Computer Security

FAST DOWNLOADads
Download

Computer Security: Definisi dan Jenis Computer Security Menurut Ahli – Dalam artikel ini, kami akan memperlihatkan citra perihal Computer Security atau keamanan komputer baik dalam pengertian dan definisi komputer dan juga jenis-jenis keamanan komputer.





Sebagai citra umum Computer Security atau keamanan komputer, yaitu keamanan info yang diterapkan pada komputer dan jaringan mereka.





Computer Security atau keamanan komputer bertujuan untuk membantu pengguna mencegah penipuan dan mendeteksi upaya penipuan dalam sistem berbasis informasi.





Maka citra umum dari sistem computer security ialah upaya yang diterapkan untuk mengamankan kinerja dan proses komputer dalam suatu sistem.





Penerapan computer security dalam kehidupan sehari-hari berkhasiat untuk menjaga supaya semua sumber daya sistem tidak terganggu dan diubah oleh pihak lain yang tidak mempunyai izin dan tidak berwenang.





Pendekatan yang biasanya diterapkan untuk meningkatkan computer security ialah dengan menerapkan prosedur keamanan dalam perangkat keras dan dalam sistem operasi.





Dan juga memperlihatkan batasan pada jalan masuk fisik komputer untuk computer security itu sendiri.





Definisi Computer Security dan Jenisnya





Definisi




Definisi Computer Security Menurut Para Ahli





Menurut Gollmann pada tahun 1999, dinyatakan bahwa: “Pemahaman perihal keamanan komputer terkait dengan pemberian / pencegahan diri dan deteksi penyusup yang tidak dikenal dalam sistem komputer”.





Menurut John D. Howard dalam bukunya yang berjudul “Sebuah Analisis bencana keamanan di internet” menyampaikan bahwa:





“Memahami keamanan komputer ialah tindakan mencegah perangkat dari serangan oleh pengguna komputer atau jalan masuk jaringan yang tidak bertanggung jawab”.





Jenis Computer Security





Setelah Anda tahu perihal pengertian computer security, ada baiknya Anda mengetahui tipenya. Berikut ini ialah jenis-jenis keamanan komputer menurut keamanan sistem.





1. IDS / IPS





Instrusion detection system (IDS) dan Intrusion Prevention system (IPS) ialah sistem yang dipakai untuk melindungi dan mendeteksi sistem keamanan dari serangan eksternal dan internal.





Dalam IDS yang didasarkan pada jaringan komputer, IDS akan mendapatkan salinan paket yang ditujukan ke host IDS yang kaku akan menyelidiki paket-paket ini.





Jika paket yang mengancam dan berbahaya ditemukan, IDS akan memperlihatkan peringatan data direktur / manajer dari sistem.





Karena paket yang sedang diperiksa ialah salinan dari paket asli, jikalau menemukan paket yang mengancam dan berbahaya, paket tersebut masih akan mencapai host yang sedang dituju.





IPS lebih aktif daripada IDS. IPS bekerja bersama dengan firewall, IPS sanggup menciptakan keputusan apakah suatu paket sanggup diterima atau tidak oleh sistem.





Kemudian jikalau IPS menemukan bahwa paket yang dikirim ialah paket kaya, maka IPS akan memberi tahu firewall pada sistem untuk menolak paket data.





Dalam mengimplementasikan keputusan apakah paket data berbahaya atau tidak, IDS dan IPS sanggup memakai metode “Deteksi intrusi berbasis anomali” dan “Sistem deteksi intrusi berbasis tanda tangan”.





2. Port Scanning





Jenis keamanan pada sistem ini ialah bahwa metode Pemindaian Port yang umumnya dipakai oleh hacker untuk mencari tau port apa yang terbuka pada computer networking system.





Cara kerjanya sanggup diilustrasikan dengan mengirim paket inisiasi koneksi ke masing-masing port yang telah ditentukan.





Karena itu, jikalau pemindai port mendapatkan balasan dari port lain, maka akan ada aplikasi yang berfungsi ketika mendapatkan koneksi pada port tersebut.





3. Security Information Management





Salah satu alat yang sering dipakai oleh direktur atau manajer keamanan jaringan komputer ialah Security Information Management (SIM).





Manajemen keamanan info ini mempunyai fungsi untuk menyediakan semua info yang berkaitan dengan pengamanan jaringan komputer terpusat dan terpusat.





Seiring perkembangannya, SIM (Security Information Management) tidak hanya difungsikan untuk mengumpulkan banyak data dari semua perangkat keamanan di jaringan komputer.





Tetapi juga mempunyai kemampuan untuk memproses dan menganalisis data melalui teknik kekerabatan dan seruan data sehingga bisa menyediakan data yang lebih lengkap.





Serta sanggup melaporkan peringatan dari setiap serangan yang mengganggu keamanan komputer.





Dengan memakai SIM, direktur atau manajer jaringan komputer sanggup mengetahui secara efektif jikalau serangan atau gangguan terjadi.





Sehingga sanggup menciptakan penanganan lebih cepat dan lebih terarah, sehingga organisasi keamanan jaringan komputer menjadi lebih kondusif dan terjamin.





4. Packet Fingerprint





Jenis keamanan pada sistem ini ialah dengan melaksanakan Packet Fingerprint, di mana dalam keamanan ini kita sanggup mengetahui peralatan apa yang ada di jaringan komputer.





Ini sangat berkhasiat terutama dalam organisasi besar di mana terdapat aneka macam jenis peralatan jaringan komputer dan sistem operasi yang digunakan.





Sehingga akan lebih gampang untuk mengontrol penggunaan jaringan suatu sistem untuk banyak komputer yang terhubung.





5. Topologi Jaringan





Definisi




Dalam jaringan komputer ada beberapa jaringan yang sanggup dibagi menjadi beberapa kelompok jaringan internal dan kelompok jaringan eksternal, antara lain yang disebut Zona DeMilitarized (DMZ).





Penutup





Demikianlah artikel kami perihal Computer Security: Definisi dan Jenis Sistem Menurut Ahli, semoga sanggup menambah pengetahuan dan membantu anda dalam menjaga keamanan komputer anda.





Terima kasih telah membaca dan hingga berjumpa di artikel kami selanjutnya.





Baca Juga:









F.A.Q.





Apa Itu Computer Security?

Computer Security ialah upaya yang diterapkan untuk mengamankan kinerja dan proses komputer dalam suatu sistem.

Apa Itu IDS / IPS?

IDS / IPS ialah sistem yang dipakai untuk melindungi dan mendeteksi sistem keamanan dari serangan eksternal dan internal.

Apa Itu DMZ?

Suatu area yang dipakai untuk berinteraksi dengan pihak luar.


FAST DOWNLOADads
| Server1 | Server2 | Server3 |
Download
Next Post Previous Post