Pengertian URL Lengkap

FAST DOWNLOADads
Download

Pengertian URL Lengkap: Fungsi, Contoh dan Bagian dari URL – Internet yaitu bab penting dari masyarakat di zaman super modern ini. Di Internet banyak elemen yang terkandung, salah satunya yaitu URL atau yang juga sanggup disebut alamat situs web.





Mungkin Anda pernah mendengar ihwal URL selama pelajaran di sekolah atau membaca buku dan juga artikel ihwal internet.





Meskipun aktivitas memakai internet sering dilakukan, tetapi masih banyak orang yang tidak mengerti definisi atau pengertian URL.





Kali ini kami akan menunjukkan klarifikasi ihwal arti, fungsi, pola dan bab dari URL.





URL ini awalnya ditemukan oleh seseorang berjulukan Tim Berners Lee pada tahun 1991 dengan tujuan untuk memudahkan pengguna yang ingin mencari di Internet.





Dengan memakai URL atau alamat situs web, Anda sanggup lebih gampang mengakses situs web yang ingin Anda kunjungi.





Apa Itu URL?





Internet




URL merupakan kependekan dari Uniform Resource Locator, pengertian URL yaitu karakter yang mempunyai standar tertentu yang dimaksudkan sebagai alamat di internet, ibarat dokumen, file halaman, video, gambar, dan lain-lain.





Karakter yang dipakai untuk URL sanggup berupa angka atau abjad atau simbol.





Salah satu URL standar yaitu tidak memakai spasi, biasanya dimulai dengan HTTP (Hypertext Transfer Protocol) atau HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure).





URL yaitu salah satu bab terpenting bagi pengembang web. Tetapi para pengunjung atau pengunjung tidak terlalu peduli dengan hal ini alasannya yaitu sudah ada Mesin Pencari ibarat Google, Bing, Yahoo dan lainnya.





Fungsi URL





Pada dasarnya fungsi URL dipakai untuk mencari atau memanggil file yang akan ditangani oleh pengguna internet.





URL juga sanggup memindahkan pengguna dari satu halaman web ke halaman lain dengan media Hyperlink. Selain fungsi-fungsi ini, URL juga mempunyai manfaat lain, termasuk:





  • Dapat dipakai sebagai penamaan file di situs web.
  • Mempermudah mengakses situs web, Anda juga sanggup lebih gampang mengingat situs web yang telah diakses.
  • Sebagai cara mengidentifikasi file, dokumen, gambar, dan lainnya di situs web.




Namun, terkadang URL tidak berfungsi dengan baik oleh elemen tidak bermoral ibarat pemalsuan atau penjiplakan alamat situs web atau bahkan dipakai untuk peretasan.





Karena itu, memahami URL akan menciptakan Anda lebih teliti dan berhati-hati ketika mencari di internet.





Contoh URL





Contoh URL yang sanggup Anda lihat di kolom URL di browser ketika mengakses halaman web di internet.





Seperti ketika Anda mengakses situs web ini, cobalah memperhatikan kolom URL di browser Anda, alamat situs web ini terdiri dari Protokol (HTTPS), domain dan permalink halaman.





URL di situs web sanggup dibagi menjadi 2 jenis, yaitu Relative URL dan Absolute URL.





URL relatif berfungsi untuk menyebutkan direktori file dalam domain aktif, contohnya ibarat “.co.id”.





Sedangkan Absolute URL yaitu URL lengkap, terdiri dari domain dan direktori file, contohnya ibarat “https://narutogameid.blogspot.com/search?q=pemahaman-data/”.





Bagian-bagian URL





URL terdiri dari bagian-bagian tertentu ibarat protokol, domain, dan permalink.





Protokol dalam URL bertindak sebagai bab penting alasannya yaitu menyediakan gosip ke server apakah situs web HTTP, HTTPS dan WWW. Bagian selanjutnya yaitu domain, biasanya menjadi paket dengan server web.





Pengembang Web biasanya memakai layanan Domain dan server gratis ibarat Blogger dan wordpress. Terkadang ia juga memakai versi berbayar ibarat Rocketnesia.





Ada juga istilah Sub Domain yang awalnya dibentuk mengikuti domain orisinil contohnya “isikuota.co.id” yang mempunyai domain “.co.id”. Kemudian yang terakhir yaitu Path atau Permalink URL.





Secara umum, URL memakai jalur otoriter atau lengkap di kolom URL browser web yang Anda gunakan. Jalur atau tautan tautan ini mengikuti pengaturan yang ditetapkan oleh pengembang web.





Semakin banyak halaman di situs web, jalur atau tautan tautan pada URL juga akan semakin banyak diadaptasi dengan urutan atau kategori yang ditetapkan.





Biasanya permalink atau jalur miring (/) sebagai penanda direktori.





Penutup





Demikianlah artikel kami ihwal Pengertian URL Lengkap: Fungsi, Contoh dan Bagian dari URL, supaya sanggup membantu anda dalam menambah wawasan anda ihwal URL.





Terima kasih dan hingga berjumpa di artikel kami selanjutnya.





Baca Juga:









F.A.Q.





Apa Itu URL?

URL yaitu karakter yang mempunyai standar tertentu yang dimaksudkan sebagai alamat di internet, ibarat dokumen, file halaman, video, gambar, dll.

Fungsi URL?

URL berfungsi untuk dipakai sebagai penamaan file di situs web.

Bagian-bagian URL?

URL terdiri dari bagian-bagian tertentu ibarat protokol, domain, dan permalink.


FAST DOWNLOADads
| Server1 | Server2 | Server3 |
Download
Next Post Previous Post