slogan Man Jadda wa Jada, kan? Slogan ini bekerjsama yakni salah satu mahfudzot atau biasa disebut juga dengan pepatah dari Arab yang paling populer di kalangan santri bahkan orang awam di negeri kita. Artinya kurang lebih yakni siapa yang bersungguh-sungguh, maka ia yang akan mendapatkan.


Mahfudzot ini bisa dijadikan sebagai salah satu motto hidup lantaran mengajarkan kita semoga terus bersungguh-sungguh dalam mengejar sesuatu. Tanpa kesungguhan, niscaya tidak akan ada yang bisa kita dapatkan.




  • Man Laa Yarham Laa Yurham




Yang satu ini juga yakni salah satu mahfudzot yang cukup terkenal. Artinya kira-kira yakni barang siapa yang tidak mempunyai kasih sayang, maka tidak dikasih-sayangi. Ini bisa dijadikan sebagai anutan hidup semoga tidak lupa untuk saling mengasihi kepada sesama manusia. Sebab, bekerjsama hidup ini selalu menuai apa yang kita tabur.




  • Adaabul Mar’i Khoiru min Dzahabi




Ini juga salah satu mahfudzot yang cukup populer dan bisa dijadikan sebagai motto hidup. Artinya yakni adab lebih berarti daripada emas.


Maksudnya yakni ketika seseorang mempunyai adab yang bagus, maka itu akan lebih dihargai daripada mempunyai banyak emas. Motto hidup ini akan memotivasi kita untuk tetap mengutamakan adab dalam hal apapun.




  • Bicaralah yang Baik atau Diam




Ini yakni salah satu motto hidup yang  paling populer dan sekaligus paling baik. Kalimat ini mengajarkan kita semoga tetap menyampaikan hal-hal yang baik saja. Jika tidak bisa menyampaikan hal yang baik, maka membisu yakni lebih baik. Motto ini bisa membuat kita lebih menjaga korelasi horizontal kepada sesama manusia.




  • Lakukan lantaran Allah




Motto hidup ini mempunyai banyak hikmah yang bisa dipetik. Salah satunya yakni mencar ilmu nrimo dan sabar. Jika kita telah melaksanakan segala sesuatu dengan didasari niat lantaran Allah, pastilah hati kita akan melakukannya dengan lebih lapang.


Dengan menggunakan motto hidup ini, seandainya perjuangan yang kita lakukan gagal, maka kita juga akan bisa lebih bersabar. Karena intinya kita melaksanakan semua itu lantaran Allah dan hanya untuk Allah.


Motto Hidup Motivasi


mendapat


Motto hidup motivasi biasanya dipakai untuk memotivasi jikalau kita sedang gagal atau down. Bisa juga untuk dijadikan sebagai sumber semangat semoga semakin ulet mengejar cita-cita. Biasanya,  mottoo hidup motivasi dikutip dari beberapa orang populer yang menginspirasi atau dari kutipan novel yang menyentuh.


Berikut beberapa motto hidup motivasi yang bisa kau jadikan sebagai referensi dalam membuat motto hidupmu sendiri:




  • Pengalaman yakni Hal yang Paling Berharga




Motto hidup ini cocok untuk kau yang suka mengikuti sebuah perlombaan atau kompetisi. Dalam sebuah kompetisi, kau harus menanamkan prinsip bahwa kemenangan bukanlah hal utama. Yang paling penting yakni bagaimana kau mendapat pengalaman dan sanggup mencar ilmu menjadi lebih baik lagi dari pengalaman itu.




  • Jika Dia Bisa, Mengapa Saya Tidak?




Mungkin sudah banyak orang yang mempunyai motto hidup ibarat ini: ‘Jika ia bisa, mengapa saya tidak’. Tidak heran, motto hidup ini memang sangat bagus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain sanggup mempertajam jiwa kompetitif dan optimisme, motto ini juga bisa mendorong kau untuk berbuat maksimal terhadap apa yang sedang diusahakan.




  • Coba Saja Dulu, Masalah Gagal Soal Nomor 2




Kata-kata ini juga niscaya sudah tidak absurd lagi di telinga. Prinsip hidup yang satu ini mempunyai kekuatan yang mendorong kau untuk berani mencoba hal baru. Biasanya, motto ini juga dipakai orang yang berani mengambil resiko besar dalam hatinya.


Orang yang mempunyai motto ini tidak akan ragu dalam tetapkan langkah dan selalu berani mencoba hal baru. Baginya, tidak berani mencoba yakni kegagalan yang tidak bisa diperbaiki. Sementara jikalau ia sudah mencoba dan gagal, maka ia bisa mencari jalan lain untuk berhasil dalam percobaannya.




  • Saya Harus Lebih Baik dari yang Terbaik




Dalam menjalankan prinsip hidup, biasanya orang yang mempunyai motto hidup ini akan melaksanakan segala sesuatu dengan maksimal dan fokus. Ini lantaran orang yang mempunyai prinsip ini mempunyai sasaran yang cukup tinggi dalam hidupnya sekaligus yakin terhadap apa yang ia kerjakan.


Prinsip ini juga bisa mendorong orang untuk lebih yakin dalam menjalani hidupnya. Bahwa semua orang bisa melaksanakan hal yang lebih baik dan terus memperbaiki diri menjadi lebih baik lagi.




  • Bermimpilah dan Take Action




Orang yang mempunyai motto hidup bermimpilah dan take action biasanya mempunyai semangat hidup yang lebih besar lengan berkuasa dari orang lain. Dia tahu apa yang ia inginkan dan dengan sabar menjalani proses untuk meraih mimpinya.




  • Bermimpilah dalam Hidup, Jangan Hidup dalam Mimpi




Kalimat ini juga niscaya sudah tidak absurd lagi, kan? Ini yakni kutipan dari novel best seller karya Andrea Hirata dalam seri Laskar Pelanginya yang kedua, yakni Sang Pemimpi. Kutipan ini sanggup dijadikan sebuah motto hidup.


Prinsip ini akan mendorong kita bermimpi lebih tinggi lagi dengan sasaran capaiannya yang juga tinggi. Tapi di samping itu, kita juga diingatkan semoga jangan hidup di dalam mimpi. Maksudnya adalah, jangan hingga hanya lantaran bermimpi kita lupa melaksanakan take action di kehidupan nyata. Mimpi tanpa agresi kasatmata hanya akan menjadi mimpi selamanya.




  • Mimpi Tidak untuk Dibicarakan, Melainkan Diperjuangkan




Motto hidup ini juga tidak kalah memotivasi dari motto hidup yang lain. Ini yakni kutipan dari novel 2 yang ditulis oleh Dhony Dirgantoro yang menulis novel mega best seller 5 CM. Prinsip hidup ini akan membuat orang untuk lebih sedikit berbicara soal mimpi dan harus lebih banyak berjuang demi mimpi yang ingin dicapai.




  • Memanfaatkan Waktu dengan Baik




Motto ini yakni final dari kutipan yang menyampaikan bahwa ‘yang harus kita putuskan yakni apa yang akan kita lakukan dengan waktu yang sudah diberikan’. Kalimat ini yakni kalimat yang dilontarkan J.R.R Tolkien dalam bukunya yang berjudul The Lord of The Rings.


Maksud dari motto hidup ini sudah jelas, yakni mendorong orang untuk tidak menyia-nyiakan waktu dan tetap teguh di dalam prinsipnya.


Motto Hidup Bijak


mendapat
Motto Hidup Bijak

Motto hidup yang bijak ini biasanya lahir dari pengalaman pribadi. Semakin banyak pengalaman hidup yang kau dapatkan, semakin bijak pula motto hidup yang kau punya. Orang yang mempunyai perilaku remaja dan penuh pertimbangan biasanya mempunyai motto hidup bijak.


Berikut beberapa motto hidup orang bijak:




  • Jangan Menghakimi Orang Lain




“Jangan pernah menghakimi orang lain. Kamu tidak tahu apa yang ia alami dan ia pikirkan.”


Motto hidup ini mempunyai arti untuk tidak terlalu cepat menjatuhkan evaluasi terhadap perilaku yang diambil seseorang. Kenapa ibarat itu? Karena kita tidak pernah mengenal orang 100%. Kita juga tidak tahu apa yang telah ia alami dan ia pikirkan, sehingga kita tidak berhak menghakimi tindakannya.


Prinsip jangan menghakimi ini bekerjsama bagus diterapkan pada masa sekarang, masa dimana cyber-bullying merajalela. Hanya saja, jikalau terlalu meyakini mottp jangan menghakimi orang lain, takutnya kita justru tidak tahu membedakan mana yang benar dan mana yang salah.




  • Pikir Sebelum Bertindak




“Berpikirlah Sebelum Bertindak”


Pasti sudah sering mendengar motto hidup yang satu ini, kan?  Motto ini tampaknya sudah banyak dipakai oleh orang lain, tapi juga tidak lekang oleh waktu.


Berpikir sebelum bertindak yakni salah satu motto hidup yang bijak lantaran sanggup menghipnotis kita untuk tidak bertindak sembarangan. Banyak orang zaman kini yang bertindak dahulu mengikuti emosi sesaat gres berpikir. Padahal, hal ini sanggup merugikan kita. Salah satu kerugiannya yakni sanggup mengurangi kepercayaan, dapat dipercaya diri, dan kekerabatan kita.


Itulah sebabnya amat baik jikalau seseorang mempunyai motto Pikir Sebelum Bertindak.




  • Mengamati kemudian Belajar




Motto hidup ini mungkin jarang didengar oleh publik, padahal motto ini yakni salah satu motto hidup terbijak yang pernah ada. Motto ini mempunyai makna untuk mengamati keadaan sekitar, baik alam maupun tingkah laris insan kemudian mencar ilmu dari sana.


Keuntungan orang yang mempunyai motto ini yakni mereka sanggup mencar ilmu dari kesalahan orang lain, sehingga mereka sanggup terhindar dari membuat kesalahan-kesalahan yang tidak perlu. Mengamati kemudian Belajar yakni motto hidup yang sanggup mempercepat kesuksesan tiba kepadamu.




  • Pikiran Membuat Anda Bijaksana




Kata-kata ini diucapkan oleh John Patrick yang juga seorang dramawan dan penulis skenario di Britania Raya, Inggris. Kata mutiara ini bisa juga dijadikan sebagai motto hidup semoga kita lebih banyak berpikir untuk mendapat kebijaksanaan.


Bijaksana sendiri memang bisa didapatkan dengan banyak merenung dan berpikir. Mengintropeksi diri sekaligus mencari solusi atas dilema yang pernah dihadapi. Itulah sebabnya kata mutiara “Pikiran Membuat Anda Bijaksana” sangat cocok untuk dijadikan sebagai salah satu motto hidup bijak.




  • Tua Itu Pasti




Pasti pernah mendengar kalimat yang berbunyi ‘Tua Itu Pasti, Dewasa Itu Pilihan’ bukan? Itu yakni sebuah kata mutiara yang dikeluarkan oleh legenda sepak bola Indonesia, Bambang Pamungkas.


Kata mutiara itu juga bisa dijadikan motto hidup, loh. Alasannya yakni dengan menggunakan motto hidup ibarat itu, kita bisa terus berusaha untuk berpikir dan bersikap dewasa.




  • Menyerah yakni Jalan Orang Gagal




Motto hidup bijak yang satu ini cocok untuk orang yang ingin mengejar mimpi-mimpinya. Pasalnya, setiap orang berusaha mengejar mimpi niscaya akan mengalami kegagalan terlebih dahulu. Nah, di ketika gagal inilah orang perlu motto hidup ini.


Orang-orang harus ingat, bahwa jikalau gagal dan mencoba lagi, niscaya suatu ketika akan sukses. Tapi jikalau gagal kemudian menyerah, yang terjadi yakni kau akan gagal selamanya.


Motto Hidup Unik


mendapat
Motto Hidup Unik

Motto hidup selalu dijadikan anutan hidup dalam merancang tujuan dan planning hidup. Tanpa adanya prinsip dan motto hidup yang benar, biasanya orang akan gundah dalam merancang kehidupanya sendiri ke depan. Berikut beberapa moto hidup unik yang bisa dijadikan referensi:




  • Menjadi orang benar dan pintar




Moto hidup ini mempunyai hikmah yang sangat banyak. Karena di zaman sekarang, banyak orang benar yang tidak pintar. Begitu pula sebaliknya, banyak orang pandai yang tidak benar. Itulah kenapa mempunyai moto hidup ini sangat baik untuk hidup, lantaran dengan menjadi orang yang benar dan pintar, maka itu artinya kau berbeda dengan orang kebanyakan.




  • Ubah Cara Berpikirmu, maka Kamu akan Mengubah Dunia




Arti dari moto hidup di atas yakni bagaimana pola pikir sanggup mengubah dunia. Banyak yang mengatakan, dengan mengubah jalan pikiran, maka kau akan mengubah kebiasaan. Dan mengubah kebiasaan, maka kau akan mengubah hidup. Dengan mengubah hidup, maka kau mengubah dunia.




  • Jika Ingin Bahagia, Maka Fokuslah Pada Tujuan




Albert Einstein pernah menyampaikan kalimat ibarat ini: Jika kau ingin hidup bahagia, terikatlah pada tujuan, bukan orang atau benda.


Kalimat ini bisa dijadikan sebagai motto hidup yang baik lantaran menyuruh kita fokus pada tujuan. Karena fokus itulah yang membuat kita bahagia. Jadi, jikalau kita masih memfokuskan diri pada orang atau benda, maka belum tentu kita bisa bahagia. Fokuslah pada tujuan hidup dan berusaha untuk mencapainya.




  • Jangan Mengurusi Hidup Orang Lain




Pendiri Apple, Steve Jobs pernah menyampaikan kalimat ini di salah satu seminarnya: Waktumu terbatas, jangan habiskan dengan mengurusi hidup orang lain.


Maksud dari kalimat ini yakni jikalau kau menghabiskan waktu dengan hal-hal yang tidak penting (dalam hal ini mengurusi hidup orang lain), maka kau tidak akan sempat mengurus diri sendiri. Motto hidup ini mengajarkan kau untuk fokus pada perbaikan diri dan bukannya fokus pada hal-hal yang kurang penting.




  • Persiapkan Kesuksesan




Motto hidup ini sangat cocok bagi para pelajar ataupun mahasiswa. Ini mengajarkan semoga tidak terlalu sering bermain dan mulailah perbanyak belajar. Hal ini lantaran kesuksesan bisa diraih jikalau kita mempunyai persiapan yang matang.




  • Ciptakan Kesempatan




Meraih kesempatan sudah banyak dilakukan orang. Tapi tidak perlu khawatir jikalau masih ada orang yang mempunyai motto hidup membuat kesempatan. Dalam hal ini, membuat kesempatan sangat cocok bagi kau yang mempunyai jiwa bisnis.


Motto Hidup Lucu


mendapat


Ada pula beberapa motto hidup lucu yang menggelitik, tetapi mempunyai makna yang dalam. Motto hidup lucu tersebut yakni sebagai berikut:




  • Bahkan Susu Basi Berwarna Putih




Kalimat di atas sangat menggelitik, bukan? Maknanya yakni meskipun seseorang terlihat baik, belum tentu kepribadian orang tersebut baik juga. Karena susu yang layak minum di dalam gelas dengan susu kedaluwarsa yang tumpah ke lantai sama-sama berwarna putih. Tetapi keduanya tidak mempunyai kualitas minum yang sama.




  • Jangan Seperti Layangan




Ada pula motto hidup lucu yang membawa nama permainan semasa kecil. Motto itu berbunyi, “Jangan hidup ibarat layangan: Terbang diterbangkan, sesudah di atas ditarik-ulur”.


Motto hidup itu terdengar sangat lucu, tetapi mempunyai makna yang dalam. Maksudnya yakni jangan menggantungkan hidupmu kepada orang lain. Yang gres bisa tinggi jikalau dibantu. Dan bahkan, sesudah sudah tinggi sekaligus sukses, masih dikendalikan oleh orang lain. Itu bukanlah cara hidup yang benar.




  • Fungsi Kaca Spion




Kaca spion berfungsi untuk melihat ke belakang semoga bisa berhati-hati dalam melaju ke depan.


Motto hidup itu mungkin terdengar ibarat lelucon, tetapi mempunyai makna yang dalam. Banyak orang yang enggan melihat ke masa kemudian hanya lantaran alasan, “Hidup itu di masa sekarang, bukan di masa lalu.”


Padahal, kita perlu sesekali untuk melihat ke belakang semoga ketika tetapkan sesuatu di masa depan, bisa lebih berhati-hati. Masa kemudian ada untuk dipelajari dan dibentuk untuk menyebarkan diri ke depannya.




  • Orang Lain Adalah Cermin




Pernah mendengar motto hidup “Orang lain yakni cermin kepribadianmu” ?


Jika pernah, maka tentu kau mengetahui maknanya bukan? Motto hidup itu mempunyai hikmah yang sangat besar dalam hidup. Jadi, ketika perilaku orang lain membuatmu sakit hati atau tidak nyaman, lihatlah ke dalam dirimu sendiri. jangan-jangan, kau juga sudah membuat orang lain tidak nyaman dengan sikapmu.


Motto hidup ini cocok untuk kau yang senang mengintropeksi diri dan selalu ingin memperbaiki sikap.




  • Mari Seperti Sepatu, Berbeda Langkah tapi Satu Tujuan




Jika dicermati, kalimat tersebut memang tampak lucu dan terlihat ibarat lelucon. Tapi bekerjsama motto hidup itu mengajarkan kita semoga selalu bergandengan meskipun mempunyai keputusan berbeda dalam menjalani hidup. Karena meskipun menempuh langkah yang berbeda, tujuan yang ada di dalam hati insan selalu sama. Yakni melangkah menuju kebaikan.




  • Tirulah Bulu Ketiak, yang Tetap Tumbuh Meskipun Selalu Terjepit




Bukankah itu sebuah kalimat yang lucu? Tetapi bekerjsama motto hidup itu mengajarkan kita semoga tetap bersabar dan bertumbuh dalam segala situasi. Memang, memberi ilustrasi bulu ketiak sedikit tidak lazim, tapi bekerjsama ilustrasi itu sudah tepat.


Bulu ketiak tetap tumbuh dan lebat meskipun sering dicukur dan dijepit. Maknanya yakni kita juga hatus bisa bertahan dengan segala situasi. Meskipun dijatuhkan dan ditekan, kita tetap harus mempunyai semangat untuk maju.




  • Kecantikan Wanita itu Ada di Otaknya, Tapi Make-Up Lebih Praktis Didapat




Kata-kata di atas terdengar ibarat satir yang lucu. Tetapi bekerjsama mempunyai makna yang dalam. Maksudnya yakni perempuan yang bagus bekerjsama yakni perempuan yang cerdas. Tapi kebanyakan perempuan menentukan make up lantaran lebih gampang didapat.


Kalimat lucu ini dilontarkan oleh seorang desainer asal Prancis, Yves Saint Laurent.




Motto hidup yakni salah satu anutan yang jikalau diyakini dan dilaksanakan dengan benar, maka bisa mengubah hidupmu secara keseluruhan. Meskipun tampak sepele, bekerjsama motto hidup bisa memberi efek besar untuk merencanakan masa depan yang lebih matang.


Itulah beberapa referensi motto hidup, dari mulai yang islami, memotivasi, unik, hingga bijak. Beberapa referensi ini bisa kau jadikan motto hidup sendiri atau bisa juga dijadikan sebagai referensi untuk membuat motto hidupmu sendiri.


Baca juga:



FAST DOWNLOADads
| Server1 | Server2 | Server3 |
Download
Next Post Previous Post