Contoh Surat Rekomendasi

FAST DOWNLOADads
Download

Untuk menciptakan surat yang benar, ada banyak contoh surat rekomendasi yang bisa diikuti. Surat rekomendasi sangat penting untuk melamar suatu pekerjaan, beasiswa, atau mendaftarkan diri dalam suatu kegiatan. Maka, menciptakan surat tersebut dengan cara yang baik dan benar menjadi sebuah keharusan.


Surat rekomendasi yang baik mempunyai beberapa struktur yang harus diikuti. Dalam artikel ini akan dibahas wacana pengertian, manfaat, struktur, kandungan dan banyak sekali contohnya.


Pengertian Surat Rekomendasi


Surat


Surat rekomendasi yaitu sebuah surat yang dibentuk oleh pimpinan, atasan, atau pejabat berwenang dalam suatu lembaga, organisasi atau instansi, yang menyatakan keadaan seseorang yang sedang atau pernah berguru atau bekerja di daerah tersebut. Surat rekomendasi biasanya ditulis atau disusun menurut kebutuhan seseorang untuk banyak sekali tujuan yang berbeda.


Surat rekomendasi dibentuk menurut data yang sebenar-benarnya, dengan maksud biar yang dibuatkan surat sanggup diterima atau mengikuti suatu pekerjaan, kegiatan, atau program. Dengan demikian, surat rekomendasi diperlukan berisi hal-hal positif yang sanggup dijadikan pertimbangan oleh sang penerima.


Manfaat Surat Rekomendasi


Surat


Bagi pihak yang meminta, surat rekomendasi sangat bermanfaat sebagai salah satu faktor pertimbangan diterimanya seseorang berguru atau bekerja di suatu instansi. Ini juga menjadi bukti bahwa yang bersangkutan telah melaksanakan hal baik pada instansi atau organisasi yang pernah atau sedang diikuti.


Bagi pihak yang membuat, surat rekomendasi yaitu penyambung silaturrahmi dengan pihak yang meminta, dan pihak penerima. Pihak pembuat surat akan menerima gambaran positif dikarenakan telah membantu meningkatkan kepercayaan diri pihak yang meminta.


Bagi pihak penerima, surat rekomendasi sanggup dijadikan gambaran atas prestasi atau kinerja seseorang. Ini sekaligus sanggup dimanfaatkan sebagai pertimbangan apakah akan mendapatkan sang peminta surat atau tidak.


Struktur Surat Rekomendasi


Surat


Mengingat pentingnya surat rekomendasi, maka sebaiknya ditulis dengan mengikuti struktur tertentu yang wajib ada di dalamnya. Struktur surat rekomendasi dalam bahasa Indonesia sanggup berbeda dengan surat rekomendasi dalam bahasa lain. Berikut yaitu struktur surat rekomendasi dalam bahasa Indonesia:


Kepala Surat



  • Kepala surat mengandung kop surat, yang membuktikan bahwa penerbit atau pembuat surat yaitu instansi resmi. Kop surat yang baik perlu dilengkapi dengan identitas lengkap dari sang pembuat surat.

  • Di bawah kop surat biasanya terdapat judul surat, contohnya sebuah goresan pena ‘SURAT REKOMENDASI’

  • Setelah judul surat, bisa dilanjutkan dengan penulisan nomor surat, yang memudahkan untuk pengarsipan.


Isi Surat



  • Pembukaan, sanggup berisi salam, yang dilanjutkan dengan keterangan terkait penulis surat rekomendasi.

  • Identitas dari pihak yang meminta surat (diterangkan dalam surat). Bagian ini sanggup mencakup nama, daerah tanggal lahir, alamat, jabatan atau kelas, dan sebagainya yang dianggap perlu untuk kepentingan rekomendasi.

  • Penjelasan singkat terkait karakter, etos kerja, serta kepribadian pihak yang diterangkan.

  • Pada kepingan penutup, sanggup dituliskan keinginan biar surat rekomendasi dijadikan pertimbangan atau  dimanfaatkan dengan bijak untuk kepentingan pihak akseptor dan yang diterangkan.


Kaki Surat



  • Keterangan wacana daerah dan tanggal diterbitkannya surat rekomendasi.

  • Identitas penulis atau penanggung jawab dari surat tersebut, biasanya disertai dengan stempel instansi.


Kandungan Surat Rekomendasi


Surat


Agar pihak peminta surat mendapatkan manfaat secara optimal, ada beberapa kandungan yang sebaiknya ada dalam sebuah surat rekomendasi, diantaranya:


Deskripsi


Dengan berbekal data yang dimiliki dan pengenalan wacana pihak yang direkomendasikan, penulis surat sanggup mendeskripsikan sifat, tingkah laku, dan etos kerjanya dengan lebih detail. Selain itu, penulis juga bisa mendeskripsikan apa saja yang pernah dilakukan dan jabatan yang pernah diampu oleh orang yang direkomendasikan.


Kualifikasi


Penulis sanggup menjelaskan kualifikasi yang dimiliki oleh orang yang direkomendasikan. Misalnya prestasi yang diraih selama berada di instansi tersebut, atau pekerjaan-pekerjaan sulit atau kiprah khusus yang pernah ditanganinya. Dengan demikian, akseptor surat akan menerima gambaran kira-kira akan menempatan yang bersangkutan di bidang apa.


Kelebihan atau Kemampuan Ekstra


Ini yaitu kepingan yang biasanya menciptakan surat rekomendasi menjadi istimewa, berbeda dengan milik pelamar lainnya. Pada kepingan ini, penulis sanggup menjelaskan wacana hal-hal istimewa yang unik dari orang yang direkomendasikan. Misalnya nilai akademik yang nyaris sempurna, pernah berpengalaman menjadi pemimpin kongres cowok internasional, dan sebagainya.


Motivasi


Penulis sanggup menjelaskan wacana motivasi berpengaruh yang dimiliki orang yang direkomendasikan, terkait pekerjaan atau urusan yang sedang diajukan. Jika sedang mengajukan beasiswa misalnya, penulis bisa memberikan bahwa selama ini orang yang direkomendasikan mempunyai antusiasme tinggi untuk melanjutkan studi.


Contoh Surat Rekomendasi Melamar Kerja


Surat


Meskipun tidak selalu diwajibkan ada dalam berkas lamaran pekerjaan, namun surat rekomendasi akan menambah nilai tersendiri. Pihak personalia akan lebih memahami calon karyawannya dengan proteksi surat rekomendasi.
















PT JAVA KARYA BUANA


Jalan Haji Sutinah No 89, Malang – Email: javakarya@gmail.com (0341) 6453XX



SURAT REKOMENDASI KERJA


No. 078/HRD/6C/SRF


 


Saya, yang bertanda tangan di bawah ini:


Nama: Farhan Budianto S.S


Nomor Induk Karyawan: 013465326


Jabatan: Kepala HRD


Dalam hal ini bertindak atas nama PT Java Karya Buana, menawarkan rekomendasi atas mantan staf kami,


Nama: Fitri Ayu Wulandari


Alamat: Jalan Bumi Kedondong V/56


Kepada perusahaan manapun daerah Saudari Fitri Ayu Wulandari nanti bekerja. Surat rekomendasi ini kami buat menurut pengamatan terhadap etos kerja, pengabdian serta huruf yang bersangkutan.


Yang bersangkutan telah bekerja selama empat tahun di PT Java Karya Buana dengan jabatan terakhir sebagai Manajer Keuangan, dengan ulet dan disiplin. Kami yakin bahwa nantinya Saudari Fitri Ayu Wulandari akan sanggup berkontribusi secara optimal pada perusahaan tempatnya bekerja nanti.


Demikian surat rekomendasi dari PT Java Karya Buana ini kami buat untuk sanggup dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Malang, 7 Februari 2020


Hormat kami,


 


Farhan Budianto S.S


Kepala HRD


Contoh Surat Rekomendasi Mutasi Kerja


Surat


Dalam suatu fase, seseorang mungkin mengajukan pindah kiprah ketika bekerja. Hal ini bisa dilakukan sebab jarak tempuh daerah kerja yang terlalu jauh, atau sebab kemampuannya lebih dibutuhkan di daerah lain. Untuk menyertai proses mutasi tersebut, biasanya akan ada surat rekomendasi tersendiri.
















PT JAVA KARYA BUANA


Jalan Haji Sutinah No 89, Malang – Email: javakarya@gmail.com (0341) 6453XX



SURAT REKOMENDASI KERJA


No. 090/HRD/6C/SRF


Saya, yang bertanda tangan di bawah ini:


Nama: Farhan Budianto S.S


Nomor Induk Karyawan: 013465326


Jabatan: Kepala HRD


Dalam hal ini bertindak atas nama PT Java Karya Buana, menawarkan rekomendasi atas salah satu staf kami,


Nama: Novan Yanuar Susanto S.E


Alamat Domisili: Jalan Bululawang Gang 7 No 90, Malang


Alamat Sesuai KTP: Jalan Sulawesi Utara No 56, Bojonegoro


Jabatan: Kepala Divisi Marketing


Untuk dipindahtugaskan dari wilayah kerja sentra Kota Malang ke kantor cabang di Kota Bojonegoro, dengan beberapa pertimbangan:


1. Kantor cabang Bojonegoro sedang membutuhkan tenaga marketing yang handal


2. Keluarga yang bersangkutan ketika ini tinggal di kota tersebut


Kami dari tim personalia, yakin Saudara Novan Yanuar Susanto S.E sanggup mengisi kebutuhan posisi tersebut. Yang bersangkutan akan sanggup bekerja secara optimal di kantor cabang Bojonegoro.


Demikian surat berisi rekomendasi untuk keperluan mutasi kerja ini kami buat. Semoga sanggup dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Malang, 7 Februari 2020


Hormat kami,


 


Farhan Budianto S.S


Kepala HRD


Contoh Surat Rekomendasi Melamar Beasiswa


Surat


Beberapa jenis beasiswa mewajibkan adanya surat rekomendasi yang disertakan pada berkas lamaran. Surat ini berfungsi ganda, yakni sebagai keterangan bahwa yang bersangkutan memang pernah atau sedang berada dalam suatu instansi, serta sebagai rekomendasi wacana perilaku dan kualifikasinya.


Dari Sekolah


Berikut ini yaitu contoh surat rekomendasi sekolah untuk siswa yang ingin melamar suatu beasiswa. Dengan menawarkan surat ini, sekolah memperlihatkan dukungannya terhadap prestasi dan pencapaian yang diinginkan siswa.
















DINAS PENDIDIKAN KOTA MOJOKERTO


SMA Islam Fatahillah Nusantara


Jalan Bumi Budaya No 98, Kranggan, Mojokerto – (0321)65354XX



SURAT REKOMENDASI


No: 367/TYH/7/REC


 


Yang bertandatangan di bawah ini:


Nama: Irfan Wahyudiono S.Pd, M.Pd


Jabatan: Kepala Sekolah


NIP: 643436444


 


Dengan ini menawarkan rekomendasi atas:


Nama: Yudha Putra Arifin


Kelas: X


Alamat: Jalan Nusa Dua Gang 2 No 90, Kranggan, Mojokerto


Nama Orangtua: Arifin Nurdin


Pekerjaan Orangtua: Wiraswasta


 


Yang bersangkutan memang benar yaitu siswa Sekolah Menengan Atas Islam Fatahillah Nusantara Mojokerto. Berdasarkan hasil pengamatan dan penilaian berguru selama setahun ini, siswa yang bersangkutan mempunyai prestasi yang istimewa. Berikut ini yaitu rincian prestasi akademik dari ananda:



  • Kelas X semester 1 meraih peringkat II paralel

  • Kelas X semester 2 meraih peringkat I paralel


Selain prestasi akademik, ananda juga mempunyai keterampilan berbahasa Inggris yang baik, dan telah meraih beberapa prestasi non-akademik, diantaranya:



  •  Juara 1 Lomba Pidato Bahasa Inggris Tingkat Kota Mojokerto Tahun 2019

  •  Juara 3 Lomba Debat Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2019


Kami dari pihak sekolah, menilai siswa tersebut layak mendapatkan unggulan untuk siswa berprestasi. Kami merekomendasikan yang bersangkutan sebagai kandidat akseptor beasiswa berprestasi dari PT Buana Raya Mojokerto.


Demikian surat rekomendasi untuk ananda kami buat menurut data sebenarnya. Semoga sanggup dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan, dengan sebaik-baiknya.

Malang, 7 Februari 2020


Kepala Sekolah


 


Irfan Wahyudiono S.Pd, M.Pd


NIP: 643436444


Dari Universitas


Saat ini sudah banyak beasiswa yang ditawarkan untuk mahasiswa, dengan banyak sekali kualifikasi yang dibutuhkan. Biasanya, salah satu syarat yang diminta dalam berkas pengajuan beasiswa yaitu surat rekomendasi. Untuk membuatnya, ikuti contoh surat rekomendasi beasiswa mahasiswa ini.
















UNIVERSITAS MERCUSUAR MOJOKERTO


FAKULTAS MIPA – JURUSAN MATEMATIKA


Jalan Tirtomoyo No 7, Kranggan, Mojokerto (0321) 43436XX



SURAT REKOMENDASI BEASISWA


No: 87/REC/BEA/6464


 


Dekan Fakultas MIPA Universitas Mercusuar Mojokerto, dengan ini menerangkan bahwa:


Nama: Irfan Gilang Y.


NIM: 1076756416


Tempat, Tanggal Lahir: Blitar, 21 Januari 2001


Alamat: Jalan Muntilan Barat No 56, Kranggan, Mojokerto


Program Studi: Pendidikan Matematika


Fakultas: MIPA


Semester: 4


Tahun Akademik: 2019/2020


Yang bersangkutan diberikan rekomendasi untuk mengajukan beasiswa PPA, dengan pertimbangan bahwa yang bersangkutan:


1. merupakan salah satu mahasiwa beprestasi, dengan IP terakhir 3,7.


2. memiliki motivasi, minat dan antusiasme yang tinggi untuk melanjutkan studi.


3. tidak pernah terlibat dalam kegiatan terlarang atau berurusan dengan yang berwajib.


4. aktif dalam banyak sekali kegiatan organisasi, ibarat tercantum dalam surat keterangan aktif organisasi yang telah dilampirkan.


Demikian rekomendasi ini kami buat sebagai salah satu syarat manajemen untuk yang bersangkutan. Semoga surat ini bisa dimanfaat untuk banyak sekali keperluan sebagaimana mestinya.

 


 


 


 


 


 


Tembusan:


1. Rektor UNMERC Mojokerto


2. Dekan Fakultas


3. Ketua BAAPM

Mojokerto, 7 Februari 2020


Atas Nama Rektor


Kepala Program Studi


 


David Hilman Yudi S.Si, M.Si.


NIP: 0643489697


Dari Perusahaan


Apabila seorang karyawan telah menawarkan bantuan yang baik pada suatu perusahaan, maka salah satu bentuk penghargaan yang bisa diberikan yaitu surat rekomendasi. Dengan mengijinkan dan menawarkan rekomendasi untuk melanjutkan studi, maka karyawan akan semakin berkembang kapasitasya.
















PT JAVA KARYA BUANA


Jalan Haji Sutinah No 89, Malang – Email: javakarya@gmail.com (0341) 6453XX



SURAT REKOMENDASI


No: 07/REC/BEA/4543


 


Yang bertanda tangan di bawah ini:


Nama: Farhan Budianto S.S


Nomor Induk Karyawan: 013465326


Jabatan: Kepala HRD


Dalam hal ini bertindak atas nama PT Java Karya Buana, menawarkan keterangan atas salah satu staf kami,


 


Nama: Martha Ninda Kusuma S.E


Tempat, Tanggal Lahir: Blitar, 20 Januari 1994


Alamat: Jalan Bunga Monstera No 56, Malang


Jabatan: Staf Marketing


Yang bersangkutan diberikan izin dan rekomendasi untuk mengajukan beasiswa dalam rangka melanjutkan studi di Universitas Mercusuar Mojokerto jurusan Manajeman Sumber Daya Manusia, dengan pertimbangan bahwa yang bersangkutan:



  • merupakan salah satu mahasiwa beprestasi pada jenjang S1 di Universitas Indonesia, dengan IPK 3,6.

  • memiliki motivasi, minat dan antusiasme yang tinggi untuk melanjutkan studi.

  • tidak pernah terlibat dalam kegiatan terlarang atau berurusan dengan yang berwajib.

  • telah banyak berkontribusi secara positif untuk kemajuan PT Java Karya Buana.


Demikian surat rekomendasi ini kami buat sebagai pertimbangan dan untuk melengkapi syarat manajemen untuk pengajuan beasiswa. Semoga surat ini sanggup dimanfaatkan untuk keperluan yang bersangkutan dengan sebagaimana mestinya.

Malang, 7 Februari 2020


Hormat kami,


 


Farhan Budianto S.S


Kepala HRD


Beasiswa LPDP


Dalam panduan LPDP, telah dijelaskan secara khusus terkait surat rekomendasi yang harus disiapkan. Berikut ini merupakan salah satu contoh surat rekomendasi beasiswa LPDP yang dibentuk khusus untuk magister, dokter spesialis, atau kegiatan doktoral.













SURAT REKOMENDASI


 


Yang bertanda tangan sesuai identitas di bawah ini:


Nama: Riska Adinda Y. S.Pd, M.Pd


NIP: 01876738687


Pangkat/Golongan: Penata Tk.I / Golongan III/d


Jabatan: Lektor


Instansi: Universitas Mercusuar Mojokerto


Alamat Lembaga: Jalan Tirtomoyo No 7, Kranggan, Mojokerto


Telepon: (0321) 43436XX


Fax: (0321) 43436XX


E-mail: unmerc@gmail.com


 


Memberi rekomendasi kepada:


Nama: Indah Indiarti M. S.Pd


Jabatan: Asisten Dosen


Instansi: Universitas Mercusuar Mojokerto


Alamat: Jalan Tirtomoyo No 7, Kranggan, Mojokerto


 


Saya telah mengenal Saudari Indah Indiarti M. S.Pd selama 5 tahun, semenjak yang bersangkutan kuliah di Universitas Mercusuar Mojokerto. Sebelumnya yang bersangkutan yaitu mahasiswi saya, dan kemudian ketika ini telah diangkat menjadi ajudan dosen.


Selama menjadi mahasiswi, Saudari Indah Indiarti telah memperlihatkan etos berguru yang baik. Ia disiplin, antusias, dan mempunyai rasa ingin tahu yang besar. Selama ini, yang bersangkutan telah memperlihatkan semangat dan motivasi yang sangat baik untuk melanjutkan studi.


Selama menjadi ajudan dosen, yang bersangkutan sangat bersemangat untuk mengadakan banyak sekali penelitian yang bermanfaat. Inilah yang menciptakan saya yakin merekomendasikannya untuk beasiswa ini.


Berikut yaitu penilaian saya terkait Saudari Indah Indiarti.


Nasionalisme – sangat baik


Kepemimpinan – baik


Profesionalisme – sangat baik


Partisipasi dalam komunitas – sangat baik


Kepercayaan diri – baik


Kematangan emosional – sangat baik


Kemampuan mengikuti keadaan – baik


Potensi untuk maju – baik


Integritas – sangat baik


Kemampuan akademik – sangat baik


Kemampuan berbahasa Inggris – sangat baik


Kemampuan berbahasa ajaib lain – baik


Selama bekerja sama dengan saya, yang bersangkutan terbukti sehat jasmani dan rohani. Demikian surat rekomendasi untuk Saudari Indah Indiarti ini dibentuk dengan sebenar-benarnya, untuk sanggup dipakai sebagaimana mestinya.

Mojokerto, 8 Februari 2020


 


Riska Adinda Y. S.Pd, M.Pd


Beasiswa Kurang Mampu


Banyak cara untuk melanjutkan studi, meskipun kondisi ekonomi sangat terbatas. Salah satunya yaitu dengan mengajukan beasiswa yang disiapkan secara khusus untuk masyarakat yang kurang mampu. Inilah salah satu contohnya:
















DINAS PENDIDIKAN KOTA MOJOKERTO


SMA Islam Fatahillah Nusantara


Jalan Bumi Budaya No 98, Kranggan, Mojokerto – (0321)65354XX



SURAT REKOMENDASI


No: 365/TYH/7/REC


 


Yang bertandatangan di bawah ini:


Nama: Irfan Wahyudiono S.Pd, M.Pd


Jabatan: Kepala Sekolah


NIP: 643436444


 


Dengan ini menawarkan rekomendasi atas:


Nama: Nindya Fitri Humairo


Kelas: X


Alamat: Jalan Haji Salimah No 45, Kranggan, Mojokerto


Nama Orangtua: Sofyan Hadi


Pekerjaan Orangtua: Wiraswasta


 


Yang bersangkutan memang benar yaitu siswa Sekolah Menengan Atas Islam Fatahillah Nusantara Mojokerto. Berdasarkan hasil pengamatan dan penilaian berguru selama setahun ini, siswa yang bersangkutan mempunyai prestasi yang baik. Ananda juga berasal dari keluarga kurang mampu.


Kami merekomendasikan yang bersangkutan sebagai kandidat akseptor beasiswa kurang bisa dari PT Buana Raya Mojokerto.


Demikian surat rekomendasi untuk ananda kami buat menurut data sebenarnya. Semoga surat ini sanggup dimanfaatkan untuk keperluan yang bersangkutan dengan sebaik-baiknya.

Malang, 8 Februari 2020


Kepala Sekolah


 


Irfan Wahyudiono S.Pd, M.Pd


NIP: 643436444


Contoh Surat Rekomendasi Mengikuti Kegiatan


Surat


Beberapa penyelenggara kegiatan, secara aktif mengundang sekolah perusahaan untuk berpartisipasi. Undangan ini kemudian disambut dengan penugasan atau rekomendasi terhadap perwakilan yang akan diberangkatkan. Inilah beberapa contoh surat rekomendasi kegiatan yang bisa dimanfaatkan.


Dari Organisasi


Setiap organisasi mempunyai contoh surat rekomendasi organisasi
















ORGANISASI INTRA SEKOLAH


SMA Islam Fatahillah Nusantara


Jalan Bumi Budaya No 98, Kranggan, Mojokerto – (0321)65354XX



SURAT REKOMENDASI


No: 674/CC/REC/76443


 


Yang bertanda tangan di bawah ini, Ketua OSIS Sekolah Menengan Atas Islam Fatahillah Nusantara,


Nama: Winda Yusniar Amira


NIS: 2374656


 


Dengan ini menyatakan bahwa:


Nama:


Jenis Kelamin: Nusa Febrian Ari


Tempat, Tanggal Lahir: Mojokerto, 15 Agustus 2004


NIS: 2397554


Kelas: X-2


Agama: Islam


Alamat: Jalan Margosari No 89, Kranggan, Mojokerto


 


Yang bersangkutan merupakan pengurus OSIS Sekolah Menengan Atas Islam Fatahlillah Nusantara, dan menjabat sebagai Ketua Divisi Keagamaan. Dengan surat ini, pihak kami merekomendasikan yang bersangkutan untuk mengikuti kegiatan Pendidikan Dasar (Diksar) pengelolaan organisasi dan kesiswaan yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Mojokerto melalui Forum Ketua Osis Jawa Timur.


Demikian surat ini kami buat untuk dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Mengetahui,


Kepala Sekolah Menengan Atas Islam Fatahlillah Nusantara,


 


Irfan Wahyudiono S.Pd, M.Pd


NIP: 643436444

Mojokerto, 8 Februari 2020


Ketua OSIS Sekolah Menengan Atas Islam Fatahlillah Nusantara,


 


Winda Yusniar Amira


NIS: 2374656


Dari Sekolah


Agar guru atau karyawan yang ada di sekolah sanggup mengikuti kegiatan dengan baik, maka biasanya pihak sekolah menerbitkan surat rekomendasi. Dengan demikian, keikutsertaannya menjadi legal dan sanggup diterima oleh para penyenggara.
















DINAS PENDIDIKAN KOTA MOJOKERTO


SMA Islam Fatahillah Nusantara


Jalan Bumi Budaya No 98, Kranggan, Mojokerto – (0321)65354XX



SURAT REKOMENDASI


No: 980/TYH/7/REC


 


Yang bertandatangan di bawah ini:


Nama: Irfan Wahyudiono S.Pd, M.Pd


Jabatan: Kepala Sekolah


NIP: 643436444


 


Dengan ini menawarkan rekomendasi atas:


Nama: Sundari Ayu Widya


NIP: 666545642


NUPTK: 876742164


Alamat: Jalan Bunga Monstera No 45, Kranggan, Mojokerto


Unit Kerja: Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia


 


Yang bersangkutan memang benar yaitu guru Sekolah Menengan Atas Islam Fatahillah Nusantara Mojokerto. Kami merekomendasikan yang bersangkutan sebagai peserta kegiatan Bina Budaya yang diselenggarakan oleh PT Buana Raya Mojokerto.


Demikian surat rekomendasi untuk kegiatan ini kami buat menurut data sebenarnya. Semoga sanggup dipakai dengan sebaik-baiknya.

Malang, 8 Februari 2020


Kepala Sekolah


 


Irfan Wahyudiono S.Pd, M.Pd


NIP: 643436444


Dari Universitas


Saat ini ada banyak kegiatan yang bisa diikuti mahasiswa untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dan keterampilan. Meskipun demikian, beberapa kegiatan mewajibkan adanya surat rekomendasi dari universitas. Contohnya yaitu surat berikut ini.
















UNIVERSITAS MERCUSUAR MOJOKERTO


FAKULTAS SASTRA – JURUSAN SASTRA INGGRIS


Jalan Tirtomoyo No 7, Kranggan, Mojokerto (0321) 43436XX



SURAT REKOMENDASI


No: 87/REC/BEA/6464


Yang bertanda tangan di bawah ini,


Nama: Ardian Evan Wicaksono S.Pd, M.Pd


Jabatan: Dekan Fakultas Sastra


Unit Kerja: Universitas Mercusuar Mojokerto


Dengan surat ini menawarkan rekomendasi kepada nama-nama berikut untuk mengikuti kegiatan ‘A Day With English’ yang diselenggarakan oleh CV Karya Nusantara.


I. Nama: Widya Nur Hafsha


Jenis Kelamin: Perempuan


Tempat, Tanggal Lahir: Tulungagung, 31 Agustus 2001


II. Nama: Fathimah Wuni Dania


Jenis Kelamin: Perempuan


Tempat, Tanggal Lahir: Malang, 24 September 2000


Rekomendasi ini diberikan sebab kedua mahasiswi tersebut mempunyai kualifikasi yang baik untuk mengikuti kegiatan tersebut. Demikian rekomendasi ini diberikan sebagai tambahan syarat manajemen untuk mengikuti kegiatan. Semoga surat ini sanggup dimanfaatkan dengan baik sesuai kebutuhan.

Mojokerto, 8 Februari 2020


Dekan Fakultas Sastra Universitas Mercusuar Mojokerto


 


Ardian Evan Wicaksono S.Pd, M.Pd


NIP: 0976439697


Dari Tempat Kerja


Beberapa kegiatan juga memerlukan ijin dan rekomendasi dari atasan calon peserta. Berikut yaitu contohnya.
















PT JAVA KARYA BUANA


Jalan Haji Sutinah No 89, Malang – Email: javakarya@gmail.com (0341) 6453XX



SURAT REKOMENDASI


No: 07/REC/BEA/4543


Yang bertanda tangan di bawah ini:


Nama: Farhan Budianto S.S


Nomor Induk Karyawan: 013465326


Jabatan: Kepala HRD


Dalam hal ini bertindak atas nama PT Java Karya Buana, menawarkan keterangan atas salah satu staf kami,


Nama: Martha Ninda Kusuma S.E


Tempat, Tanggal Lahir: Blitar, 20 Januari 1994


Alamat: Jalan Bunga Monstera No 56, Malang


Jabatan: Staf Marketing


Yang bersangkutan diberikan izin dan rekomendasi untuk mengajukan beasiswa dalam rangka melanjutkan studi di Universitas Mercusuar Mojokerto jurusan Manajeman Sumber Daya Manusia, dengan pertimbangan bahwa yang bersangkutan:



  • merupakan salah satu mahasiwa beprestasi pada jenjang S1 di Universitas Indonesia, dengan IPK 3,6.

  • memiliki motivasi, minat dan antusiasme yang tinggi untuk melanjutkan studi.

  • tidak pernah terlibat dalam kegiatan terlarang atau berurusan dengan yang berwajib.

  • telah banyak berkontribusi secara positif untuk kemajuan PT Java Karya Buana.


Demikian rekomendasi ini diberikan sebagai tambahan syarat manajemen untuk pengajuan beasiswa. Semoga surat ini sanggup dipergunakan sebagaimana mestinya.

Malang, 7 Februari 2020


Hormat kami,


 


Farhan Budianto S.S


Kepala HRD


Contoh Surat Rekomendasi Melanjutkan Pendidikan


Surat


Tidak semua orang bisa dan mau melanjutkan pendidikan sesudah ia masuk ke dunia kerja. Oleh sebab itu, antusiasme ini perlu didukung sepernuhnya, biar ada pengembangan diri dan juga organisasi atau lembaga.


Untuk Guru


Sekolah yang mengirimkan gurunya untuk berguru dan melanjutkan pendidikan, juga akan menuai manfaat dari ilmu yang diperoleh. Contoh surat rekomendasi yang sanggup dibentuk yaitu sesuai keterangan berikut ini.
















DINAS PENDIDIKAN KOTA MOJOKERTO


SMA Islam Fatahillah Nusantara


Jalan Bumi Budaya No 98, Kranggan, Mojokerto – (0321)65354XX



SURAT REKOMENDASI


No: 398/TYH/7/REC


 


Yang bertandatangan di bawah ini:


Nama: Irfan Wahyudiono S.Pd, M.Pd


Jabatan: Kepala Sekolah


NIP: 643436444


 


Dengan ini menawarkan rekomendasi atas:


Nama: Ninda Dewi Puspita S.Pd


NIP: 645493233


NUPTK: 8746563454


Pangkat, Golongan/Ruang: Pembina, IV/a


Jabatan: Guru Pembina


Unit Kerja: Sekolah Menengan Atas Islam Fatahillah Nusantara, Mojokerto


Alamat: Jalan Bukit Tinggi No 98, Kranggan, Mojokerto


Untuk melanjutkan studi dia di UNMERC (Universitas Mercusuar Mojokerto) jenjang pendidikan S-2 Pendidikan Matematika.


Demikian surat rekomendasi untuk Saudari Ninda Dewi Puspita S.Pd ini kami buat menurut data sebenarnya. Semoga sanggup dipakai untuk keperluan manajemen dengan sebaik-baiknya.

Malang, 09 Februari 2020


Kepala Sekolah


 


Irfan Wahyudiono S.Pd, M.Pd


NIP: 643436444


Untuk Karyawan


Contoh surat rekomendasi S2 dari atasan yang sanggup dimanfaatkan sebagai syarat masuk universitas, sanggup dilihat di bawah ini.
















PT SURYA KARYA INDONESIA


Jalan Merdeka Barat No 94, Antapani, Bandung – Telepon: (022) 9636744



SURAT REKOMENDASI


No: 367/TYH/7/REC


 


Yang bertandatangan di bawah ini:


Nama: Galih Gunawan S.Si


Jabatan: Kepala Personalia


Nomor Induk Karyawan: 2564243


Dalam hal ini bertindak atas nama PT Surya Karya Indonesia, menawarkan rekomendasi atas:


Nama: Furaidah Hanira S.Si


Nomor Induk Karyawan: 2567886


Jabatan: Staf Personalia


Alamat: Jalan Haji Lukman Gang 9 No 56, Antapani,Bandung


Untuk melanjutkan studi dia di UNPAR jenjang pendidikan S-2 Matematika. Yang bersangkutan yaitu karyawan yang baik, dan senantiasa ingin maju. Salah satunya yaitu dengan melanjutkan studi untuk menambah ilmu dan keterampilannya.


Demikian surat rekomendasi untuk Saudari Furaidah Hanira S.Si ini kami buat menurut data sebenarnya. Semoga sanggup dipakai untuk keperluan manajemen dengan sebaik-baiknya.

Bandung, 9 Februari, 2020


PT Surya Karya Indonesia


 


Galih Gunawan S.Si


Kepala Personalia


Untuk Mahasiswa


Tingginya persaingan di dunia kerja, mengharuskan mahasiswa untuk meningkatkan ilmu dan keterampilan. Salah satunya yaitu dengan melanjutkan studi. Inilah contoh surat rekomendasi lanjut S2 untuk mahasiswa.
















UNIVERSITAS MERCUSUAR MOJOKERTO


FAKULTAS MIPA – JURUSAN MATEMATIKA


Jalan Tirtomoyo No 7, Kranggan, Mojokerto (0321) 43436XX



SURAT REKOMENDASI BEASISWA


No: 854/REC/BEA/6464


 


Saya, yang bertanda tangan di bawah ini:


Nama: Dr. Budi Santoso S.Si, M.Si


Jabatan: Dekan Faktultas MIPA


NIP: 215656230


 


Nama: Ferdian Yudha Pratama


NIM: 1186426327


Tempat, Tanggal Lahir: Yogyakarta, 1 Januari 1998


Alamat: Jalan Nusa Kambangan No 56, Kranggan, Mojokerto


 


Memberikan rekomendasi kepada yang bersangkutan untuk melanjutkan studi pada jenjang S-2 jurusan Pendidikan Matematika di Universitas Valencia, Yogyakarta, dengan pertimbangan bahwa yang bersangkutan:



  • memiliki etos berguru yang baik, dengan IPK jenjang S-1 berpredikat Dengan Pujian (3,65).

  • tidak pernah terlibat kegiatan terlarang, maupun mencemarkan nama baik Universitas.

  • aktif dalam organisasi terkait karya tulis ilmiah, dan kerap menjuarai lomba karya tulis sampai tingkat internasional.

  • berkontribusi baik dalam setiap kegiatan yang diselenggarakan universitas.


Demikian rekomendasi ini kami buat untuk menjadi pertimbangan dan melengkapi syarat manajemen bagi yang bersangkutan. Semoga surat ini sanggup dipergunakan sebagaimana mestinya.

Mojokerto, 7 Februari 2020


Dekan Fakultas MIPA


Universitas Mercusuar Mojokerto


 


Dr. Budi Santoso S.Si, M.Si


NIP: 21565623


Contoh Surat Rekomendasi Mengikuti Program


Surat


Sebuah kegiatan yang bermanfaat bisa diselenggarakan oleh siapa saja. Namun untuk mengikutinya, terkadang membutuhkan sebuah surat rekomendasi dari forum atau perusahaan yang menaungi.


Dari Sekolah


Contoh berikut ini menampilkan surat rekomendasi untuk kegiatan pertukaran pelajar. Surat ini akan menjadi pertimbangan lebih untuk siswa yang merupakan kandidat peserta.
















DINAS PENDIDIKAN KOTA MOJOKERTO


SMA Islam Fatahillah Nusantara


Jalan Bumi Budaya No 98, Kranggan, Mojokerto – (0321)65354XX



SURAT REKOMENDASI


No: 367/TYH/7/REC


 


Yang bertandatangan di bawah ini:


Nama: Irfan Wahyudiono S.Pd, M.Pd


Jabatan: Kepala Sekolah


NIP: 643436444


 


Dengan ini menawarkan rekomendasi atas:


Nama: Windha Widyanti


Kelas: X


Alamat: Jalan Bunga Gardenia Gang 9 No 16, Kranggan, Mojokerto


Nama Orangtua: Joko Irwan


Pekerjaan Orangtua: Guru


 


Yang bersangkutan memang benar yaitu siswa Sekolah Menengan Atas Islam Fatahillah Nusantara Mojokerto. Selama berguru di sekolah kami, yang bersangkutan memperlihatkan antusiasme dan semangat berguru yang baik. Sebagai salah satu pengurus OSIS, ananda juga mempunyai catatan keaktifan organisasi yang baik.


Kami dari pihak sekolah merekomendasikan ananda Windha Widyanti untuk menjadi kepingan dari kegiatan Pertukaran Pelajar 2020 yang diselenggarakan oleh PT Surya Kencana Abadi. Dengan kemampuan mengikuti keadaan yang baik dan keterampilan berbahasa Inggris yang mumpuni, kami yakin ananda akan menawarkan bantuan terbaiknya untuk kegiatan ini.


Demikian surat rekomendasi untuk kegiatan ini kami buat. Semoga sanggup menjadi pertimbangan untuk penerimaan ananda Windha Widyanti.

Malang, 11 Februari 2020


Kepala Sekolah


 


Irfan Wahyudiono S.Pd, M.Pd


NIP: 643436444


Dari Perusahaan


Mengikutsertakan karyawan untuk mengikuti kegiatan yang bermanfaat akan mempunyai kegunaan bagi banyak pihak. Contohnya sesuai dengan format berikut ini.
















PT SURYA KARYA INDONESIA


Jalan Merdeka Barat No 94, Antapani, Bandung – Telepon: (022) 9636744



SURAT REKOMENDASI


No: 367/TYH/7/REC


 


Yang bertandatangan di bawah ini:


Nama: Galih Gunawan S.Si


Jabatan: Kepala Personalia


Nomor Induk Karyawan: 2564243


Dalam hal ini bertindak atas nama PT Surya Karya Indonesia, menawarkan rekomendasi atas:


 


Nama: Hidayat Arif


Nomor Induk Karyawan: 3575674


Jabatan: Kepala Divisi Produksi


Alamat: Jalan Merjosari Gang 8 No 12, Antapani,Bandung


 


Untuk mengikuti kegiatan studi banding ‘MEMBANGUN SISTEM PRODUKSI EFEKTIF’ yang akan diselenggarakan pada bulan April tahun 2020. Saudara Hidayat Arif selama ini telah menawarkan bantuan terbaiknya untuk PT SURYA KARYA INDONESIA, terutama pada bidang produksi.


Saudara Hidayat Arif bisa bekerja dengan efektif dan efisien. Yang bersangkutan juga terbukti handal dalam mengelola tim. Harapannya, sesudah mengikuti kegiatan tersebut, yang bersangkutan akan bisa melakan penilaian dan menciptakan penemuan untuk peningkatan produksi.


Demikian surat rekomendasi untuk kegiatan ini kami buat. Semoga yang bersangkutan sanggup diterima.

Bandung, 9 Februari, 2020


PT Surya Karya Indonesia


 


Galih Gunawan S.Si


Kepala Personalia


Contoh Surat Rekomendasi Pelatihan


Surat


Seorang guru akan berkembang kemampuannya jika secara bersiklus mengikuti pelatihan. Berikut yaitu contohnya.
















DINAS PENDIDIKAN KOTA MOJOKERTO


SMA Islam Fatahillah Nusantara


Jalan Bumi Budaya No 98, Kranggan, Mojokerto – (0321)65354XX



SURAT REKOMENDASI


No: 980/TYH/7/REC


 


Yang bertandatangan di bawah ini:


Nama: Irfan Wahyudiono S.Pd, M.Pd


Jabatan: Kepala Sekolah


NIP: 643436444


 


Dengan ini menawarkan rekomendasi atas:


Nama: Taufik Hernanto


NIP: 666545642


NUPTK: 876742164


Alamat: Jalan Bunga Cokelat No 5, Kranggan, Mojokerto


Unit Kerja: Guru Mata Pelajaran Bahasa Inggris


 


Yang bersangkutan memang benar yaitu guru Sekolah Menengan Atas Islam Fatahillah Nusantara Mojokerto. Kami merekomendasikan yang bersangkutan sebagai peserta pembinaan ‘Pembuatan Soal UN Tingkat SMA’ yang akan diselenggarakan pada tanggal 14-16 Februari 2020


Demikian surat rekomendasi pembinaan ini kami buat menurut data sebenarnya. Semoga sanggup dimanfaatkan untuk kepentingan yang bersangkutan dengan sebaik-baiknya.

Malang, 8 Februari 2020


Kepala Sekolah


 


Irfan Wahyudiono S.Pd, M.Pd


NIP: 643436444


Contoh Surat Rekomendasi Magang


Surat


Sebelum magang, biasanya seorang mahasiswa akan mengirimkan surat permohonan magang. Untuk memperkuat surat tersebut, bisa dibentuk surat magang ibarat berikut ini:
















UNIVERSITAS MERCUSUAR MOJOKERTO


FAKULTAS EKONOMI – JURUSAN MANAJEMEN


Jalan Tirtomoyo No 7, Kranggan, Mojokerto (0321) 43436XX



SURAT REKOMENDASI BEASISWA


No: 564/REC/BEA/6469


 


Saya, yang bertanda tangan di bawah ini:


Nama: Dr. Hidayat Arif S.E, M.E


Jabatan: Dekan Faktultas Ekonomi


NIP: 245456230


 


Nama: Putri Ayu


NIM: 1145426327


Tempat, Tanggal Lahir: Jombang, 09 Januari 1998


Alamat: Jalan Nongko Jajar No 56, Kranggan, Mojokerto


 


Memberikan rekomendasi kepada yang bersangkutan untuk menjalani magang di PT Bumi Perkasa Indonesia, sesuai kegiatan yang telah disepakati. Rekomendasi ini dibentuk dengan mempertimbangkan bahwa yang bersangkutan:



  • telah memenuhi syarat jumlah SKS minimal sebelum mengajukan permohonan magang.

  • memiliki etos kerja dan kedisiplinan yang baik untuk menunjang kemampuannya di dunia kerja.

  • memiliki prestasi yang baik dalam bidang akademik.

  • memiliki pengalaman yang cukup dalam berorganisasi, mengatur tim, dan memimpin komunitas positif.


Demikian rekomendasi ini kami buat sebagai pertimbangan dan untuk melengkapi syarat manajemen untuk yang bersangkutan. Semoga surat ini sanggup dimanfaatkan sebagaimana mestinya.

Mojokerto, 11 Februari 2020


Dekan Fakultas Ekonomi


Universitas Mercusuar Mojokerto


 


Dr. Hidayat Arif S.E, M.E


NIP: 245456230


Contoh Surat Rekomendasi Dalam Bahasa Inggris


Surat


Tak hanya dalam bahasa Indonesia, terkadang surat rekomendasi juga harus dibentuk dalam bahasa lain. Ada beberapa contoh surat rekomendasi bahasa Inggris yang sanggup dijadikan sebagai panduan dan acuan.


Untuk Beasiswa


Untuk melamar beasiswa, ada banyak format yang sanggup digunakan. Salah satunya yaitu berikut ini.








Maria Iriani


Coconut Delight Avenue, 78, Texas, Colorado


mariairiani@gmail.com


 


Saturday, 8 February 2020


 


Cocodelight English Course


Coconut Delight Avenue, 67


Texas, Colorado


 


To Whom It May Concern,


It is an honour to recommend Safira Yuvina for the CONGRATS Scholarship. I got to know Safira as her 12th grade English teacher at Texas Moslem High School. She then joined my class at Cocodelight English Course.


Safira has an honourable attitude, and she has high determination and focus. She showed me a great interest to learn English and teach young learners. She works well in a team and gets along well with her friends.


Safira is enrolled at the University of Leeds, United Kingdom and will be starting in the fall of 2020. She plans to major in the English Teaching Department. She always wants to teach young learners in her hometown in Bali, Indonesia.


If you have any questions related to Safira, please feel free to contact me via email.


 


Sincerely,


 


Maria Iriani


Cocodelight English Course


 


Untuk Melamar Kerja


JIka ingin melamar kerja, mantan karyawan sanggup meminta rekomendasi dari mantan atasannya.








DONNA SMITH ASSOCIATES


Monday, February 10, 2020


 


To Whom It May Concern


Please consider this letter to be my strong recommendation for Arifin Budianto. When he worked for me at Donna Smith Associates), he always gave us genuine concern and showed commitment to his tasks, work and the welfare of the clients that he handles.


Arifin is smart in dealing with problems and is proactive at anticipating potential issues before they become big. His has a strong passion for continuous learning and for adapting to new and challenging projects.


I always liked Arifin’s confident communication style and her ability to deal positively with skill and personal areas that required further development.


Therefore, I recommend Arifin for any position that he feels matches his career objectives and skills. Your organization will benefit from his endless valuable contribution.


If you have anything to discuss, please contact me. I will be glad to talk about Arifin’s suitability to your company.


 


Sincerely,


 


Jaden Smith


Donna Smith Associates


Untuk Melanjutkan Studi


Untuk melanjutkan studi, baik tingkat S-2 maupun S-3, sanggup dipakai format berikut ini.









LETTER OF RECOMMENDATION


 


Monday, February 10, 2020


Robert Stewart


University of Texas


 


Dear Admissions Committee.


It is my pleasure to recommend Ardian Krisna Putra for admission to the University of Texas. I have known him for three years and was delighted to serve as his teacher and Texas High School. During that time, I watched Ardian Krisna Putra grow into an outstanding individual who is excellent in his pursuits and academic.


As Ardian’s teacher, I witnessed his ability to cope with problems and build solid teamwork. He showed a great desire for continual learning.


I highly recommend you accept Ardian Krisna Putra for Mathematics Program at the University of Texas. I am confident he will make an outstanding addition to your university’s community. You can contact me to discuss Ardian’s past academic work or character.


 


Sincerely,


Janet Stella


Texas High School


Menjadi Kandidat Kuat Dengan Surat Rekomendasi


Surat


Dengan banyaknya calon pelamar pekerjaan, beasiswa dan kegiatan lainnya, para penyeleksi biasanya cukup kewalahan untuk memilih mana kandidat yang harus diterima. Adanya surat rekomendasi akan memudahkan proses seleksi, sebab terdapat pertimbangan lain dari pihak ketiga.


Berbagai contoh surat rekomendasi yang telah tertera di atas, sanggup diubahsuaikan dan diedit sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing. Dengan demikian, tidak perlu galau lagi ketika akan menciptakan surat yang dibutuhkan.


Terima kasih atas kunjungan ke website ini. Semoga menambah wawasan dan ilmu pengetahuan.




Baca Juga :



FAST DOWNLOADads
| Server1 | Server2 | Server3 |
Download
Next Post Previous Post