Pancasila Sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup

FAST DOWNLOADads
Download

Setiap negara tentu mempunyai landasan kehidupan, dalam menjalankan persatuan bernegara yang biasa disebut dengan dasar negara. Indonesia mempunyai dasar negara yaitu Pancasila, yang biasa disebut dasar falsafah negara/ filsafat negara, ideologi negara. Pancasila sebagai dasar negara menjadi aliran dalam mengatur urusan pemerintahan negara.


Pancasila mempunyai nilai yang meliputi dasar negara Indonesia, serta pandangan hidup negara Indonesia. Namun, Arti Pancasila sendiri dibedakan fungsinya antara sebagai dasar negara serta sebagai pandangan hidup. Sebagai warga negara Indonesia yang baik, kita perlu memahami betul perihal Pancasila.


Pancasila mempunyai pembahasan yang cukup luas, mulai dari pengertian Pancasila, sejarah, makna Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup, nilai-nilai Pancasila dan lain sebagainya.


Pengertian Pancasila Secara Umum


Setiap


Bangsa Indonesia sudah berhasil membentuk sebuah ideologi gres yang berjulukan Pancasila. Pancasila meliputi tugas sebagai dasar negara, kepribadian bangsa, serta pandangan hidup bernegara.


Kata Pancasila sendiri terbentuk dari dua kata yang diambil dari bahasa Sansekerta, diantaranya yaitu panca serta sila. Panca artinya lima, sedangkan sila artinya dasar atau asas.


Pengertian Pancasila Menurut Para Ahli


Setiap


Ada beberapa definisi yang dikemukakan oleh para ahli, terutama tokoh pejuang Indonesia. Adapun pengertian pancasila berdasarkan para ahli yang ditulis ulang dengan gaya bahasa berbeda namun tidak menghilangkan maksud yang disampaikan ialah sebagai berikut,


1. Ruslan Abdul Ghani


Menurut pendapat Ruslan Abdul Ghani mengenai pengertian pancasila adalah,


Pancasila merupakan filsafat negara yang dijadikan sebagai ideologi kolektif untuk menyejahterakan rakyat serta bangsa Indonesia


2. Muhammad Yamin


Berdasarkan pemikiran Muhammad Yamin mengenai pengertian Pancasila adalah,


Pancasila terbentuk dari dua kata yaitu, panca dan sila. Panca yaitu lima, sedangkan sila yaitu dasar, sendi, peraturan dan tingkah laris yang baik. Sehingga, Pancasila merupakan lima dasar yang dimiliki Indonesia sebagai aliran atau aturan dalam melaksanakan tingkah laris yang baik.


3. Notonegoro


Berdasarkan gagasan Notonegoro mengenai pengertian pancasila,


Pancasila yaitu falsafah dasar negara Indonesia, serta ideologi sebagai pandangan hidup bangsa, pemersatu bangsa, dan menjadi lambang eksistensi kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia.


4. Ir. Soekarno


Berdasarkan gagasan yang dipaparkan oleh Ir. Soekarno mengenai pengertian pancasila yaitu,


Pancasila merupakan jiwa bangsa Indonesia yang sudah diwariskan selama berabad-abad, meskipun sempat terpendam dengan budaya barat. Pancasila mempunyai arti lebih luas dari falsafah Indonesia.


Sejarah Terbentuknya Pancasila


Setiap


Pancasila lahir pada tanggal 1 Juni 1945 sebagai dasar negara Republik Indonesia, mempunyai sejarah yang cukup panjang. Hal ini juga dilatarbelakangi oleh perjanjian Jepang untuk memerdekakan Indonesia dengan pembentukan BPUPKI dan PPKI. Pada ketika itu, ketua Dokuritsu Junbi Cosakai (BPUPKI), meminta Soekarno untuk berbicara di depan persidangan mengenai dasar negara.


Pada masa itu, Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia atau BPUPKI mengadakan rapat pendiri bangsa di gedung Pancasila, Jakarta (dahulu berjulukan Gedung Chuo Sangi In). BPUPKI sendiri merupakan tubuh yang dibuat oleh Jepang pada tanggal 29 April 1945 untuk mendapat simpati masyarakat Indonesia.


Tepat pada tanggal 1 Juni 1945 Soekarno berpidato mengenai lima dasar negara yang dikenal dengan Pancasila. Sejak dahulu, Soekarno telah menganggap bahwa Pancasila merupakan dasar negara yang bisa melindungi banyak sekali suku dan agama di Indonesia.


Pada tanggal 7 Agustus 1945 kedudukan BPUPKI diganti menjadi PPKI oleh Jepang, yaitu Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia. Singkat cerita, Jepang pun diluluhlantakkan oleh negara Amerika Serikat yang menjatuhkan bom atom. Bom tersebut dijatuhkan di kota hirosima dan Nagasaki, pada tanggal 6 dan 9 Agustus 1945.


Ketika Jepang mulai melemah, pejuang Indonesia mengambil kesempatan untuk memproklamasikan kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945. Pada tanggal 18 Agustus 1945 Undang-Undang Dasar republik indonesia pun ditetapkan. Adapun isi dari Undang-Undang Dasar Republik Indonesia meliputi nilai-nilai Pancasila yang sah menjadi dasar negara.


Makna Pancasila Sebagai Ideologi


Setiap


Pancasila juga mempunyai kedudukan sebagai ideologi negara Indonesia, yaitu sebagai suatu gagasan, konsep, serta tujuan negara. Dalam pembukaan undang-undang dasar dinyatakan bahwa Pancasila merupakan dasar negara, namun tidak diberikan klarifikasi lain. Dalam dasar negara tersebut mempunyai makna, bahwa terdapat ideologi nasional yang mengandung harapan serta tujuan negara Indonesia.


Pancasila yang berkedudukan sebagai ideologi nasional mempunyai wewenang serta berfungsi untuk mencapai harapan dan tujuan bersama. Selain itu, ideologi pancasila dijadikan sebagai solusi untuk memecahkan problem setiap konflik. Sehingga fungsi dan tujuan ideologi sanggup direalisasikan dengan sesuai.


Makna Pancasila sebagai ideologi mempunyai keterkaitan dengan Pancasila sebagai dasar negara. Sehingga, kedua makna tersebut harus bisa bekerja sama dengan baik untuk menegakkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Karena hanya masyarakat Indonesia yang bisa menciptakan negara ini lebih maju.


Pancasila dipakai untuk mengatur segala tatanan setiap kehidupan bangsa dan negara Indonesia. Karena segala pelaksanaan sistem negara Republik Indonesia sangat berafiliasi dengan Pancasila. Sehingga setiap peraturan yang bersumber dari Pancasila berlaku untuk negara Indonesia.


Arti Pancasila Sebagai Dasar Negara


Setiap


Pancasila sebagai dasar negara mempunyai filosofi yang sangat besar lengan berkuasa dengan bangsa. Hal ini juga tertuang dalam pembukaan undang-undang dasar 1945 pada alinea keempat yang ditetapkan oleh PPKI pada tanggal 18 Agustus 1945. Pancasila bisa mengatasi perbedaan dan keanekaragaman yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia, mulai dari budaya, agama, dan ras.


Toleransi akan perbedaan terangkum dalam semboyan empiris Indonesia, yaitu Bhineka Tunggal Ika. Hal tersebut menawarkan pandangan pancasila secara utuh dan menyeluruh (integral) yang harus dipertahankan untuk membuatkan martabat masyarakat Indonesia. Karena negara wajib melindungi identitas setiap masyarakatnya.


Makna Pancasila Menjadi Dasar Negara


Setiap


Pancasila berdiri menjadi dasar negara Indonesia yang mempunyai makna terdalam untuk masyarakat Indonesia. Nilai yang terkandung dalam Pancasila dijadikan aliran hidup bernegara bagi masyarakat Indonesia. Dalam Pancasila terdapat nilai filsafat yang sangat mendasar dan berfungsi sebagai norma, serta peraturan yang berlaku di Indonesia.


Pada dasarnya, nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila bersifat abnormal dan normatif, sehingga sanggup dijadikan sebagai landasan dalam kehidupan bernegara. Makna Pancasila sebagai dasar negara yaitu ketika nilai dasar dalam Pancasila dijadikan aliran serta norma aturan dalam kehidupan bernegara.


Namun, pada ketika ini banyak orang yang salah mengartikan Pancasila sebagai dasar negara, sehingga dibutuhkan kembali penegasan kedudukan Pancasila di negara kesatuan Indonesia. Banyak orang yang menganggap bahwa kedudukan Pancasila bukan menjadi dasar negara, melainkan sebagai alat kekuasaan untuk mengendalikan dan membatasi segala hal yang dilakukan oleh negara Indonesia.


Pancasila belum mempunyai nilai-nilai kongkrit yang diharapkan oleh masyarakat Indonesia. Nilai abnormal yang terdapat dalam Pancasila harus diupayakan biar bersifat kongkrit. Upaya yang bisa dilakukan biar Pancasila sanggup bersifat konkrit yaitu dengan menyebabkan nilai Pancasila sebagai sumber normatif menyusun aturan dan norma Indonesia.


Berdasarkan Undang-undang Dasar Negara Indonesia, tercantum dalam awal pembukaan yang menyatakan bahwa Pancasila menjadi sumber landasan norma, penyusunan aturan negara, serta menawarkan fungsi konstitusi. Dasar negara Indonesia meliputi nilai-nilai ibarat berikut,



  • Staatfundamentalnorm

  • Cita hokum (Rechtsidee)

  • Norma-norma Dasar Negara Indonesia

  • Norma Pertama


Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa


Setiap


Setiap negara niscaya mempunyai pandangan hidup, ibarat nilai-nilai, pikiran, serta harapan untuk bangsanya sendiri. Sehingga, pandangan hidup bangsa sangat penting untuk mengkokohkan dan memajukan suatu negara. Begitu pula dengan negara Indonesia yang menentukan pancasila sebagai pandangan hidup bangsa.


Pancasila merupakan hasil dari proses pemikiran panjang para pejuang yang tumbuh dalam kepribadiannya bangsa sekaligus menjadi dasar negara Indonesia. Ketika terjadi suatu permasalahan atau krisis nasional yang mengancam eksistensi bangsa, maka Pancasila menjadi aliran untuk mengatasinya.


Dengan pandangan bangsa, maka Indonesia sanggup mencapai tujuan yang dicita-citakan. Tanpa pandangan hidup, maka bangsa akan terombang-ambing dalam menghadapi permasalahan, baik dalam negeri maupun luar negeri.


Pancasila mempunyai kedudukan sebagai pandangan hidup bangsa yang mewajibkan masyarakat Indonesia untuk berperilaku dan bersikap sesuai dengan nilai pancasila. Karena nilai dalam Pancasila berasal dari perkembangan budaya bangsa Indonesia. Dengan begitu, maka rakyat Indonesia bisa hidup serasi dan saling mengasihi.


Fungsi Pancasila


Setiap


Pancasila mempunyai tugas besar bagi bangsa Indonesia, sehingga ada banyak fungsi pancasila yang wajib kita ketahui. Dibawah ini terdapat beberapa fungsi pancasila yang wajib Anda ketahui, diantaranya adalah


1. Sebagai Pedoman Hidup


Sebagai aliran hidup bagi bangsa Indonesia, maka Pancasila wajib dijadikan aliran dalam bertingkah laris dan mengambil keputusan bermasyarakat. Sehingga harapan persatuan sanggup diwujudkan bersama.


2. Sebagai Jiwa Bangsa


Nilai-nilai dasar pancasila merupakan jiwa llangsa yang harus diwujudkan dalam setiap insan, lembaga, atau organisasi yang terdapat di Indonesia.


3. Sebagai Kepribadian Bangsa


Pancasila yang sesuai dengan budaya bangsa berfungsi sebagai identitas negara atau kepribadian bangsa. Hal tersebut menjadi ciri khas tersendiri bagi bangsa Indonesia.


4. Sebagai Sumber Hukum


Berbagai aturan yang berlaku di Indonesia bersumber dari Pancasila. Karena semua penentuan aturan tidak ada yang bertentangan dengan Pancasila.


5. Sebagai Cita Cita Bangsa


Pancasila mengandung tujuan serta harapan bangsa Indonesia yang harus diwujudkan bersama. Seperti persatuan, rasa solidaritas dan kebersamaan, selalu bermusyawarah serta keadilan sosial.


Arti Simbol Pancasila


Setiap


Pancasila dilambangkan dengan burung garuda yang mempunyai filosofi. Mulai dari simbol organ tubuh, warna burung, bulu dan lain sebagainya. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak ulasan berikut ini


Warna


Burung Garuda mempunyai warna kuning emas, hal itu artinya bersifat keagungan dan kejayaan


Organ Tubuh


Burung garuda yang menjadi simbol Pancasila mempunyai organ tubuh yang gagah. Hal tersebut sanggup digambarkan dengan ekor, cakaran, dan sayap, yang berarti mempunyai sifat besar lengan berkuasa serta sebagai tenaga yang membangun.


Jumlah Bulu


Bulu yang ada pada burung garuda sangat unik, yaitu sengaja didesain bulu sayap berjumlah 17 helai, bulu ekor terdapat 8 helai, serta bulu leher terdapat 45 helai. Hal tersebut mengartikan hari kemerdekaan Indonesia.


Perisai Garuda


Tepat di dada Garuda terdapat perisai sebagai simbol yang mempunyai arti tersendiri. Di mana garis hitam tebal yang berada di tengah perisai menerangkan bahwa Indonesia berada di garis khatulistiwa. Sedangkan warna merah dan putih dalam perisai tersebut menggambarkan warna bendera negara Indonesia.


Filosofi Pancasila Di dalam Perisai


Setiap


Terdapat filosofi yang ada pada dada garuda tepatnya perisai atau simbol-simbol Pancasila. Adapun beberapa filosofi pancasila diantaranya sebagai berikut:


1. Bintang


Pada pancasila pertama, disimbolkan dengan bintang yang berarti bahwa terdapat ilahi Yang Maha Esa. Sehingga, setiap masyarakat indonesia mempunyai iman ilahi yang satu, yaitu Tuhan Yang Maha Esa.


2. Rantai


Rantai yang menjadi simbol pancasila kedua berbunyi kemanusiaan yang adil dan beradab. Hal itu mengartikan bahwa negara indonesia melindungi rakyatnya dengan menawarkan persamaan hak, hak hidup, kebebasan, serta hak kepemilikan.


3. Pohon Beringin


Simbol pancasila ketiga yaitu pohon beringin yang berbunyi persatuan indonesia. Dalam hal itu mengartikan bahwa Indonesia merupakan negara yang mempunyai banyak sekali budaya, agama, suku, ras dan lain sebagainya.


Meskipun menjadi negara majemuk, namun Indonesia tetap bersatu. Karena negara Indonesia mempunyai sikap tegang rasa yang besar lengan berkuasa dan lebih mementingkan kepentingan bersama dibandingkan dengan kepentingan individu atau golongan sendiri.


4. Kepala Banteng


Pancasila no empat disimbolkan dengan kepala benteng. Isi teksnya yaitu kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat budi dalam permusyawaratan perwakilan. Sehingga, masyarakat Indonesia dihentikan untuk bersifat egois dan harus mengutamakan kepentingan bersama. Misalnya untuk mengambil sebuah keputusan harus disepakati bersama.


5. Padi dan Kapas.


Pancasila ke-lima yang berbunyi keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia disimbolkan dengan padi dan kapas. Hal itu menggambarkan sikap masyarakat Indonesia yang ramah tamah, kekeluargaan serta bergotong royong. Selain itu, Indonesia mesti bersikap adil untuk melindungi keseimbangan hak serta kewajiban.


Dapat disimpulkan bahwa Pancasila mempunyai tugas yang sangat penting untuk kehidupan berbangsa dan bernegara Indonesia. Pancasila merupakan ideologi bangsa, dasar negara, serta aliran hidup bagi masyarakat Indonesia. Dengan adanya Pancasila, maka tujuan dan harapan bangsa akan terwujud bersama.


Itulah beberapa pembahasan mengenai Pancasila, mulai dari pengertian, arti simbol, sejarah, hingga perbedaan arti pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup. Sebagai warga negara Indonesia, maka kita wajib untuk menjalankan serta menjaga nilai-nilai Pancasila.




Baca Juga :



FAST DOWNLOADads
| Server1 | Server2 | Server3 |
Download
Next Post Previous Post