Ciri-ciri Motherboard Rusak

FAST DOWNLOADads
Download

Ciri-ciri Motherboard Rusak Pada Laptop Komputer – Komputer mempunyai banyak perangkat komponen yang mendukungnya dan semua perangkat ini terhubung ke motherboard.





Motherboard atau disebut juga mainboard ialah komponen utama dalam komputer. Semua perangkat komputer sangat tergantung pada motherboard sehingga bila motherboard rusak maka kinerja perangkat lain akan terganggu.





Apalagi bila komputer kita menyimpan data penting yang sangat berharga dan ternyata motherboard kita rusak, data yang terdapat dalam Hard Disk Drive tidak akan sanggup dibuka lagi.





Kita tidak sanggup membuka atau bahkan mengakses data tetapi kecuali Hard Disk Drive dihapus dari motherboard dan kemudian kita hubungkan ke komputer lain maka masih ada cita-cita bahwa data sanggup dibaca lagi.





Tetapi untuk menghubungkannya tidak semudah yang kita butuhkan konektor / mediator sanggup SATA-to-USB mempunyai kegunaan sehingga data sanggup dibaca.





Apa Itu Motherboard





Komputer




Motherboard ialah papan sirkuit dalam bentuk pcb yang mempunyai banyak sekali komponen elektronik yang saling bekerjasama di mana ia bekerja untuk mengatur hal-hal teknis di sekitar BIOS, Chipset, RAM , data grafis VGA, Prosesor kartu pemanis (PCI, ISA).





Motherboard merupakan komponen utama dari PC, lantaran pada motherboard itulah semua komponen PC akan disatukan. Bentuk motherboard ibarat papan sirkuit elektronik.





Motherboard berfungsi untuk menghubungkan semua komponen komputer.





Motherboard membawa kiprah menghubungkan aba-aba bahasa antar perangkat keras sehingga sanggup disinergikan ke dalam kegiatan kerja perangkat komputer.





Ciri-ciri Motherboard yang Rusak





Bagi Anda yang khawatir dengan kinerja perangkat sehingga agak abnormal atau mempunyai firasat motherboard rusak.





Di sini kami akan menjelaskan ciri-ciri motherboard atau mainboard yang rusak sehingga Anda tidak perlu khawatir dan kebingungan. Simak saja penjelasannya berikut ini.





1. Tampilan Layar Mengalami Stuck di Boot Screen





Komputer




Jika laptop Anda mempunyai layar boot maka yang terjadi ialah layar komputer hitam dan kosong maka kursor berkedip di sudut kiri di kepingan atas layar komputer dan biasanya terjadi garis bawah.





Layar boot jenis ini biasanya terjadi lantaran kesalahan BIOS yang mengalami boot loader pada sistem operasi crash.





Atau sanggup juga kesalahan ketika memuat sistem operasi tetapi kemungkinan hard disk drive Anda sanggup crash juga ini memang sulit ditebak .





Namun, bila layar boot disebabkan oleh kesalahan di atas, kerusakan biasanya tidak berlangsung terlalu lama.





Dan untuk tidak membingungkan pengguna, pesan kesalahan akan muncul memberi tahu Anda di mana kerusakan itu. Setiap jendela mempunyai konten pesan yang berbeda.





Tetapi semuanya memperlihatkan kesalahan lantaran apa, contohnya untuk Anda pengguna Windows 7, 8, 8.1, atau kini Windows 10, pesan kesalahannya ialah BOOTMGR tidak ada.





Bagi Anda yang mungkin masih memakai Windows XP, pesan yang akan muncul ialah NTLDR tidak ada.





Jika pesan kesalahan dan semua tanda-tanda kerusakan di atas telah terjadi pada komputer Anda maka periksa hard disk drive dan juga memori maka sistem operasi juga harus diperiksa.





Jika semuanya dalam kondisi baik maka langkah selanjutnya yang perlu Anda periksa ialah chipset pada motherboard lantaran Kerusakan pada chipset juga memicu layar boot.





Mengapa bila chipset yang rusak sanggup mengakibatkan layar macet atau boot?





ini lantaran ketika chipset rusak interkoneksi yang ada antara komponen pada motherboard akan gagal.





Dan tidak hanya itu proses membaca pada chipset yang terjadi dalam hubungan antar perangkat keras akan mengalami hambatan.





Jika chipset benar-benar rusak, maka layar tidak hanya macet tetapi mempunyai Black Screen of Death.





Ketika tidak sanggup memasuki desktop atau bahkan BIOS, periksa slot memori atau soket prosesor





Prosesor ialah otak utama komputer dan ibarat yang kita tahu bila prosesor rusak maka kinerja komputer akan otomatis terganggu.





Komputer akan mati sepenuhnya dan bahkan tidak sanggup dipakai sama sekali untuk mengakses apa pun tidak sanggup bahkan BIOS tidak sanggup diproses.





Coba periksa prosesor Anda bila ternyata prosesor baik-baik saja, tetapi layar hitam mungkin soket prosesor pada motherboard Anda rusak.





Di atas ialah klarifikasi wacana prosesor, kini kami akan membahas wacana slot memori. Di slot memori ada RAM yang dipakai untuk memproses data antrian.





Slot memori sangat kuat pada komputer bila komputer hang atau layarnya hitam dan bahkan tidak sanggup masuk ke BIOS atau sistem operasi.





Slot memori pada motherboard mungkin rusak, jadi bila layar komputer benar-benar mati, pastikan untuk menyidik soket prosesor dan slot memori rusak. atau tidak.





2. Ketika komputer Berbunyi beep … beep … beep





Sebenarnya bila komputer Anda mempunyai duduk masalah ibarat beep beep beep maka itu semua diatur oleh sistem BIOS.





Yang menciptakan masalahnya ialah bila komputer beep beep beep ialah mengambarkan bahwa BIOS tidak sanggup melanjutkan pemrosesan ke sistem operasi yang terletak di hard disk drive.





Ini ialah pemicu mengapa bila beep beep beep tidak sanggup membuka komputer.





Untuk faktor-faktor yang mengakibatkan BIOS mengalami masalah, ada juga sejumlah faktor termasuk korsleting, kepanasan (komputer terlalu panas).





Bisa jadi lantaran penggunaan yang berkepanjangan itu sanggup juga lantaran alasannya ialah lain, dan kesannya lantaran kegagalan ketika Anda memperbarui BIOS.





Untuk membentuk BIOS itu sendiri bergotong-royong dalam bentuk chip dan kepingan dari chipset, di beberapa motherboard chip sanggup diganti dan sanggup dilepas.





Tetapi sebagian besar motherboard ialah sistem penanaman sehingga tidak sembarangan chip BIOS sanggup ditarik keluar dan diganti begitu saja.





Periksa perangkat lunak dan konektor yang terhubung





Ketika komputer Anda mengeluarkan bunyi bip, faktor-faktor yang sanggup mengakibatkan duduk masalah ini tidak hanya ada di BIOS.





Ketika salah satu keyboard komputer kami rusak ibarat mengetik secara tiba-tiba, itu juga sanggup mengakibatkan bunyi peringatan di komputer.





Tapi Anda jangan menatap bila komputer sudah berdering, keyboard niscaya tidak benar, periksa juga konektor yang menghubungkan keyboard ke motherboard rusak atau tidak.





Atau mengunci konektor (klip pengunci) bermasalah atau tidak, lantaran bila konektor atau klip pengunci bermasalah, ini juga akan mengakibatkan komputer mengeluarkan bunyi bip.





Padahal pada kenyataannya klip pengunci cenderung rusak lantaran biasanya ketika membuka klip komputer banyak orang melakukannya secara acak, sehingga mengakibatkan kunci konektor rusak.





Tetapi bila kunci konektor benar-benar rusak itu tidak akan mempengaruhi konektor hanya kabel keyboard tidak sanggup dikunci dengan benar.





Jika konektor Anda rusak, tentu saja komputer akan berbunyi beep beep dan keyboard tidak akan terbaca sama sekali. Jika ini telah terjadi maka hal yang sanggup dilakukan ialah mengganti keyboard dengan yang baru.





Tetapi bila konektor dan klip baik-baik saja, yang mungkin terjadi ialah hubungan pendek pada konektor, konektor yang perlu diganti tidak perlu.





3. Komputer Menjadi Sulit Dihidupkan





Faktor umum yang mengakibatkan komputer menjadi sulit untuk dinyalakan bergotong-royong ialah kondisi tidur atau sanggup juga disebut hibernasi pada komputer terlalu lama.





Tetapi sanggup juga ada duduk masalah dengan motherboard, terutama hard disk drive atau RAM.





Tetapi bila ternyata RAM dan Hard Disk Drive dalam kondisi baik maka cukup periksa kepingan yang berfungsi untuk menawarkan daya listrik ke komputer yaitu IC Power atau Power Regulator.





Karena secara otomatis bila koneksi antara sumber listrik dan komputer rusak bagaimana komputer ingin menyala kan?





4. Komputer Sering Tidak Menanggapi





Slot memori pada motherboard komputer terdiri dari 2 hingga 6 slot. Dan biasanya slot memori terhubung pribadi ke RAM.





RAM yang rusak juga sanggup mengakibatkan duduk masalah komputer tetapi bila ternyata memori baik-baik saja tetapi masih mengalami duduk masalah ibarat tidak merespons.





Maka slot memori Anda biasanya rusak atau faktor lain juga sanggup mempengaruhinya ibarat memori yang ternyata kotor atau memori lama. jadi menyidik memori dan slot memori benar-benar perlu dilakukan.





Periksa Port Kabel Data (SATA / IDE) pada motherboard





Secara umum, bila komputer Anda mengalami tidak merespons atau yang biasa kita sebut hang.





Penyebab umumnya ialah bahwa sistem operasi yang telah dipakai tidak disetel untuk waktu yang usang dan belum dipertahankan sehingga kinerja sistem operasi tidak optimal dan laptop menjadi tidak merespons.





Tidak hanya sistem operasi yang mengakibatkan tidak merespons, hard disk drive yang sudah jarang dipakai dan sudah lama, terutama yang sudah jarang dirawat sehingga menjadi kesalahan, defrag, dll.





Ini juga sanggup menjadi salah satu faktor mengapa komputer menjadi sering tidak merespons.





Selain dua faktor di atas, sanggup juga kabel yang menghubungkan hard disk drive ke motherboard rusak atau mempunyai duduk masalah yang menjadikan pemrosesan antrian data mengalami masalah.





Tetapi bila semua faktor di atas telah diperiksa dan ternyata dalam kondisi baik maka yang sanggup menjadi pemicu untuk komputer yang tidak merespons ialah port SATA / IDE.





Silakan periksa port bila dikonfirmasi bahwa sistem operasi masih baik, hard disk drive tidak rusak, dan kabel baik-baik saja. Tetapi menyidik port SATA / IDE juga tergantung pada hard disk drive yang Anda gunakan.





5. Komputer Sering Tiba-tiba Mati





Pada motherboard ada benda yang disebut cooling pad yang tujuannya ialah untuk mendinginkan motherboard ketika sedang bekerja.





Tapi itu berbeda ketika motherboard Anda ternyata rusak, dan deteksi suhu pada motherboard tidak sanggup dideteksi.





Colling pad akan bekerja dengan ceroboh dan tidak teratur tidak sanggup menyesuaikan kinerja motherboard.





Jika hal di atas telah terjadi, tidak hanya motherboard rusak, tetapi perangkat yang terhubung ke motherboard juga sanggup rusak, misalnya, terlalu panas (suhunya terlalu panas).





Namun, untuk mendeteksi kepingan motherboard mana yang rusak, perlu memeriksanya lebih lanjut lantaran biasanya komponen terkecil yang mengalami masalah.





Namun bila komponen pada motherboard berada dalam kondisi baik maka sanggup jadi duduk masalah dengan cooling pad.





6. Komputer Benar-benar Mati





Jika komputer Anda mengalami duduk masalah ibarat berikut ini, maka periksa dulu apakah catu daya dalam kondisi baik dan berfungsi sebagaimana mestinya atau tidak. sepele tapi ini penting untuk diperiksa.





Jika kedua faktor di atas ternyata masih baik-baik saja tanpa duduk masalah maka kemungkinan motherboard yang Anda gunakan telah rusak.





Jadi langkah terakhir ialah Anda harus mengganti motherboard atau lebih baik menyidik penyebab kerusakan yang juga bukan masalah.





Penutup





Demikianlah artikel kami wacana Ciri-ciri Motherboard Rusak pada Laptop Komputer, agar sanggup bermanfaat dan membantu anda dalam memahami ciri-ciri motherboard rusak.





Terima kasih telah membaca artikel kami dan hingga jumpa di artikel kami selanjutnya.





Baca Juga:






FAST DOWNLOADads
| Server1 | Server2 | Server3 |
Download
Next Post Previous Post