Pencemaran Lingkungan adalah

FAST DOWNLOADads
Download

– Lingkungan merupakan tempat tinggal untuk seluruh makhluk hidup yang berada di sekitarnya. Oleh lantaran itu, sangat penting untuk kita menjaga lingkungan sekitar biar tetap higienis dan nyaman, dan tidak terjadi pencemaran lingkungan. Sebelumnya, kita harus mengetahui dan memahami pengertian pencemaran lingkungan.


Tanpa disadari, kita sering melaksanakan hal yang menjadi penyebab pencemaran lingkungan tersebut terjadi, contohnya buang sampah sembarangan. Sampah merupakan hal kecil yang ada dalam kehidupan, namun kalau disalahgunakan bisa merusak lingkungan.


Bukan hanya sampah, ada banyak sekali penyebab pencemaran lingkungan yang sering dilakukan oleh manusia. Hal tersebut membuktikan, bahwa masih banyak orang yang tidak sadar untuk menjaga lingkungan sekitar. Berikut ini merupakan pembahasan mengenai pengertian pencemaran lingkungan, macam-macam, dampak, solusi, rujukan sampai penyebab pencemaran lingkungan.


Pengertian Pencemaran Lingkungan


Lingkungan


Secara umum, pengertian pencemaran lingkungan merupakan perubahan yang tidak dikehendaki, namun dialami oleh lingkungan. Perubahan tersebut berpotensi merusak kesehatan, keselamatan, serta keberlangsungan hidup setiap makhluk hidup di sekitarnya. Karena pencemaran lingkungan merupakan proses masuknya zat yang bisa merusak alam dari fungsi sebenarnya.


Penyebab pencemaran lingkungan seringkali dilakukan oleh insan yang tidak bertanggung jawab, serta bahan-bahan pencemar lainnya yang berasal dari alam itu sendiri. Contoh beberapa perbuatan insan yang bisa mengakibatkan pencemaran lingkungan ialah asap kendaraan motor yang berlebihan, limbah, sampah, polusi pabrik, dan lain sebagainya. Sedangkan materi pencemar yang berasal dari alam menyerupai debu dan gas yang berasal dari gunung meletus.


Kejadian pencemaran lingkungan tentu akan merugikan sekelompok orang, dan makhluk hidup yang tinggal di dalamnya. Sehingga, setiap insan atau sekelompok insan yang tinggal dalam lingkungan tersebut harus bisa menjaga dan merawat kebersihan lingkungan dengan baik.


Kategori Pencemaran Lingkungan


Lingkungan


Ada banyak sekali kategori pencemaran lingkungan yang harus kita ketahui. Kategori pencemaran lingkungan terbagi menjadi beberapa bagian, yang diantaranya adalah,


1. Pencemaran Lingkungan Sesuai Dengan Partikel Pencemarannya Atau Polutan



  • Pencemaran Suara

  • Pencemaran Fisik

  • Pencemaran biologi

  • Pencemaran Kimia


2. Pencemaran Lingkungan Sesuai Dengan Tingkatannya



  • Pencemaran Ringan

  • Pencemaran akut

  • Pencemaran Kronis


Macam-macam Pencemaran Lingkungan


Lingkungan


Pencemaran Air


Air merupakan salah satu kebutuhan hidup bagi setiap makhluk hidup di dunia. Namun, terkadang ada beberapa insan yang melaksanakan ulah tak bertanggung jawab dan mengakibatkan pencemaran air. Bukan hanya itu, terkadang pencemaran air juga disebabkan oleh penurunan fungsi alam, sehingga tidak bisa memperlihatkan manfaat yang baik


Air yang tercemar merupakan air yang sudah tercemar dengan zat kotor organik yang mengakibatkan air menjadi tidak berguna. Bahkan, pencemaran air bisa mengakibatkan lingkungan sekitar menjadi tempat yang tidak sehat, bau, dan mengakibatkan tragedi alam.


Bukan hanya itu, pencemaran air juga bisa mematikan populasi makhluk hidup didalamnya, menyerupai ikan. Hal tersebut dikarenakan air tidak bisa memperlihatkan manfaat yang semestinya untuk makhluk hidup didalamnya.


Saat ini, masalah pencemaran air sulit di kendalikan dan terus-menerus terjadi, menyerupai sungai yang kotor. Hal tersebut dikarenakan banyak pabrik yang membuang limbah kotor sembarangan, sehingga masuk ke dalam anutan air sungai dan mencemarinya.


Hal tersebut tentu menjadi kiprah kita dalam menjaga kebersihan lingkungan air. Karena tanpa air higienis kebutuhan hidup sukar untuk dipenuhi.


Pencemaran Udara


Pencemaran udara merupakan salah satu bentuk pencemaran lingkungan yang sangat berbahaya bagi kehidupan. Dimana terdapat perubahan udara akhir banyak zat yang berupa biologi, fisik, ataupun kimia melapisi atmosfer bumi. Jika jumlah zat tersebut melebihi dosis yang ada pada umumnya, tentu bisa menciptakan ketidaknyamanan dalam kehidupan di bumi.


Untuk menjaga kehidupan semua makhluk hidup yang ada di bumi, kita harus menjaga kebersihan udara. Karena, dikala udara sudah tercemar, bisa menjadikan banyak sekali penyakit dan memperlihatkan kerugian yang tidak diinginkan.


Pencemaran Tanah


Pencemaran lingkungan tanah terjadi dikala banyak zat kimia yang berbahaya masuk ke dalam tanah dan merusak struktur tanah. Pencemaran ini juga bisa disebabkan lantaran ulah insan yang tidak bertanggung jawab, contohnya pembuangan limbah cairan kimia ke dalam tanah, penggunaan pestisida, serta sampah rumah tangga. Tanah yang sudah tercemar tentu bukanlah tanah yang subur, sehingga tidak bisa ditanami banyak sekali tumbuhan.


Penyebab Pencemaran Lingkungan


Lingkungan


Penyebab Pencemaran Lingkungan Air


Ada beberapa hal yang menjadi penyebab pencemaran lingkungan air bisa terjadi, diantaranya menyerupai berikut ini,


1. Limbah Pabrik


Limbah pabrik dan Sampah rumah tangga merupakan penyebab terjadinya air menjadi tercemar. Limbah pabrik merupakan zat kimia berbahaya yang berasal dari pabrik dan mencemari lingkungan air. Kandungan berbahaya yang ada dalam zat tersebut bisa menciptakan kandungan oksigen dalam air tercemar.


Beberapa limbah yang berbahaya, diantaranya limbah nutrien, limbah organik, limbah logam berat, serta limbah padatan. Air yang sudah tercemar dengan limbah menyerupai itu, tidak bisa dipakai kembali, apalagi untuk diminum. Karena air sudah tercemar dengan racun dan tidak sehat.


2. Sampah Rumah Tangga


Selain limbah pabrik, sampah yang berasal dari rumah tangga menyerupai sabun, plastik, deterjen, dan sampah bekas bungkus makanan lainnya merupakan penyebab pencemaran lingkungan air. Terlebih dikala sampah rumah tangga dibuang sembarangan dan menyumbat anutan air sungai.


3. Kandungan Nutrien Yang Meningkat


Kandungan nutrien yang meningkat dalam air bisa mengakibatkan pencemaran lingkungan air, serta terjadinya eutrofikasi.


4. Pemakaian Bahan Peledak


Ada beberapa orang dan oknum yang tidak bertanggung jawab, memakai materi peledak untuk mendapat ikan secara instan. Kebanyakan insan memakai cara tersebut untuk bisa mendapat apa yang diinginkan dan mencari kepuasan. Tentu saja penggunaan materi peledak bisa mencemari lingkungan air dan merusak ekosistem.


Bukan hanya menghancurkan kehidupan ikan dalam air saja, melainkan banyak sekali makhluk hidup didalamnya. Masih banyak insan yang terus memakai materi peledak sebagai cara untuk mendapat ikan. Mereka tidak menyadari bahwa perbuatan tersebut merupakan cara yang tidak baik dan bisa merusak alam.


Penyebab Pencemaran Lingkungan Udara


Pada umumnya, pencemaran lingkungan udara bisa disebabkan lantaran beberapa faktor, baik berasal dari tangan insan yang tidak bertanggung jawab, ataupun lantaran fenomena perubahan alam yang tidak bisa kita hindari. Ada banyak sekali jenis pencemaran udara, beberapa diantaranya menyerupai polusi udara, polusi suara, polusi perubahan cuaca menjadi lebih panas dari sebelumnya.


Pencemaran udara bukan hanya berada dalam regional saja, melainkan bisa terjadi secara global. Karena, bukan hanya pada ruang tertutup saja, melainkan pencemaran udara bisa terjadi pada area terbuka.


Pada dasarnya, pencemaran udara bisa terjadi lantaran dua sumber yang berbeda, yaitu sumber sekunder dan sumber premier. Sumber yang berasal dari secara premier yaitu dikala sumber berkontraksi udara secara eksklusif sampai menjadi kotor dan tercemar. Contohnya zat karbondioksida yang ada pada kendaraan, berkontak eksklusif dengan udara dan pembakaran limbah yang bisa merusak lingkungan udara.


Sedangkan sumber sekunder, merupakan sumber yang berasal dari turunan primer di mana terdapat pencemaran lingkungan pada atmosfer bumi. Adapun beberapa sumber pencemaran udara yang berasal dari insan dan alam, menyerupai berikut ini,


Perbuatan Manusia


Ada beberapa perbuatan insan yang menjadi penyebab pencemaran lingkungan udara diantaranya adalah,



  • Banyaknya asap kendaraan

  • Asap pabrik yang dibuang dengan cara tidak semestinya

  • Banyaknya pembakaran sampah plastik

  • Adanya pembangkit listrik

  • Terdapat alat pembakaran, menyerupai kompor

  • Berbagai alat yang mempunyai kandungan CFC didalamnya


Aktivitas Alam


Ada beberapa acara alam yang menjadi penyebab pencemaran lingkungan udara, diantaranya adalah,



  • Terjadinya gunung meletus

  • Gunung yang mengeluarkan asap tebal

  • Banyaknya debu di demam isu kemarau

  • Sering terjadi kebakaran hutan di demam isu kemarau

  • Terdapat beberapa tumbuhan yang mengeluarkan volatil organik


Penyebab Pencemaran Lingkungan Tanah


Ada beberapa penyebab yang bisa menjadikan pencemaran lingkungan tanah. Hal tersebut dikarenakan banyak sekali limbah yang dibuang sembarangan. Berikut ini merupakan beberapa penyebab pencemaran lingkungan tanah, diantaranya adalah


1. Pembuangan Limbah Cair


Pembuangan limbah cair yang salah bisa mengakibatkan kerusakan pada tanah. Limbah cair sendiri merupakan hasil pembuangan industri yang bentuknya cairan. Contohnya, limbah hasil pengolahan logam atau sisa hasil pengolahan limbah kimia. Limbah cair sangat merugikan kehidupan manusia, lantaran bisa menggangu kesehatan dan merusak ekosistem.


2. Pembuangan Limbah Padat


Pembuangan limbah padat yang berasal dari hasil industri pabrik berupa lumpur, padatan bubur, serta beberapa hasil olahan pabrik lainnya. Contohnya pabrik pengawet buah, pabrik rayon, pabrik gula, pabrik ikan, dan lain sebagainya.


3. Pembuangan Limbah Anorganik


Sampah anorganik merupakan jenis limbah yang tidak bisa diuraikan dengan baik oleh mikroorganisme dalam tanah, menyerupai jamur ataupun bakteri. Sehingga diharapkan cara yang cepat untuk menghilangkan potensi kerusakan tanah akhir limbah anorganik. Selain bisa mencemari lingkungan tanah, limbah ini sangat mengganggu kehidupan manusia.


Contoh sampah yang termasuk kedalam jenis limbah anorganik yaitu, kertas, plastik, kaleng, botol, dan lainnya.


4. Pembuangan Limbah Organik


Sampah yang termasuk ke dalam limbah organik, merupakan sampah yang bisa diurai dengan mikroorganisme, menyerupai jamur dan bakteri. Sehingga sampah ini tidak terlalu berbahaya untuk tanah, contohnya sampah daun kering, sayuran busuk, buah busuk dan lain sebagainya. Namun, dikala pembuangan limbah organik terlalu banyak, hal tersebut bisa merusak struktur tanah dan menghambat penguraian sampah oleh bakteri.


5. Pembuangan Limbah Industri


Jenis limbah yang dihasilkan oleh limbah industri, yaitu limbah cair, dan limbah padat. Biasanya limbah ini berasal dari pabrik domestik dan perumahan. Namun, tak jarang pula pembuangan limbah industri seringkali ditemukan pada rumah makan, perhotelan, instansi pemerintahan, tempat makan, tempat wisata, dan sebagainya.


6. Pembuangan Limbah Pertanian


Pembuangan limbah pertanian yang berupa pupuk dan pestisida, bisa mengakibatkan pencemaran lingkungan pada tanah. Sehingga pertumbuhan tumbuhan yang ada pada lahan tanah tersebut tidak bisa berkembang dengan baik.


Dampak Pencemaran Lingkungan


Lingkungan


Dampak Pencemaran Air


Ada beberapa dampak yang ditimbulkan akhir terjadinya pencemaran air. Hal tersebut tentu akan sangat memprihatinkan dan merepotkan seseorang untuk memenuhi kebutuhannya. Adapun beberapa dampak yang ditimbulkan oleh pencemaran air diantaranya adalah,


1. Tanah Longsor


Air yang sudah tercemar bisa mengakibatkan musibah tanah longsor. Hal tersebut dikarenakan air bisa memicu abrasi tanah dan sangat merugikan untuk keberlangsungan hidup manusia. Terlebih air menjadi hal yang penting sebagai zat nutrisi dalam kehidupan tumbuhan.


2. Kelangkaan Air Bersih


Air higienis merupakan sumber utama sebagai kebutuhan bagi setiap masyarakat. Namun dikala pencemaran air marak terjadi di mana saja, maka persediaan air higienis akan semakin berkurang bahkan mengakibatkan kelangkaan.


3. Erosi Tanah


Ketika tanah longsor sudah terpicu akhir terjadinya pencemaran air, maka tak bisa dipungkiri hal tersebut bisa mengakibatkan abrasi tanah terjadi.


4. Banjir


Banjir merupakan salah satu musibah yang bisa kita rasakan dikala air sudah tercemar. Dimana dikala air sudah tidak bisa terbendung lagi, dan masuk kedalam pemukiman warga. Tentu saja, banjir merupakan insiden yang tidak diinginkan, lantaran bisa menggangu acara sehari-hari serta merugikan setiap orang.


5. Ekosistem Menjadi Rusak


Rusaknya ekosistem juga bisa diakibatkan lantaran pencemaran lingkungan air. Dimana kehidupan dalam perairan, menyerupai sungat dan maritim menjadi rusak. Terlebih dikala banyak limbah yang berbahaya masuk kedalam perairan, tentu hal tersebut menciptakan kehidupan makhluk hidup didalamnya menjadi tidak nyaman.


6. Nelayan Rugi


Hal-hal yang berkaitan dengan air, tentu akan berafiliasi dengan para nelayan. Ketika lingkungan perairan sudah tercemar, maka hal tersebut bisa merugikan para nelayan yang mencari ikan.


Karena, kalau terjadi pencemaran di tempat air tersebut akhir tercemar dengan limbah dan zat kimia lainnya, bisa menciptakan perkembangan ikan menjadi tidak baik. Sedangkan ikan sangat penting sebagai hasil tangkapan para nelayan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.


Dampak Pencemaran Udara


Pencemaran lingkungan udara bisa menjadikan beberapa dampak yang merugikan kehidupan. Berikut ini merupakan beberapa dampak yang diakibatkan dari pencemaran udara diantaranya adalah,


1. Dampak Pada Tumbuhan


Dampak yang terjadi akhir pencemaran udara bukan hanya merugikan manusia, melainkan merugikan kehidupan tumbuhan. Pasalnya, udara kotor yang terkena tumbuhan atau tumbuhan bisa mengakibatkan mutasi gen yang menciptakan pertumbuhan tumbuhan menjadi tidak efektif. Selain itu, tumbuhan juga bisa terkena banyak sekali penyakit akhir tercemar dengan udara kotor, diantaranya menyerupai nekrosis, klorosis, dan bintik-bintik hitam pada daun.


Berbagai partikel polutan yang ada pada udara, bisa mengakibatkan perkembangan tumbuhan atau tumbuhan menjadi terhambat dan terganggu. Hal tersebut lantaran tumbuhan tidak bisa melaksanakan proses fotosintesis dengan baik.


2. Kesehatan Terancam


Udara merupakan suatu kebutuhan yang kita hirup, dan masuk ke dalam tubuh. Namun, dikala udara sudah tercemar, maka terdapat banyak zat beracun masuk ke dalam badan insan dan makhluk hidup lainnya. Hal tersebut tentu akan membahayakan kesehatan seseorang yang menghirup udara tercemar.


Kecil besarnya racun dalam zat udara juga menghipnotis proses pernapasan setiap manusia. Ketika ukuran polutan tersebut berukuran cukup besar, maka masih bisa disaring melalui bulu hidung. Namun, dikala polutan tersebut berukuran kecil dan halus, maka partikel polutan tersebut akan masuk ke dalam badan Anda melalui pernapasan.


Karena partikel polutan yang terlalu kecil tidak bisa disaring oleh bulu hidung, dan eksklusif masuk ke dalam tubuh. Setelah itu, udara akan mengikuti peredaran darah yang pada risikonya tersebar ke seluruh tubuh. Udara yang kotor bisa menjadikan banyak sekali penyakit salah satunya, menyerang susukan pernapasan.


Adapun beberapa penyakit yang seringkali terjadi akhir pencemaran udara lingkungan diantaranya adalah, asma, bronkitis, paru-paru basah, dan banyak sekali penyakit lainnya. Bahkan penyakit yang seringkali dirasakan akhir udara kotor, iyalah penyakit ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut)


Di Indonesia sendiri banyak tempat perkotaan yang seringkali mengalami pencemaran lingkungan udara, terlebih pada wilayah ibukota Indonesia. Jakarta merupakan kota yang padat yang mempunyai pabrik industri, penduduk, serta kendaraan yang cukup banyak. Sehingga tak heran kalau polusi udara di Jakarta sangat buruk.


Hal ini tentu saja berbeda dengan suasana pedesaan yang masih terasa sejuk. Karena banyak tumbuhan hijau yang memperlihatkan udara segar di lingkungan sekitarnya.


3. Efek Rumah Kaca


Efek rumah beling merupakan keadaan udara yang semakin panas akhir banyaknya jumlah NO2, CFC, metana, ozon yang ada pada lapisan atmosfer.


Lapisan atmosfer sendiri berfungsi untuk menyerap sinar UltraViolet yang memantul dari cahaya matahari ke bumi. Sehingga dikala lapisan atmosfer rusak, akan mengakibatkan pemanasan global dan suhu bumi akan semakin panas.


Terjadinya imbas rumah beling memperlihatkan banyak kerugian pada kehidupan, diantaranya menyerupai siklus kehidupan fauna dan tumbuhan di bumi berubah, merubah iklim secara global, suhu udara semakin meningkat, sampai terjadinya pencairan es di Kutub Selatan dan Kutub Utara.


Dampak Pencemaran Tanah


Ada banyak sekali dampak negatif yang diakibatkan oleh pencemaran lingkungan tanah. Dampak tersebut tentu akan menghipnotis kehidupan menyerupai menciptakan ekosistem menjadi rusak, mengancam kesehatan manusia, serta mengganggu acara manusia. Berikut ini merupakan klarifikasi dari banyak sekali dampak pencemaran tanah yang terjadi, diantaranya adalah


1. Mengancam Kesehatan


Pencemaran lingkungan tanah juga bisa mengancam kesehatan, tergantung dengan zat kimia yang terkandung dalam tanah tersebut. Misalnya pada zat timbale yang bisa membahayakan kesehatan otak dan kesehatan ginjal.


Beberapa zat lain yang bisa merusak kesehatan yaitu zat kromium yang sangat berbahaya untuk makhluk hidup, zat siklodenia yang bisa merusak kesehatan hati, dan masih banyak zat yang bisa membahayakan kesehatan.


2. Dampak Ekosistem


Pencemaran tanah juga bisa merusak ekosistem yang ada ada dalam tanah. Hal tersebut dikarenakan banyaknya zat kimia berbahaya yang masuk ke dalam tanah dan merusak struktur tanah sehingga, makhluk hidup yang berada dalam tanah menyerupai cacing tanah merasa terganggu. Sehingga, pencemaran tanah akan merusak lingkungan lantaran tanah menjelma tandus.


3. Merugikan Pertanian


Tanah yang sudah tercemar tentu akan membawa efek jelek bagi pertanian. Dimana dikala tanah menjelma lebih tandus, maka bisa menyusahkan penanaman tumbuhan. Hal tersebut lantaran tumbuhan akan sulit berkembang dengan baik dan mengakibatkan para petani mengalami kerugian panen.


Cara Mengatasi Pencemaran Lingkungan


Lingkungan


Pencegahan Pencemaran Air


1. Tidak Memakai Bahan Peledak


Agar lingkungan tetap terjaga kebersihan dan ekosistemnya, maka berhentilah untuk memakai materi peledak dikala mengambil ikan. Karena dengan cara yang alami, tidak akan merusak lingkungan air.


2. Tidak Membuang Sampah Ke Sungai


Membuang sampah rumah tangga atau limbah pabrik ke sungai bisa mengakibatkan pencemaran lingkungan air. Sehingga untuk mencegah hal tersebut terjadi, berhentilah untuk membuang sampah ke sungai. Karena sampah yang menumpuk bisa menyumbat anutan air sungai.


3. Melakukan Pembersihan Secara Rutin


Dengan mengadakan kegiatan pencucian secara rutin di lingkungan air, maka bisa mencegah terjadinya pencemaran lingkungan air. Terlebih pada tempat wisata yang ramai pengunjung, menyerupai pantai dan laut. Biasanya banyak sampah acak-acakan dikala demam isu liburan.


Anda juga bisa melaksanakan pencucian air sungai secara rutin dengan bahwasanya bersama masyarakat lain.


Pencegahan Lingkungan Udara


1. Penanaman Pohon


Lingkungan yang mempunyai banyak pohon bisa menciptakan udara di sekitarnya menjadi segar. Sehingga akan melaksanakan kegiatan penanaman pohon bisa mencegah pencemaran lingkungan udara terjadi.


2. Membangun Cerobong Asap Yang Tinggi


Cerobong asap yang tinggi bisa membantu pencegahan pencemaran lingkungan udara dari sekitar pemukiman.


Pencegahan Pencemaran Tanah


Kasus pencemaran lingkungan tanah bisa dicegah, sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan. Adapun banyak sekali pencegahan pencemaran lingkungan pada tanah yang bisa Anda lakukan diantaranya adalah,


1. Remidiasi


Remediasi merupakan solusi yang bisa dilakukan untuk mencegah pencemaran tanah. Cara pencegahan yang dilakukan yaitu dengan membersihkan permukaan tanah yang sudah tercemar. Remediasi terbagi menjadi dua macam yaitu remediasi ex situ dan remediasi in situ.


Remediasi ex-situ merupakan kegiatan yang dilakukan untuk pencegahan pencemaran tanah. Cara yang dilakukan yakni dengan menggali tanah yang tercemar, sehabis itu memindahkan polutan ke tempat lain. Sedangkan remediasi in-situ merupakan pencegahan yang dilakukan dengan cara membersihkan eksklusif kedalam sumbernya.


2. Bioremidiasi


Bioremediasi merupakan pencegahan pencemaran lingkungan tanah dengan teknik memperlihatkan banyak sekali mikroorganisme ke dalam tanah menyerupai basil dan jamur. Karena hal tersebut bisa menguraikan zat kimia dalam tanah. Namun, pencegahan cara ini memakan waktu yang usang untuk memperlihatkan hasil yang maksimal.


Contoh Pencemaran Lingkungan


Lingkungan


Contoh Pencemaran Lingkungan Air


Ada beberapa rujukan masalah pencemaran lingkungan air yang terjadi akhir beberapa sebab. Diantaranya menyerupai berikut,


1. Kurangnya Air Bersih


Kekurangan air higienis merupakan salah satu rujukan pencemaran lingkungan air yang terjadi di banyak wilayah perkotaan. Hal ini tentu akan meresahkan warga untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Sehingga warga harus bekerja keras mencari sumber air untuk mendapat air bersih.


2. Sampah Di Sungai


Sungai yang dipenuhi banyak sampah juga merupakan rujukan pencemaran lingkungan air, yang disebabkan lantaran kurangnya kesadaran masyarakat dalam membuang sampah. Sehingga anutan air dalam sungai menjadi tersumbat, bau, tidak sehat, serta dipenuhi dengan hewan penyakit, menyerupai tikus.


3. Pembuangan Limbah


Limbah pabrik yang dibuang ke sungai juga bisa mengakibatkan lingkungan air menjadi tercemar. Zat yang ada pada limbah tersebut tentu akan merusak ekosistem dalam sungai.


4. Bahan Peledak


Digunakannya materi peledak yang masuk ke dalam air juga bisa menjadi penyebab pencemaran lingkungan air dan merusak ekosistem didalamnya. Hal tersebut dikarenakan materi peledak bisa merusak ekosistem maritim dan menghancurkan terumbu karang.


Contoh Pencemaran Lingkungan Udara


1. Asap Pabrik


Asap pabrik yang dibuang dengan kapasitas melebihi standar merupakan pencemaran lingkungan udara yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Selain itu asap pabrik bisa mengganggu kehidupan manusia.


2. Kebakaran Hutan


Kasus kebakaran hutan merupakan pencemaran lingkungan udara, dimana terdapat banyak asap yang dihasilkan. Akibat kebakaran hutan banyak makhluk hidup yang terganggu kehidupannya. Bukan hanya manusia, melainkan banyak hewan di dalam hutan yang merasa tidak nyaman.


3. Kerusakan Lapisan Ozon


Bumi mempunyai lapisan ozon juga merupakan pelindung untukmenyaring sinar ultraviolet yang masuk ke dalam bumi. Sehingga, dikala lapisan ozon mengalami kerusakan maka suhu di bumi akan semakin panas dan mengakibatkan duduk kasus bagi kehidupan.


4. Hujan Asam


Hujan asam merupakan kejadian yang diakibatkan lantaran pencemaran lingkungan udara. Dimana terdapat reaksi hujan yang terkena dengan zat kimia pada udara kotor, dan menciptakan PH air hujan menjadi turun.


Ada banyak sekali macam kerugian yang disebabkan lantaran terjadinya hujan asam, diantaranya bisa merusak tumbuhan lantaran kandungan airnya sangat asam, serta bisa merusak bangunan. Terlebih pada bangunan yang berbahan dari besi, aluminium, dan tembaga, lantaran hujan asam bisa melarutkan logam berat yang ikut pada tanah.


Contoh Pencemaran Lingkungan Tanah


1. Penggunaan Pupuk Kimia


Pupuk kimia yang dipakai secara berlebihan merupakan rujukan pencemaran lingkungan tanah yang ada dalam pertanian. Karena pupuk kimia yang berlebihan, bisa mengakibatkan struktur tanah menjadi rusak dan tandus.


2. Sampah Yang Tertimbun Tanah


Banyak sampah yang tertimbun di tanah bisa mengakibatkan pencemaran lingkungan tanah terjadi. Terlebih, sampah tersebut merupakan sampah anorganik yang sulit terurai. Selain itu, tak jarang pula ditemukan sampah bekas pecahan kaca, logam, dan besi yang tertimbun tanah.


Lingkungan yang aman, bersih, dan nyaman tentu memperlihatkan dampak konkret bagi kehidupan. Begitupun sebaliknya, lingkungan yang kotor dan meresahkan, bisa memperlihatkan dampak negatif bagi kehidupan. Sehingga, kita harus menjaga lingkungan dengan tidak melaksanakan hal yang menjadi penyebab pencemaran lingkungan.


Itulah sedikit klarifikasi mengenai banyak sekali hal pencemaran lingkungan. Mulai dari pengertian pencemaran lingkungan, macam-macam, sebab, sampai dampak yang didapat dari pencemaran lingkungan. Dengan begitu, kita akan semakin termotivasi untuk selalu peduli akan kesehatan lingkungan.




Baca juga:



FAST DOWNLOADads
| Server1 | Server2 | Server3 |
Download
Next Post Previous Post