Pengertian Cloud Computing

FAST DOWNLOADads
Download

Pengertian Cloud Computing: Cara Kerja, Jenis, Kelebihan Kelemahan – Pernahkah Anda mendengar istilah cloud computing? Mungkin banyak dari Anda masih tidak terbiasa dengan satu kata ini.





Daripada cloud computing, mungkin istilah penyimpanan cloud terdengar lebih bersahabat bagi Anda. Kedua kata ini mungkin masih mempunyai beberapa kesamaan.





Kali ini kita akan mengeksplorasi secara seksama apa itu cloud computing, jenis, manfaat dan risiko serta pola penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.





Pengertian Cloud Computing





Pernahkah




Banyak sekali pemahaman perihal penyimpanan cloud berdasarkan para ahli, tetapi kami akan membahasnya dalam bahasa yang lebih sederhana dan lebih gampang dipahami.





Apa itu Cloud Computing?





Cloud computing ialah sistem komputasi yang memanfaatkan teknologi cloud (internet). Dalam penyimpanan cloud, semua jenis data dan aplikasi tidak disimpan di komputer tetapi disimpan di server internet.





Untuk sanggup menggunakannya, pengguna sanggup mengakses data dan menjalankan aplikasi dengan memanfaatkan jaringan internet.





Misalnya, kami menyediakan perangkat komputer yang sanggup dihubungkan ke internet. Dengan teknologi cloud computing, kita sanggup menyimpan dan mengakses data dan aplikasi di server.





Kita sanggup pribadi memakai aplikasi menyerupai Microsoft Word tanpa harus melaksanakan instalasi yang bahwasanya di komputer kita.





Selain itu, media penyimpanan yang kami gunakan juga tersedia di server sehingga tidak ada hard disk dengan kapasitas besar yang diharapkan pada perangkat kami.





Cara Kerja Cloud Computing System





Seperti disebutkan di atas, dalam sistem cloud computing semua jenis data dan aplikasi ada di server.





Sebagai pengguna, kami akan memakai internet untuk sanggup terhubung ke server untuk membuka, menyimpan, atau menjalankan acara yang ada.





Jika pengguna melaksanakan pemesanan, data input akan diteruskan ke server melalui jaringan internet.





Kemudian server akan memproses dan menawarkan respons yang akan dikirim kembali ke komputer pengguna dalam bentuk tampilan. Perubahan data yang terjadi alasannya ialah acara pengguna akan selalu disimpan di server.





Jenis Cloud Computing





Pernahkah




Ada beberapa jenis layanan penyimpanan cloud yang tersedia ketika ini, untuk info lebih lanjut, silakan lihat di bawah.





1. Perangkat Lunak sebagai Layanan (SaaS)





Perangkat lunak jenis ini sebagai layanan layanan akan menyediakan aplikasi dan semua persyaratan yang siap digunakan.





Sehingga pengguna sanggup pribadi memakai aplikasi dan fitur yang ada tanpa membuatnya terlebih dahulu.





Contoh aplikasi pada penyimpanan ini ialah salesforece dan office365.





2. Platform as a Service (PaaS)





Untuk jenis ini menyerupai menyediakan tanah untuk menjalankan aplikasi. Layanan yang dimaksud di sini sanggup dalam bentuk kerangka kerja, sistem operasi atau database.





Semua infrastruktur sudah siap sehingga pengguna hanya perlu membangun aplikasi sendiri.





Contoh aplikasi pada penyimpanan ini ialah Google App Engine dan Windows Azure.





3. Infrastruktur sebagai Layanan (IaaS)





Jenis berikutnya yang disediakan hanya infrastruktur TI yang dibangun di atas awan. Layanan infrastruktur di sini sanggup berupa fisik menyerupai memori hard disk, jaringan dll.





Jenis infrastruktur juga diubahsuaikan dengan ajakan pengguna, bila mereka ingin memutakhirkannya sanggup menghubungi penyedia server cloud.





Contoh aplikasi pada penyimpanan ini ialah Rackspace dan Amazon EC2.





Kelebihan dan Kelemahan Cloud Computing





Setiap hal harus mempunyai kelebihan dan kekurangan serta penyimpanan cloud. Berikut ini kelebihan dan kekurangan yang akan Anda dapatkan ketika memakai sistem cloud computing.





Kelebihan Cloud Computing:





  • Karena semua data kita akan disimpan di server, kita tidak perlu media penyimpanan yang besar. Kami juga tidak perlu repot menginstal aplikasi alasannya ialah sudah tersedia di server.
  • Karena cloud computing memanfaatkan jaringan internet, maka kita sanggup mengakses semua data yang ada kapan saja, di mana saja ketika terhubung ke internet. Dengan ini, semua pekerjaan menjadi lebih fleksibel dan lebih gampang dilakukan di mana saja.
  • Semua infrastruktur penyimpanan dalam penyimpanan cloud diubahsuaikan dengan ajakan pengguna. Kami sanggup meningkatkan kapasitas bila Anda ingin menyimpan data yang lebih besar tanpa harus memindahkannya menyerupai di penyimpanan fisik.




Kelemahan Cloud Computing:





  • Karena memakai jaringan, sebagai pengguna kita harus terkoneksi ke internet semoga sanggup mengakses data yang ada di server. Tanpa jaringan internet kami tidak sanggup memakai layanan ini. Selain itu biaya yang dikeluarkan untuk keperluan internet sanggup sangat besar bila data yang diunggah dan diunduh besar.
  • Seperti yang kita diskusikan di atas, semua data kita akan disimpan di server. Tentu saja layanan ini akan membutuhkan biaya sendiri untuk menyewa server. Jika data yang disimpan di sana besar, maka biaya yang dikeluarkan juga tidak sedikit.




Penutup





Demikianlah artikel kami perihal Pengertian Cloud Computing: Cara Kerja, Jenis, Kelebihan Kelemahan, semoga sanggup membantu dan menambah wawasan anda.





Terima kasih telah membaca dan hingga berjumpa di artikel kami selanjutnya.





Baca Juga:









F.A.Q.





Apa itu cloud computing?

Cloud computing ialah sistem komputasi yang memanfaatkan teknologi cloud (internet).

Apa itu Saas?

SaaS ialah Software as a Service yaitu layanan Cloud yang disediakan dalam bentuk perangkat lunak.

Sebutkan pola IaaS?

Contoh aplikasi pada penyimpanan ini ialah Rackspace dan Amazon EC2.


FAST DOWNLOADads
| Server1 | Server2 | Server3 |
Download
Next Post Previous Post