Pengertian Kliping

FAST DOWNLOADads
Download

Hampir


Hampir semua orang rasanya pernah mendengar istilah kliping. Bagi seorang siswa, kliping sanggup jadi sebuah kiprah yang harus diselesaikan. Biasanya, dalam menciptakan kliping orang membutuhkan koran atau majalah bekas yang mengandung gosip yang dicari.


Berikut beberapa klarifikasi mengenai kliping, dari mulai pengertian, teknik pembuatan, struktur kliping, cara membuat, hingga ke pola kreatif pembuatan kliping.


Pengertian Kliping


Hampir


Secara umum, kliping sanggup diartikan sebagai acara mengumpulkan gosip dengan tema yang sama dengan cara menggunting atau memotong beberapa artikel tertentu dari media cetak (bisa koran, majalah, buku, dan lain sebagainya). Nantinya, hasil potongan tersebut akan ditempel ke dalam media tempel, dalam hal ini sanggup berupa buku, kertas karton, ataupun HVS yang dijilid.


Biasanya, kliping dibentuk dengan tujuan mengumpulkan data mengenai sebuah tema dan dipakai untuk mencari tumpuan atau memahami mengenai bencana atau tema yang dimaksud. Sedangkan untuk acara berguru mengajar, kliping biasanya bertujuan untuk membantu siswa dalam memahami sebuah materi pelajaran atau bahkan tema tertentu.


Struktur Kliping


Hampir


Sama menyerupai kiprah pada umumnya, kliping juga mempunyai struktur penyusunan yang baik dan benar. Struktur ini bukanlah struktur baku, tetapi ada baiknya untuk diikuti semoga kliping yang dibentuk terlihat rapi dan indah. Berikut tumpuan penyusunan struktur kliping untuk ditiru dan dipraktikan di rumah:


1. Cover Kliping


Sebuah kliping harus mempunyai cover, jikalau kliping berbentuk buku. Namun, jikalau kliping diletak dalam sebuah karton, penggalan cover sanggup diganti dengan judul besar di atas. Hal ini semoga pembaca mengerti tema dan isi dari kliping yang dibuat.


2. Kata Pengantar Kliping


Kata pengantar juga hanya dibentuk apabila kliping yang  dibentuk berbentuk buku. Jika berbentuk karton, sanggup diganti dengan nama pembuat kliping.


3. Daftar Isi Kliping


Kliping yang berbentuk buku tentu memerlukan daftar isi semoga pembaca tidak galau ketika ingin membaca artikel yang dicari. Jika kliping diletak dalam kertas karton, sanggup diganti dengan menciptakan subjudul di atas potongan artikel yang ditempel. Hal ini untuk memudahkan pencarian artikel, sekaligus memberi kredit kepada koran yang artikelnya diambil untuk kliping.


4. Isi Kliping


Ini ialah yang paling penting dari seluruh struktur ini. Jangan lupa untuk menulis sumber artikel di bawah potongan artikel yang telah ditempel. Juga antara judul dan pembahasan kliping harus sesuai dengan cover yang dibuat.


5. Kesimpulan, Saran, dan Daftar Pustaka.


Jangan lupa untuk menyisipkan kesimpulan, saran, dan daftar pustaka dalam kliping yang dibuat. Kesimpulan dan saran mempunyai kegunaan untuk memberi sebuah kesimpulan dari isi kliping. Sedangkan daftar pustaka mempunyai kegunaan untuk menunjukkan kredit kepada koran, majalah, atau pun buku yang artikelnya telah diambil untuk kliping.


Teknik Pembuatan Kliping


Hampir


Dalam pembuatan kliping, terdapat 2 teknik yang biasa digunakan. Teknik yang dimaksud didasarkan oleh jenis, kegunaan, dan cara penyusunannya menyerupai berikut ini:


1. Teknik Pembuatan Kliping Sistem Ordnere


Pembuatan kliping dengan teknik ordnere cukup mudah. Teknik ini tidak terlalu memperhatikan urutan tertentu dari koran atau majalah yang diambil artikelnya, tetapi masih berada di dalam satu tema yang sama. Kliping ini dibentuk dalam sebuah odner atau sebuah bundelan.


Biasanya, cara pembuatan kliping dengan sistem ordnere ini sering dilakukan untuk proses pengklipingan resep kuliner ataupun lirik lagu.


2. Teknik Pembuatan Kliping dengan Sistem Exive


Kliping ini dibentuk dalam sebuah buku dan sangat detail dalam memperhatikan urutannya. Terutama urutan waktu. Cara ini dimaksudkan semoga ketika ingin membuka sebuah artikel dengan garis waktu tertentu, gampang untuk mencarinya.


Biasanya, kliping dengan teknik pembuatan sistem exive ini cocok untuk kliping tugas, atau pengumpulan sebuah gosip mengenai sebuah bencana tertentu.


Cara Membuat Kliping


Hampir


Nah, kini saatnya untuk menciptakan kliping. Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan sebelum menciptakan sebuah kliping. Tahapan tersebut adalah:


1. Menentukan Tema Kliping yang Ingin Dibuat


Hal pertama yang harus dilakukan sebelum menciptakan kliping ialah memilih tema kliping terlebih dahulu. Bidang apa yang ingin dibuatkan klipingnya. Misalnya kliping dengan tema sejarah, kewarganegaraan, resep makanan, lirik lagu, dan lain sebagainya.


2. Mengumpulkan Data Kliping


Kemudian ialah pengumpulan data. Dalam hal ini, dimulai dari mengumpulkan koran bekas, majalah lama, ataupun mengunduh materinya lewat internet. Khusus untuk pengunduhan lewat internet, sangat disarankan untuk mencetak artikelnya terlebih dahulu dan bukannya menciptakan kliping pribadi tanpa dicetak. Ini untuk menjaga kerapian dan keindahan kliping itu sendiri.


3. Mempersiapkan Alat Pembuatan Kliping


Setelah data kliping telah selesai, maka tinggal mempersiapkan alat pembuatannya. Pembuatan kliping selalu memakai alat dan materi yang sederhana. Bahkan cenderung gampang ditemukan di rumah. Yakni berupa gunting, lem, buku, hvs, atau pun kertas karton (tergantung selera pembuat kliping. Bisa juga menambahkan aneka macam pernik lain untuk memperindahnya. Baik berupa biji-bijian atau pita.


4. Menggunting dan Menempel


Ini ialah langkah inti dari pembuatan kliping. Yakni menggunting materi dan menempelnya ke atas tempat kliping (HVS atau karton). Susunlah secara sistematis semoga gampang dalam pencarian dan pembuatan daftar isinya. Jangan lupa untuk mencantumkan sumber di bawah tempelan, ya.


Dalam tahap ini, keluarkan kreativitas untuk menciptakan kreasi yang berbeda pada kliping. Pembuat kliping diperbolehkan untuk menghias klipingnya seindah mungkin, asal tidak mengganggu pembaca kliping dalam membaca artikel. Usahakan hiasannya tidak terlalu padat dan tetap indah untuk dilihat.


5. Membuat Cover dan Daftar Isi


Setelah proses gunting dan tempel selesai, langkah selanjutnya ialah menciptakan cover dan daftar isi dari kliping. Usahakan semoga cover mempunyai tema yang sama dengan isi kliping. Jika kliping yang dibentuk membutuhkan kesimpulan dan saran, maka sanggup juga dibentuk kesimpulan dan sarannya.


6. Lakukan Penjilidan


Langkah terakhir ialah melaksanakan penjilidan pada kliping yang telah dibuat. Bisa dilakukan dengan menjilid memakai tulang buku, lakban, atau bahkan dijilid senyawa. Semua tergantung pada selera masing-masing pembuat kliping.


Contoh Kliping


Hampir


Berikut beberapa pola kliping dengan aneka macam tema:


Contoh Kliping Tentang Seni Budaya


Hampir


Banyak tempat di Indonesia yang mulai memanfaatkan kebudayaan lokal menjadi daya tarik wisata utama. Salah satunya Sumatera Utara dengan tari Sigale-gale nya yang telah mendunia. Sigale-gale ialah kebudayaan lokal masyarakat Samosir yang masih ada hingga sekarang.


Kebudayaan tradisional ini menjadi salah satu daya tarik wisata utama di Samosir, di samping Danau Toba yang indah dan menawan. Tari Sigale-gale sendiri ialah sebuah tarian tradisional yang dibawakan oleh sebuah boneka berbentuk manusia. Boneka ini dikendalikan untuk menari dengan diiringi oleh iringan musik tradisional masyarakat Samosir. Bahkan, boneka ini juga didandani dengan pakaian susila Samosir.


Menurut sejarahnya, Boneka Sigale-gale telah ada semenjak ratusan tahun lalu. Boneka ini merupakan perwujudan dari anak salah seorang Raja yang telah meninggal. Boneka ini dibentuk semoga rasa murung raja atas meninggalnya putra semata wayangnya itu.


Itu sebabnya boneka Sigale-gale mempunyai rupa yang sangat menyerupai dengan manusia, lantaran pembuat boneka ini memang memaksudkan semoga boneka ini menjadi pengganti putra raja tersebut. Tetapi kebenaran dongeng ini hanya berupa legenda dan belum terkonfirmasi oleh sejarawan setempat.


Contoh Kliping Mengenai Olahraga


Hampir


Siapa yang tidak mengenal sepak bola? Bisa dikatakan, permainan yang satu ini sangat terkenal di dunia. Bahkan termasuk ke dalam salah satu permainan olahraga yang paling terkenal di dunia. Sepak bola membutuhkan total 22 pemain dalam memainkan permainan ini.


22 pemain ini terdiri atas dua regu dimana satu regunya berjumlah 11 pemain. 20 pemain akan bermain dengan cara menyepak bola, dan dibagi atas 4 posisi: penyerang, sayap kanan, sayap kiri, dan bek. Sedangkan 2 orang sisanya bermain dengan cara menangkap bola yang sering disebut pula dengan kiper. Selain 22 pemain ini, juga ada beberapa pemain cadangan yang nantinya akan menggantikan pemain di lapangan yang cidera ataupun kelelahan.


Untuk memenangkan pertandingan, kedua tim harus bersaing dalam melaksanakan goal (memasukkan bola ke dalam gawang) sebanyak mungkin. Yang paling banyak ialah tim yang menang. Pertandingan ini biasa dilaksanakan dalam stadion atau lapangan berumput empuk. Rumputnya juga sanggup rumput orisinil atau bahkan sintetis.


Permainan sepak bola mempunyai induk organisasi secara internasional. Induk organisasi internasional dari permainan ini ialah FIFA. Sedangkan untuk skala nasional, lebih sering disebut dengan PSSI.


Contoh Kliping Mengenai Teknologi


Hampir


Apa bahasa yang wajib dipelajari di seluruh dunia semoga insan lintas negara sanggup berkomunikasi dengan baik? Benar, bahasa Inggris. Jika ingin berkomunikasi dengan masyarakat global, bahasa Inggris menjadi modal utama.


Di zaman teknologi yang serba maju ini, berguru bahasa Inggris sanggup menjadi semakin lebih mudah. Tidak duduk kasus apabila rumah jauh dari tempat kursus. Tidak sulit untuk berguru bahasa Inggris secara online, teruma dikala ada aplikasi berguru bahasa Inggris berjulukan Cake ini.


Cake ialah salah satu aplikasi kursus berbahasa inggris berbasis online. Dalam praktiknya, Cake lebih mengedepankan prinsip speaking dan melatih pengguna untuk terbiasa berlatih bahasa Inggris.


Selain itu, juga ada banyak materi yang diubahsuaikan dengan level kemahiran berbahasa Inggris. Dari mulai level pemula, menengah, mahir, hingga ke level native.


Di dalam aplikasi juga terdaoat video percakapan bahasa inggris yang diambil dari Youtube. Video ini berisi obrolan dari cuplikan series atau pun film terkenal. Menggunakan aplikasi ini akan menciptakan pengguna semakin mahir bebahasa Inggris.


Contoh Kliping Mengenai Sejarah


Hampir


Danau Toba ialah salah satu danau yang paling terkenal di dunia. Danau ini menjadi primadona dan kunjungan favorit bagi Anda yang berlibur ke Sumatera Utara. Bahkan, pemerintah sentra menaruh perhatian lebih kepada danau indah di Samosir ini. Tercatat ada banyak aliran dana yang dipakai untuk kemajuan dan pembangunan destinasi wisata yang satu ini.


Danau Toba sangat luas dan dalam. Ukurannya kira 3000 km persegi dengan kedalaman 1600 meter persegi. Meskipun indah, ternyata dalam proses pembentukannya, danau ini mempunyai sejarah yang cukup kelam.


Sudah menjadi belakang layar umum bahwa di dalam danau toba terdapat sebuah gunung super vulkanik yang sangat besar dengan jangkauan ledakan yang sanggup mencapai ke seluruh penjuru dunia. Bahkan, banyak yang menerka bahwa danau toba sesungguhnya ialah kawah dari puncak gunung super vulkanik itu sendiri.


Danau Toba dulunya bukanlah sebuah danau, melainkan sebuah gunung purba yang sangat besar. Ketika gunung ini meletus, kekuatan super masifnya keluar hingga mengubah iklim secara global. Para hebat percaya bahwa suhu hambar ekstrem yang terjadi jutaan tahun kemudian disebabkan oleh meletusnya gunung Toba ini.


Bahkan, letusan ini dipercaya menghipnotis genetika menyerupai kini dan membunuh hampir seluruh masyarakat yang ada di bumi. Konon, hanya 9000 orang dari seluruh dunia yang sanggup bertahan dari letusan dahsyat ini. Setelah letusan gunung ini selesai, barulah tercipta sebuah danau kawah yang sangat besar dan dikenal sebagai Danau Toba.


Contoh Kliping Mengenai Ekonomi


Hampir


Berbicara mengenai sistem ekonomi, yang paling dikenal mungkin ialah sistem ekonomi kapitalis. Sistem ekonomi ini menjadikan pemilik perjuangan sebagai pengendali tunggal untuk industri dan semua peralatan produksinya. Hal ini dimaksudkan semoga sanggup mengambil keuntiingan lebih dalam pasar ekonomi itu sendiri.


Dalam hal ini, para pemilik modal berusaha sekerasnya semoga sanggup meraih laba besar dalam menjalankan sebuah usaha. Pemilik modal juga bergerak secara independen, yang mana pemerintah dihentikan mencampuri urusan ekonomi sama sekali.


Intinya ialah kapitalis berusaha mencari laba besar dengan modal yang relatif kecil. Ciri khas yang paling tampak ialah sistem pergajian buruh yang sangat jelek dan menyebabkan banyak kesenjangan sosial di masyarakat.


Membuat kliping sanggup dibilang sebuah hal gampang asalkan data yang dikumpulkan cukup lengkap. Kunci dari pembuatan kliping ini ialah mempunyai sumber data yang lengkap. Caranya ialah dengan mengumpulkan banyak koran, artikel internet, dan banyak majalah dengan tema yang berkaitan.


Itulah beberapa pengertian kliping adalah: 5 pola kreatif yang benar dan cara membuatnya. Jangan lupa untuk membuatkan kreativitas dalam pembuatan kliping semoga lebih indah, ya!




Baca Juga :



FAST DOWNLOADads
| Server1 | Server2 | Server3 |
Download
Next Post Previous Post