Contoh Teks Eksplanasi

FAST DOWNLOADads
Download

–  Pernahkah kau membaca sebuah teks yang berisi mengenai suatu proses? Seperti proses terjadinya hujan, proses terjadinya gempa bumi dan proses terjadinya yang bekerjasama dengan alam dan ruang lingkup sosial lainnya? Apakah kau mengetahui jenis teks apa yang sedang kau baca ketika itu? Teks tersebut termasuk ke dalam teladan teks eksplanasi. Karena teks eksplanasi yaitu teks yang berisi mengenai klarifikasi suatu proses atau tahapan terjadinya sesuatu


Tanpa disadari, jenis teks eksplanasi seringkali ditemukan dalam kegiatan yang sedang kau baca. adapun jenis teks eksplanasi mempunyai struktur dan unsur kebahasaan yang berbeda dengan jenis teks lainnya.


Setiap kejadian yang yang ditulis dalam teks eksplanasi niscaya mempunyai kekerabatan lantaran jawaban yang membu kejadian itu bisa terjadi. Untuk mengetahui lebih terang mengenai teks eksplanasi mulai dari pengertian struktur unsur kebahasaan jenis hingga teladan teks eksplanasi, terdapat dalam artikel ini.


Pengertian Teks Eksplanasi


  Pernahkah


Tanpa disadari kita sering menemukan bacaan yang termasuk ke dalam jenis teks eksplanasi. Namun apa bekerjsama pengertian dari teks eksplanasi sendiri? Teks eksplanasi yaitu suatu teks yang berisi untuk menjelaskan suatu tahapan atau proses mengenai terjadinya kejadian atau fenomena. Biasanya kejadian yang terjadi di sekitar kita bekerjasama dengan ruang lingkup budaya, sosial, ilmiah dan alam.


Adapun pengertian lainnya beropini bahwa teks eksplanasi yaitu suatu teks yang ditulis berupa paragraf dan berisi mengenai informasi untuk menjelaskan suatu hal yang terjadi berdasarkan proses atau tahapan nya, baik itu dalam fenomena alam, berkaitan dengan kehidupan sosial budaya, dan ilmu pengetahuan. Maknanya hampir sama, yaitu suatu teks yang berisi informasi perihal tahapan dari suatu kejadian. Biasanya teks eksplanasi sering kali ditemukan dalam buku ilmu pengetahuan, sejarah, geografi, dan sains.


Dalam setiap kejadian yang terjadi niscaya terdapat unsur lantaran dan jawaban yang bekerjasama dengan kejadian tersebut. Hal ini termasuk ke dalam teks eksplanasi yang seringkali menjawab pertanyaan “bagaimana” dan “mengapa” dari kejadian yang sedang/telah terjadi tersebut.


Pengertian Teks Eksplanasi Menurut Para Ahli


  Pernahkah


Menurut Restuti (2013:85) yang beropini bahwa teks eksplanasi yaitu suatu teks yang ditulis untuk menjelaskan atau menerangi suatu proses kejadian atau fenomena yang sedang terjadi maupun yang sudah terjadi.


Menurut Mahsun, (2013: 189) yang menyatakan bahwa teks eksplanasi merupakan teks yang disusun oleh struktur di atas cuilan menyerupai pernyataan umum yang terdapat pada permukaan, deretan penjelas yang merupakan cuilan isi, serta interpretasi atau penutup.


Adapun yang terdapat pada pernyataan umum berisi mengenai pengenalan informasi yang sedang dibahas. Deretan penjelas merupakan cuilan yang menjelaskan suatu kejadian dengan kekerabatan lantaran akibat. Sedangkan interpretasi merupakan cuilan singkat sebagai epilog teks (boleh dicantumkan juga boleh tidak dicantumkan)


Fungsi Teks Eksplanasi


  Pernahkah


 


Teks eksplanasi mempunyai fungsi tersendiri diantaranya adalah,



  • 1. sebagai teks yang menjelaskan bagaimana suatu kejadian bisa bekerja atau terjadi

  • 2. Menjelaskan mengapa kejadian tersebut bisa terjadi

  • 3. Menjadikan teks yang mendekati pemecahan masalah

  • 4. Sebagai sumber rujukan bagi seseorang yang mempunyai keingintahuan tinggi akan suatu fenomena


Tujuan Teks Eksplanasi


  Pernahkah


Dalam penulisan teladan teks eksplanasi tentu saja mempunyai tujuan baik untuk para penulisnya maupun pembacanya. Berikut ini merupakan tujuan teks eksplanasi diantaranya adalah,



  1. Sebagai pembelajaran dari kejadian yang terjadi di sekitar kita. Sehingga bukan hanya dirasakan melainkan diamati pula.

  2. Mencari jalan atau solusi mengapa kejadian tersebut bisa terjadi.

  3. Memberikan informasi atas klarifikasi yang sedang atau telah terjadi

  4. Mencari lantaran jawaban dari kejadian suatu kejadian tersebut

  5. Menjustifikasi bahwa fenomena atau kejadian yang dijelaskan secara kausal merupakan sesuatu yang benar terjadi


Ciri Ciri Teks Eksplanasi


  Pernahkah


Teks eksplanasi mempunyai ciri-ciri yang menjadi pembeda antara teks eksplanasi dengan jenis teks lainnya. Adapun ciri-ciri teks eksplanasi menjadi suatu abjad tersendiri dari teks tersebut menyerupai berikut ini,



  1. Teks eksplanasi menawarkan suatu informasi yang didapatkan secara faktual (fakta) yakni bisa dibuktikan kebenarannya, tanpa dicampuradukkan dengan opini setiap penulis.

  2. Topik yang diangkat merupakan pembahasan mengenai kejadian atau fenomena yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan, sosial dan budaya, serta alam yang bersifat ilmiah

  3. Teks eksplanasi merupakan jenis teks yang mempunyai sifat informatif, namun tidak mempengaruhi pembaca untuk harus percaya dengan suatu hal yang sedang dibahas.

  4. Memiliki struktur yang membangun teks eksplanasi diantaranya menyerupai pernyataan umum, deretan klarifikasi (hubungan sebab-akibat), serta interpretasi (opsional)

  5. Dalam isi teks eksplanasi memakai sequence markers, yang diantaranya menyerupai pertama, ke-dua, ke-tiga, ke-empat, dan seterusnya


Struktur Teks Eksplanasi


  Pernahkah


Teks eksplanasi mempunyai struktur yang membangun isi teks tersebut. Paling tidak terdapat 3 struktur yang harus diperhatikan dalam menulis teladan teks eksplanasi, diantaranya adalah




  • 1. Pernyataan Umum




Pernyataan umum merupakan cuilan awal dalam teks eksplanasi yang biasanya berisi mengenai suatu tema yang sedang diperbincangkan. Bagian pernyataan umum biasanya berisi mengenai suatu informasi yang masih dalam tahap pengenalan dengan beberapa klarifikasi secara umum




  • 2. Deretan Penjelas (Hubungan Sebab Akibat)




Deretan penjelas merupakan struktur dari teks eksplanasi yang masuk ke dalam isi dari informasi yang akan dijelaskan. Pada deretan penjelas dijelaskan kekerabatan lantaran jawaban yang menimbulkan suatu kejadian atau fenomena bisa terjadi. Pada cuilan ini pula ditulis secara lengkap atau keseluruhan secara sistematis yaitu menceritakan dari awal hingga final fenomena.




  • 3. Interpretasi (Penutup)




Interpretasi merupakan cuilan dalam teks eksplanasi yang dipakai sebagai penutup. Tulisan di cuilan ini ditulis berupa kesimpulan atau intisari dari topik yang sedang dibahas, berdasarkan pernyataan umum dan deretan penjelas yang sudah ditulis sebelumnya. Dalam teks eksplanasi, cuilan interpretasi tidak selalu ada di dalam teladan teks eksplanasi lantaran cuilan ini bukanlah suatu keharusan.


Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi


  Pernahkah


Teks eksplanasi mempunyai kaidah kebahasaan yang perlu diperhatikan dalam menulis teladan teks eksplanasi. Unsur kebahasaan yang ada di dalam kaidah kebahasaan teks eksplanasi mempunyai perbedaan dan keunikan tersendiri dibanding dengan jenis teks yang lain. Adapun yang merupakan kaidah kebahasaan dalam teks eksplanasi diantaranya adalah,



  • Pembahasan yang diangkat dalam teks eksplanasi merupakan suatu hal yang sifatnya sudah umum atau generic, sehingga bukan berisi partisipan manusia. Pembahasan topik teks eksplanasi yang biasa diangkat misalnya, badai, gunung meletus, gempa bumi, tsunami, dan lain sebagainya.

  • Untuk menulis teks eksplanasi, harus memakai istilah ilmiah dalam penulisan

  • Gunakan kalimat pasif dalam menulis teks eksplanasi

  • Lebih banyak memakai verbal material dengan verbal rasional dalam penulisan teks eksplanasi

  • Menggunakan konjungsi kausal dan waktu untuk menjelaskan kejadian secara sistematis. Misalnya, sehingga, sebelum, jika, pertama, kemudian dan lain sebagainya


Jenis-Jenis Teks Eksplanasi


  Pernahkah


Berdasarkan pernyataan NWS Departement School and Education (2012), yang menyampaikan bahwa teks eksplanasi mempunyai empat jenis. Adapun jenis-jenis teks eksplanasi yang harus kau ketahui diantaranya yaitu :



  1. Eksplanasi Sequential, merupakan jenis teks eksplanasi yang ditulis untuk membahas suatu proses atau tahapan pada fenomena yang terjadi secara jelas. Misalnya, urutan siklus yang terjadi pada kehidupan rantai makanan.

  2. Eksplanasi Kausal, merupakan jenis teks eksplanasi yang ditulis untuk menjelaskan proses atau tahapan penyebab dan asal muasal terjadinya perubahan pada suatu kejadian tertentu. Misalnya, proses terjadinya pengikisan tanah

  3. Eksplanasi Teoritis, merupakan jenis teks eksplanasi yang ditulis untuk menawarkan informasi mengenai spekulasi kemungkinan yang bisa terjadi dikarenakan suatu kejadian atau fenomena alam. Misalnya, letusan gunung berapi menjadi pemicu terjadinya musibah lainnya yang lebih dahsyat

  4. Eksplanasi Faktorial, merupakan jenis teks eksplanasi yang ditulis untuk menjelaskan imbas dari suatu proses atau tahapan. Misalnya imbas terjadinya kejadian kolonialisasi.


Contoh Teks Eksplanasi


Ada banyak contoh teks eksplanasi yang dibedakan menjadi beberapa jenis, contohnya terdapat teks eksplanasi fenomena alam, teks eksplanasi peristiwa alam, teks eksplanasi sosial, teks eksplanasi budaya, dan teks eksplanasi lainnya.


Contoh Teks Eksplanasi Tentang Pendidikan


  Pernahkah


 



Larangan Membawa Handphone


Pernyataan Umum


Di zaman ini handphone merupakan sebuah alat komunikasi teknologi yang sudah menjadi kebutuhan bagi setiap masyarakat salah satunya yaitu belum dewasa atau remaja. Di Indonesia sendiri banyak belum dewasa atau remaja yang berani untuk membawa handphone ke sekolah lantaran menganggapnya biasa saja. Padahal terdapat sekolah yang melarang anak muridnya untuk membawa HP ke sekolah.


Deretan Penjelas (Hubungan Sebab Akibat)


Namun ada beberapa kalangan, yang menganggap bahwa larangan untuk membawa HP ke sekolah sangat tidak tepat bagi kurikulum pendidikan di Indonesia ketika ini. Karena Indonesia memakai kurikulum 2013 ketika ini, dimana kurikulum nasional tersebut menuntut siswa untuk lebih aktif dalam mencari rujukan mengenai pelajaran yang sedang dipelajari sehingga teknologi menyerupai hp tentu akan dibutuhkan.


Selain itu ada beberapa orang renta siswa yang menyuruh anaknya untuk membawa hp dikarenakan sebagai alat komunikasi. Serta banyak siswa yang beralasan bila membawa hp dengan tujuan untuk berjaga-jaga bila terdapat situasi yang sedang darurat.


Hal tersebutlah yang menimbulkan banyak pertanyaan. Seperti, apakah sekolah bisa menjamin untuk mengantisipasi hal yang darurat mengenai siswa? Bila pun memakai hp wali kelasnya masing-masing setiap kelas, tentu tidak akan efektif lantaran wali kelas tersebut niscaya mempunyai kesibukan waktu tersendiri. Hal itu merupakan alasan yang cukup kuat.


Interpretasi (Penutup)


Sehingga solusi yang tepat untuk digunakan, yakni dengan setiap pihak sekolah perlu memikirkan ulang mengenai kebijakan larangan memakai handphone di sekolah. Dengan begitu maka sekolah aakn menemukan keseimbangan antara dampak positif dan dampak negatif dari larangan membawa hp ke sekolah lantaran pendidikan juga merupakan hal yang sangat penting.




Penggunaan Ujian Nasional Berbasis Komputer


(Pernyataan Umum)


Saat ini perkembangan teknologi sudah semakin canggih dan merambah ke seluruh bidang, salah satunya yaitu pada bidang pendidikan. Misalnya saja penggunaan komputer sebagai alat dalam melaksanakan ujian nasional yang ketika ini sering disebut dengan UN CBT ( Ujian Nasional Computer Based Test ). Metode yang dipakai untuk ujian nasional tersebut telah merubah metode usang yang hanya memakai kertas dengan alat tulis atau yang biasa kita sebut UN PBT ( Ujian Nasional Paper Based Test ).


Deretan Penjelas (Hubungan Sebab Akibat)


Meskipun cara yang dipakai ketika ini untuk melaksanakan ujian nasional yaitu berbasis komputer, namun ada beberapa orang yang beropini bahwa hal tersebut bisa mendukung adanya kecurangan yang biasa terjadi dalam ujian. Sehingga hal tersebut menjadi duduk masalah yang harus diperhatikan dampaknya.


Meskipun masih banyak orang yang belum pernah mencicipi untuk melaksanakan metode ujian nasional berbasis komputer ini, namun sudah banyak murid serta guru yang menolak adanya pelaksanaan UN tersebut. Hal tersebut dikarenakan mereka masih sangat khawatir dengan teknis pelaksanaannya. Mereka takut bila terjadi kesalahan dalam mengerjakan soal UN menyerupai mati listrik ketika kegiatan UN sedang berlangsung. Adapun bila bisa memakai cadangan listrik dan semacamnya, namun tetap saja akan memicu siswa menjadi panik.


Selain berasal dari gangguan luar, mereka juga sangat menghawatirkan bila komputernya yang menjadi bermasalah atau jaringan yang terganggu, sehingga pelaksanaan ujian nasional akan terganggu bahkan bisa merusak proses pengerjaan soal-soal. Tentu saja hal tersebut merupakan suatu kejadian yang sangat tidak diinginkan baik dari kalangan murid itu sendiri maupun guru di sekolah tersebut.


Interpretasi (Penutup)


Sehingga banyak pihak sekolah yang ingin melaksanakan ujian nasional menyerupai biasanya atau dengan memakai metode lama, yaitu ujian nasional memakai kertas lembaran jawaban dan dikerjakan memakai alat tulis. Karena mereka beranggapan bahwa cara tersebut tentunya sudah sangat familiar lantaran terbiasa dengan mengerjakan soal memakai metode usang dan beranggapan lebih mudah.



Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam


  Pernahkah


Berikut ini merupakan beberapa teladan teks eksplanasi fenomena alam, diantaranya adalah:


Contoh Teks Eksplanasi Hujan



Pernyataan Umum


Hujan merupakan sebuah kejadian alam yang sudah tidak abnormal lagi bagi kita, dikarenakan hujan memang seringkali terjadi pada musimnya. Hujan yaitu kejadian jatuhnya tetesan air dari langit. Ketika isu terkini hujan, maka kejadian hujan akan turun dalam jangka waktu yang lama, bahkan bisa terjadi setiap hari.


Deretan Penjelas (Hubungan Sebab Akibat)


Musim hujan akan tiba sesudah bumi memasuki suhu yang tinggi (musim kemarau) sehingga seringkali sebelum terjadi hujan, maka suasana akan terasa sangat gerah. Ketika suhu bumi sedang panas, maka air akan menguap lebih banyak baik dari air danau, air laut, maupun air sungai. Setelah itu awan akan menyimpan air yang menguap.


Ketika air sudah penuh terkumpul di angkasa, maka awan akan terbentuk semakin besar dan bewarna lebih gelap (mendung). Suhu udara pun menjadi sangat dingin, lantaran uap air dalam awan berkembang menjadi air yang membeku.


Semakin usang air yang menguap dan tersimpan di awan, maka semakin besar beban yang didapat oleh awan. Sehingga alhasil awan akan turun ke posisi yang lebih rendah dan bersahabat bumi, kemudian alhasil air tersebut mencair dan turun ke bumi.


Kita sering melihat air hujan yang jatuh ke bumi merupakan butiran air kecil. Namun intinya butiran air yang jatuh dari angkasa tersebut berukuran besar. Ketika butiran air tersebut bergesekan dengan udara maka air pun menjadi pecah dan turun ke bumi dalam bentukan rintik air hujan.


Interpretasi (Penutup)


Hujan merupakan kejadian alam yang membawa berkah. Namun terkadang hujan juga bisa menimbulkan musibah. Misalnya ketika hujan yang turun sangat deras dan terjadi dalam waktu yang jangka lama, maka bisa menimbulkan banjir. Bahkan banjir tersebut bisa terjadi menjadi banjir bandang yang bisa merobohkan bangunan serta menghanyutkan benda lainnya.



Contoh Teks Eksplanasi Angin Puting Beliung



Pernyataan Umum


Angin puting beliung yaitu salah satu fenomena alam yang terjadi dalam bentuk perputaran angin yang cukup kencang dengan kecepatan hingga 60 km/jam serta membentuk garis lurus yang meliuk-liuk dari bawah ke atas dengan durasi sekitar 10 hingga 30 menit. Orang Jawa menyebut angin puting beliung dengan sebutan angin lesus, sementara orang Sumatera menyebutnya sebagai angin bahorok


bahkan di amerika fenomena angin puting beliung bisa lebih besar dan menakutkan. Angin ini berukuran sekitar 10 kali lebih besar dan kekuatannya 6 kali lebih besar, yakni 500 meter ukuran diameter, dan perputaran kecepatan sekitar 3000 km/ jam. Angin kencang tersebut disebut dengan tornado yang bisa menghancurkan banyak sekali bangunan yang dilewatinya


Deretan Penjelas (Hubungan Sebab Akibat)


Fenomena angin puting beliung merupakan musibah yang bisa menimbulkan dampak cukup serius. Sehingga, sebelum angin puting beliung tiba ada baiknya untuk mengetahui tanda-tanda yang akan menimbulkan terjadinya angin puting beliung menyerupai berikut ini,



  • Hawa cuaca terasa sangat panas

  • Hadirnya awan cumulus yang mempunyai bentuk menyerupai kembang kol raksasa di atas langit. Awan tersebut lama-kelamaan akan berkembang menjadi gelap atau mendung yang disebut dengan awan cumulonimbus. Yakni mempunyai bentuk yang hampir sama namun ukurannya sedikit lebih besar.

  • Muncul angin yang awalnya terasa menyerupai hembusan, namun lama-lama akan terasa kencang


Bila ciri-ciri tersebut sudah bisa dilihat atau dirasakan maka angin puting beliung diprediksi akan datang. Sehingga masyarakat harus merasa waspada dan berkemas-kemas untuk mencari lokasi proteksi yang jauh dari angin puting beliung.


Namun bagaimana proses terjadinya fenomena angin puting beliung tersebut, yang bisa membuat kerusakan disekitarnya? Terjadinya fenomena angin puting beliung melewati 3 fase, diantaranya fase tumbuh, dewasa, serta fase punah. Untuk mengetahui lebih dalam, berikut ini penjelasannya,



  • Fase Tumbuh


Fase tumbuh terjadi pada ketika suhu udara berada di derajat yang cukup tinggi hingga terasa panas. Pada ketika itu terdapat arus udara yang mengalami kenaikan ke atas awan. Pada ketika panas, udara akan membawa uap air yang berjumlah cukup banyak sehingga lama-kelamaan awan akan menjadi mendung atau gelap.



  • Fase Dewasa


Masuk ke dalam fase dewasa, titik air yang berada di dalam awan sudah cukup banyak dan tak bisa di bendung lagi, sehingga turunlah hujan. Pada ketika hujan inilah terjadi ukiran antara arus udara naik dengan arus udara turun.


Hal tersebut bisa mempengaruhi temperatur udara, sehingga temperatur udara yang turun akan lebih dingin, dibandingkan dengan temperatur udara yang berada di bawah. Gaya gesek antara udara naik dan turun yang mempengaruhi temperatur bisa menimbulkan perputaran angin yang cukup besar dan cepat, sehingga timbul lah angin puting beliung



  • Fase Punah


Fase punah merupakan fase terakhir dari proses terjadinya angin puting beliung yang memasuki masa lemah perputaran angin. Pada fase ini suhu udara mulai stabil dan peegesekan pun akan berhenti.


Adanya fenomena musibah angin puting beliung tidak bisa diduga-duga, lantaran kedatangannya tiba-tiba. Meskipun demikian, biasanya angin puting beliung tiba di waktu siang atau sore hari. Karena pada ketika itu, temperatur bumi sedang berada disuhu panas.


Pada skala lokal, biasanya angin puting beliung terjadi pada durasi waktu sekitar 5 hingga 7 menit yang memasuki puncak perputaran angin yang cukup berpengaruh dan kencang. Biasanya angin puting beliung akan sering terjadi di kawasan dataran rendah yang mempunyai suhu sekitar 30-32 derajat celsius.


Interpretasi (Penutup)


Meskipun angin merupakan cuaca yang tidak berbahaya, namun bila datangnya dengan kekuatan yang maksimal maka hal itu akan membuat musibah yang cukup serius. Pasalnya angin puting beliung bisa membuat kerusakan di kawasan yang dilewati nya.


Bahkan kekuatan dari fenomena alam angin puting beliung bisa meruntuhkan bangunan tinggi dan merobohkan pohon yang berukuran cukup besar. Sehingga bila terjadi angin puting beliung segeralah mencari tempat yang kondusif dan jauh dari lokasi angin puting beliung. Hindarilah berdekatan dengan bangunan, pohon, dan tiang reklame.



Contoh Teks Eksplanasi Gerhana Matahari



Pernyataan Umum


Gerhana matahari merupakan fenomena alam yang seringkali dinanti-nanti oleh banyak orang, lantaran kehadirannya tidak terjadi di setiap saat. Fenomena alam langka yang satu ini bisa membuat banyak orang rela menunggu semoga bisa menyaksikan secara pribadi terjadinya gerhana matahari. Untuk menyaksikan nyam biasanya orang-orang memakai teropong atau kacamata khusus sebagai pelindung mata.


Proses terjadinya gerhana matahari dikarenakan posisi bulan yang berada di tengah-tengah antara jarak matahari dengan bumi. Hal tersebut akan membuat garis lurus, sehingga cahaya yang diberikan matahari kepada bumi tertutup oleh bulan. Sehingga terjadilah fenomena gerhana matahari yang berbentuk bulat cahaya gelap.


Walaupun bulan mempunyai diameter yang sangat jauh lebih kecil dibandingkan dengan matahari, namun bulan bisa menutup cahaya tersebut untuk beberapa saat. Hal itu dikarenakan jarak antara bulan ke bumi sangat bersahabat yakni sekitar 384.400 km dibandingkan dengan jarak matahari ke bumi yakni sekitar 149.680.000 km jauhnya.


Deretan Penjelas (Hubungan Sebab Akibat)


Gerhana matahari tidak bisa disaksikan secara pribadi dengan mata telanjang. Hal tersebut dikarenakan bisa membahayakan fungsi penglihatan.


Pasalnya mata mempunyai retina yang tidak boleh terkena radiasi tinggi pada fotosfer matahari yang tak kasat mata. Hal tersebut bisa merusak retina mata yang permanen, bahkan bisa menimbulkan kebutaan.


Maka dari itu, disarankan untuk melihat gerhana matahari memakai alat menyerupai teropong atau kacamata khusus yang berfungsi sebagai pelindung mata. Karena bisa menyaring radiasi inframerah pada matahari yang dihasilkan dari fotosfer.


Fenomena alam yang terjadi pada gerhana matahari berlangsung selama kurang lebih 8 menit. Pada rentang waktu tersebut merupakan ketika terbaik untuk melihat dan melaksanakan pengamatan terhadap gerhana matahari secara langsung.


Setelah waktu tersebut berlalu, gerhana matahari masih bisa disaksikan, namun sinar matahari sudah mulai muncul disekitar tepi lingkar bulan. Lama-kelamaan cahaya tersebut semakin bergeser dikarenakan rotasi bulan dan juga rotasi bumi yang terus bergerak. Sehingga ketika telah menyaksikan dan mengamati selama waktu 8 menit, lebih baik Anda menghentikannya. Karena cahaya yang ditimbulkan kembali bisa merusak retina mata.


Fenomena alam gerhana matahari yang terjadi, sangat bekerjasama dengan posisi jarak antara matahari dengan bumi yang dihilangin oleh bulan. Sehingga setiap wilayah tidak akan mempunyai kesamaan untuk melihat kejadian gerhana matahari.


Misalnya saja, bila kawasan A mengalami fenomena gerhana matahari total, maka belum tentu gerhana matahari total terjadi juga di wilayah B.


Hal tersebut diubahsuaikan dengan cuilan bumi mana yang terhalang oleh bulan. Agar lebih dalam pengetahuannya, berikut ini merupakan jenis gerhana matahari yang wajib diketahui diantaranya adalah,



  • Gerhana Matahari Total


Gerhana matahari total merupakan fenomena yang terjadi ketika cahaya yang diberikan matahari untuk bumi terhalang sepenuhnya oleh bulan. Hal tersebut bisa menimbulkan cahaya matahari benar-benar tak terlihat dan gelap secara sempurna.



  • Gerhana Matahari Cincin


Gerhana matahari cincin terjadi bila ukuran pada bulat bulan lebih terlihat kecil dibandingkan dengan ukuran pada bulat matahari. Sehingga ketika sudah mencapai puncaknya, cahaya matahari tertutup sepenuhnya oleh bulat bulan, namun Anda masih bisa melihat cahaya pada tepi bulat bulan. Adapun cahaya ditepi bulan ini, akan tampak menyerupai cincin dengan sinar keemasan.



  • Gerhana Sebagian


Gerhana sebagian juga bisa terjadi ketika posisi bulan tidak berada tepat di tengah untuk menutupi cahaya matahari. Pada ketika ini, biasanya posisi bulan akan berada di tempat yang lebih rendah atau lebih tinggi. Sehingga bulat matahari tidak tertutup sepenuhnya, dan hanya terlihat menyerupai cahaya sabit keemasan.


Kita tidak bisa mengetahui keberadaan gerhana matahari sebagian terjadi tanpa memakai alat khusus. Karena cahaya matahari yang hadir sebagian tetap terlihat terang benderang. Hanya saja terlihat menyerupai sedang cuaca mendung ringan.



  • Gerhana Hibrida


Gerhana bibit unggul merupakan gerhana matahari yang bisa dilihat berbeda sesuai dengan titik bumi. Hal ini terjadi dikarenakan perpaduan antara gerhana matahari cincin dengan gerhana matahari total. Misalnya saja di satu titik bumi terjadi gerhana matahari total, namun di titik lain terlihat gerhana matahari cincin.


Interpretasi (Penutup)


Jangan melihat fenomena alam gerhana matahari dengan mata telanjang, atau tanpa alat khusus. Karena hal tersebut kita tidak bisa melihat dengan terang keindahan fenomenal ini. Yang terlihat hanyalah sebuah langit mendung nan gelap.


Selain itu, melihat gerhana matahari dengan mata telanjang bisa merusak retina mata. Karena mata tidak berpengaruh melihat pribadi ke atas langit. Namun, bila Anda malas untuk keluar rumah, Anda bisa menyaksikan fenomena alam gerhana matahari melalui siaran video dokumenter atau televisi.



Contoh Teks Eksplanasi Gerhana Bulan



Pernyataan Umum


Selain gerhana matahari, fenomena gerhana bulan juga menjadi salah satu kejadian yang seringkali dinanti oleh banyak orang. Pada zaman dahulu, masyarakat jawa seringkali melaksanakan ritual tolak bala ketika terjadi gerhana bulan. Setiap masyarakat desa berkumpul dan melaksanakan tabuhan kentong bersama-sama.


Karena berdasarkan kepercayaan masyarakat Jawa, gerhana bulan terjadi dikarenakan ada raksasa yang ingin menelan bulan. Sehingga untuk mencegah dan menggagalkan raksasa tersebut, masyarakat harus membuat kebisingan dan bunyi riuh di bumi dengan cara menabuh kentongan.


Seiring perkembangan waktu yang memasuki zaman semakin modern, maka ritual atau tradisi tersebut sudah hilang. Karena penyebab terjadinya gerhana bulan secara ilmiah telah diketahui. Gerhana bulan terjadi dikarenakan posisi bumi, matahari, dan bulan berada dalam satu garis, dimana bumi berada didekat matahari yang menutup cahaya, sehingga bulan tidak bisa memantulkan cahaya matahari.


Deretan Penjelas (Hubungan Sebab Akibat)


Pada ketika terjadi gerhana bulan, sinar yang dipancarkan matahari bekerjsama masih bisa terlihat. Hal tersebut dikarenakan sinar matahari akan dibelokkan melalui atmosfer bumi hingga hingga ke permukaan bulan.


Yang terjadi ketika spektrum cahaya matahari dibelokkan melalui atmosfer bumi maka cahaya akan berwarna merah, sehingga terjadilah gerhana bulan. Pada ketika ini bulan akan terlihat berwarna suram menyerupai jingga, coklat, ataupun merah tembaga. Momen inilah yang seringkali membuat orang semakin ingin tau dengan warna bulan yang berbeda dari biasanya.


Lain halnya dengan gerhana matahari yang membutuhkan alat khusus untuk melihatnya. Karena gerhana bulan bisa dilihat dan diamati secara pribadi dengan mata telanjang tanpa khawatir merusak mata.


Hal ini dikarenakan cahaya bulan merupakan pantulan dari cahaya matahari. Sehingga radiasi cahaya bulan telah hilang dan intensitasnya tidak sekuat dengan cahaya matahari. Gerhana bulan mempunyai jenis yang majemuk dan terbagi menjadi tiga diantaranya adalah:,



  • Gerhana Bulan Total


Gerhana bulan total merupakan fenomena alam dari gerhana bulan yang membuatkan menjadi dua, yaitu gerhana bulan total positif juga gerhana bulan total negatif. Gerhana bulan total positif terjadi ketika posisi bulan terletak di antara kawasan umbra (bayangan gelap yang dihasilkan bumi). Nantinya bulan akan nampak berwarna merah merata.


Sedangkan gerhana bulan total negatif, warna bulan akan terlihat merah namun tidak merata. Biasanya gerhana bulan total negatif hanya terjadi di sekitar wilayah NTT (Nusa Tenggara Timur)



  • Gerhana Bulan Sebagian


Gerhana bulan sebagian bisa terjadi dikarenakan posisi bumi tidak menutup cahaya matahari secara menyeluruh. Sehingga terdapat cahaya matahari yang masih bisa menembus permukaan bulan.


Posisi bulan akan terbagi menjadi dua, ada yang terdapat di kawasan penumbra dan sebagian lainnya berada di kawasan yang tidak terkena bayangan bumi. Hal itulah yang membuat warna bulan sebagian bersinar dengan terang, dan sebagiannya lagi berwarna suram.



  • Gerhana Bulan Penumbra


Pada ketika gerhana bulan penumbra terjadi, bulan berada pada posisi sepenuhnya di kawasan penumbra atau bayangan gelap yang dihasilkan bumi. Sehingga pada ketika ini, warna bulan akan menjadi suram.


Interpretasi (Penutup)


Fenomena gerhana bulan merupakan kejadian yang sangat indah sehingga bisa menarik perhatian masyarakat. Bahkan ada beberapa orang yang rela untuk pergi ke suatu tempat hanya ingin melihat keindahan gerhana bulan yang langka.


Namun masih ada beberapa masyarakat yang menganggap bahwa gerhana bulan merupakan sesuatu yang sakral. Sehingga, pada ketika fenomena ini terjadi sebaiknya berdoa kepada Tuhan yang maha esa.



Contoh Teks Eksplanasi Pelangi



Pernyataan Umum


Pelangi merupakan fenomena alam yang berada di atas sebagai hiasan angkasa dengan garis yang melengkung ditambah warna-warni yang indah. Keberadaan pelangi menjadi sesuatu yang selalu dinanti, namun kehadirannya tidak bisa ditebak. Karena keindahan dan kecantikan dari pelangi, sehingga tak heran bila banyak masyarakat yang mengambil gambar pelangi, kemudian dipamerkan ke sosial media.


Pada zaman dahulu, banyak orang yang mempunyai kepercayaan bahwa pelangi mempunyai kekerabatan dengan hal yang ghaib. Misalnya, menganggap pelangi sebagai jembatan yang akan mengantarkan para roh ke surga. Atau menganggap pelangi sebagai naga yang bertugas untuk menjaga langit.


Deretan Penjelas (Hubungan Sebab Akibat)


Pada dasarnya, pelangi bukanlah suatu benda yang bisa disentuh dan diciptakan secara buatan. Fenomena terjadinya pelangi dikarenakan sebuah proses yang sistematis. Cahaya matahari yang terkena dengan rintikan air hujan, membentuk cahaya berwarna-warni yang dinamakan pelangi.


Cahaya matahari mempunyai banyak sekali warna dalam spectrum nya, sehingga ketika menembus rintikan air hujan, maka cahaya tersebut akan mengalami pembiasan. Sehingga warna dalam spectrum cahaya matahari akan tersebar dan bisa dilihat oleh mata manusia.


Lebih jelasnya, pelangi mempunyai 7 warna yang berbeda, diantaranya adalah



  1. warna merah

  2. warna jingga

  3. warna kuning

  4. Warna hijau

  5. Warna biru

  6. Warna nila

  7. Warna Ungu


Biasanya ketika turun hujan, namun awan tidak sepenuhnya menutupi matahari, maka pelangi yang besar dan berwarna akan nampak dengan terang diatas langit. Namun, Anda bisa membuat pelangi buatan meskipun hasilnya tidak akan sempurna. Ketika cuaca sedang terik, Anda hanya perlu menyemprotkan air ke udara, maka akan ada pelangi dalam ukuran yang kecil.


Interpretasi (Penutup)


Fenomena pelangi bisa disaksikan oleh setiap orang dengan mata telanjang. Untuk melihatnya, posisi insan harus berada di belakang matahari, yakni diantara sumber cahaya matahari dengan air. Sehingga, bila hujan terjadi di ufuk timur dan sedang cerah di ufuk barat, kita harus berada di tengah-tengah semoga bisa menyaksikan pelangi yang melengkung di langit.



Contoh Teks Eksplanasi Petir



Pernyataan Umum


Petir yang biasanya disebut dengan kilat atau halilintar, bukanlah sebuah peristiwa alam. Meskipun petir merupakan kejadian alam yang sangat ditakuti oleh manusia, lantaran mempunyai energi yang sangat berpengaruh bahkan bisa mempunyai daya hancur yang tinggi. Terutama terjadi petir di kawasan lapang yang bisa menghancurkan watu besar, bahkan dalam sekali kilat, bisa menghanguskan pepohonan.


Saat ini sudah terdapat penangkal petir yang dipakai untuk menanggulangi petir. Namun, kita harus tetap waspada dan carilah proteksi yang kondusif bila terjadi petir


Deretan Penjelas (Hubungan Sebab Akibat)


Peristiwa petir akan terjadi ketika langit sedang gelap atau mendung dan cuaca akan hujan, pada ketika itulah terjadi kilat yang disusun oleh bunyi menggelegar menyerupai ledakan. Ketika terjadi petir, cahaya akan merambat lebih cepat dibandingkan bunyinya, sehingga kilat akan didahului oleh cahaya petir.


Ada saatnya ketika beberapa detik sesudah cahaya muncul akan terdengar bunyi gemuruh kecil saja. Tetapi ada pula saatnya ketika bunyi tersebut terdengar menyerupai ledakan yang dahsyat. Hal itu dikarenakan bunyi petir dipengaruhi oleh jarak bersahabat atau jauhnya kejadian petir tersebut dari suatu tempat keberadaan kita


Petir terjadi dikarenakan sebuah proses ketika sedang terjadi mendung, awan mempunyai unsur muatan listrik positif dan muatan listrik negatif. Setiap muatan listrik positif maupun negatif berkumpul dengan sesamanya. Sehingga muatan sisi positif berada di satu sisi baik diatas maupun di bawah awan, begitupula dengan muatan negatif yang berada di sebaliknya.


Ketika awan mempunyai muatan listrik negatif dan muatan listrik positif, maka bumi menjadi tempat yang menetralkan sebagai pengaliran elektron ke awan bila mempunyai kelebihan dalam muatan negatif. Sehingga perbedaan potensial antara langit dengan bumi menjadi syarat mutlak yang harus ada. Karena kunci terjadinya petir ini terdapat pada perbedaan seluruh benda di muka bumi.


Udara juga sangat berperan sebagai medium yang mengalirkan elektron. Meskipun udara bukan suatu hal yang bisa menghantarkan listrik, namun ketika terjadi hujan maka daya isolator udara akan menurun. Hal itulah yang membuat udara bisa menjadi medium elektron untuk permukaan bumi.


Sedangkan bunyi ledakan yang ditimbulkan dari petir didapatkan lantaran elektron daya isolator yang berada di udara dengan air dipecahkan. Udara ketika hujan, bisa mengaliri energi listrik yang besar sehingga terjadilah petir yang mengandung sumber listrik dengan jutaan volt.


Saat ini sudah ada alat penangkal petir yang berfungsi sebagai jalur aliran elektron menuju permukaan bumi, tanpa menghancurkan benda lainnya. Petir akan mencari benda yang paling tinggi (tertinggi) untuk dijadikan rambatan menuju permukaan bumi, misalnya, tiang, pohon, atap rumah, gedung dan lain sebagainya.


Alat penangkal petir mempunyai cuilan utama yang terbagi menjadi tiga, yaitu batang tembaga pada penangkal petir yang berujung runcing, kabel konduktor yang berupa jalinan kawat tembaga sebagai penghubung antara batang tembaga penangkal petir dengan permukaan bumi, dan tempat pembumian berupa lubang dalam tanah yang befungsi untuk menanam kabel konduktor.


Interpretasi (Penutup)


Petir bukanlah sebuah peristiwa alam, namun ketika ada petir kita perlu waspada dan berhati-hati. Jangan berada di tanah lapang, lantaran bila terjadi petir kita bisa menjadi medium yang merupakan jembatan petir menuju permukaan bumi.



Contoh Teks Eksplanasi Bencana Alam


  Pernahkah


Berikut ini merupakan teladan teks eksplanasi Bencana alam, diantaranya adalah


Contoh Teks Eksplanasi Gunung Meletus



Pernyataan Umum


Gunung meletus merupakan sebuah musibah yang sering terjadi di wilayah Indonesia. Hal ini dikarenakan Indonesia mempunyai wilayah yang sebagian besarnya jalur magma dari inti bumi atau lempeng cincin api. Itulah yang membuat gunung meletus merupakan ancaman musibah yang menyeramkan bagi masyarakat indonesia.


Deretan Penjelas (Hubungan Sebab Akibat)


Gunung berapi mempunyai banyak sekali ribuan material di dalamnya. Gunung api juga merupakan jalur alami untuk mengeluarkan magma perut bumi yang terdorong oleh gas yang berkekuatan besar. Sehingga ketika magma keluar dari perut bumi, maka banyak sekali material di dalamnya akan ikut terbawa keluar.


Bencana letusan gunung berapi bisa terjadi sangat besar, ketika magma dan material dalam perut bumi dikeluarkan dengan dorongan gas yang kuat. Karena semakin besar tekanan yang diberi, maka makin tinggi pula material dalam perut bumi yang keluar ke angkasa. Bahkan diperkirakan bisa mencapai ketinggian lebih dari 18 km.


Tingginya letusan gunung berapi akan membuat kehancuran dan kerusakan yang sangat parah. Misalnya banyak material yang keras menyerupai pasir, bebatuan, kerikil, dan debu yang jatuh masuk ke pemukiman warga. Bahkan magma yang berupa awan panas dalam perut bumi ini menyapu pemukiman penduduk.


Sehingga jangan heran bila banyak orang yang merasa takut akan musibah gunung berapi ini. Adapun beberapa peristiwa lainnya yang terjadi jawaban letusan gunung berapi, diantaranya adalah:


1. Gempa Bumi


Gempa bumi bisa terjadi dalam skala yang besar maupun ringan, hal itu disebabkan dari kegiatan vulkanik gunung berapi. Tentu saja gempa yang diakibatkan dari gunung berapi ini jangan dianggap remeh, lantaran bisa menimbulkan kerusakan dan kehancuran yang cukup parah. Misalnya saja di Indonesia pernah terjadi letusan gunung krakatau yang sangat besar.


2. Hujan Material Padat


Hujan material padat ini merupakan peristiwa yang diakibatkan dari letusan gunung berapi. Peristiwa tersebut terjadi lantaran material padat dalam perut bumi dikeluarkan dan masuk ke pemukiman warga menyerupai pasir, kerikil, debu vulkanik, bahkan batu. Tentu saja hal tersebut bisa meresahkan dan menakuti warga.


Selain bisa membuat kerusakan pada benda-benda yang berada di pemukiman warga, hujan material padat menyerupai debu vulkanik juga sangat berbahaya bagi tubuh dan tanaman. hal tersebut dikenakan debu vulkanik bisa mengotori udara yang masuk kedalam tubuh dan bisa membunuh tanaman.


3. Awan Panas


Awan panas merupakan magma dalam bumi yang sangat berbahaya bagi lingkungan, terlebih bila masuk ke dalam pemukiman warga. Hal ini dikarenakan awan panas bisa memperabukan kawasan yang dilewatinya menyerupai binatang, pepohonan, bahkan pemukiman.


4. Kebakaran Hutan


Kebakaran hutan terjadi bila lava panas masuk ke hutan dan memperabukan semua pepohonan hingga ke akar-akarnya.


5. Lahar


Lahar merupakan material yang dikeluarkan dari perut bumi dan merupakan material berbentuk kerikil atau pasir. Lahar terbagi menjadi dua, lahar panas dan lahar dingin


Lahar panas terjadi ketika lahar ini dikeluarkan dalam bentuk bara api


Lahar masbodoh terjadi ketika lahar tersebut sudah mengalami penurunan suhu dan bercampur dengan air hujan maupun air sungai.


6. Gas Vulkanik


Bukan hanya material padat, melainkan gas vulkanik juga dikeluarkan dari perut bumi. Gas vulkanik ini bisa menimbulkan polisi di udara dan menambah pemanasan global yang tinggi. Bahkan gas vulkanik yang disebabkan dari letusan gunung berapi yang sangat besar, bisa menimbulkan perubahan iklim selama beberapa waktu kedepannya.


7. Tsunami


Tsunami bisa terjadi jawaban letusan gunung berapi yang berada di dasar bahari atau tengah laut. Hal ini terjadi dikarenakan benda material yang dikeluarkan oleh gunung sangat besar dan akan menimbulkan gelombang air yang tinggi.


Tsunami yang terjadi dikarenakan letusan gunung berapi pernah terjadi di Indonesia. Tepatnya pada tahun 1883, gunung krakatau meletus dengan sangat dahsyat dan menimbulkan tsunami setinggi 40 meter. Bahkan peristiwa ini bisa menyapu wilayah pesisir pulau Jawa dan pulau Sumatera.


Bukan hanya itu, dampak jawaban letusan gunung Krakatau dirasakan juga oleh seluruh penjuru dunia. Selama 5 tahun awan tertutup oleh debu dan gas yang dikeluarkan jawaban letusan gunung Krakatau dan suhu bumi menjadi turun drastis hingga 1.2 derajat celcius.


Interpretasi (Penutup)


Letusan gunung berapi memanglah sebuah musibah yang sangat menyeramkan dan berbahaya. Namun, sesudah beberapa waktu kejadian letusan gunung berapi akan menjadi keberkahan bagi kehidupan.


Hal tersebut dikarenakan benda material yang dikeluarkan mempunyai kekayaan mineral dan bisa mengembalikan kesuburan hutan. Selain itu, insan juga bisa mempergunakannya sebagai materi bangunan.



Contoh Teks Eksplanasi Tanah Longsor



Pernyataan Umum


Longsor yaitu musibah berupa gerakan tanah yang jatuh dari kawasan dataran tinggi menuju dataran yang lebih rendah. Bencana tanah longsor tentu akan sangat berbahaya bila terjadi di kawasan pemukiman warga.


Bahkan, peristiwa tanah longsor yang terjadi di pemukiman warga akan sangat berbahaya dan banyak menimbulkan kerugian. Terlebih bila terdapat banyak lahan pertanian dan perikanan serta jalur transportasi yang akan tertimbun tanah, lantaran peristiwa tanah longsor.


Deretan Penjelas (Hubungan Sebab Akibat)


Tanah longsor merupakan suatu musibah yang diakibatkan dari kejadian geologi, dimana masa material menyerupai bebatuan yang berada dalam tanah mengalami pergeseran. Terdapat tiga faktor yang bisa memicu terjadinya tanah longsor diantaranya gaya gravitasi, faktor pemicu, serta faktor pendorong. Berikut ini penjelasannya,


Gaya gravitasi menimbulkan tanah longsor, dimana daya tarik bumi menarik tanah hingga terjatuh dari dataran tinggi menuju dataran yang lebih rendah.


Faktor pemicu terbagi menjadi dua macam, yang berdasarkan faktor alam maupun faktor manusia. Faktor alam terjadi murni dikarenakan kondisi alam yang menimbulkan tanah longsor. Sedangkan faktor insan disebabkan lantaran kesalahan manusia, contohnya penebangan pohon.


Faktor pendorong yaitu penyebab terjadinya tanah longsor dikarenakan unsur material tanah itu sendiri yang bergerak atau lengser dari tempat semula. Faktor pendorong mempunyai banyak sekali pemicu, diantaranya adalah


1. Hujan


Hujan yang lebat menjadi salah satu pemicu terjadinya tanah longsor. Hal tersebut dikarenakan tanah yang menampung air hujan cukup besar akan membuat tanah menjadi bergerak. Terlebih, bila tanah tersebut sudah keropos alias tidak mempunyai daya ikat yang kuat.


2. Gempa Bumi


Kejadian gempa bumi bukan hanya menimbulkan kerusakan saja, melainkan menimbulkan peristiwa lainnya contohnya tanah longsor. Hal ini dikarenakan getaran tanah yang membuat pergerakan material dalam tanah menjadi gugur.


3. Erupsi Gunung Berapi


Erupsi gunung berapi bisa menimbulkan tanah yang berada di sekitar gunung menjadi lengser. Hal tersebut dikarenakan getaran magma yang ingin keluar dari perut bumi serta magma yang mengalir ke permukaan tanah.


Magma yang dikeluarkan dari perut bumi lantaran erupsi gunung berapi tentu mempunyai banyak sekali material yang banyak. Material tersebut tidak bisa ditampung oleh tanah, sehingga tanah menjadi runtuh.


Peristiwa tanah longsor yang disebabkan lantaran erupsi gunung berapi, berlangsung secara bertahap. Dimulai dari lengsernya pasir vulkanik hingga tanah, terlebih ketika hujan deras. Peristiwa ini juga bisa menimbulkan banjir lahar masbodoh disekitar gunung.


4. Penggundulan Hutan


Penggundulan hutan tentu merupakan faktor pemicu terjadinya tabah longsor yang terjadi dikarenakan kesalahan manusia. Manusia yang melaksanakan penebangan hutan secara liar, akan mempengaruhi pertahanan tanah. Karena akar yang menjadi struktur penyeimbang dan penyimpanan air dalam tanah secara alami telah dihabiskan untuk pemukiman. Terlebih ketika terjadi hujan yang sangat deras, tanpa pepohonan tanah akan cepat longsor.


5. Beban Di Dataran Tinggi


Beban yang bertambah pada dataran tinggi bisa menimbulkan terjadinya tanah longsor. Hal tersebut dikarenakan tanah tidak bisa menopang beban yang terlalu berat, sehingga tanah menjadi runtuh ke tanah.


6. Ledakan Tambangan Batu


Di kawasan pegunungan terdapat banyak penambangan watu yang memakai materi peledak. Hal tersebut tentu saja akan mempunyai dampak jelek bahkan bisa menimbulkan tanah longsor. Hal tersebut terjadi lantaran ledakan tambang watu yang besar membuat tanah menggeser juga merusak struktur pertahanan tanah.


7. Pembangunan


Penambahan pembangunan yang dibentuk di dataran tinggi akan membuat struktur tanah melemah, dan menambahkan beban yang bisa membuat kejadian longsor


Interpretasi (Penutup)


Tanah longsor merupakan musibah yang bisa membuat kerusakan dan kerugian pada pemukiman warga. Terlebih tanah longsor juga sering memakan korban. Anda harus ada upaya untuk menanggulangi musibah longsor.


Manusia merupakan kiprah penting untuk menjaga tanah longsor dengan cara tidak melaksanakan faktor pendorong dari kesalahan perbuatan manusia. Namun sayangnya insan sering beraksi terlambat ketika sudah terjadi bencana. Dan cenderung akan mengulangi kesalahannya kembali.



Contoh Teks Eksplanasi Banjir



Pernyataan Umum


Banjir merupakan salah satu musibah yang sering terjadi di seluruh negara di dunia, terutama pada wilayah yang mempunyai dataran rendah. Banjir merupakan luapan air yang sangat besar dan seringkali terjadi ketika isu terkini hujan. Bencana banjir bagi para penduduk yang berada di area perikanan dan pertanian tentu saja menjadi permasalahan yang besar.


Deretan Penjelas (Hubungan Sebab Akibat)


Banjir bisa terjadi dikarenakan dua faktor, diantaranya faktor alam dan faktor jawaban kesalahan manusia.


Banjir yang disebabkan lantaran faktor alam merupakan peristiwa yang mutlak terjadi tanpa kesalahan manusia. Yakni ketika hujan turun dalam jumlah yang cukup banyak dan tinggi, sehingga kawasan yang mempunyai dataran rendah akan pribadi tergenangi oleh air. Selain itu, air yang dikirim dari kawasan tinggi ke kawasan dataran rendah bisa menimbulkan banjir.


Sedangkan banjir yang disebabkan oleh kesalahan insan merupakan peristiwa yang murni dibentuk sendiri oleh manusia. Misalnya, pembuangan sampah sembarangan di aliran sungai atau kanal air lainnya, penebangan hutan, pembangunan yang terus-menerus, serta pemanasan global. Perbuatan ini sebaiknya ditinggalkan semoga tidak terjadi peristiwa banjir.


Banjir menjadi musibah yang sering terjadi setiap tahunnya di beberapa daerah, khususnya di Indonesia. Adapun jawaban yang ditimbulkan dari peristiwa banjir bisa menimbulkan kerugian yang cukup besar. Bahkan bisa menimbulkan ekonomi di kawasan tersebut menurun.


Selain itu banjir bisa menimbulkan kerusakan di pemukiman warga, serta bisa memunculkan banyak sekali macam penyakit menyerupai pilek, masuk angin, batuk, diare dan deman berdarah


Interpretasi (Penutup)


Banjir merupakan musibah yang tidak dianggap remeh lantaran berbahaya serta akan merugikan setiap manusia. Oleh lantaran itu, diharapkan upaya untuk menanggulangi peristiwa banjir menyerupai membuat kanal air, menjaga lingkungan, membuang sampah pada tempatnya, serta membuat tanggulan air yang baik.



Contoh Teks Eksplanasi Gempa Bumi



Pernyataan Umum


Gempa bumi merupakan musibah yang sering terjadi khususnya di wilayah Indonesia. Hal ini dikarenakan wilayah Indonesia banyak yang merupakan cincin api, atau merupakan wilayah yang sering terjadi kegiatan vulkanik yang cukup tinggi. Aktivitas vulkanik disebabkan oleh gunung berapi yang ada di wilayah Indonesia.


Bencana gempa bumi bisa membuat kerusakan di wilayah sekitarnya bahkan menimbulkan banyak korban. Ada banyak penyebab yang bisa membuat kejadian gempa bumi salah satunya yaitu kegiatan vulkanik dari gunung berapi.


Di Indonesia sendiri pernah terjadi kejadian besar meletusnya gunung krakatau yang memisahkan pulau Jawa dengan pulau Sumatera. Atau terjadinya letusan gunung api purba yang berada di Toba dan membuat sebuah danau. Kedua letusan gunung berapi tersebut menimbulkan gempa bumi yang cukup dahsyat.


Meskipun banyak para mahir yang membuat alat canggih, namun kejadian gempa bumi merupakan ancaman yang tidak bisa diduga-duga. Hal tersebut tentu saja bisa menghawatirkan penduduk Indonesia.


Misalnya saja, pada tahun 2004 tepatnya di Aceh, peristiwa gempa bumi yang terjadi cukup besar, hingga menimbulkan peristiwa tsunami dan banyak yang menjadi korban. Harta dan benda berharga lainnya habis dirusak oleh peristiwa yang terjadi. Begitu pula yang terjadi dengan gempa bumi di Yogyakarta, tepatnya pada tahun 2006.


Deretan Penjelas (Hubungan Sebab Akibat)


Gempa bumi terjadi dikarenakan faktor alam yang berupa pergerakan antara energi inti bumi dengan lempengan bumi. Lempengan yang bergerak tersebut akan menggoncangkan bumi hingga ke permukaan. Meskipun begitu, kejadian gempa bumi tidaklah selalu sama melainkan mempunyai banyak sekali jenis, diantaranya adalah


1. Gempa Bumi Tektonik


Gempa bumi tektonik merupakan peristiwa jenis gempa yang seringkali terjadi di wilayah Indonesia. Gempa jenis ini dinilai sangat berbahaya dibandingkan dengan gempa vulkanik.


Adapun kekuatan skala terjadinya gempa bumi tektonik bervariasi, mulai dari skala yang kecil hingga skala yang besar. Gempa bumi tektonik bisa menimbulkan kerusakan yang sangat fatal terutama pada kedalaman bumi yang cukup dangkal. Gempa bumi tektonik disebabkan oleh lempengan bumi yang bergerak dan bergeser hingga menabrak lempengan lainnya dan menimbulkan getaran cukup kuat.


Adapun penyebab lempengan bumi bergerak dikarenakan perut bumi melepaskan energi yang mendesak lempengan tersebut untuk terus bergerak setiap harinya. Gerakan tersebut memang tidak akan terasa bila hanya berupa ukiran kecil. Namun lain halnya bila pergerakan ini sudah hingga pada klimaks yang membuat lempengan bumi patah, maka akan menimbulkan gempa dengan skala yang besar.


2. Gempa Bumi Vulkanik


Gempa bumi vulkanik merupakan jenis gempa yang terjadi lantaran magma dari perut bumi keluar. Magma tersebut ingin keluar melewati letusan gunung berapi atau kanal magma yang keluar dari laut, baik di dasar bahari maupun permukaan laut.


Aktivitas magma yang terus mendesak untuk keluar dari perut bumi, membuat ledakan yang bisa menimbulkan terjadinya gempa bumi. Gempa bumi vulkanik yang terjadi bisa mematahkan lempengan pada bumi. Namun biasanya gempa bumi vulkanik tidak mempunyai kekuatan yang terlalu besar, kecuali pada masalah ledakan gunung krakatau.


Di Indonesia sendiri pernah terjadi gempa bumi vulkanik yang berada di dasar laut. Gempa bumi tersebut terjadi di bahari yang dangkal sehingga bisa menimbulkan peristiwa tsunami.


3. Gempa Bumi Buatan


Gempa bumi buatan merupakan jenis gempa yang terjadi jawaban ulah atau keisengan manusia. Gempa ini disebabkan lantaran insan menanam benda peledak di kedalaman hingga sekitar perut bumi. Kemudian benda ini akan meledak dan membuat getaran pada permukaan bumi, baik mulai d skala yang besar maupun tawang kecil tergantung dari ledakan benda tersebut.


4. Gempa Bumi Tumbukan


Gempa bumi tumbukan merupakan gempa yang terjadi jawaban benda luar angkasa yang mempunyai beban cukup berat menghantam ke permukaan bumi. Tentu saja benda yang jatuh ke bumi tersebut mempunyai kekuatan atau berat yang berbeda. Sehingga, gempa bumi tumbukan mempunyai skala yang berbeda, mulai dari skala yang kecil hingga skala besar tergantung dari beratnya materi asteroid yang jatuh ke bumi.


Gempa bumi tumbukan pernah terjadi sangat berpengaruh hingga menimbulkan peradaban dinasaurus menjadi punah. Bahkan suhu bumi menjadi sangat rendah dan membeku selama bertahun-tahun lamanya.


5. Gempa Bumi Runtuhan


Gempa bumi runtuhan terjadi jawaban dari banyak sekali keruntuhan yang menimbulkan getaran. Misalnya, runtuhnya bebatuan dan tanah longsor di sekitar pegunungan yang menimbulkan kerusakan. Skala yang diakibatkan oleh gempa bumi runtuhan ini berbeda-beda mulai dari skala kecil hingga skala besar


Bila terjadi peristiwa gempa bumi di sekitar kita maka, kita harus mengambil langkah atau tindakan yang baik. Berikut ini beberapa diantaranya adalah,


1. Simpan dengan kondusif semua benda berharga yang Anda miliki. Misalnya yaitu dokumen penting, tas, brankas, tabungan suplemen dan lain sebagainya. Sehingga Anda bisa menyelamatkan beberapa benda berharga yang sudah tersimpan dengan rapi.


2. Jangan merasa panik bila terjadi gempa bumi dan Anda sedang tidak sedang berada didalam rumah. Namun kita tetap harus waspada dan selalu berusaha untuk mencari proteksi ketika terjadi gempa bumi.


3.Jangan menentukan tempat yang banyak bangunan dan benda lainnya menyerupai gedung tinggi, tiang serta perpohonan. Hal tersebut dikarenakan bisa membuat kita tertimbun jawaban gempa bumi.


4. Gempa bumi yang berkekuatan sangat besar membuat kita susah untuk berdiri sehingga ambilah posisi merangkak. Merangkaklah untuk terus mencari posisi yang aman


5. Berdoa kepada Allah Subhanahu Wa ta’ala


Interpretasi (Penutup)


Sampai ketika ini belum ada teknologi canggih yang bisa menangkal dan memprediksi terjadinya gempa bumi. Sehingga setiap insan harus mempunyai kesiapan yang berpengaruh bila terjadi gempa bumi mendadak.


Gempa bumi bisa menimbulkan kerusakan di lingkungan pemukiman warga padat. Banyak insan yang mengalami stress berat jawaban getaran bumi yang cukup hebat. Namun gempa bumi juga menjadi penanda bahwa bumi masih mempunyai energi yang bisa dijadikan rumah sebagai tempat tinggal manusia.



Contoh Teks Eksplanasi Kebakaran Hutan



Pernyataan Umum


Kebakaran hutan merupakan musibah yang masih terus terjadi setiap tahunnya. Di Indonesia sendiri wilayah Sumatera dan Kalimantan merupakan tempat yang sering terjadi peristiwa kebakaran hutan, dibandingkan dengan wilayah Indonesia lainnya. Hal tersebut lantaran kondisi hutan di kedua wilayah tersebut masih sangat luas dan besar.


Masalah kebakaran hutan tentu menjadi ancaman kehidupan bagi setiap manusia. Sehingga bila tidak segera ditangani, akan merusak sistem alam yang menimbulkan pepohonan dan binatang dalam hutan menjadi mati, bahkan punah. Selain itu, asap yang bersumber dari kebakaran hutan bisa sangat berbahaya bagi kehidupan manusia, terlebih bila masuk ke dalam tubuh.


Bukan hanya itu kebakaran hutan yang terjadi di Indonesia, bisa mengganggu wilayah negara sebelah dan menimbulkan dampak jelek bagi masyarakatnya


Deretan Penjelas (Hubungan Sebab Akibat)


Peristiwa terjadinya kebakaran hutan disebabkan lantaran beberapa faktor dan dampak jelek dari kejadian tersebut


1. Penyebab Kebakaran Hutan



  •  Lahan Untuk Kepentingan Pertanian dan Perkebunan


Kebakaran hutan yang telah sering terjadi dikarenakan kesalahan dan keserakahan insan untuk kepentingan pertanian dan perkebunan. Biasanya perusahaan yang menginginkan perkebunan sawit akan memakai cara pembakaran hutan untuk mengambil lahan dengan biaya yang minim.


Tentunya cara ini dihentikan keras, lantaran sangat merugikan masyarakat yang berada di bersahabat pemukiman serta membahayakan satwa liar dalam hutan. Namun, mengapa hak tersebut sering terjadi? Dan terus dilakukan?


Hal ini dikarenakan posisi perusahaan minyak dibutuhkan dan sangat kuat. Karena, perusahaan tersebut menjadi salah satu sektor industri yang membutuhkan banyak tenaga kerja, menjadi sumber pemasukan devisa negara yang cukup banyak, serta penunjang kebutuhan pasar dalam produk minyak tanah


Sehingga pemerintah akan mengalami kesulitan untuk menawarkan hukuman yang tegas terhadap perusahaan yang melaksanakan tindakan tidak terpuji tersebut. Karena bila perusahaan tersebut mogok maka akan mempengaruhi negara. Mulai dari penurunan ekonomi negara, undangan pasar yang tidak terpenuhi, serta banyaknya pengangguran dikarenakan tidak bisa bekerja. Maka tak heran, bila setiap tahun terdapat isu yang mengabarkan kebakaran hutan terjadi jawaban perbuatan manusia.



  •  Kesalahan Manusia


Banyak insan membuat kelalaian ketika berada di dalam hutan sehingga menimbulkan kecerobohan yang membuat kebakaran hutan. Misalnya saja lantaran insan membuang putung rokok sembarangan di isu terkini kemarau, sesudah itu daun yang kering terkena percikan api dan menimbulkan kebakaran hutan.


Selain itu, kesalahan insan yang menimbulkan kebakaran hutan terjadi ketika mereka sedang berkemah. dimana bara api bekas dipakai untuk membuat obor tidak mati dengan sempurna. sehingga apinya menjalar ke dedaunan kering yang membuat kebakaran hutan.



  •  Petir


Petir bisa membuat hutan kebakaran hanya dengan menyambar satu pohon. Karena dari pohon tersebut akan menyebar ke pohon yang lainnya sehingga terciptalah kebakaran hutan.



  •  Erupsi Gunung Berapi


Erupsi gunung berapi yang terdapat lava atau magma panas bisa memperabukan semua benda yang dilewati nya. Salah satunya yaitu pohon yang bisa merambat ke pohon lainnya sehingga terjadilah kebakaran hutan.


2. Dampak Bencana Kebakaran Hutan


Kebakaran hutan merupakan musibah yang mempunyai dampak untuk wilayah sekitarnya, terlebih bila bersahabat dengan pemukiman warga. Berikut diantaranya,



  • Udara yang terkena asap akan membuat jumlah emisi gas yang masuk ke dalam atmosfer semakin banyak. Bahkan jawaban kebakaran hutan bisa menyebar akan udara karbondioksida ke permukaan atmosfer sebanyak 2,6 miliar ton

  • Kebakaran hutan bisa menimbulkan asap yang mematikan satwa liar serta merusak lingkungan

  • Banjir dan tanah longsor juga akan hadir beberapa waktu sesudah kebakaran hutan jawaban lahan menjadi gundul

  • Banyak insan yang terkena penyakit ispa atau kanal pernapasan jawaban polusi udara yang kotor

  • Mengganggu kegiatan insan dalam berkendara, lantaran tidak bisa melihat jarak pandang yang cukup jauh baik pada transportasi darat maupun transportasi udara

  • Membuat kegiatan insan untuk melaksanakan beberapa kegiatan sehari-hari menjadi terhalang lantaran gangguan asap

  • Ekonomi negara menjadi terganggu lantaran kehilangan beberapa pohon yang seharusnya dikelola menjadi sebuah produk dengan nilai yang tinggi


Interpretasi (Penutup)


Kebakaran hutan merupakan musibah yang tidak bisa diremehkan. Meskipun kebakaran hutan bisa disebabkan oleh alam, namun masih sering saja insan membuat kesalahan yang menimbulkan kebakaran hutan terjadi.


Sehingga diharapkan kerjasama antara pihak pemerintah dan masyarakat untuk menjaga lingkungan, menjaga kelestarian hutan. Agar kehidupan dan ekosistem alam bekerja dengan sebaik mungkin.



Contoh Teks Eksplanasi Kekeringan



Pernyataan Umum


Kekeringan merupakan salah satu musibah yang sering terjadi ketika isu terkini kemarau berkepanjangan. Hal itu disebabkan lantaran sumber air menyerupai sungai, danau, sumur, kali, dan lain sebagainya mulai mengering. Sehingga banyak masyarakat yang mengeluh mengenai pendapatan air higienis ketika terjadi kekeringan.


Adapun kawasan yang biasanya terkena peristiwa kekeringan yang cukup parah yaitu di padang rumput, gurun, dan pegunungan. Terutama di wilayah benua Afrika yangmana bila memasuki isu terkini kemarau, banyak binatang berpindah tempat untuk mencari air demi kelangsungan hidupnya. Bahkan bukan hanya binatang, melainkan banyak insan yang tinggal di wilayah Afrika sibuk mencari sumber air untuk mendapat air.


Begitupun dengan negara Indonesia, banyak wilayah yang terkena musibah kekeringan bila terjadi isu terkini kemarau. Terutama pada kawasan yang berada di dataran tinggi atau sekitar pegunungan.


Deretan Penjelas (Hubungan Sebab Akibat)


Istilah kekeringan sendiri mempunyai arti yaitu kurangnya cadangan air atau pasokan air yang berada di dalam tanah pada suatu daerah, ketika isu terkini kemarau tiba dalam waktu yang panjang. Selain itu, intensitas turunnya hujan sangat sedikit sehingga harus menunggu waktu yang lama. Tanpa adanya hujan maka tidak ada air yang turun untuk mengisi cadangan air di dalam tanah, melainkan air terus menguap dan terjadilah kekeringan.


Jika peristiwa kekeringan ini akan terus berlangsung hingga jangka waktu yang sangat lama, maka akan menimbulkan peristiwa lainnya. Seperti terganggunya ekosistem alam dan banyak makhluk hidup yang terkena penyakit dehidrasi, bahkan menimbulkan kematian.


Selain dikarenakan isu terkini kemarau yang panjang, kekeringan juga bisa terjadi lantaran kesalahan manusia. Misalnya, penebangan hutan secara liar yang dilakukan terus-menerus oleh insan tanpa melaksanakan reboisasi atau penanaman ulang. Hal tersebut bisa membuat pohon yang berfungsi untuk menampung air di dalam tanah habis, sehingga tanah akan menjadi tandus dan kering yang menimbulkan pasokan air kurang.


Lahan hutan yang dibentuk menjadi lahan pertanian juga bisa memicu terjadinya kekeringan. Karena pasokan air tidak disimpan dalam tanah melainkan sebaliknya, lahan pertanian akan membutuhkan banyak air dalam tanah sehingga tanah menjadi kering.


Banyaknya pembangunan yang terus-menerus dilakukan menyerupai pembangunan pabrik atau perusahaan, dan pembangunan perumahan juga memicu terjadinya kekeringan. Hal tersebut dikarenakan bisa membuat volume sumber air dalam sumur atau tanah semakin berkurang, terlebih ketika terjadi kemarau panjang. Seharusnya tanah ditanam pohon semoga lahan menjadi rindang dan bisa menyimpan cadangan air lebih banyak.


Solusi lainnya untuk mengatasi kekeringan yaitu dengan membuat banyak bendungan di aliran sungai. Sehingga, warga bisa mendapat dan memanfaatkannya secara maksimal.


Interpretasi (Penutup)


Dengan mengoptimalkan air higienis (air dalam tanah, serta air hujan) dan memanfaatkannya secara maksimal, maka hal tersebut merupakan salah satu solusi yang bisa dilakukan oleh setiap manusia. Sehingga ketika isu terkini kemarau tiba dalam waktu yang panjang, kejadian kekeringan masih bisa untuk ditanggulangi.





Contoh Teks Eksplanasi Tsunami



Pernyataan Umum


Tsunami merupakan kejadian musibah yang cukup menakutkan. Kasus terjadinya peristiwa tsunami yang ada di Aceh dan negara Jepang pada tahun lalu, masih membuat sama seseorang. Hal tersebut dikarenakan dampak dari peristiwa tsunami ini sangat besar


Tsunami merupakan salah satu musibah yang merupakan sebuah gelombang tinggi yang keluar hingga ke permukaan daratan. Bencana tsunami ini bisa diketahui kedatangannya berdasarkan prediksi dari benda canggih ketika ini. Sirene merupakan alat peringatan terjadinya tsunami yang mempunyai kegunaan untuk memberitahu masyarakat.


Ketika peristiwa tsunami akan datang, maka alat tsunami tersebut memberi tahunya dengan peringatan dini berbentuk bunyian. Sehingga masyarakat bisa pindah mencari tempat yang jauh dari wilayah pesisir pantai.


Nama Tsunami sendiri berasal dari bahasa Jepang yang secara harfiah mempunyai arti ombak besar yang berada di pesisir pantai. Karena, di Jepang sering terjadi gelombang raksasa atau tsunami


Deretan Penjelas (Hubungan Sebab Akibat)


Tsunami merupakan musibah yang tidak terjadi dengan sendirinya, melainkan ada penyebabnya. Jika terjadi tsunami, diharapkan upaya untuk menanggulanginya. Berikut ini penjelasannya,


1. Penyebab Terjadinya Tsunami


Ada beberapa hal yang menjadi penyebab dari terjadinya tsunami. Diantaranya lantaran gempa bumi, letusan gunung berapi, meteor jatuh, serta longsor yang terjadi di bawah laut.


Namun 90% penyebab terjadinya tsunami yaitu gempa yang berada dibawah laut, lantaran hal itu bisa memicu terjadinya gelombang tinggi. Sedangkan kejadian tsunami yang terjadi lantaran meteor jatuh dan letusan gunung berapi sangat jarang terjadi. Meskipun begitu, pada kejadian letusan gunung Krakatau, menimbulkan gelombang tsunami menyisir pulau Jawa.


Pergerakan gempa bumi yang berada di bawah bahari akan membentuk sebuah gelombang vertikal dan menimbulkan air bahari bergerak naik kemudian turun. Semakin besar gerakan vertikal di dalam bawah laut, maka air akan semakin besar untuk membentuk gelombang yang tinggi.


Bila terjadi gempa bumi yang berkekuatan besar, maka lempengan bumi akan patah dan menimbulkan longsor di bawah laut. Hal tersebut akan membuat terjadinya megatsunami atau tsunami yang mempunyai ketinggian lebih dari 200 m, dan bisa menyapu permukaan darat hingga sejauh 5 km, bahkan lebih.


Karena intinya gelombang tsunami tidak mempunyai ukuran yang tinggi, yakni kurang dari satu meter bila berada di tengah laut. Namun, lain hal nya bila gelombang bahari tersebut sudah mendekati daratan, yakni bisa sekitar 500 hingga 1000 kilometer per jam. Atau ketinggian gelombang akan bertambah dengan kecepatan yang semakin melambat hingga 50km/jam.


Gempa bumi yang bisa menimbulkan adanya tsunami diantaranya yaitu gempa yang berpusat di tengah bahari dengan kedalaman cukup dangkal, yakni sekitar 0-30 km, gempa bumi yang menggoyangkan air bahari naik kemudian turun, serta gempa bumi yang berkekuatan diatas 6 skala richter.


2. Penanggulangan Tsunami


Saat ini belum ada alat yang tidak bisa mencegah adanya tsunami, atau memang tsunami bukanlah peristiwa yang harus dicegah. Namun yang pasti, sudah ada alat yang berfungsi untuk memperingatkan masyarakat mengenai gelombang tinggi yang mungkin akan tiba sebagai peringatan dini.


Adanya peringatan atau alarm, maka masyarakat masih mempunyai peluang untuk bisa menyelamatkan diri. Dengan begitu korban jawaban peristiwa tsunami tidaklah terlalu banyak.


Cara kerja alat untuk mendeteksi tsunami ini kompleks dan sangat rumit. Dibutuhkan alat lainnya menyerupai seismograf yang mencatat gempa hingga satelit, dan masih banyak banyak sekali alat komunikasi lainnya.


Seismograf akan berkerja mencatat getaran gempa bila terjadi gempa bumi. Lalu informasi yang sudah dicatat mengenai lokasi, waktu kejadian, dan kekuatan gempa akan ditransformasikan melalui satelit. Setelah itu, data tersebut akan masuk ke dalam alat yang berjulukan DDS dan berfungsi untuk menghitung semua angka-angka, apakah berpotensi tsunami atau tidak.


Selain DDS, alat yang dipakai untuk mengintegrasikan data gelombang tsunami yakni, BUOY, OBU, GPS dan Tide Gauge. Bila hasilnya memang akan menimbulkan tsunami, maka Instasi lain akan menawarkan informasi melalui banyak sekali alat komunikasi. Selanjutnya, tanda peringatan alarm tsunami akan berbunyi.


Interpretasi (Penutup)


Bencana alam tsunami memang sangat menakutkan, terlebih bila terjadi dengan gelombang yang tinggi. Namun sudah ada alat yang mendeteksi potensi tsunami. Sehingga, ketika sudah ada pemberitahuan atau informasi mengenai tsunami, maka sebaiknya masyarakat yang berada di kawasan pesisir pantai segera mencari jalur penyelamatan yang aman, dan menentukan titik berkumpul untuk berlindung.



Contoh Teks Eksplanasi Sosial


  Pernahkah


 


Berikut ini merupakan beberapa teladan dari teks eksplanasi sosial, diantaranya adalah:


 


Contoh Teks Eksplanasi Pengangguran



Pernyataan Umum


Pengangguran yaitu seseorang yang belum bekerja, sedang mencari pekerjaan, atau tidak bekerja dan tidak mendapat penghasilan. Namun pengertian tersebut tidak berlaku untuk ibu rumah tangga yang mempunyai pekerjaan mengurus rumah yang melelahkan. Lalu apa bekerjsama makna dari pengangguran itu sendiri dan mengapa masih ada pengangguran?


Deretan Penjelas (Hubungan Sebab Akibat)


Pengangguran mempunyai beberapa definisi diantaranya adalah,



  • Pengangguran (seseorang yang berusia produktif; dan bukan seorang pelajar) yaitu seseorang yang sedang berusaha mencari pekerjaan namun belum mendapat pekerjaan yang sesuai dengan apa yang diinginkan.

  • Pengangguran (seseorang yang berusia produktif; dan bukan seorang pelajar) yaitu seseorang yang tetapkan untuk berhenti dari pekerjaannya, dan belum mendapat pengganti dari pekerjaan tersebut. Sehingga orang itu tidak mempunyai penghasilan dalam beberapa waktu.

  • Pengangguran (seseorang yang berusia produktif; dan bukan seorang pelajar) yaitu seseorang yang tidak bekerja lantaran sudah masuk kedalam masa pensiunan. Ia tetapkan untuk hidup dari sumber penghasilan tunjangan pensiun.

  • Pengangguran (seseorang yang berusia produktif; dan bukan seorang pelajar) yaitu seseorang yang tidak melaksanakan pekerjaan apapun namun tetap mendapat penghasilan dari hasil menyewakan rumah, mendapat warisan atau harta, menyewakan kos-kosan. Bahkan terdapat pengangguran yang mendapat penghasilan dari cara tidak terpuji menyerupai memelihara tuyul, dan berjudi.

  • Pengangguran (seseorang yang berusia produktif; dan bukan seorang pelajar) yaitu seseorang yang tidak bekerja atau tidak melaksanakan perjuangan apapun dikarenakan malas dan alhasil hanya menjadi beban orang renta untuk mencukupi kebutuhan hidupnya.


Lalu timbul pertanyaan, apakah ibu rumah tangga, orang yang sakit, panti jompo, merupakan pengangguran? Tentu saja bukan.


Yang pertama, lantaran ibu rumah tangga mempunyai pekerjaan tersendiri untuk mengurus rumah dan anak. Ya kedua lantaran orang yang sedang sakit atau orang jompo bukan termasuk orang yang memasuki masa usia produktif.


Dari pengertian yang telah disebutkan, maka bisa disimpulkan bahwa pengangguran mempunyai banyak jenis. Adapun beberapa faktor yang bisa menimbulkan atau meningkatkan pengangguran di lingkungan sosial yakni sebagai berikut,



  • Sedikitnya lapangan pekerjaan yang disediakan oleh pemerintah maupun perusahaan swasta. Sehingga banyak orang yang hanya pasrah, lantaran galau untuk melaksanakan atau bekerja menyerupai apa.

  • Negara yang mempunyai kondisi ekonomi tidak stabil yang menimbulkan banyak perusahaan untuk tetapkan kekerabatan pekerjaan atau tidak ingin melaksanakan investasi.

  • Sedang terjadinya perang dan krisis kemanusiaan di dalam suatu negara yang mengganggu kegiatan ekonomi.

  • Terjadinya peristiwa alam

  • Perkembangan teknologi yang tidak diseimbangi oleh kualitas pendidikan sumber daya manusia


Bila pengangguran terus meningkat dan bertambah banyak di suatu negara, maka hal tersebut akan menghambat kemajuan perekonomian negara. Adapun beberapa dampak negatif yang bisa ditimbulkan dari adanya pengangguran diantaranya adalah,



  • Perilaku kejahatan menyerupai pencopetan, perampokan, pencurian dan lain sebagainya dengan tujuan mendapat uang akan terus meningkat.

  • Meningkatnya masalah kemiskinan di lingkungan sosial

  • Tingkat kesejahteraan masyarakat dalam suatu wilayah semakin menurun

  • Banyak orang yang menentukan untuk turun ke jalan dan menjadi gelandangan atau pengemis

  • Perekonomian tidak berjalan dengan sesuai

  • Pemasukan devisa negara menjadi turun


Diperlukan upaya untuk menanggulangi masalah pengangguran dan mengurangi dampak negatif dari pengangguran tersebut. Berikut ini merupakan solusi yang bisa dilakukan, diantaranya adalah



  • Disediakan lapangan pekerjaan yang dibuka oleh pemerintah atau perusahaan swasta untuk kriteria SDM rata-rata pengangguran

  • Pemerintah membuat sebuah forum sosial untuk menawarkan training pekerjaan kepada masyarakat setempat

  • Meningkatkan kualitas pendidikan untuk menghasilkan sumber daya insan yang lebih baik

  • Melakukan pembangunan yang merata di setiap daerah

  • Memberikan motivasi kepada masyarakat semoga tidak terus ketergantungan dengan perusahaan. Yakni dengan membuat peluang perjuangan sendiri

  • Pemerintah memudahkan pemberian proteksi pinjaman sebagai modal masyarakat untuk membuka usaha.

  • Pemerintah membuat koperasi yang bisa dikelola oleh masyarakat itu sendiri


Interpretasi (Penutup)


Untuk mengatasi pengangguran, cara yang paling gampang yakni dengan mengubah pola pikir masyarakat semoga selalu berusaha mencukupi kebutuhan hidupnya. Dengan begitu setiap individu sadar untuk tidak terus ketergantungan menjadi karyawan di suatu perusahaan. Karena intinya orang kaya yang ada di seluruh dunia, yaitu seorang pengusaha




Contoh Teks Eksplanasi Penyakit Demam Berdarah



Pernyataan Umum


Demam berdarah merupakan penyakit yang menjadi musibah serius di banyak sekali negara subtropis dan tropis, salah satunya Indonesia. Sudah banyak korban yang meninggal dunia jawaban penyakit demam berdarah.


Di Indonesia sendiri, masalah penyakit dengu ini tergolong cukup tinggi. Bahkan Indonesia merupakan negara kedua yang mempunyai masalah demam berdarah terbanyak sesudah Brazil. Di Brazil telah memakan jumlah korban hingga 700 orang setiap tahun.


Deretan Penjelas (Hubungan Sebab Akibat)


DBD atau Demam Berdarah Dengue yaitu penyakit yang di tularkan oleh virus yang berjulukan nyamuk aedes aegypti dan aedes albopictus. Meskipun begitu masyarakat sudah mengenal dua penyakit tersebut merupakan penyakit demam berdarah.


Penyakit demam dengue bisa diobati tanpa harus melalui cara yang sulit dan proteksi obat khusus. Untuk menyembuhkan penyakit tersebut hanya dengan minum air yang banyak serta istirahat yang cukup. Jangan lupa untuk menjaga pola makan dan memakan kuliner yang bergizi dan minum paracetamol serta acetaminophen.


Bila pengobatan tersebut dilakukan dengan secara maksimal, maka penyakit demam dengue bisa sembuh dalam waktu sekitar 6 hari.


Tetapi berbeda dengan penyakit demam berdarah dengue yang membutuhkan perawatan cukup sulit serta obat khusus untuk menyembuhkan penyakit ini. Hal ini dikarenakan penyakit pada demam berdarah sudah cukup serius dimana virus telah menyerang sistem imun tubuh. Selain itu virus telah merusak kelenjar getah bening dan pembuluh darah pada tubuh.


Hal tersebutlah yang membuat si penderita akan mengalami sesak nafas, pusing tinggi, muntah darah, mengeluarkan darah melalui hidung dan gusi, serta organ hati menjadi nanah dan seluruh anggota tubuh terasa nyeri terutama pada cuilan perut. Adapun ciri-ciri lengkap bila terkena penyakit demam dengue diantaranya adalah:



  • Pada awalnya, tubuh menyerupai terkena penyakit flu

  • Suhu tubuh menjadi lebih tinggi, bahkan hingga mencapai 41 derajat celcius

  • Tubuh terasa menggigil

  • Merasa pusing

  • Nafsu makan menjadi hilang

  • Badan terasa sangat lemas

  • Tenggorokan menjadi sakit

  • Wajah menjadi memerah

  • Terasa mual dan muntah-muntah

  • Persendian menjadi nyeri

  • Terdapat bintik-bintik merah pada kulit

  • Terjadi pembengkakan kelenjar getah pada tubuh

  • Bagian belakang mata terasa nyeri


Jika sudah terasa ciri-ciri tanda-tanda penyakit demam berdarah dengue tersebut segera menghubungi dokter untuk mendapat penanganan. Sehingga tidak terjadi komplikasi dengan penyakit demam berdarah ini. Pasalnya, tanda-tanda penyakit ini akan terasa sesudah 4 hingga 10 hari terkena gigitan virus nyamuk.


Maka dari itu, sebelum terkena penyakit demam berdarah dengue, ada baiknya mencegah penyakit tersebut dengan melaksanakan langkah-langkahnya sebagai berikut:



  • Rajin untuk membersihkan lingkungan rumah

  • Mengubur barang bekas yang sanggup menampung air

  • Rajin untuk selalu menguras kolam kamar mandi atau toilet

  • Penampungan air ditutup

  • Menggunakan obat pembasmi nyamuk dengan cara menyemprotkannya pada cuilan yang sering dijadikan sarang nyamuk

  • Gunakan strimin anti nyamuk untuk semua ventilasi yang ada di rumah

  • Jangan terlalu sering untuk membuka pintu rumah dan jendela, terutama pada waktu sore hari dan malam hari.

  • Melakukan gotong royong masyarakat setempat untuk membersihkan lingkungan secara rutin

  • Melakukan fogging atau pengasapan di kawasan kebun dan kanal got air


Interpretasi (Penutup)


Sebelum terkena penyakit demam berdarah dengue ini, alangkah baiknya untuk melaksanakan langkah-langkah pencegahan menyerupai yang sudah dijelaskan sebelumnya. Namun, bila sudah terlanjur terkena penyakit DBD tersebut segera tangani oleh dokter, semoga tidak terjadi komplikasi. Selalu jaga kesehatan dan mencegah datangnya virus serangga menyerupai lalat, kecoa, nyamuk, tikus dan lain sebagainya.



Contoh Teks Eksplanasi Kemiskinan



Pernyataan Umum


Kemiskinan merupakan salah satu duduk masalah sosial yang masih sering terjadi di setiap wilayah dari beberapa negara, salah satunya yaitu Indonesia. Indonesia merupakan negara yang masih terus mencari solusi untuk mengatasi kemiskinan yang terjadi. Pasalnya, meskipun sudah ada banyak sekali upaya yang dilakukan, namun kemiskinan masih menjadi momok di Indonesia


Lalu apa bekerjsama arti dari kemiskinan itu sendiri?


Miskin merupakan sesuatu hal yang sedikit atau kekurangan. Ada dua konteks kemiskinan, yang pertama miskin dalam hal mempunyai sumber daya manusia, dan kedua yaitu miskin dalam hal pendapatan ekonomi.


Indonesia sendiri masih menjadi negara berkembang yang didalamnya terdapat masalah kemiskinan. Hal tersebut dikarenakan masih banyak kawasan yang belum mempunyai bangunan dengan tataan yang rapi menyerupai di kota besar lainnya.


Meskipun indonesia disebut sebagai negara agraris, namun masih banyak petani yang kesulitan atau miskin dalam bidang ekonomi sebagai penopang utama dalam kehidupannya. Justru di negara maju banyak petani yang mempunyai kehidupan makmur atau kaya raya.


Deretan Penjelas (Hubungan Sebab Akibat)


Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab kemiskinan bisa terjadi, diantaranya pembangunan akomodasi yang tidak merata di setiap wilayah, tingkat pendidikan masih rendah, dan faktor alam menyerupai wilayah rawan peristiwa serta tandus.


Fasilitas penting yang seharusnya dibangun secara merata diantaranya yaitu akomodasi kesehatan, akomodasi pendidikan, akomodasi transportasi, serta akomodasi komunikasi, dan lain sebagainya. Bila suatu kawasan hanya mempunyai beberapa akomodasi yang tidak seimbang dengan kota besar lainnya, maka hal tersebut akan mempersulit perkembangan suatu kawasan tersebut. Karena setiap orang akan mempunyai rencana untuk pindah ke kawasan yang mempunyai akomodasi lengkap, dengan begitu hidup mereka akan semakin mudah.


Jika suatu kawasan mempunyai penduduk yang padat, maka pendapatan ekonomi kawasan tersebut akan mengalami kenaikan. Begitupun sebaliknya, bila di suatu kawasan hanya mempunyai beberapa penduduk yang bertempat tinggal, maka kawasan tersebut akan tertinggal dan sulit untuk berkembang. Tanpa disadari kesimpangan yang terjadi di setiap kawasan tersebutlah yang membuat masalah kemiskinan terjadi.


Hal ini tentu sangat sangat mempengaruhi pendapatan ekonomi sebuah negara. Jika di suatu negara masih mempunyai wilayah yang masyarakatnya miskin, tentu negara tersebut juga miskin atau sedang berkembang dan begitupun sebaliknya.


Bila masyarakat dalam suatu negara hidup makmur dan sejahtera, negara bisa mendapat pajak yang tinggi. Karena bagaimanapun juga, negara yang kaya merupakan negara yang bisa menyejahterakan rakyatnya.


Interpertasi (Penutup)


Salah satu upaya negara Indonesia untuk memberantas kemiskinan yaitu dengan memeratakan pembangunan nasional disetiap wilayah NKRI. Dengan begitu masyarakat bisa dengan gampang hidup di daerahnya dan bisa mencari nafkah untuk mendapat penghasilan yang lebih baik. Sehingga Indonesia akan menjadi negara makmur yang bisa menyejahterakan rakyatnya.



Contoh Teks Eksplanasi Unjuk Rasa



Pernyataan Umum


Negara yang menganut sistem demokrasi, membebaskan masyarakatnya untuk menyuarakan pendapatnya dihadapan umum. Karena kebebasan beropini juga merupakan salah satu hak yang dimiliki setiap individu.


Untuk menyuarakan pendapat dihadapan umum, yakni dengan cara unjuk rasa atau yang sering disebut dengan demonstrasi. Karena cara tersebut dinilai efektif untuk mewujudkan suatu perubahan dari pendapat masyarakat


Deretan Penjelas (Hubungan Sebab Akibat)


Unjuk rasa atau demonstrasi dilakukan oleh setiap individu atau sekelompok masyarakat untuk menawarkan tuntutan atau pendapat kepada pihak tertentu. Biasanya, semakin besar masyarakat yang ikut menyuarakan pendapat atau melaksanakan untuk rasa, maka pihak yang dituju akan semakin cepat menawarkan tanggapan.


Pada dasarnya unjuk rasa merupakan sebuah kegiatan untuk berdialek (menyampaikan pendapat) bersama pihak tertentu (pemerintahan), namun tak jarang pula bisa menimbulkan suatu konflik yang serius. Hal tersebut tentu saja akan mengganggu keamanan dan kenyamanan suatu negara, bahkan bisa menimbulkan pendapatan ekonomi negara semakin berkurang.


Unjuk rasa menyerupai itu pernah terjadi di Indonesia, yangmana ketika itu banyak mahasiswa ikut serta turun ke jalanan, untuk menyuarakan pendapat atau tuntutan semoga presiden Soeharto turun dari masa kepresidenan. Namun kegiatan unjuk rasa tersebut bukan dipakai untuk berdialekta yang damai, melainkan suasana menjadi ricuh dan memanas hingga alhasil menimbulkan kekerasan.


Meskipun pada alhasil presiden Soeharto turun dari jabatannya. Namun masih banyak masyarakat yang stress berat atas kejadian tersebut.


Interpretasi (Penutup)


Unjuk rasa atau demonstrasi merupakan cara yang tepat untuk memberikan pendapat dihadapan umum. Namun sayangnya, seringkali kegiatan ini diakhiri dengan kekerasan dan kekacauan.


Sehingga bila itu terjadi, maka unjuk rasa bukan lagi menjadi cara berdialekta yang baik. Yang ada hanyalah mempersulit keadaan untuk menemukan titik jalan keluar antara pengunjuk rasa dengan pihak yang dituju.



Contoh Teks Eksplanasi Sampah



Pernyataan Umum


Jika mendengar kata sampah, seringkali pikiran kita akan terbayang suatu hal yang kotor, bau, menjijikkan, serta banyak kuman. Dalam lingkungan sehari-hari, seringkali kita menemukan sampah acak-acakan dimana-mana. Hal itulah yang membuat masalah banyaknya sampah tidak pernah berhenti.


Sampah sendiri terbagi menjadi dua jenis, yakni sampah organik dan sampah non-organik. Sampah organik merupakan sampah rumah tangga alami yang membusuk namun bisa diuraikan, menyerupai sayuran yang membusuk, daun, kulit buah dan lainnya. Sedangkan sampah non-organik yaitu sampah rumah tangga yang sulit diuraikan (butuh waktu lama) seperti, kertas, botol, dan lainnya.


Apapun itu, sampah tetap menjadi duduk masalah yang terus berkelanjutan dan menjadi sentra perhatian. Pasalnya semakin banyak pertumbuhan insan maka semakin banyak pula sampah yang dihasilkan. Yang menjadi permasalahan yaitu banyaknya insan yang tidak mempunyai kesadaran akan membuang sampah pada tempatnya


Misalnya saja yang sering terjadi di kota besar, banyaknya sampah yang terbuang sembarangan dan acak-acakan di jalan. Sehingga apabila terjadi hujan akan, maka sampah tersebut bisa menimbulkan peristiwa banjir. bahkan terkadang sampah tersebut menyumbat aliran sungai dan mengotori air sungai.


Namun lain halnya bila sampah bisa diolah dengan semestinya, hal tersebut justru akan membuat sampah sebagai sumber energi dan mempunyai nilai jual yang tinggi. Kita tidak boleh menyia-nyiakan kesempatan untuk membuat material gres dengan sampah, sehingga bisa mengurangi ekploitasi bumi yang merusak lingkungan.


Deretan Penjelas (Hubungan Sebab Akibat)


Banyaknya sampah yang dihasilkan dari insan akan membahayakan kelangsungan hidup makhluk di bumi, terlebih bila banyaknya sampah non-organik. Karena, sampah non-organik bisa merusak struktur tanah, serta sulit terurai atau membutuhkan waktu yang lama. Adapun ancaman sampah diuraikan sebagai berikut,


1. Bahaya Sampah


Sampah yang dibuang sembarangan dan acak-acakan di pinggir jalan atau sungai akan mengundang binatang yang membawa penyakit menyerupai kecoa, lalat, dan tikus. Terlebih bila dibiarkan dalam jangka waktu yang panjang, maka sampah akan terus menggunung dan lingkungan tersebut menjadi sumber penyakit, contohnya seperti, kolera, tifus.


Banyaknya sampah di suatu lingkungan juga bisa menjadi sarang nyamuk yang alhasil merupakan salah satu penyebab terjadinya penyakit demam berdarah. Terlebih bila sampah tersebut dibuang di kanal air atau sungai, dan menyumbat aliran air sungai maka akan terjadi banjir dan menimbulkan virus penyakit akan gampang tersebar kedalam tubuh manusia.


Sampah juga menjadi penyebab dari meningkatnya suhu bumi. Hal ini dikarenakan atmosfir perlahan mulai rusak oleh kandungan gas metan (CH4) pada sampah yang mempunyai kadar cukup tinggi. Semakin banyak sampah yang acak-acakan di bumi, maka pemanasan global yang menimbulkan suhu bumi meningkat akan terus berlanjut.


Kehadiran sampah memang cukup meresahkan dan membuat sedikit khawatir lantaran dampaknya yang begitu bahaya. Sehingga diharapkan upaya untuk mengelola sampah dengan baik. Seperti berikut ini,


2. Pengelolaan Sampah


Seperti yang sudah diketahui, bahwa sampah mempunyai dua jenis yakni sampah organik dan sampah anorganik. Sampah organik bisa menimbulkan busuk yang busuk namun gampang terurai dalam tanah. Bukan hanya itu, sampah organik merupakan sampah yang ramah lingkungan, lantaran mempunyai manfaat untuk menyuburkan tanah.


Begitupun sebaliknya, sampah anorganik merupakan sampah yang tidak mempunyai busuk busuk, namun sulit terurai lantaran membutuhkan jangkau waktu hingga beratus-ratus tahun lamanya. Sampah jenis ini sangat berpotensi untuk merusak kandungan unsur tanah. Bahkan sampah ini bisa menyumbat aliran air sungai dan membuat air sungai menjadi kotor, bau, serta menjadi sumber penyakit.


Namun kehadiran sampah bukanlah dampak yang terlalu besar, bila kita bisa mengelola nya dengan baik. Diperlukan mindset lebih baik, sehingga setiap individu menyadari akan pentingnya menjaga lingkungan dari sampah. Berikut ini merupakan cara untuk mengelola sampah dengan baik yang bisa dilakukan di antaranya adalah,


1. Menyediakan tempat sampah yang berbeda


Pembuangan sampah yang efektif harus dibedakan, yakni berdasarkan tempat sampah untuk sampah organik (sisa makanan, sayuran busuk, tulang, kulih buah dan lainnya) dan tempat sampah untuk sampah anorganik (kertas, botol, kaca, logam, plastik, dan lainnya) dengan begitu akan memudahkan Anda untuk menentukan sampah yang bisa dikelola.


2. Memanfaatkan Sampah


Sampah yaitu sesuatu hal yang tidak bermanfaat, justru merupakan anggapan yang salah. Bila kita bisa mengolahnya dengan baik dan benar, maka sampah akan sangat bermanfaat untuk kehidupan.


Sampah organik yang diolah sedemikian rupa mempunyai manfaat untuk dijadikan sebagai pupuk. Bahkan sampah organik yang dibiarkan tertimbun di tanah bisa menyuburkan tanah dan diurai dengan sangat mudah. Sehingga tumbuhan yang ada di lahan tanah tersebut akan tumbuh dengan baik.


Begitupun dengan sampah anorganik yang bisa diolah dengan baik bahkan bisa mempunyai nilai jual yang tinggi. Misalnya pada sampah botol atau plastik, bila kita kreatif maka kita akan membuat sesuatu hal yang unik. Atau kita hanya perlu mengumpulkan dan menjualnya secara kiloan kepada pengelola sampah.


Terlebih bila sampah anorganik tersebut merupakan logam yang mempunyai nilai jual bila dikumpulkan sebagai barang rongsokan. Namun sampah pecahan beling sebaiknya dikubur dalam-dalam di tanah semoga tidak membahayakan orang lain.


Dengan begitu maka permasalahan sampah yang acak-acakan bisa diatasi dengan mudah. Bukan menjadi sebuah bencana, melainkan sebuah berkah sebagai nilai usaha. Terlebih para pemulung yang suka mengambil sampah acak-acakan juga menjadi sumber rezeki untuknya.


Interpretasi (Penutup)


Sampah yang dikelola dengan baik tidak akan menimbulkan permasalahan dan menjadi sumber penyakit untuk manusia. Sehingga ekosistem lingkungan terjaga dengan Baik. tidak ada lagi masalah binatang atau binatang yang mati gara-gara memakan sampah plastik.


Bila kita sudah bisa mengoptimalkan penggunaan sampah dan memanfaatkannya, maka kita sudah bisa menjaga umur bumi. Maka kelangsungan hidup dan peradaban insan juga terus berjalan dengan baik di bumi.



Contoh Teks Eksplanasi Budaya


  Pernahkah


Berikut ini merupakan teladan teks eksplanasi budaya:


Contoh Teks Eksplanasi Perubahan Budaya



Pernyataan Umum


Seringkali ketika mendengar kata budaya, maka yang terbesit dalam pikiran kita yaitu simbol dari suatu kawasan atau negara tertentu. Misalnya menyerupai pakaian daerah, bentuk bangunan, makanan, bahasa musik, tarian, serta adat istiadat, dan lain sebagainya. Namun budaya tidak selalu identik dengan sesuatu yang masih tradisional menyerupai kuliner khas, bahasa, pakaian, kesenian, dan lain sebagainya.


Lalu bekerjsama apa yang dimaksud dengan budaya?


Deretan Penjelas (Hubungan Sebab Akibat)


Secara umum budaya mempunyai arti yaitu suatu sikap atau cara hidup dari sekelompok insan pada ruang dan dalam waktu tertentu. Namun pengertian budaya juga bisa merupakan hasil karya cipta atau karsa insan yang sudah dilakukan semenjak bebuyutan sebagai warisan dari nenek moyang. Seiring perkembangannya, budaya mempunyai perubahan setiap jaman yang berbeda, yakni budaya zaman dahulu berbeda dengan budaya zaman sekarang.


Setiap kawasan mempunyai perbedaan budaya yang menjadi suatu ciri khas dari kawasan tersebut. Sehingga budaya antara kawasan yang satu dengan kawasan lainnya berbeda-beda. Budaya mempunyai hasil yang terbagi menjadi tiga macam, diantaranya estetika (keindahan), ilmu pengetahuan, dan kepercayaan


Diantara ketiga hasil tersebut, terciptalah banyak sekali produk budaya yang terbagi menjadi bahasa, agama, adat istiadat, kesenian, teknologi, makanan, tempat tinggal dan lain sebagainya. Meskipun begitu, timbul pertanyaan mengapa budaya bisa berubah seiring perkembangan zaman?


Ada beberapa faktor yang menimbulkan perubahan pada budaya seiring dengan perkembangan zaman, diantaranya adalah



  • Interaksi insan dengan insan lainnya yang tinggal di lain daerah. Sehingga kekerabatan tersebut terjalin sangat baik hingga alhasil terpengaruh oleh budaya dari kawasan tersebut lantaran perkembangan teknologi.

  • Manusia selalu tumbuh dan berkembang. Sehingga cara hidup, kebutuhan hidup, dan gaya hidup setiap insan akan mengalami dampak pada perubahan budaya sebelumnya.

  • Perilaku setiap individu pada insan yang ingin merubah lingkungan. Mulai dari merubah pola hidup, hingga merubah budaya yang sebelumnya sudah dilakukan semenjak turun-temurun.


Dengan demikian sanggup disimpulkan bahwa perubahan budaya niscaya akan selalu terlihat dan terjadi. Karena intinya insan akan berkembang dan tidak bisa bertahan hidup dengan budaya cara hidup usang (zaman dahulu) yang dinilai kuno. Sehingga melestarikan budaya yang sudah diajarkan semenjak zaman nenek moyang merupakan wacana simbolis semoga benar-benar tidak dihilangkan.


Jadi, budaya usang bisa melahirkan budaya gres yang sesuai dengan pola hidup disetiap zamannya. Dengan artian bahwa budaya gres merupakan modifikasi dari budaya lama


Interpretasi (Penutup)


Perubahan budaya tidak selalu berarti buruk, Karena hal tersebut merupakan cara untuk mengikuti perkembangan zaman dan menjadi insan yang lebih modern. Namun yang seringkali disayangkan yaitu hilangnya atau punahnya sebuah produk budaya dari suatu daerah. Hal ini dikarenakan insan tidak bisa untuk stagnan pada satu titik.



Teks eksplanasi yaitu teks yang berisi informasi atau klarifikasi dari suatu kejadian berdasarkan proses atau tahapannya. Dalam teladan teks eksplanasi tentu saja terdapat kekerabatan lantaran jawaban bagaimana kejadian tersebut bisa terjadi. Adapun yang membedakan teks eksplanasi dengan jenis teks lainnya yaitu dilihat berdasarkan tujuan, ciri-ciri, struktur, dan unsur kebahasaan dari teks eksplanasi yang sudah dijelaskan.


Demikianlah pembahasan teks eksplanasi lengkap beserta teladan teks eksplanasi dan jenisnya. Dalam pembuatan teks eksplanasi, kekerabatan lantaran jawaban dari suatu kejadian tersebut tidak boleh dicampur adukkan dengan opini. Karena kejadian tersebut bisa terjadi didasari oleh fakta secara ilmiah.


Baca juga:





FAST DOWNLOADads
| Server1 | Server2 | Server3 |
Download
Next Post Previous Post