Contoh Surat Resign

FAST DOWNLOADads
Download

–  Resign atau mengundurkan diri dari pekerjaan ialah hal yang biasa. Meskipun demikian, tidak bisa dipungkiri juga bersama-sama ini ialah suatu hal yang cukup sensitif. Oleh lantaran itu, pengunduran diri harus dilakukan dengan cara yang tepat, dan salah satunya ialah dengan memanfaatkan surat resign. Namun, sebelum mulai menciptakan surat tersebut, sebaiknya simak dulu teladan surat resign (pengunduran diri kerja) supaya keputusan untuk berhenti ini bisa diterima dengan baik oleh perusahaan.


Selain itu, surat resign yang disusun dengan benar akan membantu menghindarkan karyawan yang bersangkutan dari duduk masalah yang mungkin saja timbul dengan perusahaan. Berikut ini akan disampaikan sejumlah teladan surat resign lengkap dengan aneka macam hal yang masih ada kaitannya dengan duduk masalah pengunduran diri, antara lain.


Pengertian Surat Resign (Pengunduran Diri Kerja)


  Resign


Sesuai dengan pemahaman umum, surat resign atau surat pengunduran diri merupakan surat pernyataan yang ditulis oleh para karyawan, pegawai atau pekerja yang ingin mengundurkan diri dari pekerjaan atau jabatannya, di mana surat ini ditujukan kepada atasan atau pimpinan. Oleh lantaran itu, surat resign ini harus memuat sejumlah komponen yang secara umum terdiri atas tujuan surat, identitas singkat pengirim berikut dengan alasan mengundurkan diri.


Fungsi Surat Resign (Pengunduran Diri Kerja)


  Resign


Surat resign atau surat pengunduran diri memiliki fungsi yang sangat penting, di antaranya ialah sebagai berikut.



  1. Sebagai Sarana untuk Menyampaikan Alasan


Tentunya ada banyak alasan seseorang ingin keluar dari pekerjaannya. Surat resign atau pengunduran diri bisa menjadi sarana yang sempurna untuk memberikan alasan tersebut. Pastinya, alasan ini harus logis, masuk nalar dan juga tidak menyinggung pihak perusahaan, walaupun alasan tersebut sebenarnya berkaitan dengan kebijakan perusahaan yang sudah tidak sesuai dengan harapan.



  1. Membuat Perusahaan Menjadi Lebih Praktis Mencari Pengganti


Perusahaan atau bahkan instansi selalu memerlukan orang yang sempurna untuk mengisi suatu posisi. Dengan adanya surat resign, maka pimpinan bisa tahu posisi apa saja yang ketika ini tengah kosong di perusahaannya. Secara otomatis, surat tersebut juga bisa membantu mempermudah perusahaan untuk mencari pengganti yang sempurna untuk posisi tersebut.



  1. Membuat Perusahaan Mempunyai Waktu yang Cukup untuk Mencari Pengganti


Masih berkaitan dengan fungsi sebelumnya, surat resign sejatinya juga menciptakan perusahaan memiliki waktu untuk mencari pengganti. Oleh lantaran itu, surat resign ini umumnya diserahkan pada pimpinan sebelum karyawan yang bersangkutan mulai berhenti bekerja. Bahkan pada posisi tertentu, surat resign harus diserahkan sekitar satu bulan sebelum hari berhenti bekerja tiba.



  1. Sebagai Bukti Pribadi yang Profesioal


Fungsi surat resign yang lainnya ialah sebagai bukti bahwa karyawan yang berhenti tersebut ialah pribadi yang profesional dan memiliki tata krama. Dengan demikian, karyawan tersebut juga tidak akan diberikan gambaran jelek oleh perusahaan mengingat perusahaan niscaya akan menghargai setiap karyawannya yang mengundurkan diri dengan cara terhormat.Bahkan dengan adanya surat ini pula, terkadang perusahaan menjadi lebih gampang mengabulkan permohonan pengunduran dirinya.


Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Membuat Surat Resign (Pengunduran Diri Kerja)


  Resign


Sebelumnya harus dipahami dulu bahwa surat resign atau surat pengunduran diri ini ialah surat resmi. Maka dari itu, pembuatannya pun harus dilakukan dengan hati-hati. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh setiap orang yang ingin menciptakan surat resign atau surat pengunduran diri, yakni sebagai berikut.



  • Formatnya harus sesuai dan harus memuat kawasan serta tanggal dibuatnya surat, alamat yang dituju, isi, tanda tangan dan bila perlu juga disertai dengan materai

  • Surat harus ditulis dengan bahasa yang sopan dan ringan tetapi bisa memberikan maksud dengan baik

  • Tidak dibentuk dengan bertele-tele dan jangan memakai kalimat yang bisa menyinggung perasaan atasan

  • Surat memuat ucapan terima kasih kepada pihak perusahaan lantaran sudah menunjukkan kesempatan bekerja

  • Tidak menuliskan hal-hal jelek mengenai perusahaan walaupun hal-hal jelek tersebut ialah fakta

  • Menyebutkan waktu atau tanggal dimulainya resign dari perusahaan, dan menyerupai yang sudah disebutkan sebelumnya, tanggal keluar dari perusahaan jangan terlalu mendadak supaya perusahaan juga bisa lebih siap dan memiliki cukup waktu untuk mencari pengganti

  • Alasan disampaikan dengan terperinci dan masuk akal

  • Bisa disertakan dengan landasan aturan yang menciptakan keputusan berhenti bekerja diambil. Contohnya ialah masa kontrak kerja yang sudah dibentuk bersama perusahaan

  • Bisa ditambahkan dengan kenang-kenangan atau cinderamata baik kepada pimpinan maupun kepada perusahaan

  • Cukup tuliskan hal-hal yang sifatnya penting dan tidak perlu memberikan tuntutan apapun menyerupai uang pesangon, hadiah atas kinerja dan lain sebagainya

  • Jika ingin mencantumkan prestasi yang sudah dicapai, sebaiknya cantumkan seperlunya saja supaya tidak terkesan sombong. Walaupun demikian, hal-hal menyerupai ini sebaiknya dihindari supaya tidak menjadikan ketidaknyamanan pada pembaca

  • Surat harus ditulis dengan hati-hati dan perhatikan kerapiannya supaya lebih nyaman dilihat


Format Surat Resign (Surat Pengunduran Diri Kerja)


  Resign


Secara singkat, format surat resign atau surat pengunduran diri sama menyerupai surat lamaran kerja. Hanya saja, dalam surat resign ini penggunaan bahasanya harus lebih dipertimbangkan lagi biar si pembuat tampak lebih beretika. Adapun format surat resign (surat pengunduran diri kerja) yang dimaksud ialah sebagai berikut.



  • Keterangan mengenai kawasan dan juga tanggal ditulisnya surat, biasanya posisinya ialah di bab atas surat sebelah kanan

  • Nama berikut dengan alamat atau jabatan yang dituju oleh surat

  • Isi surat yang mencakup identitas pengirim surat, tanggal mulai berhenti bekerja dan alasan mengundurkan diri

  • Ucapan terima kasih atas kesempatan yang diberikan oleh perusahaan untuk bekerja

  • Permohonan maaf atas perbuatan yang mungkin saja kurang berkenan

  • Tanda tangan serta nama penulis surat. Bila perlu sertakan materai juga


Bolehkah Surat Pengunduran Diri Diketik?


  Resign


Apabila ada orang yang bertanya apakah surat pengunduran diri itu boleh diketik, maka jawabannya ialah tentu saja boleh. Akan tetapi, surat pengunduran diri terasa lebih sopan apabila ditulis dengan tangan.


Selain itu, surat pengunduran diri yang ditulis dengan tangan akan membantu mempermudah pihak perusahaan untuk mengidentifikasi kebenaran informasi yang terdapat di dalamnya. Misalnya, apakah yang menulis surat tersebut benar-benar pekerja yang bersangkutan atau justru orang lain. Kemudian, untuk menambah nilai kesopanan, sebaiknya surat pengunduran diri ini dimasukkan ke dalam amplop.


Disarankan pula untuk menyerahkan surat resign atau surat pengunduran diri secara eksklusif pada atasan. Jadi, jangan hanya meninggalkannya saja lantaran hal ini seakan-akan tidak menghormati atasan. Hindari pula mengirimkan surat resign atau surat pengunduran diri melalui email lantaran tindakan ini kurang sopan.


Contoh Surat Resign Kerja yang Baik dan Benar


  Resign


Dalam menulis surat resign atau surat pengunduran diri, hendaknya yang bersangkutan membuatnya sesuai dengan format yang telah disampaikan sebelumnya. Namun, jikalau masih kebingungan mari simak beberapa teladan surat resign kerja yang baik dan benar berikut ini.


1. Contoh Surat Resign Simple


Apapun alasan resign, tetap seorang karyawan yang baik harus memberitahukan pimpinannya mengenai keputusannya itu melalui surat resign. Surat resign ini sendiri macam-macam, namun untuk teladan surat resign simple bisa dilihat di bawah ini.



Banyuwangi, 12 Maret 2016


Yth. Pimpinan PT. OK Selalu


Jalan Selalu Senang No. 17


Banyuwangi


 


Dengan hormat,


Melalui surat ini, saya Andin Arini bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. OK Selalu sebagai Kepala Gudang terhitung semenjak tanggal 30 Maret 2016 dengan alasan ingin fokus membangun perjuangan keluarga.


Melalui surat ini pula saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan oleh PT. OK Selalu. Saya juga memohon maaf apabila selama menjadi bab dari  keluarga PT. OK Selalu saya sering melaksanakan kesalahan baik itu disengaja maupun tidak disengaja.


Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan tanpa ada tekanan dari pihak lain. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.


 


Hormat saya,


Andin Arini



2. Contoh Surat Resign Dari Hotel


Bagi karyawan hotel yang ingin mengundurkan diri, sebaiknya juga mengajukan surat resign terlebih dahulu. Karena menyerupai yang telah dijelaskan sebelumnya, surat ini akan membantu pengelola hotel ketika mencari pengganti yang akan mengisi posisi kosong tersebut. Adapun teladan surat resign hotel ialah berikut ini



Banyuwangi, 12 Maret 2016


Yth. Kepala HRD Hotel OK Selalu


Jalan Selalu Senang No. 17


Banyuwangi – Jawa Timur


 


Dengan hormat,


Saya yang bertanda tangan berikut ini:


Nama                                        : Andin Arini


Tempat dan tanggal lahir     : Banyuwangi, 17 Oktober 1994


Alamat                                     : Jalan Di Samping Sana No. 17 Gang 12 Banyuwangi


Jabatan                                   : Frontliner


Melalui surat ini, saya bermaksud untuk mengundurkan diri sebagai frontliner Hotel OK Selalu terhitung semenjak tanggal 30 Maret 2016 dengan alasan akan mengikuti suami ke Jawa Tengah. Segala kiprah serta kewajiban saya di Hotel OK Selalu akan saya selesaikan hingga tiba masa pengunduran diri saya. .


Terimakasih lantaran saya sudah diberikan kesempatan untuk bergabung menjadi keluarga Hotel OK Selalu selama 3 tahun ini. Mohon maaf apabila selama saya menjadi bab dari Hotel OK Selalu, saya bekerja kurang maksimal dan kurang bertanggung jawab.


Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan tanpada tekanan dari pihak lain. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.


 


Hormat saya,


Andin Arini


 



3. Contoh Surat Resign Dari Bank


Sebagaimana surat resign lainnya, seorang karyawan bank yang hendak resign dari pekerjaannya juga harus mencantumkan alasannya mengundurkan diri. Simak teladan surat resign bank berikut ini untuk lebih jelasnya.



Banyuwangi, 12 Maret 2016


Yth. Bapak Andika Sutomo


HRD Manager Bank OK Selalu


Jalan Selalu Senang No. 17


Banyuwangi – Jawa Timur


 


Dengan hormat,


Melalui surat ini, saya yang beridentitas sebagai berikut:


Nama         : Andin Arini


Alamat       : Jalan Di Samping Sana No. 17 Gang 12 Banyuwangi


Jabatan     : Customer Service Bank OK Selalu


Bermaksud untuk mengajukan permohonan pengunduran diri dari posisi tersebut mulai tanggai 30 Maret 2016 dengan alasan akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi.


Melalui surat ini pula, saya ingin mengucapkan terima kasih atas kesempatan dan ilmu yang telah diberikan kepada saya selama 3 tahun ini. Saya juga memohon maaf kepada segenap karyawan apabila selama saya menjadi Customer Service Bank OK Selalu melaksanakan perbuatan yang tidak menyenangkan.


Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan tanpa ada tekanan dari pihak lain. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.


 


Hormat saya,


Andin Arini


 



4. Contoh Surat Resign Dari Guru


Surat resign guru tentu tidak jauh berbeda dari surat resign yang lainnya. Saat membuatnya, perlu dicantumkan identitas diri serta tanggal pengunduran dirinya. Selain itu, cantumkan pula apa yang menjadi alasan pengunduran diri tersebut. Simak teladan surat resign guru berikut supaya lebih jelas.



Banyuwangi, 12 Maret 2016


Yth. Bapak Sholehuddin Muhammad, S.Pd, M.Pd


Kepala Sekolah Menengan Atas OK Selalu Banyuwangi


Jalan Selalu Senang No. 17


Banyuwangi – Jawa Timur


 


Dengan hormat,


Saya dengan identitas berikut ini:


Nama         : Andin Arini, S.Pd


Alamat       : Jalan Di Samping Sana No. 17 Gang 12 Banyuwangi


Jabatan     : Guru Biologi


Bermaksud untuk mengajukan permohonan pengunduran diri dari posisi sebagai guru Biologi terhitung sehabis dilaksanakannya evaluasi simpulan semester genap dengan alasan kondisi kesehatan yang sudah tidak memungkinkan lagi.


Saya mengucapkan terima kasih banyak atas diberikannya kesempatan untuk bekerja sekaligus berguru di Sekolah Menengan Atas OK Selalu ini. Saya juga memohon maaf kepada segenap guru dan karyawan apabila selama berada di sekolah ini saya menciptakan banyak kesalahan dan berlaku tidak menyenangkan.


Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.


 


Hormat saya,


Andin Arini, S. Pd


 



5. Contoh Surat Resign dari Perusahaan


Seorang karyawan perusahaan, apapun bentuk perusahaan tersebut, juga sebaiknya mengajukan surat resign sebelum berhenti dari pekerjaannya. Dalam surat ini disebutkan aneka macam informasi penting terutama alasan ingin berhenti. Untuk aplikasinya, silahkan simak teladan surat resign PT atau Perseroan Terbatas berikut ini.



Banyuwangi, 12 Maret 2016


Yth. Kepala HRD PT OK Selalu


Jalan Selalu Senang No. 17


Banyuwangi – Jawa Timur


 


Dengan hormat,


Saya yang bertanda tangan berikut ini:


Nama                                        : Andin Arini


Tempat dan tanggal lahir     : Banyuwangi, 17 Oktober 1994


Alamat                                     : Jalan Di Samping Sana No. 17 Gang 12 Banyuwangi


Jabatan                                   : Supervisor


Melalui surat ini, saya bermaksud untuk mengundurkan diri sebagai supervisor PT. OK Selalu terhitung semenjak tanggal 30 Maret 2016 dengan alasan akan akan menikah. Segala kiprah serta kewajiban saya di PT. OK Selalu akan saya selesaikan hingga tiba masa pengunduran diri saya.


Terimakasih lantaran saya sudah diberikan kesempatan untuk bergabung menjadi keluarga PT. OK Selalu selama 3 tahun ini. Mohon maaf apabila selama saya menjadi bab dari PT. OK Selalu, saya bekerja kurang maksimal dan kurang bertanggung jawab.


Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan tanpa ada tekanan dari pihak lain. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.


 


Hormat saya,


Andin Arini


 



6. Contoh Surat Resign dari Rumah Sakit Swasta


Setiap individu yang bekerja di sebuah rumah sakit swasta tentu harus mengikuti peraturan yang berlaku dalam rumah sakit tersebut, bahkan termasuk dalam hal pengunduran diri. Agar pengunduran diri menjadi lebih sopan, karyawan yang bersangkutan perlu mengajukan surat resign. Adapun teladan surat resign dari rumah sakit swasta ialah sebagai berikut.



Banyuwangi, 12 Maret 2016


Yth. Bapak Direktur Rumah Sakit Sehat Selalu


Jalan Selalu Senang No. 17


Banyuwangi – Jawa Timur


 


Dengan hormat,


Saya yang bertanda tangan berikut ini:


Nama                                        : Andin Arini


Tempat dan tanggal lahir     : Banyuwangi, 17 Oktober 1994


Alamat                                     : Jalan Di Samping Sana No. 17 Gang 12 Banyuwangi


Nomor pegawai                     : P5532


Jabatan                                   : Kepala Bagian Akuntansi


Melalui surat ini, saya bermaksud untuk mengundurkan diri sebagai Kepala Bagian Akuntansi Rumah Sakit Sehat Selalu terhitung semenjak tanggal 30 Maret 2016 dengan alasan ingin fokus mengurus bayi dan juga bisnis keluarga..


Terima kasih saya sampaikan kepada Bapak beserta dengan segenap jajaran direksi dan staff Rumah Sakit Sehat Selalu. Saya juga memohon maaf apabila selama saya menjadi staff Rumah Sakit Sehat Selalu saya melaksanakan banyak kesalahan.


Demikian surat pengunduran diri ini saya sampaikan. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.


 


Hormat saya,


Andin Arini


 



7. Contoh Surat Resign dari Salon


Bagi karyawan salon sekalipun, jikalau ingin berhenti dari pekerjaannya juga disarankan untuk menciptakan surat resign atau surat pengunduran diri. Berikut ialah teladan surat pengunduran diri dari salon yang sanggup disimak.



Banyuwangi, 12 Maret 2016


 


Yth. Direktur Salon Cantik Selalu


Jalan Selalu Senang No. 17


Banyuwangi – Jawa Timur


 


Dengan hormat,


Saya yang bertanda tangan berikut ini:


Nama                                        : Andin Arini


Tempat dan tanggal lahir     : Banyuwangi, 17 Oktober 1994


Alamat                                      : Jalan Di Samping Sana No. 17 Gang 12 Banyuwangi


Jabatan                                     : Logistic Manager


Melalui surat ini, saya bermaksud untuk mengundurkan diri sebagai Logistic Manager Salon Cantik Selalu terhitung semenjak tanggal 30 Maret 2016 lantaran kehamilan saya. Segala kiprah serta kewajiban saya akan saya selesaikan hingga tiba masa pengunduran diri saya.


Selama ini Salon Cantik Selalu sudah menunjukkan banyak ilmu dan pengalaman kepada saya. Oleh lantaran itu, saya ingin memberikan terima kasih kepada Ibu beserta rekan kerja yang ada di Salon Cantik Selalu. Semoga Salon Cantik Selalu terus maju dan berubah menjadi salah satu salon kecantikan yang banyak dipilih oleh wanita.


Demikian surat pengunduran diri ini saya ajukan. Atas segala kekurangan, saya juga memohon maaf yang sebesar-besarnya.


 


Hormat saya,


Andin Arini


 



Contoh Surat Pengunduran Diri yang Baik dan Benar


  Resign


8. Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Pekerjaan Lain


Adanya pilihan pekerjaan lain yang dianggap lebih baik terkadang menciptakan orang menetapkan untuk keluar dari pekerjaannya yang sekarang. Berikut ialah teladan surat pengunduran diri dari sekolah dengan alasan lantaran adanya pekerjaan lainnya.



Banyuwangi, 12 Maret 2016


Yth. Kepala Sekolah SMPN 01 Banyuwangi


Jalan Selalu Senang No. 17


Banyuwangi – Jawa Timur


 


Dengan hormat,


Saya yang bertanda tangan berikut ini:


Nama                                 : Andin Arini, S.Pd


Jabatan                             : Guru IPS


Melalui surat ini, saya bermaksud untuk mengundurkan diri sebagai guru IPS SMPN 01 Banyuwangi terhitung semenjak tanggal 30 Maret 2016 lantaran saya mendapatkan pekerjaan lain yang saya rasa lebih sesuai dengan minat saya.


Saya ucapkan terima kasih atas ilmu dan kesempatan mengajar yang telah diberikan oleh SMPN 01 Banyuwangi. Saya juga memohon maaf kepada Bapak serta segenap guru dan karyawan apabila selama saya mengajar di SMPN 01 Banyuwangi ini terdapat tingkah laris saya yang kurang berkenan.


Saya berharap biar SMPN 01 Banyuwangi terus berkembang, maju dan mencetak generasi muda yang berprestasi, baik di bidang akademik maupun di bidang non akademik.


Demikian surat pengunduran diri ini saya ajukan. Atas perhatian dan dukungannya, saya ucapkan terima kasih.


 


Hormat saya,


Andin Arini


 



9. Contoh Surat Pengunduran Diri dengan Alasan Kesehatan


Setiap pekerjaan hendaknya dilakukan dengan badan yang fit. Oleh lantaran itu, terkadang kesehatan yang tidak lagi bagus menjadi alasan bagi sebagian orang untuk mengundurkan diri. Berikut ialah teladan surat keterangan pengunduran diri dengan alasan kesehatan yang bisa diperhatikan.



Banyuwangi, 12 Maret 2016


Yth. Kepala Bagian Personalia PT. Muter Kipas Angin


Jalan Selalu Senang No. 17


Banyuwangi – Jawa Timur


 


Dengan hormat,


Saya yang bertanda tangan berikut ini:


Nama                                        : Andin Arini


Tempat dan tanggal lahir     : Banyuwangi, 17 Oktober 1984


Alamat                                     : Jalan Di Samping Sana No. 17 Gang 12 Banyuwangi


Jabatan                                   : Staff Marketing


Bermaksud untuk mengundurkan diri sebagai Staff Marketing PT. Muter Kipas Angin terhitung semenjak tanggal 30 Maret 2016. Adapun alasan saya mengundurkan diri ialah lantaran kondisi kesehatan yang sudah tidak memungkinkan lagi.


Selama saya bergabung dengan PT. Muter Kipas Angin saya mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman yang berharga. Oleh lantaran itu, melalui surat ini saya ingin memberikan terima kasih Kepada Bapak dan seluruh rekan kerja PT. Muter Kipas Angin. Dalam kesempatan ini pula, saya memohon maaf apabila selama saya menjadi bab dari PT. Muter Kipas Angin, saya bekerja kurang maksimal dan kurang bertanggung jawab.


Semoga PT. Muter Kipas Angin ini bisa menjadi lebih maju serta menghasilkan penemuan yang lebih baik lagi ke depannya.


Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.


 


Hormat saya,


Andin Arini


 



10. Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan SPBU


Surat pengunduran diri karyawan SPBU juga harus memuat sejumlah informasi penting yang ditulis dalam kalimat singkat tetapi jelas. Berikut ialah teladan surat pengunduran diri karyawan SPBU yang sanggup disimak.



Banyuwangi, 12 Maret 2016


Yth. Bapak Sholehuddin Muhammad, S.Sos


Manajer Personalia SPBU 05.721.07


Jalan Selalu Senang No. 17


Banyuwangi – Jawa Timur


 


Dengan hormat,


Saya dengan identitas berikut ini:


Nama         : Rohman Nur Rohim


Alamat       : Jalan Di Samping Sana No. 17 Gang 12 Banyuwangi


Jabatan     : Operator


Mengajukan permohonan pengunduran diri dari posisi sebagai operator SPBU 05.721.07 terhitung semenjak tanggal 25 Maret 2016 dengan alasan akan pindah ke Jawa Tengah bersama dengan keluarga.


Saya mengucapkan terima kasih banyak atas diberikannya kesempatan untuk bekerja dan saya juga memohon maaf kepada segenap karyawan, khususnya karyawan SPBU 05.721.07 apabila terdapat kesalahan yang saya lakukan baik itu disengaja maupun tidak disengaja.


Demikian surat pengunduran diri ini saya buat. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.


 


Hormat saya,


Rohman Nur Rohim


 



11. Contoh Surat Pengunduran Diri Sebagai Satpam


Tentu ada banyak alasan kenapa seorang satpam ingin mengundurkan diri dari pekerjaannya. Alasan-alasan itu harus disebutkan secara terperinci dalam surat pengunduran diri yang dilengkapi dengan ucapan terima kasih dan juga ajakan maaf. Berikut teladan surat pengunduran diri sebagai satpam yang bisa disimak biar lebih jelas.



Banyuwangi, 12 Maret 2016


Yth. Kepala HRD PT OK Selalu


Jalan Selalu Senang No. 17


Banyuwangi – Jawa Timur


 


Dengan hormat,


Saya yang bertanda tangan berikut ini:


Nama                                        : Hafiz Ahmad


Tempat dan tanggal lahir     : Banyuwangi, 17 Oktober 1974


Alamat                                      : Jalan Di Samping Sana No. 17 Gang 12 Banyuwangi


Jabatan                                    : Satpam (Satuan Pengamanan)


Bekerja sejak                           : 2012


Melalui surat ini, saya ingin mengundurkan diri dari PT. OK Selalu terhitung semenjak tanggal 25 Maret 2016. Adapun alasan saya mengambil keputusan ini ialah lantaran adanya ketidakcocokan antara saya dengan rekan kerja.


Meskipun demikian, saya mengucapkan banyak terimakasih lantaran saya sudah diberikan kesempatan untuk bekerja di PT. OK Selalu. Saya juga memohon maaf apabila selama saya menjadi satpam di PT. OK Selalu, saya bekerja kurang maksimal.


Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan tanpa ada tekanan dari pihak lain. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.


 


Hormat saya,


Hafiz Ahmad


 



12. Contoh Surat Pengunduran Diri Sebagai Sekretaris


Surat pengunduran diri sebagai sekretaris hendaknya juga memuat sejumlah informasi penting terutama identitas yang bersangkutan, alasan pengunduran diri dan juga hal-hal lain yang sekiranya perlu. Agar lebih jelas, silahkan simak klarifikasi berikut.



Banyuwangi, 12 Maret 2016


Yth. Kepala HRD PT OK Selalu


Jalan Selalu Senang No. 17


Banyuwangi – Jawa Timur


 


Dengan hormat,


Saya yang bertanda tangan berikut ini:


Nama                                 : Andin Arini


Tempat, tanggal lahir     : Banyuwangi, 17 Oktober 1994


Alamat                               : Jalan Di Samping Sana No. 17 Gang 12 Banyuwangi


Jabatan                             : Sekretaris Direktur


Melalui surat ini, saya bermaksud untuk mengundurkan diri sebagai Sekretaris Direktur PT. OK Selalu. Sebenarnya saya sangat menikmati bekerja di perusahaan ini namun lantaran kehamilan, saya menetapkan untuk berhenti biar bisa fokus merawat bayi saya yang akan segera lahir.


Sesuai dengan kontrak kerja, saya menyerahkan surat pengunduran diri ini dua ahad sebelum hari terakhir saya di PT. OK Selalu tanggal 25 Maret 2015. Segala kiprah serta kewajiban saya di PT. OK Selalu akan saya selesaikan hingga tiba masa pengunduran diri saya. Terimakasih lantaran saya sudah diberikan kesempatan bekerja dan mohon maaf apabila selama saya menjadi bab dari PT. OK Selalu, saya memiliki banyak kesalahan dan bekerja kurang maksimal.


Demikian surat pengunduran diri ini saya buat. Atas perhatian dan dukungannya saya ucapkan terima kasih.


 


Hormat saya,


Andin Arini


 



13. Contoh Surat Pengunduran Diri Pegawai Kontrak yang Belum Habis Masa Kontraknya


Bagi karyawan yang terikat kontrak boleh mengundurkan diri sebelum masa kontraknya itu habis. Namun tentu ada konsekuensi yang harus ditanggung sehingga isi dari surat pengunduran dirinya ialah sebagai berikut.



Banyuwangi, 12 Maret 2016


th. Kepala Bagian Personalia


PT. OK Selalu


Jalan Selalu Senang No. 17


Banyuwangi – Jawa Timur


 


Dengan hormat,


Saya yang bertanda tangan berikut ini:


Nama                                 : Andin Arini


Tempat, tanggal lahir     : Banyuwangi, 17 Oktober 1994


Alamat                               : Jalan Di Samping Sana No. 17 Gang 12 Banyuwangi


Jabatan                             : Head Marketing


Melalui surat ini, saya bermaksud untuk mengundurkan diri sebagai Head Marketing PT. OK Selalu terhitung semenjak tanggal 30 Maret 2016 dengan alasan akan mengikuti suami pindah ke Papua. Segala kiprah serta kewajiban saya di PT. OK Selalu akan saya selesaikan hingga tiba masa pengunduran diri saya.


Sehubungan dengan keluarnya saya sebelum masa kontrak kerja habis, saya serahkan pada kebijakan perusahaan sepenuhnya. Saya juga siap mendapatkan konsekuensi yang ditetapkan oleh perusahaan atas keputusan saya tersebut.


Sekian surat pengunduran diri saya. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.


 


Hormat saya,


Andin Arini


 



14. Contoh Surat Pengunduran Diri Pegawai Tetap


Bagi orang yang sudah diangkat sebagai pegawai tetap, isi surat pengunduran dirinya tentu berbeda dengan surat pengunduran diri karyawan kontrak di atas. Untuk lebih jelasnya ialah sebagai berikut.



Banyuwangi, 12 Maret 2016


Yth. Direktur PT. OK Selalu


Jalan Selalu Senang No. 17


Banyuwangi – Jawa Timur


 


Dengan hormat,


Saya yang bertanda tangan berikut ini:


Nama                                 : Andin Arini


Nomor Pegawai               : 6577123


Jabatan                             : Staff Accounting


Alamat                               : Jalan Di Samping Sana No. 17 Gang 12 Banyuwangi


Bermaksud untuk mengajukan permohonan pengunduran diri dari posisi Staff Accounting PT. OK Selalu. Alasan saya mengundurkan diri dari perusahaan ini ialah lantaran saya ingin pensiun dini sekaligus fokus menyebarkan bisnis keluarga.


Adapun mengenai duduk masalah administratif terkait pengunduran diri saya ini, saya serahkan sepenuhnya kepada kebijakan perusahaan. Melalui surat ini pula, saya ingin memberikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Anda beserta segenap direksi sekaligus karyawan PT. OK Selalu yang sudah membimbing dan mengarahkan saya.


Demikian surat pengunduran diri ini saya buat. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.


 


Hormat saya,


Andin Arini


 



15. Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Pindah Jabatan


Meskipun berada di bawah naungan instansi atau perusahaan yang sama, seseorang yang dinyatakan pindah jabatan juga sebaiknya menciptakan surat resign. Adapun teladan surat pengunduran diri untuk alasan yang satu ini ialah sebagai berikut.



Banyuwangi, 12 Maret 2016


Yth. Direktur PT. OK Selalu


Jalan Selalu Senang No. 17


Banyuwangi – Jawa Timur


 


Dengan hormat,


Saya yang bertanda tangan berikut ini:


Nama                                 : Andin Arini


Nomor Pegawai               : 6577123


Jabatan                             : Manager Marketing


Alamat                               : Jalan Di Samping Sana No. 17 Gang 12 Banyuwangi


Bermaksud untuk mengajukan permohonan pengunduran diri dari posisi Manager Marketing PT. OK Selalu. Alasan saya mengundurkan diri ialah lantaran saya diangkat menjadi pemimpin kantor cabang gres yang ada di Jember. Saya sangat berterima kasih atas pengalaman dan ilmu yang diberikan kepada saya dan saya juga memohon maaf atas kesalahan yang saya perbuat.


Demikian surat pengunduran diri ini saya buat. Atas perhatian dan dukungannya saya ucapkan terima kasih.


 


Hormat saya,


Andin Arini


 



Tips Memilih Waktu yang Tepat untuk Mengundurkan Diri


  Resign


Selain perlu memperhatikan teladan surat resign atau teladan surat pengunduran diri, pekerja yang bersangkutan juga perlu memperhatikan waktu yang sempurna untuk mengajukan surat tersebut. Pasalnya, pemilihan waktu yang sempurna akan menciptakan pengunduran diri menjadi lebih menguntungkan, baik bagi karyawan tersebut maupun bagi perusahaan. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa diperhatikan dalam menentukan waktu untuk mengundurkan diri.



  • Perhatikan Bagaimana Kesan yang Sudah Diciptakan


Tips yang pertama ialah silahkan review kesan yang sudah diciptakan selama bekerja. Maksudnya ialah coba diingat kembali apakah selama ini sudah bertanggung jawab terhadap kiprah yang diberikan atau belum, apakah selama ini perilaku yang ditunjukkan sudah bagus atau belum, dan lain sebagainya.


Apabila memang masih ada yang kurang baik, sisa waktu yang ada sebaiknya digunakan untuk memperbaiki hal-hal yang kurang baik itu terlebih dahulu. Ingatlah, meninggalkan kesan yang tidak bagus akan menunjukkan efek yang tidak baik ketika bekerja di kawasan lain di waktu mendatang.



  • Rencanakan Jauh-Jauh Hari


Saat ingin berhenti dari pekerjaan, sebaiknya rencanakan jauh-jauh hari. Tujuannya ialah supaya perusahaan bisa mencari orang yang pas untuk menempati posisi yang tengah kosong itu. Coba saja tengok teladan surat resmi di atas, antara pengajuan surat hingga tiba waktu berhenti bekerja memiliki selang waktu yang cukup lama. Untuk selang waktu ini memang dikembalikan pada kebutuhan, namun sekali lagi, jangan mendadak.



  • Pastikan Bahwa Kewajiban dan Tugas Sudah Diselesaikan


Jangan lupa, ketika akan berhenti, pastikan bahwa semua kewajiban serta kiprah yang masih menjadi tanggungan segera diselesaikan. Ingatlah pula bahwa meninggalkan pekerjaan dalam kondisi masih memiliki kewajiban serta kiprah akan menciptakan permohonan pengunduran diri ditunda atau bahkan ditolak.


Perlu ditegaskan kembali bahwa setiap orang yang ingin mengundurkan diri, harus memperhatikan mekanisme pengunduran diri dari perusahaan atau instansi tempatnya bekerja. Hal ini dikarenakan berhenti dari pekerjaan bukanlah hal yang sepele. Bahkan ada beberapa perusahaan dan instansi yang menunjukkan peraturan khusus mengenai pengunduran diri ini. Adapun mengenai teladan surat resign (pengunduran diri kerja) di atas, sanggup dicontoh dan dirubah-rubah sesuai dengan kebutuhan.


Demikian pembahasan singkat mengenai teladan surat resign dan aneka macam hal yang masih berkaitan, semoga bermanfaat.




Baca juga:




FAST DOWNLOADads
| Server1 | Server2 | Server3 |
Download
Next Post Previous Post