Bahasa Pemrograman Paling Populer

FAST DOWNLOADads
Download

10 Bahasa Pemrograman Paling Populer di Seluruh Dunia – Apakah Anda mempunyai aspirasi atau impian untuk menjadi seorang programmer? Ingin menciptakan aplikasi sendiri? Atau ingin menjadi desainer web?





Maka Anda perlu mempelajari nama bahasa pemrograman. Tetapi sebelum itu, apakah Anda sudah tahu definisi dan pengertian bahasa pemrograman itu sendiri?





Apa Itu Bahasa Pemrograman?





Bahasa




Secara umum, bahasa pemrograman sanggup diartikan sebagai kumpulan arahan standar yang sanggup dipakai untuk “memerintahkan” komputer dalam menjalankan tugas.





Sederhananya, bahasa pemrograman sanggup dibilang cara seorang programmer berkomunikasi dengan mesin itu sendiri melalui proses pengkodean.





Di seluruh dunia ada banyak jenis bahasa pemrograman, masing-masing mempunyai fungsi, kelebihan dan kekurangan.





Lalu di mana bahasa pemrograman yang paling terkenal dan banyak dipakai di seluruh dunia? Memang ada beberapa bahasa pemrograman lebih terkenal dan banyak digunakan.





Anda niscaya pernah mendengar wacana Java, Python, PHP, C # dan banyak lainnya. Itu sedikit dari jenis bahasa pemrograman yang ada.





Untuk menambah pengetahuan anda, berikut ini yaitu bahasa pemrograman yang paling terkenal dan banyak dipelajari di seluruh dunia.





Bahasa Pemrograman yang Paling Terkenal dan Banyak Digunakan





Berikut ini yaitu bahasa pemrograman paling terkenal yang sering dipakai antara lain:





1. Java





Bahasa




Kita mulai dengan bahasa pemrograman yang paling banyak dipakai oleh para programmer. Java yaitu bahasa pemrograman yang sanggup dipakai untuk menciptakan aplikasi baik desain desktop, seluler dan web.





Bahasa pemrograman ini memakai konsep OOP (Object Oriented Programming). Java yaitu open-source dan sangat fleksibel alasannya yaitu kompatibel dengan aneka macam jenis sistem operasi.





Slogan dari Java yaitu “Menulis sekali, jalankan di mana saja”.





2. PHP





PHP yaitu kependekan dari Hypertect Prepocessor yang merupakan bahasa pemrograman yang dirancang untuk pengembangan web. PHP pertama kali dikembangkan oleh Rasmus Lerdoft pada tahun 1995.





Awalnya berjulukan Personal Home Page alasannya yaitu ditujukan untuk pengembangan web pribadi. Sama menyerupai Java, PHP juga open-source, juga sangat terkenal dan banyak dipakai di seluruh dunia.





Dikutip dari Wikipedia, pada tahun 2014 82% server web di dunia semuanya memakai PHP.





3. C ++





Ini yaitu hasil pengembangan bahasa pemrograman C yang dilakukan oleh Bjarne Stroust pada 1980-an.





Perbedaan fundamental antara kedua bahasa pemrograman yaitu orientasinya terhadap objek (Pemrograman Berorientasi Objek).





Bahasa pemrograman C ++ sanggup dipakai untuk membuatkan aneka macam perangkat lunak dan cukup terkenal bahkan di Indonesia.





4. C # (C Sharp)





C # (baca C Sharp) yaitu bahasa pemrograman “sederhana” yang biasanya dipakai untuk pengembangan web atau menciptakan aplikasi dan game. Bahasa pemrograman yang satu ini juga berorientasi objek.





C # sendiri dikembangkan oleh Microsoft bersama dengan Anders Helsberg. Tujuan utama dari proyek ini yaitu untuk menciptakan bahasa pemrograman utama untuk .NET Framework.





Dikatakan bahwa siapa pun yang telah berguru Java, akan merasa lebih gampang untuk berguru bahasa C #.





5. JavaScript





Tidak menyerupai PHP yang merupakan sisi server, JavaScript yaitu bahasa pemrograman sisi klien. Ini yaitu bahasa pemrograman di mana semua pemrosesan dilakukan oleh klien.





Siapa klien di sini? Ini yaitu aneka macam browser web menyerupai Google Chrome dan Firefox.





Tujuan utama pengembangan JavaScript yaitu untuk mempercepat interaksi antara pengguna dan situs web tanpa harus menunggu pemrosesan dari server.





Sebelum JavaScript, semua interaksi yang terjadi antara pengguna dan web harus diproses oleh server.





6. Python





Bahasa




Bahasa pemrograman ini dibentuk dan diciptakan oleh Guido van Rossum, yang merupakan keturunan Belanda.





Python yaitu bahasa pemrograman yang cukup terkenal dan telah banyak dipakai oleh perusahaan besar untuk membuatkan aneka macam perangkat lunak.





Bahasa pemograman Ini juga open-source dan freeware sehingga siapa pun sanggup dan sanggup memakai serta mengembangkannya.





Python juga tersedia di aneka macam sistem operasi terkenal menyerupai linux, windows, DOS dan Manchintosh.





Seperti Java, Python juga merupakan bahasa pemrograman berorientasi objek (Object Oriented Programming).





7. Visual Basic





Visual Basic yaitu bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Microsoft.





Bahasa pemrograman ini memperlihatkan IDE visual dalam pembuatan perangkat lunak,





dan bahasa pemrograman Visual Basic pun dikembangkan dan di fungsikan untuk menciptakan software berbasis SO atau sistem operasi Windows.





Visual Basic sendiri yaitu turunan dari bahasa pemrograman BASIC.





Sebuah survei pada tahun 2005 memperlihatkan bahwa 62% pengembang perangkat lunak memakai Visual Basic dalam membuatkan perangkat lunak mereka.





Sehingga mengakibatkan Visual Basic salah satu bahasa pemrograman paling populer.





8. C





Bahasa pemrograman C dibentuk dan mulai dikembangkan pada tahun 1972 oleh Dennis M Ritchie. Tujuan awal pembuatan bahasa pemrograman ini yaitu untuk membuatkan OS UNIX.





Sebelum C dibuat, UNIX dibentuk memakai bahasa pemrograman Assembly. Tetapi bahasa dikenal rumit dan sulit untuk menciptakan bahasa pemrograman C.





Sekarang dipakai untuk membuatkan dan menciptakan aneka macam perangkat lunak dan kompatibel dengan OS menyerupai windows dan linux.





9. ActionScript





ActionScript yaitu bahasa pemrograman yang dibentuk menurut ECMAScript yang dipakai dalam pengembangan situs web dan perangkat lunak memakai platform Adobe Flash Player.





ActionScript juga dipakai dalam beberapa aplikasi basis data, menyerupai Alpha Five.





Bahasa ini awalnya dikembangkan oleh Macromedia, tetapi kini telah dimiliki dan dilanjutkan pengembangannya oleh Adobe, yang membeli Macromedia pada tahun 2005.





Script Aksi terbaru kini yaitu Action Script 3.0. Action Script 3.0 yaitu bahasa terbaru dari edisi yang sebelumnya dikenal sebagai Action Script 2.0.





Action Script 3.0 mempunyai beberapa keunggulan dibandingkan pendahulunya, termasuk fitur yang ditawarkan yaitu file dalam Action Script 3.0 sanggup dibentuk secara terpisah ketika runtime.





10. Objective-C





Objective-C yaitu bahasa pemrograman berorientasi objek. Bahasa pemrograman satu ini difungsikan untuk membuatkan aplikasi yang dipakai pada perangkat milik Apple,





bahkan SO atau sistem operasi iOS ini dikembangkan memakai bahasa pemrograman Objective-C.





Penutup





Demikianlah artikel kami wacana 10 Bahasa Pemrograman Paling Populer di Seluruh Dunia, supaya sanggup membantu anda dalam menentukan bahasa pemrograman sesuai yang anda butuhkan.





Terima kasih dan hingga berjumpa di artikel kami selanjutnya.





Baca Juga:









F.A.Q.





Apa Itu Bahasa Pemrograman?

Bahasa pemrograman sanggup diartikan sebagai kumpulan arahan standar yang sanggup dipakai untuk “memerintahkan” komputer dalam menjalankan tugas.

Contoh Bahasa Pemrograman?

Beberapa pola bahasa pemrograman diantaranya yaitu Java, PHP, Visual Basic, C++, dan masih banyak lagi.

Apa Itu Java?

Java yaitu bahasa pemrograman yang sanggup dipakai untuk menciptakan aplikasi baik desain desktop, seluler dan web.


FAST DOWNLOADads
| Server1 | Server2 | Server3 |
Download
Next Post Previous Post