Pengertian Spreadsheet Lengkap

FAST DOWNLOADads
Download

Pengertian Spreadsheet Lengkap: Fungsi dan Contoh Aplikasi Spreadsheet – Spreadsheet yaitu istilah yang dekat untuk dibahas di abad teknologi ketika ini. Bahkan sanggup dikatakan bahwa spreadsheet banyak dipakai oleh banyak orang.





Tetapi meskipun banyak yang mengerti bahkan telah memakai spreadsheet tetapi masih ada beberapa orang yang tidak mengerti dengan baik wacana arti dari spreadsheet itu sendiri.





Jika kita mengerti arti spreadsheet berdasarkan kalimatnya. Spreadsheet sendiri bahwasanya mempunyai arti yaitu prosesor angka.





Jika kita mendengar kalimat itu, tentu saja prosesor angka sudah sanggup dibayangkan dalam benak kita ibarat apa prosesor angka itu.





Namun dalam hal jumlah prosesor itu sendiri tidak meliputi pemahaman luas dari spreadsheet.





Dalam artikel ini kami akan mengatakan pemahaman yang lebih lengkap wacana spreadsheet. Berikut ini merupakan pengertian spreadsheet yang perlu anda ketahui.





Apa Itu Spreadsheet





Spreadsheet




Berikut ini, kami akan mengambarkan dan menjelaskan beberapa jenis pemahaman wacana spreadsheet yang berasal dari semua jenis informasi yang telah dirangkum.





Pengertian Spreadsheet yaitu aplikasi atau kegiatan komputer yang dipakai untuk memanipulasi, menangkap, dan menampilkan data yang disusun dalam kolom dan baris.





Spreadsheet juga merupakan selembar kertas yang berisi data dalam bentuk baris dan kolom dalam akuntansi.





Jika Anda pengguna komputer atau laptop tentu dekat dengan spreadsheet dan pemrosesan angka. Di komputer sendiri spreadsheet berisi tabel yang berisi kolom dan baris.





Yang di dalam tabel berisi nilai-nilai yang sudah saling berafiliasi bila satu nilai diubah maka secara otomatis nilai di tabel lain juga perlu diubah.





Spreadsheet dalam kegiatan aplikasi sanggup dipakai untuk menciptakan dan mengatur atau memanipulasi lembar kerja yang dikerjakan secara elektronik.





Spreadsheet itu sendiri mempunyai fungsi untuk menciptakan laporan keuangan, penjualan, pembelian, menghitung rumus, menciptakan tabel lembar kerja, dan banyak lagi.





Ruang item data atau sanggup disebut sel yaitu salah satu komponen dalam spreadsheet. Contoh pengguna ibarat B1, B2, B3.





Hubungan antara satu sel dengan sel lainnya yang ada di sekitarnya mempunyai kekerabatan yang saling terkait atau sanggup dibilang sangat absolut.





Spreadsheet sangat berbeda dari basis data. Spreadsheet tidak memperlihatkan kueri untuk basis data dan juga tidak menyediakan item data dan struktur data yang sanggup dilabeli sebagai basis data.





Jadi inilah yang menyebabkan spreadsheet berbeda dari basis data. Secara garis besar, pengertian spreadsheet di atas, kita juga harus tahu siapa penemu spreadsheet itu sendiri.





Bob Frankston dan rekannya Daniel Bricklin yaitu dua tokoh yang memelopori spreadsheet untuk pertama kalinya.





VisiCalc yaitu aplikasi spreadsheet untuk pertama kalinya yang mempunyai arti “To Be Visible Calculator” dan lalu aplikasi berikutnya yang disebut Lotus 1-2-3 muncul sehabis itu tiba aplikasi Microsoft Excel.





Microsoft Excel mempunyai kelebihan dalam grafis yang cukup baik. Sekarang Micorosft Excel dan Lotus 1-2-3 yaitu kegiatan spreadsheet paling populer.





Fungsi Spreadsheet





Secara umum, aplikasi pengolah angka spreadsheet mempunyai fungsi memproses data-data berbentuk angka. Tapi, bila dijabarkan lebih lanjut aplikasi spreadsheet mempunyai banyak fungsi termasuk:





  • Membantu dalam menciptakan tabel data.
  • Mampu mengelola angka dalam bentuk grafik.
  • Dapat dipakai dalam istilah statistik.
  • Membantu menciptakan lembar kerja.
  • Dapat dipakai untuk bekerja dalam duduk kasus ilmiah.
  • Memfasilitasi perencanaan.
  • Dapat dipakai untuk mengolah data disertai dengan database, grafik, rumus, dan sebagainya.




Contoh Aplikasi Spreadsheet





Meskipun aplikasi pengolah angka atau spreadsheet mempunyai fungsi yang sama untuk memproses angka, masih ada kegunaan, fungsi, dan fungsi yang berbeda di setiap aplikasi.





Berikutnya kami akan menjelaskan beberapa teladan aplikasi pengolah angka spreadsheet, lihat klarifikasi di bawah ini.





1. Lotus 123





Aplikasi Lotus 123 yaitu aplikasi pemrosesan angka yang tergabung dalam paket dengan Office yang lalu disebut Lotus SmartSuite, aplikasi Lotus 123 diterbitkan oleh IBM.





Awal dari perangkat lunak Lotus 123 hanya sanggup dipakai dalam sistem operasi DOS, tetapi seiring dengan perkembangannya.





Aplikasi Lotus 123 sanggup dipakai dalam sistem operasi Windows yang disebut Lotus 123 untuk Windows, yang lalu kegiatan mulai menjadi terkenal di tahun 80-an.





2. Abacus





Abacus yaitu kegiatan pemrosesan nomor spreadsheet berikutnya yang akan kami jelaskan.





Asal seruan sempoa bahwasanya yaitu proyek dari sekelompok siswa yang berguru di Universitas IST Portugal yang dibom oleh Prof. Arlindo Oliveira.





Abacus yaitu aplikasi pengolah angka yang hanya membutuhkan penyimpanan memori kecil dan penggunaannya juga mudah.





3. Microsoft Excel





Aplikasi ini yaitu aplikasi yang berdasarkan kami sangat terkenal dan bagi Anda yang sering bermain laptop atau komputer, sudah niscaya dekat dengan aplikasi ini.





Microsoft Excel yaitu salah satu teladan aplikasi spreadsheet yang dirilis di bawah naungan aplikasi Mocrosoft Corporation yang sanggup dioperasikan di bawah sistem operasi Mac OS dan Windows.





Karena popularitas aplikasi ini tidak mengherankan, kegiatan pemrosesan nomor Microsoft Excel semakin banyak pengguna bahkan menyesuaikan pengguna smartphone.





Karena smartphone sedang booming sekarang, Microsoft Excel sudah ada di smartphone daerah Anda sanggup mengunduh aplikasi secara gratis di Google Playstore.





4. GNOME – Office Gnumeric





Aplikasi berikutnya yang kami rekomendasikan yaitu Gnumeric yang merupakan aplikasi open source yang masih dalam satu penggunaan Kantor GNOME.





Keuntungan dari kegiatan pengolah angka ini yaitu tampilannya ramah pengguna sehingga gampang dipakai dan juga sajian menu aplikasi yang berisi bilah alat menambah kemudahan aplikasi ini ketika digunakan.





5. Open Office Calc





Aplikasi terakhir yang kami rekomendasikan yaitu Open Office Calc yang merupakan aplikasi pemrosesan angka yang mempunyai banyak kegunaan dan bersifat open source.





Aplikasi ini juga sanggup dipakai untuk melaksanakan perhitungan, menampilkan data yang diproses dalam bentuk grafik, dan juga sanggup dipakai untuk memproses data yang disajikan dalam bentuk spreadsheet.





Ketika kami memakai Open Office Calc dan membuka kegiatan pemrosesan nomor spreadsheet ini.





Tiga lembar akan secara otomatis muncul berjulukan Sheet1, Sheet2, Sheet3 yang penampilannya sanggup dibilang sedikit ibarat dengan tampilan Microsoft Excel.





Penutup





Demikianlah artikel kami wacana Pengertian Spreadsheet Lengkap: Fungsi dan Contoh Aplikasi Spreadsheet, agar sanggup membantu anda dalam memahami apa itu spreadsheet.





Terima kasih telah membaca artikel kami dan hingga jumpa di artikel kami selanjutnya.





Baca Juga:










FAST DOWNLOADads
| Server1 | Server2 | Server3 |
Download
Next Post Previous Post