Ekonomi Adalah

FAST DOWNLOADads
Download

– Istilah ekonomi begitu bersahabat dengan kehidupan sehari-hari. Meskipun tampak sederhana, kata ini sebenarnya mengandung makna yang cukup kompleks, mengingat semua orang yang ada di dunia turut menjalankannya. Secara singkat, pengertian ekonomi yakni acara insan yang ada kaitannya dengan problem produksi, distribusi dan juga konsumsi.


Kata ekonomi itu sendiri diketahui berasal dari bahasa Yunani, yakni oikos dan nomos. Oikos artinya yakni rumah tangga sedangkan nomos ialah peraturan. Jadi, kalau hendak diartikan secara harfiah, maka ekonomi artinya yakni aturan atau administrasi rumah tangga. Untuk lebih memperjelas pemahaman, berikut ini akan disampaikan pengertian ekonomi lengkap dengan sejarah, manfaat serta hal-hal yang masih ada hubungannya dengan kata tersebut.


Pengertian Ekonomi Secara Umum


 Istilah


Pengertian ekonomi secara umum ialah banyak sekali hal yang ada kaitannya dengan upaya insan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari guna meraih kemakmuran. Selain itu, ekonomi juga sanggup dijelaskan sebagai alat untuk mengukur tingkat kemajuan suatu negara.


Dalam kalimat yang lain dijelaskan bahwa pengertian ilmu ekonomi yakni ilmu sosial yang secara khusus mempelajari dan membahas perihal akktivitas insan yang bekerjasama dengan acara produksi, acara distribusi serta acara konsumsi, baik itu pada barang maupun jasa.


Ekonomi juga sanggup dianggap sebagai ilmu yang ada kaitannya dengan sumber daya material individu, masyarakat serta negara kaitannya dengan upaya untuk meningkatkan kesejahteraan. Selain itu, ekonomi juga berarti ilmu yang membahas perihal asas produksi, asas distribusi dan asas konsumsi barang serta kekayaan dan banyak sekali hal perihal pemanfaatan watu, tenaga, uang dan lain sebagainya yang dianggap berharga.


Pengertian Ekonomi Menurut Para Ahli


 Istilah


Supaya bisa lebih paham lagi perihal apa itu ekonomi, sebaiknya jangan hanya mengetahui pengertiannya secara umum saja. Lihatlah pula pendapat yang dikemukakan oleh para ahli. Di antara pengertian ekonomi berdasarkan para jago tersebut ialah sebagai berikut.


1. Hermawan Kartajaya


Hermawan Kartajaya menganggap ekonomi itu sebagai suatu wadah yang di mana sektor industri begitu menempel di atasnya.


2. John Stuart Mill


John Stuart Mill menganggap ekonomi sebagai ilmu yang fokus membahas penciptaan nilai barter dengan jasa, yang bisa membantu meningkatkan kemakmuran serta kekayaan suatu negara.


3. Adam Smith


Pengertian ekonomi berdasarkan Adam Smith ialah penyelidikan mengenai suatu kondisi serta lantaran dari adanya kekayaan negara.


4. Alfred Marshall


Alfred Marshall menganggap ekonomi sebagai studi mengenai insan sebagaimana mereka bergerak, menjalani hidup serta berpikir dalam konteks keseharian.


5. Robbins


Robbins menganggap ekonomi sebagai studi mengenai tingkah laris insan sebagai kekerabatan antara tujuan yang kemudian dihadapkan dengan ketersediaan sumber daya guna mencapai tujuan tersebut.


6. Khursid Ahmad


Khursid Ahmad menganggap ekonomi sebagai suatu upaya yang mensistematiskan serta memahami banyak sekali problem dalam perekonomian serta banyak sekali jenis tingkah laris insan yang berkaitan dengan permasalahan tersebut yang didasarkan pada perspektif islam.


7. Case dan Fair


Case dan Fair menganggap ekonomi sebagai studi yang membahas perihal upaya individu serta masyarakat dalam mengambil suatu pilihan untuk memanfaatkan banyak sekali sumber daya yang ada yang telah disediakan oleh alam serta generasi sebelumnya.


8. M. Manullang


Manullang menganggap ekonomi sebagai studi yang fokus pembahasannya terletak pada aktifitas masyarakat kaitannya dengan upaya untuk meraih kemakmuran, yang mana kemakmuran itu merupakan kondisi di mana insan bisa memenuhi banyak sekali kebutuhannya, entah itu berupa barang maupun jasa.


8. M. Akram Khan


Akram Khan menganggap ekonomi sebagai ilmu yang tujuannya yakni mempelajari kesejahteraan insan yang bisa dicapai dengan cara mengorganisir banyak sekali sumber daya yang terdapat di bumi atas kerjasama dan partisipasi.


8. Lipsey


Lipsey menganggap ekonomi sebagai studi mengenai pemanfaatan semua sumber daya langka guna memenuhi banyak sekali kebutuhan insan yang tidak terbatas atau tidak berujung.


11. Suherman Rosyidi


Suherman Rosyidi menganggap ekonomi sebagai cabang ilmu pengetahuan yang berusaha memperlihatkan pengetahuan serta pengertian akan banyak sekali tanda-tanda yang terdapat dalam masyarakat yang muncul tanggapan perbuatan insan dalam banyak sekali upayanya untuk bisa dengan segera memenuhi kebutuhannya atau mencapai kemakmuran.


12. Amwal


Amwal menganggap ekonomi sebagai cabang ilmu yang berusaha mengetahui cara memilih keputusan yang efektif dalam hal mengelola banyak sekali sumber daya yang sudah ada guna memenuhi kkebutuhan individu maupun masyarakat.


13. Paul Anthony Samuelson


Paul Anthony Samuelson memandang ekonomi sebagai cara yang dipakai oleh seseorang maupun kumpulan orang untuk memanfaatkan sumber yang sifatnya terbatas guna mendapat aneka macam komoditas dan juga produk serta menyalurkannya semoga bisa dikonsumsi oleh masyarakat.


14. Aristoteles


Aristoteles memandang ekonomi sebagai cabang yang bisa dimanfaatkan dengan dua jalan. Dua jalan yang dimaksud ialah mungkin sanggup dipakai dan mungkin sanggup ditukar dengan barang. Dengan demikian, ekonomi memiliki nilai tukar serta nilai guna.


15. David Ricardo


Pengertian ekonomi berdasarkan David Ricardo sangatlah singkat, yaitu suatu kajian mengenai aturan aneka macam golongan masyarakat.


16. Abraham Maslow


Abraham Maslow memandang ekonomi sebagai bidang keilmuan yang bisa menuntaskan problem hidup insan melalui penggemblengan semua sumber ekonomi yang ada dengan berdasarkan pada prinsip serta teori dalam sistem ekonomi tertentu yang memang dianggap efektif serta efisien.


17. Ruenez


Ruenez memandang ekonomi sebagai ilmu yang mempelajari sikap insan dalam menghadapi banyak sekali kebutuhan dengan sarana yang sifatnya terbatas namun memiliki aneka macam fungsi.


Pendapat para jago mengenai pengertian ekonomi di atas ditafsirkan dari banyak sekali sumber tanpa merubah makna yang sebenarnya.


Sejarah Ekonomi


 Istilah


Secara umum, sejarah ekonomi terbagi menjadi 3 aliran, yakni klasik, neo klasik dan modern. Berikut ini akan disampaikan sejarah ilmu ekonomi berdasarkan ketiga pemikiran tersebut.


1. Ekonomi Menurut Aliran Klasik


Adam Smith disebut-sebut sebagai orang yang pertama kali menyebarkan ekonomi sebagai imu pengetahuan tersendiri sekitar kala 18 yang lalu. Melalui karyanya yang berjudul Wealth of Nations, Adam Smith mencoba menelisik sejarah perkembangan negara-negara yang ada di dunia Eropa.


Aliran klasik ini menekankan adanya invisible hand kaitannya dengan pengaturan pembagian sumber daya yang kemudian direpresentasikan sebagai prosedur pasar. Sangat terperinci bahwa dalam konsep ini tugas pemerintah sangat terbatas.


Setelah terjadi Depresi Besar sekitar tahun 1930-an, pemikiran ini mengalami kegagalan yang besar. Saat itu ditunjukkan dengan terperinci bahwa pasar tidak sanggup bereaksi terhadap gejolak yang terjadi di pasar saham. Terlepas dari hal tersebut, Adam Smith beropini bergotong-royong kemakmuran tidak hanya terletak pada emas saja tetapi juga terletak pada barang.


Kemakmuran itu sendiri yakni kondisi di mana kebutuhan seimbang dengan benda pemuas kebutuhan. Akan tetapi, untuk mencapai kemakmuran tersebut jalannya tidak gampang sehingga ini kemudian menjadi problem pokok ekonomi. Berdasarkan pada pemikiran klasik ini, diketahui bahwa problem pokok ekonomi bisa dikelompokkan menjadi 3 problem penting yakni produksi, distribusi dan konsumsi.


2. Ekonomi Menurut Aliran Neo Klasik


Aliran Neo Klasik dicetuskan salah satunya oleh Gossen. Dia kemudian memperlihatkan sumbangsihnya dalam bidang ekonomi yang kemudian disebut dengan Hukum Gossen I dan Hukum Gossen II. Hukum Gossen I memperlihatkan klarifikasi mengenai kekerabatan antara jumlah barang konsumsi dengan tingkat kepuasan. Sementara Hukum Gossen II memperlihatkan citra mengenai konsumen dalam mengalokasikan pendapatannya untuk aneka macam barang yang dibutuhkannya.


Selain Gossen, ada pula tokoh lain yakni Jevons dan Menger. Jevons beropini bergotong-royong sikap individu memiliki tugas dalam memilih nilai barang. Sementara Menger menyebutkan bahwa nilai barang akan ditentukan oleh tingkat kepuasan paling rendah yang bisa dipenuhinya.


3. Ekonomi Menurut Aliran Modern


Sementara itu, dalam pemikiran modern para jago sudah setuju bergotong-royong dengan sumber daya yang ada, setidaknya ada 3 problem yang dihadapi dan problem ini harus diatasi oleh masyarakat yang berperan sebagai subjek ekonomi. Adapun 3 problem yang dimaksud ialah barang atau jasa apa yang hendak dibentuk dan jumlahnya berapa (what and how much), bagaimana cara membuatnya (how) dan untuk siapakah barang atau jasa itu nanti (for who).


Manfaat Ekonomi


 Istilah


Dengan menganggap ekonomi sebagai suatu ilmu, ekonomi memiliki manfaat yang sangat besar dalam  upaya pemenuhan kebutuhan manusia. Adapun manfaat ekonomi tersebut di antaranya ialah sebagai berikut.



  • Membuat insan menjadi lebih peka pada problem ekonomi

  • Membuat insan menjadi lebih paham akan pengertian potensi serta keterbatasan kebijakan ekonomi tertentu

  • Membuat insan bisa memahami pola sikap ekonomi yang ada di suatu masyarakat

  • Memberikan saran atau masukan dalam proses pengambilan keputusan dalam tindakan ekonomi


Prinsip Ekonomi


 Istilah


Prinsip ilmu ekonomi merupakan upaya semoga bisa mendapat hasil yang semaksimal mungkin tetapi dengan pengorbanan yang seminimal mungkin. Dengan kata lain, tujuan dari prinsip ini ialah supaya insan bisa memenuhi kebutuhannya dengan cara yang paling efisien dan efektif.


1. Tujuan Prinsip Ekonomi


Selain tujuan tersebut, prinsip ekonomi ini juga memiliki tujuan lain sebagai berikut:



  • Agar seseorang bisa memakai kemampuan serta modal yang dimilikinya dengan maksimal

  • Agar bisa memperoleh laba yang besar dari acara ekonomi yang dilakukan

  • Agar kemungkinan terjadinya kerugian bisa diminimalisir

  • Mencegah pemborosan dikala mengkonsumsi


2. Ciri-Ciri Prinsip Ekonomi


Selain memiliki tujuan di atas, prinsip ekonomi ini juga memiliki ciri-ciri khusus sebagai berikut:



  • Berlaku ekonomis dalam banyak sekali hal

  • Berprinsip bahwa pengeluaran wajib diubahsuaikan dengan pendapatan

  • Membuat rencana yang anggun perihal pengeluaran

  • Bertindak rasional dengan cara mengutamakan kebutuhan yang lebih penting

  • Mempertimbangkan untung serta rugi dikala hendak melaksanakan acara ekonomi


3. Jenis-Jenis Prinsip Ekonomi


Lebih lanjut lagi, prinsip ekonomi rupanya dibagi menjadi 3 jenis, yang mana hal ini diubahsuaikan dengan pelaku ekonomi. Adapun ketiga jenis prinsip ekonomi tersebut ialah sebagai berikut.



  • Prinsip produsen, ialah menghasilkan produk bermutu tinggi dengan biaya produksi yang rendah

  • Prinsip penjual atau pedagang ialah memperoleh banyak pelanggan semoga potensi manfaatnya menjadi lebih besar, di mana prinsip ini kemudian lebih berfokus kepada acara pemasaran atau promosi

  • Prinsip pembeli, ialah memperoleh produk yang kualitasnya tinggi dengan harga yang rendah


4. 10 Prinsip Ekonomi


Mengacu pada klarifikasi sebelumnya, prinsip ekonomi memang berlaku atas aktifitas produksi, distribusi serta konsumsi. Lebih dari itu, prinsip ekonomi ini ada 10 menyerupai yang dijelaskan berikut ini.



  • Setiap orang menghadapi Trade Off yang artinya ialah dikala seseorang meninginkan sesuatu, maka orang tersebut perlu mengorbankan sesuatu pula. Adapun yang dikorbankan ini sanggup berupa waktu, tenaga, uang maupun yang lainnya

  • Mengorbankan biaya guna memperoleh sesuatu

  • Berpikir rasional untuk menimbang untung serta rugi dari kesempatan yang dipilih

  • Tanggap terhadap insentif yang artinya seseorang akan menjadi lebih aktif manakala ia ditawarkan laba lebih atas apa yang telah dikerjakannya

  • Perdagangan yang menguntungkan seluruh pihak, di mana prinsip ini akan mengedepankan yang namanya spesialisasi

  • Pasar menjadi kawasan serta sarana yang paling baik dalam mengkoordinasi acara ekonomi

  • Pemerintah bisa mengambil tugas dalam meningkatkan faktor produksi

  • Standar hidup suatu negara akan bergantung kepada kemampuan pekerjanya dalam mengolah dan menghasilkan barang serta jasa

  • Inflasi akan terjadi apabila pemerintah menciptakan uang dalam jumlah yang banyak

  • Masyarakat akan menghadapi Trade Off dalam jangka pendek antara pengangguran dengan inflasi


Motif Ekonomi


 Istilah


Secara singkat, motif ekonomi berarti banyak sekali hal yang ada hubungannya dengan alasan atau dorongan yang menjadi dasar bagi seorang individu maupun organisasi untuk melaksanakan acara ekonomi. Adapun contoh dari motif ekonomi ini ialah Belanda yang dahulu menjajah Indonesia bertujuan untuk mengelola serta menguasai kekayaan alam Indonesia. Contoh lainnya menyerupai petani yang dengan rajin merawat tanamannya guna menghasilkan panen yang lebih baik.


Motif ekonomi ini bermacam-macam, ada yang didasarkan pada faktor penyebabnya dan ada juga yang didasarkan pada pelaku ekonominya. Adapun klarifikasi singkat macam-macam motif ekonomi ini ialah sebagai berikut.


1. Berdasarkan Faktor Penyebabnya


Berdasarkan faktor penyebab, maka motif ekonomi kembali akan dibagi menjadi dua, yakni motif intrinsik serta motif ekstrinsik.



  • Motif Intrinsik


Yaitu motif yang muncul dari dalam diri individu tanpa dipengaruhi oleh faktor luar. Contohnya, seseorang minum air dikala ia merasa haus, atau seorang siswa rajin berguru lantaran ia ingin menjadi bintang kelas, dan lain sebagainya



  • Motif Ekstrinsik


Yaitu motif yang muncul dari dalam diri individu namun itu lantaran dipengaruhi oleh faktor luar. Contohnya, seorang mahasiswa ingin membeli laptop gres lantaran temannya membeli laptop gres pula


2. Berdasarkan Pelaku Ekonomi


Berdasarkan pada pelaku ekonomi, maka motif ekonomi sanggup dibagi menjadi 2 juga, yakni motif individu serta motif organisasi.


a. Motif Individu


Merupakan motif yang berasal dari diri sendiri untuk meningkatkan kesejahteraan diri dan keluarganya. Motif ini umumnya terdiri atas:



  • Motif sosial (untuk membantu serta mensejahterakan orang lain)

  • Motif mencapai kekuasaan ekonomi

  • Motif aktualisasi diri (karena umumnya insan memerlukan penghargaan serta pengukuhan dari orang lain)

  • Motif meningkatkan taraf hidup


b. Motif Organisasi


Merupakan motif yang berasal dari cita-cita kelompok tertentu untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi anggota kelompok itu sendiri. Motif ini umumnya terdiri atas:



  • Motif memproduksi barang atau jasa

  • Motif mencari keuntungan

  • Motif menjaga eksistensi perusahaan


Ruang Lingkup Ekonomi


 Istilah


Ruang lingkup ekonomi ada 2, yakni ekonomi makro dan ekonomi mikro. Adapun klarifikasi singkat ruang lingkup ekonomi tersebut ialah sebagai berikut.


1. Ekonomi Makro


Ekonomi makro ialah cabang dari ilmu ekonomi yang fokusnya ialah banyak sekali variabel dalam ruang lingkup yang lebih besar. Contohnya ketersediaan lapangan kerja, deflasi, inflasi, kemiskinan, pengangguran dan lain sebagainya.


2. Ekonomi Mikro


Pengertian ekonomi mikro ialah cabang ilmu ekonomi yang fokus membahas banyak sekali variabel ekonomi dalam ruang lingkup yang lebih kecil dibandingkan dengan ekonomi makro. Contohnya ialah suatu perusahaan yang bangkrut, perhitungan kondisi pasar dan lain sebagainya.


Kegiatan Ekonomi


 Istilah


Kegiatan ekonomi merupakan semua acara atau aktifitas yang dilaksanakan oleh insan kaitannya dengan upaya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Selain itu, acara ekonomi juga bisa didefinisikan sebagai upaya insan dalam mencapai kemakmuran dalam hidupnya. Kegiatan ekonomi ini ada 3 jenis, yakni produksi, distribusi serta konsumsi.


1. Kegiatan Produksi


Kegiatan produksi ialah acara yang dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan produk baik itu jasa maupun barang. Orang yang melaksanakan acara ini akan disebut sebagai produsen. Produsen melaksanakan produksi umumnya bertujuan untuk memperoleh laba sekaligus memenuhi kebutuhan konsumen. Adapun hasil dari acara produksi ini sanggup berupa barang jadi, barang mentah dan juga barang setengah jadi.


Contoh dari acara ini ialah petani yang menanam padi, orang yang menciptakan roti, orang yang menciptakan pakaian, nelayan yang menangkap ikan di maritim dan lain sebagainya.


2. Kegiatan Distribusi


Kegiatan distribusi merupakan acara menyalurkan produk yang telah dihasilkan produsen. Dengan adanya acara ini, produk yang awalnya berada di tangan produsen bisa tersebar dengan luas ke masyarakat yang memerlukannya. Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan bahwa produk diterima oleh orang-orang yang membutuhkan sekaligus menjaga keberlangsungan proses produksi. Adapun orang yang melaksanakan acara ini disebut sebagai distributor.


Dalam acara distribusi, bukan hanya penyaluran produk saja yang dilakukan. Hal ini dikarenakan distribusi juga meliputi sejumlah acara yang disebutkan di bawah ini:



  • Pembelian produk dari produsen

  • Pengangkutan produk

  • Packing atau pengemasan

  • Penjualan barang ke grosir atau pedagang besar

  • Menyimpan barang di gudang

  • Standarisasi kualitas barang

  • Klasifikasi atau pengelompokan barang

  • Promosi dan penyaluran


3. Kegiatan Konsumsi


Kegiatan konsumsi merupakan acara memakai atau menghabiskan produk yang dihasilkan produsen dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan. Orang yang melaksanakan acara ini akan disebut sebagai konsumen. Misalnya saja membeli pakaian, membeli minuman dan lain sebagainya.


Tindakan Ekonomi


 Istilah


Tindakan ekonomi merupakan tindakan seseorang yang didasari atas cita-cita untuk memenuhi kebutuhan guna mencapai kemakmuran. Tindakan ekonomi ini dibagi menjadi dua macam, yakni rasional dan irrasional.


1. Tindakan Ekonomi Rasional


Tindakan ekonomi rasional merupakan tindakan yang didasarkan pada pilihan yang paling menguntungkan. Contohnya berbelanja dengan melihat skala prioritas, menghemat penggunaan listrik, menghemat penggunaan mesin, menawar walaupun sebenarnya bisa membelinya dengan harga asal yang cenderung mahal dan lain sebagainya.


2. Tindakan Ekonomi Irrasional


Tindakan ekonomi irrasional merupakan tindakan yang kalau diperkirakan tampak menguntungkan namun pada kenyataannya merugikan. Contohnya Ani membeli beras di toko yang jaraknya cukup jauh lantaran di sana harga beras lebih murah dibandingkan dengan toko yang ada di samping rumahnya. Secara sepintas, tindakan ini menguntungkan, namun kalau dihitung-hitung kembali justru merugikan lantaran Ani harus mengeluarkan ongkos lebih untuk transportasi.


Metode Ilmu Ekonomi


 Istilah


Terkait dengan upaya memenuhi kebutuhan insan yang tidak terbatas, terdapat 4 metode dalam ilmu ekonomi. Keempat metode ilmu ekonomi tersebut ialah metode induktif, deduktif, matematika dan statistik. Adapun klarifikasi singkatnya ialah sebagai berikut.


1. Metode Induktif


Ini yakni metode mengumpulkan banyak sekali data serta informasi yang terdapat dalam kehidupan manusia, di mana nantinya data serta informasi tersebut akan dipakai sebagai teladan untuk mengambil keputusan.


2. Metode Deduktif


Ini yakni metode yang bekerjanya didasarkan pada prinsip umum atau ketentuan aturan yang berlaku. Jadi, dalam metode deduktif ini, ilmu ekonomi akan mencoba tetapkan solusi atas suatu problem tertentu dengan berdasarkan pada hukum, prinsip, dasar serta ketentuan-ketentuan yang berlaku dalam ilmu ekonomi.


3. Metode Matematika


Ini yakni metode yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi problem ekonomi dengan cara yang matematis.


4. Metode Statistik


Ini yakni metode yang dimanfaatkan untuk mengatasi problem ekonomi dengan mengumpulkan sekaligus mengolah data yang ada, di mana data tersebut nantinya akan ditafsirkan kemudian disajikan dalam bentuk angka.


Pembagian Ilmu Ekonomi


 Istilah


Seperti yang telah diketahui bersama, peranan ekonomi bagi kehidupan masyarakat begitu besar. Oleh lantaran itu, Douglas C. Haque dan Alfred W. Stonier membagi ilmu ini menjadi 3 kelompok, yakni kelompok deskriptif, kelompok teori dan kelompok terapan. Adapun klarifikasi singkat 3 kelompok ilmu ekonomi tersebut ialah sebagai berikut.


1. Ilmu Ekonomi Deskriptif (Descriptive Economic)


Ilmu ekonomi deskriptif ini yakni penggalan dari ilmu ekonomi yang akan memperlihatkan citra mengenai situasi atau kondisi dengan berdasarkan pada fakta yang ditemukan dalam perekonomian. Contoh dalam hal ini ialah citra mengenai krisis moneter yang pernah terjadi di Indonesia tahun 1998 silam.


Selain itu, ilmu ekonomi deskriptif juga sanggup dianggap sebagai penggalan dari ilmu ekonomi yang fokusnya terletak pada upaya mengumpulkan banyak sekali fakta penting mengenai suatu problem ekonomi.


2. Ilmu Ekonomi Teori (Economics Theory)


Ilmu ekonomi teori ialah penggalan dari ilmu ekonomi yang berusaha untuk mengetahui pengertian, kekerabatan lantaran tanggapan serta cara kerja sistem ekonomi. Kalimat yang lain menjelaskan bahwa ilmu ekonomi teori merupakan pandangan yang memperlihatkan citra mengenai acara ekonomi, di mana acara ini memiliki sifat nyata serta memperlihatkan ramalan mengenai suatu kejadian yang mungkin saja terjadi di masa depan apabila terdapat kondisi yang mendukung untuk itu.


Ilmu ekonomi teori dibagi lagi menjadi 2 macam, yakni ekonomi mikro serta ekonomi makro. Baik ekonomi mikro maupun ekonomi makro sama-sama memiliki tugas yang penting dalam hal mengukur tingkat pertumbuhan ekonomi mengingat keduanya ini masih saling berkaitan.


3. Ilmu Ekonomi Terapan (Applied Economics)


Sementara untuk ilmu ekonomi terapan merupakan penggalan dari ilmu ekonomi yang merumuskan sejumlah pedoman serta kebijakan yang sempurna guna menangani problem ekonomi tertentu. Ilmu ini termasuk ilmu yang memanfaatkan banyak sekali kesimpulan yang telah didapatkan dari ilmu ekonomi teori guna menjelaskan banyak sekali problem yang berhasil dikumpulkan dalam ekonomi deskriptif.


Berbicara mengenai pengertian ekonomi, tentu akan ada banyak pendapat yang bermunculan. Mulai dari pendapat umum, para jago serta klarifikasi yang disebutkan dalam KBBI. Selain mengupas arti katanya, ekonomi itu sendiri memiliki banyak hal yang perlu dibicarakan menyerupai sejarahnya, manfaatnya, prinsipnya, motifnya dan masih banyak lagi. Pengetahuan-pengetahuan semacam ini perlu dipahami mengingat ekonomi akan terus berkembang dan beritanya pun akan selalu bermunculan di banyak sekali media.


Demikian klarifikasi singkat mengenai pengertian ekonomi serta banyak sekali hal lain mengenai ekonomi, semoga bermanfaat.




Baca juga:



 Istilah

FAST DOWNLOADads
| Server1 | Server2 | Server3 |
Download
Next Post Previous Post