RAM dan ROM

FAST DOWNLOADads
Download

Ada yang tahu pengertian RAM dan ROM? Pasti sudah sering mendengar istilah RAM dan ROM. Apalagi pada zaman kini saat ingin membeli sebuah perangkat elektronik ponsel ataupun laptop. Pasti selalu menanya besaran RAM dan ROM yang mengacu kepada media penyimpanan data.


Pasti


Berikut beberapa pengetahuan mengenai RAM dan ROM yang perlu diketahui.


Pengertian RAM dan ROM


Pasti


Meskipun terlihat mirip, pengertian RAM dan ROM bantu-membantu berbeda. Memang benar RAM dan ROM sama-sama  media penyimpanan pada perangkat elektronik, hanya saja asa sedikit perbedaan yang membedakan keduanya.


Berikut rincian pengertian mengenai RAM dan ROM:


Pengertian RAM


RAM yaitu abreviasi dari Random Access Memory. RAM sendiri yaitu sebuah perangkat keras di dalam komputer, dimana perangkat keras ini mempunyai fungsi sebagai memori atau  daerah menyimpan data, termasuk di dalamnya banyak sekali arahan program. Hanya saja, memori yang digunakan dalam perangkat berjulukan RAM ini bersifat sementara.


Data yang tersimpan di dalam RAMM biasanya bisa hilang, terutama saat komputer mati atau listrik yang menyuplai daya ke dalam komputer tersebut dicabut. Selain itu, isi data yang ada di dalam RAM tidak pernah tergantung atat letak yang dibentuk dan bisa diakses dengan tidak berurutan atau acak.


Besaran RAM yang dimiliki sebuah perangkat komputer itu selalu bergantung kepada tingkat loading yang dimiliki oleh komputer tersebut. Jadi, semakin cepat proses yang dimiliki komputer dalam melaksanakan proses penyimpanan data, membuka, dan menjalankan program, maka RAM yang dimiliki niscaya akan semakin besar.


Pengertian ROM


ROM sendiri yaitu abreviasi dari Read Only Memory. Memori jenis ini biasanya yaitu daerah penyimpanan data yang sifatnyaa permanen. Di dalam sebuah perangkat komputer, biasanya ROM memang mempunyai sifat permanen, sehingga data yang ada di dalamnya tidak akan berubah, atau bahkan tidak akan hilang meskipun komputer mendadak mati.


Meskipun berupa perangkat keras, ROM mempunyai bentuk ibarat chip memori semi konduktor. Isi data yang tersimpan di dalam sebuah ROM ini sendiri hanya bisa dibaca dan tidak bisa diubah. Selain itu, untuk sanggup menyimpan data di ROM itu sendiri cukup sulit dan biasanya hanya berisi data agenda default bawaan pabrik. Sehingga sanggup disimpulkan bahwa ROM digunakan untuk menyimpan firmware.


Perbedaan RAM dan ROMPasti


RAM dan ROM mempunyai beberapa perbedaan, yakni sebagai berikut:



  • RAM membutuhkan sumber daya dari listrik dalam menjalankan maupun menyimpan data. Sementara ROM tetap bisa menyimpan data meskipun tidak mempunyai pedoman listrik.

  • Penyimpanan yang ada di dalam RAM tidak bersifat permanen, sedangkan penyimpanan di dalam ROM lebih bersifat permanen.

  • Chip yang dimiliki RAM digunakan untuk operasi yang normal, sementara chip dalam ROM digunakan untuk proses start-up komputer.

  • Chip yang dimiliki RAM biasanya berjalan lebih cepat, berbeda dengan chip yang digunakan dalam ROM yang cenderung lebih lambat.

  • Ukuran yang dimiliki RAM biasanya dalam satuan gigabyte dan ukuran di dalam ROM hanya beberapa megabyte.

  • Jenis memori yang dimiliki RAM yaitu volatile sedangkan jenis memori yang dimiliki ROM yaitu non volatile

  • RAM yaitu penyimpanan yang data tersimpannya tidak tetap, sedangkan penyimpanan yang ada di dalam ROM sifatnya tetap.


Fungsi RAM dan ROM


Pasti


Secara umum, fungsi RAM dan ROM yaitu untuk penyimpanan sebuah data. Tetapi selain itu, penyimpanan RAM dan ROM yang lainnya adalah:


Fungsi RAM


Beberapa fungsi RAM antara lain:



  • Sebagai daerah membaca data dan info yang telah disimpan dalam sebuah hardisk komputer.

  • Sebagai daerah penyimpanan data sementasra.


Fungsi ROM



  • Sebagai media untuk menyimpan firmware dari software yang ada di dalam komputer

  • ROM mempunyai kecepatan yang lebih baik daripada semua media penyimpanan lain.


Jenis RAM


Pasti


Berikut beberapa jenis RAM yang biasanya ada dalam sebuah komputer:


Dynamic RAM (D RAM)


RAM jenis ini yaitu penyimpanan yang memerlukan refresh ataupun penyegaran dari CPU yang dilakukan secara berjala semoga data yang ada di dalam RAM tersebut tidak hilang.


SD RAM


SD RAM yaitu abreviasi dari Sychronous Dynamic Random Access Memor. RAM jenis ini yaitu lanjutan dari D RAM, hanya saja telah mengalami sinkronisasi dari clock system. Biasanya, proses dari SD RAM sedikit lebih cepat dari yang dimiliki oleh D RAM.


DDR RAM


DDR atau yang dikenal dengan Double Rate Random Access Memory ini yaitu RAM yang mempunyai teknologi lanjutan. Bisa dibilang, DDR RAM ini yaitu jenis RAM yang merupakan versi lanjutan dari SD RAM. Versi terbaru yang dimiliki oleh DDR RAM ini yaitu DDR2 dan DDR3. Besar kemungkinan versi DDR RAM selanjutnya akan keluar lagi.


RDR RAM


RDR RAM atau juga kepanjangan dari Rambus Dynamic Access Memory yaitu tipe RAM dengan kecepatan kerja yang lebih cepat dengan harga yang biasanya juga lebih mahal dari SD RAM. Biasanya, jenis RAM ibarat ini digunakan dalam komputer yang mempunyai pentium 4.


S RAM


Static Random Access Memory atau S RAM yaitu sebuah RAM yang bisa menyimpan data tanpa harus melaksanakan proses penyegaran yang dilakukan CPU. S RAM mempunyai proses kerja yang jauh lebih cepat dari D RAM dan SD RAM.


EDO RAM


EDO RAM yaitu kepanjangan dari Extended Data Out Random Access Memory. EDO RAM sendiri merupakan sebuah RAM yang biasa digunakan dalam OS Pentium dan sanggup melaksanakan proses penyinpanan dan pengambilan data dalam waktu bersamaan.


Jenis-jenis ROM


Pasti


Berikut beberapa jenis ROM:


Stock ROM


ROM jenis ini yaitu ROM yang merupakan bawaan dari sistem operasinya yang orisinil dan belum dimodifikasi. Stock ROM mempunyai fungsi yang masih sesuai dengan standar pabrik dari komputer dan tidak mempunyai pengembangan dan perubahan.


Jika ingin mengetahui jenis ROM ini, maka bisa dilihat daru tampilan Apple IOS dan Palm’s WebOS.


Custom ROM


ROM jenis ini yaitu ROM yang gampang dimodifikasi dan cocok digunakan untuk digunakan oleh para pengembang independen. Custom ROM sangat cocok untuk menyimpan banyak sekali data penting yang dimiliki perusahaan. Hal ini dikarenakan sebab custom ROM bisa dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan perusahaan itu sendiri.


ROM jenis ini yaitu jenis custom ROM yang dikembangkan eksklusif dari Google dan OS, serta paling banyak ditemui pada perangkat android.


Manufacturer


ROM ini juga dikenal sebagai Carrier Stock ROM dan sudah mendapat perubahan dari pabrik yang memproduksinya. Perubahan juga bisa dilakukan oleh operator jaringan.


ROM ini biasanya ditemui pada aplikasi android dan jarang sekali ditemukan dalam perangkat komputer ataupun PC. Hal ini dikarenakan perubahan yang dilakukan pada ROM yaitu jenis penambahann custom pada aplikasi.


Contoh RAM dan ROM


Berikut ini pola ROM


Pasti


Dan ini yaitu pola RAM


Pasti


RAM dan ROM yaitu sistem penyimpanan yang wajib ada dalam setiap perangkat elektronik, baik komputer maupun ponsel. Tanpa adanya RAM dan ROM, aplikasi dari perangkat bawaan sistem operasi tidak akan berjalan maksimal. Demikian pula perihal penyimpanannya. Tanpa RAM dan ROM tentu tidak akan ada yang namanya ruang penyimpanan.


Itulah beberapa pengertian RAM dan ROM, disertai dengan perbedaan, fungsi, jenis, dan pola dari RAM dan ROM itu sendiri. Semoga pemahaman yang didapatkan dari artikel ini bermanfaat dan menambah ilmu tersendiri mengenai RAM dan ROM.




Baca Juga :



FAST DOWNLOADads
| Server1 | Server2 | Server3 |
Download
Next Post Previous Post