Pasar Oligopoli Adalah

FAST DOWNLOADads
Download

– Ilmu ekonomi mengajarkan bahwa ada banyak jenis pasar yang dikelompokkan menurut kategori tertentu. Ada yang didasarkan pada bentuk kegiatannya, cara transaksinya, waktu pelaksanaannya, jenis barangnya dan juga strukturnya. Khusus menurut strukturnya, ada pasar persaingan tepat serta pasar persaingan tidak sempurna. Pasar persaingan tidak tepat ini sendiri masih dibagi lagi menjadi beberapa jenis dan salah satunya ialah pasar oligopoli.


Bagi orang yang gres pertama kali mendengar nama pasar tersebut, tentu ia akan memiliki sejumlah pertanyaan ihwal pasar oligopoli. Misalnya apa pengertiannya, bagaimana ciri-cirinya, apa saja contoh, jenis-jenis dan lain sebagainya. Pertanyaan-pertanyaan semacam itu ialah hal yang masuk akal dan jawabannya akan dibahas secara singkat di bawah ini. Yuk disimak untuk menambah pengetahuan.


Pengertian Pasar Oligopoli


Ilmu


Secara singkat, pasar oligopoli ialah pasar yang dikuasai oleh beberapa perusahaan, dengan jenis barang yang ditawarkan ialah barang homogen atau satu jenis. Dalam kalimat yang lain, jenis pasar satu ini merupakan pasar yang di dalamnya terdapat banyak pembeli tetapi hanya ada beberapa penjual atau produsen saja. Umumnya, pasar ini didominasi oleh sekitar 3 produsen hingga 10 produsen.


Walaupun ada cukup banyak produsen dalam pasar ini, namun ibarat yang sudah disebutkan sebelumnya oligopoli hanya menyediakan barang-barang yang sifatnya homogen atau sejenis. Oleh alasannya itu, masing-masing produsen akan rajin melaksanakan promosi terutama untuk meningkatkan loyalitas serta membentuk persepsi konsumen mengenai keunggulan produk yang ditawarkannya.


Ciri-Ciri Pasar Oligopoli


Ilmu


Ciri-ciri atau karakteristik pasar oligopoli begitu khas, dan setiap orang sanggup menjadikannya sebagai aliran biar lebih gampang dalam membedakannya dengan jenis pasar yang lain. Adapun ciri-ciri yang dimaksud ialah sebagai berikut.



  • Jumlah produsen umumnya lebih dari dua namun masih kurang dari sepuluh, sementara jumlah konsumen sangat banyak

  • Produk yang dijual ialah produk satu jenis atau homogen, sehingga antara produk yang satu dengan produk yang lainnya sanggup bersifat saling menggantikan atau substitusi

  • Walaupun produknya relatif homogen, produk-produk tersebut masih terdifferensiasi. Kaprikornus contohnya ada 3 perusahaan yang memproduksi sabun cuci, masing-masing perusahaan akan mengatakan sabun basuh dengan aroma serta bentuk yang berbeda

  • Ada produsen yang lebih menonjol dan berpengaruh. Biasanya, kebijakan yang dibentuk oleh produsen yang menonjol ini akan mengatakan dampak kepada kebijakan produsen yang lainnya. Misalnya, jikalau produsen tersebut menurunkan harga, maka produsen yang lainnya juga akan ikut menurunkan harga

  • Masing-masing produsen memiliki kemampuan menentukan harga mengingat produknya masih memiliki perbedaan dari produk lainnya

  • Produsen gres yang berniat memasuki pasar akan kesulitan, lantaran selain memerlukan modal yang besar untuk promosi, juga ada faktor permainan harga yang dilakukan oleh produsen usang supaya konsumen tetap berminat terhadap produknya dan tidak beralih pada produk gres dari produsen lainnya

  • Sering terjadi perang harga demi menarik minat konsumen sehingga mengakibatkan sistem harga yang kaku. Hal ini berafiliasi dengan ciri yang sebelumnya, yaitu kebijakan satu perusahaan akan menciptakan perusahaan lain ikut terpengaruh sehingga kemudian mengakibatkan yang namanya ketergantungan strategi. Ketergantungan ini terutama terjadi dalam hal harga, di mana umumnya harga yang berlaku di pasar akan mengikuti harga dari produsen yang jualannya paling laku

  • Harga yang telah ditetapkan cenderung konsisten dan tidak gampang berubah. Hal ini dikarenakan produsen telah mencicipi adanya laba dengan harga stabil yang telah mereka tetapkan. Selain itu, apabila ada kenaikan harga mereka khawatir konsumen akan beralih pada produk lain yang memiliki fungsi sama.

  • Persaingan antar produsen sangat ketat dan hal ini sangat tampak pada acara promosi yang mereka lakukan


Faktor Penyebab Terjadinya Pasar Oligopoli


Ilmu


Pasar jenis oligopoli sanggup terbentuk lantaran sejumlah faktor. Adapun sejumlah faktor penyebab terjadinya pasar oligopoli yang dimaksud ialah sebagai berikut.


1. Efisiensi dalam Skala Besar


Penyebab yang pertama ialah efisiensi dalam skala yang besar. Hal ini dikarenakan dalam dunia yang sebenarnya, industri yang termasuk dalam skala besar akan menargetkan produksi secara massal, di mana acara tersebut  akan mengkonsumsi modal serta sumber daya yang besar.


Sementara itu, teknologi padat modal yang diharapkan dalam acara produksi gres dikatakan efisien jikalau produk yang dihasilkan  juga berada dalam skala yang besar. Inilah mengapa perusahaan gres sulit untuk masuk sehingga jumlah produsen dalam pasar jenis ini cenderung sedikit.


2. Kompleksitas Manajemen


Harga ialah suatu hal yang sangat sensitif dalam pasar oligopoli. Kompetisi harga yang berlangsung dalam pasar ini menciptakan setiap produsen begitu cermat dalam memutuskan harga atas produknya supaya tidak hingga merugikan para pesaingnya.


Selain problem harga dan keuangan, kemampuan dalam administrasi juga sangat diharapkan dalam pasar ini. Namun sayangnya, tidak banyak perusahaan atau produsen yang memiliki kemampuan tersebut sehingga mereka tidak bisa bertahan dan pada alhasil tetap hanya ada sedikit produsen dalam pasar ini.


Faktor Penghambat Terjadinya Pasar Oligopoli


Ilmu


Selain ada faktor penyebab, juga ada faktor penghambat terjadinya pasar oligopoli. Berbagai faktor penghambat tersebut di antaranya ialah sebagai berikut.



  • Adanya perbedaan ongkos produksi antar perusahaan atau produsen

  • Perusahaan atau produsen yang sudah usang bangun dan dikenal masyarakat sulit untuk disaingi dan ini bisa mengakibatkan risiko yang begitu besar bagi perusahaan baru

  • Modal yang diharapkan untuk bersaing sangat besar dan pengusaha enggan untuk menanggung risiko yang besar pula

  • Adanya hak paten menciptakan perusahaan lain dan perusahaan yang akan masuk tidak memiliki kesempatan untuk memproduksi produk yang sama


Contoh Pasar Oligopoli


Ilmu


Sama ibarat rujukan pasar monopolistik yang begitu banyak dan gampang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, rujukan pasar oligopoli juga demikian. Contoh ini juga meliputi banyak sekali bidang, di mana di antaranya ialah sebagai berikut:



  • Pada industri jasa penerbangan, terdapat Adam Air, Lion, Mandala, Merpati, Garuda dan lain-lain. Dalam industri ini sangat ramai perang tarif antar maskapai penyedia jasa penerbangan terutama pada ketika momen tertentu, contohnya liburan, hari raya atau momen yang lainnya

  • Pada produk elektronik keperluan rumah tangga ada National, Samsung, Sony, Toshiba dan lain sebagainya

  • Pada industri sepeda motor, contohnya Sanez, Kawasaki, Suzuki, Yamaha, Honda dan lain sebagainya

  • Pada industri semen, contohnya Semen Cibinong, Semen Indocement, Semen Holcim dan Semen Gresik


Jenis-Jenis Pasar Oligopoli



Ilmu


Pasar oligopolistik terdiri atas 2 jenis yakni murni dan terdiferensiasi. Pada dasarnya kedua jenis pasar tersebut ialah sama, hanya saja masih terdapat faktor yang membedakannya. Keterangan lebih lengkapnya ialah sebagai berikut.


1. Pasar Oligopoli Murni atau Pure Oligopoly


Pasar ini memiliki beberapa produsen yang menjual produk-produk dengan sifat identik sehingga produk yang satu dengan yang lain cenderung sulit untuk dibedakan. Namun umumnya, untuk membedakan produk-produk tersebut bisa dengan mengenali brand atau brand dagangnya. Contoh perusahaan yang tergabung dalam pasar ini ialah semen dan air mineral.


2. Pasar Oligopoli Terdiferensiasi atau Differentiated Oligopoly


Pasar ini memiliki beberapa produsen sekaligus yang menjual produk bersifat homogen namun produk-produk tersebut sanggup dibedakan terutama dari coraknya, bisa bentuknya, aromanya atau rasanya. Contoh produsen yang tergabung dalam pasar ini ialah produsen sabun mandi, produsen rokok dan lain-lain.


Kelebihan dan Kekurangan Pasar Oligopoli


Ilmu


Sebagaimana jenis pasar yang lainnya, pasa oligopoli juga memiliki sejumlah kelebihan dan kekurangan. Adapun kelebihan dan kekurangan pasar oligopoli ialah sebagai berikut.


1. Kelebihan Pasar Oligopoli



  • Mengingat persaingan yang begitu ketat, maka produsen akan lebih termotivasi untuk melaksanakan pengembangan sekaligus mengatakan penemuan terhadap produk mereka supaya tidak kalah saing dengan kompetitornya

  • Produsen menjadi lebih fokus terutama dalam upaya mempersembahkan produk kualitas terbaik dan pelayanan yang terbaik pula kepada konsumen, atau dengan kata lain kepuasan konsumen dalam pasar ini menjadi prioritas

  • Konsumen menjadi diuntungkan lantaran produsen akan berlomba-lomba menyajikan produk terbaik mereka dengan harga yang terjangkau

  • Penguasaan harga oleh produsen begitu lemah sehingga konsumen bisa mendapatkan harga yang standar

  • Pasar terdiri atas banyak pilihan, jadi konsumen pun bisa menentukan produk-produk yang paling sesuai dengan keinginannya

  • Membuat penelitian untuk menyebarkan produk jadi lebih sering dilakukan


2. Kekurangan Pasar Oligopoli



  • Terjadinya pemborosan sumber daya ekonomi

  • Diperlukan modal yang begitu besar untuk acara promosi supaya konsumen bisa mengenali, mengingat serta membedakan produk satu konsumen dengan konsumen yang lainnya

  • Mengingat persaingan yang ketat, seringkali terjadi perang harga di antara para produsen untuk memikat konsumen

  • Produsen yang gres memasuki pasar akan mengalami kesulitan berkompetisi dengan produsen usang lantaran persaingan yang begitu ketat

  • Adanya tindakan produsen yang berkuasa akan mempengaruhi pasar serta produsen yang lainnya

  • Pasar ini sering menjadikan eksploitasi baik kepada pemilik faktor produksi maupun konsumen

  • Harga yang terlalu tinggi dan cenderung stabil bisa menjadikan terjadinya inflasi

  • Pasar ini sering menjadikan ketidakadilan terutama bila ditinjau dari sisi pendapatan masyarakat

  • Sangat rentan terhadap persaingan tidak sehat terutama dalam hal harga dengan tujuan untuk memperoleh pelanggan


Dampak Positif dan Dampak Negatif Pasar Oligopoli


Ilmu


Pasar oligopoli selain memiliki kekurangan dan kelebihan juga bisa mendatangkan dampak positif dan dampak negatif. Adapun penjelasannya ialah sebagai berikut.


1. Dampak Positif



  • Konsumen menjadi lebih diuntungkan ketika terjadi perang harga, lantaran umumnya harga produk akan menurun

  • Jumlah penjual atau produsen yang sedikit menciptakan mereka bisa mengendalikan harga pada tingkat tertentu


2. Dampak Negatif



  • Adanya undang-undang anti kerjasama antar produsen

  • Harga produk yang tinggi dan stabil bisa menunjang terjadinya inflasi

  • Adanya kemungkinan eksploitasi terhadap karyawan perusahaan dan juga konsumen

  • Munculnya inefisiensi produksi

  • Produsen bisa meraup laba dalam jangka panjang


Perbedaan Pasar Oligopoli dan Oligopsoni


Ilmu


Pasar oligopoli ialah pasar yang berbeda dengan pasar oligopsoni. Meskipun nama keduanya mirip, tetap tidak bisa disamakan. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, oligopoli ini ialah nama dari pasar yang mengatakan satu jenis barang dari beberapa produsen atau perusahaan sekaligus. Jadi, dalam hal ini, produsen akan terikat dengan permainan pasar lantaran laba yang akan didapatkannya nanti tergantung pada sikap pesaing mereka.


Sementara itu, pasar oligopsoni ialah suatu pasar yang terdiri atas beberapa pembeli dengan produk yang ditawarkan ialah produk setengah jadi. Definisi lain pasar oligopsoni ialah pasar dengan kondisi di mana ada dua atau bahkan lebih pembeli (pembeli ini biasanya ialah pelaku usaha) yang menguasai penerimaan pasokan barang dan jasa.


Kesimpulan


Pasar oligopoli ialah salah satu penggalan dari pasar persaingan tidak tepat atau pasar yang terorganisir secara tidak sempurna. Pasar ini selain memiliki ciri khas juga memiliki kelebihan serta kekurangan. Salah satu kekurangan tersebut ialah rawan memicu terjadinya persaingan yang tidak sehat.


Di Indonesia sendiri, pasar oligopoli diawasi oleh KPPU atau Komisi Pengawas Persaingan Usaha yang sekaligus menjadi wasit dalam persaingan yang kerap terjadi di dunia nyata. Bukan hanya itu, komisi ini juga bersedia mendapatkan laporan dari masyarakat bila ada persaingan tidak sehat yang bersifat merugikan dengan dilengkapi sejumlah bukti.




Baca juga:



FAST DOWNLOADads
| Server1 | Server2 | Server3 |
Download
Next Post Previous Post