Contoh Slogan

FAST DOWNLOADads
Download

–  Contoh slogan bisa dengan gampang ditemukan alasannya yakni biasanya dipasang di tempat-tempat umum, termasuk salah satunya sekolah. Slogan ini sendiri yakni salah satu sarana yang  dimanfaatkan oleh aneka macam pihak untuk memberikan suatu informasi tertentu. Dan semoga slogan tersebut bisa menarik minat orang yang melihatnya, slogan haruslah dibentuk semenarik mungkin, entah itu isi ataupun penampilannya.


Slogan sangat gampang dikenali alasannya yakni memiliki ciri-ciri tertentu. Selain itu slogan rupanya juga terdiri atas beberapa jenis dan penyusunannya pun dihentikan dilakukan secara sembarangan. Berikut ini akan disampaikan mengenai pengertian, tujuan, ciri-ciri, macam-macam, cara penulisan serta beberapa pola slogan, antara lain.


Pengertian Slogan Secara Umum dan Menurut KBBI


  Contoh


Kata slogan disebutkan berasal dari bahasa Gaelik, yakni sluagh-ghairm yang artinya yakni teriakan bertempur. Dari asal kata tersebut slogan sanggup dipahami sebagai suatu kata atau kalimat singkat yang menarik dan gampang diingat, yang umumnya dimanfaatkan untuk memberikan informasi tertentu pada khalayak ramai. Dalam kalimat yang lain, dijelaskan bahwa slogan merupakan kalimat pendek yang menarik serta gampang diingat namun mengandung makna yang luas.


Sementara itu, KBBI menyebutkan sebenarnya slogan memiliki dua makna. Makna yang pertama yakni kalimat pendek yang menarik, mencolok dan juga gampang diingat guna memberitahukan sesuatu. Sementara makna yang kedua ialah kalimat atau perkataan pendek, yang gampang diingat, menarik serta mencolok guna menjelaskan tujuan dari suatu ideologi, partai politik, organisasi, golongan dan lain sebagainya.


Pengertian Slogan Menurut Para Ahli


  Contoh


Selain pengertian slogan menyerupai yang telah dijelaskan di atas, beberapa hebat juga ada yang mengungkapkan pendapatnya mengenai hal ini. Adapun di antaranya ialah sebagai berikut.




  1. Alwi




Alwi menjelaskan bahwa slogan itu yakni kalimat pendek yang gampang untuk diingat, mencolok serta menarik yang digunakan untuk menjelaskan wacana tujuan dari suatu organisasi, ideologi serta partai politik.




  1. Sukini




Sukini menerangkan bahwa slogan merupakan kalimat singkat yang memiliki sifat persuasif, yang susunan dalam kalimatnya tidak menyerupai biasa.




  1. Anton Moedardo Moeliono




Anton Moedardo Moeliono menjelaskan bahwa slogan ialah kalimat pendek atau perkataan yang mencolok, menarik dan juga gampang untuk diingat untuk menjelaskan tujuan serta maksud media.




  1. Jusuf Sjarif Badudu




Jusuf Sjarif Badudu menjelaskan bahwa slogan merupakan kalimat pendek atau rangkaian dari kata-kata yang arti serta bunyinya begitu menarik supaya lebih gampang untuk diingat.




  1. Haryanto




Haryanto menyebutkan bahwa slogan merupakan kalimat pendek atau suatu frasa yang mempermudah dikala mengingatnya serta dimanfaatkan dalam upaya untuk menjelaskan atau memberitahu tujuan dari golongan tertentu, ideologi, organisasi dan lain sebagainya.


Tujuan Slogan


  Contoh


Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, slogan ini dibentuk untuk tujuan tertentu. Adapun tujuan utama slogan ialah mengajak orang lain supaya tertarik melaksanakan sesuatu yang sesuai dengan isi slogan tertentu. Namun, untuk lebih spesifiknya, slogan memiliki beberapa tujuan menyerupai yang disebutkan di bawah ini.



  1. Untuk memperlihatkan motivasi pada setiap orang yang membaca atau mendengarnya

  2. Untuk mensugesti khalayak umum supaya mau mengikuti pesan yang terkandung dalam slogan

  3. Untuk menghimbau masyarakat

  4. Untuk memperlihatkan pengertian pada publik semoga mereka menjadi sadar atas suatu hal

  5. Untuk memperlihatkan informasi tertentu pada masyarakat


Ciri Ciri Slogan


  Contoh


Slogan memiliki ciri-ciri khusus sehingga membuatnya begitu gampang dibedakan dengan kalimat atau perkataan pendek yang lainnya. Adapun ciri-ciri slogan tersebut ialah sebagai berikut.



  1. Slogan sanggup berupa semboyan dari suatu kelompok masyarakat maupun organisasi

  2. Secara umum, slogan dibentuk dalam bentuk kalimat yang gampang diingat dan sangat menarik

  3. Slogan sanggup berupa frase, klausa maupun kalimat pendek

  4. Slogan merupakan inspirasi yang memiliki tujuan tertentu

  5. Dalam slogan terdapat informasi, himbauan atau seruan yang tersirat

  6. Tidak terikat pada pola yang diatur dengan ketentuan tertentu

  7. Tidak disertai dengan data-data khusus sebagai bukti atau simpulan dari suatu penemuan

  8. Slogan ditujukan bagi masyarakat secara umum


Macam-Macam Slogan


  Contoh


Pada dasarnya, slogan bisa dibagi menjadi 4 macam, yakni slogan produk atau pemasaran bisnis, slogan kesehatan, slogan pendidikan dan slogan lingkungan. Adapun klarifikasi singkat mengenai keempat macam slogan tersebut ialah sebagai berikut.




  1. Slogan Produk atau Pemasaran Bisnis




Slogan yang pertama ini ialah slogan yang sengaja dibentuk dengan tujuan untuk mengajak, mensugesti publik serta memperlihatkan informasi pada publik supaya mereka bisa mengenal bahkan mau memakai produk tertentu. Seperti namanya, slogan satu ini banyak sekali diucapkan dikala iklan dalam televisi. Misalnya saja untuk produk Energen, biasanya akan disebutkan ‘Minum Makanan Bergizi’. Atau untuk produk Aqua, disebutkan ‘Kebaikan Hidup’, dan masih banyak lagi yang lainnya.




  1. Slogan Kesehatan




Adapun untuk slogan kesehatan, ini merupakan slogan yang sengaja dibentuk dengan tujuan untuk mengajak, memperlihatkan informasi tertentu serta memotivasi publik kaitannya dengan bidang kesehatan. Contoh slogan kesehatan sangat banyak, salah satunya ialah ‘Say No To Drugs’ atau ‘Mencegah Lebih Baik Dibandingkan dengan Mengobati’.




  1. Slogan Pendidikan




Sementara slogan pendidikan, ini yakni slogan yang biasa dijumpai di lembaga-lembaga pendidikan terutama sekolah. Adapun pengertian dari slogan pendidikan itu sendiri yakni slogan yang sengaja dibentuk dengan tujuan untuk memotivasi atau mendorong setiap pelajar supaya lebih rajin lagi dalam mencari ilmu dan mentaati aneka macam peraturan yang telah ditetapkan oleh sekolah. Misalnya, ‘Belajar untuk Masa Depan Lebih Baik’.




  1. Slogan Lingkungan




Sementara untuk slogan lingkungan, ini yakni sogan yang sengaja dibentuk untuk memperlihatkan informasi serta mensugesti dan mengajak publik semoga turut menjaga sekaligus mengasihi lingkungan sekitarnya. Di antara pola slogan lingkungan ini ialah ‘Alam Habis, Anak dan Cucu Menangis’.


Perbedaan Slogan dengan Motto


  Contoh


Slogan dan motto sama-sama berupa kalimat atau frasa yang pendek. Oleh alasannya yakni itu, tidak heran jikalau kemudian ada banyak orang yang menganggap keduanya sama. Namun, anggapan itu yakni salah alasannya yakni sebenarnya slogan dan motto yakni dua hal yang berbeda.


Jika slogan itu yakni kalimat pendek yang menarik, gampang diingat, serta digunakan untuk memberitahukan tujuan atau informasi dari pihak tertentu kepada khalayak umum, motto tidak berarti demikian. Secara singkat, motto itu yakni frasa atau kalimat yang pendek dan mencerminkan kepercayaan atau impian dari suatu golongan tertentu.


Umumnya, motto membuktikan suatu kualitas dan biasanya kalimatnya bisa lebih panjang daripada slogan. Kemudian, dari segi tujuan, motto juga tidak dibentuk dalam rangka untuk menghimbau, promosi, atau iklan sementara slogan yakni sebaliknya. Adapun pola motto ialah ‘Pikir Lebih Keras, Hati Lebih Tajam’ dari Universitas Essex atau ‘Kesetiaan, Keberanian, dan Integritas’ dari FBI.


Perbedaan Slogan dengan Poster


  Contoh


Slogan tentunya juga berbeda dengan poster. Adapun poster itu yakni kertas yang ukurannya tidak mengecewakan besar dan di atasnya terdapat gambar atau kata-kata. Poster ini juga biasa dipasang di tempat-tempat umum dan semoga keberadaannya bisa menarik perhatian, poster dibentuk dengan ide-ide yang sangat kreatif.


Sebenarnya slogan ini sendiri bisa dimasukkan dalam poster, namun apabila hendak dijabarkan lebih jauh lagi, maka sebenarnya perbedaan antara slogan dengan poster ialah sebagai berikut.



  1. Slogan hanya berupa kalimat atau kata-kata, tetapi poster lebih mengutamakan penampilan gambar dan terkadang dilengkapi dengan kata-kata yang menarik dengan tujuan supaya publik yang melihatnya bisa lebih terkesan

  2. Slogan sanggup diselipkan pada poster sebagai kalimat ekspresi, namun dibuatnya poster tidak disertai dengan tujuan untuk menarik minat pembeli


Perbedaan Slogan dengan Tagline


  Contoh


Sama menyerupai kasus slogan dan motto, banyak orang yang juga menganggap bahwa slogan dengan tagline itu yakni sama. Hal ini dikarenakan keduanya memiliki fungsi yang mirip, terutama dalam hal meningkatkan brand awareness. Jika hendak diingat kembali, yang dimaksudkan dengan slogan itu ialah kalimat atau rangkaian kata-kata yang menarik serta gampang diingat dan dimanfaatkan untuk memberitahukan sesuatu.


Kaitannya dengan pemasaran, slogan bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan suatu produk, sehingga tidak heran bila slogan berisi kata-kata yang mendeskripsikan produk atau bahkan mengajak sasaran konsumen secara langsung. Maka dari itu, slogan ini sering ditampilkan dalam iklan televisi, kemasan produk, billboard, display ads dan lain sebagainya.


Sementara itu, tagline memiliki arti sebagai frasa yang dibentuk oleh para pengiklan yang bentuknya bisa berupa verbal maupun visual, di mana tagline ini lebih menekankan pada pentingnya suatu produk. Tagline juga umumnya disebut sebagai logo verbal atau frasa yang diasosiasikan dengan brand atau brand. Dengan demikian, pembuatannya harus sesuai dengan perkembangan waktu dan kata-kata yang dipilih sebaiknya masih berkenaan dengan hal yang bisa menciptakan brand bisa sukses.


Jadi, pada pada dasarnya yakni antara slogan dengan tagline memiliki perbedaan dari segi fungsi. Slogan lebih berfungsi untuk memperkenalkan produk, sementara tagline lebih mengandung visi misi, sejarah brand tercipta bahkan bisa juga proses produksi brand.


Untuk pola mudahnya begini, brand atau brand Apple memakai tagline ‘Think Different’ bukan? Apple itu sendiri memiliki beberapa produk yang dilengkapi dengan slogan berbeda. Misalnya, produk iPad, slogan yang sering Apple gunakan untuk produk tersebut ialah ‘Change Is in The Air’.


Cara Menyusun Slogan


  Contoh


Berdasarkan apa yang disampaikan oleh Sukini (2005:163), maka cara penyusunan slogan yakni sebagai berikut.



  1. Menentukan tujuan serta visi dibuatnya slogan.

  2. Menggambarkan tujuan dan visi tersebut dalam bentuk kalimat yang singkat namun menarik sehingga gampang diingat oleh masyarakat sasaran.

  3. Pilih kata-kata yang menarik.


 


Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Menulis Slogan


  Contoh


Selain itu, dalam penyusunan slogan juga ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Hal ini disebut sebagai kriteria penulisan slogan, yang oleh Laksono (2008:141) dijelaskan sebagai berikut:



  1. Kepadatan isi, mengingat slogan haruslah ditulis dalam kalimat yang singkat, padat serta jelas.

  2. Slogan harus sesuai dengan tujuan yang telah dicanangkan sebelumnya.

  3. Slogan wajib asli, artinya slogan yang akan dibentuk nanti dihentikan menggandakan slogan-slogan lain yang sebelumnya sudah ada.


 


Contoh Slogan Pendidikan, Agama, Kesehatan, Motivasi dan Lingkungan




  • 1. 20 Contoh Slogan Pendidikan




  Contoh


Ada banyak pola slogan dalam bidang pendidikan, 20 di antaranya ialah sebagai berikut.



  1. Pendidikan mendatangkan harapan dalam kehidupan

  2. Guru yakni pemandu kesuksesanmu, sementara ilmu yakni bekal dalam perjalananmu

  3. Belajar ulet untuk masa depan lebih hebat

  4. Pendidikan yakni jembatan meraih impian

  5. Hormati guru selalu

  6. Orang yang bijak yakni yang memiliki banyak wawasan

  7. Ilmu yakni lentera dan pemandu meraih impian

  8. Pengalaman yakni guru yang paling baik

  9. Usaha keras dan pendidikan berkualitas yakni dua kunci sukses

  10. Setiap siswa yakni generasi penerus bangsa yang berharga

  11. Masa sekolah, kesempatan untuk mendapat ilmu sebanyak-banyaknya

  12. Rajin pangkal pandai

  13. Orang yang hebat yakni yang berpendidikan

  14. Bila pendidikan bermutu, bangsa akan maju

  15. Pintar itu keren, jadi jangan malas untuk belajar

  16. Gapai masa depan gemilang dengan pendidikan

  17. Tiada hari tanpa prestasi

  18. Rajin membaca buku, akan menambah wawasan baru

  19. Obat dari kemiskinan yakni pendidikan

  20. Jadilah orang yang berilmu, semoga masa depan senang selalu




  • 2. 20 Contoh Slogan Agama




  Contoh


Contoh slogan agama juga sangat banyak, beberapa di antaranya menyerupai yang disebutkan di bawah ini.



  1. Hidup berkah, hidup sehat, hidup yang nikmat

  2. Sebelum berkata dan beramal, pelajari ilmunya

  3. Tanggung jawab mengiringi setiap hembusan nafas

  4. Dunia laksana bayangan

  5. Hal yang lebih jelek dari janjkematian ialah menyia-nyiakan waktu

  6. Sebelum kamu dihisab, cobalah menghisab diri sendiri

  7. Handphonenya matikan, segerakan panggilan Tuhan

  8. Demi esok yang lebih baik, belajarlah dari apa yang telah berlalu

  9. Teruslah menuntut ilmu bahkan hingga ke negeri Cina

  10. Ridlo orang renta yakni ridlo Allah

  11. Sedekah membawa berkah

  12. Dengan membaca Alqur’an, hati bisa lebih tenang

  13. Allah bersama orang-orang yang mengingatnya

  14. Bertindaklah sesuai agama semoga hidup tak sengsara

  15. Sedekah melapangkan hati, meluaskan rizki

  16. Pemimpin yang adil niscaya akan dihormati

  17. Jangan berbuat nakal, gantilah dengan amal

  18. Selalu tambah tabungan untuk akhirat

  19. Ilmu perlu dicari, dari bayi hingga mati

  20. Utamakan menunaikan kewajiban




  • 3. 20 Contoh Slogan Kesehatan




  Contoh


Kesehatan selalu dianalogikan sebagai sesuatu yang sangat mahal dan wajib dijaga. Oleh alasannya yakni itu, pola slogannya kebanyakan menghimbau khalayak untuk memperhatikan hal ini, di antaranya ialah sebagai berikut.



  1. Buang kolesterolmu, jangan uangmu

  2. Kekayaan tak berarti tanpa kesehatan

  3. Uang bukan jaminan hidup akan terus sehat

  4. Sukses lebih gampang dicapai bila tubuh terjaga kesehatannya

  5. Makanan instan nikmat, tapi tidak sehat

  6. Santap gizi seimbang semoga hati selalu riang

  7. Sajikan masakan bergizi semoga keluarga senantiasa happy

  8. Olahraga tak perlu lama, asal rutin dan benar gerakannya

  9. Usia sudah tua, masakan harus tetap terjaga

  10. Istirahat yakni bab dari pola hidup sehat

  11. Enggan makan obat, harus mau hidup sehat

  12. Pola makan teratur, satu kunci hidup sehat

  13. Bahagia lebih maksimal dengan tubuh yang sehat

  14. Cuci tangan sebelum makan

  15. Hidup sehat perlu disertai niat yang kuat

  16. Makan dan istirahat secukupnya, bantu gapai sehat selamanya

  17. Bunuh kuman, gunakan sabun basuh tangan

  18. Jaga kebersihan tubuh dan pakaian

  19. Orang pandai selalu konsumsi masakan sehat

  20. Rokok membahayakanmu, dan orang-orang di sekelilingmu




  • 4. 20 Contoh Slogan Motivasi




  Contoh


Seperti namanya, slogan motivasi ini dibentuk dengan tujuan untuk mendorong pembaca atau pendengar semoga melaksanakan hal-hal yang bersifat faktual dalam hidupnya. Adapun pola slogan motivasi ini ialah sebagai berikut.



  1. Hasil tak pernah mengkhianati usaha.

  2. Apa yang kamu terima sesuai dengan besarnya kamu berusaha

  3. Tidak ada perjuangan yang sia-sia

  4. Teruslah bangkit walau banyak yang menghalangi

  5. Nasibmu nanti, ditentukan usahamu hari ini

  6. Salah satu cara Tuhan menguatkan ialah dengan menganugerahkan kegagalan

  7. Lakukan yang terbaik untuk hari ini semoga tak ada penyesalan esok hari

  8. Kegagalan hanyalah bab dari pembelajaran

  9. Sukses diperuntukkan bagi yang mau sabar dan berusaha

  10. Lakukan yang terbaik, kapanpun, dimanapun dan bersama siapapun

  11. Mengeluh hanya menghambat kesuksesanmu

  12. Ada hadiah untuk mereka yang tak gampang menyerah

  13. Percaya diri dan teruslah mencoba sepenuh hati

  14. Jangan takut untuk mencoba, iringi pula dengan berdoa

  15. Jadilah sukses, orang tuamu menunggumu

  16. Menyerah dikala ini, kehancuran akan segera mendatangi

  17. Guru yang baik, selalu memperlihatkan yang terbaik

  18. Kuasai dunia ini dengan ilmu

  19. Datang lebih awal semoga tidak tertinggal

  20. Buah manis menanti mereka yang selalu berusaha dan tetap optimis




  • 5. 19 Contoh Slogan Lingkungan




  Contoh


Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, slogan lingkungan ini umum digunakan sebagai kampanye semoga orang-orang senantiasa menjaga kelestarian alam. Adapun pola yang bisa dengan gampang ditemukan ialah sebagai berikut.



  1. Alam menangis, insan pun akan menangis

  2. Jaga lingkungan demi kehidupan anak cucu kesayangan

  3. Pemanasan global mengancam, lakukan tindakan untuk melindungi alam

  4. Reduce, Reuse, Recycle

  5. Tanam satu tanaman untuk sebuah kehidupan

  6. Save the earth

  7. Alam tidak ada, harta tak akan berguna

  8. Bencana ada alasannya yakni perbuatan manusia

  9. Pohon habis, kenyamanan terkikis

  10. Lingkungan yang asri menyenangkan hati

  11. Hijaukan bumi

  12. Membakar hutan, menghancurkan paru-paru dan kehidupan

  13. Lingkungan yang higienis menciptakan hidup lebih sehat

  14. Jangan buang sampah sembarangan

  15. Cintai alam alasannya yakni alam yakni anugerah Tuhan

  16. Bersama menjaga paru-paru dunia

  17. Demi generasi yang akan datang, alam wajib dilestarikan

  18. Pandai menjaga alam artinya pandai menjaga warisan

  19. Bebaskan hutan dari para insan serakah


Contoh Slogan yang Lainnya


Selain contoh-contoh di atas, tentu masih banyak pola slogan lainnya dalam bidang yang berbeda. Beberapa di antaranya akan disebutkan di bawah ini dan itu mencakup pola slogan kebersihan, pola slogan narkoba, pola slogan yang biasanya ada di perpustakaan, dan pola slogan wacana persahabatan.




  • 1. Contoh Slogan Kebersihan




  Contoh



  1. Bersihkan hatimu, dan juga lingkunganmu

  2. Selalu buang sampah pada tempatnya

  3. Penyakit tak akan tiba bila lingkungan rutin dibersihkan

  4. Bersih pangkal sehat

  5. Kelola limbah dan sampah, maka bumi akan tetap indah




  • 2. Contoh Slogan Narkoba




  Contoh



  1. Say no to drugs

  2. Narkoba yakni pembunuh impian dan pembuka pintu penjara

  3. Berani meraih mimpi tanpa narkoba

  4. Berteman dengan narkoba yakni hal yang bodoh

  5. Narkoba memperpendek usia




  • 3. Contoh Slogan Perpustakaan




  Contoh



  1. Perpustakaan salah satu kawasan bermain terbaik

  2. Banyak membaca yakni langkah menjelajah dunia

  3. Perpustakaan kawasan yang sempurna untuk menambah wawasan

  4. Berani mengasihi buku, kebodohan akan meninggalkanmu

  5. Saya mengasihi buku




  • 4. Contoh Slogan Persahabatan




  Contoh



  • Sahabat yang baik yakni yang nrimo hati

  • Sahabat yang baik yakni pendengar yang baik

  • Karena cinta, musuh akan berganti menjadi sahabat

  • Bersama sahabat dalam gelap lebih baik daripada sendirian dalam terang

  • Jadilah sahabat semoga mendapat sahabat


Berbagai pola slogan di atas gampang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam bentuk tertulis maupun dalam bentuk perkataan. Seperti yang telah disampaikan juga, slogan-slogan tersebut sanggup disisipkan dalam poster untuk menciptakan poster menjadi lebih menarik, sehingga pesan-pesan yang ingin disampaikan juga bisa lebih gampang diterima oleh pembaca.


Demikian pembahasan mengenai pola slogan beserta pengertian, tujuan, ciri-ciri, macam-macam, cara penulisan serta perbedaan slogan dengan kalimat pendek yang lainnya, semoga bermanfaat.




Baca juga:



FAST DOWNLOADads
| Server1 | Server2 | Server3 |
Download
Next Post Previous Post