Norma Adalah

FAST DOWNLOADads
Download

– Pengertian norma secara sederhana ialah aturan yang mengikat. Norma juga sanggup diartikan sebagai petunjuk atau patokan yang harus dipakai pada ketika bersosialisasi dengan orang lain. Banyak yang mengaitkan antara norma dan nilai yang gotong royong keduanya saling berkaitan, namun terpisah.


Norma akrab kaitannya dengan aturan sosial yang tidak tertulis. Keberadaan norma ini sudah ada semenjak insan diciptakan. Bisa dikatakan norma ialah aturan yang tidak tertulis, namun memiliki hukuman sosial. Sanksi sosial yang dimaksud sanggup berupa hukuman ataupun penghargaan.


Pengertian Norma Secara Bahasa


Pengertian


Secara bahasa, norma berasal dari bahasa Belanda yaitu norm yang berarti pedoman atau patokan atau pokok dalam sebuah kaidah. Ada juga yang menyampaikan bahwa norma diambil dari kata Mos yang dalam bahasa Latin memiliki makna tata kelakuan, moral istiadat, atau kebiasaan.


Dilihat dari segi bahasa, sanggup disimpulkan bahwa norma memiliki arti sebagai pedoman dalam melaksanakan kebiasaan. Norma juga sanggup diartikan sebagai aturan yang sudah biasa dilakukan oleh masyarakat atau sering disebut dengan moral istiadat.


Pengertian Norma Menurut Ahli


Pengertian


Para pakar banyak yang mengemukakan pendapatnya mengenai norma. Agar lebih jelas, berikut ini ialah pengertian norma berdasarkan para andal dari dalam maupun luar negeri:


1. Norma Menurut Marvin E Shaw


Marvin menyatakan bahwa norma ialah peraturan semua tingkah laris insan yang harus ditegakkan dalam masyarakat. Norma juga mengekalkan keselarasan sikap insan yang sebenarnya.


2. Norma Menurut Schaefer Lamn


Dalam bukunya, mereka memaparkan bahwa norma merupakan standar dari sikap lurus yang harus dipelihara oleh semua masyarakat. Dengan kata lain, norma merupakan sikap yang benar dan harus dijalankan oleh semua masyarakat.


3. Norma Menurut Craig Calhoun


Sedangkan berdasarkan Craig Calhoun, norma ialah sebuah pedoman atau aturan bagaimana orang harus berperilaku pada situasi tertentu. Pedoman ini harus dijalankan oleh semua masyarakat tanpa pengecualiaan.


4. Norma Menurut Soerkanto


Beliau menyampaikan bahwa norma ialah sebuah perangkat yang dibuat supaya korelasi dalam masyarakat berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Keberadaan norma sangat penting supaya tujuan bersama sanggup terwujud.


5. Norma Menurut Antony Giddens


Antony Giddens beropini bahwa norma merupakan aturan atau prinsip yang kasatmata dan jelas. Aturan ini harus diperhatikan oleh semua warga masyarakat dan diterapkan dalam menjalankan kehidupan.


6. Norma Menurut Bellebaum


Dia beropini bahwa norma yaitu alat yang dipakai dalam mengatur individu yang ada dalam masyarakat supaya berperilaku dan bertindak sesuai keyakinan yang berlaku. Menurut Bellebaum norma pada masyarakat satu dengan yang lainnya tidak sama.


7. Norma Menurut E Ultrech


Pengertian dari norma berdasarkan Ultrech ialah kumpulan petunjuk hidup yang dipakai untuk mengatur ketertiban dalam masyarakat. Norma sanggup berupa peraturan yang wajib untuk ditaati semua masyarakat. Jika ada masyarakat yang melanggar maka akan ada tindakan yang dilakukan oleh pemerintah.


8. Norma Menurut A.A Nurdiaman


Nurdiaman mengungkapkan bahwa norma ialah salah satu bentuk dari tatanan hidup yang isinya aturan dalam untuk bergaul di dalam masyarakat. Aturan ini tidak tertulis tapi harus ditaati oleh semua masyarakat.


9. Norma Menurut John Macionis


Pengertian dari norma berdasarkan Macionis ialah semua aturan dan juga cita-cita dari masyarakat yang dijadikan panduan semua sikap masyarakat. Harapan dan aturan inilah yang menjadi dasar atau pedoman menjalankan kehidupan dalam masyarakat.


Ciri-Ciri Norma dalam Kehidupan


Pengertian


Norma memiliki ciri-ciri yang wajib untuk diketahui. Berikut ini ciri utama dari sebuah norma:


1. Tidak Tertulis


Ciri pertama dari norma ialah tidak tertulis. Norma tidak ada yang tertulis kecuali norma hukum. Walaupun norma tidak tertulis namun norma memiliki peranan sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat.


2. Bersifat Mengikat


Norma juga memiliki ciri mengikat. Semua orang atau masyarakat terikat dengan norma. Dalam menjalani kehidupan semuanya harus berdasarkan norma yang berlaku.


3. Disepakati Bersama


Ciri dari norma yang selanjutnya ialah disepakati secara bersama. Secara tidak pribadi norma sudah menjadi komitmen bersama. Kesepakatan ini sudah terjadi semenjak zaman dulu.


4. Wajib Ditaati Semua Masyarakat


Norma memiliki ciri wajib untuk ditaati oleh semua masyarakat. Semua masyarakat wajib untuk menaati norma yang berlaku. Tidak ada pengecualian, siapa saja harus menaati norma yang berlaku dalam masyarakat.


5. Ada Sanksi


Ciri norma yang selanjutnya ialah terdapat sanksi. Sanksi ini sanggup berupa hukuman ataupun penghargaan. Orang yang melanggar hukuman akan mendapat hukuman sesuai dengan pelanggaran yang sudah dilakukan.


6. Dapat Berubah-Ubah


Ciri terakhir dari norma ialah sanggup berubah-ubah sesuai dengan keadaan sosial budaya. Perubahan norma ini masuk akal terjadi, hal ini dikarenakan dalam kehidupan bermasyarakat niscaya terjadi perubahan dan pergeseran nilai. Oleh alasannya itu, norma yang berlaku harus diadaptasi dengan keadaan masa kini.


Fungsi Norma dalam Kehidupan


Pengertian


Keberadaan norma dalam kehidupan bermasyarakat tentunya memiliki fungsi tersendiri. Berikut ialah fungsi norma dalam hidup bermasyarakat:


1. Norma Berfungsi Mengatur Perilaku Masyarakat


Fungsi pertama dari norma ialah untuk mengatur sikap masyarakat. Dengan adanya norma diperlukan sikap masyarakat menjadi lebih tertata. Perilaku yang tertata akan membuat kehidupan yang aman.


2. Norma Mempunyai Fungsi Menjaga Ketertiban dan Keadilan


Norma juga memiliki fungsi untuk menjaga ketertiban dan keadilan. Dengan norma masyarakat akan lebih tertib dan keadilan sanggup ditegakkan. Hal ini dikarenakan sikap masyarakat akan lebih dibatasi dengan adanya norma.


3. Norma Dapat Menciptakan Kehidupan yang Damai


Fungsi norma yang selanjutnya ialah membuat kehidupan yang damai. Masyarakat yang menaati dan menjalankan norma dengan baik maka akan membuat kehidupan yang damai. Sebaliknya kalau norma sudah tidak ditaati maka kehidupan sanggup kacau.


4. Norma Membantu Pencapaian Tujuan Bersama


Secara tidak pribadi dalam masyarakat memiliki sebuah tujuan yang harus diwujudkan bersama. Keberadaan norma sanggup membantu pencapaian tujuan bersama yang sudah disepakati bersama.


6. Norma Sebagai Dasar Hubungan Bermasyarakat


Dalam menjalankan korelasi bermasyarakat haruslah memakai aturan supaya tidak terjadi kesalah pahaman. Norma inilah yang dijadikan sebagai dasar pedoman dalam menjalankan kehidupan dalam masyarakat.


7. Norma Sebagai Pedoman dalam Memberikan Sanksi Sosial


Sanksi sosial perlu diberikan kalau seseorang melanggar norma. Norma inilah yang dijadikan dasar untuk memilih hukuman sosial yang diberikan kepada pelanggar. Tujuan pertolongan hukuman sosial ini ialah untuk memperlihatkan efek jera.


Tujuan Norma dalam Kehidupan


Pengertian


Adanya sebuah aturan niscaya memiliki tujuan. Tujuan norma yang paling utama ialah membuat kehidupan bermasyarakat yang rukun dan damai. Keberadaan norma akan membuat hidup bermasyarakat semakin tertata dengan baik. Norma membatasi orang-orang untuk tidak berbuat sesuka hatinya atau semena-mena.


Dengan adanya norma diperlukan kehidupan bermasyarakat akan semakin nyaman. Sesama warga akan saling menghargai alasannya adanya norma yang harus dipatuhi. Kerukunan akan terjaga kalau semua mematuhi norma yang berlaku. Dengan demikian tujuan hidup damai, rukun, dan saling menghargai sanggup terwujud.


Macam-Macam dan Contoh Norma dalam Kehidupan


Pengertian


Dalam kehidupan bermasyarakat dikenal 5 norma yang wajib untuk ditaati. Kelima jenis norma tersebut, yaitu:


1. Norma Agama


Pengertian norma agama ialah peraturan hidup yang sumbernya ialah Tuhan. Isi dari norma agama ialah ajaran, perintah, dan larangan yang tertuang dalam kitab yang diwahyukan kepada para Nabi. Norma agama bernilai sangat penting dan dijadikan pedoman dalam norma yang lainnya.


Bentuk dari norma agama berbeda-beda sesuai dengan agama yang diyakini oleh seseorang. Namun pada pada dasarnya semua norma agama tidak ada yang jelek melainkan mengajarkan kebaikan. Salah satu pola perbedaan dalam norma agama ialah perbedaan aturan pada agama Islam dan Hindu.


Dalam agama islam menyembelih dan memakan daging sapi sangat dianjurkan apalagi pada ketika hari raya Idul Adha. Namun dalam aliran Hindu sapi ialah binatang yang suci sehingga dihentikan disembelih apalagi dimakan dagingnya. Kepercayaan dalam Hindu juga meyakini bahwa air kencing sapi suci dan penuh berkah.


Orang yang melanggar norma agama tidak diberi hukuman oleh masyarakat secara langsung. Sanksi yang akan diterima oleh pelanggar ialah dosa yang nantinya harus dipertangung jawabkan di akhirat.


2. Norma Hukum


Norma yang satu-satunya tertulis ialah norma hukum. Pengertian norma aturan ialah aturan yang dibuat oleh pemerintah yang berwenang bersifat memaksa dan wajib ditaati oleh semua masyarakat. Tujuan dari norma aturan ini ialah melindungi kepentingan insan dan menjaga tata tertib.


Norma aturan tertuang dalam bentuk peraturan perundang-undangan yang tertulis dan disahkan serta menjadi komitmen bersama. Pelanggaran yang dilakukan terhadap norma aturan sangat terang sanksinya. Sanksi ini bersifat memaksa, artinya pelanggar harus dieksekusi sesuai dengan aturan yang berlaku.


Contoh dari norma aturan ialah undang-undang mengenai korupsi, undang-undang wacana hak asasi manusia, dan lain sebagainya. Semua peraturan yang dibuat oleh pemerintah sentra ataupun tempat ialah norma aturan yang wajib ditaati dan bersifat mengikat.


3. Norma Sosial


Norma sosial atau norma susila atau norma kesusilaan merupakan aturan hidup yang sumbernya berasal dari hati nurani. Jenis norma ini mendorong setiap insan untuk selalu berbuat baik. Norma sosial memiliki sifat universal atau umum dan menjadi aturan tidak tertulis dalam sebuah masyarakat.


Pelanggaran terhadap norma sosial akan mendapat hukuman sosial berupa pengucilan. Jika pelangaran yang dilakukan cukup berat hukuman yang didapatkan sanggup berupa pengusiran dari lingkungan masyarakat tersebut.


Contoh norma sosial yang sederhana ialah berlaku jujur dan adil.  Menghormati dan menghargai sesama juga termasuk dalam norma sosial.


4. Norma Kesopanan


Norma sosial dan kesopnan hampir sama namun keduanya berbeda. Pengertian dari norma keseopanan ialah aturan hidup yang sumbernya pergaulan dalam masyarakat. Sumber norma ini ialah kepatutan atau kepantasan dan kebiasaan yang ada dalam masyarakat.


Norma kesopanan sudah mengakar dan diciptakan semenjak awal terbentuknya masyarakat. Sifat dari norma kesopanan ialah relatif. Artinya ada perbuatan yang dianggap sopan di suatu tempat tapi ditempat lain dianggap tidak sopan.


Pelanggaran terhadap norma ini hanya berupa ucapan sopan atau tidak sopan. Dengan kata lain orang yang melanggar norma ini tidak ada hukuman yang mengikat.


Salah satu pola sederhana norma kesopanan ialah panggilan terhadap orang lain. Di Indonesia memanggil orang yang lebih renta haruslah memakai kata sapaan ibarat Ibu, Bapak, Kakak, dan sejenisnya. Jika memanggil dengan hanya nama dirasa kurang sopan.


Namun perlu diketahui bahwa di luar negeri untuk menyapa orang yang lebih sampaumur tidak perlu menggunaakan kata sapaan. Di sana untuk memanggil orang lain cukup dengan mananya saja.


5. Adat Istiadat atau Norma Kebiasaan


Norma kebiasaan atau moral istiadat ini merupakan aturan yang dibuat secara sadar ataupun tidak sadar dan menjadi sebuah kebiasaan. Tidak ada hukuman yang terang kalau seseorang melanggar norma ini. Hal ini dikarenakan norma ini hanya sebuah kebiasaan yang berlangsung terus menerus.


Contoh dari norma ini salah satunya yaitu kebiasaan makan dengan memakai tangan kanan, menggosok gigi secara teratur, membelikan buah tangan ketika bepergian, dan sebagainya. Norma ini terlihat sepele namun juga memiliki peranan yang penting dalam kehidupan bermasyarakat.


Kesimpulan


Pengertian norma ialah sebuah aturan yang tak tertulis tapi bersifat mengikat. Norma yang ada dalam masyarakat harus dipatuhi oleh semua anggota masyarakat. Jika ada pelanggaran terhadap norma maka akan dikenakan sanksi, sesuai dengan peraturan yang berlaku.


Norma ialah pedoman hidup bersosialisasi dilingkungan masyarakat. Keberagaman norma niscaya ada dan yang harus dilakukan ialah saling menghargai supaya hidup menjadi rukun dan nyaman. Oleh alasannya itu, setiap orang wajib memahami mengenai norma yang berlaku.


Dengan artikel ini pemahaman mengenai norma sanggup semakin bertambah dan kehidupan bermasyarakat semakin damai.




Baca juga:



FAST DOWNLOADads
| Server1 | Server2 | Server3 |
Download
Next Post Previous Post