Sepak Bola adalah

FAST DOWNLOADads
Download

VOI.co.id – Saat ini hampir semua orang di Indonesia mengenal sepak bola. Tak hanya diminati oleh laki-laki, olahraga ini juga digandrungi oleh perempuan. Hal ini terbukti dengan banyaknya penonton wanita ketika pertandingan berlangsung. Dengan popularitas yang mendunia, menonton, memainkan, dan mempelajari materi sepak bola sekarang menjadi beberapa hobi yang terkenal.


Salah satu alasan mengapa banyak orang suka menonton sepak bola yaitu alasannya yaitu keseruan menyaksikan para pemain menentukan strategi. Adu teknik, stamina dan kekompakan tim menentukan hasil selesai pertandingan. Rangkuman materi sepak bola ini akan membahas perihal sejarah, peraturan dan teknik dasar, manfaat, dan banyak sekali hal lain yang perlu diketahui perihal olahraga ini.


Pengertian dan Tujuan Sepak Bola Menurut Para Ahli


Untuk memahami pertandingan sepak bola, perlu ada definisi yang terang terkait olahraga tersebut. Berikut ini yaitu pendapat beberapa jago perihal pengertian sepak bola.


Subagyo Irianto (2010:3)


Subagyo Irianto menyebut sepak bola sebagai sebuah permain yang dilakukan dengan menendang satu buah bola, dan diperebutkan oleh para pemain dalam dua tim yang berbeda. Tujuan dari permainan ini yaitu menyarangkan bola ke gawang tim lawan, sembari mempertahankan gawang tim sendiri.


Luxbacher (2008:2)


Pertandingan sepak bola berdasarkan Luxbacher yaitu permainan antara dua tim kesebelasan. Kedua tim tersebut saling berusaha mencetak gol di gawang lawan dan mempertahankan gawang mereka sendiri.


Muhajir (2007:22)


Muhajir beropini bahwa sepak bola merupakan permainan yang dilakukan dengan cara menyepak. Tujuannya yaitu untuk mempertahankan gawang sendiri dari serangan lawan, serta menyerang dan mencetak gol di gawang lawan.


Sementara itu dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sepak bola didefinisikan sebagai permainan berkelompok yang dilakukan di lapangan. Olahraga ini menggunakan bola sepak yang dimainkan dua tim yang saling melawan, dengan hukum setiap tim terdiri dari 11 pemain. KBBI juga menjelaskan terkait durasi permainan yakni 2 x 45 menit. Kemenangan dalam pertandingan ditentukan dengan melihat selisih gol yang bersarang di gawang lawan.


Dengan banyak sekali definisi dari para jago dan KBBI, sanggup disimpulkan bahwa sepak bola yaitu cabang olahraga yang melibatkan dua tim kesebelasan dan menggunakan sebuah bola. Sementara itu tujuan dari pertandingan atau permainan sepak bola yaitu untuk menyarangkan bola ke gawang lawan. Tim yang paling sering mencetak gol akan memenangkan pertandingan.


 Saat


Sejarah Singkat Sepak Bola


Terkenalnya sepak bola ketika ini tak lepas dari sejarahnya yang begitu panjang. Berikut ini yaitu sejarah singkat sepak bola di dunia maupun di Indonesia.


Sejarah Sepak Bola di Dunia


Sepak bola tertua di dunia terjadi di Tiongkok, tepatnya tahun 206 sebelum masehi, pada dinasti Tsin dan Han. Saat itu namanya yaitu Tsu Chu, sebuah permainan menyepak bola kulit dan menyarangkannya ke dalam jaring kecil. Tak hanya di Tiongkok, sepak bola juga dikenal dengan banyak sekali nama dan hukum yang berbeda-beda di Yunani, Jepang dan Roma.


Pada sepak bola tradisional tersebut, cara bermain sepak bola masih berbeda antara satu negara dan lainnya. Barulah pada pertengahan masa ke-19, Inggris menerapkan beberapa peraturan dasar yang berlaku untuk permainan ini. Pada tahun 1857, berdirilah Sheffield Football Club yang merupakan klub sepak bola pertama di dunia.


Tahun 1904, Fédération Internationale de Football Association (FIFA) terbentuk dan berbasis di Paris, Perancis. Seiring perkembangan waktu, hadirlah Piala Dunia, sebuah turnamen yang diikuti oleh banyak sekali negara. Piala Dunia pertama yang diselenggarakan tahun 1930 dimenangkan oleh negara Uruguay.


Sejarah Sepak Bola di Indonesia


Sepak bola mulai dikenal masyarakat Indonesia pada tahun 1914, pada masa penjajahan Hindia Belanda. Saat itu, peraturan yang diikuti belum baku. Baru pada tahun 1930, terbentuklah PSSI (Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia). Hingga ketika ini PSSI telah melaksanakan banyak hal untuk perkembangan sepak bola di Indonesia.


Peraturan Dasar Sepak Bola


Karena telah menjadi olahraga internasional, dibutuhkan adanya beberapa peraturan standar yang ditaati oleh semua negara yang bergabung dalam FIFA. Beberapa hukum tersebut diantaranya adalah:


1. Jumlah dan Posisi Pemain


Di negara manapun, jumlah pemain sepak bola tetap sama. Ada 11 pemain utama yang bertanding dalam setiap tim, dan salah satunya merupakan kapten yang mengarahkan dan memimpin. Masing-masing terdiri dari 1 penjaga gawang (goal keeper), 2-5 pemain tengah (midfielder), 4 pemain bertahan (back), dan 1-3 penyerang (striker).


2. Durasi Permainan


Dalam peraturan sepak bola internasional, sepak bola dimainkan dalam 2 babak, masing-masing berdurasi 45 menit. Meskipun demikian, ada beberapa hukum perpanjangan waktu yang mungkin dilakukan. Misalnya wasit sanggup menawarkan tambahan 1 sampai 5 menit tiap babak. Bila ada masalah imbang, maka akan ada perpanjangan 2×15 menit. Kalau masih imbang juga, akan ada berkelahi penalti.


3. Pelanggaran


Jika terjadi pelanggaran, maka wasit berhak memberlakukan kartu kuning dan kartu merah. Kartu kuning diberikan wasit kepada pemain yang melaksanakan kecurangan, bertengkar baik dengan kata maupun tindakan, serta melanggar hukum lainnya. Bila seorang pemain mendapat kartu kuning sebanyak dua kali, ia akan mendapat kartu merah.


Jika kartu merah sudah diberlakukan alasannya yaitu dua kali kartu kuning atau sebuah pelanggaran berat, maka pemain tersebut harus keluar dari pertandingan. Keberadaannya dalam tim tidak sanggup digantikan pemain lain. Tim harus melanjutkan permainan dengan jumlah pemain hanya 10 orang.


4. Petugas Pertandingan


Sepak bola membutuhkan sebuah perangkat petugas yang mengawasi pertandingan, yaitu seorang wasit, dua hakim garis, serta seorang petugas yang berada di pinggir tengah lapangan. Hakim garis mempunyai kiprah untuk mengawasi lapangan. Sementara itu, petugas di pinggir kepingan tengah lapangan harus mencatat jumlah dan durasi waktu yang mungkin terhenti alasannya yaitu banyak sekali alasan selama pertandingan. Wasit harus bersifat adil dalam menjalankan kiprah untuk memberi eksekusi maupun peringatan pada pemain.


5. Kostum dan Aksesori


Dalam permainan sepak bola, para pemain diperbolehkan menggunakan jersey, kaos kaki, sepatu bola, sarung tangan dan head gear. Sementara aksesoris lain menyerupai anting, gelang, kalung maupun perhiasan lainnya dihentikan dipakai selama pertandingan.


 Saat


Ukuran Lapangan Sepak Bola dan Bola Kaki


Ukuran lapangan dan bola sangat penting untuk diseragamkan, sehingga tidak ada kekacauan dan protes dalam pertandingan. FIFA juga telah menentukan ukuran yang sempurna untuk kedua hal tersebut.


Ukuran Lapangan


Lapangan yang dipakai untuk permainan sepak bola mempunyai syarat luas yang jelas. Panjang lapangan antara 100 – 120 meter, dengan lebar antara 65 – 75 meter. Sementara itu, lebar gawang sepanjang 7,32 meter dengan tinggi 2,44 meter.


 Saat


Ukuran Bola


Bola yang dipakai dalam olahraga ini juga tak boleh sembarangan. Ukuran bola harus berada dalam rentang lingkar bola antara 68 cm sampai 70 cm. Beratnya juga standar, yakni antara 410 gram dan 450 gram. Bahan bola yang dipakai untu pertandingan harus terbuat dari bahan-bahan berkualitas.


10 Teknik Dasar Dalam Sepak Bola


Untuk memainkan sepak bola, seorang pemain harus menguasai beberapa teknik dasar. Teknik sepak bola ini nantinya akan sanggup dikembangkan dalam klub masing-masing, sehingga tercipta teknik yang lebih maju.


1. Menendang Bola


Menendang bola yaitu salah satu teknik dasar yang perlu diketahui untuk permainan sepak bola. Menendang bola bisa dilakukan dengan kaki kepingan dalam, kaki kepingan luar, dan kaki kepingan punggung.


2. Menggiring Bola (Dribbling)


Kemampuan menggiring bola sangat menentukan performa seseorang dalam tim. Ketika belum saatnya mengumpan, maka seorang pemain harus sanggup menggiring bola menuju lokasi umpan selanjutnya. Ada dua teknik dribbling yang perlu diketahui, yaitu:


a.Closed Dribbling


Saat bola juga berada dalam jangkauan lawan, maka seorang pemain sanggup melaksanakan teknik closed dribbling. Dalam teknik ini, pemain mempunyai kontrol penuh terhadap bolanya, semoga tak direbut lawan. Dalam teknik ini, bola tidak boleh berjarak lebih dari satu meter dari kaki pemain.


b.Speed Dribbling


Dalam speed dribbling, yang paling penting yaitu menggiring bola dengan kecepatan tertinggi. Dalam teknik ini, pemain bisa menendang bola sambil mengejar sekuatnya. Teknik ini cocok dipakai ketika bola tidak berada dalam jangkauan lawan.


 Saat


3.Menghentikan Bola


Untuk menghentikan laju bola, ada beberapa cara yang bisa dilakukan pemain, diantaranya sebagai berikut:


a. Dengan Punggung Kaki


Untuk melaksanakan teknik ini, sambut bola menggunakan punggung kaki, kemudian tahan gerakan bola. Setelah itu, turunkan bola ke antara dua kaki semoga bola dalam posisi aman.


b. Dengan Telapak Kaki


Untuk melaksanakan teknik ini, pemain mendatangi bola sembari berlari. Lalu kaki dibuka dan tarik sedikit ke arah atas, kemudian menahan bola menggunakan telapak kaki.


c. Dengan Dada


Kedua kaki pemain perlu dibuka sejajar bahu, dengan posisi lutut sedikit ditekuk. Pada ketika bola mengenai dada, tarik dada ke belakang sehingga tubuh mengikuti arah datangnya bola.


d. Dengan Kaki Bagian Dalam dan Luar


Pemain sanggup memposisikan tubuh untuk menghadapi kedatangan bola. Setelah itu, pergelangan kaki diputar ke arah luar atau dalam, dan tahan bola. Tari k kaki sedikit ke belakang untuk mempertahankan bola.


e. Dengan Paha


Saat mendapat operan bola dari jauh, gerakkan tubuh ke arah kedatangan bola. Angkat satu kaki, kemudian bentuk sudut 90 derajat, dan hentikan bola dengan paha kepingan dalam. Jatuhkan bola ke antara kedua kaki.


f. Dengan Perut


Saat bola mengenai perut, tahan napas kemudian ikuti arah gerakan bola. Tangan perlu berada di samping tubuh untuk menjaga keseimbangan.


4. Mengumpan Bola


Mengumpan bola atau passing, yaitu cara untuk mengoper bola dari satu pemain ke pemain lainnya. Teknik ini bisa dilakukan dengan menggunakan kaki kepingan luar dan punggung kaki. Selama melaksanakan umpan, seorang pemain harus bisa mengamati arah bola dan juga sekelilingnya dengan baik.


5. Menyundul Bola


Menyundul bola atau heading, bisa dilakukan dengan mendorong bola menggunakan kepala. Teknik sangat pas untuk dilakukan ketika bola melayang di udara, dengan tujuan untuk mendorong bola ke arah tertentu. Beberapa pemain menyerupai Christiano Ronaldo, bisa menyundul bola pribadi ke arah gawang lawan dan mencetak gol.


6. Merebut Bola


Teknik yang biasa disebut intercepting ini yaitu sebuah cara membaca dan prediksi pergerakan lawan, semoga bisa merebut bola yang sedang dikuasainya. Teknik ini berkhasiat untuk menghambat laju umpan dari tim lawan. Meskipun demikian, teknik ini harus dilakukan dengan hati-hati semoga kaki benar-benar menyentuh bola saja, bukan kaki lawan. Jika tidak, maka pemain akan terancam kartu kuning.


7. Throw In (Melempar ke Dalam)


Apabila terjadi out (bola ke luar dari batas sisi lapangan), pemain akan melempar bola dengan kedua tangan. Untuk melakukannya, cari posisi melempar ternyaman, dan mulai dari posisi kedua tangan berada di belakang kepala.


8. Menyapu Bola


Dikenal dengan istilah sliding, menyapu bola dilakukan dengan menjatuhkan tubuh dan meluruskan kaki untuk menahan pergerakan bola yang tengah dikuasai musuh. Namun yang perlu diperhatikan adalah, butuh timing yang sempurna semoga kaki tidak mengenai pemain, melainkan bolanya saja.


9. Gerak Tipu


Gerak tipu sering menjadi kunci kemenangan para pesepak bola ternama. Sebuah gol biasanya tercipta sehabis seorang pemain sudah melaksanakan gerak tipu untuk mengecoh lawan. Untuk melaksanakan gerakan ini, pemain sanggup menggabungkan beberapa gerakan sekaligus, sehingga nantinya lawan salah memprediksi gerakan selanjutnya.


10. Menangkap Bola


Teknik ini hanya dilakukan oleh pemain yang berada di posisi penjaga gawang. Sebagai penjaga gawang, pemain sepak bola harus melatih kepekaan dan refleks untuk membaca arah bola, serta menangkap bola di sebelah kiri, kanan, atau atas dan sisi lain dalam area gawang. Selain itu, penjaga gawang juga harus bisa menendang dengan power yang baik.


 Saat


Pemain Sepak Bola Terpopuler


Dengan banyaknya teknik yang harus dikuasai seorang pemain sepak bola, tak banyak pemain yang risikonya menjadi legendaris dan sangat populer. Dari sekian banyak atlet sepak bola yang ada, ada beberapa tokoh yang sangat menonjol prestasi, kemampuan melaksanakan banyak sekali teknik, serta popularitasnya.


1. Pele


Pemilik nama lengkap Edson Arantes do Nascimento ini memenangkan Piala Dunia tiga kali bersama tim sepak bola Brazil, yakni tahun 1958, 1962 dan 1970. Ia mencetak gol resmi sebanyak 760 kali. Pria kelahiran tahun 1940 ini memulai karirnya pada usia 15 tahun. Ia dikenal sebagai playmaker yang baik. Keterampilannya menggiring bola dan mencetak gol memang sangat sensasional, sampai pernah mendapat gelar pemain terbaik dalam satu abad.


2. Maradona


Pria yang memulai karir pada tahun 1976 ini mempunyai nama lengkap Diego Maradona. Ia sangat terkenal alasannya yaitu gol yang disebut ‘Tangan Tuhan’ pada Piala Dunia tahun 1986. Maradona mempunyai keterampilan luar biasa dalam banyak teknik sepak bola, termasuk melaksanakan manuver dan menggiring bola melewati beberapa lawan sekaligus. Perannya sebagai kapten membawa Argentina memenangkan Piala Dunia oada tahun 1986.


3. Lionel Messi


Messi yaitu seorang pemain sepak bola potensial yang mencetak banyak prestasi. Dia bergabung ke klun Barcelona di usia yang sangat muda, yakni 13 tahun. Tak tanggung-tanggun, Messi telah memecahkan rekor gol terbanyak dalam setahun, dengan total 91 gol, yang terjadi pada tahun 2012. Lionel Messi telah menjadi pencetak gol terbanyak untuk Barcelona sepanjang sejarah.


4. Cristiano Ronaldo


Cristiano Ronaldo yang sekarang telah mencetak lebih dari 700 gol resmi, disebut sebagai bomber berkat kemampuan sang pemain untuk mencetak gol dalam banyak sekali situasi yang sulit sekalipun. Ada beberapa gol unik yang memperlihatkan kualitas tekniknya yang tinggi. Di antaranya yaitu gol sundulan ketika semifinal Eura 2016, gol tendangan bebas jarak jauh di Liga Champions 2009, dan tendangan akrobatik Liga Champions 2017 – 2018.


 Saat


Manfaat Bermain Sepak Bola


Popularitas sepak bola tak hanya terjadi alasannya yaitu olahraga ini menyenangkan untuk dilakukan. Ada banyak manfaat lain yang bisa diperoleh dari permainan ini. Diantaranya yaitu sebagai berikut:


Manfaat Sepak Bola Bagi Kesehatan


Karena melibatkan banyak acara berlari dan berjalan, olahraga ini menjadi latihan cardiovaskular sangat baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, sepak bola juga bisa melatih dan menguatkan otot dan tulang, alasannya yaitu keduanya dipakai untuk membantu pergerakan tubuh. Dalam olahraga ini, tak hanya fisik yang diperlukan. Para pemain juga melatih otak dan refleks mereka untuk melancarkan strategi.


Manfaat Sepak Bola Bagi Kehidupan Sosial dan Ekonomi


Dalam kehidupan sosial, permainan sepak bola menempati kedudukan tersendiri. Pertandingan sepak bola yang disaksikan secara pribadi atau lewat televisi sanggup menjadi hiburan murah yang menyenangkan. Bahkan tak jarang, orang-orang berkumpul untuk tolong-menolong menonton pertandingan, sembari menjalin hubungan pertemanan.


Dari segi ekonomi, sepak bola tak hanya menyediakan lapangan kerja untuk para pemain, tapi juga pelatih, manajer, asisten, dan lain-lain. Bahkan dalam klub-klub besar profesional, ada jago gizi khusus yang dipekerjakan bersama katering yang sesuai dengan standar gizi yang dibutuhkan. Tak hanya itu, bisnis penjualan merchandise para atlet sepak bola juga cukup menjanjikan.


 Saat


Sepak Bola, Olahraga Yang Menyenangkan


Itulah banyak sekali gosip terkait materi sepak bola yang menarik untuk disimak. Menjadi pemain sepak bola maupun menyaksikan pertandingan sepak bola yaitu hal yang menyenangkan. Tak hanya sanggup meningkatkan stamina dan kesehatan, bermain sepak bola juga sanggup bermanfaat bagi pergaulan dan sosial.


Terima kasih sudah membaca materi ini, semoga bermanfaat dan menambah wawasan. Selamat bermain sepak bola!


Baca juga:





FAST DOWNLOADads
| Server1 | Server2 | Server3 |
Download
Next Post Previous Post