Pengertian WiFi Lengkap

FAST DOWNLOADads
Download

Pengertian WiFi Lengkap: Sejarah, Manfaat, Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangan – Pada zaman dulu, kebutuhan dasar insan terdiri dari 3 macam, yaitu pakaian, masakan dan tempat tinggal.





Namun di abad modern ini, sepertinya kebutuhan ini akan bertambah satu, yaitu internet. Kenapa kami menyampaikan itu? Lihatlah kehidupan insan ketika ini, di setiap sisi internet telah memainkan tugas yang sangat penting.





Keberadaan internet ini juga memberi banyak kemajuan menuju peradaban manusia.





Ada beberapa cara bagi kita untuk sanggup mengakses jaringan dan menjelajahi internet. Beberapa orang biasanya memakai layanan jaringan seluler dari beberapa penyedia.





Namun banyak juga yang sudah beralih ke teknologi wifi yang berdasarkan mereka mempunyai banyak kelebihan.





Apa gotong royong arti dari wifi? Kali ini kami akan memperlihatkan klarifikasi singkat perihal definisi, fungsi dan cara kerja teknologi wifi.





Jika Anda pengguna internet aktif, tentu saja Anda mengenal istilah wifi. Nah, kalau Anda tahu wifi, tentu saja Anda juga tahu area Hostpost? Berikut ini merupakan pengertian dari wifi yang perlu anda ketahui.





Apa Itu Wifi?





sepertinya




Wireless Fidelity atau lebih dikenal dengan wifi yakni teknologi nirkabel yang memungkinkan kita untuk bertukar data.





Agar sanggup terhubung ke jaringan menyerupai internet, perangkat harus berada dalam titik jalan masuk (area hotspot). Luasnya area yang sanggup dicakup oleh teknologi wifi bervariasi hingga 20 meter atau lebih.





Teknologi wifi ini memakai gelombang radio dengan rentang frekuensi 2,4GHz hingga 5 GHz.





Sejarah Wifi





Bagaimana teknologi wifi ini berubah menjadi sangat terkenal menyerupai kini ini? Berikut ini yakni sejarah perkembangan wifi yang perlu Anda ketahui:





  • Tahun 1997: Jaringan nirkabel (nirkabel) berjulukan 802.11 berhasil dibentuk oleh Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE).
  • Tahun 1999: Kemudian dikembangkan dan dibentuk teknologi nirkabel B yang mempunyai kecepatan transfer data hingga 11 Mbps. Namun teknologi ini memakai gelombang dengan frekuensi 2.4GHz yang sama dengan kebanyakan peralatan lainnya sehingga gampang terputus.
  • Tahun 2003: Kemudian dikembangkan kembali menjadi teknologi G nirkabel di mana kecepatannya sanggup mencapai 54 Mbps. Tapi sama menyerupai versi sebelumnya, masih memakai gelombang radio dengan frekuensi 2.4GHz.
  • Tahun 2009: Menciptakan teknologi N nirkabel yang mempunyai 2 versi, 2 antena dengan kecepatan hingga 300 Mbps dan 3 antena dengan kecepatan hingga 450 Mbps. Jangkauannya juga lebih luas dari beberapa versi sebelumnya.
  • Tahun 2014: Keberadaan teknologi AC nirkabel dengan pengembangan kecepatan transfer luar biasa antara 500 Mbps hingga 1 Gbps. Versi ini beroperasi pada gelombang radio dengan frekuensi 5GHz.




Manfaat WiFi





Sebelumnya kami membahas problem definisi dan juga sejarah perkembangannya.





Lalu apa saja fungsi dan manfaat dari teknologi wifi ini? Ada banyak hal yang sanggup kita lakukan dengan memanfaatkan teknologi nirkabel ini. Berikut beberapa fungsi dan penggunaan wifi:





  • Dapat menghubungkan banyak sekali perangkat ke jaringan tanpa perlu kabel.
  • Dapat dipakai untuk aktivitas pertukaran data lebih cepat dan praktis.
  • Kecepatan transfer data biasanya lebih cepat dari teknologi kabel, sehingga proses memindahkan data dari satu perangkat ke perangkat lainnya lebih mudah.




Cara Kerja Wifi





Teknologi ini memang sangat inovatif dan membawa banyak perubahan. Sekarang kita akan membahas sedikit cara bekerja dari wifi. Sederhananya, data akan dikirim melalui gelombang radio.





Data akan melewati router yang berfungsi sebagai decoder dan penerjemah kode. Kemudian dengan memakai Ethernet, data dikirim ke jaringan internet.





Untuk sanggup terhubung ke jaringan wifi perangkat harus dilengkapi dengan adaptor nirkabel.





Kelebihan dan Kekurangan Wifi





Selain mempunyai banyak kelebihan, teknologi wifi ini juga mempunyai beberapa kelemahan. Untuk klarifikasi lebih lengkap di bawah ini:





Kelebihan Wifi:





  • Tidak memerlukan kabel untuk dihubungkan ke jaringan.
  • Dapat dipakai oleh banyak sekali perangkat menyerupai smartphone, komputer, laptop dan banyak sekali perangkat lainnya.
  • Kisaran ini sanggup dibilang cukup luas dan gampang menjangkau daerah-daerah terpencil.
  • Instalasi lebih gampang daripada jaringan kabel.




Kekurangan Wifi:





  • Tingkat keamanan yang terkadang rentan kalau tidak ditangani.
  • Kekuatan sinyal kadang kala terganggu oleh cuaca dan iklim di sekitarnya.
  • Area yang sanggup dijangkau sangat bervariasi tergantung pada jenisnya.




Perbedaan Wifi dan Hotspot





sepertinya




Pada awalnya, kami juga menyebutkan sedikit problem hotspot, ketika berbicara perihal wifi, sudah niscaya tidak jauh dari hotspot.





Jadi apa perbedaan antara kedua istilah ini? Banyak yang masih belum tahu dan bahkan sering menganggap kedua hal ini sama.





Seperti dijelaskan di atas, wifi yakni teknologi nirkabel yang sanggup dipakai untuk bertukar data tanpa memakai kabel.





Lalu bagaimana dengan hotspot? Ini yakni istilah yang merujuk pada ‘titik akses’ atau area.





Hotspot yakni istilah untuk area yang dicakup oleh teknologi wifi yang sanggup dipakai untuk menghubungkan perangkat yang ada ke jaringan internet.





Disinilah istilah hotspot muncul, area yang sanggup dipakai untuk terhubung ke jaringan internet.





Penutup





Demikianlah artikel kami perihal Pengertian WiFi Lengkap: Sejarah, Manfaat, Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangan, biar sanggup menambah pengetahuan anda perihal apa itu wifi.





Terima kasih telah membaca artikel kami dan hingga jumpa di artikel kami selanjutnya.





Baca Juga:






FAST DOWNLOADads
| Server1 | Server2 | Server3 |
Download
Next Post Previous Post