Pengertian Poster Adalah
– Selain iklan di televisi, poster juga sangat gampang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Secara singkat, pengertian poster yakni salah satu media publikasi yang memuat gambar, teks atau bahkan perpaduan antara gambar dengan teks dan sering dimanfaatkan sebagai media untuk promosi ataupun mengumumkan suatu informasi.
Mengingat bentuknya tersebut, poster ini termasuk seni grafis dua dimensi. Poster dibentuk dengan sedemikian rupa sehingga bisa menarik perhatian orang yang melihatnya. Berikut ini akan disampaikan lebih jauh mengenai pengertian poster berdasarkan para ahli, tujuan dibuatnya poster, jenis-jenis poster dan hal-hal lain yang masih berafiliasi dengan poster. Yuk disimak.
Pengertian Poster Menurut Para Ahli
Ada sejumlah hebat yang mengutarakan pendapatnya mengenai poster. Adapun sejumlah hebat dan pendapatnya yang dimaksud ialah sebagai berikut.
1. Cepi Riana serta Rudi Susilana
Cepi Riana dan juga Rudi Susilana mengungkapkan bahwa poster itu yakni suatu sajian dengan kombinasi yang menarik, mencolok serta jelas, di mana maksudnya yakni untuk menarik minat serta perhatian dari orang-orang yang lewat melintasinya.
2. Sri Anitah
Sri Anitah menjelaskan bahwa poster itu yakni gambar yang mengkombinasikan banyak sekali unsur visual, contohnya gambar, garis serta kata-kata yang tujuannya ialah untuk menarik perhatian khalayak ramai dan juga mengkomunikasikan suatu pesan secara singkat.
3. Arsyad
Arsyad beropini bahwa poster itu yakni media visual dua dimensi yang isinya berupa gambar serta kalimat singkat guna memberikan suatu pesan tertentu yang bisa mempengaruhi sekaligus memotivasi tingkah laris siapapun yang melihatnya.
4. Ahmad Rivai dan Nana Sudjana
Ahmad Rivai dan Nana Sudjana menganggap bahwa poster itu merupakan kombinasi visual yang berasal dari rancangan yang kuat, dilengkapi dengan warna serta pesan di mana tujuannya yakni untuk menarik perhatian individu yang melihatnya serta menanamkan gagasan dalam ingatannya.
5. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Sementara Departemen Pendidikan dan Kebudayaan atau Depdikbud menganggap bahwa poster itu yakni media yang memuat simbol atau lambang kata yang sederhana dan biasanya mengandung larangan atau anjuran.
Pengertian poster di atas didapatkan dari banyak sekali informasi yang ditulis sesuai dengan penafsiran penulis tanpa merubah maknanya.
Tujuan Dibuatnya Poster
Sesuai dengan apa yang sudah disampaikan sebelumnya, tujuan utama pembuatan poster ialah untuk memberikan suatu pesan atau informasi kepada masyarakat umum. Jika hendak dijabarkan lebih jauh lagi, maka tujuan dibuatnya poster kurang lebih ialah sebagai berikut.
- Menyampaikan informasi atau pesan kepada khalayak umum
- Mencari simpati atau perhatian dari khalayak umum supaya mau peduli dan mengingat suatu pesan atau informasi tertentu
- Mengingatkan kembali publik akan informasi atau pesan tertentu
- Mempengaruhi publik supaya bertindak sesuai dengan isi pesan yang disampaikan dalam poster
Jenis-Jenis Poster
Pada dasarnya, semua poster itu sama saja. Namun, jikalau hendak ditelisik lebih jauh, poster ini terdiri atas beberapa jenis. Jenis poster tersebut dibagi menjadi dua, yakni dengan berdasarkan isinya dan dengan berdasarkan tujuan pembuatannya. Adapun klarifikasi singkatnya ialah sebagai berikut.
1. Berdasarkan Isinya
Berdasarkan isinya, poster sanggup dibagi menjadi 4 jenis yakni poster pendidikan, poster kegiatan, poster layanan masyarakat dan poster niaga. Penjelasan singkatnya ialah sebagai berikut.
- Poster pendidikan ialah poster yang isinya dimaksudkan untuk mendidik masyarakat, di mana secara umum isinya berkenaan dengan dunia pendidikan
- Poster aktivitas ialah poster yang menginformasikan suatu aktivitas yang hendak dilaksanakan pada suatu waktu
- Poster layanan masyarakat ialah poster yang isinya yakni informasi umum mengenai suatu hal yang dimaksudkan untuk mengedukasi masyarakat. Contoh poster ini ialah poster ancaman narkoba, ancaman merokok dan lain sebagainya
- Poster niaga ialah poster yang isinya yakni menunjukkan suatu produk kepada masyarakat
2. Berdasarkan Tujuan Pembuatannya
Jika dilihat berdasarkan tujuan pembuatannya, maka poster dibagi menjadi 10 jenis menyerupai yang disebutkan di bawah ini.
- Poster riset ialah poster yang ditujukan untuk memberi informasi atau undangan mengenai penelitian (riset) pada masyarakat, di mana poster ini umum ditemukan di dunia akademik, sepeti sekolah dan universitas
- Poster kelas ialah poster yang dibentuk dengan tujuan untuk memberikan isyarat serta motivasi pada siswa atau mahasiswa supaya rajin serta tertib dalam mengikuti aktivitas mencar ilmu mengajar
- Poster komik ialah poster yang dibentuk dengan tujuan untuk mempopulerkan atau mempromosikan komik tertentu pada publik
- Poster cheesecake ialah poster yang dibentuk dengan tujuan untuk mencari perhatian publik, di mana dalam poster tersebut dicantumkan pula nama serta gambar dari orang-orang terkenal
- Poster dicari ialah poster yang dibentuk dengan tujuan untuk mencari benda, binatang atau bahkan orang yang hilang atau dibutuhkan
- Poster film ialah poster yang dibentuk dengan tujuan untuk mempomosikan film tertentu sehinggga publik tertarik untuk menontonnya
- Poster komersial ialah poster yang dibentuk dengan tujuan untuk mempromosikan suatu produk yang dibentuk oleh suatu perusahaan
- Poster afirmasi ialah poster yang dibentuk dengan tujuan untuk meningkatkan serta memberikan motivasi pada masyarakat yang menyimaknya, di mana dalam poster tersebut terdapat kalimat yang bersifat persuasif
- Poster propaganda ialah poster yang dibentuk dengan tujuan untuk memotivasi atau memberi semangat kerja pada masyarakat supaya mereka melaksanakan hal-hal yang mendatangkan manfaat bagi kehidupan
- Poster kampanye ialah poster yang dibentuk dengan tujuan untuk memperoleh simpati dari rakyat di mana poster ini sering ditemukan pada dikala akan dilakukannya pemilu
Fungsi Poster
Seperti yang sudah disebutkan beberapa kali sebelumnya, fungsi poster ialah untuk memberikan informasi pada masyarakat secara luas. Harapannya, sehabis masyarakat melihat poster tersebut, masyarakat bisa memahami bahkan terpengaruh untuk melaksanakan tindakan sesuai dengan isi pesan dalam poster.
Ciri-Ciri Poster
Sama menyerupai media publikasi dua dimensi yang lainnya, poster memiliki ciri-ciri khusus yang membuatnya menjadi gampang dikenali. Adapun ciri poster ialah sebagai berikut.
- Bisa dibaca sambil berlalu tetapi bisa meninggalkan kesan
- Dilengkapi dengan gambar sehingga pesan gampang tersampaikan
- Menggunakan bahasa yang gampang dipahami, jelas, singkat dan padat
- Pemilihan warnanya cenderung berani dengan perpaduan yang kontras
- Dipasang di daerah umum dan di permukaan yang rata
- Terdiri atas unsur huruf, angka serta gambar
- Didesain di atas kertas atau kain yang ukurannya cukup besar
- Pesannya bersifat persuasif atau mengandung ajakan
Unsur-Unsur Poster
Dalam poster termuat beberapa unsur menyerupai yang disebutkan di bawah ini.
- Gambar yang bisa menciptakan tampilan poster menjadi lebih menarik dan bisa mendukung maksud pesan
- Kombinasi warna
- Penggunaan abjad dan angka yang menarik dengan ukuran serta model yang gampang dibaca
- Sasaran serta tujuan yang jelas
- Bahasa yang gampang dipahami dan kalimatnya ringkas
- Informasi yang ingin disampaikan
Kelebihan dan Kekurangan Poster
Sebagai media publikasi, poster memiliki sejumlah kelebihan dan juga kekurangan. Adapun kelebihan serta kekurangan poster kurang lebih menyerupai yang disebutkan di bawah ini.
1. Kelebihan Poster
- Bisa mempengaruhi publik untuk melaksanakan sesuatu atau bahkan merubah tingkah laku
- Lebih fleksibel dan gampang ditempatkan di mana-mana
- Menarik perhatian dengan perpaduan warna, teks serta gambar yang menarik
- Bisa membantu pihak-pihak tertentu untuk memberikan pesan atau informasi
2. Kekurangan Poster
- Jika dipasang dalam waktu yang lama, bisa menciptakan orang menjadi bosan melihatnya dan nilai keindahannya juga berkurang
- Kalimatnya yang singkat bisa saja menjadikan interpretasi yang berbeda-beda
- Pemahaman akan pesan dipengaruhi oleh tingkat pengetahuan dari orang yang melihatnya
Prinsip yang Digunakan Dalam Mendesain Poster
Saat menciptakan poster, harus dipahami terlebih dahulu prinsip-prinsip desainnya supaya karenanya menjadi lebih indah dan menarik. Prinsip-prinsip ini harus digunakan dalam menciptakan poster apa saja termasuk poster pendidikan. Adapun prinsip-prinsip yang dimaksud ialah sebagai berikut.
1. Prinsip Specific Appeal atau Kesan
Sudah terperinci bantu-membantu poster dibentuk dengan berdasarkan tujuan serta tema tertentu. Prinsip ini akan menciptakan poster memiliki kesan yang lebih sesuai dengan pesan, layanan, aktivitas maupun produk yang hendak dipublikasikan.
Contoh mudahnya yakni poster yang menjual parfum khusus untuk wanita. Poster ini harus bisa menampilkan kesan yang lembut atau feminin. Contoh lainnya ialah poster yang ditujukan untuk menjual truk. Poster ini lebih disarankan untuk memakai perpaduan warna yang cukup berat dan abjad yang diguakan juga masif dan tebal supaya kesannya lebih kuat.
2. Prinsip Unity atau Kesatuan
Prinsip unity atau kesatuan dalam poster bisa dicapai dengan cara berikut.
- Sejumlah elemen desain lebih didekatkan
- Jika memungkinkan, bisa juga elemen tersebut ditumpuk
- Menggunakan garis sebagai pemisah informasi
- Perbedaan warna yang digunakan sebagai latar belakang
3. Prinsip Emphasis atau Penekanan
Emphasis atau pengutamaan dalam poster bisa dicapai dengan cara berikut.
- Ilustrasi atau judul yang lebih menonjol dibandingkan dengan elemen desain lainnya berdasarkan pada urutan prioritas
- Berbagai informasi disampaikan dengan jenis, warna serta ukuran abjad yang berbeda
- Mengoptimalkan bidang poster yang masih kosong
- Penggunaan warna yang mencolok
- Background atau latar belakang poster yang begitu kontras dengan gambar maupun tulisan
4. Prinsip Movement atau Alur Baca
Prinsip ini menciptakan poster harus mengatur alur baca yang sistematis guna mengarahkan netra pembaca untuk menelusuri banyak sekali informasi secara runtut dari bab poster yang satu ke bab poster yang lainnya.
5. Prinsip Balancing atau Keseimbangan
Prinsip balancing atau keseimbangan harus diperhatikan dengan betul dikala menciptakan poster. Pasalnya, prinsip ini akan membantu menghindari kesan poster yang tampak berat sebelah alasannya yakni di satu sisi penuh dengan elemen grafis dan teks sementara sisi lainnya kosong. Untuk keseimbangan ini yang perlu diperhatikan ialah:
- Keseimbangan warna
- Keseimbangan bentuk serta ukuran teks maupun gambar poster
- Keseimbangan yang didapatkan alasannya yakni tekstur
Cara Membuat Poster
Cara menciptakan poster berikut ini bukan wacana cara menciptakan poster secara detail memakai laptop, komputer atau yang lainnya, namun lebih mengarah pada cara yang konseptual. Adapun cara yang dimaksud ialah sebagai berikut.
- Tentukan topik serta tujuan pembuatan poster
- Rancang kalimat yang singkat, sanggup dibaca dalam hitungan detik dan juga sesuai dengan topik serta tujuan poster. Jangan lupa tentukan kalimat atau kata yang akan menjadi highlight sebagai sentra perhatian bagi para pembaca
- Gunakan gambar, alasannya yakni selain teks, gambar ini juga turut menjadi sarana untuk memberikan pesan. Maka dari itu tidak heran bila poster sering hadir dengan ukuran gambar yang lebih besar serta lebih mencolok dibandingkan dengan teksnya
- Pilih media yang sempurna yang diubahsuaikan dengan daerah di mana poster itu akan dipasang
Kiat Agar Poster Lebih Menarik
Agar poster menjadi lebih menarik, sebaiknya jangan hanya terpaku pada cara menciptakan poster di atas. Simak juga sejumlah tips di bawah ini sebelum mulai membuatnya.
- Gunakan font yang sesuai dengan topik
- Sebaiknya gunakan maksimal 5 warna dan atur penempatan warna tersebut supaya poster lebih berestetika
- Jangan memenuhi poster dengan teks maupun ornamen alasannya yakni ini hanya akan menciptakan poster menjadi penuh dan kurang lezat dilihat
Contoh Gambar Poster Pendidikan
Contoh Gambar Poster Kesehatan
Contoh Gambat Poster Kegiatan
Contoh Gambar Poster Dalam Bahasa Inggris
Sebagai kesimpulan, pengertian poster yakni iklan atau pengumuman yang biasanya dipasang di tempat-tempat umum dan strategis sehingga gampang dilihat oleh masyarakat sasaran. Poster ini mengandung informasi yang bersifat persuasif, dan supaya pesan tersebut bisa hingga pada orang yang melihatnya maka poster harus dibentuk dengan sebaik mungkin.
Demikian pembahasan singkat mengenai pengertian poster dan sejumlah poin lain mengenai poster, agar bermanfaat.
Baca juga:
- 20 Contoh Surat Izin Sakit, Tidak Masuk Sekolah, Kerja, Pergi
- 69 Contoh Teks Anekdot Sosial, Dialog, Menyindir Teman, Pendidikan
- Pengertian Logika Adalah: Sejarah, Tujuan, Konsep, Manfaat
- Contoh Surat Pengantar
- Pengertian Filsafat adalah
- Contoh Surat Resign
- Variabel adalah
- Contoh Surat Penawaran Kerja sama