Cara Membuat Blog

FAST DOWNLOADads
Download

9 Cara Membuat Blog di Blogger: Mudah, Aman dan Cepat – Anda niscaya tidak gila lagi dengan yang namanya blog, yah blog atau blogger memang sudah sangat populer, rata-rata artikel yang sering anda baca berasal dari blogger.





Blogger ialah salah satu aplikasi web sebagai daerah postingan atau artikel yang diposting. Di dalam blog postingan berurutan dari posting terbaru ke posting terlama.





Pengertian Blog





Blog ialah abreviasi dari Weblogs, istilah ini pertama kali dipakai oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997.





Jorn Barger memakai istilah Weblog untuk merujuk ke grup situs web eksklusif yang selalu diperbarui terus menerus dan berisi tautan ke situs web lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar- komentar mereka sendiri.





Dengan kata lain, Weblog sanggup diartikan sebagai kumpulan situs web eksklusif yang memungkinkan pencipta untuk menampilkan banyak sekali jenis konten di web dengan mudah, ibarat dokumen, kumpulan tautan internet, dokumen (file WOrd, PDF, dll.), Gambar atau multimedia.





Ada juga orang yang mendefinisikan blog sebagai situs pribadi, yang lebih berfokus pada deskripsi orang yang menciptakan blog itu sendiri. Seiring berkembangnya weblog dari waktu ke waktu, pemahaman perihal weblog akan berkembang seiring dengan inspirasi dan harapan Blogger.





Apa Itu Blogger





Blogger ialah orang yang menciptakan blog, baik blog nya sendiri atau blog orang lain.





Sejarah Blog





Halaman “What’s New” di browser Mosaic yang dibentuk oleh seorang yang berjulukan Marc Andersen tahun 1993 kemungkinan ialah Blog pertama yang pernah ada.





Mosaic ialah browser pertama sebelum Internet Explorer bahkan sebelum Nestcape.





Pada bulan Januari tahun 1994 Justin Hall mulai menulis situs pribadinya yang diberi judul “Justin’s Home Page” dan kemudian berkembang menjadi “Tautan dari Bawah Tanah” yang mungkin disebut Blog pertama ibarat yang kita kenal sekarang.





Hingga tahun 1998, jumlah blog yang masih sangat kecil. Ini alasannya ialah pada ketika itu diharapkan keahlian dan pengetahuan khusus perihal menciptakan situs web, HTML, dan hosting web untuk menciptakan Blog.





Sehingga hanya mereka yang terlibat di bidang Internet, Administrator Sistem atau Desainer Web yang pada waktu luangnya dibentuk Blog mereka sendiri.





Sebuah blog/blogger biasanya berisikan perihal pengetahuan umum, tutorial, pengalaman eksklusif seseorang, bisnis dan hal-hal lain yang dituliskan oleh seseorang memakai editor blog dan kemudian dipublikasikan ke internet.





Selain dipakai untuk membuatkan pengalaman, blog juga dipakai untuk bidang penghasilan tambahan, toko online, dan hal-hal lainnya.





Dengan blog, Anda sanggup membuatkan pengalaman atau hal lain yang bermanfaat bagi pembaca.





Cara Membuat Blog di Blogger Blogspot





Anda




Melalui artikel berikut, kami akan membagikan panduan jelas perihal cara menciptakan blog yang cocok untuk pemula.





Tenang saja, kami akan mencoba menyajikannya sebaik mungkin semoga Anda sanggup dengan gampang berguru dan mempraktikkannya.





  1. Pertama yang harus Anda lakukan ialah membuka situs blogger.com. Kemudian klik BUAT BLOG ANDA untuk menciptakan blog.
  2. Kemudian masukkan akun google Anda. Jika Anda tidak mempunyai akun google, Anda sanggup membuatnya dengan mengklik tautan [di sini]. Setelah itu, klik “NEXT“.
  3. Kemudian masukkan kata sandi akun Google Anda dengan benar, kemudian klik NEXT.
  4. Setelah itu Anda diharuskan menentukan profil mana yang akan Anda perggunakan untuk menciptakan blog. Anda sanggup memakai profil Google+ atau profil Blogger normal. Dalam tutorial ini, saya sarankan memakai profil Google+ saja. Pilih Buat profil Google+.
  5. Formulir profil akan diisi secara otomatis. Jika ada sesuatu yang perlu diubah, apakah itu nama, jenis kelamin atau tanggal lahir, Anda sanggup mengeditnya di sini. Setelah selesai mengedit, pilih CREATE PROFILE.
  6. Pada tahap ini Anda sanggup menambahkan foto Anda. Anda sanggup menambahkan foto profil atau mengubahnya nanti. Jika Anda tidak ingin menambah atau memakai foto profil kini klik SKIP.
  7. Profil Blogger Anda telah berhasil dibuat. Setelah itu, klik Lanjutkan ke Blogger untuk mengonfirmasi akun Anda.
  8. Untuk menciptakan blog baru, klik “CREATE NEW BLOG” yang ada di sebelah kanan.
  9. Silakan isi data-data anda terlebih dahulu.
  10. Ok, Dengan ini Blog gres telah berhasil dibuat.




Menu di Blogger





Ada beberapa sajian dan tombol di blogger yang perlu Anda ketahui. Diantaranya ialah sebagai berikut:





  1. Posting: sajian ini menampilkan semua posting yang ada di blog Anda, posting yang telah diterbitkan atau yang masih dalam bentuk konsep. Di sajian ini, Anda juga sanggup menghapus beberapa posting sekaligus dengan cepat.
  2. Statistik: sajian ini menampilkan isu statistik di blog Anda, ibarat jumlah tampilan hari ini, kemarin, ahad lalu, dan bulan lalu. Selain itu, sajian ini juga menampilkan isu perihal bagaimana pengunjung menemukan blog Anda dan sebagainya.
  3. Komentar: sajian ini menampilkan komentar yang telah dipublikasikan, komentar yang masih moderat, dan komentar yang termasuk dalam kategori spam.
  4. Kampanye: sajian ini menampilkan perihal Adwords. Anda juga sanggup mempromosikan blog Anda dengan Adwords, tetapi ini tidak gratis.
  5. Halaman: sajian ini menampilkan jumlah halaman yang ada di blog Anda, halaman yang masih dalam bentuk konsep, dan halaman yang telah diterbitkan.
  6. Layout: di sini Anda sanggup menyesuaikan tampilan atau menambahkan widget (gadget) ke blog Anda.
  7. Tema: sajian ini menampilkan pengaturan di template blog Anda. Untuk mengedit, mengubah template blog, dll. Anda sanggup melakukannya di sini.
  8. Pengaturan: sajian ini menampilkan pengaturan lanjutan di blog Anda, ibarat pengaturan dasar, posting, dan komentar.
  9. Daftar Bacaan: sajian ini menampilkan posting terbaru dari blog yang Anda ikuti.
  10. Bantuan: sajian ini menampilkan beberapa artikel sumbangan perihal cara memakai blog di Blogger.




Cara Menulis Artikel di Blogger





Untuk menulis konten atau apa yang sering disebut dengan posting sangat mudah. Lihatlah langkah-langkahnya sebagai berikut:





  1. Klik tombol entri baru.
  2. Sebelum mulai menulis konten, ada beberapa menu, tombol, atau navigasi yang perlu Anda ketahui sebagai berikut:
  3. Nomor 1: Judul konten yang akan Anda buat.
  4. Nomor 2: Barisan tombol yang berfungsi untuk menerbitkan, menyimpan, atau mempratinjau konten Anda.
  5. Nomor 3: Ada 2 mode penulisan konten yang terdapat di blogger, yaitu mode Menulis dan mode HTML. Secara default, mode penulisan konten memakai mode Compse. Jika Anda gres mengenal HTML, saya sarankan Anda memakai mode Tulis
  6. Nomor 4: Menu bilah alat pemformatan dipakai untuk memproses teks pada konten Anda. Fungsi alat-alat ini tidak jauh berbeda dari fungsi Ms. Word.
  7. Nomor 5: Beberapa sajian pengaturan untuk konten Anda. Seperti menunjukkan label / kategori, tautan permanen ke konten Anda dan sebagainya.
  8. Jika konten Anda siap untuk diterbitkan, silakan klik tombol Terbitkan.




Cara Mengubah Template dengan Mudah





Cara mengubah templatenya sangat mudah. Fungsi mengubah template yaitu untuk mempercantik penampilan blog Anda semoga lebih menarik. Berikut ini ialah cara untuk mengganti tampilan template:





  1. Silakan unduh template yang ingin Anda gunakan untuk blog Anda terlebih dahulu. Anda sanggup mencarinya di Btemplate, ada banyak templat yang sanggup Anda gunakan.
  2. Setelah itu, buka sajian dashboard blog Anda dan klik Tema.
  3. Klik Cadangkan / Kembalikan
  4. Klik tombol Pilih File untuk menentukan templat yang ingin Anda gunakan.
  5. Terakhir, klik Unggah untuk mengunggah tema Anda. Perlu diingat, kalau templat harus memakai format .xml.




Penutup





Nah, bagaimana, gampang bukan membuatnya? Itulah Cara Membuat Blog Gratis dengan Blogger.





Setelah membaca artikel di atas, Anda akan tahu cara menciptakan blog gratis dengan mudah.





Demikianlah artikel kami perihal Cara Membuat Blog semoga artikel ini sanggup bermanfaat bagi kita semua, dan hingga berjumpa di artikel kami selanjutnya.





Baca Juga:









F.A.Q





Apa Itu Blog?

Blog ialah abreviasi dari Weblogs, istilah ini pertama kali dipakai oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997.

Apa Itu Blogger?

Blogger ialah orang yang menciptakan blog, baik blog nya sendiri atau blog orang lain.

Siapa Pembuat Blog Pertama?

Halaman “What’s New” di browser Mosaic yang dibentuk oleh seorang yang berjulukan Marc Andersen tahun 1993 kemungkinan ialah Blog pertama yang pernah ada.










FAST DOWNLOADads
| Server1 | Server2 | Server3 |
Download
Next Post Previous Post