Pengertian WWW (World Wide Web)

FAST DOWNLOADads
Download

Pengertian WWW (World Wide Web): Sejarah dan Fungsi WWW – Kalian para pengguna android atau komputer niscaya sudah tidak abnormal lagi dengan internet, setiap harinya niscaya kalian tak henti-henti mengaksesnya.





Kali ini kami tidak akan berbicara wacana internet, melainkan salah satu protocol internet yaitu www.





Seperti yang sudah kalian ketahui bahwa setiap kali kita memakai dan mengakses internet niscaya kita sering menjumpai goresan pena www.





Pada ketika kita akan mengakses sebuah situs tertentu, awalan dari situs tersebut yakni www.





Meskipun kalian sering menjumpai dan sering memakai www, apakah kalian tahu apa itu www? Dan apa fungsi dari www ini bagi internet?





Pada kesempatan kali ini kami akan menunjukkan sebuah ulasan mengenai Pengertian WWW serta fungsi dan sejarah www dari masa ke masa. Kalian yang belum tahu apa itu www, sanggup menyimak ulasan berikut ini.





Apa Itu WWW





Kalian




Berikut ini merupakan Pengertian WWW atau world wide web yang perlu anda ketahui.





WWW merupakan sebuah abreviasi dari World Wide Web, www yakni sebuah istilah yang diberikan pada seluruh penggalan internet yang diakses melalui browser web, menyerupai chrome, internet exploler, mozila firefox, opera, dll.





WWW terdiri atas banyak sekali situs, dimana setiap web atau situs mempunyai halaman yang sangat banyak juga.





Situs dan halaman web tersebut ada dan tersebar di dunia dengan memakai server yang terhubung ke jaringan internet.





Keuntungan memakai www yakni kita sanggup memunculkan sebuah hyperlink. Apabila kita Cuma menuliskan isikuota.co.id maka tidak ada hyperlink di goresan pena tersebut.





Tapi apabila kita menuliskan www.isikuota.co.id maka akan muncul sebuah hyperlink yang apabila kita klik akan eksklusif menuju ke situs tersebut, biasanya hyperlink ini ditandai dengan warna biru.





Untuk memudahkan dan memperbanyak pengunjung situs atau website, maka mereka orang-orang yang merancang situs akan meletakan banyak sekali hyperlink pada situs-situs mereka supaya pengujung dari situs mereka berkembang dan semakin banyak.





Sejarah WWW





Sampai kini ini www masih tetap dipakai untuk hal penjelajahan di internet, www ini ternyata mempunyai sebuah sejarah tersendiri lho.





Sampai berkembang dan banyak dipakai menyerupai sekarang, www mempunyai sejarah yang cukup panjang.





Berikut ini yakni sejarah singkat mengenai perkembangan www dan kejadian penting di dalamnya dari masa ke masa.





  • 1989: Tim dari Spanduk Lee yang merupakan anggota CERN di Jenewa mengusulkan protokol internet yang berfungsi sebagai sistem distribusi informasi, dan memungkinkan keberadaan sistem yang sanggup dipakai untuk banyak sekali informasi, bahkan sanggup menampilkan informasi dalam bentuk gambar dan video grafik dan menyebar ke seluruh dunia.
  • 1990: Tahun ini Tim Banners Lee menulis atau mendesain tiga teknologi dasar berbasis web, teknologi ini masih dipakai hingga sekarang: HTTP (Hypertext Transfer Protocol), HTML (Hypertext Markup Language), dan URL (Uniform Resource Locator).
  • 1991: Spanduk Lee menemukan protokol internet WWW, awalnya dipakai untuk penelitian dan kompilasi arsipnya sendiri, tetapi kemudian sehabis itu dikembangkan oleh Equire, dari sana awal dan cikal bakal kehadiran WWW. Melalui Equier Banners, tim Lee berhasil membuat jaringan arsip terkait yang sanggup memfasilitasi pencarian informasi yang diinginkan.
  • 1993: Tahun ini browser web grafis dibentuk yang sanggup dipakai untuk sistem X-Windows dan berjulukan Mosaic, browser web ini dibentuk oleh Marc Andersen dan timnya dari NCSA. Setelah Mosaic tiba, browser web ini menjadi terkenal dan banyak dipakai oleh pengguna usang dan baru.
  • 1994: Tahun ini Andersen, yang merupakan pembuat Mosaic, membuat dirinya jauh dari NSCA, dan bersama dengan Jim Clark, mereka membuat Netscape, yang menggantikan popularitas Mosaic sebagai browser web. Tahun ini CERN dan MIT juga membentuk konsorsium yang disebut W3C atau World Wide Web yang bertujuan untuk tetapkan standar untuk teknologi web.
  • 1995: Pada final 1995, ada sekitar 300.000, ini telah meningkat tajam dibandingkan tahun kemudian dengan hanya 50 situs web. Dan tahun ini WWW juga berhasil menggantikan FTP, dan menjadi jaringan dengan kemudian lintas tertinggi di internet.
  • 2009: Dan tahun ini Tim Spanduk Lee membangun organisasi World Wide Web Foundation, organisasi ini bertujuan untuk menyebarkan web terbuka dengan seluruh komunitas.




Fungsi WWW





Jika dilihat dari fungsinya, www mempunyai cukup banyak fungsi, tetapi secara umum fungsi www yakni sebagai sumber yang menyediakan informasi dan data yang dibutuhkan oleh pengguna internet.





WWW menghubungkan pengguna internet ke banyak sekali situs web sehingga pengguna sanggup membuka dan mendapat informasi, dokumen, dan hal-hal yang diperlukan.





WWW umumnya mempunyai empat layanan, yaitu mesin pencari, server email web, portal, dan hosting web.





1. Mesin Pencari





Karena meningkatnya jumlah situs web, jadi jikalau kita ingin menemukan sesuatu, orang memerlukan alat pencarian untuk membuatnya lebih gampang untuk menemukan sesuatu yang mereka inginkan.





Hanya dengan mengetikkan kata kunci wacana apa yang ingin kita temukan, mesin pencari akan mencari dan menampilkan situs web yang mempunyai kata kunci ini.





Sehingga memudahkan kita untuk mencari informasi. Mesin pencari paling terkenal ketika ini yakni Google, selain Google ada juga mesin pencari lain menyerupai Yahoo, search, dan bing.





2. Web Hosting





Layanan ini yakni layanan yang biasa dipakai untuk pemilik situs web. Web Hsoting sanggup disamakan dengan tanah untuk disewakan, sehingga pemilik situs web sanggup meletakkan barang-barang di sana.





Ada hosting berbayar dan ada pula yang gratis, gratis, biasanya disediakan oleh blog atau platform situs web menyerupai blogger.com atau wordpress.com.





Sedangkan untuk hosting berbayar, Anda sanggup membelinya di situs web daerah layanan hosting tersebut, salah satunya yakni www.rocketnesia.com.





3. Server Email Web





Layanan ini yakni layanan untuk mengirim email secara gratis, apakah itu surat untuk melamar pekerjaan, surat pribadi, bahkan surat untuk tujuan bisnis.





Sekarang, hampir semua orang memerlukan layanan server email web untuk mengirim email, kali ini dan server email gratis.





Untuk membuat akun email, Anda mempunyai beberapa opsi untuk membuatnya, yaitu www.gmail.com, www.yahoo.com, dan lainnya.





4. Portal





Di portal terdapat banyak sekali jenis layanan yang disediakan, contohnya portal dari www.yahoo.com.





Mereka menyediakan banyak layanan selain layanan email, ada juga sentra layanan informasi yaitu Yahoo News, Yahoo Messenger Chat Service, dan layanan tanya jawab berjulukan Yahoo Answer





5. Media Sosial





Ada banyak medali sosial yang sanggup kita gunakan, umumnya media umum ketika ini dipegang oleh raksasa media umum menyerupai Facebook, Instagram, Twitter dan banyak lagi.





Mungkin banyak juga yang hanya tahu bahwa media umum yakni sebuah aplikasi, walaupun itu yakni hal yang salah.





Secara umum media umum tentu mempunyai situs web, menyerupai Facebook yang menyebabkan aplikasi Facebook aktivitas tambahan, tetapi tetap menjadi facebook.com utama.





Ini sebab suatu merek membutuhkan situs web resmi yang terperinci dan terkenal, bukan hanya sebab penerapannya.





Penutup





Demikianlah artikel kami wacana Pengertian WWW (World Wide Web): Sejarah dan Fungsi WWW, biar sanggup membantu anda dalam memahami apa itu www.





Terima kasih telah membaca artikel kami dan hingga jumpa di artikel kami selanjutnya.





Baca Juga:






FAST DOWNLOADads
| Server1 | Server2 | Server3 |
Download
Next Post Previous Post