Perbedaan Sistem Operasi Unix dan Linux

FAST DOWNLOADads
Download

Perbedaan Unix dan Linux + Pengertian Sistem Operasi Unix dan Linux – Ketika kita berbicara perihal dunia komputer, tentu tidak jauh dengan nama OS (Sistem Operasi). Sistem operasinya menyerupai kehidupan komputer atau laptop itu sendiri.





Tanpa OS, laptop tidak akan sanggup berfungsi secara optimal. Dan saat kita berbicara perihal sistem operasi, Anda mungkin pribadi memikirkan Windows.





Ini memang masuk logika alasannya ialah Windows sanggup dibilang OS yang paling banyak dipakai di seluruh dunia. Tapi tahukah Anda bahwa ada juga OS berjulukan Unix dan Linux?





Mungkin Anda sudah cukup bersahabat dengan OS Linux tetapi juga mungkin masih abnormal dengan nama Unix.





Kedua OS mempunyai nama yang sanggup dikatakan hampir mirip, apa relasi keduanya? Dalam hal popularitas, Linux mungkin lebih dikenal oleh orang awam dan yang telah usang bergelut di dunia komputer.





Namun bergotong-royong Unix sendiri juga tidak kalah dan banyak dipakai untuk aneka macam keperluan. Mari kita bahas lebih lanjut untuk mengetahui pemahaman dan perbedaan antara Unix dan Linux.





Apa Itu Unix?





Unix ialah sistem operasi yang dibentuk dan dikembangkan oleh Ken Thompson, Dennis Ritchie dan beberapa programmer lainnya. Unix lalu terus dikembangkan oleh ATT Bell Labs.





Sistem operasi yang satu ini sengaja dibentuk dan dirancang untuk dipakai multiuser, portable dan juga sanggup melaksanakan multitasking.





Berbeda dengan OS pada umumnya, Unix lebih banyak dipakai untuk server dan workstation. Ini ialah perbedaan besar antara Unix dan Linux.





Selain itu dibandingkan dengan Linux, Unix mempunyai kompatibilitas yang jauh lebih tinggi sehingga sanggup dimodifikasi dan dikembangkan lebih mudah.





Ini menghasilkan banyak varian OS berbasis Unix, salah satu yang paling populer ialah Linux. Ya, Linux ialah OS yang berasal dari Unix sendiri. Hubungan kedua menyerupai ayah dan anak.





Apa Itu Linux?





Seperti yang kami sebutkan di atas, Linux ialah sistem operasi yang berasal dari pengembangan varian Unix.





OS ini dibentuk dan dikembangkan oleh Linus Torvalds, awalnya ditujukan untuk mengakses server dari universitas daerah ia mencar ilmu berbasis Unix.





Dikatakan juga bahwa Linux bergotong-royong menyebarkan atau mengkloning dari versi Unix lain yang disebut MINIX.





Karena Linux dikembangkan dari Unix, tidak heran ada banyak kesamaan antara 2 OS ini. Namun meski begitu tidak ada sedikit perbedaan yang dimiliki oleh Linux dan Unix.





Seperti disebutkan di atas, Unix lebih sering dipakai untuk kebutuhan server. Sedangkan Linux lebih menyerupai dengan windows yang dipakai untuk kebutuhan komputer pribadi.





Tetapi tidak menyerupai Windows, Anda sanggup mendapat OS Linux ini secara gratis.





Banyak aplikasi untuk Linux didistribusikan secara gratis, tetapi dibandingkan dengan windows jumlah perangkat lunak mereka masih lebih rendah.





Perbedaan antara Unix dan Linux





Ketika




Untuk lebih memahami apa perbedaan antara sistem operasi Unix dan Linux, silakan baca daftar di bawah ini:





  • Unix pada awalnya dibentuk untuk dipakai pada komputer besar menyerupai mainframe atau superkomputer.
  • Sementara Linux ialah varian lain dari Unix yang ditujukan untuk keperluan komputer pribadi.
  • Tidak menyerupai Linux yang sanggup Anda dapatkan secara gratis, untuk memakai Unix Anda harus membelinya.
  • Dalam hal kinerja, Linux sanggup memproses lebih cepat dari Unix pada spesifikasi perangkat keras yang sama.
  • Jika dipakai untuk komputer biasa, Unix akan menghabiskan lebih banyak ruang hard disk dibandingkan dengan Linux.




Kesimpulan: Sekarang kita akan meringkas apa yang membedakan sistem operasi Unix dan Linux.





Dalam hal penggunaan Linux lebih sering dipakai untuk keperluan pribadi, sedangkan Unix lebih cocok kalau dipakai untuk workstation dan server.





Untuk keamanan, mungkin Linux lebih unggul dan lebih tahan terhadap serangan aneka macam virus dan malware.





Tetapi Unix mempunyai kelebihan alasannya ialah sanggup menjadi server atau database yang baik. Dari ini Unix mempunyai nilai komersial yang lebih baik, sedangkan Linux sanggup diperoleh secara gratis.





Penutup





Demikianlah artikel kami perihal Perbedaan Unix dan Linux + Pengertian Sistem Operasi Unix dan Linux, biar sanggup membantu anda dalam memahami perbedaan antara sistem operasi unix dan linux.





Terima kasih telah membaca artikel kami dan hingga jumpa di artikel kami selanjutnya.





Baca Juga:














FAST DOWNLOADads
| Server1 | Server2 | Server3 |
Download
Next Post Previous Post