Contoh Teks Eksplanasi

FAST DOWNLOADads
Download

– Teks eksplanasi merupakan salah satu jenis teks yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Secara sederhana pengertian teks eksplanasi yaitu teks yang berisi mengenai informasi atau fakta. Biasanya teks ini berisi mengenai klarifikasi mengenai hal-hal yang umum.


Pengertian Teks Eksplanasi Menurut Ahli


Teks


Untuk memahami lebih terang mengenai teks eksplanasi maka akan disajikan pengertiannya. Pengertian dari teks eksplanasi berikut merupakan ungkapan para hebat bahasa yang ada di Indonesia:


Teks Eksplanasi Secara Bahasa


Secara bahasa eksplanasi merupakan kata serapan dari bahasa Inggris yaitu explanation. Arti dari kata explanation yaitu penjelasan. Makara secara bahasa teks eksplanasi yaitu naskah yang berisi mengenai penjelasan.


Secara umum, teks eksplanasi sanggup diartikan sebagai teks yang berisi mengenai klarifikasi suatu hal. Penjelasan dalam teks eksplanasi harus bersifat faktual, artinya semua yang dijabarkan yaitu fakta ilmiah.


Teks Eksplanasi Menurut Mahsun


Pengertian dari teks eksplanasi berdasarkan Mahsun yaitu sebuah teks yang disusun dengan memperlihatkan potongan pernyataan umum sebagai pembuka, deretan penjelas sebagai isi, dan interpretasi sebagai penutup.


Teks Eksplanasi Menurut Wignell Gerot


Wignell Gerot mengungkapkan bahwa teks eksplanasi merupakan teks yang isinya mengenai proses pembentukan. Mereka juga menjelaskan bahwa teks eksplanasi merupakan teks yang isinya tanda-tanda sosial budaya dan alam.


Teks Eksplanasi Menurut Wahono


Dalam bukunya Wahono mengungkapkan bahwa teks eksplanas intinya yaitu teks yang isinya menjelaskan mengenai proses. Proses ini terjadi secara ilmiah yang ada kaitannya dengan alam ataupun sosial budaya. Bentuk dari teks eksplanasi secara umum terdiri atas pernyataan umum, penjelas, dan simpulan.


Teks Ekspalanasi Menurut Restuti


Restuti menjelaskan bahwa teks eksplanasi yaitu teks yang isinya menunjukan mengenai fenomena sosial dan alam.


Teks Eksplanasi dalam Kamus Inggris-Indonesia Kontemporer


Dalam kamus besar Inggris-Indonesia kontemporer dijelaskan bahwa teks eksplanasi yaitu teks yang isinya proses mengenai fenomena budaya, ilmu pengetahuan, sosial, alam, dan sebagainya.


Bisa ditarik kesimpulan teks eksplanasi yaitu sebuah teks isinya mengenai klarifikasi atau fenomena yang ada hubungannya dengan alam dan sosial. Teks ini dibentuk dengan struktur pernyataan umum, deret penjelas, dan epilog atau interpertasi.


Ciri-Ciri Teks Eksplanasi


Teks


Sebuah teks bisa dikatakan sebagai teks eksplanasi harus memenuhi beberapa ciri-ciri. Adapun ciri-ciri teks eksplanasi yang benar yaitu:


Berisikan Tentang Fakta


Ciri utama dari teks  eksplanasi yaitu berisi mengenai fakta. Sudah sanggup dipastikan bahwa pembahasan dari sbuah teks eksplanasi yaitu fakta yang terjadi dalam lingkungan sosial ataupun alam. Fakta-fakta ini dihimpun berdasarkan pengamatan dan pengalaman.


Informasi yang Diberikan Bersifat Ilmiah


Ciri selanjutnya dari teks eksplanasi yaitu bersifat ilmiah. Karena isinya mengenai fakta maka teks eksplanasi niscaya bersifat ilmiah. Informasi yang disajikan niscaya sudah terbukti secara ilmiah.


Bersifat Informatif


Informatif yang dimaksuda yaitu teks eksplanasi selalu memperlihatkan informasi yang bermanfat bagi pembacanya. Teks eksplanasi bukan teks seruan ataupun yang lainnya. Isi dari teks ini semuanya yaitu informasi yang penting.


Penjelasannya Berurutan


Ciri lainnya dari teks eksplanasi yaitu penjelasannya berurutan. Teks eksplanasi dibentuk secara runtut sehingga menyajikan informasi yang terang dan runtut. Dengan demikian pembaca akan lebih gampang memahami isi yang ada di dalam teks tersebut.


Strukturnya Jelas dan Selalu Berurutan


Ciri yang terakhir dari teks eksplanasi yaitu memiliki struktur yang jelas. Struktur dari teks eksplanasi yaitu pernyataan yang umum, deretan penjelas, dan epilog atau interpretasi. Ketiga struktur ini selalu berurutan. Untuk klarifikasi lebih lanjut mengenai struktur dari teks eksplanasi akan dijelaskan di bawah ini.


Struktur Teks Eksplanasi


Teks


Seperti yang sudah dijelaskan bahwa sebuah teks eksplanasi memiliki ciri terstruktur dengan jelas. Berikut yaitu srtuktur teks eksplanasi dari mulai awal hingga simpulan bacaan:


Pernyataan Umum / General Eksplanation


Pernyataan umum sering disebut juga pembuka dalam teks eksplanasi. Penulisan pernyataaan umum haruslah berisi mengenai fenomena yang dibahas secara umum. Dalam pernyataan umum dijelaskan secara keseluruhan apa saja yang akan dibahas dalam teks tersebut.


Gambaran umum isi teks harus dijabarkan secara terang di dalam pernyataan umum. Di dalam pernyataan umum bisa memuat apa, bagaimana, dan mengapa proses fenomena atau insiden alam itu sanggup terjadi.


Deretan Penjelas / Sebab Akibat


Setelah pernyataan umum, srtuktur selanjutnya yaitu deretan penjelas. Dalam deretan penjelas ini berisi mengenai klarifikasi mengapa fenomena bisa terjadi. Biasanya deretan penjelas terdiri dari 2 atau lebih paragraf.


Isi dari deretan penjelas juga bisa berupa lantaran dan akhir dari fenomena yang sedang ditulis. Penjelasan yang ada dalam dertan penjelas harus lengkap dan runtut semoga gampang untuk dipahami.


Penutup / Interpretasi


Bagian simpulan dari teks eksplanasi ialah epilog yang berupa interpretasi. Penutup ini sanggup berisi mengenai kesimpulan dari pembahasan ataupun pendapat eksklusif dari penulis. Tanggapan yang diberikan bisa bersifat umum ataupun kritik dan saran mengenai fenomena yang sudah dibahas.


Namun tidak semua teks eksplanasi memiliki struktur yang lengkap. Terkadang ada beberapa teks eksplanasi yang tidak mencantumkan epilog atau interpretasi.


Kaidah Bahasa Teks Eksplanasi


Teks


Dalam penulisan teks eksplanasi harus memperhatikan kaidah kebahasaannya. Berikut ini yaitu kaidah kebahasaan teks eksplanasi yang benar:


Banyak Menggunakan Istilah Umum


Kaidah bahasa yang paling utama dipakai dalam teks eksplanasi yaitu istilah umum. Dalam teks eksplanasi hindari untuk memakai istilah abnormal ataupun istilah khusus. Hal ini dikarenakan teks eksplanasi bersifat umum yang ditujukan pada orang banyak.


Lebih Banyak Menggunakan Kata Kerja yang Aktif


Di dalam teks eksplanasi juga banyak mengguankan kata kerja yang aktif . Kata kerja yang dipakai kebanyakan yaitu kata kerja relasional dan material.


Menggunakan Kata Hubung Kausal dan Waktu


Kata hubung kausal dan waktu yang sering dipakai dalam teks eksplanasi yaitu jika, bila, kemudian, sehingga, dan sejenisnya. Penggunaan kata hubung ini biasanya ada dalam deretan penjelas.


Bahasa yang Digunakan Jelas dan Praktis Dipahami


Karena teks eksplanasi dibentuk untuk umum dan memperlihatkan informasi maka penulisannya harus memakai bahasa yang jelas. Teks eksplanasi harus gampang dipahami semoga sesuai dengan tujuannya. Tujuan teks eksplanasi yaitu memperlihatkan informasi pada pembacanya.


Sebuah teks eksplanasi yang baik yaitu yang memakai kaidah kebahasaan yang gampang dipahami. Pastikan jikalau menciptakan teks eksplanasi gampang dipahami dan berisi perihal fakta.


Contoh Teks Eksplanasi


Teks


Agar lebih memahami mengenai teks eksplanasi, maka berikut ini akan diberikan beberapa rujukan teks eksplanasi. Contoh ini diberikan berdasarkan jenis teks eksplanasi yang umum dijumpai.


Contoh Teks Eksplanasi Tentang Makhluk Hidup



Komodo, Reptil Raksasa Purba yang Hampir Punah


Komodo merupakan binatang reptil raksasa yang masih ada hingga sekarang. Hewan reptil dengan badan lebih dari 3 meter ini merupakan binatang purba yang masih bisa bertahan hingga sekarang. Namun, sayangnya keberadaan komodo semakin sedikit sehingga bisa dikatakan hampir punah.


Komodo hanya sanggup dijumpai di Indonesia, tepatnya di Pulau Komodo yang ada berada di Nusa Tengga Timur. Pulau Komodo menjadi salah satu kawasan tujuan wisata terfavorit bagi turis mancanegara ataupun domestik. Pulau ini juga menjadi satu-satunya habitat dari komodo.


Hewan reptil terbesar ini menjadi salah satu binatang yang dilindungi dan dilarang untuk diburu. Namun, sayangnya banyaknya wisatawan yang tiba ke Pulau Komodo menciptakan pulau semakin terkotori lantaran sampah. Hal inilah yang merupakan salah satu penyebab komodo semakin punah. Pencemaran akhir sampah ini menciptakan Komodo tidak sanggup bertahan hidup lama.


Komodo memang merupakan reptil yang sangat mematikan dan berbahaya. Namun Komodo juga harus dilestarikan keberadaannya. Tidak hanya sebagai warisan alam Komodo juga berfungsi sebagai penyeimbang ekosistem.



Contoh Teks Eksplanasi Tentang Sosial Pendidikan



Toleransi Menciptakan Kerukunan Di Indonesia


Toleransi merupakan perilaku saling menghargai perbedaan yang ada dalam sebuah kelompok. Sikap toleransi sangat dibutuhkan dalam kehidupan setiap harinya. Apalagi Indonesia terdiri atas banyak suku dan bermacam-macam budaya. Toleransi sangat diharapkan untuk tetap mempersatukan bangsa Indonesia.


Sikap toleransi harus ditanamkan semenjak dini semoga terbentuk abjad yang saling menghargai. Salah satu rujukan perilaku toleransi yaitu menghargai dan mendengarkan pendapat orang lain. Setiap individu tentunya memiliki pemikiran yang berbeda-beda. Oleh lantaran itu, toleransi diharapkan untuk saling menghargai pendapat.


Contoh lain dari perilaku toleransi yaitu saling tolong menolong tanpa harus memandang suku, agama, dan ras. Menolong orang lain yang membuthkan kontribusi yaitu salah satu wujud dari toleransi. Toleransi harus dilakukan oleh semua orang dalam semua aspek kehidupan termasuk agama.


Toleransi agama yaitu tidak memaksakan pemikiran agama kepada orang lain. Pemaksaan pemikiran agama bukan wujud dari sebuh toleransi. Tidak mengganngu ibadah orang lain juga termasuk dalam toleransi umat beragama.


Toleransi memang sangat penting dan dibutuhkan untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Hidup rukun dan hening dengan menjunjung tinggi toleransi dalam semua hal.



Contoh Teks Eksplanasi Tentang Lingkungan



Reboisasi Salah Satu Upaya Pencegah Banjir dan Longsor


Reboisasi yaitu penanaman pohon kembali untuk mencegah terjadinya banjir dan tanah longsor. Melakukan reboisasi bisa menjadi salah satu solusi yang sempurna untuk mencegah petaka menyerupai banjir dan longsor.


Seperti yang diketahui bahwa pohon memiliki banyak manfaat, salah satunya yaitu sebagai penyerap air. Pada dikala trend penghujan tiba pohon sangat diharapkan untuk menyerap air yang berlimpah. Air yang diserap oleh pohon nantinya akan dijadikan sebagai cadangan pada dikala trend kemarau datang.


Pohon-pohon besar juga memiliki akar yang besar lengan berkuasa dan sanggup menopang tanah. Tidak salah jikalau pohon sanggup mencegah longsor di dataran yang miring. Keberadaan pohon ini memang memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Namun sayangnya kini pepohonan sudah langka. Hutan sudah banyak yang gundul dan dibuka sebagai lahan pertanian ataupun perumahan.


Penggundulan hutan ini sangat berakibat fatal bagi kehidupan manusia. Pada dikala trend penghujan maka akan terjadi banjir dan longsor dimana-mana. Sedangkan pada dikala musm kemarau air sulit untuk didapatkan.


Oleh lantaran itu, reboisasi perlu untuk ditingkatkan kembali. Melakukan reboisasi bisa dimulai dari rumah. Menanam tanaman hias ataupun buah-buahan yaitu upaya kecil dalam proses reboisasi.


Reboisasi tidak hanya bisa mencegah banjir dan longsor saja tapi juga bisa menciptakan udara semakin bersih. Semakin banyak pohon maka produsi oksigen akan semakin meningkat. Hal inilah yang menciptakan udara higienis dan bebas dan segar.


Gerakan reboisasi ini harus digiatkan semoga tidak ada lagi petaka banjir ataupun tanah longsor. Reboisasi sanggup menjadi solusi jitu untuk mencegah banjir dan tanah longsor pada dikala trend penghujan.



Kesimpulan


Pengertian teks eksplanasi yaitu sebuah teks yang berisi mengeai fakta dan penjelasan. Dalam teks eksplanasi terdapat pernyataan yang bersifat umum, deretan kalimat untuk penjelas, dan penutup. Setidaknya teks eksplanasi memuat pernyataan umum dan deretan penjelas.


Dengan informasi mengenai teks eksplanasi ini semoga sanggup menambah wawasan dan pemahaman mengenai teks eksplanasi.




Baca juga:



FAST DOWNLOADads
| Server1 | Server2 | Server3 |
Download
Next Post Previous Post