Contoh Surat Permohonan

FAST DOWNLOADads
Download

–  Melakukan penawaran, seruan dan pengajuan kini semakin gampang dengan banyaknya contoh surat permohonan. Meskipun demikian, masih banyak yang resah perihal tata cara pembuatan dan struktur surat resminya. Padahal, pembuatan surat ini cukup sederhana dan bisa dilakukan dengan cepat.


Oleh alasannya ialah itu, artikel ini akan membahas perihal pengertian, fungsi, serta unsur-unsur yang biasanya ada dalam sebuah surat permohonan. Selain itu, ada 20 contoh surat permohonan yang sanggup dijadikan contoh untuk mempermudah pengerjaan surat tersebut.


Pengertian Surat Permohonan


seruan


Secara umum, surat permohonan sanggup diartikan sebagai surat seruan atas suatu hal. Hal tersebut bisa berupa barang atau jasa. Orang yang mengirimkan surat permohonan disebut pemohon, sedangkan yang mendapatkan surat disebut termohon.


Sebuah permohonan biasanya bisa disampaikan secara langsung, apabila konteksnya tidak resmi. Namun permohonan perlu dituliskan dalam bentuk surat apabila terkait keperluan yang resmi. Misalnya, permohonan dana pembangunan rumah peribadatan atau permohonan izin penggunaan tempat. Surat-surat tersebut perlu dilengkapi kop surat dan juga stempel.


Fungsi Surat Permohonan


seruan


Fungsi surat permohonan ialah untuk memberikan keinginan pemohon kepada termohon secara resmi. Selain itu, keberadaan surat ini juga sanggup memudahkan termohon mengingat detail seruan yang diungkapkan oleh pemohon. Harapannya, tidak ada lagi permohonan yang terlewat alasannya ialah tak tercatat secara administratif.


Unsur-Unsur Surat Permohonan


seruan


Dalam sebuah surat permohonan, ada beberapa unsur yang biasanya muncul. Meskipun demikian, unsur-unsur di bawah ini tidak bersifat mutlak, dan bisa saja ditiadakan dalam kasus tertentu. Berikut ini ialah beberapa unsur penting untuk dipelajari sebelum menciptakan surat permohonan yang baik.




  • 1. Kop Surat




Kop surat memuat identitas pengirim surat atau pemohon. Contoh hal-hal yang dimuat dalam kop surat ialah nama lembaga, alamat, nomor telepon, atau alamat email. Kop surat dan stempel ialah dua hal yang mengambarkan bahwa suatu surat tergolong resmi. Kop surat tidak perlu dipakai apabila sang pemohon tidak mewakili forum apapun (memohon sebagai perorangan)




  • 2. Nomor Surat dan Perihal




Nomor surat diletakkan di serpihan atas tengah, atau di tepi kiri atas. Di bawahnya, disebutkan perihal isi surat yang akan disampaikan. Baik nomor surat maupun perihal sangat penting untuk penyusunan arsip. Nomor surat tidak perlu dituliskan apabila pemohon merupakan perorangan.




  • 3. Penanggalan




Beberapa surat permohonan meletakkan penanggalan pada serpihan atas, sementara sebagian lain meletakkannya di bawah. Bila diletakkan di bawah, maka penanggalan bisa diikuti dengan tanda tangan pemohon.




  • 4. Tujuan




Tujuan surat memuat nama pihak atau orang yang menjadi termohon.




  • 5. Salam Pembuka




Salam pembuka ditulis sebagai sapaan untuk termohon. Salam pembuka dibuat dengan sopan dan singkat.




  • 6. Isi Surat




Isi surat memperlihatkan permohonan apa yang ingin disampaikan oleh pemohon. Isi surat mengandung uraian atau klarifikasi detail perihal apa saja yang diminta oleh para pemohon. Jika yang dibuat ialah surat permohonan izin, maka dalam isi surat perlu dijelaskan perihal tanggal dan alasan izin tersebut. Jika suratnya ialah permohonan kerjasama, maka perlu dijelaskan pasal-pasal kerjasamanya.




  • 7. Salam Penutup




Salam epilog dimanfaatkan sebagai ungkapan terima kasih atas perhatian termohon. Beberapa salam epilog juga dipakai untuk memberikan impian terkait permohonannya.




  • 8. Nama dan Tanda Tangan




Pada selesai surat biasanya terdapat nama dan tanda tangan pemohon. Jika pemohon ialah sebuah lembaga, maka tanda tangan bisa dilakukan oleh pejabat yang mewakili, kemudian dilengkapi dengan stempel.


Contoh Surat Pengajuan Bantuan


seruan


Mengingat fakta bahwa insan selalu saling membutuhkan satu sama lain, maka tak heran jikalau dalam banyak sekali kesempatan, terjadi kegiatan saling membantu yang dilakukan. Hal ini bisa terjadi antara satu forum dan forum lainnya, maupun forum dengan perorangan. Dalam hal ini, dibutuhkan surat permohonan resmi yang ditulis dengan baik.




  • Contoh Surat Permohonan Bantuan Dana Kegiatan




Sebuah kegiatan tak selalu dibiayai secara swadaya oleh pelaksananya. Banyak panitia yang menggandeng pihak lain untuk memberikan dana bantuan. Berikut ialah salah satu contoh surat permohonan pertolongan dana kegiatan Karang Taruna.



KARANG TARUNA RW 11KELURAHAN ORO-ORO DOWO, KECAMATAN KLOJEN, MALANG, JAWA TIMUR


PANITIA KEGIATAN PERINGATAN KEMERDEKAAN INDONESIA KE-74


Sekretariat: Jalan Nusa Penida Gang 7 No 85, Malang


Malang, 15 Juli 2019


Nomor: 74/KT/VIII/5864


Perihal: Permohonan Bantuan Dana Kegiatan


Lampiran: 1 eksemplar proposal


 


Kepada Yth.


Direktur PT Paper Inggil


Jl. Dr Soeroso No 67, Malang


Dengan hormat,


Bertepatan dengan bulan kemerdekaan Indonesia yang ke-74, kami selaku anggota Karang Taruna RW 11, Oro-Oro Dowo berniat menyelenggarakan serangkaian kegiatan. Berbagai kegiatan tersebut akan diselenggarakan pada:


 


Hari/Tanggal: Minggu, 11 Agustus 2019 hingga Minggu, 18 Agustus 2019.


Tempat: Balai RW 11, Lapangan RW 11 dan lokasi di sekitarnya.


Acara: Berbagai lomba, tasyakuran gerak jalan, dan pentas seni warga


 


Seluruh rangkaian jadwal dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan kerukunan antar warga RW 11 Oro-Oro Dowo. Selain itu, jadwal ini diharapkan sanggup meningkatkan rasa nasionalisme pada tiap warga dengan ikut memperingati hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia.


Oleh alasannya ialah itu, kami selalu panitia memohon kepada Bapak/Ibu untuk sanggup memberikan pertolongan berupa dana untuk rangkaian kegiatan tersebut. Detail terkait kebutuhan anggaran jadwal telah terlampir pada proposal.


Demikian surat permohonan dana untuk rangkaian jadwal ini kami sampaikan. Atas perhatian serta pertolongan Bapak/Ibu, kami mengungkapkan terima kasih.


 


Hormat Kami,


Ketua Panitia Peringatan Kemerdekaan


 


Bagas Daniswara L.


Mengetahui,


Kepala RW 11


 


Mudjiono Maarif





  • Contoh Surat Permohonan Bantuan Barang




Saat sebuah jadwal akan dilaksanakan, tidak semua pertolongan berupa uang. Bantuan juga bisa diberikan dalam bentuk barang yang dibutuhkan selama kegiatan berlangsung. Di bawah ini ialah salah satu contoh surat permohonan pertolongan barang yang sanggup dimodifikasi sesuai kebutuhan.



HIMPUNAN MAHASISWA KEPENULISAN DAN PENYIARANFAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS VALENCIA JEMBER


PANITIA PELAKSANA LOMBA KARYA TULIS ILMIAH


TINGKAT SMP/SEDERAJAT “GARDA LITERASI”


Sekretariat: Jl. Pandu Budaya 56, Jember, Telp: +62 5454 7565 54


Nomor: 10/HMTPBP/901/UU/2019


Perihal: Permohonan Bantuan Barang


Lampiran: 1 eksemplar proposal


 


Kepada Yth.


Direktur PT DK KOMPUTER


Jl. Bunga Kenanga Blok C No 56


Dengan hormat,


Teriring doa, semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa melancarkan segala perjuangan dan melimpahkan rahmat-Nya kepada kita.


Sehubungan dengan akan diselenggarakannya jadwal tahunan HIMAKP, yakni GARDA LITERASI dengan tema ‘Menulis Sebagai Sarana Aktualisasi Diri dan Masyarakat’, yang akan diselenggarakan pada:


Hari, Tanggal: 15 November 2019


Tempat: Aula AVA 8 Universitas Valencia Jember


Kami mengharapkan kesediaan Bapak/Ibu untuk mendukung jadwal ini dengan memberikan pertolongan barang, berupa:


1.       2 buah LCD Proyektor


2.       3 set laptop


3.       2 set speaker ruangan


Bersama ini kami lampirkan pula proposal acara, yang memuat detail kegiatan. Untuk dokumentasi kegiatan serupa pada tahun-tahun sebelumnya, sanggup dilihat di: http://lkti-himakp.uv.ac.id.


Demikian surat permohonan untuk pertolongan barang yang akan dipakai selama jadwal ini kami sampaikan. Besar impian kami, perusahaan Bapak/Ibu sanggup memenuhi permohonan kami. Terima kasih.


Menyetujui,


Ketua HIMAKP


 


Farhan Ali Triandi


NIM: 215 0982 546


Jember, 31 Oktober 2019


 


Ketua Pelaksana


 


Irawati Ayu N.


NIM: 215 7675 854


Mengetahui,


Pembimbing HIMAKP


 


Prof. Aryanto Dwi Fian S.Pd. M.Pd


PD III Fakultas Sastra


NIP: 198 4 534 964


 


Contact Person:


Irawati Ayu N (+62 335 655 9086)


Angga Iwan S. (+62 645 543 9788)


Rinda Wahyu E. (+62 765 000 754)


 





  • Contoh Surat Permohonan Dana Pembangunan




Dalam proses pembangunan rumah peribadatan, biasanya banyak pihak yang juga ingin ikut berkontribusi. Inilah mengapa, banyak dari para penyumbang justru bahagia ketika dikirimi surat permohonan. Berikut ini ialah salah satu contoh surat permohonan dana pembangunan masjid.



PANITIA PEMBANGUNANMASJID AL INSAN DONOMULYO


DUSUN KALIPAKEM, KELURAHAN DONOMULYO, KABUPATEN MALANG


 


Nomor: 020/PPAI/I/545


Perihal: Permohonan Dana Pembangunan


Lampiran: 1 eksemplar proposal


 


Kepada Yth.


Ibu Gubernur Jawa Timur


Di Surabaya


 


Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh,


Dengan hormat,


Syukur ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya pada kita semua. Salam dan shalawat kita panjatkan kepada Nabi Besar Muhammad SAW, yang telah menuntun para umatnya.


Sehubungan dengan akan dimulainya pembangunan Masjid Al Insan pada bulan Januari 2020, maka kami selaku panitia mengajukan permohonan pertolongan dana untuk kegiatan tersebut. Insyaallah Masjid Al Insan akan berlokasi di Jalan Raya Donomulyo No 8 Dusun Kalipakem, Kelurahan Donomulyo, Kabupaten Malang.


Kami juga mempersilahkan Ibu Gubernur apabila ingin melihat eksklusif lokasi yang akan dipakai sebagai lahan wakaf Masjid Al Insan. Rincian terkait biaya pembangunan secara keseluruhan kami lampirkan dalam proposal.


Demikian surat permohonan dana untuk pembangunan Masjid Al Insan ini kami sampaikan. Semoga berkenan, sehingga Allah S.W.T mencatat setiap amal perbuatan kita.


Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,


 


 


 


Ketua Pelaksana


 


Hafidz Maulana Ibrahim


Donomulyo, 29 Oktober 2019


Panitia Pembangunan Masjid Al Insan


 


Sekretaris


 


Irwan Budianto S.


Mengetahui,Walikota Malang


 


Sutiyoso S. Rahman


Ka. Dusun Kalipakem


 


M. Ari Indrawan


 





  • Contoh Surat Permohonan Modal Usaha




Modal perjuangan terkadang terlalu besar jumlahnya jikalau ditanggung sendirian. Beberapa forum menyediakan pertolongan modal perjuangan untuk para pelaku perjuangan kecil hingga menengah. Berikut ialah salah satu contoh surat pengajuan modal usaha.



Perihal: Permohonan Bantuan Modal UsahaLampiran: Curriculum Vitae (CV)


Bandung, 13 Oktober 2019


 


Kepada Yth:


Bapak/Ibu Kepala Dinas


Yayasan Amil dan Zakat (YAZ)


Kota Bandung


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,


Dengan hormat,


Kami memanjatkan syukur kepada Allah S.W.T yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya pada kita semua. Salam dan shalawat kita panjatkan kepada Nabi Besar Muhammad SAW, yang telah menuntun para umatnya.


Sebelumnya, saya menerima info dari Majalah YAZ edisi September 2019 terkait kesempatan mengajukan modal perjuangan untuk mahasiswa yang gres lulus kuliah. Untuk itu, melalui surat ini, saya, yang bertanda tangan di bawah ini:


Nama: Firman Adi Muhammad S.E.


Tempat, Tanggal Lahir: Bandung, 13 Agustus 1988


Alamat: Jalan Andalusia Barat Blok C No. 56


No. KTP: 8756 535 5434


Mengajukan permohonan pertolongan modal perjuangan untuk berjualan cilok dan cireng keliling. Saya siap dipanggil untuk wawancara tahap selanjutnya, apabila dinilai sesuai untuk mendapatkan pertolongan tersebut. Bersama surat ini, saya lampirkan pula CV yang memuat identitas lengkap, serta planning perjuangan yang saya ajukan.


Atas atensi dari Bapak Ka. Dinas atau perwakilan dari YAZ, saya mengucapkan banyak terima kasih.


Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,


Hormat saya,


 


Firman Adi Muhammad S.E.


 



Contoh Surat Permohonan Izin


seruan


Pengajuan izin pada forum resmi biasanya tidak dilakukan secara mendadak. Oleh alasannya ialah itu, butuh sebuah surat perizinan yang dibuat dengan baik dan benar, sesuai dengan konteks masing-masing.




  • Contoh Surat Permohonan Izin Tidak Masuk Sekolah




Untuk pembuatan surat izin dalam golongan ini, tidak dibutuhkan kop surat, alasannya ialah dibuat oleh perorangan. Berikut ialah contoh surat permohonan izin untuk anak yang tidak masuk sekolah.



Sidoarjo, 23 Oktober 2019Kepada Yth,


Guru Wali Kelas VIII A


SMP Citra Bangsa Nusantara


Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh,


Dengan hormat,


Saya selaku wali murid dari:


Nama: Mikaila Anna Aquila


Kelas: VIII A


Alamat: Jl. Nusa Penida 56, Sidoarjo


Mohon ijin biar ananda yang bersangkutan bisa beristirahat di rumah, dan tidak mengikuti pelajaran untuk hari ini dan besok. Ananda telah didiagnosa sakit oleh dokter dan disarankan untuk bedrest selama dua hari. Bersama surat ini, kami juga melampirkan surat keterangan dari RS. Lukita Jaya.


Demikian surat permohonan izin tidak masuk sekolah untuk ananda Mikaila ini kami buat. Atas atensi dan izin yang Ibu/Bapak berikan, saya mengucapkan terima kasih.


Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,


Hormat kami,


Orang bau tanah Ananda Mikaila


 


Fitria Aquila Irfin


 





  • Contoh Surat Permohonan Izin Melaksanakan Penelitian




Sebuah penelitian bisa dilakukan ketika pengajuan izinnya sudah diterima oleh yang berwenang. Oleh alasannya ialah itu, menciptakan surat seruan izin penelitian ini sangat penting, dan biasanya juga akan ditampilkan di lampiran hasil penelitian.



KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAANUNIVERSITAS BUDI SUCIPTO PADANG


FAKULTAS SASTRA


Jl. Yudhistira Selatan No 78, Padang


www.ubspadang.ac.id , Email: admin@ubspadang.ac.id


Nomor: 54/UBSP/PP/28/2019


Hal: Permohonan Izin Penelitian


Lampiran: 1 eksemplar proposal penelitian


Padang, 13 Oktober 2019


Kepada Yth


Kepala SDI Al Ikhlas Padang


 


Dengan hormat,


Bersama surat ini, kami mengajukan permohonan izin untuk kegiatan penelitian, yang akan dilaksanakan oleh salah satu mahasiswa kami:


Nama: Farida Rika Ayu


NIM: 119 7656 5433


Penelitian tersebut dilaksanakan dalam rangka penyusunan skripsi dengan judul: STRATEGI PENGELOLAAN KELAS DALAM SENTRA BELAJAR BAHASA INGGRIS DI SDI AL IKHLAS PADANG. Untuk itu, kami juga melampirkan 1 eksemplar proposal penelitian yang bersangkutan, biar sanggup memberikan citra utuh pelaksanaan penelitian.


Demikian surat pergajuan izin dilaksanakannya penelitian Saudari Farida Rika Ayu ini kami buat. Atas perhatian Ibu Kepala SDI Al Ikhlas Padang, kami mengungkapkan banyak terima kasih.


An. Nama Dekan


Wakil Dekan II Bidang Akademik


 


Dr. Kirana Ayu Fariha S.Pd, M.Pd


NIP: 1973 537 25 24


 





  • Contoh Surat Permohonan Izin Peminjaman Tempat




Izin peminjaman tempat bisa diajukan eksklusif pada pemilik bangunan atau eksekutif suatu forum pemilik gedung yang akan digunakan.



PANITIA LOMBA PENTAS SENI ‘SEMANGAT ANAK’LSM PEDULI ANAK JAWA TIMUR


Sekretariat: Jl. Marsudi Waluyo No 87, Kasin, Surakarta. Telp: +62 53 6436 4645


No: 76/LSMPA/09/2019


Hal: Permohonan Izin Tempat


Lampiran: 1 eksemplar proposal acara


 


Kepada Yth


Direktur Utama Hotel Trio Cempaka


Surakarta


 


Dengan hormat,


Bertepatan dengan hari anak nasional Indonesia, kami selaku panitia lomba Mewarnai ‘Semangat Anak’ berniat menyelenggarakan serangkaian kegiatan. Berbagai kegiatan tersebut akan diselenggarakan pada:


 


Hari/Tanggal: Sabtu, 9 November – Minggu 10 November 2019


Acara: Pentas Seni Anak, Lomba Mewarnai tingkat PAUD – SD, Lomba Baca Puisi, Penggalangan Dana untuk Perpustakaan Tunas Bangsa


 


Seluruh rangkaian jadwal dibuat untuk meningkatkan kesadaran warga perihal pentingnya saling mendukung dalam mendidik anak bangsa. Selain itu, jadwal ini diharapkan sanggup meningkatkan rasa percaya diri anak dan kekompakan keluarga dalam momen Hari Anak Nasional.


Oleh alasannya ialah itu, kami selalu panitia berniat memohon izin peminjaman tempat kepada Bapak/Ibu untuk rangkaian kegiatan tersebut. Detail terkait kriteria tempat yang cocok untuk jadwal telah terlampir pada proposal.


Demikian permohonan izin tempat untuk jadwal ini kami sampaikan. Atas perhatian serta pertolongan Bapak/Ibu, kami mengungkapkan terima kasih.


 


Mengetahui,


Ketua LSM Peduli Anak Jatim


 


Yudi Angga Wahyuono M.E.


Surakarta, 15 Oktober 2019


 


Ketua Panitia


 


Risda Ayu Dwi S.Si


 





  • Contoh Surat Permohonan Izin Tidak Masuk Kerja




Setiap pegawai kantor biasanya mempunyai sejumlah cuti tahunan yang sanggup dimanfaatkan untuk banyak sekali kepentingan. Namun untuk pengajuannya, dibutuhkan sebuah surat resmi.



Surabaya, 8 November 2019Perihal: Pengajuan Izin Cuti


 


Kepada Yth,


Ka. Personalia PT SUARA BERITA


Surabaya


 


Dengan hormat,


Yang bertanda tangan di bawah ini:


Nama Lengkap: Annisa Rifa Amalia S.Kom


Alamat Domisili: Jl. Senandung Saxophone Blok C No 65, Surabaya


No. Handphone: +62 654 764 756


Jabatan: Manajer Keuangan


Bermaksud mengajukan izin cuti kerja selama 3 (tiga) hari kerja, yakni pada:


Hari: Senin – Rabu


Tanggal: 11 – 13 November 2019


Dikarenakan adanya keperluan keluarga di luar kota yang tidak sanggup ditinggalkan. Apabila ada keperluan sangat penting terkait pekerjaan, saya bersedia dihubungi pada nomor handphone yang tertera di atas.


Demikian kami sampaikan permohonan ini. Atas kebijakan Bapak/Ibu serta izin yang diberikan, saya mengucapkan terima kasih.


Hormat saya,


 


Annisa Rifa Amalia S.Kom


Manager Keuangan


 





  • Contoh Surat Permohonan Izin Keramaian




Setiap jadwal yang melibatkan masyarakat niscaya akan mengakibatkan keramaian. Oleh alasannya ialah itu, jadwal menyerupai ini membutuhkan izin dari kepolisian setempat, biar bisa dikawal dengan baik keamanannya.



PANITIA KONSER ‘NUANSA KEJAYAAN’LUCKY SEVEN EVENT ORGANIZER YOGYAKARTA


Sekretariat: Jl. Nusa Dua No 67, Kulon Progo. Telp (+62) 777 75 33678


No: A.983/7/UU/LSEO/2019


Perihal: Permohonan Izin Keramaian


Lampiran: 1 Bendel Proposal Acara


 


Kepada Yth,


Bapak/Ibu Kapolsek Kulon Progo


Di tempat


 


Dengan hormat,


Saya, yang bertanda tangan di bawah ini:


Nama: Arya Lucas Indrawan


Tempat, Tanggal Lahir: Surakarta, 9 Juli 1990


Alamat: Perum Mutiara Hati Blok J No 23, Kulon Progo, Yogyakarta


No. Handphone: +62 882 664 65446


Mengajukan izin keramaian untuk jadwal konser bertajuk NUANSA KEJAYAAN, dengan menghadirkan penyanyi utama Sheryl Sheinafia dan Tulus. Acara NUANSA KEJAYAAN akan diselenggarakan pada:


Hari. Tanggal:


Waktu: 18 Desember 2019


Tempat: Graha Pulau Dewata, Universitas Marsudi Yogyakarta


 


Kesanggupan Penanggung Jawab meliputi:


1.       Menjaga ketertiban umum


2.       Taat pada peraturan yang berlaku di gedung maupun kawasan sekitar


3.       Tidak melaksanakan permainan uang (judi) atau hal lain yang bertentangan dengan hukum


Yogyakarta, 8 November 2019


Lucky Seven Event Organizer


 


Arya Lucas Indrawan


Divisi Humas


 



Contoh Surat Permohonan Kerjasama


seruan


Agar sanggup sukses, sebuah jadwal biasanya membutuhkan kerjasama antara beberapa pihak. Untuk itu, dibutuhkan sebuah surat penawaran kerjasama yang dituliskan dan dikirimkan secara resmi, dan dilengkapi dengan kop surat.




  • Contoh Surat Permohonan Kerjasama Penyuluhan




Salah satu jadwal yang biasanya menggandeng pihak lain ialah penyuluhan. Salah satu contoh surat permohonan kerjasama ialah sebagai berikut.



RUMAH KHITAN DOKTER SUGANDAPerum Bumiayu Asri Blok H No 87 – Madiun


Telp: +62 6454 7644 85, Email: rksuganda@yahoo.com


Madiun, 7 Oktober 2019


No: 02/RKDS/768/H/UU/2019


Perihal: Permohonan Kerjasama Penyuluhan


Lampiran: 1 Bendel Proposal Acara


 


Kepada Yth


Pimpinan PT Faber Castell Madiun


 


Dengan hormat,


Dalam rangka Hari Anak Nasional Indonesia, kami selaku tim medis dari Rumah Khitan Dokter Suganda berniat menyelenggarakan serangkaian kegiatan. Berbagai kegiatan tersebut akan diselenggarakan pada:


Hari/Tanggal: Kamis, 7 November


Acara: Penyuluhan Informasi Terkait Khitan, Lomba Mewarnai Untuk Anak-Anak


Berbagai jadwal dalam rangkaian ini dibuat untuk memberikan edukasi perihal pentingnya khitan, serta kapan sebaiknya khitan dilaksanakan. Selain itu, lomba mewarnai diadakan untuk meningkatkan antusiasme anak dalam kegiatan motorik.


Untuk itu, kami memohon kerjasama dengan PT Faber Castell Madiun untuk mensukseskan jadwal ini. Rincian planning penyelenggaraan jadwal ini telah tercantum dalam proposal yang kami lampirkan.


Demikian kami sampaikan penawaran kerjasama ini. Atas perhatian serta kerjasama yang akan terjalin, kami mengucapkan terima kasih.


Mengetahui


RUMAH KHITAN DOKTER SUGANDA


 


dr. Suganda Wira Pratama


Ketua Tim Medis


 


Koordinator Pelaksana


 


dr. Nikita Ayu Dewi


Anggota Tim Medis


 





  • Contoh Surat Permohonan Kerjasama Distributor




Surat penawaran menyerupai ini biasanya disertai dengan proposal lengkap yang menciptakan rincian kerjasama. Dalam kondisi menyerupai ini, surat resmi akan berfungsi sebagai pengantar.



PT INDONETWORK INDONESIAJl. Terusan Nusakambangan, Bandung


Telp: +62 765 6454 5655, Email: admin@indonetwork.com


No: 09/II/PKD/904/9/2019


Lamp: 3 lembar


Hal: Penawaran Kontrak Kerjasama


 


Kepada Yth


Pimpinan PT Allegio Pusat Elektronik


Yogyakarta


 


Dengan hormat,


Kami mewakili PT Indonetwork Indonesia memberikan pengajuan kerjasama kepada PT Allegio Pusat Elektronik untuk menjadi salah satu distributor resmi produk-produk kami. Barang yang kami produksi ialah banyak sekali barang elektronik.


Apabila PT Allegio Pusat Elektronik tertarik untuk menjadi distributor resmi dari PT Indonetwork Indonesia, maka selanjutnya akan dibicarakan dalam pertemuan secara langsung. Rincian perihal prosedur bentuk kerjasama telah kami lampirkan pada proposal kerjasama.


Demikian kami menciptakan surat penawaran kerjasama distribusi ini. Besar impian kami, PT Allegio Pusat Elektronik sanggup menjadi partner kerja kami selanjutnya.


Bandung, 9 November 2019


 


Hormat Kami,


PT Indonetwork Indonesia


 


Aryo Wahyudi Ihsan S.E.


Manajer Marketing


 





  • Contoh Surat Permohonan Kerjasama Donor Darah




Saat ini banyak jadwal yang menggandeng PMI untuk melaksanakan kegiatan donor darah. Ini akan menambah nilai sosial dalam jadwal yang diselenggarakan.



KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAANUNIVERSITAS BERBAKTI INDONESIA


FAKULTAS MIPA, JURUSAN BIOLOGI


Jl. Bunga Kencana, Magetan 54757, Indonesia


Tel: +62 7547 6755/ +62 5684 47646, Email: admin@uv.ac.id


No: 10/UU/SKS/907/8/2019


Lamp: 1 eksemplar proposal kegiatan


Hal: Permohonan Kerjasama


 


Kepada Yth


Ka. PMI Cabang Magetan


Jl. Bunga Kopi No 8, Magetan


 


Dengan hormat,


Sehubungan dengan akan diselenggarakannya kegiatan Pemuda Peduli Anak dan Donor Darah, kami selaku Panitia Pelaksana jadwal tersebut memberikan kerjasama dalam hal penyelenggaraan kegiatan donor darah. Kegiatan Pemuda Peduli Anak dan Donor Darah ini akan dilaksanakan pada:


Hari, Tanggal: Minggu, 10 November 2019


Tempat: Aula AVA 09 Kompleks H, Universitas Berbakti Indonesia


 


Hal-hal yang terkait dengan jadwal Pemuda Peduli Anak dan Donor Darah sanggup dilihat di dalam proposal kegiatan yang terlampir. Demikian kami sampaikan penawaran ini.


 


Menyetujui,


Wakil Rektor III


 


Dr. Johan Nizar T. M.Si


NIP: 098 545 654 644


Magetan, 29 Oktober 2019


 


Panitia Acara


 


Irfan Alam A.


NIM: 117 075 756 654


 





  • Contoh Surat Permohonan Kerjasama Penyediaan Jasa




Penyediaan jasa bisa ditawarkan oleh pihak yang memang mempunyai kemampuan yang dibutuhkan oleh suatu perusahaan atau lembaga. Berikut ialah salah satu contoh surat permohonannya.



CV. PUTRA JAYA NETWORKJl. Kebon Kelapa No 78, Kelurahan Kembangan – Jakarta Barat


Telp: 021 543 5468, Fax: 021 543 5467, Email: pjnetwork@gmail.com


 


No: 98/PB/PKPJ/564/10/2019


Lamp: 1 eksemplar proposal penyediaan jasa


Hal: Penawaran Kerjasama Penyediaan Jasa


 


Kepada Yth


Ka. Tim Pengadaan Barang Non Medik


RS Harapan Bunda Cabang Jakarta Utara


Jl. Nusa Kambangan No 11, Jakarta Utara


 


Sebelumnya, kami mendapatkan gosip terkait adanya perencanaan dari pihak RS Harapan Bunda Cabang Jakarta Utara untuk melaksanakan pekerjaan pasang gres instalasi WiFi di Paviliun Mawar dan Teratai. Maka melalui surat ini, kami mengajukan penawaran harga untuk jasa tersebut, dengan besaran total sebesar Rp29.000.000,00 (terbilang dua puluh sembilan juta rupiah).


Harga tersebut merupakan pilihan untuk WiFi Unlimited Premium. Sedangkan untuk paket pilihan lainnya telah kami sebutkan rinciannya pada proposal terlampir.


Demikian kami sampaikan surat pengajuan kerjasama penyediaan jasa ini. Semoga kedua perusahaan ini sanggup mencapai janji kerjasama yang baik.


Jakarta, 16 Oktober 2019


Hormat Kami,


CV. Putra Jaya Network


 


Indra Ade Aryanto S.T


Manajer Marketing


 





  • Contoh Surat Permohonan Kerjasama Sponsor




Untuk mengirimkan sebuah proposal pengajuan sponsor, dibutuhkan surat pengantar untuk memastikan proposal tersebut akan dipahami maksudnya. Berikut ialah salah satu contohnya.



KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAANUNIVERSITAS BINA NUSANTARA BARAT, FAKULTAS PENDIDIKAN


PANITIA ACARA SENSASI MILLENNIAL 2019


Jl. Fatmawati no 7, Cilandak, Jakarta Selatan.


Telp: (021) 678 6544 , Website: www.ubnjakarta.ac.id


Jakarta, 15 Oktober 2019


No: 812/CC/165/765/2019


Hal: Permohonan Kerjasama Sponsor


Lamp: 1 eksemplar proposal kegiatan


 


Kepada Yth


Pimpinan CV. Putra Jaya Network


Jl. Kebon Kelapa No 78, Kelurahan Kembangan


Jakarta Barat


 


Dengan Hormat,


Melalui surat ini kami memberikan bahwa Panitia Pelaksana yang dibuat oleh Fakultas Pendidikan Universitas Bina Nusantara Barat akan melaksanakan sebuah kegiatan yang bertajuk SENSASI MILLENNIAL 2019. Acara tersebut akan dilaksanakan pada:


Hari, Tanggal: Minggu, 10 November 2019


Tempat: Gedung Graha Mustika Universitas Universitas Bina Nusantara Barat


Bentuk Acara: Konser Musik dan Penggalangan Dana Untuk Bencana Alam


Oleh alasannya ialah itu, kami mengajukan permohonan kerjasama sebagaimana terlampir pada proposal.


Demikian kami memberikan pengajuan kerjasama penting ini. Terima kasih.


Mengetahui,


Pembina Acara,


 


Dr. Budi Wahyu I. M.Ed


NIP: 089 563 752 757


 


Ketua Pelaksana,


 


Anggi Riani Putri


NIM: 116 987 8768


 



Contoh Surat Permohonan Dinas


seruan


Bagi seorang pegawai, tiap perizinan untuk keluar forum harus didahului dengan surat tugas. Sebelum surat kiprah dibuat, surat pengajuan dinas perlu dibuat terlebih dahulu. Inilah contoh surat permohonan dinas sebagai contoh yang sanggup dimodifikasi.



PEMERINTAH KABUPATEN MALANGDINAS PENDIDIKAN


UNIT PENDIDIKAN KECAMATAN DONOMULYO


Alamat: Jl. Raya Donomulyo No 46, Dusun Kalipakem, Kelurahan Donomulyo


Telp (0341) 6433 544, Email: dinpendonomulyo@yahoo.com


Malang, 25 Oktober 2019


No: 06/UPKD/SD/875/2019


Perihal: Permohonan Dinas Tenaga Guru


Lamp: 1 lembar


 


Kepada Yth


Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Donomulyo


Jl. Raya Donomulyo No 2, Malang


 


Dengan Hormat,


Sehubungan dengan akan dilaksanakannya Uji Coba Ujian Nasional Berbasis Komputer 2020 di Sekolah Menengah Pertama Islam Al Ikhlas Donomulyo, maka kami memohon perizinan dinas untuk:


Nama: Agus Irwan Ahmad S.Pd


NIP: 096 6446 5443 67


Jabatan: Guru TIK


Yang bersangkutan diharapkan sanggup menjadi tenaga operator selama jadwal tersebut, yang akan berlangsung pada:


Hari: Senin – Selasa


Tanggal: 21 Oktober – 22 Oktober 2019


Waktu: 08.00 WIB – 12.00 WIB


Tempat: Gedung Aula Sekolah Menengah Pertama Islam Al Ikhlas Donomulyo


Atas kerjasama Anda, kami memberikan terima kasih.


Ka. Unit Pendidikan


Kecamatan Donomulyo


 


Farhan Yuniarto M. S.Pd, M.Pd


NIP: 198 8643 5453 5 44


 



Contoh Surat Permohonan Beasiswa


seruan


Saat ini, ada banyak cara untuk tetap berguru meskipun ada banyak sekali hambatan dalam hal finansial. Salah satunya ialah dengan adanya jadwal beasiswa, yang diselenggarakan oleh banyak sekali lembaga. Untuk pengajuannya, dibutuhkan sebuah surat resmi.




  • Contoh Surat Permohonan Beasiswa Tidak Mampu




Indonesia mempunyai perhatian yang cukup besar pada pendidikan anak bangsa. Salah satunya ialah dengan pemberian beasiswa untuk pelajar atau mahasiswa kurang mampu. Inilah salah satu contoh surat permohonan beasiswa untuk mahasiswa kurang mampu.



 Jember, 19 Oktober 2019


Perihal: Permohonan Beasiswa


 


Kepada Yth


Ibu Gubernur Jawa Timur


C/q: Biro Kesejahteraan Masyarakat


Di Surabaya


 


Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh


Dengan hormat,


Sehubungan dengan adanya gosip pemberian pertolongan dana pendidikan (beasiswa) dari Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Timur kepada mahasiswa yang kurang mampu, maka saya:


Nama: Arif Budianto Ali


NIM: 118 7549 7537


Tempat Lahir: Jember


Tanggal Lahir: 31 Januari 2000


Alamat: Jalan Lawu Gang 9 No 43, Jember


Jenis Kelamin: Laki-Laki


Instansi Pendidikan: Universitas Bina Bangsa Jember


Fakultas: MIPA


Jurusan: Pendidikan Matematika


Semester: 3


Dengan ini mengajukan permohonan beasiswa untuk kategori tersebut. Untuk mendukung pengajuan ini, saya telah melampirkan beberapa dokumen, diantaranya:


1.       Fotokopi Kartu Tanda Mahasiswa (KTM)


2.       Surat Keterangan Aktif Kuliah


3.       Fotokopi KHS selama 3 semester


4.       Fotokopi keterangan nominal UKT


5.       Fotokopi KTP


6.       Fotokopi KTP orang tua


7.       Fotokopi KK


8.       Surat Pernyataan Tidak Menuntut Hasil Seleksi


9.       Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM)


10.   Pas Foto 3 x 4 sebanyak 6 lembar


Demikianlah surat permohonan ini saya buat, besar impian saya Ibu Gubernur dan Pemerintah Daerah Jatim bersedia membantu meringankan beban biaya pendidikan saya. Terima kasih saya ungkapkan atas perhatian Ibu.


Pemohon


 


Arif Budianto Ali


NIM: 118 7549 7537


 





  • Contoh Surat Permohonan Beasiswa Kuliah




Dalam sebuah universitas, biasanya ada banyak tawaran beasiswa untuk mahasiswa. Setiap beasiswa yang diberikan niscaya membutuhkan syarat tertentu. Salah satunya ialah adanya surat pengajuan menyerupai berikut ini.



Perihal: Permohonan Beasiswa


 


Kepada Yth


Rektor Universitas Nusantara Jaya


Banyuwangi


 


Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh


Dengan hormat,


Sehubungan dengan adanya gosip terkait Beasiswa PPA, maka saya, yang bertanda tangan di bawah ini:


Nama: Rizka Ayu Ningsih


NIM: 118 753 753 75


Tempat Lahir: Banyuwangi


Tanggal Lahir: 14 Januari 2000


Alamat: Jl. Nusa Penida Gang 4 No 45, Banyuwangi


Jenis Kelamin: Perempuan


Instansi Pendidikan: Universitas Nusantara Jaya, Banyuwangi


Fakultas: Ilmu Keolahragaan


Jurusan: Pendidikan Kesehatan dan Olahraga


Semester: 3


Dengan ini mengajukan permohonan beasiswa PPA. Untuk mendukung pengajuan ini, saya telah melampirkan beberapa dokumen, diantaranya:


1.       Fotokopi Kartu Tanda Mahasiswa (KTM)


2.       Fotokopi KHS selama 3 semester


3.       Fotokopi keterangan nominal UKT


4.       Fotokopi KTP


5.       Surat Pernyataan Tidak Menuntut Hasil Seleksi


6.       Pas Foto 3 x 4 sebanyak 6 lembar


Demikianlah surat permohonan ini saya buat, besar impian saya Bapak Rektor bersedia memasukkan saya dalam daftar peserta Beasiswa PPA. Terima kasih saya ungkapkan atas perhatian Bapak.


Banyuwangi, 29 Oktober 2019


Pemohon,


 


Rizka Ayu Ningsih


NIM: 118 753 753 75


 





  • Contoh Surat Permohonan Penurunan UKT




Saat ini telah banyak Universitas yang memakai sistem UKT dalam pembayaran biaya kuliah. Namun terkadang ada ketidaksesuaian antara kondisi positif seorang mahasiswa dengan UKT yang ditentukan. Bila itu terjadi, contoh surat berikut sanggup dijadikan contoh untuk menciptakan pengajuan peninjauan kembali.



Madiun, 20 Oktober 2019


Yth. Dekan Fakultas Ilmu Budaya


Universitas Mercusuar Jaya Madiun


 


Dengan hormat,


Saya, yang bertanda tangan di bawah ini:


Nama: Raditya Andi Prawira


NIM: 119 184 0023


Program Studi: Pendidikan Bahasa dan Sastra Jepang


Semester: 1 (satu)


Memohon untuk adanya peninjauan kembali dan penurunan biaya uang kuliah tunggal (UKT). Adapun alasan penurunan biaya UKT yang saya usikan menurut pertimbangan sebagai berikut:


·         Saya merasa UKT yang ditentukan untuknya sebesar Rp6.000.000,00 terlalu tinggi.


·         Ayah saya mengalami kecelakaan dengan luka serius pada tanggal 1 Oktober 2019, sehingga diperkirakan tidak bisa bekerja hingga waktu yang tidak sanggup ditentukan.


·         Di dalam keluarga saya ada 3 orang adik yang juga bersekolah, tanpa beasiswa.


Dengan kondisi tersebut, ibu saya yang tidak mempunyai pekerjaan tetap akan sangat sulit membiayai UKT sebesar nominal yang telah saya sebutkan di atas. Saya berharap Ayahanda Dekan Fakultas Ilmu Budaya bersedia meninjau kembali dan melaksanakan penurunan UKT untuk saya.


Demikian saya memberikan surat permohonan peninjauan dan penurunan UKT ini. Terima kasih untuk perhatian dan pertimbangan yang Ayahanda Dekan berikan.


Mengetahui,


Ketua prodi Pendidikan Bahasa Sastra Jepang


 


Dr. Indrayani Sri Utami M.Ed


Nip: 198 404 090 009 78


 


Pemohon


 


Raditya Andi Prawira


NIM: 119 184 0023


 


 



Contoh Surat Permohonan Pindah Sekolah


seruan


Sepanjang hidup seseorang, perpindahan sekolah mungkin saja terjadi alasannya ialah satu dan lain hal. Bila hal itu terjadi, surat pengajuan pindah sekolah sanggup dibuat sesuai contoh berikut ini.



Yth Kepala Sekolah Menengah Pertama An NurJombang


 


Dengan hormat, yang bertanda tangan di bawah ini:


Nama: Ardian Johan Indrawan


Alamat: Perum Bumi Palapa Blok G No 5, Jombang


Pekerjaan: Pilot


Wali dari siswa:


Nama: Fitria Indah Indrawan


Nomor Induk: 2458


Jenis Kelamin: Perempuan


Siswa Kelas: VIII


 


Mengajukan permohonan pindah tempat berguru untuk siswa tersebut di atas dari Sekolah Menengah Pertama Al Ikhlas Padang Panjang ke Sekolah Menengah Pertama An Nur, Jombang. Perpindahan sekolah ini dilakukan dengan alasan mengikuti perpindahan domisili. Bersama surat ini, kami menyertakan dokumen lengkap yang dipakai untuk persyaratan masuk ke Sekolah Menengah Pertama An Nur, diantaranya akte kelahiran dan raport yang bersangkutan.


Atas perhatian Bapak Kepala Sekolah, kami mengucapkan terima kasih.


Jombang, 8 Juli 2019


Pemohon


 


Ardian Johan Indrawan


 



Contoh Surat Permohonan Mutasi Kerja


seruan


Permohonan mutasi kerja biasanya dilakukan oleh pegawai yang telah cukup masa kerjanya. Berikut ialah contoh surat pengajuannya.



Malang, 7 Oktober 2019Perihal: Permohonan Mutasi Kerja


 


Kepada Yth


Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Malang


C/q: Urusan Kepegawaian


 


Dengan hormat,


Saya yang bertanda tangan di bawah ini:


Nama: Arif Yudi Ginanjar


NIP: 185 532 7643 7433


Pangkat, Gol. Ruang: Pengatur / II C


Jabatan: Pengarsip Umum


Unit Kerja: MIN Malang 1


 


Dengan ini melaksanakan pengajuan permohonan pindah kiprah dari Staf Pengarsipan di MI Negeri Malang 1 ke Pegawai Kantor Urusan Agama (KUA). Adapun maksud dan tujuan kepindahan saya


ini ialah untuk menyesuaikan minat dan disiplin ilmu yang saya miliki serta lebih meningkatkan pengalaman kerja dan jenjang karir.


Sebagai dokumen pelengkap, bersama ini saya juga melampirkan:


1. Fotocopy SK Terakhir


2. Fotocopy DP3 Tahun Terakhir


3. Fotocopy Ijazah Jenjang PendidikanTerakhir


4. Fotocopy Kartu Pegawai


Demikian saya memberikan surat permohonan ini. Besar impian saya, Bapak akan mengabulkannya. Terima kasih.


Hormat Saya,


 


Arif Yudi Ginanjar


185 532 7643 7433


 



Cara Membuat Surat Permohonan Dengan Mudah


seruan


Berbagai contoh surat permohonan tentu memudahkan proses penulisan yang perlu dilakukan. Dalam pembahasaan, surat permohonan ini juga bisa diganti tajuknya menjadi surat penawaran, surat permintaan, dan sebagainya. Penggantian ini sanggup dilakukan sesuai dengan isi dari surat tersebut.


Terima kasih telah berkunjung ke website ini. Semoga menambah wawasan dan akomodasi dalam menulis surat.




Baca juga:



FAST DOWNLOADads
| Server1 | Server2 | Server3 |
Download
Next Post Previous Post