Pengertian Proxy Lengkap

FAST DOWNLOADads
Download

Pengertian Proxy Lengkap: Fungsi, Jenis dan Cara Bekerja dan Resikonya – Komputer yaitu perangkat elektronik yang digunakan untuk memproses data menurut mekanisme yang telah dirumuskan, untuk mengatakan informasi, menyimpan program, dan memproses hasil dan banyak lagi.





Saat ini komputer sudah banyak digunakan dan digunakan oleh semua orang, biasanya pekerja kantoran lebih sering menggunakannya untuk melaksanakan pekerjaan sehari-hari.





Ketika Anda memakai komputer pribadi memakai jaringan internet tanpa proxy yang mencoba menjelajah internet, alamat IP pengguna akan terlihat oleh situs web yang diminta.





Karena jikalau Anda tidak hati-hati, akan menciptakan alamat IP sanggup disalah gunakan oleh orang lain.





Misalnya untuk mendistribusikan atau menyebarkan virus, malware, atau mengambil data pribadi ibarat kata sandi email, dan lain-lain.





Sekarang untuk mengatasi problem ini kami disarankan untuk memakai proxy yang menjembatani komputer pribadi dengan jaringan internet untuk mencegah alamat IP yang terlihat.





Nah, kawan, pada kesempatan ini kami akan membagikan sedikit gosip yang telah kami rangkum wacana pemahaman proxy, fungsi proxy, jenis proxy, dan cara kerja proxy.





Dengan membaca ringkasan di bawah ini, kami harap Anda semua mengerti dan mengetahui pentingnya proxy untuk kami gunakan dalam penggunaan komputer.





Apa Itu Proxy?





Komputer




Berikut ini merupakan pengertian proxy secara lengkap yang harus anda ketahui.





Proxy yaitu server komputer yang memungkinkan pengguna untuk meneruskan ajakan ke server lain di internet.





Server proxy ini yaitu semacam tautan antara komputer pribadi dan jaringan internet. Selain itu, proksi juga mempunyai beberapa jenis penggunaan atau fungsi sebagai berikut.





  • Untuk menyembunyikan alamat IP komputer pengguna, sehingga siapa pun sanggup dengan bebas menikmati jaringan internet tanpa meninggalkan alamat IP pada halaman web yang Anda kunjungi. Seperti, klien mengunjungi Google melalui server proxy, maka Google akan melihat bahwa yang mengunjunginya yaitu server proxy, bukan klien atau pengguna secara langsung, sehingga Google tidak akan sanggup melacak posisi klien atau pengguna.
  • Berselancar lebih cepat di internet. Semua ajakan yang berasal dari komputer klien akan datang terlebih dahulu di server proxy. Setelah tiba, kiprah proksi berikutnya yaitu untuk mengusut cache web yang gres saja dikunjungi apakah sudah tersimpan dalam riwayat atau tidak. Jika demikian, klien akan mendapat umpan balik dari caching data, yang menjadikan klien lebih cepat berselancar di internet.
  • Untuk memblokir situs yang tidak diinginkan. Seperti jaringan internet di kantor, sehingga pekerja di kantor tidak memakai internet untuk bermain di media umum dan menonton apa pun, sehingga beberapa situs sanggup dimasukkan dalam daftar hitam proxy yang tidak sanggup diakses melalui jaringan kantor.




Fungsi Proxy





Setelah kita mengetahui pengertian proxy secara lengkap, kini kita akan membahas mengenai fungsi dari proxy itu sendiri.





Pada dasarnya di dalam proxy mempunyai fungsi proxy yang akan kami jelaskan, inilah fungsi dari proxy.





1. Connecting Sharing





Berguna untuk menghubungkan atau menghubungkan dan mengembangkan atau berbagi.





Artinya, alamat IP komputer pengguna sanggup dihubungkan ke alamat IP lain, dan sanggup berfungsi sebagai mediator untuk data sharing antara 2 alamat IP.





Proxy sanggup menjadi gateway yang membatasi atau memisahkan jaringan lokal dan eksternal. Dimungkinkan bagi komputer untuk dihubungkan dari jaringan lokal ke jaringan internet dengan memanfaatkan koneksi gateway.





2. Caching





Proses untuk proksi menyimpan data yang telah diminta oleh pengguna ketika browsing atau mencari gosip di internet.





Misalnya, ketika membuka situs web yang mempunyai gambar dan objek di dalamnya, maka data gambar dan objek akan disimpan dalam proxy dalam bentuk cache.





Ini menciptakan pengguna lebih cepat mengakses situs web, terutama jikalau pengguna proxy sebelumnya mempunyai ajakan terusan untuk situs web.





3. Filtering





Proxy juga mempunyai firewall yang sanggup digunakan untuk memfilter alamat IP yang tidak diinginkan, dan juga memblokirnya untuk mencegah kerusakan pada komputer.





Proxy bekerja pada lapisan aplikasi untuk mengamankan jaringan lokal dari banyak sekali serangan atau intrusi yang masuk dari jaringan luar.





Untuk mencegah alamat IP tertentu, pengguna komputer sanggup menjalankan konfigurasi pada proxy.





Jenis-jenis Proxy





Setelah kita mengetahui arti dan fungsi proxy, ada baiknya kita juga mengenali jenis-jenis proxy pada jaringan komputer sebagai berikut.





1. Proxy Anonim





Proxy ini akan memberi tahu gosip komputer pengguna. Ketika Anda menciptakan ajakan dari situs web, sehingga situs web itu akan mengetahui alamat IP proxy yang Anda gunakan, tetapi tidak tahu alamat IP pribadi Anda.





Karena server situs web tidak sanggup mengakses alamat IP yang digunakan pengguna, oleh alasannya yaitu itu komunikasi antar pengguna dan server proxy terenkripsi menciptakan keamanan menjadi lebih terjamin.





2. Proxy Transparan





Proxy ini cukup banyak diterapkan di kantor, di mana setiap alamat IP yang menciptakan ajakan dilihat oleh server melalui header http.





Server ini bertindak sebagai mediator untuk meneruskan ajakan dari pengguna atau pengguna ke sumber atau alamat yang diinginkan tanpa menyebarkan informasi.





3. High Anonimity Proxy





Proxy ini tidak mengenalkan dirinya sebagai server proxy, sehingga tidak mengatakan alamat IP asli.





Proxy ini memakai header REMOTE_ADDR dengan alamat IP sebagai server proxy, sehingga dari pengguna itu akan muncul bahwa server proxy berfungsi sebagai klien.





4. Reverse Proxy





Proxy ini digunakan untuk menyajikan jalur ke banyak sekali ajakan pengguna dari internet, melalui firewall yang terisolasi dan jaringan pribadi.





Reverse proxy cukup banyak difungsikan untuk mencegah klien di internet dari terhubung ke terusan yang tidak terpantau, yang mengaitkan konten data sensitif dari jaringan tertutup ibarat intranet.





Jika caching proxy terbalik diaktifkan, kemudian lintas jaringan juga sanggup dikurangi.





Cara Kerja Proxy





Ketika pengguna komputer memakai layanan proxy, pengguna kemudian sanggup meminta data atau dokumen yang terkandung di internet (server publik).





Proxy kemudian melanjutkan ajakan ke jaringan internet, seperti pengguna tidak memintanya, tetapi server proxy.





Selanjutnya, sesudah proxy menemukan apa yang diharapkan oleh pengguna, proxy tersebut akan merespons kepada pengguna.





Risiko Menggunakan Proxy





Meskipun proksi memperlihatkan banyak sekali manfaat, proksi juga mempunyai sejumlah risiko yang perlu Anda perhatikan.





Tidak semua layanan proxy gratis aman. Siapa yang tidak ingin memakai layanan gratis? Tetapi untuk layanan proxy, tidak semua layanan proxy gratis aman.





Sebagian besar layanan proxy gratis tidak mempunyai enkripsi atau backend perangkat keras yang aman.





Kinerja mungkin tidak sebagus layanan berbayar dan layanan proxy yang tidak dienkripsi mungkin mempunyai problem keamanan.





Jika Anda menemukan layanan proxy yang sepenuhnya gratis, ingat untuk tetapi berhati-hatilah.





Log riwayat penjelajahan. Proksi yang Anda gunakan mempunyai alamat IP orisinil dan gosip permintaan. Cobalah untuk mengusut apakah proxy Anda mencatat dan menyimpan semua data Anda.





Kemudian juga kenali syarat dan ketentuannya. Apakah data Anda benar-benar aman.





Jika Anda ingin memakai proxy untuk melindungi data Anda meskipun layanan yang Anda lakukan menjual data Anda kepada pihak ketiga, tentu saja Anda tidak mendapat privasi yang Anda inginkan.





Ada proksi yang tidak dienkripsi. Seperti disebutkan sebelumnya, ada proksi yang tidak dienkripsi. Jika tidak dienkripsi, Anda mengirim ajakan Anda dalam teks biasa.





Setiap orang sanggup dengan gampang melihat nama pengguna, kata sandi, dan gosip akun Anda. Makara pastikan bahwa layanan proxy yang Anda gunakan terenkripsi.





Penutup





Demikianlah artikel kami wacana Pengertian Proxy Lengkap: Fungsi, Jenis dan Cara Bekerja dan Risiko Menggunakan Proxy, supaya sanggup membantu anda dalam memahami pengertian dari proxy.





Terima kasih dan hingga berjumpa di artikel kami selanjutnya.





Baca Juga:










FAST DOWNLOADads
| Server1 | Server2 | Server3 |
Download
Next Post Previous Post