Seni Rupa Murni adalah

FAST DOWNLOADads
Download

– Seni rupa murni ialah bentuk seni yang pembuatannya sangat mengutamakan nilai estetika daripada nilai fungsional. Seni rupa murni lebih ke karya seni dengan dasar menggambar dan mendesain menyerupai lukisan, seni grafis, dan patung.


Aktivitas non desain yang juga dianggap sebagai seni rupa murni ialah fotografi dan arsitektur. Akan tetapi ada sebagian orang yang menganggap kedua aktivitas tersebut lebih cocok masuk dalam golongan seni terapan.


Seni rupa murni sendiri mengalami perkembangan dari tahun ke tahun. Berikut klarifikasi lebih lengkap tentang  pengertian sejarah seni rupa murni, perkembangan, fungsi, jenis, dan contohnya.


 


Pengertian Seni Rupa Murni


Seni rupa murni merupakan seni rupa yang benar-benar murni, jadi hanya berperan sebagai seni yang dinikmati, bukan seni yang bisa digunakan. Contohnya ialah lukisan dan patung. Kedua bentuk seni rupa ini bisa dinikmati oleh banyak orang, tetapi tidak bisa difungsikan untuk suatu hal.


Jadi bisa dikatakan bahwa seni rupa murni itu tidak mementingkan nilai fungsional, yang penting bentuk seni sangat estetik, mempunyai nilai, dan memuaskan mata yang memandang. Karena merupan salah satu bentuk dasar seni rupa, seni rupa murni telah ada semenjak jaman dahulu. Penjelasan sejarahnya bisa dibaca berikut ini.


 


Sejarah Seni Rupa Murni di Indonesia


Berbicara sejarah, maka pembahasan tidak jauh dari perkembangan dari tahun ke tahun. Seni rupa murni sudah ada semenjak dahulu kala, ketika semua hal masih sangat sederhana. Hal ini dibuktikan dengan adanya pahatan lukisan yang bisa ditemukan di dinding gua. Orang zaman dahulu sudah mempunyai jiwa seni yang cukup tinggi, bukan?


Sejarah seni rupa murni terbagi menjadi tiga zaman yaitu zaman prasejarah, zaman klasik, zaman islam, dan zaman modern. Ini beliau penjelasannya.


1. Seni Rupa Murni Zaman Prasejarah


 Seni


Zaman prasejarah merupakan zaman watu dan zaman logam. Di zaman ini sudah banyak seni yang tercipta menyerupai bangunan, patung, lukisan, dan kerajinan. Namun yang tergolong seni rupa murni hanya patung dan lukisan.



  • Patung (patung zaman prasejarah berukuran besar dan terbuat dari watu ataupun kayu)

  • Lukisan (lukisan dahulu dibentuk di dinding gua atau bangunan yang hanya berupa cap jari dan citra ketika memburu binatang)


2. Seni Rupa Murni Zaman Klasik


 Seni


Zaman klasik merupakan sebutan untuk zaman hindu budha. Di zaman ini banyak ditemukan kerajaan hindu budha sehingga sangat banyak seni yang ditinggalkan menyerupai lukisan, bangunan, candi, patung, pura, dan gapura. Namun dari semua itu yang masuk golongan seni rupa murni hanya lukisan dan patung.



  • Patung (di zaman klasik, patung yang dibentuk merupakan perwujudan dari yang kuasa atau raja yang diagungkan)

  • Lukisan (kebanyakan lukisan ditemukan di candi atau sering disebut dengan relief, motif lukisan kebanyakan ialah tumbuhan, hewan, dan makhluk gaib)


3. Seni Rupa Murni Zaman Islam


 Seni


Zaman islam merupakan zaman dimana agama islam mulai memasuki Indonesia. Pada zaman ini banyak seni yang muncul menyerupai bangunan masjid, kaligrafi, dan seni hias islam. Karena masjid bisa digunakan, maka yang masuk kategori seni murni hanyalah kaligrafi dan seni hias.



  • Kaligrafi (ayat suci Al Alquran yang ditulis indah di atas dinding masjid, kain, nisan, dan lain sebagainya)

  • Seni hias (penggambaran makhluk hidup yang disamarkan dan digayakan alasannya ialah Islam melarang penggambaran makhluk hidup dengan nyata)


4. Seni Rupa Murni Modern


 Seni


Zaman modern ialah zaman ketika Indonesia telah mendapat imbas dari barat, jadi berlaku semenjak masa perintis hingga sekarang. Banyak sekali seni rupa yang telah dihasilkan, tapi yang masuk golongan seni rupa murni hanyalah patung dan lukisan.


Dari tahun ke tahun, perbedaan lukisan dan patung hanya terletak di media yang dipakai serta pedoman lukisan. Semakin kesini, gaya melukis semakin bebas dan menyesuaikan perkembangan zaman.


 


Perbedaan Seni Rupa Murni dengan Seni Rupa Terapan


Dari sejarah di atas, bisa diketahui bahwa tidak semua seni rupa di setiap zaman masuk golongan seni rupa murni. Hal tersebut dikarenakan ada seni yang masuk golongan seni rupa terapan.


Sebenarnya apa perbedaan seni rupa murni dan seni rupa terapan? Perbedaan utamanya terletak di nilai fungsional. Akan tetapi masih banyak perbedaan lainnya. Berikut klarifikasi lebih lengkapnya.


1. Jenis Karya



  • Seni rupa murni: seni lukis, seni grafis, patung

  • Seni rupa terapan: kerajinan tangan, arsitektur, dekorasi, seni ilustrasi


2. Cara Pembuatan



  • Seni rupa murni: memakai media kertas, kanvas, kayu, atau dinding

  • Seni rupa terapan: bebas, menyesuaikan selera dan fungsi seni yang dibuat


3. Bentuk Karya



  • Seni rupa murni: karya seni murni dua dimensi, karya seni murni tiga dimensi

  • Seni rupa terapan: karya seni terapa dwi matra, karya seni terapan tri matra


4. Fungsi Karya



  • Seni rupa murni: memuaskan indra penglihatan dan batin seseorang

  • Seni rupa terapan: untuk sarana ritual keagamaan, mengungkapkan suatu ekspresi, mendidik masyarakat, dan masih banyak lainnya.


Penjelasan lebih lanjut perihal fungsi seni rupa murni bisa dibaca di ulasan bawah ini.


 


Fungsi Seni Rupa Murni


Dari ulasan perihal perbedaan seni rupa murni dan seni rupa terapan, bisa diketahui bahwa poin utama dari sebuah seni murni ialah keindahannya. Seni tidak perlu mempunyai nilai fungsional, yang penting indah. Agar lebih jelas, berikut ulasan perihal fungsi seni rupa murni.


 Seni


1. Memuaskan indra penglihatan dan batin seseorang


Seperti yang telah diketahui, bentuk seni rupa murni itu hanya bisa dinikmati keindahannya sehingga keberadaannya bisa memuaskan mata seseorang yang memandang. Kepuasan mata selalu tersalurkan ke hati dan pikiran.


Jadi bisa dikatakan bahwa adanya seni rupa murni bisa menciptakan seseorang merasa senang, puas, damai, dan bahagia. Kepuasan melihat suatu karya seni ini hanya bisa dinikmati oleh pecinta seni sejati.


2. Memperindah media tertentu


Kebanyakan seni rupa murni dibentuk untuk pajangan atau hiasan. Hiasan tentunya memprindah daerah yang dihias. Tidak hanya itu, maksud memperindah media juga bisa dilihat dari sisi pembuatan karya seni murni.


Media kertas atau kanvas yang polos akan menjelma indah sesudah digoreskan tinta atau warna di atasnya. Bukankah kata memperindah sangat pas untuk sebuah karya seni murni?


3. Sebagai wadah kreativitas seniman


Jika kedua fungsi di atas lebih ditujukan untuk penikmatnya, fungsi ketiga ditujukan untuk para pembuatnya. Para seniman bisa menyalurkan bakat, hobi, dan kreativitasnya ke dalam sebuah karya seni murni yang luar biasa.


Bahkan pembuatan karya seni murni tidak terlepas dari hati dan naluri pembuatnya. Semua pemikiran dan perasaan para seniman bisa dituangkan ke dalam sebuah mahakarya murni yang bisa memuaskan banyak orang.


4. Menyampaikan suatu pesan penting


Pesan penting dalam karya seni murni kadang sanggup pribadi terbaca, tapi kadang hanya tersirat. Pesan penting biasanya melambangkan perasaan yang ingin disampaikan oleh seniman pembuatnya. Namun pesan penting yang dimaksud berbeda dengan pesan dalam seni rupa terapan.


Fungsi seni rupa murni memang tidak sebanyak seni rupa terapan, tapi jadinya sangatlah mendalam. Fungsi seni  murni tersebut akan lebih gampang dipahami jikalau mengenali jenis seni rupa murni.


 


Jenis Seni Rupa Murni


 Seni


Seni rupa murni terbagi menjadi dua jenis berdasarkan wujud dan bentuknya yaitu seni rupa murni dua dimensi serta seni rupa murni tiga dimensi. Berikut klarifikasi lebih lengkapnya.


1. Seni Rupa Murni 2 Dimensi


Dikatakan seni rupa murni 2 dimensi alasannya ialah tersusun dari dua unsur yaitu panjang dan lebar. Kaprikornus seni rupa murni jenis ini hanya bisa dipandang dari satu arah saja. Contoh dari seni murni dua dimensi antara lain yaitu lukisan, seni grafis, kaligrafi, dan seni fotografi.


2. Seni Rupa Murni 3 Dimensi


Jenis selanjutnya ialah seni rupa murni 3 dimensi. Dikatakan tiga dimensi alasannya ialah diibentuk oleh tiga unsur yaitu panjang, lebar, dan tinggi. Adanya tiga unsur menciptakan seni mempunyai volume, tidak menyerupai seni murni dua dimensi, sehingga seni rupa bisa dipandang dari segala arah.


Dibandingkan seni rupa dua dimensi, pembuatan seni murni tiga dimensi lebih sulit dan rumit. Contoh dari seni murni ini ialah patung, mozaik, ukiran, kerajinan keramik, dan masih banyak lainnya.


Agar lebih memahami jenis seni rupa murni, ada baiknya melihat contoh-contoh seni rupa murni di bawah ini.


 


15 Contoh Seni Rupa Murni


Terdapat beberapa pola seni rupa murni. Contoh yang dimaksud mempunyai perbedaan di bentuk karya dan media pembuatannya. Berikut pola dan penjelasannya.


1. Lukisan


 Seni


Lukisan merupakan karya seni rupa murni yang banyak ditemukan. Lukisan biasanya dibentuk di atas kanvas, tapi kini banyak juga lukisan yang dibentuk di atas dinding. Seniman yang menciptakan lukisan sangat banyak.


Beberapa yang populer diantaranya ialah Leonardo da Vinci dengan lukisan Monalisa, Pablo Picasso dengan Guernica, Vincent van Gogh dengan The Starry Night, dan masih banyak lainnya.


2. Patung


 Seni


Seni rupa murni ialah seni yang karyanya bisa dinikmati keindahannya dan patung masuk di dalamnya. Patung merupakan karya seni tiga dimensi yang hanya bisa dibentuk atau dipahat oleh seniman berpengalaman.


Salah satu patung populer di dunia ialah patung Liberty yang dibentuk oleh seniman Frederic Auguste, Gustave Eiffel, dan Richard Morris.


3. Kaligrafi


 Seni


Kaligrafi ialah goresan pena indah. Namun selama ini banyak yang orang yang menganggap bahwa goresan pena kaligrafi ialah goresan pena arab indah. Padahal tidak hanya goresan pena arab, goresan pena dalam abjad apapun yang dibentuk indah bisa disebut dengan kaligrafi.


4. Relief


 Seni


Relief merupakan karya seni ukir atau pahat yang dibentuk di atas batu. Relief banyak ditemukan di candi, monumen, kuil, atau daerah bersejarah yang sudah kuno. Salah satu relief yang populer di Indonesia ialah relief Budha Mahayana yang ada di candi Borobudur.


5. Seni Grafis


 Seni


Seni grafis merupakan seni rupa yang biasanya dibentuk dengan teknik cetak. Ada beberapa jenis seni grafis yang dibedakan berdasarkan tekniknya yaitu cetak sablon, setak datar, cetak dalam, dan cetak tinggi.


6. Seni Fotografi


 Seni


Meskipun ada yang menganggap fotografi sebagai karya terapan, fotografi intinya tetap seni rupa murni yang bisa dinikmati keindahannya. Seni fotografi etrmasuk sangat modern alasannya ialah perlu kamera untuk sanggup menghasilkannya.


7. Mozaik


 Seni


Mozaik merupakan karya seni yang berupa tempelan pecahan keramik, kaca, atau pecahan apapun yang disusun menjadi satu. Dengan kreativitas yang sangat tinggi, mozaik bisa terlihat indah dan sangat berkelas.


8. Ukiran


 Seni


Ukiran juga masuk karya seni rupa murni alasannya ialah hanya bisa dipandang keindahannya. Keindahan ukiran biasanya dibentuk di atas kayu yang lembut dan dipadukan dengan perkakas rumah tangga menyerupai meja, kursi, lemari, dinding, dan masih banyak lainnya.


9. Kerajinan Keramik


 Seni


Kerajinan dari keramik ada yang masuk seni rupa murni dan terapan. Di seni rupa murni, kerajinan keramik yang dibentuk hanya bertujuan untuk pajangan atau hiasan saja, tidak bisa dipakai sebagai wadah makan atau wadah lainnya.


10. Seni Topeng


 Seni


Topeng juga masuk seni rupa murni alasannya ialah biasanya hanya menjadi hiasan dinding. Memang ada yang memakai topeng untuk menari atau properti teater, tapi topeng tersebut berbeda dengan seni topeng murni.


11. Gantungan Kunci


 Seni


Fungsi gantungan kunci hanya untuk hiasan kunci ataupun hiasan benda lain, jadi tidak masuk dalam seni rupa terapan. Sangat banyak jenis hiasan kunci, ada yang terbuat dari kayu, akrilik, kain flanel, tempurung kelapa, dan masih banyak lainnya.


12. Arsitektur


 Seni


Arsitektur ada yang masuk seni rupa murni dan ada yang terapan. Untuk yang seni rupa murni, misalnya yaitu rancangan bangunan untuk tugu dan gapura.


13. Karikatur


 Seni


Karikatur kebanyakan dibentuk untuk mengungkapkan saran  atau kritikan. Bisa juga dibentuk untuk bersenang-senang. Akan tetapi masih dimasukkan golongan seni rupa murni alasannya ialah wujudnya pas untuk dinikmati banyak orang.


14. Digital Painting


 Seni


Digital painting merupakan seni lukis yang dibentuk dengan pemberian teknologi digital menyerupai photoshop, corel draw, dan lain sebagainya. Memang tidak murni gesekan tangan, tapi masih masuk kategori seni rupa murni.


15. Seni Konseptual


 Seni


Seni rupa konseptual merupakan seni yang bekerjasama dengan konsep. Kaprikornus seni lebih ke konsep daripada perwujudan karyanya.


Dari klarifikasi dan pola di atas bisa diketahui bahwa seni rupa murni ialah seni rupa yang lebih menonjolkan nilai estetika dibanding nilai fungsionalnya. Meskipun hanya mementingkan nilai estetika, seni rupa murni tetap mempunyai banyak fungsi utama yaitu sebagai hiasan dan wadah kreativitas para seniman.


Demikian ulasan mengenai seni rupa murni, sejarah, jenis, fungsi, dan contohnya. Semoga bisa bermanfaat.


Baca juga:



FAST DOWNLOADads
| Server1 | Server2 | Server3 |
Download
Next Post Previous Post