Syair Adalah

FAST DOWNLOADads
Download

–  Syair ialah sebuah media yang berupa goresan pena untuk mengungkapkan perasaan atau pikiran dari sang penulis. Banyak pola syair yang ditulis oleh penyair termahsyur, yang berisi mengenai perasaan dengan makna dalam. Syair merupakan salah satu jenis karya sastra puisi lama, namun mempunyai perbedaan dengan karya sastra puisi usang lainnya.


Syair mempunyai pembahasan yang cukup banyak. Bukan hanya pengertian dan pola syair saja, namun kau juga harus mengetahui ciri-ciri dan jenis yang ada pada syair. hal tersebut akan memudahkan kau mempelajari syair dengan baik.


Pengertian Syair


  Syair


Syair ialah salah satu jenis puisi usang yang berasal untuk mengungkapkan perasaan, ekspresi, serta pikiran dari sang penulis. Setiap larik yang ditulis dalam pembuatan syair mempunyai akhiran yang sama bunyinya.


Syair ialah goresan pena yang berupa ungkapan kata dari sang penulis, menurut pemikiran dan perasaan yang dialami. Dalam bahasa Arab syair berasal dari kata “syu’ur” kemudian bermetamorfosis “syi’ru” yang artinya perasaan atau sebuah puisi.


Syair merupakan suatu karya sastra dalam goresan pena yang memakai ilustrasi hal kompleks, menyerupai kisah agama, nasihat, cinta, dan lain sebagainya. Hal tersebutlah yang membuat bait-bait syair cukup panjang ditulis.


Tulisan syair juga masih terikat pada hukum menyerupai dalam satu bait berapa banyak jumlah baris dan jumlah suku kata. Aturan yang terikat pada syair yaitu ada pada rima dan irama. Maka tak heran bila kebanyakan pola syair mempunyai bait yang berakhiran sama.


Ciri-ciri Syair


  Syair


Syair mempunyai ciri tersendiri untuk memudahkan membedakan mana pola syair dan pola karya puisi usang lainnya. Sehingga akan memudahkan kau ketika berguru mengenai syair. Berikut ini merupakan ciri-ciri syair yang harus kau ketahui diantaranya adalah,



  • Terdapat empat baris atau larik di setiap bait syair

  • Terdiri dari 8 hingga 14 suku kata setiap baris syair

  • Setiap bait syair menunjukkan arti atau makna sebagai satu kesatuan

  • Di setiap baris syair hanya mengandung isi dan makna saja

  • bersajak a-a-a-a

  • Bahasa yang dipakai dalam pola syair ialah bahasa kiasan

  • Isi dalam syair biasanya mengenai cerita, petuah, nasihat, dan dongeng

  • Irama pada syair terdapat di setiap pertengahan baris yakni sekitar 4-6 suku kata.


Jenis-jenis Syair


  Syair


Syair mempunyai banyak sekali jenis yang dibagi menurut tema dari isi goresan pena tersebut, diantaranya adalah




  • 1. Syair Agama




Syair agama ialah jenis syair yang tulisannya mengandung tema agama, menyerupai ilmu tasawuf. Satu insan agama merupakan syair yang sangat penting dalam kehidupan. Syair agama dibagi menjadi empat jenis yaitu syair nasihat, syair riwayat Nabi, syair sufi, dan syair aliran islam lainnya


Salah satu tokoh Indonesia yang pertama kali menulis karya sastra syair mengenai agama atau nasihat yang bijak ialah Hamzah Fansuri. Contoh syair yang diciptakan oleh Hamzah Fansuri adalah, Syair Perahu, Syair Raksi (ramalan kejadian), Syair Dagang, Dan Syair mengenai tabir mimpi




  • 2. Syair Kiasan




Syair kiasan merupakan jenis syair yang didalamnya berisi mengenai kisah perihal korelasi percintaan. Dalam penggunaan bahasa kiasan dipakai bunga, ikan, burung, dan buah sebagai suatu simbolik untuk menceritakan apa yang ditulisnya. Sehingga syair kiasan lebih menceritakan sindiran yang diperuntukkan kepada kejadian tertentu.




  • 3. Syair Panji




Syair Panji merupakan suatu syair yang ditulis untuk menceritakan suatu keadaan yang terjadi di sebuah kerajaan atau istana. Syair bertema Panji biasanya mencakup kisah peperangan, dan pengembaraan. Misalnya saja pada syair Ken Tambunan yang menceritakan perihal percintaan seorang tokoh kerajaan, Raden Puspa Kencana




  • 4. Syair Romantis




Syair Romantis merupakan syair yang ditulis dengan gaya pandang perihal percintaan sebagai pelipur lara, atau berisi kisah rakyat dan lain sebagainya.




  • 5. Syair Sejarah




Syair Sejarah merupakan syair yang berisi kejadian sejarah, adapun sebagian besar syair menceritakan sejarah yang berisi peperangan. Contohnya, Syair Perang Makassar yang pada zaman dahulu berjulukan Syair Sipelman. Syair ini menceritakan peperangan antara masyarakat Makassar dengan orang Belanda.


Menganalisis unsur yang ada pada syair


  Syair


Syair ialah karya sastra puisi usang yang mempunyai unsur tersendiri. Unsur yang ada pada syair terbagi menjadi dua yaitu unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik. Unsur dalam pembuatan syair tersebut dipengaruhi dari dalam maupun luar, berikut ini penjelasannya


Unsur intrinsik Syair


Unsur intrinsik syair merupakan unsur yang dipengaruhi dari dalam karya syair tersebut. Adapun unsur-unsur syair meliputi,



  • Tema, merupakan gagasan, atau inspirasi pokok dari isi syair yang disampaikan oleh penyair kepada pembaca. Tema yang dibentuk oleh penyair banyak sekali ragamnya, diantaranya menyerupai agama, alam, pendidikan, keindahan, Budi pekerti, kemanusiaan, kehidupan, dan lain sebagainya. Tema yang diangkat harus sesuai dengan isi syair yang dibuat, biar pesan yang disampaikan oleh penyair sanggup tersampaikan dengan baik.

  • Perasaan merupakan bentuk ungkapan yang ingin diutarakan oleh penyair dalam syairnya kepada pembaca. Ciri khas dari perasaan ini sanggup dilihat dari karakter, cara pandang dan lain sebagainya.

  • Nada, merupakan bentuk intonasi dan juga pementingan dalam teks isi syair. Dalam nada, maka pesan dan sifat syair akan lebih jelas, lantaran setiap nada mempunyai intonasi yang berbeda. Misalnya saja terdapat nada bergurau, menasehati, mengejek, sedih, mengkritik, bergembira, berbelas kasihan, dan lain sebagainya.

  • Amanat, merupakan nasehat atau pesan yang disampaikan oleh penyair kepada pembacanya, baik dalam bentuk tersirat maupun tersurat. Namun, umumnya pembaca akan menafsirkan sendiri pesan dari isi syair tersebut sesuai dengan pemahaman pembaca.


Unsur Ekstrinsik Syair



  • Latar belakang kehidupan penyairnya

  • Pendidikan yang ditempuh oleh penyair

  • Latar belakang lingkungan budaya dan sosial si penyair

  • Adat atau juga kebiasaan masyarakat setempat


Lima Penyair Yang Terkenal Di Indonesia


Indonesia mempunyai banyak penyair yang hingga ketika ini karyanya masih dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Berikut ini merupakan 5 penyair populer di Indonesia diantaranya adalah,




  • 1. Chairil Anwar




  Syair


Siapa yang tak kenal dengan Chairil Anwar? Penyair Indonesia yang satu ini sangat populer dan dijuluki dengan sebutan “Si Binatang Jalang” lantaran puisinya yang cukup populer yaitu yang berjudul “Semangat” atau “Aku” Chairil Anwar lahir di Medan, Sumatera Utara pada tanggal 26 Juli 1922. Chairil Anwar merupakan penyair aktivis angkatan 45 dan pencipta puisi modern di Indonesia.


Tulisannya yang dimuat pada Majalah Nisan di tahun 1942 telah mengangkat namanya ke dalam dunia sastra hingga populer ketika ini. Ia sudah menulis dan membuat sekitar 94 karya termasuk didalamnya terdapat 70 puisi, yang usianya pada ketika itu gres 20 tahun. Semua karya dan goresan pena dari Chairil Anwar dimuat di terbitkan dalam bentuk kompilasi di pustaka rakyat yang berjudul Deru Campur Debu dan Kerikil Tajam Yang Terampas dan Yang Putus pada tahun 1949 serta Tiga Menguak Takdir (ditulis bersama oleh Asrul Sani dan Rivai Apin) yang terbit pada tahun 1950


Namun, Chairil Anwar juga pernah ditolak karyanya oleh majalah Panji pustaka lantaran karyanya dinilai terlalu individualitas dan moderat oleh hukum puisi yang ada ketika itu. Meskipun begitu Chairil Anwar tetaplah penyair yang sangat terkenal, bahkan karyanya yang berjudul “Aku” diterjemahkan dan ditulis di luar negeri pada tembok yang dijadikan monumen.




  • W.S Rendra




  Syair


W.S Rendra juga merupakan sastrawan Indonesia yang sangat populer dengan karya-karyanya yang indah. Nama lengkapnya Willibrordus Surendra Broto, ia lahir di Solo, pada tanggal 7 November 1935.


Karyanya bukan hanya berupa puisi, melainkan cerpen, naskah drama, dan esai yang banyak dimuat oleh media massa. Karya pertamanya yang berupa puisi dimuat pada majalah siasat pada tahun 1952. Dari hal tersebut ia mulai tekun dalam menulis puisi dan puisinya mulai diterima di banyak majalah Indonesia.




  • Asrul Sani




  Syair


Asrul Sani merupakan orang yang sangat populer dalam kesusastraan di Indonesia. Ia lahir di Rao, Sumatera barat pada tanggal 10 Juni 1926. Selain menjadi sastrawan di Indonesia, Asrul Sani juga menjadi sutradara dari film ternama. Dia merupakan aktivis angkatan 45, bersama dengan Chairil Anwar.




  • Sitor Situmorang




  Syair


Sitor Situmorang merupakan masyarakat dari suku Batak Toba yang lahir di Harianboho, Tapanuli Utara, Sumatera Utara pada tanggal 2 Oktober 1923. Sitor Situmorang mempunyai nama kelahiran Raja Usu dengan marga Situmoran. Selain dikenal sebagai penyair dan sastrawan Indonesia, ia juga merupakan seorang wartawan.


Karirnya dimulai sebagai wartawan harian waspada dan wartawan harian bunyi nasional. ia mempunyai banyak pengalaman di dunia pekerjaan contohnya saja menjadi pegawai catatan kebudayaan departemen P K, anggota Dewan Nasional, anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat yang mewakili kalangan seniman, anggota Badan Pertimbangan Ilmu Pengetahuan dan lain sebagainya, ia tetap mengabdi pada negara.


Namun, Sitor Situmorang pernah dipenjara menjadi tahanan politik berada di Jakarta ketika tahun 1967 hingga 1974, pada masa pemerintahan orde baru. Meskipun begitu, karya-karya yang ia buat tetap banyak dimuat di media massa, mulai dari kumpulan puisi, kumpulan cerpen, dan kumpulan essay.




  • Taufiq Ismail




  Syair


Taufik Ismail merupakan sastrawan dan penyair populer di Indonesia. Ia lahir di Bukittinggi, Sumatera barat pada tanggal 25 Juni 1935. Sejak duduk di kursi Sekolah Menengan Atas Taufik Ismail memang mempunyai keinginan menjadi sastrawan. Ia pernah bekerja menjadi dokter kesehatan binatang dan jago peternakan, hal itu biar ia sanggup mewujudkan mimpinya namun gagal dan tidak terlaksana.


Taufik Ismail merupakan penyair Indonesia angkatan 66. Karyanya banyak dan cukup dikenal oleh masyarakat luas. Ia sering risau lantaran takut cepat merasa puas diri dan akan membuatnya malas menulis.


Contoh Syair


Ada banyak sekali pola syair yang terbagi menjadi beberapa jenis dan tema, diantaranya adalah,




  • Contoh Syair Persahabatan




  Syair


Hai sahabat ayo diingatKita bersua hanya tuk sesaat


Tapi kau akan tetap ku ingat


Dalam hati dengan amat sangat


 


Bila lain waktu kita bertemu


Dan kau telah bersama mitra baru


Janganlah lupakan aku


Tetap kenang masa lalu


 


Andai saja engkau tahu


Engkau layaknya bayanganku


Menemaniku tiap waktu


Baik dalam senang maupun susahku


 


Sahabat sejati itu abadi


Tak perlu lagi saya cari


Andai kita tak bersua lagi


Alangkah hancurnya hati ini


 


Tak hanya suka, mari membuatkan duri


Aku siap ada di sisi


Tak perlu ragu lagi untuk datangi


Mari bersama bahagiakan hati





SahabatJadikan saya pundakmu yang paling kuat


Yang layak kau gunakan untuk hal bermanfaat


Agar senyummu sanggup saya lihat


Sahabatku


Jadikan saya kawasan ceritamu


Yang masuk kedalam suka dukamu


Lalu kita lewati bersama selalu


Lihatlah saya yang selalu berwarna


Dan kau kepingan dari warna yang indah


Meski berbeda, tetapi kita sama


Bertuju pada hidup yang bahagia


(Oleh : Epin Supini)





Sahabat engkau selalu dihatiEngkau selalu membuatku ceria


Disaat hari-hariku sepi


Engkau selalu ada dan membuatku bahagia


Hanya engkau yang selalu ada sahabat


Di ketika saya susah maupun senang


Engkau selalu memberiku semangat


Keindahan hari bersamamu akan kukenang


Saat ku ingat masalalu


Ku sedih ku berduka


Karna sahabatku tak lagi disisiku


Dan tak lagi membuatku bahagia


Sahabat mengapa engkau meninggalkanku


Di ketika dirimu pergi hidupku hampa


Aku rindu ketika kau masih menjadi sahabatku


Kini tiada lagi yang membuatku tertawa


Wahai sahabat hendaklah ingat


Kita bertemu hanya untuk sesaat


Tapi engkau kan selalu kuingat


Dihati ini yang dalam sangat


Hai sahabat kalau lain waktu bertemu


Engkau bersama sahabat baru


Jangan kau lupakan diriku


Hendaknya kita mengenang masa lalu


Sahabat engkau sangat berarti bagiku


Engkau bagaikan bayanganku


Yang selalu menemaniku


Dalam suka dukaku


 


Sahabat sejati sahabat abadi


Dimana saya harus mencari


Jika kita tidak bertemu lagi


Kau tak tau hancurnya hati ini








Aku sedih, kau menghiburAku kecewa, kau membuat ku senang


Dan bila saya tak sanggup kau pun mengajari


Sahabat..


Kau bagai malaikat bagiku


Kau bagaikan bidadari untukku


Semua kebajikan ada padamu Sahabat..


Satu pintaku untukmu Yaitu komitmen selalu erat


Tak pernah terpisah Seumur hidup kita


(Oleh : Habib Rayhan Gunawan)






  • Syair Tentang Perpisahan




  Syair


Perpisahan Teman SejatiTeringat ketika pertama berjabat


Kau sapa saya dengan hangat


Hingga menjadi sahabat erat


Berpisah pun terasa berat


Selalu hadir dalam hati suka


Tetap setia ketika tiba duka


Bahkan kau tak pernah murka


Meskiku pernah membuatmu luka


Sering bertengkar dalam berteman


Menjaga diri dalam kebenaran bersama mengisi persahabatan


Mencegah diri dalam kenistaan


Sahabatku yang selalu hadir


Dalam setiap ujian takdir


Tetap ditempuh angin ribut petir


Menghadirkan senyum yang terukir


Wahai sahabatku di setiap waktu


Kini kita sudah jarang bertemu


Sibuk urusan diri pun jemu


Kudoakan selalu dalam sujudku





  • Contoh Syair Agama




  Syair


Jauhi semua perbuatan jahatJauhi pula pebuatan maksiat


Mari kita segera bertaubat


Supaya kita selamat dunia akhirat


 


Jangan risau dengan cobaan


Jangan bersedih lantaran kesulitan


Berdoa saja pada Tuhan


Insya Allah Dia kan kabulkan


 


Jangan lalaikan perintah-Nya


Kerjakan yang disuruh-Nya


Bertaubatlah kepada-Nya


Dia niscaya menerimanya


 


Ingatlah pada dosamu


Ingatlah akan kelalaianmu


Perbaiki hati dan dirimu


Tuhan niscaya kan menyayangimu


 


Orang renta suruh kita mengaji


Orang renta suruh tafakur tiap hari


Agar paham perintah Ilahi


Agar paham perbuatan yang tak diridloi







Jangan pernah merasa sendiriJika masih ada Allah SWT yang maha tinggi


Ialah pelepas keluh kesah yang kau alami


Pada Nya kawasan mengadu terbaik


Angkatlah kedua tanganmu


Jadikan kita sebagai hamba peminta kepada yang Maha Tahu


Berdoalah kepada Nya


Bukan kepada selain Nya


(Oleh : Epin Supini)





Janganlah engkau bertakaburPerbanyaklah engkau bertapakur


Mendapatkan nikmat harus bersyukur


Agar selamat dari siksa kubur


Ayat-ayat suci yang selalu ku ucapkan


Solat lima waktu kulaksanakan


Dzikir-dzikir selalu ku lantunkan


Ibadah kepadamu tuhan


Bertaubatlah sesudah berbuat salah


Karena kita makhluk yang lemah


Bantu saya dan tuntunlah


Untuk menggapai surgamu yang indah


Dunia ini memang tua


Sebaiknya jangan untuk huru hara


Ibadahlah memohon ampun kepada-Nya


Sesungguhnya hanya engkau yang sempurna


Mari kita semua sahabat


Perbanyak lah membaca sholawat


Seksa kubur semua lewat


Menuju ke alam akhirat





Berpikirlah secara sehatBerucap perihal taubat dan solawat


Berkarya dalam hidup dan manfaat


Berprasangka yang baik dan tepat


Rajin-rajinlah beribadat


Janganlah lupa mengerjakan solat


Dan perbanyaklah engkau berzakat


Untuk bekal nanti di akhirat


Janganlah engkau berbuat maksiat


Janganlah engkau berbuat jahat


Segeralah engkau bertaubat


Agar selamat dunia akhirat





Jauh sudah akku melangkahMengejar dunia dengan serakah


Semakin kukejar semakin jauh


Pada jurang siksa hati berlabuh


Lelah diri mengikuti syahwat


Jalani hidup semakin berat


Jiwa semakinn tak terawat


Hatipun rusak berkarat


Kini kuinginn kembali


Kepada-Mu wahai Rabbul Izzati


Agar tentram selalu menaungi


Untuk sisa hidupku ini


Di pintu rahmat-Mu saya berdiri


Mengharap rahmat serta kasih


Meski bergelimang debu dosa


Berharap kepadaMu senantiasa





  • Contoh Syair Kiasan




  Syair


Apalah saya hanya bunga pinggiranYang selalu dianggap tak berkesan


Tak seindah melati lambang kesucian


Hanya rakyat kecil penuh kehinaan


 


Aku pula bukan mawar istimewa


Yang dikawal duri kemana-mana


Cukuplah makan puaskan dahaga


Bergaul indah dengan tunawisma


 


Tada daya pada diri yang biasa


Merasa cinta pada sang bijaksana


Cukuplah tahukan diri sahaja


Yang tak layak bersanding dengannya


 


Kau demikian sempurna


Bak cincin berhiaskan permata


Tiada cacat tiada luka


Memandangmu sejukkan netra


 


Tak pantas rasanya kumbang nyatakan cinta


Pada bunga yang telah mekar sempurna


Tapi bagaimana pula hendak dikata


Saat rasa suka menjalar di dada





PaksiSimbangan konon namanya Cantik dan manis sekalian lakunya


Matanya intan cemerlang cahayanya


Paruhnya gemala tiada taranya


Terbangnya Simbangan berperi-peri


Lintas di Kampung Bayan Johari


Terlihatlah kepada putrinya


Nuri Mukanya cemerlang manis berseri


Simbangan mengerling ke atas geta


Samalah sama berjumpa mata Berkobaran arwah leburlah cinta


Letih dan lesu rasa anggauta


(Burung Nuri, Sultan Badaroedin)





Pertama mula pungguk merinduMembunyilah guruh mendayu-dayu


Hatinya rawan bercampur pilu menyerupai dihiris dengan sembilu


Pungguk bermadah seraya merawan


Wahai bulan terbitlah tuan


Gundahku tidak berketahuan


Keluarlah tercelah awan


Sebuah tilam kitalah beradu


Mendengarkan pupungguk merindu


Suaranya halus tersedu-sedu


Laksana orang berahikan jodoh


Pungguk merawan setiap bulan


Sebilang jitun berlompatan


Bulan mengandung disebelah lautan


Mendengarnya bersambut-sambutan


Diatas beraksa berapa lama


Gilakan cahaya bulan purnama


Jikalah bulan jatuh kerama


Dimanakah sanggup pungguk bersama


Pungguk bermadah seraya merawan


Wahai bulan terbitlah tuan Gundahku tidak berketahuan


(Si Burung Pungguk, Hamzah al Fansuri)





  • Contoh Syair Cinta




  Syair


Seorang gadis manis jelitaTelah melintas di depan mata


Membuat diri ini terpana


Dan juga mendambakan sosoknya


 


Wajahnya selalu ada dibenak


Membuat tidurku jadi tak nyenyak


Apakah ini ialah cinta


Atau sekadar terkagum saja


 


Cinta yang ada di ini dada


Kian merekah bagai sang bunga


Yang ‘tlah merekahkan kelopaknya


Yang punya warna indah di mata


 


Jangan berlebih dalam mencinta


Agar tak jadi benci akhirnya


Jangan berlebih kalau membenci


Supaya nanti tak jatuh hati


 


Kalau mencinta jangan memaksa


Supaya tidak saling menyiksa


Mencintalah dengan seikhlas rasa


Supaya tidak saling menyiksa


 


Jangan engkau buta dalam mencinta


Agar kau tidak membabi buta


Dalam menyayangi sosoknya


Dalam mencemburi sosoknya


 


Jikalau ia memang jodohnya


Pastilah nanti akan berjumpa


Jikalau memang bukan jodohnya


Marilah coba ikhlaskan saja


 


Wahai kau kekasih yang tercinta


Dimanakah engkau sekarang berada


Daku sangat ingin kita berjumpa


Dan bercanda tawa bersama-sama


 


Akan kupanjatkan sebuah doa


Untuk dirinya yang kucinta


Semoga ia slalu bahagia


Dan berada dalam lindungan-Nya


 


Aku membisu bukan karna tak cinta


Aku hanya sedang memendam rasa


Yang belum saatnya diungkapkan


Yang belum saatnya dicurahkan


 


Terkadang  kita harus relakan


Orang yang sangat kita sukai


Terkadang kita mesti ikhlaskan


Kekasih hati yang telah pergi


 


Jangan memaksakan perasaan


Perasaan cintamu kepadanya


Jika engkau memang ia idamkan


Pasti ia akan balas cintamu


Jika rasa cinta dipaksakan


Maka kita akan raih sengsara


Memaksakan cinta yang kita punya


 


Jika kau mencinta dengan buta


Maka kau ‘kan sukar membedakan


Mana yang sebenarnya cinta


Dan mana yang hanya birahi insan


 


Jangan menyayangi karna harta


Jangan pula cinta karna rupa


Cintailah karna nilai agama


Yang ditanam dalam dada dirinya


 


Jangan menyayangi lantaran materi


Nanti kita akan jadi merugi


Jangan pula cinta karna rupa


Nanti cinta kita ‘kan gampang sirna


 


Jika ia memang bukan jodohnya


Mari diikhlaskan saja dirinya


Moga nanti akan kita mendapat


Pengganti yang jauh lebih tepat


 


Rasa cinta itu ada di dada


Bukan ada dalam limpahan harta


Ataupun di dalam indahnya rupa


Dan juga dalam eloknya raga


 


Jika memang ia jodohnya kita


Pastilah nanti akan bersua


Dan bersatu dalam jalinan cinta


Yang diridai oleh diri-Nya


Jikalau kita sukar bersama


 


Di alam dunia yang fana ini


Semoga nanti sanggup bersama


Di alam Sana yang abadi


Janganlah engkau paksa hatimu


Jikalau memang tak cintaiku


Aku pun akan merelakanmu


Jika kau memang tak cintaiku





  • Contoh syair Romantis




  Syair


Pengalaman terbaik ialah jatuh cintaSeperti halnya mewujudkan apa yang kau pinta


Hari hari menjadi penuh warna


Setiap hari burung-burung bernyanyi memberikan pesan darinya


Oh saya telah jatuh cinta


Berkali-kali dibuatnya susah lupa


Ada dia, dia, ia yang ku cinta


Hingga saya tak mengenal hari-hari duka


Tetaplah bersanding cintaku


Bersama kita buat cerita


Mengalahkan karya-karya penyair ternama


(Oleh : Epin Supini)





  • Contohnya syair kehilangan




  Syair


Kau pernah hadirkan ia dalam cerita

Menjadi sesuatu yang indah dan berharga

Hingga balasannya saya kehilangannya

Biarlah ada luka yang membekas pada dada

Ku nikmati dan ku kenang sebagai kepingan yang tak biasa

Bagaimanapun, saya tidak tersiksa

Terimakasih cinta

Kau beri senang juga luka

Biarlah terhapus oleh cinta yang didamba pula

Tanpa menghapus kenangan indah cinta lama

(Oleh : Epin Supini)





  • Contoh Syair Rindu




  Syair


Tak Ada Seorangpun yang Merindukanmu Seperti DirikuTak ada seorangpun yang merindukanmu menyerupai diriku


Tak ada seorangpun yang membutuhkanmu melebihi diriku


Dan tak tak ada seorangpun yang tertekan hatinya lantaran takut kehilanganmu


Seperti tertekannya hatiku


Maka perhatikanlah aku


Karena sejauh ini engkau tak menyadari kegilaanku padamu


Dan engkau tidak menyadari betapa besarnya rasa itu


Rasa yang nyaris mencabik-cabik hatiku setiap hari


Aku merasa tulang-tulang rusukku kian melebar


Dan saya ingin lebih lagi mencintaimu


Dikelilingi oleh hal-hal semacam itu


Yang semuanya lantaran dirimu


Karena hatimu yang sanggup menghilangkan pikiranku


Karena kesetiaan dan kejujuran yang kulihat dengan kedua matamu


Karena dalamnya perasaan itu yang didenyutkan oleh jantungmu


Karena lapangnya hatimu yang ku pilih biar ia memikulku dengan segenap kata hatiku


Engkau banyak dikerumuni para pecintamu


Bagaimana saya tidak merasa lemas dan tak berdaya


Atas beban yang begitu menekan dadaku


Dan atas rasa kegagalan yang setiap hari menghantuiku


Bahwa saya mesti lebih lebih lagi mencintaimu


Maka tolong jawablah aku


Apakah saya diterima kalau saya lebih lebih lagi mencintaimu


Ataukah harus ku lanjutkan rasa itu


Yang engkau nyaris mengambil segalanya dariku


Dimanakah engkau





  • Contoh Syair Jatuh Cinta




  Syair


Aku mencintaimu, wahai orang yang kudedikasikan kata-kataku padanyaAku mencintaimu, wahai mawar terindah di kebun hatiku


Aku mencintaimu, wahai penyejuk mata dan kawasan berlindungku


Aku mencintaimu, wahai mimpi dan hasrat terindahku


Karena kedua matamu saya mencintaimu


Dan saya tahu bahwa engkau pantai dan daratan harapanku


Aku mencintaimu di segala ekspresi dominan dan di segala warna


Aku mencintaimu lantaran kesucian kedua matamu yang indah


Aku mencintaimu dengan segala kata dan makna cinta yang suci


Aku mencintaimu lantaran kedua matamu


Sedang pengingkaran bukahlah sifatku


Aku mencintaimu, saya menyayangi setiap apa yang kau cintai, dan setiap orang yang mencintaimu


Aku menyayangi dunia ini lantaran ada engkau di dalamnya


Aku menyayangi hari-hari dan takdir, lantaran keduanya memusatkanku padamu


Aku menyayangi setiap aksara dalam namamu





Kau cinta pertamaMasuk ke dalam kisah hidupku dalam suka


Tetap menemani ketika duka


Ketika semua pergi tiada


Hanya kau yang ada di jiwa


Hanya kau yang ada di dada


Sumpah ketika ini saya tak berdusta


Untuk selamanya saya hanya ingin kita berdua


Bersua menceritakan hal yang sama


Baik sedih juga ceria


Hanya kamu, tidak ada dia


(Oleh : Epin Supini)





  • Contoh  Syair Pendidikan




  Syair


Dengarlah wahai anakandaRajinlah berguru sepanjang masa


Ilmu tiada pernah habis dieja


sebagai bekal sepanjang usia


Dengan ilmu engkau terjaga


Dari suramnya waktu dan masa


Cemerlang akan senantiasa


Menyinari dirimu di masa dewasa





Buku ialah jembatan ilmuMembaca jendela dunia


Itulah kata penyair-penyair ternama


Untuk para anak muda


Pengetahuan membawa keberhasilan


Keberhasilan membawa kebahagiaan


Bahagia lah kamu, dengan orang tua


Agar mereka merasa bangga


Pada jiwa yang telah susah payah ia lahirkan ke dunia


(Oleh : Epin Supini)





Biar ilmu yang selalu kucariMenjadi sesuatu hal yang harus dipelajari


Agar hidup sanggup dilewati


Pendidikan untuk diri sendiri


Sangat penting untuk teman-teman sejati


Mengajari kebaikan juga ilmu


Agar kita semua tahu


Hidup tak lagi berarti tanpa ilmu


Seperti berjalan dengan kaki satu


(Oleh : Epin Supini)





  • Contoh Syair Sejarah




  Syair


Wahai Tuanku yang sakti

Terhadap Allah serta Rasul juga bakti

Suci serta lapang dada di dalam hati

Layaknya air ma’al hayatiRaja yang berani sangat bertuah

Hukumnya adil kalbunya juga murah

Segenap tahun zakat pun pula fitrah

Fakir serta miskin limpah


Sultan Goa ialah raja yang sabar

Rajin ibadah dengan sangat gemar

Punya motto amar ma’ruf nahi munkar

Pada pendeta ia tetap belajar





  • Contoh Syair Lingkungan




  Syair


Alam sekarang telah hampir mati

Waktu juga tak lagi peduli

Hati insan makin keras bagai besi

Berdiri besar kepala di atas bumiSaat pagi telah menjelang

Tak heran kicau burung mulai hilang

Langit juga tak tampak tenang tenang

Tapi nafsu insan terus menjulang


Musim yang berganti tak teratur lagi

Petani sungguh kan merugi

Makanan pokok juga kan mati

Anak cucu jadi tak sanggup menikmati


Alam sudah mulai tak seimbang

Penghuni di dalam juga kan jadi malang

Tapi kesadaran tak kunjung datang

Hingga bumi tak mau lagi benderang


Itu semua tanggapan manusia

Terhadap alam berbuat semena-mena

Tak sadar keturunan kan menderita

Karena tak bertanggung jawabnya mereka


Cintailah lingkunganmu

Jangan biarkan ia jadi kelabu

Dengarkan nasehat semenjak zaman dulu

Lestarikanlah alam sekitarmu





  • Contoh Syair Guru




  Syair


Kebingunganku tersesat dalam kegelapanKu berjalan terhuyung-huyung penuh lelah


Tanpa cahaya, tampa lentera penyinar


Hanya tongkatmu ku berpegang,


Wahai Guru Besarku.


Kau ajari saya apapun yang tak ku tahu


Kau ajari saya dengan perjuangan kerasmu


Kau sinari saya dengan sinar terrangmu


Kau bawa diriku pada gerbang kehagiaan





  • Contoh Syair Nasehat




  Syair


Orang kaya jangan suka menghinaKarena kaya miskin sama saja


Tiada insan yang hina


Karena hidup itu layaknya roda


 


Jika berteman jangan bergaduh


Tak ada gunanya bila bermusuh


Jangan pula bersikap angkuh


Karena tersisih membuah hidup keruh


 


Walau kau sudah besar


Jangan bertutur kata dengan kasar


Jadilah eksklusif yang sabar


Agar tetangga tak jadi gusar


 


Jika diri terus ikuti syahwat


Hidup sanggup jadi lebih berat


Jiwa sanggup jadi tak terawat


Hati juga sanggup rusak berkarat


 


Yang kaya harusnya keluarkan sedekah


Pandang orang yang posisinya di bawah


Jangan arahkan kepala menengadah


Agar diri tak terpengaruhi untuk bermewah





  • Contoh Syair Pemuda




  Syair


Usiamu hingga hari iniLakukan yang terbaik sebelum terlambat terjadi


Dikaki kuatmu tetaplah berlari


Sekencang mungkin hingga menjadi-jadi


Tulang berpengaruh mu jangan biarkan menumpul


Nanti kalau sudah begitu rasa sesalmu timbul


Masa muda harus semangat


Mengejar renta yang tetap merasa muda


(Oleh : Epin Supini)





Hidup jangan disia-siakanSeperti air yang dibiarkan dalam baskom hingga berkeruh alasannya ialah tak digunakan


Hari ini pikirkan esok hingga masa depan


Agar hidupmu ketika itu merubahkan ketika ini


Lihatlah mereka yang berjalan dengan sepatu kulit


Dibandingkan engkau yang masih pakai sendal jepit


Betapa menyesalnya kalau tak sepertinya


Yang terlihat senang dengan barang berharga


Kau menginginkan sesuatu yang baru


Mesti bekerja keras dalam hidupmu


Hingga terwujud keinginan sederhanamu


Masa depan harus terjadi sesuai mimpimu


(Oleh : Epin Supini)





  • Contoh Syair Orang Tua




  Syair


 


Jagalah ibumu yang telah rela membuka lubang kehidupannyaHargailah ayahmu yang rela mengeluarkan keringat kasih sayang


Dimana keduanya berada, cari tanpa henti


Dimana keduanya tersesat, tuntun hingga sampai


Sebab dulu kau kecil, mereka beri segalanya


Sebab dulu kau kecil, mereka rela kehilangan segalanya


Saat ini hanya ada kau


Putri kecil yang sudah dewasa


Rambut panjang mu masih terikat dalam memori ayah ibu


Jagalah, hargailah orang tua


(Oleh : Epin Supini)





  • Contoh Syair Ibu




  Syair


 


IbuBagimu saya ialah pelipur lara yang hadir untukmu


Membawa senyuman di lukamu


Setiap kali kau menatapku


Ibu


Bagiku kau ialah malaikat untukku


Selalu bersahabat dengan diriku


Untuk melindungi ku


Terimakasih ibu ku sayang


Kasih mu kan ku kenang dalam genggaman yang tidak pernah hilang


(Oleh : Epin Supini)





  • Contoh Syair Ayah




  Syair


AyahKau ialah hero sejati untuk keluarga


Bahu mu berpengaruh menyerupai baja


Yang rela menopang beban keluarga


Yang rela menahan air mata


Kau rela kedinginan


Demi memberi selimut pada putri yang manis nan anggun


Kau rela berjalan dibawah terik matahari


Demi mewujudkan putri yang kau sayangi


Terimakasih ayah


Cinta pertama bagi setiap anak perempuan


(Oleh : Epin Supini)





  • Contoh Syair Kehidupan




  Syair


Manusia hidup di bumi tuk diuji

Ditujukan biar jadi yang sejati

Demi mendapat derajat yang tinggi

Jadi makhluk yang diberkatiDunia memang indah rupa

Wajar insan jadi terperdaya

Pun juga karam karenanya

Gegara itu kita harus terus terjaga


Bencana bukan lantaran dunia senja

Tapi insan berlaku seenaknya

Berbuat kerusakan dimana-mana

Hingga alam tak lagi tunjukkan senyumnya


Jiwa ada untuk bahagia

Jiwa juga ada untuk merdeka

Dengan begini hanya lapang dada yang ada

Berpasrah hanya pada yang Maha Esa


Kita hidup harus ramah

Sikap terpuji jangan dipilah

Pada siapapun jangan banyak tingkah

Jauhkan hati dari rasa resah





  • Contoh Syair Jenaka




  Syair


Saat terik menahan pukat

Hingga petang ikan tak kunjung lekat

Angkara yang memerang akan disekat

Pak Cikrak aib terlondeh pelikatBahagia benar kerbau yang berkubang

Lembu tengah melihat hidungnya mengembang

Kambing hendak bersahabat merasa bimbang

Biawak tertawa pengecap bercabang


Angin bertiup dikala petang

Beruk terlelap di atas batang

Mulutnya terbuka matanya buntang

Tupai tergeletak berguling gantang


Itik pulang ketika petang

Ayam yang bertelur suaranya lantang

Kucing malas tidurnya terlentang

Diinjak tuan naiklah bintang


Singa yang mengaum giginya patah

Tak sanggup makan daging mentah

Gajah minta daun dengan meratah

Termakan jelatang muntah-muntah



Syair ialah ungkapan kata yang penuh makna dan ditulis pada selebaran kertas kosong. Syair merupakan salah satu jenis puisi usang yang masih terikat hukum rima dan irama. Maka tak heran bila dalam syair setiap bait mempunyai sajak yang berakhiran sama.


Itulah beberapa pembahasan mengenai syair dimulai dari pengertian, ciri, jenis, hingga pola syair menurut jenis dan tema. Dalam pembuatan syair diharapkan kata kiasan yang membentuk goresan pena menjadi lebih indah dan bermakna.


Baca juga:



FAST DOWNLOADads
| Server1 | Server2 | Server3 |
Download
Next Post Previous Post