14 Cara Install Git Di Windows Dan Linux Terlengkap 2019

FAST DOWNLOADads
Download

Cara Install Git – Git merupakan  version command arrangement yang digunakan developer untuk kebutuhan pengembangan software secara bersama. Fungsi git adalah mengatur tiap versi beginning code programme dengan memberikan tanda baris dan kode mana yang akan diganti atau ditambah. Developer memilih menggunakan git karena sangat efektif dan dapat digunakan dengan mudah. Banyak yang mengatakan bahwa Git berbeda dengan VCS lain karena lebih baik dalam menyimpan informasi.


Selain itu Git juga dapat memberikan perlakukan berbeda terhadap tiap informasi walau soal antar muka atau interface nya hampir sama. Secara umum Git bekerja layaknya kumpulan snapshot dari bagian sistem miniatur berkas sehingga kita ada perubahan pada projection Git maka akan secara otomatis terekam bagaimana gambaran keadaan nya dan menyimpan referensinya sebagai gambaran.


Git sangat memudahkan programmer mengetahui perubahan beginning code sehingga tak perlu membuat file baru karena bisa dipantau secara langsung. Selain itu bagi yang bekerja secara squad tentunya pekerjaan satu sama lain tak akan mengalami bentrokan. Tiap programmer atau developer bisa membuat branch milik sendiri sebagai lokasi workspace nya sehingga tidak tercampur dengan yang lain nya.


Kini kita bisa menjumpai beberapa VCS seperti contohnya github, bitbucket, snowy even out dan masih ada banyak lagi di internet. Kelebihan lain yang bisa didapatkan kan sistem komentar pada beginning code yang sudah diubah sehingga dapat menyelesaikan masalah jika terjadi code error. Developer lain bisa mengkoreksi beginning code atau bisa juga mencontohnya jika proteksi file dibuat open.


Cara Install Git Di Windows Dan Linux Terlengkap


Git
Cara Install Git


Cara install Git memang berbeda antara Windows dan Linux, namun untuk operasinya dalam command sama sehingga bisa dimengerti lintas platform. Dengan kemudahan yang ditawarkan tentunya tak ada salahnya mencoba dan mengetahui cara install Git dengan benar. Kami sudah menyiapkan informasi seputar cara install git beserta downloadnya berikut ini.


Cara Install Git Di Linux


Git
Cara Install Git Di Linux


Memang untuk cara install Git di Linux tak menggunakan setup melainkan charge terminal. Pastikan memiliki jaringan network untuk bisa download secara langsung. Baik Debian maupun Fedora memiliki perintah atau command yang berbeda lebih jelasnya simak berikut ini.


1.Cara Install Git Debian


Silahkan buka final pada Linux Debian lalu ketikkan perintah seperti berikut ini


sudo apt install git


Bisa juga menggunakan perintah lain seperti berikut ini


sudo apt-get install git


2.Cara Install Git Fedora


Silahkan buka final pada Linux Fedora lalu ketikkan perintah seperti berikut ini


yum install git


Cara Install Git Di Windows


Git
Cara Install Git Di Windows


Cara install Git di Windows memang berbeda dari Linux, jika Linux bisa secara otomatis maka Windows harus manual download. Untuk download Git bisa langsung kunjungi situs resminya git-scm.com. Silahkan unduh versi Git yang sesuai dengan arsitektur sistem operasi yang kita miliki, baik 64 chip atau 32bit. Setelah mendownload kita harus menjalankan setup secara manual lebih lengkapnya simak langkah berikut ini.


1.Jalankan Installer Git


Git
Jalankan Installer Git


Masuk ke dirtektori dimana unduhan Git berada lalu klik installer 2 kali untuk menjalankan setup. Jika dibutuhkan akses administrator Windows maka berikan saja.


2. Informasi Lisensi


Git
Informasi Lisensi


Akan muncul card setup yang menerangkan informasi lisensi. Langung saja klik adjacent untuk melanjutkan setup berikutnya.


3.Lokasi Instalasi


Git
Lokasi Instalasi


Menu berikutnya adalah memilih destinasi folder untuk instalasi, jika ingin merubahnya tinggal pilih browse. Namun jika ingin tetap di crusade C maka langsung saja klik Next


4.Pemilihan Komponen


Git
Pemilihan Komponen


Pada tampilan setup berikutnya akan menampilkan beberapa komponen Git yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Jika ingin menggunakan komponen standar maka klik adjacent saja.


5.Pemilihan Direktori Start Menu


Git
Pemilihan Direktori


Selanjutnya adalah pemilihan direktori untuk get-go menu, jika ingin merubah lokasi tinggal pilih browse. Namun jika ingin menggunakan lokasi bawaan maka klik adjacent saja.


6.Pengaturan PATH Environment


Git
Pengaturan PATH Environment


Selanjutnya ada pengaturan PATH Environment, untuk pengguna Windows tentynya memilih menggunakan programme bawaan yaitu Command Prompt (CMD). Pilih CMD lalu klik next


7.Konfigurasi Line Ending


Git
Konfigurasi Line Ending


Konfigurasi Line Ending Conversion dapat disesuaikan dengan kebutuhan developer, namun karena menggunakan Windows lebih baik memilih yang Windows fashion lalu klik next.


8.Konfigurasi Terminal Emulator


Git
Konfigurasi Terminal Emulator


Pemilihan final emulator menggunakan bawaan console Windows seperti gambar diatas lalu klik next.


9.Konfigurasi Extra Option


Git
Konfigurasi Extra Option


Git memberikan beberapa opsi yang bisa dipilih, namun pakai yang standar saja dengan menyesuaikan gambar diatas lalu kemudian klik next.


10.Konfigirasi experimental Option


Git
Konfigirasi experimental Option


Karena menggunakan pengaturan standar maka jangan centang experimental Option dan langsung saja klik adjacent untuk memulai instalasi


11.Proses Instalasi berjalan


Git
Proses Instalasi berjalan


Proses instalasi berjalan dan tunggu beberapa saat hingga selesai.


12.Selesai lalu Klik Finish


Git
Selesai lalu Klik Finish


Jika sudah selesai maka tinggal klik finish, jangan centang View Release Note ataupun Launch Git Bash. Langkah selanjutnya tinggal mengakses Git lewat CMD, lalu cek versinya dengan command git –version


Demikian lah cara instal Git untuk Linux dan Windows yang bisa kami jabarkan diatas. Jika Install pada Linux dapat di didownload langsung melalui final sehingga lebih simple. Berbeda hal nya dengan Windows yang harus download dulu dan install secara manual. Namun fungsi Git pada windows dan Linux sama dengan perintah yang juga sama sehingga bisa digunakan secara cross platform.


FAST DOWNLOADads
| Server1 | Server2 | Server3 |
Download
Next Post Previous Post