Pengertian PDF

FAST DOWNLOADads
Download

Pengertian PDF Lengkap: Kelebihan PDF, Sejarah, dan Fungsi – PDF tentunya kita sudah sering mendengarnya, banyak dokumen yang sering kita temui baik itu dokumen tugas, pembayaran atau tujuan file lainnya.





Nah disini kita akan mempelajari pengertian pdf, histori, fungsi dan kelebihan pdf yang perlu diketahui.





Apa Itu PDF





PDF




Portable Document Format atau lebih sering disebut dengan PDF ialah jenis ekstensi atau format dokumen dan file digital yang dibentuk untuk banyak sekali keperluan, misalnya, untuk pertukaran dokumen digital yang dibentuk oleh Adobe System.





Bagaimana Sejarah PDF?





PDF pertama kali diciptakan oleh Adobe System di tahun tahun 1993. Pada awalnya PDF difungsikan untuk keperluan tukar menukar file dokumen digital.





Namun sehabis berjalannya waktu, PDF juga sangat banyak difungsikan untuk keperluan penyajian dokumen dua dimensi yang berisi teks, huruf, grafik vektor dan gambar.





Tidak hanya itu, dikala ini Adobe System Inc. juga menyebarkan kegiatan Acrobat 3-D yang mempunyai kemampuan membaca dokumen tiga dimensi. Pada dikala ini PDF telah menjadi standar ISO dengan aba-aba 32000-1: 2008 semenjak Juli 2008.





Sesuai dengan pengertian bahwa mastekno disebutkan di atas, PDF ini sering dipakai dalam manajemen kantor alasannya ialah kesederhanaannya.





Meskipun pada awalnya format PDF kurang diminati alasannya ialah kehilangan daya saing dengan Microsoft Office.





Namun, alasannya ialah mempunyai fitur yang memudahkan penggunanya untuk mengarsipkan dokumen, menciptakan PDF semakin banyak orang menggunakannya.





Bahkan kini tidak hanya perangkat lunak dari Adobe Reader yang sanggup mengakses file PDF ini, tetapi ada juga perangkat lunak lain menyerupai Foxit Reader, Adobe Flash, Sumatra Sumatra, dan sebagainya.





Apa Fungsi PDF?





Jika merujuk pada pengertian PDF (Portable Document Format) yang telah dijabarkan di atas, PDF ini mempunyai fungsi untuk menciptakan dan menyimpan dokumen yang bisa berisi teks, gambar, atau tautan dengan format khusus.





File PDF bisa dibuka di komputer yang mempunyai perangkat lunak yang mendukung file PDF ini.





Dengan begitu PDF ini ialah dokumen yang mempunyai format khusus yang fleksibel dan sanggup dipakai pada komputer atau smartphone dengan kegiatan khusus apa pun.





Berbeda dari dokumen Microsoft Office, format PDF ini cenderung lebih kondusif alasannya ialah PDF ini lebih fleksibel dan sanggup dikunci sehingga lebih aman.





Mengirim dokumen dalam format PDF ialah pilihan yang sempurna kalau dokumen telah diperbaiki dengan tampilan yang menarik.





Selain itu, pengiriman dokumen dalam format PDF biasanya akan lebih cepat alasannya ialah ukurannya lebih kecil. Penggunaan format PDF telah banyak dipakai baik untuk keperluan umum maupun khusus.





Keuggulan dari PDF





Selain memahami fungsi PDF, kita juga harus tahu kelebihan PDF dibandingkan dengan format lain. Berikut ini kelebihan-kelebihan dari PDF yang perlu diketahui.





Fleksibel





Format PDF ini mengacu pada produk digital yang fleksibel, sehingga format PDF ini memungkinkan untuk dibuka di banyak sekali perangkat menyerupai komputer atau smartphone.





Juga, bahkan kalau dibuka pada perangkat yang berbeda, isi dokumen PDF tidak akan berubah. Karena file PDF sudah diperbaiki dan tidak akan berubah tanpa santunan software editor PDF.





Sekarang ini ialah salah satu kelebihan PDF dibandingkan dengan Ms Word.





Dapat dikunci





Pengembang atau pelopor Sistem Adobe PDF sedang menyebarkan fitur kunci pada dokumen PDF.





Dengan begitu kalau Anda ingin menciptakan dokumen PDF yang tidak sanggup disalin atau hanya ingin dilihat oleh orang-orang.





Maka Anda sanggup memakai fitur kunci dokumen untuk menunjukkan kata sandi ke dokumen PDF yang Anda buat.





Dapat diedit





Apakah Anda khawatir dengan dokumen yang sudah Anda konversi ke PDF tidak sanggup diedit lagi? Atau mungkin urutan teksnya kacau?





Sekarang jangan khawatir alasannya ialah Anda masih sanggup mengedit dokumen PDF memakai santunan perangkat lunak PDF Reader.





Simpan Gambar





Tidak hanya sanggup dipakai untuk menyimpan dokumen yang hanya berisi teks, ternyata format PDF juga sanggup dipakai untuk menyimpan data dalam bentuk gambar atau foto atau grafik.





Selain itu, dengan mengubahnya menjadi format PDF, itu juga sanggup mengurangi ukuran atau ukuran file gambar atau foto atau grafik. Kaprikornus Anda sanggup mengirim dokumen lebih cepat.





Kompatibel di Berbagai Perangkat





Berbeda halnya dengan format dokumen yang hanya sanggup dibuka di komputer yang menginstal perangkat lunak Microsoft Office.





Format PDF ini kompatibel dengan banyak sekali perangkat dan sistem operasi mulai dari Windows, Linux, Mac-OS, Android, dan sebagainya.





Karena banyak orang memakai PDF, maka Anda akan lebih gampang mendapat perangkat lunak alasannya ialah itu tidak hanya dari Adobe Reader.





Sebagai pelopor PDF, Adobe System, tentu saja mereka terus berinovasi dan terus menyebarkan fitur terbaik mereka dalam PDF.





Bahkan di masa depan PDF sanggup mendukung JavaScript, Hyperlink, Formulir, dan kemampuan gres lainnya.





Penutup





Demikianlah artikel dari kami yang berjudul “Pengertian PDF Lengkap: Kelebihan PDF, Sejarah, dan Fungsi”. Semoga artikel ini sanggup bermanfaat untuk kita semua.





Terima kasih telah membaca dan hingga jumpa di artikel kami selanjutnya.





Baca Juga:









F.A.Q





Apa Itu PDF?

PDF ialah jenis ekstensi atau format dokumen dan file digital yang dibentuk untuk banyak sekali keperluan, misalnya, untuk pertukaran dokumen digital yang dibentuk oleh Adobe System.

Keunggulan PDF?

Selain memahami fungsi PDF, kita juga harus tahu kelebihan PDF dibandingkan dengan format lain. Berikut ini kelebihan-kelebihan dari PDF yang perlu diketahui.

Apa Fungsi PDF?

Fungsi untuk menciptakan dan menyimpan dokumen yang bisa berisi teks, gambar, atau tautan dengan format khusus.


















FAST DOWNLOADads
| Server1 | Server2 | Server3 |
Download
Next Post Previous Post