Pemanasan Global adalah

FAST DOWNLOADads
Download

Pemanasan global yakni salah satu topik yang banyak dibicarakan di seluruh dunia. Bahkan gosip mengenai pemanasan global menjadi topik serius PBB beberapa dekade belakangan. Pemanasan global bukanlah hal yang sepele, lantaran ini meliputi keselamatan dari bumi yang ditinggali oleh manusia. Tapi, apakah pengertian pemanasan global ini?


Pemanasan


Pemanasan global sendiri mempunyai kaitan dekat dengan imbas rumah kaca. Tentu sudah tidak asing, dong, dengan imbas rumah beling ini? Berikut beberapa klarifikasi mengenai pemanasan, dari mulai pengertian, penyebab, hingga ke tumpuan pemanasan global.


Pengertian Pemanasan Global


Pemanasan


Menurut Natural Resources Defence Council menyampaikan bahwa pemanasan global ialah kondisi dimana bumi mengalami pengingkatan suhu dan iklim secara ekstrem berlebihan dan bersifat menyeluruh. Peningkatan suhu secara berlebihan ini diakibatkan oleh kelebihan konsentrasi gas rumah kaca.


Fenomena pemanasan global ini seringnya diikuti dengan perubahan iklim secara global, yang berdampak pada cuaca ekstrim yang banyak menyerang banyak sekali negara di seluruh belahan dunia. Penelitian mengenai pemanasan global ini telah dilakukan semenjak tahun 1950 an, dimana diketahui bahwa suhu bumi semakin bertambah panas setiap tahunnya.


Efek rumah beling yang ditimbulkan dari banyaknya polusi di bumi ini menimbulkan dampak yang cukup serius bagi kelangsungan bumi ini.  Beberapa dampak aktual yang telah terjadi kini ini yakni temperatur bumi dan permukaan air bahari yang semakin naik, perubahan cuaca secara ekstrim, luas gurun  yang semakin bertambah dan lain sebagainya.


Penyebab Pemanasan Global


Pemanasan


Umum diketahui bahwa penyebab pemanasan global yakni imbas gas rumah beling yang semakin marak. Efek rumah beling sendiri mempunyai arti sebagai semakin banyaknya gas rumah beling menyerupai methana, karbon dioksida, dan banyak sekali gas berbahaya lainnya yang naik ke atmosfer. Keadaan ini semakin parah terhitung semenjak revolusi industri terjadi.


Berikut beberapa penyebab pemanasan global:


Meningkatnya Karbon Monoksida dari Kendaraan Bermotor


Penyebab utama dari pemanasan global ini yakni semakin banyaknya emisi gas buang yang dihasilkan kendaraan bermotor semakin banyak. Jumlah kendaraan yang semakin banyak menciptakan emisi gas buang juga semakin bertambah.


Pencemaran Laut


Pencemaran bahari sanggup menjadi salah satu penyebab pemanasan global. Karena pada faktanya yakni bahari menjadi salah satu tempat dimana paling banyak menyerap karbon dioksida. Bahkan tempat peresapan karbon dioksida terbesar di dunia.


Tetapi, pencemaran bahari yang terjadi akhir-akhir ini (berupa pembuangan sampah sembatangan dan pembuangan limbah industri ke laut), menciptakan banyak ekosistem di bahari yang musnah. Musnahnya ekosistem ini mengakibatkan bahari tidak lagi bisa menyerap karbon dioksida, sehingga gas buang tersebut naik  keatmosfer dan menjadi salah satu gas rumah kaca.


Efek Rumah Kaca


Sebenarnya, imbas rumah beling mempunyai banyak manfaat bagi bumi dan kehidupan di dalamnya. Salah satu manfaat yang dimiliki imbas rumah beling yakni memperlihatkan kehangatan kepada bumi. Tetapi, imbas rumah beling yang berlebihan justru menjadi sesuatu yang salah dan membahayakan bagi kehidupan bumo itu sendiri.


Efek rumah beling itu sendiri berarti pemantulan panas yang dikembalikan ke bumi. Jadi, ppada dasarnya, bumi mengeluarkan panas dan seharusnya (jika tidak ada imbas rumah kaca) akan dipantulkan ke luar angkasa. Tetapi gas-gas yang terjebak di dalam rumah beling di atmosfer justru mengembalikan panas tersebut ke bumi lantaran tidak sanggup meneruskan panas ke luar angkasa..


Gas Buang Industri


Sudah bukan diam-diam umum lagi bahwa dunia industri yakni yang paling banyak menyumbang pemanasan global di dunia. Seluruh limbah yang dihasilkan oleh dunia industri rasa-rasanya ikut menyumbang untuk meningkatnya gas di rumah kaca.


Gas buangnya yang mengarah pribadi ke atmosfer dan limbah cair sisa produksi yang banyak dialirkan ke sungai bahkan ke bahari justru mematikan ekosistem di dalamnya.


Penggunaan CFC yang Tidak Terkontrol


CFC sanggup disebut juga sebagai Cloro Four Carbon. CFC ini bahwasanya yakni salah satu penyebab meningkatnya imbas rumah kaca, hanya saja mempunyai sifat yang gampang untuk ditangani. Contoh CFC yang paling banyak ditemui yakni kulkas dann AC.


Luas Hutan yang Berkurang


Penyebab utama pemanasan global lainnya yakni luas hutan yang semakin usang semakin berkurang. Hutan yang berkurang akan menciptakan karbon dioksida semakin menumpuk lantaran tidak ada lagi yang bisa mengubah gas tersebut menjadi oksigen. Penumpukan karbon dioksida ini selain memberi imbas jelek terhadap keadaan atmosfer, juga memberi imbas jelek kepada kehidupan insan secara langsung, yakni bisa mengakibatkan pencemaran udara dan sesak napas lantaran jumlah oksigen berkurang.


Penggunaan Listrik yang Semakin Boros


Listrik juga bisa menjadi penyebab meningkatnya suhu bumi. Hal ini dikarenakan penguapan listrik yang terjadi saat listrik dinyalakan akan meningkatkan suhu bumi. Memang efeknya tidak sedahsyat imbas lain, tetapi kalau terlalu banyak dan terlalu sering mengeluarkan penguapan, maka yang imbas yang dirasakan justru akan semakin besar.


Polusi Metana Pertanian, Perkebunan, dan Peternakan


Gas Metana yakni salah satu gas yang menjadi penyebab pemanasan global, selain karbon dioksia dan karbon monoksida. Bahkan, bisa dibilang gas ini menjadi gas kedua penyebab terbesar terjadinya pemanasan global di atmosfer.


Metana sendiri berasal dari bahan-bahan organik yang membusuk dan tidak diolah dengan seksama dari hasil pertanian, perkebunan, bahkan perternakan. Sehinggga, semakin tinggi hasil pertanian yang dihasilkan, maka akan semakin banyak gas metana yang dikirimkan ke atmosfer.


Konsep Rumah Modern


Konsep rumah modern yang banyak terbuat dari beling justru akan semakin cepat mempengaruhi pemanasan global. Hal ini lantaran beling pada umumnya memantulkan kembali cahaya matahari menuju atmosfer dan tidak menyerapnya. Ini menciptakan atmosfer menjadi semakin panas sehingga terjadilah pemanasan global.


Pembakaran Sampah yang Berlebihan


Sampah yang dibakar akan menciptakan jumlah gas buang akan semakin meningkat. Efek samping dari hal tersebut yakni semakin banyak juga gas yang meningkatkan imbas rumah beling itu sendiri. Inilah sebabnya pembakaran sampah di beberapa wilayah telah dilarang.


Proses Pemanasan Global


Pemanasan


Proses pemanasan global memenuhi peraturan diagram yang disajikan berikut ini:



  • Panas matahari akan merambat masuk ke atmosfer kemudian akan diteruskan ke dalam bumi.

  • Begitu panas matahari hingga ke bumi, sebagian panas tersebut akan diserap oleh bumi dan kehidupan di dalamnya.

  • Tetapi, sebagian dari geothermal tersebut justru akan dipantulkan kembali ke atmosfer.

  • Panas yang dipantulkan ke bumi ini akan kembali mengenai atmosfer, tetapi kabar buruknya yakni atmosfer tidak bisa lahi meneruskan panas ke luar angkasa.

  • Hal ini dikarenakan atmosfer bumi telah penuh oleh karbon monoksida dan gas metana, sehingga gas-gas tersebut menghalangi atmosfer untuk mengeluarkan panas tersebut dari lingkup bumi

  • Hasilnya yakni panas yang tadi dipantulkan bumi ke atmosfer, justru dipantulkan kembali oleh atmosfer menuju bumi. Inilah yang disebut dengan pemanasan global.


Dampak Pemanasan Global


Pemanasan


Pemanasan global terang mempunyai dampak besar bagi kelangsungan kehidupan insan di bumi. Beberapa dampak besar yang dimiliki oleh insan adalah:


Perubahan Cuaca dan Iklim


Perubahan yang dimiliki oleh cuaca dan iklim yakni salah satu dampak pemanasan global yang paling dirasakan olehh manusia. Suhu uydara yang meningkat menciptakan iklim dan cuaca menjadi tidak stabil dan terus menerus melaksanakan perubahan.


Perubaha cuaca dan iklim ini mempunyai dampak lain bagi kehidupan manusia, yakni:



  • Air tanah lebih cepat menguap

  • Angin menjadi lebih kencang

  • Banyak terjadi badai

  • Gunung es mencair

  • Pola cuaca sulit diperediksi


Menurunkan Hasil Pertanian


Pemanasan global akan memperlihatkan dampak kepada hasil pertanian yang akan menurun. Hal ini dikarenakan hasil pertanian sangat bergantung kepada iklim dan cuaca. Perubahan iklim sendiri akan mengakibatkan hal-hal di bawah ini dalam dunia pertanian:



  • Kekeringan di tempat pertanian

  • Banjir

  • Tanaman gampang terjangkit hama dan penyakit

  • Pangan akan semakin berkurang


Pengaruh Terhadap Tumbuhan


Pemanasan global juga akan memperlihatkan dampak yang jelek kepada tumbuhan lantaran ketidak seimbangan ekosistem yang dihasilkan dari perubahan cuaca dan iklim yang cukup ekstrim. Beberapa dampak terhadap tumbuhan tersebut ialah:



  • Tumbuhan akan gampang layu

  • Tingkat kesuburan tumbuhan berkurang

  • Berkurangnya hutan mangrove


Mengganggu Kesehatan Manusia


Pemanasan global ternyata juga mempunyai dampak pribadi bagi kesehatan manusia. Hal ini lantaran pemanasan global juga mencemari udara dan menghalangi tumuhan dalam menghasilkan oksigen. Beberapa dampak yang dihasilkan adalah:



  • Menimbulkan alergi dan penyakit

  • Penyebaran penyakit menjadi semakin luas

  • Menimbulkan infeksi

  • Meningkatkan populasi orang yang meninggal.


Iklim Tidak Stabil


Pemanasan global juga memperbaiki iklim yanga ada di dunia. Iklim akan menjadi tidak stabil lantaran pemanasan global membantu menaikkan air permukan laut. Permukaan bahari yang meningkat akan memberi dampak kepada pencairan kutub, menigkatnya jumlah angin puting-beliung yang terjadi di banyak sekali belahan dunia, dan pola curah hujan yang semakin tidak menentu.


Cara Mengatasi Pemanasan Global


Pemanasan


Pemanasan global yang terjadi akhir-akhir ini sudah tidak sanggup dicegah, tetapi selalu ada jalan untuk mengatasi biar bumi tidak semakin hancur. Hal pertama yang perlu dilakukan untuk mengatasi pemanasan global yakni meningkatkan kesadaran insan secara menyeluruh untuk sadar bahwa pemanasan global akan berdampak jelek bagi insan itu sendiri.


Setelah kesadaran itu ada, maka tinggal melaksanakan beberapa langkah di bawah ini:


Tidak Menebang Pohon Semabarangan


Menebang pohon bukanlah sesuatu yang dilarang, tetapi melakukannya secara sembarangan dan tidak mempunyai perhitungan yang sempurna akan merugikan diri insan itu sendiri. hal ini dikarenakan dampak penebangan pohon akan sangat berdampak bagi imbas rumah beling itu sendiri.


Jka hutan banyak ditebang, maka siapa lagi yang akan mengubah karbon dioksida menjadi oksigen yang bisa bermanfaat bagi manusia?


Mengubah Prilaku Pribadi


Jadilah pribadi yang menyayangi lingkungan, sebab, kalau bukan insan yang peduli pada lingkungan, siapa lagi yang akan peduli?


Prilaku insan akhir-akhir ini menjadi salah satu pemicu terjadinya pemanasan global secara masif. Hal ini lantaran insan bahagia sekali melaksanakan sesuatu dengan cara yang berlebihan. Denngan menanamkan rasa sadar dan peduli terhadap lingkungan, insan dibutuhkan sanggup melaksanakan hal di bawah ini untuk mengurangi imbas rumah kaca:



  • Hemat listrik

  • Melakukan reboisasi pada hutan dan penghijauan di mana saja

  • Mengurangi pengguanan kendaraan bermotor

  • Tidak aben sampah

  • Mengurangi pemakaian AC.


Mengurangi Pemakaian Kendaraan Bermotor


Cara paling cepat dan paling efektif dalam mengatasi pemansan global yakni dengan mengurangi jumlah kendaraan bermotor di jalanan. Kenapa hal ini perlu dilakukan? Karena emisi gas buang yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor ini justru semakin meningkatkan resiko menumpuknya gas rumah beling di atmosfer.


Mengurangi Penggunaan Lampu


Hal ini sejalan dengan beberapa poin di atas yang bicara mengenai penghematan listrik. Hal ini dikarenakan penggunaan lampu di siang hari justru akan semakin meningkatkan suhu bumi secara tidak langsung. Memang efekya tidak sedahsyat kendaraan bermotor, tetapi, kalau terlalu banyak yang melaksanakan hal tersebut, maka peningkatan suhu akan terjadi secara drastis.


Melestarikan Hutan


Hal selanjutny yang perlu dilakukan insan biar mengurangi imbas rumah beling yakni dengan melestarikan hutan. Hutan akan bisa menyejukkan bumi bahkan mendaur ulang karbon dioksida menjadi oksigen dan itu justru akan kuat baik pada suhu dan iklim bumi. Bahkan pada kehidupan insan pada umumnya.


Membuat Saluran Udara yang Cukup di Rumah


Hal paling sederhana yang bisa dilakukan insan yakni menciptakan jalan masuk ventilasu udara yang memadai di rumah massing-masing. Kenapa ini bisa mempengaruhi imbas rumah kaca?


Karena dengan jalan masuk udara yang baik, maka sebuah rumah tidak memerlukan AC untuk mendinginkan suhunya. Sehingga akan menghemat dan mengendalikan CFC yang berlebihan dan sanggup merawat atmosfer dengan lebih baik.


Contoh Pemanasan Global


Pemanasan


Contoh pemanasan global yang sanggup kitsa saksikan remaja ini adalah:



  • Mencairnya es di kutub sehingga banyaak populasi kutub yang semakin punah ddan bahkan berkurang

  • Meningkatnya permukaan air bahari dari pencairan es di kedua kutub secara masif. Peningkatan air bahari yang akan menenggelamkan beberapa daratan yang ada di bumi.

  • Perubahan iklim yang ekstrim juga sering kita temui sekarang. Lihatlah cuaca yang terjadi di sekitar kita, semakin tidak beraturan dan tidak sanggup diduga, bukan?

  • Terjadinya serangan gelombang panas. Hal ini juga sudah bukan hal yang gila lagi. Aspal di India pernah mencair lantaran terkena gelombang panas dan banyak orang tewas terkenas erangaan panas ini. Bahkan, beberapa jalanan di luar negeri sengaja di cat dengan warna biru biar bisa menangani gelombang panas ini.

  • Terjadinya gagal panen lantaran cuaca tidak lagi aman dan tidak bisa diprediksi menyerupai dulu


Pemanasan global yakni topik yang cukup serius lantaran sanggup membahayakan populasi manusia, bahkan seluruh kehidupan di bumi. Tidak ada salahnya kita sebagai insan untuk menjaga bumi dengan baik. Mengubah beberapa cara hidup demi merawat atmosfer di bumi juga bukan hal yang salah.


Justru, dengan menanamkan kesadaran bahwa bumi semakin renta dan atmosfer semakin lelah akan menciptakan insan lebih bisa menjaga dan merawat keadaan bumi dan paling tidak memperlama kehancuran bumi itu sendiri.


Itulah beberapa pengertian pemanasan global, lengkap dengan penyebab dan cara menanggulanginya. Jika ingin melaksanakan sebuah perubahan besar, maka ubahlah diri kitas sendiri. Karena perubahan yang besar diawali dari perubahan individu yang bermanfaat.




Baca Juga :



FAST DOWNLOADads
| Server1 | Server2 | Server3 |
Download
Next Post Previous Post