Contoh Surat Izin

FAST DOWNLOADads
Download

–  Menyimak pola surat izin sebelum membuatnya ialah tindakan yang benar. Pasalnya, surat ini harus dibentuk dengan benar supaya pihak peserta bisa paham dan tidak mewaspadai informasi yang ada di dalamnya. Surat izin sendiri bahwasanya merupakan surat pribadi. Akan tetapi, surat tersebut memiliki sifat kedinasan sehingga pembuatannya dihentikan dilakukan secara sembarangan.


Berikut ini akan disampaikan sejumlah pola surat izin baik itu lantaran sakit maupun lantaran alasan lainnya, lengkap dengan hal-hal yang harus diperhatikan dan tips pembuatannya. Diharapkan nanti sehabis memahami pembahasan ini, setiap pihak-pihak yang berkepentingan bisa menciptakan surat izin dengan baik dan juga benar.


Manfaat dan Fungsi Surat Izin


  Menyimak


Surat izin ialah surat yang dimanfaatkan untuk memberitahukan atau menginformasikan pihak tertentu apabila seseorang berhalangan untuk hadir pada waktu tertentu.


Surat izin ini akan membantu menghindarkan seseorang dari problem lantaran dianggap membolos, baik dari sekolah, dari kerja, maupun dari aktivitas yang lainnya. Jika hendak dirinci lebih jauh lagi, kurang lebih manfaat serta fungsi surat izin ialah sebagai berikut.



  • Menghindarkan seseorang dari anggapan telah melanggar peraturan

  • Merupakan bentuk kesopanan dan susila dari seorang siswa, mahasiswa, karyawan atau yang lainnya

  • Merupakan bentuk ketaatan seseorang terhadap peraturan yang telah ditetapkan

  • Sebagai penguat yang akan menghindarkan pemohon izin dari tuduhan tidak benar


Poin yang Harus Ada Dalam Surat Izin


  Menyimak


Sebelum membahas perihal contoh, harus diketahui terlebih dahulu bahwa dalam surat izin ada beberapa poin yang wajib diperhatikan dan harus disebutkan. Poin-poin tersebut biasa disebut sebagai unsur-unsur surat izin dan itu terdiri atas:



  1. Tempat serta tanggal dibuatnya surat. Umumnya unsur yang pertama ini akan ditempatkan di sebelah kanan bab atas

  2. Alamat surat. Ini harus disebutkan dengan terang lantaran menjadi petunjuk perihal siapa yang dituju oleh surat tersebut. Alamat ini sanggup ditempatkan di sebelah kiri bab atas sambil menyebutkan nama atau jabatan pihak yang dituju

  3. Salam pembuka, merupakan bentuk penghormatan dan posisinya ialah di bab bawah alamat surat

  4. Isi surat, yang terdiri atas 3 bagian, yakni bab pembuka, bab inti serta bab penutup. Bagian pembuka akan berisi identitas orang yang meminta izin. Sementara bab inti akan berisi alasan kenapa yang bersangkutan meminta izin, dan bab epilog akan berisi permohonan maaf serta ucapan terima kasih atas diberikannya izin

  5. Salam penutup, sebagai bentuk penghormatan dan posisinya ialah di bab bawah isi surat

  6. Nama penulis surat dan tanda tangan


Poin-poin tersebut harus ditulis secara runtut. Hal ini perlu diterapkan pada ketika mempraktekkan cara menciptakan surat izin sekolah Sekolah Menengah Pertama dan sederajat, surat izin sekolah Sekolah Menengan Atas dan sederajat, surat izin tidak masuk sekolah MI dan sederajat, bahkan juga ketika menciptakan surat izin tidak masuk kerja. Tulis surat tersebut dengan hati-hati supaya tidak terdapat kesalahan nantinya.


Saran dalam Membuat Surat Izin


  Menyimak


Selain perlu memperhatikan poin-poin di atas, pembuat surat izin juga sebaiknya memperhatikan hal-hal lain yang bahwasanya sepele, namun sifatnya juga penting. Adapun banyak sekali hal yang dimaksud tersebut ialah sebagai berikut.



  1. Alasan Pembuatan Surat


Untuk saran yang pertama ialah pikirkan dengan matang apa alasan menciptakan surat izin. Alasan ini harus jelas, benar, tepat, jujur serta transparan. Jika alasan yang diajukan sudah memenuhi lima hal tersebut, tentu izin akan lebih simpel didapatkan dan yang bersangkutan bisa terhindar dari tindakan disipliner, hukuman atau denda.



  1. Gunakan Bahasa yang Praktis Dimengerti dan Formal


Penulisan surat izin sebaiknya memakai bahasa atau susunan kata yang simpel dimengerti dan formal. Hindari penggunaan kata-kata yang cenderung lebay lantaran hal ini justru akan menciptakan surat terkesan tidak sopan.



  1. Sistematika Penulisan


Dalam menciptakan surat izin, sistematika penulisan ini wajib diperhatikan biar orang yang membacanya bisa lebih simpel memahaminya. Selain itu, sistematika penulisan yang benar juga akan menciptakan dapat dipercaya surat menjadi lebih tinggi. Adapun sistematika yang dimaksud ini sesuai dengan poin-poin yang harus ada dalam surat izin yang telah disebutkan di atas.



  1. Upayakan Agar Tidak Ada Kesalahan


Umumnya, surat izin akan ditulis dengan tangan. Pada ketika penulisan, terkadang memang seseorang menciptakan kesalahan. Kesalahan ini harus dihindari sebisa mungkin supaya surat tetap tampak bersih.


Bukankah kesalahan penulisan bisa diatasi dengan stipo? Memang benar, namun kesalahan yang ditutupi memakai stipo kemudian ditimpa dengan goresan pena yang lain bisa menciptakan nilai surat menjadi menurun. Oleh lantaran itu, usahakan biar tidak ada kesalahan sama sekali dalam penulisan.



  1. Masukkan Surat ke Dalam Amplop


Memang ada sejumlah kasus di mana pengirim surat izin tidak memasukkan surat miliknya dalam sebuah amplop. Hal ini tentu tidak salah, hanya saja terkesan sangat kurang sopan. Jadi, sebaiknya masukkan surat izin ke dalam amplop terlebih dahulu, gres kemudian kirimkan pada pihak yang dituju.


Contoh Surat Izin Sakit


  Menyimak


Ada sejumlah alasan seseorang mengirimkan surat izin, salah satunya ialah lantaran sakit. Saat berada dalam kondisi ini, surat izin yang dilayangkan nanti sanggup disertai dengan lampiran keterangan dari dokter dan bisa juga tidak. Berikut ini ada 3 pola surat izin sakit yang benar yang sanggup dijadikan rujukan ketika hendak membuatnya, antara lain.




  1. Contoh Surat Izin Sakit Karena Diopname Sehingga Tidak Masuk Sekolah




Pada ketika opname, bahwasanya kebanyakan surat izin akan dilengkapi dengan surat keterangan dari dokter sebagai bukti bahwa yang bersangkutan memang benar-benar sakit dan memerlukan istirahat. Berikut ini pola surat izin sekolah SD lantaran sakit yang sanggup diperhatikan.



 


Jember, 27 Agustus 2016


 


Yth. Bapak/Ibu Guru Wali Kelas VI


SDN 02 Tanggul Jember


 


Dengan hormat,


Saya selaku wali murid dari:


Nama         : Alifah Hamami


Kelas         : 6B


No. Absen : 02


Memberitahukan bahwa pada hari ini, Sabtu, 27 Agustus 2016 adik saya tersebut tidak bisa mengikuti aktivitas mencar ilmu di sekolah sebagaimana biasanya dikarenakan sakit dan ketika ini sedang dirawat di rumah sakit. Bersamaan dengan surat ini saya juga melampirkan surat keterangan dari dokter.


Demikian surat ini saya buat, atas pinjaman izin Bapak/Ibu Guru saya sampaikan terima kasih.


Hormat Saya


 


Indira Andriani





  1. Contoh Surat Izin Sakit Karena Periksa ke Dokter Sehingga Tidak Masuk Sekolah




Siswa yang sakit dan hendak dibawa periksa ke dokter sebaiknya juga dibuatkan surat izin biar tidak dianggap membolos. Alasan tidak masuk tersebut harus disampaikan dengan terang dan sampaikan pula bahwa siswa yang dimaksud akan dibawa periksa ke dokter. Berikut ialah pola surat izin sakit sekolah Sekolah Menengah Pertama yang juga bisa dijadikan rujukan ketika hendak menciptakan surat izin untuk tingkat pendidikan lainnya.



 


Jember, 26 Agustus 2016


 


Yth. Bapak/Ibu Guru Wali Kelas VIII


SMP Negeri 03 Jember


 


Dengan hormat,


Saya selaku orang renta dari:


Nama         : Alif Ramadan


Kelas         : VIIIA


No. Absen : 05


Memberitahukan bahwa anak saya tersebut tidak bisa mengikuti aktivitas mencar ilmu di sekolah sebagaimana biasanya dikarenakan sakit demam dan akan dibawa  periksa ke dokter.


Demikian surat ini saya buat, atas pinjaman izin Bapak/Ibu Guru saya sampaikan terima kasih.


Hormat Saya


Marinah





  1. Contoh Surat Izin Sakit yang Biasa




Apabila siswa sakit dan hanya dirawat di rumah, maka informasi yang disampaikan dalam surat izin sedikit berbeda dengan kedua pola di atas. Untuk lebih jelasnya, berikut akan disampaikan pola surat izin sakit sekolah SMK. Sama menyerupai sebelumnya, pola berikut ini juga bisa dijadikan rujukan ketika hendak menciptakan surat izin sakit untuk jenjang yang lainnya. Adapun pola yang dimaksud ialah sebagai berikut.



Jember, 25 Agustus 2016


 


Yth. Bapak/Ibu Guru Wali Kelas VI


SMK Negeri 3 Jember


 


Dengan hormat,


Saya selaku wali murid dari:


Nama         : Rezky Ramadhan


Kelas         : XA


No. Absen : 26


Memberitahukan bahwa putra saya tidak bisa mengikuti pelajaran di sekolah sebagaimana biasanya pada hari Kamis, 25 Agustus 2016 dikarenakan sakit demam.


Demikian surat ini saya buat, atas pinjaman izin Bapak/Ibu Guru saya sampaikan terima kasih.


Hormat Saya


Suparlan





  1. Contoh Surat Izin Sakit Tidak Masuk Kerja




Saat sudah bekerja sekalipun, sakit ialah sesuatu yang tidak bisa dihindari. Apabila hal ini terjadi, maka sebagai karyawan yang baik, sudah sewajarnya bila yang bersangkutan menciptakan surat izin. Adapun pola surat izin tersebut ialah sebagai berikut.



Jember, 26 Agustus 2016


Yth. Direktur CV Merpati Indah


Jl. Kalimantan 703


Jember


 


Dengan hormat,


Saya yang bertanda tangan dengan identitas berikut ini:


Nama         : Malik Hartanto


NIP            : 07128532


Jabatan     : –


Alamat       : Jl. Puskot No. 15 Jember


Dengan ini memberitahukan bahwa hari ini, Kamis 26 Agustus 2016 saya tidak bisa masuk dan bekerja menyerupai biasanya dikarenakan sakit.


Demikian surat ini saya buat, atas perhatian dan pinjaman ijin saya sampaikan terima kasih.


Hormat saya,


Malik Hartanto



Contoh Surat Izin Tidak Sekolah Karena Peristiwa, Acara atau Kegiatan Tertentu


  Menyimak


Selain pola surat izin tidak masuk sekolah lantaran sakit di atas, terkadang seseorang juga memerlukan pola surat izin lantaran alasan yang lainnya, bisa lantaran ada program keluarga atau program apapun. Berikut ini akan disampaikan sejumlah pola surat izin sekolah lantaran urusan keluarga dan program tertentu dari banyak sekali jenjang, antara lain.




  1. Contoh Surat Izin Tidak Sekolah Tingkat SD





Jember, 8 November 2016


Yth. Bapak/Ibu Guru Wali Kelas V


SDN Bangsalsari 7


 


Dengan hormat,


Dengan surat ini, saya memberitahukan bahwa adik saya yang beridentitas:


Nama                     : Hafizah


Kelas                     : 4


Nomor Absen         : 12


Pada hari Selasa, 8 November 2016 tidak sanggup mengikuti aktivitas mencar ilmu sebagaimana biasanya dikarenakan ada program keluarga.


Demikian surat ini saya, harap dijadikan maklum. Atas izin yang diberikan oleh Bapak/Ibu Guru, saya sampaikan terima kasih.


Hormat saya,


Deviani Andira





  1. Contoh Surat Izin Tidak Sekolah MI





Jember, 8 November 2016


Yth. Bapak/Ibu Guru Wali Kelas III


MI Al Hidayah Jember


Di sekolah


 


Assalamu’alaikum wr.wb.


Saya yang bertanda tangan berikut ini merupakan orang renta dari siswa:


Nama                     : Alhusna Mar’ah


Kelas                     : 3


Nomor Absen         : 5


Memberitahukan bahwa putri saya tersebut tidak bisa mengikuti pelajaran sebagaimana biasanya dikarenakan mengikuti program ijab kabul abang kandungnya yang dilangsungkan di luar kota.


Demikian pemberitahuan yang sanggup saya sampaikan. Saya harap biar Bapak/Ibu Guru memperlihatkan izin bagi putri saya. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.


Wassalamu’alaikum wr.wb.


Hormat saya,


Alhimni Ilmi





  1. Contoh Surat Izin Tidak Sekolah SMP





Jember, 10 November 2016


Yth. Bapak/Ibu Guru Wali Kelas VIII B


SMP Islam Ma’arif


Jember


 


Assalamu’alaikum wr.wb.


Bersamaan dengan surat ini kami memberitahukan bahwa putra kami yang berjulukan Alvin Hartanto kelas VIII B, tidak bisa masuk sekolah serta mengikuti pelajaran sebagaimana biasanya dikarenakan ada kepentingan keluarga. Kami berharap biar Bapak/Ibu Guru sanggup memakluminya.


Demikian surat ini kami sampaikan, atas izin yang diberikan kami sampaikan terima kasih


Wassalamu’alaikum wr.wb.


Hormat saya,


Hartanto





  1. Contoh Surat Izin Tidak Sekolah MTs





Jember, 8 November 2016


 


Yth. Bapak/Ibu Guru Wali Kelas IX A


MTs. Al Falah Bangsalsari


Jember


 


Assalamu’alaikum wr.wb.


Kami ialah orang renta dari:


Nama                     : Faridatul Quddusiyah


Kelas                     : IX A


Nomor Absen         : 12


Memberitahukan bahwa putri kami tersebut tidak bisa mengikuti pelajaran sebagaimana biasanya dikarenakan mengalami kecelakaan.  Oleh lantaran itu, mohon Bapak/Ibu Guru memperlihatkan izin bagi putri kami untuk beristirahat.


Demikian surat ini kami sampaikan. Atas perhatian dan diberikannya ijin, kami ucapkan terima kasih.


Wassalamu’alaikum wr.wb.


Hormat saya,


Zidni Ilma





  1. Contoh Surat Izin Tidak Sekolah SMA





Jember, 8 November 2016


Yth. Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XI IPA1


SMA N 10 Jember


Di sekolah


 


Assalamu’alaikum wr.wb.


Dengan hormat,


Kami ialah orang renta dari siswa dengan identitas berikut:


Nama                     : Tafkirah Arsyad


Kelas                      : XI IPA1


Nomor Absen       : 25


Menyampaikan bahwa putri kami tersebut berhalangan hadir dan mengikuti pembelajaran sebagaimana biasanya dikarenakan neneknya meninggal dunia. Oleh lantaran itu, kami harapkan biar Bapak/Ibu Guru memperlihatkan izin pada putri kami untuk tidak masuk sekolah selama 2 hari.


Demikian surat ini kami sampaikan, atas perhatian Bapak/Ibu Guru kami sampaikan terima kasih.


Wassalamu’alaikum wr.wb.


Hormat saya,


Imron Rosyid





  1. Contoh Surat Izin Tidak Sekolah MA





Jember, 8 November 2016


 


Yth. Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XI IAGA


MA Al Fattah Panti – Jember


Di sekolah


 


Assalamu’alaikum wr.wb.


Dengan hormat,


Kami ialah orang renta dari siswa dengan identitas berikut:


Nama                     : Tazkirah


Kelas                    : XI IPA1


Nomor Absen        : 25


Menyampaikan bahwa putri kami tersebut berhalangan hadir dan mengikuti pembelajaran sebagaimana biasanya dikarenakan sakit asma. Oleh lantaran itu, kami harapkan biar Bapak/Ibu Guru memaklumi serta memperlihatkan izin pada putri kami untuk beristirahat hingga kondisinya pulih kembali.


Demikian surat ini kami sampaikan, atas perhatian Bapak/Ibu Guru kami sampaikan terima kasih.


Wassalamu’alaikum wr.wb.


Hormat saya,


 


Arsyad Syakur





  1. Contoh Surat Izin Tidak Sekolah SMK





Jember, 8 November 2016


 


Yth. Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XI TKJ1


SMK Negeri 11 Jember


Di tempat


 


Dengan hormat,


Saya ialah siswa yang bertanda tangan di bawah ini:


Nama                     : Dandi Hermansyah


Kelas                      : XI TKJ1


Nomor Absen       : 09


Sehubungan dengan pelaksanaan seleksi anggota OSIS Sekolah Menengah kejuruan N 11 Jember Tahun Ajaran 2016/2017, saya bermaksud untuk meminta izin untuk tidak mengikuti aktivitas di kelas menyerupai biasanya. Hal ini dikarenakan saya ialah salah satu koordinator program tersebut. Saya berharap biar Bapak/Ibu Guru berkenan untuk memperlihatkan izin.


Demikian surat ini kami sampaikan, atas perhatian Bapak/Ibu Guru saya sampaikan terima kasih.


Hormat saya,


Arsyad Syakur


 


Berbagai pola surat izin sekolah untuk aktivitas dan hal-hal lainnya di atas sanggup dirubah keterangan-keterangan yang diperlukan. Misalnya, nama sekolah, identitas siswa serta alasan tidak masuk sekolah.


Kemudian untuk salam pembuka, ada yang hanya memakai kata ‘Dengan hormat’, ‘Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh’, dan ada juga yang memakai kombinasi keduanya. Mana yang lebih baik? Ini bisa diserahkan pada pribadi masing-masing. Hanya saja untuk salam pembuka yang ‘Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh’ ada yang ditulis memakai abjad arab dan ada yang ditulis dengan abjad biasa saja.



Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja


  Menyimak


Surat izin tidak masuk kerja juga dimanfaatkan oleh para karyawan yang berhalangan hadir lantaran banyak sekali alasan, di mana alasan tersebut tidak sanggup diwakilkan pada orang lain. Tentunya masing-masing perusahaan atau forum memiliki hukum khusus perihal mekanisme izin tidak masuk ini.


Akan tetapi, pada umumnya karyawan yang bersangkutan perlu menciptakan surat izin terlebih dahulu di mana surat tersebut nantinya ditujukan pada atasan atau HRD perusahaan. Agar pembuatan surat izin bisa lebih mudah, sebaiknya simak sejumlah pola surat izin tidak masuk kerja berikut ini terlebih dahulu.




  1. Contoh Surat Izin Tidak Kerja Karena Kepentingan Keluarga





Banyuwangi, 16 April 2016


Perihal: Izin Tidak Masuk Kerja


 


 


Yth. Kepala HRD PT. Asyik Sekali


Jl. Jalan-Jalan Saja No. 17 Banyuwangi


 


Dengan hormat,


Saya yang tanda tangan di bawah ini:


Nama         : Agus Wardoyo


Jabatan     : Staff gudang PT. Asyik Sekali


Saya bermaksud memohon izin untuk tidak bekerja selama 2 hari pada tanggal 17 dan 18 April 2016 dikarenakan ada kepentingan keluarga yang sangat mendesak.


Demikian surat permohonan izin ini saya ajukan, atas perhatian Ibu/Bapak, saya sampaikan terima kasih.


Hormat Saya,


Agus Wardoyo





  1. Contoh Surat Izin Tidak Kerja Karena Menikah





Banyuwangi, 16 April 2016


 


Yth. Kepala HRD PT. Asyik Sekali


Jl. Jalan-Jalan Saja No. 17 Banyuwangi


Di tempat


 


Assalamu’alaikum warohmatullah wabarokaatuh,


Saya yang tanda tangan di bawah ini:


Nama         : Agus Wardoyo


Jabatan     : Staff gudang PT. Asyik Sekali


NIP            : 032183247


Alamat       : Jl. Rindang 1 Beringin N0. 15 Banyuwangi


Bermaksud memohon izin untuk tidak bekerja selama 5 hari pada tanggal 17 –  21 April 2016 dikarenakan sedang melakukan pernikahan. Saya berharap biar Bapak/Ibu sanggup memaklumi dan memperlihatkan izin kepada saya.


Demikian surat ini saya buat. Atas izin yang diberikan, saya sampaikan terima kasih.


Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.


Hormat Saya,


Agus Wardoyo





  1. Contoh Surat Izin Tidak Kerja Karena Menghadiri Prosesi Wisuda





Banyuwangi, 16 April 2016


 


Yth. Kepala SDM PT. Mari Bahagia


Jl. Jalan Sudah Diaspal No. 10 Banyuwangi


Di tempat


 


Assalamu’alaikum warohmatullah wabarokaatuh,


Saya yang tanda tangan di bawah ini:


Nama         : Mirna Wardani


Jabatan     :  –


NIP            : 032183247


Alamat       : Jl. Daun 1 Beringin N0. 15 Banyuwangi


Bermaksud memohon izin untuk tidak bekerja selama 2 hari pada tanggal 17 dan 21 April 2016 dikarenakan pada tanggal tersebut saya harus mengikuti program wisuda. Saya berharap biar Bapak/Ibu sanggup memaklumi dan memperlihatkan izin kepada saya.


Demikian surat ini saya buat. Atas izin yang diberikan, saya sampaikan terima kasih.


Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.


Hormat Saya,


Mirna Wardani





  1. Contoh Surat Izin Tidak Kerja Karena Mengikuti Tes CPNS





Banyuwangi, 16 Oktober  2016


 


Yth. Kepala Sekolah Sekolah Menengan Atas Bendera


Jl. Bagus No. 17 Banyuwangi


 


Assalamu’alaikum warohmatullah wabarokaatuh,


Saya yang tanda tangan di bawah ini:


Nama         : Risma Adinda


Jabatan     : Guru Geografi


NIP            : –


Alamat       : Jl. Akar 1 No. 15 Banyuwangi


Bermaksud memohon izin untuk tidak masuk selama 1 hari pada tanggal 17 Oktober  2016 dikarenakan mengikuti tes seleksi CPNS. Saya berharap biar Bapak/Ibu sanggup memaklumi dan memperlihatkan izin kepada saya pada hari tersebut.


Demikian surat ini saya buat. Atas izin yang diberikan, saya sampaikan terima kasih.


Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.


Hormat Saya,


Risma Adinda





  1. Contoh Surat Izin Tidak Kerja Karena Ada Pelatihan





Banyuwangi, 16 September 2016


 


Yth. Kepala Sekolah Sekolah Menengah Pertama Pusaka Negara


Jl. Terima  Saja No. 19 Banyuwangi


Di tempat


 


Assalamu’alaikum warohmatullah wabarokaatuh,


Dengan hormat,


Saya yang tanda tangan di bawah ini:


Nama         : Ardina Widjaya


Jabatan     : Guru IPA


NIP            : 032183247


Alamat       : Jl. Rindang Pisang No. 15 Banyuwangi


Bermaksud memohon izin untuk tidak bekerja selama 2 hari pada tanggal 17 dan 18 September 2016 dikarenakan sedang mengikuti training penyusunan anggaran koperasi sekolah di Jember.


Demikian surat ini saya buat. Atas izin yang diberikan, saya sampaikan terima kasih.


Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.


Hormat Saya,


Ardina Widjaya





  1. Contoh Surat izin Tidak Kerja Karena Ada Keperluan yang Mendesak





Banyuwangi, 16 April 2016


 


Yth. Direktur PT. Asyik Sekali


Jl. Jalan-Jalan Saja No. 17 Banyuwangi


Di tempat


 


Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokaatuh,


Dengan hormat,


Saya yang tanda tangan berikut ini:


Nama         : Agus Wardoyo


Jabatan     : Manajer HRD PT. Asyik Sekali


NIP            : –


Alamat       : Jl. Rindang 1 Beringin No. 15 Banyuwangi


Bermaksud memohon izin untuk tidak masuk dan bekerja pada tanggal 17 April 2016 dikarenakan ada keperluan yang sangat mendesak yang mengharuskan saya untuk hadir.


Demikian surat ini saya buat. Atas izin yang diberikan, saya sampaikan terima kasih.


Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.


Hormat Saya,


Agus Wardoyo



Contoh Surat Izin Karena Bepergian


  Menyimak




  1. Contoh Surat Izin Bepergian Liburan Keluarga





Banyuwangi, 16 September 2016


 


Yth. Bapak/Ibu Guru Wali Kelas VIIC


SMP Pusaka Negara


Di sekolah


 


Assalamu’alaikum warohmatullah wabarokaatuh,


Dengan hormat,


Kami ialah orang renta dari siswa dengan identitas berikut ini:


Nama         : Ardina Widjaya


Kelas         : VIIC


No. Absen : 04


Bermaksud memohonkan  izin untuk anak kami pada tanggal 17 September 2016 dikarenakan mengikuti program khusus liburan keluarga ke Kebun Teh Gunung Gambir.


Demikian surat ini kami buat. Atas izin yang diberikan, saya sampaikan terima kasih.


Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.


Hormat Saya,


Ardina Widjaya





  1. Contoh Surat Izin Karena Mengunjungi Saudara yang Menikah





Banyuwangi, 16 April 2016


 


Yth. Kepala HRD PT. Asyik Sekali


Jl. Jalan-Jalan Saja No. 17 Banyuwangi


Di tempat


 


Assalamu’alaikum warohmatullah wabarokaatuh,


Saya yang tanda tangan di bawah ini:


Nama         : Agus Wardoyo


Jabatan     : Staff gudang PT. Asyik Sekali


NIP            : 032183247


Alamat       : Jl. Rindang 1 Beringin N0. 15 Banyuwangi


Bermaksud memohon izin untuk tidak bekerja selama 4 hari pada tanggal 17 – 20 April 2016 dikarenakan harus pergi ke Yogyakarta untuk mengunjungi sepupu saya yang akan melangsungkan pernikahan. Saya berharap biar Bapak/Ibu sanggup memaklumi dan memperlihatkan izin kepada saya.


Demikian surat ini saya buat. Atas izin yang diberikan, saya sampaikan terima kasih.


Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.


Hormat Saya,


Agus Wardoyo





  1. Contoh Surat Izin Tidak Kuliah Karena Pulang Kampung





Banyuwangi, 16 September 2016


 


Yth. Bapak Andi Arsyad, S.Si, M.Si


Di Jurusan Geografi


Universitas Banyuwangi


 


Assalamu’alaikum warohmatullah wabarokaatuh,


Dengan hormat,


Saya yang bertanda tangan berikut ini:


Nama                     : Ardina Widjaya


NIM                       : 12701772831


Kelas                     : B – 2016


Program Studi    : Pendidikan Geografi


Fakultas               : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam


Bermaksud memohon izin untuk tidak mengikuti mata kuliah Program Budidaya Lahan pada hari Selasa, 17 September 2016, lantaran saya harus mudik untuk menghadiri program peringatan 1000 hari nenek saya di Jember. Saya berharap biar Bapak memaklumi dan memperlihatkan izin kepada saya.


Adapun mengenai bahan dan kiprah kuliah yang mungkin akan Bapak berikan, saya siap untuk menerimanya dan akan saya serahkan pada perkuliahan berikutnya.


Demikian surat ini saya buat. Atas izin yang diberikan, saya sampaikan terima kasih.


Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.


Hormat Saya,


Ardina Widjaya



Surat Izin Sebaiknya Diketik atau Menggunakan Tulisan Tangan?


  Menyimak


Akibat perkembangan zaman, kini ada banyak hal yang tidak perlu dilakukan secara manual, termasuk pembuatan surat izin. Keberadaan komputer kini ini menciptakan seseorang menjadi lebih simpel menyusun surat izin tanpa perlu repot-repot menulisnya. Namun bagaimana bahwasanya menciptakan surat izin dengan cara diketik tersebut?


Untuk ini, bahwasanya dikembalikan pada instansi atau forum masing-masing. Ada beberapa instansi yang mewajibkan karyawannya untuk menulis surat izin dengan tangan, tetapi ada juga yang memperbolehkan mengetik surat tersebut dengan komputer.


Hanya saja, untuk siswa sekolah sebaiknya surat ini ditulis dengan tangan biasa dan disarankan untuk memakai dua lembar kertas. Karena apabila hanya ditulis dengan satu kertas saja, ini akan dianggap kurang sopan. Kemudian menyerupai yang pernah disampaikan sebelumnya, untuk setiap surat izin harap dimasukkan ke dalam amplop sebelum dikirimkan ke alamat tujuan.


Meminta Izin Melalui Whatsapp


  Menyimak


Pada masa kini ini, permohonan izin juga bisa disampaikan melalui Whatsapp, SMS atau bahkan telepon. Cara ini memang sangat mudah, terutama bagi orang-orang yang sudah terburu-buru dan tidak punya banyak waktu untuk menulis serta mengirimkan surat izin.


Namun yang perlu diperhatikan ialah meminta izin melalui Whatsapp juga ada aturannya sama menyerupai ketika meminta izin melalui surat yang ditulis dengan tangan biasa. Artinya, meminta izin melalui Whatsapp dan lain sebagainya juga ada etikanya, di antaranya ialah sebagai berikut.



  • Tidak dilakukan ketika tengah malam atau pada waktu-waktu di mana lazimnya seseorang beristirahat

  • Tidak dilakukan pada waktu yang biasa digunakan beribadah

  • Harus diawali dengan salam dan sapaan

  • Sampaikan permohonan maaf dikarenakan telah mengganggu pihak yang dituju sebagai bentuk sopan santun dan kerendahan hati

  • Pastikan bahwa ketika mengirim, sertakan juga identitas

  • Gunakan bahasa umum yang simpel dimengerti, tidak memakai abreviasi dan gunakan tanda baca yang baik

  • Hindari bahasa-bahasa kekinian yang cenderung alay

  • Sampaikan permohonan izin dengan kalimat yang singkat, padat, terang dan juga sopan

  • Akhiri dengan ucapan terima kasih dan salam


Hal lain yang juga perlu diperhatikan dalam memohon izin melalui Whatsapp ini ialah jangan memakai simbol-simbol yang tidak lazim. Simbol-simbol menyerupai itu selain tidak bisa dimengerti juga bisa menciptakan sebal orang yang melihatnya. Kemudian jangan aktifkan capslock apalagi menggunakannya untuk semua huruf. Hal ini dikarenakan  meng-capslock semua abjad menyerupai itu tampak tidak sopan, seolah memperlihatkan kemarahan dan terkesan memaksa. Jadi, gunakan capslock tersebut untuk huruf-huruf yang dirasa perlu saja.


Berbagai pola surat izin di atas sanggup dipilih dan ditulis sesuai dengan kebutuhan.  Adapun mengenai permohonan izin melalui Whatsapp, ini sebaiknya dihindari kecuali jikalau kondisinya darurat. Jangan lupa untuk mencari pola meminta izin melalui Whatsapp terlebih dahulu untuk memastikan bahwa bahwa kata-kata yang digunakan sudah sopan.


Demikian pembahasan singkat mengenai pola surat izin dan hal-hal lain yang masih berkaitan, semoga bermanfaat.




Baca juga:



FAST DOWNLOADads
| Server1 | Server2 | Server3 |
Download
Next Post Previous Post