Pengertian Topologi Bintang Lengkap

FAST DOWNLOADads
Download

Pengertian Topologi Bintang Lengkap: Ciri-ciri, Kelebihan Kekurangan – Berbicara perihal topologi jaringan, tentu ada banyak jenis, tetapi apakah Anda tahu apa topologi jaringan itu? Topologi jaringan ialah salah satu cara untuk mengatur komputer dalam jaringan komputer.





Atau singkatnya, topologi jaringan ialah cara kami mengatur komputer kami dalam jaringan komputer yang terhubung. Contoh topologi jaringan ialah topologi bus, ring, hybrid, mess, tree, dan star.





Saat ini kami akan membahas menganai apa itu topologi star atau topologi bintang. Berikut ini merupakan pengertian topologi star.





Apa Itu Topologi Star/Bintang?





tetapi




Topology Star (Bintang) ialah cara untuk menghubungkan beberapa komputer dalam jaringan komputer sehingga komputer tersebut terhubung satu sama lain dan jaringan komputer akan dalam bentuk bintang.





Seperti namanya, topologi star mempunyai bentuk menyerupai bintang. Dalam topologi bintang, setiap node akan terhubung secara terpusat ke perangkat keras Switch atau Hub.





Switch atau Hub berfungsi sebagai simpul penghubung di jaringan LAN. Perangkat keras ini juga sering dipakai dalam topologi star dan extended star.





Perbedaan antara switch dan hub ialah kecepatan transfer data. Secara umum, kabel yang dipakai dalam topologi star ialah kabel UTP dan memakai konektor RJ45.





Topologi Star (Bintang) mempunyai prinsip kontrol terpusat, semua data yang keluar harus melalui sentra terlebih dahulu dan kemudian data akan dikirim ke klien yang dituju.





Stasiun primer atau primer biasanya disebut sebagai server, sedangkan stasiun kedua atau sekunder biasanya disebut sebagai klien.





Jika server memulai koneksi jaringan, maka komputer klien sanggup memakai koneksi jaringan kapan saja tanpa perintah dari server terlebih dahulu.





Selain itu topologi star juga mempunyai kelebihan dan kekurangan, termasuk yaitu:





Ciri-ciri Topologi Star





tetapi




Bahkan kita sanggup mengenali karakteristik topologi bintang, dikala komputer host mempunyai kabel yang terhubung ke perangkat hub, sebuah repeater multipoint beralih melalui sistem point to point.





Secara umum, topologi star dipakai di kantor atau biro rumah. Metode ini sering memakai UTP atau kabel tipe twisted pair.





Tetapi ini bukan referensi, adakala memakai kabel serat optik dan koaksial. Sekarang kita perlu mengenali karakteristik topologi bintang:





  • Jaringan tidak akan terganggu jikalau satu node rusak.
  • Mudah dikembangkan sebab setiap node mempunyai kabel yang terhubung eksklusif ke sentra node.
  • Setiap node berkomunikasi secara eksklusif dengan node sentra / central node.
  • Topologi star memakai kabel yang lebih rendah, sebab hanya menangani node dengan kemudian lintas satu simpul, biasanya memakai kabel UTP.




Kelebihan Topologi Star





Setelah kita mengetahui lebih lanjut perihal topologi star, kita juga perlu mengetahui laba dari topologi star berikut ini.





  • Manajemen dan pengembangan jaringan lebih mudah.
  • Fleksibel.
  • Kontrol terpusat.
  • Kerusakan pada satu node tidak akan menghipnotis node lain.
  • Perawatan mudah.
  • Deteksi kesalahan dan kerusakan cukup mudah.




Kekurangan Topologi Star





Selain mempunyai kelebihan, ternyata topologi star juga mempunyai kekurangan, jadi apa saja kekurangan dari topologi star berikut ini.





  • Kontrol terpust (HUB) menjadi elemen penting.
  • Kabel boros.
  • Membutuhkan penanganan khusus.




Cara Kerja Topologi Star





Misalnya perusahaan yang memakai jaringan komputer memakai topologi star.





Di mana komputer yang terhubung ke perangkat sakelar, perangkat hub akan menyimpan daftar cam atau Content Addressable Memory dalam memori, cam akan menyimpan semua alamat perangkat keras yang terhubung ke sakelar.





Jadi dikala Komputer A akan mengirim pesan ke Komputer B, hub terlebih dahulu akan mengusut semua alamat komputer yang terhubung.





Secara teknis mekanisme ini disebut Address Resolution Protocol (ARP), di mana metode ini sanggup menemukan alamat tujuan tujuan dan kemudian diteruskan.





Tetapi jikalau Anda memakai sakelar, komputer A akan mengirim ke komputer B, komputer A akan mengirim pesan ke sakelar.





Kemudian saklar akan mengusut alamat tujuan dengan daftar CAM, sesudah selesai, hub akan melanjutkan ke komputer B.





Penutup





Demikian lah artikel kami perihal Pengertian Topologi Bintang Lengkap: Ciri-ciri, Kelebihan Kekurangan, biar artikel ini sanggup menambah ilmu pengetahuan kita semua mengenai topologi star.





Terima kasih telah membaca dan hingga berjumpa di artikel kami selanjutnya.





Baca Juga:














FAST DOWNLOADads
| Server1 | Server2 | Server3 |
Download
Next Post Previous Post