Pengertian Kabel UTP dan STP

FAST DOWNLOADads
Download

Pengertian Kabel UTP STP: Fungsi dan Perbedaan antara Kabel UTP dan STP – Komputer mempunyai banyak sekali alat pendukung sehingga sanggup dipakai dan sehingga mereka sanggup terhubung ke jaringan.





Salah satu alat pendukung yang biasa dipakai oleh komputer yaitu kabel, kabel ini berfungsi untuk menghubungkan komputer ke jaringan atau menghubungkan satu komputer ke komputer lain.





Kabel itu sendiri yaitu kawat yang membawa listrik yang dibungkus plastik.





Kebanyakan kabel dibentuk memakai materi dasar tembaga, ini alasannya yaitu tembaga mempunyai nilai resistansi yang kecil dibandingkan dengan kabel lainnya dan juga tembaga gampang dipadatkan.





Oleh alasannya yaitu itu, tembaga sangat cocok untuk dipakai sebagai kawat penghantar yang dipakai untuk menghantarkan listrik.





Untuk menciptakan jaringan komputer, kita membutuhkan media perantara, yaitu kabel. Kabel yang biasanya dipakai untuk pembuatan jaringan komputer yaitu kabel STP dan UTP. Apa perbedaan antara kedua kabel?





Pada kesempatan ini, kami akan memperlihatkan citra perihal pengertian kabel UTP dan kabel STP dan perbedaan keduanya, bagi Anda yang pemasar langsung, inilah bedanya.





Berikut ini merupakan pengertian kabel UTP yang harus anda ketahui.





Apa Itu Kabel UTP





Fungsi




Untuk kabel UTP (Unshielded Twisted Pair), kabel ini yaitu kabel yang tidak mempunyai pelindung.





Dalam kabel UTP, ia mempunyai empat pasang kabel yang terdiri dari oranye, oranye, hijau putih, hijau, putih biru, biru, coklat putih, coklat.





Ada 7 jenis kabel UTP, mulai dari kabel UTP CAT 1 hingga kabel UTP CAT 7, masing-masing kabel ini mempunyai kecepatan yang berbeda, semakin tinggi nilainya semakin tinggi kecepatannya.





Konektor yang dipakai untuk kabel jenis UTP ini yaitu konektor RJ45 dan RJ11.





Apa Itu Kabel STP





Fungsi




STP kependekan dari Shielded Twisted Pair, yaitu kabel yang mempunyai pelindung, kabel STP ini mempunyai dua bungkus yang melindungi setiap kabel.





Berbeda dengan kabel UTP, kabel STP ini mempunyai 4 kabel tembaga di dalam kabel.





Fungsi Kabel UTP





Fungsi kabel UTP dipakai sebagai kabel jaringan LAN (Local Area Network) pada sistem jaringan komputer, dan kabel UTP biasanya mempunyai impedansi sekitar 100 ohm.





Dan dibagi menjadi beberapa kategori menurut kemampuannya mengirimkan data.





Karakteristik kabel UTP adalah:





  • Bagian dalam kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) terdiri dari dua kabel tembaga yang terbagi menjadi 4 pasang, kemudian dipilin menjadi satu.
  • Setiap pasangan atau tali kawat tembaga dilapisi dengan isolator yang mempunyai warna unik.
  • Kecepatan dan output transmisi mencapai 10-100 Mbps.
  • Panjang kabel UTP maksimum yang diijinkan yaitu 100 meter (pendek).
  • 150 ohm tegangan kabel.
  • Kabel jaringan Ush (Unshielded Twisted Pair) hanya sanggup menangani satu akses data (yang berfungsi pada baseband).
  • Menginstal jaringan komputer memakai kabel Twisted Pair membutuhkan hub untuk membangun LAN yang baik.
  • Konektor kabel jaringan Ush (Unshielded Twisted Pair) memakai konektor RJ-45 untuk koneksinya.




Fungsi Kabel STP





Fungsi kabel STP yaitu sebagai media transmisi yang dipakai pada beberapa peralatan elektronik untuk menghubungkan antara pengirim dan akseptor sehingga mereka sanggup bertukar data.





Beberapa perangkat elektronik, seperti: telepon, komputer, televisi dan radio memerlukan media transmisi untuk sanggup mendapatkan data.





Seperti halnya set telepon, media transmisi yang dipakai untuk menghubungkan dua telepon yaitu kabel. Setiap peralatan elektronik mempunyai media transmisi yang berbeda dalam mengirim data.





Kategori kabel Twisted Pair





  • CAT 1 – Kategori ke-1 Kabel UTP [Cat1] yaitu jenis kabel UTP dengan kualitas transmisi terendah, dirancang untuk mendukung komunikasi bunyi analog saja.
  • CAT 2 – Kategori ke-2 Kabel UTP [Cat2] yaitu jenis kabel UTP yang mempunyai kualitas transmisi lebih baik dibanding kabel UTP Cat1, tipe atau kategori ini dirancang untuk mendukung komunikasi data dan juga bunyi digital. Kabel ini sanggup mengirimkan data hingga 4 megabit / detik.
  • CAT 3 – Kategori ke-3 Kabel UTP [Cat3] yaitu kabel UTP yang kualitas transmisinya lebih baik dibanding dengan kabel UTP Kategori ke-2, tipe atau kategori ini dirancang untuk mendukung komunikasi data dan bunyi dengan kecepatan hingga 10 megabit per detik.
  • CAT 4 – Kategori ke-4 kabel UTP [Cat4] yaitu jenis kabel UTP yang kualitas transmisinya jauh lebih baik dibanding dengan Kategori 3 (Cat3) atau kabel UTP sebelumnya, yang dirancang untuk mendukung komunikasi data dan bunyi hingga kecepatan 16 megabit / detik.
  • CAT 5 – Kabel UTP Kategori ke-5 [Cat5] yaitu jenis kabel UTP yang kualitas transmisinya lebih baik dibandingk dengan kabel UTP Kategori 4 (Cat4) atau sebelumnya, yang dirancang untuk mendukung komunikasi data dan bunyi dengan kecepatan hingga 100 megabit / detik.
  • CAT 6 – Kategori ke-6 kabel UTP [Cat6] yaitu jenis kabel UTP standar tertinggi dengan sertifikasi resmi.
  • CAT 7 – Kategori ke-7 Kabel UTP [Cat7] yaitu jenis kabel premium yang sangat cocok sebagai media kemudian lintas tinggi banyak sekali aplikasi dalam satu kabel (kabel tunggal). Data maksimum dikirim hingga 10 Gbit / detik, dengan frekuensi 1000 Mhz.




Perbedaan antara kabel UTP dan kabel STP





Fungsi




Kabel UTP dan kabel STP mempunyai beberapa perbedaan antara keduanya, kabel ini memang biasa dipakai sebagai media transmisi yang dipakai untuk menciptakan jaringan komputer.





Meskipun keduanya dipakai untuk menciptakan jaringan, kabel ini mempunyai beberapa perbedaan yang perlu Anda ketahui, termasuk:





  • Kabel UTP mempunyai diameter lebih kecil dari kabel STP
  • Kabel UTP tidak mempunyai santunan yang dimiliki oleh kabel STP.
  • Proses instalasi yang memakai kabel UTP lebih gampang daripada kabel STP, alasannya yaitu ukuran kabel UTP lebih kecil.
  • Kabel UTP sangat gampang dipengaruhi oleh radiasi medan magnet dan tegangan tinggi alasannya yaitu tidak dilapisi oleh pelindung plastik, sedangkan kabel STP sulit dipengaruhi oleh medan magnet dan tegangan tinggi alasannya yaitu mempunyai pelindung.
  • Kabel UTP mempunyai harga yang lebih murah daripada kabel STP dalam ukuran kabel yang sama.
  • Kabel UTP sangat cocok untuk dipakai di dalam ruangan, sedangkan untuk kabel STP lebih cocok untuk dipakai di luar ruangan.




Penutup





Demikianlah artikel kami perihal Pengertian Kabel UTP STP: Fungsi dan Perbedaan antara Kabel UTP dan STP, biar sanggup bermanfaat dan membantu anda dalam memahami perbedaan antara UTP dan STP.





Terima kasih telah membaca artikel kami dan hingga jumpa di artikel kami selanjutnya.





Baca Juga:






FAST DOWNLOADads
| Server1 | Server2 | Server3 |
Download
Next Post Previous Post