Efektif dan Efisien Adalah

FAST DOWNLOADads
Download

– Pernahkah kau mendengar kata efektif dan efisien? Seringkali kita menganggap bahwa kedua kata tersebut mempunyai arti yang sama. Lalu apa bergotong-royong pengertian efektif dan efisien?


Perbedaan efektif dan efisien terletak pada penggunaan untuk mencapai sesuatu dengan maksimal. Efektif menggunakan biaya yang besar untuk mendapat waktu yang minimal, sedangkan efisien menggunakan sumber daya yang minimal. Namun, tujuannya tetap sama yaitu untuk mencapai hasil yang maksimal.


Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pengertian efektif dan efisien, kita harus mempelajarinya dengan saksama. Berikut ini merupakan perbedaan efektif dan efisien, serta pola dari efektif dan efisien


Pengertian Efektif


Pernahkah


Pengertian efektif secara umum ialah suatu perjuangan untuk mendapat tujuan dengan sasaran atau hasil yang maksimal. Tujuan tersebut harus tercapai sesuai dengan ketepatan waktu yang sudah ditentukan, dan tak peduli seberapa besar biaya yang akan dikeluarkan.


Efektif sanggup dilihat dikala pekerjaan tersebut bisa berjalan sesuai dengan apa yang direncanakan dan mendapat tujuan yang tepat. Karena kegiatan acara yang sesuai proses efektif yaitu berafiliasi dengan penjadwalan, perencanaan, serta mengambil keputusan. Waktu yang singkat atau yang telah ditetapkan juga sangat penting untuk diperhatikan, semoga bisa mendapat pekerjaan yang efektif.


Pengertian Efektif Menurut Para Ahli


Pernahkah


Terdapat beberapa para andal ekonomi yang menawarkan gagasannya mengenai pengertian efektif. Berikut ini merupakan pengertian efektif berdasarkan para andal di antaranya adalah:



  • Efektif merupakan suatu kemampuan untuk mencapai tujuan yang diinginkan sesuai dengan keefektifitasan pekerjaan tersebut yang bisa menawarkan hasil maksimal.

  • Efektif merupakan proses untuk mencapai tujuan yang maksimal sesuai dengan waktu yang sudah diharapkan.

  • Efektif merupakan suatu kegiatan atau acara yang membandingkan antara output dengan input untuk mencapai tujuan tersebut. Sehingga ditemukan hasil kualitas dan kuantitas pada kerja tersebut, dengan batas waktu yang sudah direncanakan.

  • Efektif merupakan cara kerja seseorang untuk mencapai sasaran atau hasil yang maksimal sesuai dengan waktu yang diinginkan.

  • Efektif merupakan suatu perjuangan untuk mendapat pencapaian, tujuan dan sasaran dengan waktu sesingkat mungkin atau telah dibatasi, tanpa mempedulikan biaya yang harus dikeluarkan.


Pengertian Efesien


Pernahkah


Secara umum, pengertian efisien yaitu suatu perjuangan untuk mendapat tujuan yang maksimal, namun dengan meminimalkan sumber daya yang dikeluarkan. Sumber daya yang dimaksud pada pengertian efisien yaitu ibarat uang, tenaga, dan waktu. Sehingga semoga bisa mengerjakan pekerjaan secara efisien, setiap insan harus bisa mengolah sumber daya yang digunakannya tersebut.


Pengertian Efisien Menurut Beberapa Ahli


Pernahkah


Para andal juga menawarkan gagasan sendiri mengenai efisien. Berikut ini merupakan pengertian efisien berdasarkan beberapa andal di antaranya adalah



  • Efisien merupakan suatu perjuangan untuk mencapai tujuan yang maksimal dengan meminimalisir pengeluaran sumber daya.

  • Efisien merupakan penggunaan sumber daya ibarat biaya, waktu, dan perjuangan atau tenaga, untuk mencapai tujuan dalam melaksanakan kegiatan.

  • Efisien merupakan kemampuan untuk menjalankan suatu perjuangan dengan mengeluarkan sedikit uang, waktu, dan tenaga untuk mencapai hasil atau sasaran yang maksimal

  • Efisien merupakan cara atau kemampuan untuk mendapat hasil dan tujuan yang maksimal, namun hanya menggunakan sumber daya yang sedikit. Sehingga tidak mengeluarkan biaya, tenaga, dan waktu yang terlalu banyak.

  • Efisien ialah suatu cara yang sempurna untuk menghasilkan tujuan dengan maksimal sesuai dengan yang diinginkan atau yang dikehendaki.

  • Efisien merupakan suatu cara untuk mencapai atau tujuan dengan biaya dengan jumlah yang sama, Namun tujuan atau hasil yang maksimal.


Perbedaan Efektif Dan Efisien


Pernahkah


Ada beberapa hal yang menjadi perbedaan antara cara yang efektif dengan cara yang efisien. Berikut ini merupakan perbedaan efektif dan efisien, di antaranya adalah:




  • Pengertian




Cara yang efektif dan efisien mempunyai perbedaan pengertian ibarat yang sudah dijelaskan diatas. Dimana pengertian efektif yaitu suatu perjuangan untuk mencapai suatu tujuan sesuai dengan target. Sedangkan pengertian efisien yaitu suatu perjuangan untuk mendapat hasil yang maksimal sesuai tujuannya.




  • Biaya




Efektif: tidak terlalu mementingkan biaya atau bebas mengeluarkan biaya sebesar apapun.


Efisien: sangat mementingkan biaya dengan meminimalisir biaya yang harus dikeluarkan




  • Waktu




Efektif: sangat mengutamakan waktu yang cepat dan singkat sesuai dengan perencanaan untuk mencapai tujuan


Efisien: tidak terlalu mengutamakan usang atau durasi waktu pencapaian tujuan




  • Usaha




Efektif: bebas untuk mengeluarkan perjuangan sebesar apapun, dan berlaku sesuai dengan apa yang dikehendakinya.


Efisien: berusaha untuk meminimalisir usaha/ tenaga yang dikeluarkan, sehingga tidak memboroskan sumber daya dan energi yang digunakan




  • Penghematan




Efektif: tidak terlalu mementingkan kehematan, yang menjadi utama ialah tujuan yang dicapai dengan maksimal


Efisien: ingin melaksanakan pencapaian sasaran dengan hasil maksimal tanpa memboroskan sumber daya yang dimiliki


Berdasarkan perbedaan yang sudah dijelaskan diatas maka bisa disimpulkan bahwa, cara yang efektif belum tentu merupakan cara yang efisien. Begitupun sebaliknya menggunakan cara yang efisien belum tentu melaksanakan cara yang efektif. Sehingga diharapkan cara yang sempurna semoga kedua hal tersebut bisa terealisasi untuk mencapai tujuan yang maksimal.


Contoh Penerapan Efektif dan Efisien


Pernahkah


Dalam kehidupan kita sering menemukan pekerjaan yang dilakukan secara efektif dan efisien. Berikut ini merupakan pola sederhana dari pekerjaan efektif dan efisien.




  • Contoh 1




Safa merupakan seorang gadis yang tinggal di kota Jakarta. Suatu hari Ia ingin membeli kerajinan tangan kalung Jogjakarta. Safa bisa membeli kalung tersebut dengan cara yang efektif saja dan efisien saja.


Jika Safa ingin mendapat kalung tersebut dengan cara yang efektif, maka ia harus pergi ke Jogjakarta secara langsung. Meskipun harus mengeluarkan biaya yang sangat besar, namun tujuan Safa untuk mendapat kerajinan tangan kalung Jogjakarta orisinil terlaksana.


Jika Safa ingin membeli kalung tersebut dengan cara yang efisien, maka ia bisa membeli kalung tersebut di Jakarta. Karena Safa tidak perlu mengeluarkan sumber daya ibarat biaya, waktu, dan tenaga, yang cukup besar. Namun, Safa hanya bisa mendapat jenis kalung yang sama ibarat di Jogjakarta, namun tidak orisinil dari karya tangan masyarakat Yogyakarta.


Untuk mendapat hasil yang maksimal, maka Safa harus menggunakan cara yang efektif dan efisien. Ia pun berpikir semoga bisa melaksanakan kedua cara tersebut.


Pada akhirnya, Safa menentukan untuk berbelanja online dengan memesan kalung hasil kerajinan tangan masyarakat Yogyakarta. Safa tidak perlu mengeluarkan biaya dan waktu yang besar, namun justru ia bisa mendapat kalung hasil kerajinan tangan masyarakat Yogyakarta yang asli.




  • Contoh 2




Nina merupakan seorang anak yang tinggal di Yogyakarta. Suatu hari Ia ingin pergi ke kampungnya di Palembang. Untuk menempuh tujuannya, Nina bisa melaksanakan pekerjaan dengan efektif saja, atau efisien saja. Bahkan Ia bisa melaksanakan cara keduanya, yaitu secara efektif dan efisien.


Bila Nina pergi menggunakan pesawat dengan waktu tempuh hanya sekitar 2 jam saja, namun membutuhkan biaya tiket sebesar Rp. 2.000.000. Maka, hal itu berarti Nina telah melaksanakan perjuangan untuk mencapai tujuannya dengan cara yang efektif, namun tidak efisien. Karena Nina harus mengeluarkan uang yang besar untuk mencapai tujuannya dalam waktu yang singkat.


Bila Nina pergi ke Palembang menggunakan bus ekonomi, ia hanya cukup mengeluarkan biaya sebesar Rp. 200.000 walaupun waktu yang harus ditempuh sangat lama, yaitu sekitar 19 jam. Maka hal itu berarti Nina telah melaksanakan perjuangan untuk mencapai tujuannya secara efisien, namun tidak efektif. Karena waktu yang ditempuh untuk hingga ke Palembang sangat lama.


Dalam hal ini, maka Nina harus memikirkan perjuangan yang sempurna semoga bisa mencapai tujuan dengan cara yang efektif dan efisien. Sehingga ia harus bisa mendapat jalan untuk bisa hingga ke tujuan dengan waktu yang cepat, namun tidak mengeluarkan biaya yang mahal.


Karena Nina ingin menggunakan cara yang efektif dan efisien, maka pada jadinya Nina menentukan menggunakan kereta hemat untuk mencapai tujuan ke Palembang. Sehingga perjalanan yang harus ditempuh tidak terlalu usang dan biaya yang harus dikeluarkan tidak terlalu besar.


Untuk mencapai tujuan apa pun kita harus menentukan cara yang efektif ataupun cara yang efisien. Jika kita ingin melaksanakan pekerjaan dengan cara yang efektif dan efisien maka kita Harus berpikir keras semoga keduanya bisa terealisasi dengan baik.


Itulah pembahasan mengenai pengertian efektif dan efisien. Setelah mengetahui keduanya maka, jangan pernah menganggap bahwa efektif dan efisien merupakan hal yang sama. Karena terdapat perbedaan mengenai kedua hal tersebut yang telah dijelaskan dan diberi pola ibarat di atas.




Baca juga:



FAST DOWNLOADads
| Server1 | Server2 | Server3 |
Download
Next Post Previous Post