Contoh Surat Pengantar

FAST DOWNLOADads
Download

–  Surat pengantar ialah salah satu jenis surat yang biasa beredar di dunia kedinasan bahkan termasuk perusahaan. Surat pengantar ini termasuk surat resmi. Oleh alasannya ialah itu, tidak heran bila pola surat pengantar banyak dicari dalam rangka menghindari kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi ketika membuatnya.


Berikut ini akan disampaikan sejumlah pola surat pengantar, lengkap beserta dengan pengertian, macam-macam, fungsi, format serta hal lain perihal surat pengantar, antara lain.


Pengertian Surat Pengantar


  Surat


Secara singkat, surat pengantar ialah surat yang sengaja dibentuk dengan tujuan untuk mengatakan informasi pada pihak tertentu sebenarnya orang yang membawa surat tersebut diketahui serta disetujui oleh pihak terkait yang bertanggung jawab atas isi di dalam surat. Dalam kalimat yang lain, dijelaskan sebenarnya surat pengantar itu ialah surat resmi yang dibentuk atau dikeluarkan oleh suatu organisasi, instansi atau perusahaan tertentu dalam rangka untuk mengatakan informasi penting kepada pihak tertentu pula.


Macam-Macam Surat Pengantar


  Surat


Surat pengantar terdiri atas banyak macam. Adapun macam-macam surat pengantar yang biasa ditemukan dalam kehidupan sehari-hari ialah sebagai berikut.



  • Surat pengantar dokumen

  • Surat pengantar barang

  • Surat pengantar sekolah atau universitas

  • Surat pengantar kerja

  • Surat pengantar dinas

  • Surat pengantar RT dan RW

  • Surat pengantar proposal


Selain banyak sekali macam surat pengantar di atas, tentu masih banyak macam surat pengantar lain yang diadaptasi dengan tujuan dari si pembuat surat. Lebih dari itu, jikalau hendak diibaratkan dengan surat pernyataan, maka surat pengantar ini memiliki 2 macam, yakni surat pengantar yang bersifat resmi dan surat pengantar yang bersifat tidak resmi. Adapun klarifikasi singkatnya ialah sebagai berikut.



  • Surat pengantar yang bersifat resmi ialah surat yang terdapat materai serta tanda tangan di atasnya sehingga memiliki kekuatan di mata hukum

  • Surat pengantar yang tidak resmi ialah surat yang tidak dilengkapi dengan materai, hanya dibubuhkan tanda tangan pembuat surat. Makara surat ini tidak memiliki kekuatan hukum, namun tetap sanggup dijadikan alasan yang berpengaruh bagi pihak yang dituju untuk melaksanakan sesuatu


Fungsi Surat Pengantar


  Surat


Contoh surat pengantar berkas ke BKD, surat pengantar pengambilan barang dan banyak sekali surat pengantar lainnya intinya memiliki fungsi yang sama. Fungsi surat pengantar tersebut secara terang tercantum dalam pengertian di atas. Hanya saja jikalau ingin diperluas lagi, fungsi dan pentingnya surat pengantar kurang lebih sebagai berikut.



  • Sebagai formalitas sekaligus bentuk kesopanan dalam problem keadministrasian.

  • Dapat menjadi pintu pembuka untuk memperoleh surat resmi yang lainnya, contohnya surat izin nikah, Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dan lain-lain

  • Menjadi sarana yang sanggup meyakinkan instansi maupun perusahaan yang dituju sebenarnya orang yang membawa surat tersebut diketahui, resmi, terpercaya serta berada di bawah tanggung jawab pihak yang mengeluarkan surat. Sehingga bila nanti terjadi suatu hal yang tidak menyenangkan, pihak penerbit suratlah yang akan bertanggung jawab

  • Membuat orang yang membawa surat pengantar tidak dicurigai oleh pihak yang dituju

  • Menjadi sarana untuk memberitahu maksud serta tujuan pengirim surat kepada pihak yang dituju


Format Surat Pengantar


  Surat


Saat memperhatikan pola surat pengantar orang, pola surat pengantar BPJS dari desa, pola surat pengantar barang maupun pola surat pengantar yang lainnya, sanggup diketahui bahwa surat ini memiliki format khusus. Format tersebut sebenarnya mirip mirip format surat resmi yang lainnya yakni  sebagai berikut.



  • Kop surat yang berisi logo, nama, alamat, nomor telepon serta banyak sekali informasi penting lainnya dari dinas, lembaga, organisasi atau perusahaan yang menciptakan surat pengantar

  • Hal surat pengantar yang isinya ialah keterangan mengenai apa saja yang ada dalam surat tersebut

  • Nomor surat

  • Salam pembuka

  • Isi surat yang isinya ialah informasi penting yang hendak disampaikan

  • Penutup surat yang umumnya terdiri atas kawasan serta tanggal surat dibuat, nama orang yang bertanggung jawab atas surat, tanda tangan, keterangan perhiasan (bisa berupa NIP, NIK dan lain sebagainya), materai serta stempel lembaga, perusahaan atau organisasi


Meskipun formatnya mirip di atas, harus dipahami sebenarnya format tersebut tidaklah mutlak. Artinya, format tersebut sanggup dirubah-rubah sesuai dengan kebutuhan, tetapi dihentikan hingga menyimpang dari format surat resmi secara umum.


Contoh Surat Pengantar Kerja


  Surat


Surat pengantar kerja sering diberikan kepada bawahan yang dipercaya oleh atasannya guna mengikuti acara atau melaksanakan kiprah tertentu, di mana acara atau kiprah tersebut dilaksanakan di luar perusahaan. Adapun pola surat pengantar kerja ialah sebagai berikut.



PT LUMAYAN BAHAGIA


Jalan Asal Aspal 7, Situbondo, Jawa Timur


Telepon 082711711700 Email: lumayanbahagia@gmail.com


 


SURAT PENGANTAR


Nomor: 10/PTLB/VII/2017


 


Berdasarkan acara yang rutin diadakan oleh PT Lumayan Bahagia, yakni penilaian kantor cabang di Jember, maka kantor sentra akan mengirimkan karyawan untuk melaksanakan penilaian tersebut. Adapun identitas karyawan yang dikirim ialah sebagai berikut:


Nama                : Ahmad Halim


Jabatan            : Manager Keuangan


NIP                   : 08888999222


Kami berharap biar penilaian sanggup berjalan dengan lancar dan dimohon kepada pimpinan kantor cabang untuk mengatakan berkas-berkas yang diperlukan.


Demikian surat ini kami sampaikan, atas perhatian serta kerjasamanya kami sampaikan terima kasih.


Situbondo, 12 Desember 2016


Direktur PT Lumayan Bahagia


 


Ardi Arif Muhammad



Contoh Surat Pengantar Bupati


  Surat


Contoh surat pengantar ke bupati seringkali hadir dalam bentuk permohonan, di antaranya ialah mirip berikut ini.



PANITIA PERTANDINGAN BOLA VOLI 2015 KABUPATEN LUMAJANG


VOLI SPORT CENTER


Jalan Pisang Kepok No. 17 Lumajang


Telepon: 081211332223


Nomor              : 007/PAVOLI/III/2015                                                                                  Lumajang, 04 Agustus 2015


Perihal              : Permohonan Bantuan Dana


Lampiran         : 1 Bendel Proposal


 


Yth. Bupati Lumajang


di tempat


 


Dengan hormat,


Kami selaku panitia Pertandingan Bola Voli 2015 Kabupaten Lumajang bermaksud untuk menyelenggarakan Pekan Voli Positif yang akan dilaksanakan pada:


Tanggal            : 10 – 16 Agustus 2015


Pukul                : 15.00 – 21.00 WIB


Tempat             : Voli Sport Center


Jalan Pisang Kepok No. 17 Lumajang


Kegiatan ini tentu akan terselenggara dengan baik atas pemberian dari banyak sekali pihak. Maka dari itu, kami juga mengharapkan dukungan serta pemberian dari Bapak Bupati dalam bentuk pemberian dana, di mana dana tersebut akan kami pergunakan untuk pelaksanaan pertandingan mulai dari awal hingga akhir. Bersamaan dengan ini pula turut kami lampirkan ajuan kegiatan.


Demikian surat ini kami sampaikan, atas perhatian serta partisipasinya kami sampaikan terima kasih.


 


Mengetahui,


Ketua Pelaksana                                                                               Ketua Panitia


 


Amir Yusuf                                                                                         Ahmad Zaelani


 



2 Contoh Surat Pengantar Barang


  Surat


Surat pengantar barang umumnya dibagi menjadi dua, yakni surat pengantar untuk pengambilan barang serta surat pengantar untuk mengatakan barang. Kedua surat tersebut isinya berbeda. Mari simak pola surat pengantar pengambilan barang sekaligus pola surat penawaran barang berikut ini untuk mengetahui perbedaannya.




  • Surat Pengantar Pengambilan Barang





PT LUMAYAN BAHAGIA


Jalan Asal Aspal 7, Situbondo, Jawa Timur


Telepon 082711711700 Email: lumayanbahagia@gmail.com


 


Nomor: 10/PTLB/VII/2017                                                                                                    Situbondo, 19 November 2017


Perihal: Pengantar Pengambilan Barang


 


Yth. Direktur PT. Sangat Bahagia


Jalan Sekali Saja No 121


Situbondo


 


Dengan hormat,


Melalui surat pengantar ini, kami sampaikan bahwa salah seorang karyawan kami dengan identitas berikut:


Nama    : Dedi Siswanto


Jabatan: Staff Logistik


Akan mengambil barang yang berupa:

























NamaKodeJumlah
Mie Instan AX7325
Beras KDD7110
Kopi BKB3210

Adapun kendaraan yang digunakan ialah:


Jenis Kendaraan           : Truk Fuso PL-7311


Nomor Polisi                 : P 0011 FJ


Demikian surat pengantar ini kami sampaikan. Kami berharap pemberian serta kerjasamanya pada ketika proses loading banyak sekali barang di atas biar sanggup berjalan lancar.


Atas perhatiannya, kami sampaikan terima kasih.


Hormat kami,


Ardi Devan


Direktur PT Lumayan Bahagia


 





  • Surat Pengantar Penawaran Barang





PT LUMAYAN BAHAGIA


Jalan Asal Aspal 7, Situbondo, Jawa Timur


Telepon 082711711700 Email: lumayanbahagia@gmail.com


Nomor              : 10/PTLB/VII/2017                                                                                           Situbondo, 19 November 2017


Perihal              : Pengantar Penawaran Barang


 


Yth. Direktur PT Sangat Bahagia


Jalan Sekali Saja No 121


Situbondo


 


Setelah mempelajari beberapa hal mengenai PT  Sangat Bahagia, kami dari PT Lumayan Bahagia bermaksud untuk mengatakan penawaran mengenai sejumlah barang yang sudah kami produksi. Adapun barang-barang yang kami sediakan di antaranya ialah sebagai berikut:



  1. Lemari kayu jati Rp 5.000.000 per unit

  2. Kursi kayu jati Rp 500.000 per unit

  3. Meja bulat Rp 750.000 per unit


Produk-produk di atas hanyalah sebagian dari produk kami. Jika Bapak/Ibu tertarik dan ingin mengetahui produk kami yang lainnya, Bapak/Ibu sanggup mengirimkan email kepada kami melalui alamat yang tercantum dalam kop surat di atas.


Demikian surat pengantar penawaran barang ini kami sampaikan. Besar impian kami biar perusahaan Bapak/Ibu berkenan menjalin kerjasama dengan perusahaan kami. Atas perhatiannya, kami sampaikan terima kasih.


Hormat kami,


Ardi Taslim


Direktur PT Lumayan Bahagia


 



3 Contoh Surat Pengantar Proposal dan Dokumen Resmi


  Surat


Setiap ajuan yang akan dikirimkan atau ditujukan pada pihak tertentu niscaya membutuhkan surat pengantar. Bahkan bukan hanya ajuan saja, dokumen resmi yang akan dikirimkan juga memerlukannya. Berikut ini disampaikan pola surat pengantar ajuan yang terbagi menjadi dua, yakni ajuan pemberian dana dan ajuan investasi beserta pola surat pengantar dokumen resmi, antara lain.




  • Surat Pengantar Proposal Bantuan Dana





PANITIA LOMBA BULU TANGKIS


KABUPATEN SITUBONDO


Sekretariat: Jalan Asal Aspal 7, Situbondo, Jawa Timur


 


Nomor              : 05/PLBT/VIII/2017


Lampiran         : 1 Bendel Proposal


Perihal              : Permohonan Bantuan Dana


 


Yth. Bapak/Ibu Pemilik Toko Elektronik Super


Jalan Sekali Saja No 121


Situbondo


 


Dengan hormat,


Sehubungan dengan akan dilaksanakannya lomba badminton se-Kabupaten Situbondo di Desa Asri Kecamatan Asih, kami selaku panitia sekaligus pemerintah Desa Asri melalui surat ini bermaksud untuk mengajukan permohonan pemberian dana kepada Bapak/Ibu pemilik Toko Elektronik Super.


Dana tersebut akan dipergunakan untuk acara operasional perlombaan hingga selesai. Bersamaan dengan surat ini pula, kami lampirkan ajuan acara perlombaan yang akan dilaksanakan.


Demikian surat ini kami sampaikan, atas perhatian dan partisipasi Bapak/Ibu, kami sampaikan terima kasih.


Situbondo, 15 Juli 2017


                                                          Hormat kami,


Ketua Panitia                                                                         Sekretaris


 


Revi Andira                                                                            Dion Wayangko


Mengetahui,


Kepala Desa Asri


 


Sutomo


 





  • Surat Pengantar Proposal Investasi





PT LUMAYAN BAHAGIA


Jalan Asal Aspal 7, Situbondo, Jawa Timur


Telepon 082711711700 Email: lumayanbahagia@gmail.com


 


Nomor              : 10/PTLB/VII/2017                                                                                        Situbondo, 19 November 2017


Perihal              : Pengantar Proposal Investasi


 


Yth. Direktur PT Sangat Bahagia


Jalan Sekali Jalan No 121


Situbondo


 


Yang bertanda tangan di bawah ini.


Nama                                        : Ardi Taslim


Tempat dan Tanggal Lahir   : Banyuwangi, 17 September 1980


Alamat                                      : Jl. Berguna No 127 Situbondo, Jawa Timur


Pekerjaan                                 : Pengolah Limbah Kayu Padat


Dengan ini mengajukan permohonan investasi kepada Bapak/Ibu selaku eksekutif PT Sangat Bahagia. Adapun perjuangan yang kami jalankan ialah perjuangan pengolahan limbah kayu padat.


Apabila Bapak/Ibu berkenan untuk menjadi investor serta berkeinginan untuk mengetahui lebih jauh mengenai perjuangan kami, silahkan hubungi kami via email ataupun via Whatsapp dengan nomor 085733733733.


Demikian surat ini kami sampaikan, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.


Hormat kami,


Ardi Taslim


Direktur PT Lumayan Bahagia


 





  • Contoh Surat Pengantar Dokumen Resmi





PT LUMAYAN BAHAGIA


Jalan Asal Aspal 7, Situbondo, Jawa Timur


Telepon 082711711700 Email: lumayanbahagia@gmail.com


 


Nomor              : 10/PTLB/VII/2017                                                                                                  Situbondo, 19 Maret  2017


Lampiran         : 1 Bendel


Perihal              : Pengantar Laporan Triwulan


 


Yth. Direktur PT Sangat Bahagia


Jalan Sekali Jalan No 121


Situbondo


 


Sesuai dengan perjanjian kerjasama di mana PT Lumayan Bahagia harus mengatakan laporan triwulan kepada PT Sangat Bahagia, maka bersama dengan surat ini kami dari PT Lumayan Bahagia mengirimkan laporan triwulan tersebut. Adapun laporan yang kami kirimkan ialah laporan keuangan 1 Januari – 1 Maret 2017.


Demikian surat pengantar ini kami sampaikan, semoga laporan triwulan yang kami kirimkan sudah sesuai dengan apa yang diharapkan oleh Bapak/Ibu.


Hormat kami,


Ardi Muhammad


Direktur PT Lumayan Bahagia



2 Contoh Surat Pengantar Bidang Pendidikan


  Surat


Dalam bidang pendidikan, surat pengantar ini juga sangat sering digunakan di antaranya ialah untuk acara penelitian, magang, KKN dan lain sebagainya. Adapun contoh-contohnya ialah sebagai berikut.




  • Surat Pengantar Penelitian





KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN


UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA


Kampus Universitas Negeri Jakarta, Jalan Rawamangun Muka, Jakarta 13220


Telp./Fax: Rektor: (021) 4893854, PR I: 4895130, PR II: 4895130, PR III: 4892926, PR IV: 4893982


Laman: www.unj.ac.id


Nomor              : 373/UN19.10/KM/2017                                                                                                     Jakarta, 10 Mei 2015


Lampiran        : 1 Lembar


Hal                   : Permohonan Izin Penelitian


 


Yth. Pengelola Taman Kota Asih Asri, Yogyakarta


Di tempat


 


Kami memohon kesediaan Saudara untuk sanggup mendapatkan mahasiswa dari Universitas Negeri Jakarta.


Jurusan                         : S1 Biologi


Fakultas                        : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam


Jumlah Mahasiswa     : 4 Orang (Dwi Maharani, dkk) Daftar Nama Terlampir


Untuk Mengadakan    : Penelitian terhadap tumbuhan yang ada di Taman Kota Asih Asri


Dalam Rangka              : Praktek Mata Kuliah pada 10 Mei s.d 12 Mei 2015


No. Telp/HP                  : –


Atas perhatian dan kerjasama Saudara, kami sampaikan terima kasih


Kepala Biro Administrasi


Akademik dan Kemahasiswaan,


 


Drs. Ahmad Ridwan


NIP. 19577222222222


Tembusan:



  1. Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

  2. Ketua Jurusan Si Biologi


 





  • Surat Pengantar untuk Mengikuti Lomba





YAYASAN PONDOK PESANTREN ALHAMDULILLAH


MTs AL IKHLAS


Jalan Ikhlas No. 01, Desa Jombang, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jember


 


SURAT PENGANTAR


No. 44/SPn/YPMTAI/20/2016


 


Yth. Panitia OLSN Sekolah Menengah Pertama Tahun 2016


Up. Kegiatan Bakat dan Prestasi


Di tempat


 


Dengan ini kami menandakan bahwa siswa dengan identitas berikut ini:


Nama                                 : Ahmad Ridwan


Alamat                               : Jalan Ikhlas No 02, Desa Jombang, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jember


Tempat, tanggal lahir     : Jember, 16 Agustus 2001


Adalah siswa aktif di MTs. Al Ikhlas Desa Jombang, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jember yang kami utus untuk mewakili sekolah dalam lomba Pidato Bahasa Indonesia dalam OLSN Tingkat Sekolah Menengah Pertama tahun 2016.


Jember, 19 Agustus 2016


                                                                                                                                                                        Kepala Sekolah


  Drs. Ahmad Fariz, M.Pd


NIP. 196100880088008


 



3 Contoh Surat Pengantar Dinas


  Surat


Surat pengantar dinas diharapkan untuk meyakinkan pihak yang dituju sebenarnya orang yang telah ditunjuk untuk melaksanakan suatu acara benar-benar merupakan orang yang sah, atau dengan kata lain orang tersebut diketahui oleh atasan. Adapun pola surat pengantar dinas ini ialah sebagai berikut.




  • Surat Pengantar Berkas Perusahaan ke BPJS





PT LUMAYAN BAHAGIA


Jalan Asal Aspal 7, Situbondo, Jawa Timur


Telepon 082711711700 Email: lumayanbahagia@gmail.com


SURAT PENGANTAR


Nomor              : 10/PTLB/VII/2017                                                                                                    Jember, 15 Juni 2017


Lampiran         : 1 Bendel Berkas Data Karyawan


Perihal              : Pendaftaran Peserta BPJS Ketenagakerjaan


 


Yth. Direksi BPJS Ketenagakerjaan


Kabupaten Jember


Dengan hormat,


Sehubungan dengan surat bernomor B5/BPJSK/2014 mengenai kepesertaan BPJS Kesehatan, maka dengan ini kami sampaikan data karyawan PT Lumayan Bahagia untuk pendaftaran dan pendaftaran BPJS Kesehatan.


Demikian surat ini kami sampaikan. Atas perhatian serta kerjasamanya kami sampaikan terima kasih.


                                                                                                                                                             Hormat kami,


          Ardi Arfian


Direktur PT Lumayan Bahagia


 





  • Surat Pengantar Pembuatan Kartu Suami





PEMERINTAH KABUPATEN JEMBER


DINAS PENDIDIKAN


SMA AN NURI HIDAYAH


Jalan Kesampingan No. 12 Kecamatan Bangsalsari, Kabupaten Jember


Telepon (0336) 0721544


Nomor             : 045/12/SMA.NH/2017                                                                                                 Jember, 12  April 2017


Perihal             : Pengantar Pembuatan Kartu Suami


 


Yth. Kepala BKD Kabupaten Jember


Jalan Lewat Terus No. 72 Jember


 


Dengan hormat,


Bersamaan dengan surat ini kami kirimkan data salah seorang pegawai Sekolah Menengan Atas An Nuri Hidayah yang bermaksud untuk menciptakan Kartu Suami (Karsu). Adapun data pegawai yang dimaksud ialah sebagai berikut:


Nama                              : Tsania Ahsan, S.Pd


NIP                                  : 19850002225557888


Tempat, tanggal lahir  : Jember, 17 Juni 1985


Unit kerja                       : Sekolah Menengan Atas An Nuri Hidayah


Alamat                             : Jl. Binjai Sekilo No. 15 Gang IV Jember


Demikian surat pengantar ini kami buat. Atas perhatian serta kerjasamanya kami sampaikan terima kasih.


                                                                                                                                                                     Hormat kami,


                                                                                                                                                                     Kepala Sekolah


                                                                                                                                                                     SMA An Nuri Hidayah


   Taslim, S.Pd., M.Pd


                                                                                                                                                                    NIP. 19701326372518


 





  • Surat Pengantar Singkat dengan Tabel





PEMERINTAH KOTA JEMBER


DINAS PENDIDIKAN


SMA AN NURI HIDAYAH


AKREDITASI A


Jalan Kesampingan No. 12 Kecamatan Bangsalsari, Kabupaten Jember


Yth. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jember


Up. Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan


 


SURAT PENGANTAR


Nomor: 045/12/SMA.NH/2017

















No.Berkas yang DikirimJumlahKeterangan
1.Berkas sertifikasi dewan guru Sekolah Menengan Atas An Nuri Hidayah Kecamatan Bangsalsari1 eksemplarDisampaikan dengan hormat, biar dipergunakan serta direalisasikan sebagaimana mestinya

Jember, 20 Februari 2017


Kepala Sekolah


SMA An Nuri Hidayah


 


Drs. Dewi Mustikasari Devi, M.Pd


NIP. 1971888444333222



5 Contoh Surat Pengantar RT


  Surat


Aparat setempat mirip ketua RT tentunya juga familiar dengan surat pengantar. Ada banyak hal yang memerlukan surat pengantar dari ketua RT contohnya pembuatan SKCK, mengurus KTP, keterangan domisili, maut bahkan penelitian. Berikut ini ada 5 pola surat pengantar RT yang sanggup disimak.




  • Surat Pengantar Pembuatan SKCK





PENGURUS RUKUN TETANGGA (RT) 01 RUKUN WARGA (RW) 07


DESA SELODAKON KECAMATAN TANGGUL


KABUPATEN JEMBER


SURAT PENGANTAR RT


Nomor: 011/RT-01/RW-09/2016


 


Yang bertanda tangan di bawah ini merupakan Ketua RT.01 RW.07 Desa Selodakon, Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember, menandakan bahwa:


Nama                               : Aisyah Nur Aini


Tempat, tanggal lahir   : Jember, 15 Agustus 1995


Jenis kelamin                 : Wanita


Agama                              : Islam


Alamat                              : RT.01 RW.07 Desa Selodakon, Kecamatan Tanggul


Merupakan penduduk yang bertempat tinggal di Desa Selodakon, Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Adapun yang bersangkutan bermaksud untuk menciptakan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).


Demikian surat pengantar ini dibentuk biar sanggup dipergunakan sesuai keperluannya.


Jember, 14 April 2016


Ketua RT.01 RW.07 Desa Selodakon


 


Ahmad Fatih


 





  • Surat Pengantar Mengurus KTP





PENGURUS RUKUN TETANGGA (RT) 01 RUKUN WARGA (RW) 07


DESA SELODAKON KECAMATAN TANGGUL


KABUPATEN JEMBER


SURAT PENGANTAR RT


Nomor: 011/RT-01/RW-09/2016


 


Yang bertanda tangan di bawah ini merupakan Ketua RT.01 RW.07 Desa Selodakon, Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember, menandakan bahwa:


Nama                                 : Aisyah Nur Aini


Tempat, tanggal lahir     : Jember, 15 Agustus 1995


Jenis kelamin                   : Wanita


Agama                                : Islam


Alamat                               : RT.01 RW.07 Desa Selodakon, Kecamatan Tanggul


Kewarganegaraan           : Indonesia


Merupakan penduduk yang bertempat tinggal di Desa Selodakon, Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Adapun yang bersangkutan bermaksud untuk menciptakan Kartu Tanda Penduduk (KTP).


Demikian surat pengantar ini dibentuk biar sanggup dipergunakan sesuai keperluannya.


Jember, 14 April 2016


Ketua RT 01 RW 07 Desa Selodakon


 


Ahmad Fatih





  • Surat Pengantar Domisili





PENGURUS RUKUN TETANGGA 01 RUKUN WARGA 07


DESA SELODAKON KECAMATAN TANGGUL


KABUPATEN JEMBER


SURAT PENGANTAR DOMISILI


Nomor: 011/RT-01/RW-09/2016


 


Yang bertanda tangan di bawah ini merupakan Ketua RT 01 RW 07 Desa Selodakon, Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember, menandakan bahwa:


Nama                                  : Aisyah Nur Aini


Tempat, tanggal lahir     : Jember, 15 Agustus 1995


Jenis kelamin                   : Wanita


Agama                                : Islam


Alamat                                : RT 01 RW 07 Desa Selodakon, Kecamatan Tanggul


Kewarganegaraan            : Indonesia


Pekerjaan                          : Karyawan Toko Emas Mulia Jati


Warga dengan identitas tersebut benar-benar merupakan warga yang berdomisili di alamat tersebut. Adapun surat keterangan ini akan dipergunakan untuk kepentingan pekerjaan.


Demikian surat pengantar ini dibentuk biar sanggup dipergunakan sesuai keperluannya.


Jember, 14 April 2016


Ketua RT 01 RW 07 Desa Selodakon


 


Ahmad Fatih





  • Surat Pengantar Kematian





RUKUN TETANGGA 01 RUKUN WARGA 07


DESA SELODAKON KECAMATAN TANGGUL


KABUPATEN JEMBER


SURAT PENGANTAR RT


Nomor: 011/RT-01/ 2016


 


Yth. Pengurus TPU Dzikrul Maut


Desa Selodakon


Di tempat


 


Saya yang bertanda tangan di bawah ini merupakan Ketua RT 01 RW 07 menandakan bahwa:


Nama                            : Aisyah Nur Aini


Umur                            : 30 tahun


Jenis kelamin              : Wanita


Agama                          : Islam


Status Perkawinan     : Kawin


Alamat                          : RT 01 RW 07 Desa Selodakon, Kecamatan Tanggul


Warga dengan identitas tersebut telah meninggal dunia pada 14 April 2016 dan akan dimakamkan di TPU Dzikrul Maut. Kami juga bermaksud untuk memohon pemberian Saudara mempersiapkan makamnya.


Demikian surat pengantar ini dibentuk biar sanggup dipergunakan sebagaimana mestinya.


Desa Selodakon, 14 April 2016


Ketua RT 01 RW 07


 


Ahmad Fatih


 





  • Surat Pengantar Penelitian





RUKUN TETANGGA 01 RUKUN WARGA 07


DESA SELODAKON KECAMATAN TANGGUL


KABUPATEN JEMBER


SURAT PENGANTAR RT


Nomor: 011/RT-01/ 2016


 


Yth. Pengurus TPU Dzikrul Maut


Desa Selodakon


Di tempat


 


Saya yang bertanda tangan di bawah ini merupakan Ketua RT.01 RW.07 menandakan bahwa:


Nama                            : Aisyah Nur Aini


Umur                            : 19 tahun


Jenis kelamin              : Wanita


Agama                          : Islam


Status Perkawinan     : Belum Kawin


Alamat                          : RT 01 RW 07 Desa Selodakon, Kecamatan Tanggul


Warga dengan identitas tersebut merupakan warga kami yang bermaksud untuk melaksanakan penelitian terhadap kapasitas TPU Dzikrul Maut yang akan dilaksanakan pada 17 April 2016.


Demikian surat pengantar ini dibentuk biar sanggup dipergunakan sebagaimana mestinya.


Desa Selodakon, 14 April 2016


Ketua RT 01 RW 07


 


Ahmad Fatih


 



Perlukah Kata ‘Kepada’ Dicantumkan Dalam Tujuan Surat?


  Surat


Pada masa kini ini tidak sedikit orang yang bertanya-tanya apakah kata ‘Kepada’ masih perlu dicantumkan dalam surat pengantar dan surat resmi yang lainnya. Atas pertanyaan tersebut, jawabannya sanggup merujuk pada laman Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, sebenarnya kata ‘Kepada’ tidak perlu dicantumkan lagi. Hal ini dikarenakan tanpa kata ‘Kepada’ pun alamat yang dituju oleh surat sebenarnya sudah jelas. Jadi, cukup pribadi berikan frasa yang terhormat atau yang biasa disingkat dengan Yth. (selalu diakhiri oleh tanda titik).


Umumnya instansi atau perusahaan akan menyimpan pola surat pengantar yang sudah pernah digunakan dahulu. Namun jikalau ternyata pola tersebut tidak disimpan atau mungkin cukup merepotkan untuk dicari, gunakan saja banyak sekali pola di atas. Jangan lupa untuk mengganti setiap identitas yang diperlukan. Perhatikan pula bagaimana tanggal pembuatannya mengingat surat ini akan dijadikan sebagai arsip nantinya.


Demikianlah pembahasan singkat mengenai pola surat pengantar untuk banyak sekali keperluan dan hal-hal lain yang masih berkaitan. Semoga informasi-informasi yang disampaikan di atas sanggup mengatakan manfaat dan mengatakan akomodasi bagi siapa saja yang ingin menciptakan surat resmi satu ini.




Baca juga:



FAST DOWNLOADads
| Server1 | Server2 | Server3 |
Download
Next Post Previous Post