Surat Pengalaman Kerja adalah

FAST DOWNLOADads
Download

–  Saat ada karyawan yang mengundurkan diri, ada banyak contoh surat pengalaman kerja yang bisa dijadikan acuan. Surat pengalaman kerja antara satu profesi dan lainnya bisa berbeda pada isi dan hal-hal ingin disampaikan. Oleh alasannya itu, penting bagi pimpinan atau kepingan personalia, untuk memahami apa itu surat pengalaman kerja dan banyak sekali fungsinya.


Dalam artikel berikut ini, akan dijelaskan banyak sekali hal wacana surat pengalaman kerja. Di antaranya yakni pengertian, fungsi, unsur-unsur yang harus ada, serta prinsip yang dipakai dikala membuatnya. Setelah itu, ada 20 contoh surat pengalaman kerja yang sanggup menawarkan citra betapa mudahnya menciptakan surat keterangan resmi ini.


Pengertian Surat Pengalaman Kerja


  Saat


Surat pengalaman kerja yakni sebuah teks surat yang diberikan pada karyawan sesudah ia resmi berhenti dari suatu pekerjaan. Berdasarkan kesamaan fungsinya, surat pengalaman kerja disebut juga sebagai surat paklaring. Surat ini berlaku sebagai bukti bahwa seseorang telah mempunyai pengalaman kerja di suatu forum atau perusahaan dalam masa tertentu.


Dalam sebuah surat pengalaman kerja, terdapat keterangan wacana posisi yang pernah dijabat dan lamanya mengemban pekerjaan tersebut. Surat yang bersifat resmi ini juga sanggup memuat keahlian apa saja yang dimiliki.


Fungsi Surat Pengalaman Kerja


  Saat


Penerbitan surat pengalaman kerja penting untuk dilakukan segera sesudah seseorang mengajukan surat pengunduran diri, dan resmi mengundurkan diri. Surat ini biasanya dibentuk oleh HRD atau pimpinan lembaga. Berikut ini yakni beberapa fungsi surat pengalaman kerja yang perlu diketahui:




  • 1. Melamar Pekerjaan di Tempat Baru




Fungsi utama dari surat pengalaman kerja yakni untuk dijadikan bukti dikala akan melamar pekerjaan lain di kawasan yang baru. Perusahaan akan melihat apakah pengalaman kerja yang ditulis di curriculum vitae memang terbukti benar. Selain itu, surat ini juga berlaku sebagai referensi wacana kinerja seseorang di kawasan bekerjanya yang lama.




  • 2. Mengurus BPJS Ketenagakerjaan




Tak hanya dipakai untuk melamar kerja, dikala ini surat pengalaman kerja juga merupakan syarat pencairan dana JHT atau Jaminan Hari Tua, yang dikelola oleh BPJS Ketenagakerjaan. Untuk keperluan ini, surat pengalaman kerja perlu diperbanyak beberapa kali dan dilegalisasi.




  • 3. Melamar Beasiswa




Ada beberapa jenis beasiswa profesional yang menawarkan syarat para pelamarnya harus mempunyai pengalaman kerja. Oleh alasannya itu, pastikan semua pengalaman kerja terdokumentasikan dengan baik lewat surat pengalaman kerja. Dengan demikian, surat ini nantinya sanggup menjadi bukti legal seseorang pernah menjalani suatu pekerjaan dengan baik.


Unsur-Unsur Surat Pengalaman Kerja


  Saat


Untuk menciptakan sebuah surat pengalaman kerja yang baik, ada beberapa unsur yang perlu dipenuhi, diantaranya sebagai berikut.




  • 1. Kepala Surat




Kepala surat atau kop surat berfungsi penting sebagai identitas suatu perusahaan atau forum yang menerbitkan surat pengalaman kerja. Kop juga menciptakan surat lebih terkesan formal dan gampang dikenali. Isinya biasanya mencantumkan nama forum atau perusahaan, alamat, nomor yang bisa dihubungi, website resmi dan email kalau ada.




  • 2. Nomor Surat




Nomor surat sebaiknya selalu ada pada setiap surat resmi yang diterbitkan perusahaan, termasuk surat pengalaman kerja. Tujuannya yakni untuk memudahkan pengarsipan dan mengetahui jenis serta urutan surat yang dibuat.




  • 3. Isi Surat




Isi surat pengalaman kerja mengandung identitas orang yang dibuatkan surat pengalaman kerja. Termasuk di dalamnya nama, alamat domisili, serta rentang usang seseorang bekerja di suatu tempat. Isi surat juga sanggup berisi pernyataan penting terkait kualitas pekerjaan yang bersangkutan.




  • 4. Pengesahan




Agar surat terjamin keabsahannya, surat pengalaman kerja membutuhkan tanda tangan beberapa orang yang berwenang. Contoh orang yang bisa mengesahkan surat ini yakni manajer personalia (HRD) atau pimpinan perusahaan. Bagian ratifikasi yang ada di bawah surat ini juga harus dilengkapi dengan stempel resmi.


Prinsip Pembuatan Surat Pengalaman Kerja


  Saat


Penting untuk diingat, dikala seorang karyawan mengundurkan diri alasannya alasan apapun, kemungkinan besar ia akan mencari pekerjaan di kawasan lain. Sebagai perusahaan atau forum profesional, sebaiknya surat pengalaman kerja yang diterbitkan sanggup menawarkan manfaat secara optimal. Oleh alasannya itu, beberapa prinsip berikut sanggup diikuti untuk menciptakan surat pengalaman kerja yang baik.




  • 1. Gunakan Bahasa Formal




Karena surat ini nantinya akan dibaca oleh forum atau perusahaan lain, maka sebaiknya bahasa yang dipakai bersifat formal. Perusahaan biasanya lebih menyukai surat pengalaman kerja yang formal alasannya lebih gampang dipahami. Selain itu, penggunaan bahasa formal juga sanggup meminimalisasi penafsiran yang berbeda.




  • 2. Gunakan Diksi yang Menarik




Surat pengalaman kerja sebaiknya dibentuk dengan singkat dan sang pembaca pun berharap sanggup memahaminya dengan cepat. Oleh alasannya itu, pilihlah diksi yang menarik dan tidak bertele-tele. Surat pengalaman kerja akan memperlihatkan seberapa perusahaan bisa menghargai karyawan yang pernah bekerja di sana.




  • 3. Tunjukkan Kelebihan




Saat menciptakan sebuah surat pengalaman kerja, manfaatkan sebagai sarana rekomendasi. Caranya yakni dengan memperlihatkan kelebihan karyawan dengan baik dan apa adanya. Tidak perlu mengada-ada, tapi juga tidak mengurangi apapun. Dengan demikian, perusahaan yang akan mempekerjakan karyawan tersebut akan mendapat citra lebih baik wacana calon karyawannya.


Contoh Surat Pengalaman Kerja dari Perusahaan


  Saat


Sebuah perusahaan biasanya mempekerjakan banyak karyawan, bahkan hingga ribuan. Berikut yakni beberapa contoh surat pengalaman kerja perusahaan yang sanggup dijadikan acuan. Untuk keabsahan surat keterangan, kop resmi perusahaan perlu disertakan.




  • Contoh Surat Pengalaman Kerja Karyawan




Seorang karyawan yang baik niscaya telah menyumbangkan banyak donasi untuk perusahaan. Oleh alasannya itu, penerbitan surat pengalaman kerja untuk karyawan yang gres saja mengundurkan diri, sangat penting sebagai bentuk terima kasih.



PT INTISARI INDAH INDONESIA


Jalan Kerinci Timur Blok G No. 522, Bangil


 


SURAT PENGALAMAN KERJA


Nomor: 4576/UU/PKL/567/097


Yang bertanda tangan di bawah ini:


Nama: Yovita Vania Halim


Jabatan: Manajer Personalia


Alamat: Jalan Nayotama no 76, Bangil


Dengan ini menerangkan bahwa:


Nama: Fatahillah Rizal Adi


NIK: 875643 982 76757


Alamat: Jalan Harmonika Gang 11 no 65, Bangil


Telah bekerja di PT INTISARI INDAH INDONESIA selama 3 tahun sebagai karyawan tetap. Selama bekerja di PT INTISARI INDAH INDONESIA, Saudara Fatahillah telah melaksanakan yang terbaik dan sangat berdedikasi pada pekerjaannya. Yang bersangkutan tidak pernah terlibat kegiatan apapun yang merugikan nama baik maupun finansial perusahaan. Saudara Fatahillah dinyatakan mengundurkan diri secara resmi menurut kemauannya sendiri.


Demikian surat keterangan dari PT INTISARI INDAH INDONESIA ini dibentuk sesuai dengan kondisi sebenarnya. Harapannya, surat ini sanggup dimanfaatkan sebaik-baiknya sesuai dengan kebutuhan.


Bangil, 29 Oktober 2019


Hormat Kami,


 


Yovita Vania Halim


Manajer Personalia





  • Contoh Surat Pengalaman Kerja Direktur




Untuk menghargai kinerja eksekutif pada suatu perusahaan, diperlukan surat pengalaman kerja yang disusun dengan mengutamakan kelebihannya.



PT RODA LIMA INDONESIA


Jalan Muara Enim Blok A no 1, Bandung


 


SURAT PENGALAMAN KERJA


Nomor: 9075/UU/II/095/067


Yang bertanda tangan di bawah ini:


Nama: Sandy Arham Utomo


Jabatan: Ketua HRD


Menjelaskan bahwa:


Nama: Arinda Ayu Fitriani


NIK: 908 5675 789


Tempat/Tanggal Lahir: Tangerang, 5 Oktober 1994


Alamat: Jalan Cibinong Blok G no 34, Bandung


Benar telah bekerja pada PT RODA LIMA INDONESIA terhitung mulai 18 Juni 2015 hingga dengan 29 September 2019, dengan jabatan sebagai Direktur.


Selama menduduki posisinya, Saudari Arinda Ayu Fitriani memperlihatkan loyalitas dan pengabdian tinggi. Kontribusinya sangat baik untuk membawa perusahaan menjadi lebih maju. Yang bersangkutan tidak pernah melaksanakan apapun yang melanggar arahan etik perusahaan, dan mengundurkan diri atas kehendaknya sendiri.


Demikian surat pengalaman kerja ini dibentuk dengan sebenar-benarnya semoga sanggup dimanfaatkan sebaik-baiknya.


Bandung, 29 Oktober 2019


Atas nama PT RODA LIMA INDONESIA,


 


Sandy Arham Utomo


Ketua HRD





  • Contoh Surat Pengalaman Kerja Ahli IT




Ahli IT bisa berasal dari banyak sekali jabatan, mulai programmer, konsultan sistem, analis sistem, dan masih banyak lagi. Untuk menciptakan surat pengalaman kerjanya, perhatikan contoh berikut.



PT ANDALIMAN NETWORK


Jalan Batu Jajar No 5, Tangerang (Tel: +62 8899 8666 032)


 


SURAT KETERANGAN


Nomor: 312/II/PKL/90/067


Yang bertanda tangan di bawah ini:


Nama: Nikita Zania Fina


Jabatan: Direktur PT ANDALIMAN NETWORK


Menerangkan dengan sesungguhnya bahwa:


Nama: Farhan Alim Fuad


Umur: 31 tahun


Alamat: Jalan Emas Blok J no 87, Tangerang Selatan


Benar telah bekerja di PT ANDALIMAN NETWORK terhitung semenjak 19 Agustus 2014 hingga 19 September 2019 dengan jabatan terakhir sebagai Senior Programmer.


Selama menduduki posisinya, Saudara Farhan Alim Fuad telah menandakan pengabdian yang tinggi. Yang bersangkutan selama bekerja tidak pernah melaksanakan hal-hal yang menimbulkan kerugian nama baik perusahaan.


Kami mengungkapkan terima kasih atas semua loyalitas yang pernah diberikan selama bekerja, semoga yang bersangkutan menjadi semakin sukses pada masa yang akan datang.


Demikian surat keterangan dari PT ANDALIMAN NETWORK ini dibentuk dengan sebenar-benarnya.


Tangerang, 28 Oktober 2019


 


Nikita Zania Fina


Direktur






  • Contoh Surat Pengalaman Kerja Teknisi Otomotif




Bagi teknisi yang banyak bekerja eksklusif di lapangan, surat pengalaman kerja juga merupakan salah satu berkas penting.



PT HARIANTO MUKTI MOTOR


Jl Arjuna Wiwaha Blok C No 54, Jakarta, 14376


Telepon: +62-6790-657


Fax: +62-6790-658


 


SURAT KETERANGAN


No: HMM/0043/II/2019


 


Yang bertanda tangan dibawah ini menerangkan bahwa:


Nama: FAUZAN HILMAN WICAKSONO


NRP: 56834


Adalah benar merupakan karyawan PT HARIANTO MUKTI MOTOR terhitung semenjak tanggal 09 September 2014 hingga 31 Agustus 2019. Jabatan terakhir yang dijalani oleh yang bersangkutan yakni sebagai Teknisi pada kepingan F6 LOCAL PART.


Sejak tanggal 1 September 2019, yang bersangkutan tidak lagi bekerja di perusahaan ini dikarenakan telah mengundurkan diri sesuai kemauannya sendiri.


Demikian Surat Keterangan ini dibuat, semoga sanggup difungsikan sebaik-baiknya.


Jakarta, 1 September 2019


 


Irwan Adijoyo


Kepala HRD PT HARIANTO MUKTI MOTOR






  • Contoh Surat Pengalaman Kerja Manager




Sebelum menjadi manajer di kawasan lain, berkas penting menyerupai surat keterangan pengalaman kerja juga harus dimiliki. Berikut yakni salah satu contoh yang sanggup dijadikan acuan.



PT DUNIA SENTOSA JUARA


Jl. Nangka Jajar Blok J No 8, Jakarta, 14376


Telepon: +62 555 532654/Email: duniasentosajuara@yahoo.com


 


KETERANGAN PENGALAMAN KERJA


No: DSJ/II/096/365589


Yang bertanda tangan di bawah ini:


Nama: Fenita Riani Handoko


Jabatan: Direktur Utama


Dengan ini menerangkan dengan sebenar-benarnya bahwa:


Nama: Affandi Yohan Prawira


Alamat: Jl. Semar Selatan Gang 8 no 567, Jakarta


Benar telah bekerja di PT DUNIA SENTOSA JUARA semenjak 29 Juni 2014 hingga 22 Agustus 2019. Jabatan selesai yang bersangkutan yakni Manajer Pemasaran Wilayah Bali.


Selama mengabdi pada PT DUNIA SENTOSA JUARA, Saudara Affandi Yohan Prawira telah memperlihatkan pengabdian dan loyalitas yang baik. Yang bersangkutan tidak pernah sekalipun melaksanakan acara yang merugikan pihak perusahaan. Yang bersangkutan telah dinyatakan resmi mengundurkan diri alasannya kehendak pribadi, tanpa adanya paksaan apapun.


Demikian surat keterangan dari PT DUNIA SENTOSA JUARA ini dibuat, semoga sanggup difungsikan sesuai dengan kebutuhan.


Jakarta, 23 Agustus 2019


Hormat Kami,


 


Fenita Riani Handoko


Direktur Utama



Contoh Surat Pengalaman Kerja Dosen dan Guru


  Saat


Sepanjang karir seorang tenaga pendidik, biasanya ada pergantian lokasi kerja, perpindahan lembaga, dan sebagainya. Untuk mendukung kelengkapan portofolio, sebaiknya ada surat keterangan resmi yang sanggup dipertanggungjawabkan. Berikut yakni contoh surat pengalaman kerja guru dan dosen.




  • Contoh Surat Pengalaman Kerja Dosen




Untuk seorang dosen, penting untuk mendapat stempel universitas pada surat keterangan yang diterbitkan. Surat ini akan bermanfaat untuk melamar kerja di kawasan lain.



KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN


UNIVERSITAS VALENCIA


FAKULTAS ILMU BUDAYA, JURUSAN SASTRA JERMAN


Jl. Bunga Kencana, Magetan 54757, Indonesia


Tel: +62 7547 6755/ +62 5684 47646, Email: admin@uv.ac.id


 


SURAT KETERANGAN PENGALAMAN BEKERJA


No. 674/UV/G/II/556/2019


 


Yang bertanda tangan di bawah ini:


Nama: Fitria Maheswari, S.Psi


Jabatan: Ketua Biro SDM FIB


Dengan ini menerangkan bahwa:


Nama: Fajar Adiguna S.Pd, M.Pd


Tempat/Tanggal Lahir: Bengkulu, 17 Agustus 1988


Adalah benar merupakan salah satu Dosen Fakultas Ilmu Budaya UNIVERSITAS VALENCIA yang mengajar mulai tanggal 20 Agustus 2013 hingga tanggal 31 Agustus 2019. Selama bekerja di UNIVERSITAS VALENCIA, yang bersangkutan telah memperlihatkan kinerja terbaik dan loyalitasnya.


Saudara Fajar Adiguna S.Pd, M.Pd tidak pernah melaksanakan hal apapun yang bertentangan dengan arahan etik sebagai tenaga pengajar. Yang bersangkutan telah resmi menyatakan pengunduran diri atas kehendaknya pribadi.


Demikian Surat Keterangan Pengalaman Bekerja dari UNIVERSITAS VALENCIA ini dibuat, semoga yang bersangkutan meraih kesuksesan yang lebih baik di masa depan.


Magetan, 1 September 2019


UNIVERSITAS VALENCIA,


 


Fitria Maheswari, S.Psi


Ketua Biro SDM FIB





  • Contoh Surat Pengalaman Kerja Guru Honorer




Bagi seorang guru honorer, pengalaman kerja sangat penting untuk meningkatkan karir di masa depan. Berikut ini yakni sebuah contoh surat pengalaman kerja guru honorer yang bisa dijadikan acuan.



SMP ARJUNA 52


AKREDITASI PERINGKAT A


Jl. Banyuwangi no 2, Kecamatan Oro-Oro Ombo, Jember


Telp. +62 4334 7554453


 


SURAT KETERANGAN PENGALAMAN BEKERJA


No. 674/SMP/SKPB/97/C/980/2019


Yang bertanda tangan di bawah ini:


Nama: Anang Budi Utomo S.S, M.Pd


Jabatan: Kepala Sekolah Menengah Pertama ARJUNA 52


Dengan ini menerangkan:


Nama: Anita Dewi Lestari S.Pd


Tempat/Tanggal Lahir: Madiun, 31 Agustus 1988


Guru Mata Pelajaran: IPS


Jabatan Fungsional: Wali Kelas 9G


Adalah merupakan tenaga pengajar honorer di unit Sekolah Menengah Pertama ARJUNA 52 Jember, semenjak tanggal 24 April 2018 hingga dengan 15 Juni 2019. Yang bersangkutan selalu memperlihatkan loyalitas dan pengabdian yang baik dikala menjadi tenaga pengajar.


Demikian surat keterangan ini dibentuk dengan sebaik-baiknya


 


SMP ARJUNA 52


 


 


Anang Budi Utomo S.S, M.Pd


Kepala Sekolah


Jember, 16 Juni 2019


Mengetahui,


 


 


Kartini Indrawati P.hd,


Ketua Yayasan Arjuna 52 Jember





  • Contoh Surat Pengalaman Kerja Guru SD




Jika ada guru SD yang mengundurkan diri, surat keterangan pengalaman kerja harus disiapkan sebagai salah satu penghargaan atas kontribusinya selama bekerja.



SD CAKRA BIRAWA


AKREDITASI PERINGKAT B


Jl. Sulawesi no 5, Kecamatan Oro-Oro Ombo, Jember


Telp. +62 6453 875 7645


 


SURAT KETERANGAN PENGALAMAN BEKERJA


No. 855/SD/SKPB/C/980/2019


Yang bertanda tangan di bawah ini:


Nama: Siti Sri Rahayu M.Pd


Jabatan: Kepala SD Cakra Birawa Jember


Dengan ini menerangkan:


Nama: Agung Yuniarto S.Pd


Tempat/Tanggal Lahir: 14 Februari 1987


Guru Mata Pelajaran: Olahraga


Adalah merupakan guru di unit SD CAKRA BIRAWA, semenjak tanggal 5 Mei 2014 hingga dengan 15 Juni 2019. Yang bersangkutan selalu memperlihatkan loyalitas dan pengabdian yang baik dikala menjadi tenaga pengajar. Saudara Agung Yuniarto S.Pd tidak terlibat dalam acara apapun yang merugikan nama baik sekolah.


Demikian surat keterangan pengalaman bekerja dari SD CAKRA BIRAWA ini dibentuk dengan sebaik-baiknya


 


 


SD CAKRA BIRAWA JEMBER


 


Siti Sri Rahayu M.Pd


Kepala Sekolah






  • Contoh Surat Pengalaman Kerja Guru SMK




Ada beberapa kemiripan dengan surat pengalaman guru SD, berikut yakni salah satu contoh pengalaman kerja guru SMK.



SMK BINA BANGSA SURAKARTA


Jl. Jagakarsa Blok G no 5, Kel. Mengkudu, Kec. Nangka, Surakarta


Telp. +62 874 8654, Email: smk01@binabangsa.ac.id


 


SURAT KETERANGAN PENGALAMAN BEKERJA


Certificate of Employment


No. 8675/SMK/SKPB/C/989/2019


Hal: Surat Pengalaman Kerja


 


Kepada yang berkepentingan,


Melalui surat ini, kami dari Sekolah Menengah kejuruan BINA BANGSA SURAKARTA menyatakan bahwa


Nama: Insan Kamil Hafidz S.Pd


Tempat/Tanggal Lahir: 15 Mei 1985


Alamat: Jalan Bulutangkis C6 Nomor 789, Kec. Kelengkeng, Jember


Guru Mata Pelajaran: Bahasa Inggris


 


Benar-benar telah bekerja pada Sekolah Menengah kejuruan BINA BANGSA SURAKARTA dalam kurun waktu 4 tahun, terhitung semenjak tanggal 24 Mei 2015 hingga 31 Agustus 2019.


Dengan surat ini kami memberikan bahwa yang bersangkutan telah memperlihatkan pengabdian serta menawarkan donasi terbaik. Dalam hal ini Saudara Insan Kamil Hafidz S.Pd menyatakan pengunduran diri terkait dengan keperluan pribadi, tanpa ada paksaan dari pihak manapun.


Kami berterima kasih atas semua kerjasama dengan Sekolah Menengah kejuruan BINA BANGSA SURAKARTA yang telah dijalani Saudara Insan Kamil Hafidz S.Pd selama ini. Kami berharap yang bersangkutan semakin sukses di masa depan.


 


 


Surakarta, 01 September 2109,


 


Budianto Hutapea M.Pd


Kepala Sekolah Menengah kejuruan BINA BANGSA SURAKARTA






  • Contoh Surat Pengalaman Kerja Kepala Sekolah




Jika seorang kepala sekolah mengundurkan diri, maka biasanya surat keterangan akan diterbitkan oleh yayasan, dan ditandatangani oleh ketua yayasan atau manajer SDM.



YAYASAN AR RAHMAN BUMIASRI


Jl. Nusakambangan No 5, Kel. Bumiasri, Banyuwangi


Telp. +62 856 743333 97 / Email: arrahmanbma@yahoo.com


 


SURAT KETERANGAN PENGALAMAN BEKERJA


No. 75635/SD/SKPB/C/980/2019


Yang bertanda tangan di bawah ini:


Nama: Sri Wahyuni S.Pd, M.Pd


Jabatan: Ketua Yayasan Ar Rahman Bumiasri


Dengan ini menerangkan:


Nama: Faruq Hilman Sofyan S.S, S.Pd, M.Pd


Tempat/Tanggal Lahir: 26 Februari 1977


Benar merupakan kepala sekolah di unit SD Ar Rahman Bumiasri, semenjak tanggal 7 Juni 2014 hingga dengan 29 Juni 2019. Kontribusi dan pengabdian tinggi telah ia tunjukkan selama masa pengabdiannya di yayasan ini.


Demikian surat keterangan pengalaman kerja Yayasan Ar Rahman Bumiasri ini dibentuk dengan sebaik-baiknya. Semoga Saudara Faruq Hilman Sofyan S.S, S.Pd, M.Pd menjadi lebih sukses di masa depan.


 


 


Banyuwangi, 01 Juli 2019


 


Sri Wahyuni S.Pd, M.Pd


Ketua Yayasan Ar Rahman Bumiasri



Contoh Surat Pengalaman Kerja Supir


  Saat


Tak hanya bekerja untuk untuk pribadi atau keluarga, supir juga banyak yang bekerja untuk perusahaan. Supir bisa jadi menyetir kendaraan beroda empat berpenumpang atau menyetir truk atau pick up pengangkat barang.




  • Contoh Surat Pengalaman Kerja Supir Khusus Perusahaan




Untuk supir khusus yang bekerja di perusahaan, di bawah ini merupakan contoh surat pengalaman kerja yang sanggup dijadikan inspirasi.



 PT SEMANGAT JAYA NUSANTARA


INDUSTRI PERTAMBANGAN DAN KENDARAAN MULTI FUNGSI


Jl. Bola Basket No. 10-11, Kec. Lowokwaru, Malang


Phone: (0341) 754645, Email: sjnusantara@yahoo.com


 


SURAT PENGALAMAN KERJA


Certificate of Employment


No: 0743/SPK/UU/II/9865/2019


Hal: Surat Pengalaman Kerja


 


Kepada yang berkepentingan,


Dengan ini kami dari PT SEMANGAT JAYA NUSANTARA menyatakan bahwa:


Nama: Aryanto Eko Pratama


Tempat/Tanggal Lahir: Madiun, 8 Mei 1887


Alamat: Jalan Loncat Indah H5 Nomor 314, Kec. Lowokwaru, Malang


 


Benar-benar telah bekerja pada PT SEMANGAT JAYA NUSANTARA dalam kurun waktu 5 tahun, terhitung semenjak tanggal 13 Juni 2014 hingga 15 September 2019, dengan jabatan terakhir sebagai Driver Local Set F.


Dengan surat ini kami memberikan bahwa yang bersangkutan telah memperlihatkan pengabdian serta menawarkan donasi terbaik. Dalam hal ini Saudara Aryanto Eko Pratama menyatakan pengunduran diri dengan alasan pribadi, tanpa ada paksaan dari manapun.


Kami berterima kasih atas semua kerjasama dengan PT SEMANGAT JAYA NUSANTARA yang telah dijalani Saudara Aryanto Eko Pratama selama ini. Kami berharap yang bersangkutan semakin sukses di masa depan.


Malang, 17 September 2019


PT SEMANGAT JAYA NUSANTARA


 


Farhan Dzikri Alfin S.T.


Direktur Utama





  • Contoh Surat Pengalaman Kerja Supir Taksi




Jika perusahaan yang dimaksud merupakan perusahaan taksi, maka contoh berikut sanggup dijadikan inspirasi.



PT. TAKSI BULAN KEMBAR


Jl. Randu Agung Blok G, Singosari, Malang


Tel: +62 4544 634 543, Email: bulankembar@yahoo.com


 


SURAT KETERANGAN PENGALAMAN KERJA


Nomor: 01/5565/HRD/74


 


Yang bertanda tangan di bawah ini mewakili PT. TAKSI BULAN KEMBAR, menerangkan bahwa:


Nama: Ardian Yanuar Wicaksono


NIK: 0985368


Jabatan: Senior Driver


Mulai Bekerja: 24 Juni 2010


Benar pernah bekerja pada PT. TAKSI BULAN KEMBAR semenjak tanggal tersebut hingga 12 Mei 2019. Selama masa kerja, Saudara Ardian Yanuar Wicaksono telah menawarkan donasi secara optimal. Yang bersangkutan tidak pernah melaksanakan tindak negatif atau yang merugikan perusahaan. Yang bersangkutan mengajukan pengunduran diri atas keinginannya pribadi.


Demikian surat keterangan dari PT. TAKSI BULAN KEMBAR ini dibuat, semoga sanggup dimanfaatkan dengan baik sebagaimana mestinya.


Malang, 15 Mei 2019


 


Irfan Julio


Ka. Personalia





  • Contoh Surat Pengalaman Kerja Supir Online




Saat ini pekerjaan sebagai driver online sudah semakin menjamur dimana-mana. Berikut yakni contoh surat pengalaman kerja yang bisa dijadikan acuan.



INDOJEK NETWORK


Jl. Nusa Dua Blok F No 5-7, Sriwedari, Jakarta Pusat


Phone: +62 6644 7564 56, Email: indojek@yahoo.com


 


SURAT KETERANGAN


No: 071/SKPK/4545/II/2019


Saya, yang bertanda tangan di bawah ini:


Nama: Aryanti Wisye Kartika S. AP


Alamat: Jalan Palmerah Selatan no 34 C, Jakarta Pusat


Jabatan: Manager Area


Dengan ini menerangkan bahwa:


Nama: Risga Dwi Ari


Tempat, Tanggal Lahir: Bandung, 8 Oktober 1990


Alamat: Jalan Danau Maninjau VI C, 85, Jakarta Selatan


Nomor ID: 555 765653 8755


Telah bekerja di perusahaan kami, PT INDOJEK NETWORK, dalam kurun waktu 3 tahun 1 bulan, yakni:


3 september 2016 – 5 Oktober 2019


Dengan posisi terakhir sebagai driver online area Jakarta Selatan. Selama bekerja di PT INDOJEK NETWORK, yang bersangkutan telah melaksanakan SOP dengan baik dan tidak pernah terlibat acara negatif yang merugikan perusahaan. Saudara Risga Dwi Ari dikenal sebagai driver yang ramah dan gampang menyesuaikan diri dengan lingkungan baru.


Demikian surat keterangan dari PT INDOJEK NETWORK, semoga sanggup dimanfaatkan sesuai fungsinya.


Jakarta, 7 Oktober 2019


 


Aryanti Wisye Kartika S. AP


Manager Area



Contoh Surat Pengalaman Kerja Admin


  Saat


Pihak admin biasanya melaksanakan banyak acara surat menyurat. Namun bagaimana kalau mereka yang mengundurkan diri? Membuat surat keterangan kerja untuk admin tidaklah sulit. Cukup ikuti contoh contoh surat pengalaman kerja staff manajemen berikut ini.



PT MATAHATI NUSANTARA


INDUSTRI TEKSTIL DAN BAJU SIAP PAKAI


Jl. Danau Belayan No. 10-11, Kec. Rambu, Semarang


Phone: (+62) 877 756 6656, Email: mhnusantara@yahoo.com


 


Nomor        : NDA/76/UU/75644/2019


Perihal        : Surat Keterangan Pengalaman Kerja


Lampiran    : –


Dengan hormat,


Yang bertanda tangan di bawah ini:


Nama: Ali Firdaus Yunus


Jabatan: Ka. Bagian Personalia


Dengan ini menerangkan bahwa:


Nama                                : Farida Azizah K.


Tempat, Tanggal Lahir : Sukabumi, 31 Oktober 1988


Jenis Kelamin                 : Perempuan


Memang benar telah bekerja pada PT MATAHATI NUSANTARA dengan masa kerja terhitung semenjak 2 April 2014 hingga 31 September 2019. Posisi jabatan terakhir yang bersangkutan yakni sebagai Staff Administrasi.


Selama menjadi karyawan kami, Saudari Farida Azizah K. bisa menawarkan donasi terbaik, pengabdian serta loyalitas yang sangat tinggi. Yang bersangkutan telah mengundurkan diri alasannya kehendak pribadinya.


Demikian keterangan kerja ini dibuat, semoga Saudari Farida Azizah K semakin sukses. Atas kinerja dan kerjasama beliau, kami mengucapkan terima kasih.


1 Oktober 2019


 


Ali Firdaus Yunus


Ka Bagian Personalia



Contoh Surat Pengalaman Kerja Bidan


  Saat


Bidan yakni salah satu pekerjaan mulia yang perlu dihargai. Salah satu cara memperlihatkan penghargaan untuk kinerja mereka yakni dengan menawarkan surat keterangan terbaik dikala mereka mengundurkan diri. Berikut yakni beberapa contoh surat pengalaman kerja bidan.




  • Contoh Surat Pengalaman Kerja Bidan di Rumah Sakit




Untuk bidan yang bekerja di rumah sakit, surat keterangan bisa dibuatkan oleh Kepala Personalia atau Kepala Rumah Sakit.



RUMAH SAKIT UMUM DALAM NEGERI DR CIPTO MALANG


Jln Dr Cipto Mangun Kusumo No. 67, Malang, Jawa Timur


Telp. : (0341) 1234567, Fax: (0341) 5678910


 


SURAT KETERANGAN PENGALAMAN KERJA


Nomor: 071/SPK-09/RSUDN/82/2019


 


Yang bertanda tangan di bawah ini:


Nama: Yuniar Asri M.M


Jabatan: Kepala RSUDN DR CIPTO Malang


Alamat: Jalan Budaya Wisata no 56, Malang, Jawa Timur


Menerangkan dengan sesungguhnya bahwa:


Nama: Ayudia Nilam Cahyani Amd. Keb.


Tempat, Tanggal Lahir: Yogyakarta, 23 Agustus 1988


Alamat: Jl. Basuki Rahmat Gang 8 No 211, Malang, Jawa Timur.


 


Telah bekerja pada RSUDN DR CIPTO Malang, dan terhitung mulai tanggal 12 Maret 2017 hingga 22 Maret 2019 dengan jabatan fungsional terakhir sebagai Kepala Bidan Paviliun. Selama bekerja di RSUDN DR CIPTO Malang, Saudari Ayudia Nilam Cahyani Amd. Keb. terbukti berdedikasi tinggi dan berkontribusi secara optimal.


Demikian surat keterangan ini sebagai bukti resmi pengalaman bekerja yang bersangkutan, dari RSUDN DR CIPTO Malang.


Malang, 23 Maret 2019


Kepala RSUDN DR CIPTO Malang


 


Yuniar Asri M.M





  • Contoh Surat Pengalaman Kerja Bidan dari BPM




Meskipun lembaganya belum sekompleks rumah sakit besar, tapi Bidan Praktek Mandiri atau BPM juga bisa menerbitkan sebuah surat pengalaman kerja.



BIDAN PRAKTEK MANDIRI (BPM)


YUHANISA INDAR PRATIWI


Certified Doula and Hypno-Birthing Assistant


Perum Green View Blok F No 24, Yogyakarta, Telp: +62 8775 8565 67


 


SURAT KETERANGAN PENGALAMAN KERJA


No: 823/SKPK/CC/II/2019


Saya, yang bertanda tangan di bawah ini:


Nama: Yuhanisa Indar Pratiwi Amd. Keb.


Alamat: Perum Green View Blok F No 24, Yogyakarta


Menerangkan dengan sesungguhnya, bahwa:


Nama: Restu Alif Firdausy Amd. Keb


Tempat, Tanggal Lahir: Surakarta, 15 Maret 1992


Alamat: Jalan Bendungan Karangkates Gang 7 No 82, Yogyakarta


Selama kurun waktu 3 tahun, yakni semenjak 5 Oktober 2016 – 16 Oktober 2019, telah bekerja di Bidan Praktek Mandiri (BPM) Yuhanisa Indar Pratiwi di Perum Green View Blok F No 24, Yogyakarta.


Selama mengabdi sebagai bidan di sini, Saudari Restu Alif Firdausy Amd. Keb telah memperlihatkan keterampilan dan kemampuan sebagai bidan dengan baik. Yang bersangkutan tidak pernah terlibat acara negatif apapun yang merugikan nama baik lembaga.


 


Demikian surat keterangan dari BPM Yuhanisa Indar Pratiwi, semoga sanggup dimanfaatkan sesuai fungsinya.


Yogyakarta, 17 Oktober 2019


 


Yuhanisa Indar Pratiwi Amd. Keb.


Kepala Bidan



Contoh Surat Pengalaman Kerja Perawat


  Saat


Surat pengalaman kerja perawat bisa dibentuk oleh rumah sakit atau klinik tempatnya bekerja.



KLINIK RAWAT INAP PERMATA HATI BUNDA


Jl. Ambarawa No 8, Kel Mojosari, Kec. Majalengka, Surakarta


Tel: +62 766 564 74695/ +62 098 754 56444, Email: kri@phbunda.ac.id


 


SURAT KETERANGAN PENGALAMAN BEKERJA


No. 897/SPKB/G/II/58/2019


 


Yang bertanda tangan di bawah ini:


Nama: Fariha Ghina Ayudia Sp.OG


Jabatan: Ka. Divisi Emergency


Dengan ini menerangkan bahwa:


Nama: Anna Ika Yustianti


Tempat/Tanggal Lahir: Yogyakarta, 23 Februari 1988


Jenis Kelamin: Perempuan


Status: Sudah Menikah


Alamat: Jl. Bendungan Sutami Gang 9 No 23, Surakarta


 


Terhitung semenjak tanggal 14 Juni 2016 hingga 15 Juni 2019 telah bekerja di Klinik Rawat Inap Permata Hati Bunda dengan jabatan terakhir sebagai Asisten Perawat Senior, serta Asisten Dokter Spesialis Anak.


 


Selama menjadi perawat di Klinik Rawat Inap Permata Hati Bunda yang bersangkutan telah memperlihatkan kinerja terbaik dan loyalitasnya. Saudari Anna Ika Yustianti tidak pernah melaksanakan hal apapun yang bertentangan dengan arahan etik sebagai tenaga medis. Yang bersangkutan telah resmi menyatakan pengunduran diri atas kehendaknya pribadi.


Demikian Surat Keterangan Pengalaman Bekerja dari KRI Permata Hati Bunda ini dibuat, semoga yang bersangkutan meraih kesuksesan yang lebih baik di masa depan.


Surakarta, 15 Juni 2019


KRI Permata Hati Bunda


 


Fariha Ghina Ayudia Sp.OG


Ka. Divisi Emergency



Contoh Surat Pengalaman Kerja Pegawai Bank


  Saat


Bagi pegawai bank, surat pengalaman kerja sangat penting sebagai penunjang karir.



BANK NUSANTARA INDAH


Cabang Karya Timur, Jl. Karya Timur No 11, Madiun


Telp. +62 832 4568 8543 / Email: cs@bnui.com


 


SURAT KETERANGAN


No. U/SD/SKPB/C/67/20062019


Yang bertanda tangan di bawah ini menerangkan bahwa:


Nama: Nindya Arini S.E.


Tempat/Tanggal Lahir: 13 Oktober 1990


Alamat: Jalan Bawean Barat Gang 9 No 78, Madiun


Adalah benar pernah bekerja pada PT Bank Nusantara Indah (Persero) Tbk Kantor Cabang Karya Timur Madiun sebagai teller, terhitung semenjak tanggal 18 Juni 2016 hingga 18 Juni 2019.


Selama bekerja di BANK NUSANTARA INDAH, yang bersangkutan telah memperlihatkan pengabdian dan donasi terbaik. Yang bersangkutan tidak melaksanakan acara apapun yang merugikan perusahaan.


Demikian surat keterangan pengalaman kerja ini dibentuk oleh Bank Nusantara Indah dengan sebaik-baiknya. Semoga Saudari NIndya Arini S.E. menjadi lebih sukses di masa depan.


 


 


Madiun, 20 Juni 2019


Kantor Cabang Karya Timur


 


Dedi Hilman Afiq S.E, M.E


Ka. Personalia



Contoh Surat Pengalaman Kerja Karyawan Hotel


  Saat


Ada banyak posisi yang bisa diisi oleh karyawan hotel. Apapun jabatannya, tiap karyawan hotel berhak mendapat surat keterangan resmi dikala mengundurkan diri.




  • Contoh Surat Pengalaman Kerja Resepsionis




Untuk jabatan resepsionis hotel, berikut ini yakni contoh surat keterangan pengalaman kerja resmi.



HOTEL BUNGA KENANGA BATU


Jl. Tulang Bawang No 5, Batu


Tel: +62 8675 75564/ +62 9875 455333, Email: bungakenangabatu@gmail.com


 


SURAT KETERANGAN PENGALAMAN BEKERJA


No. 897/SPKB/G/II/58/2019


 


Yang bertanda tangan di bawah ini:


Nama: Fitriani Ayu S.Kom


Jabatan: Direktur Utama


Menjelaskan bahwa:


Nama: Azis Ilman Wahyudi S.Kom


Tempat/Tanggal Lahir: Malang, 15 Oktober 1988


Jenis Kelamin: Laki-laki


Alamat: Jl. Kayu Manis 89, Kel. Mojolangu, Kec. Lowokwaru, Malang


 


Benar telah bekerja pada Hotel Bunga Kenanga Batu yang kami pimpin, semenjak 18 Desember 2013 hingga 12 Juli 2019, dengan jabatan terakhir sebagai Resepsionis.


 


Selama menjadi resepsionis di Hotel Bunga Kenanga Batu, yang bersangkutan telah memperlihatkan kinerja terbaik dan loyalitasnya. Saudari Azis Ilman Wahyudi S.Kom tidak pernah melaksanakan hal apapun yang merugikan nama baik perusahaan. Yang bersangkutan telah resmi menyatakan pengunduran diri atas kehendaknya pribadi.


Demikian Surat Keterangan Pengalaman Bekerja dari Hotel Bunga Kenanga Batu ini dibuat, semoga yang bersangkutan meraih kesuksesan yang lebih baik.


Batu, 13 Juli 2019


Hotel Bunga Kenanga Batu


 


Fitriani Ayu S.Kom


Direktur Utama





  • Contoh Surat Pengalaman Kerja Housekeeper Hotel




Sementara itu, untuk housekeeper, berikut yakni contoh surat keterangan resminya.



HOTEL ONE O THREE (1O3) BANDUNGJl. Basuki Rahmat, BandungTel: +62 864 7543 85/ +62 666 843 33665 Email: 1o3@hotelindonesia.com


 


SURAT KETERANGAN


No. 875/SK/C/II/58/2019


 


Yang bertanda tangan di bawah ini:


Nama: Lazuardi Hanif Eko S. AP


Jabatan: Ka. Personalia


Menjelaskan bahwa:


Nama: Indah Mentari Riyanti S. AP


Tempat/Tanggal Lahir: Bandung, 13 Januari 1991


Jenis Kelamin: Perempuan


Alamat: Jl. Pesanggrahan Barat Kav 8 No 89, Bandung


 


Benar telah bekerja pada Hotel Bunga Kenanga Batu yang kami pimpin, semenjak 30 Desember 2016 hingga 18 Juli 2019, dengan jabatan terakhir sebagai Pimpinan Housekeeper.


 


Selama menjadi resepsionis di Hotel One O Three (1O3) Bandung, yang bersangkutan telah memperlihatkan donasi terbaik dalam pengembangan pelayanan. Saudari Indah Mentari Riyanti S. AP


tidak pernah melaksanakan hal apapun yang merugikan nama baik perusahaan. Yang bersangkutan telah resmi menyatakan pengunduran diri atas kemauannya pribadi.


Demikian Surat Keterangan Pengalaman Bekerja dari Hotel One O Three (1O3) Bandung ini dibuat, semoga yang bersangkutan meraih masa depan yang lebih gemilang.


Batu, 13 Juli 2019


Hotel One O Three (1O3) Bandung


 


Lazuardi Hanif Eko S. AP


Ka Personalia



Sukses Memanfaatkan Surat Pengalaman Kerja


  Saat


Dalam dinamika mencari pekerjaan yang terbaik, seseorang mungkin akan berpindah dari satu pekerjaan ke pekerjaan lainnya. Wajar saja bila calon atasan yang gres meminta bukti bahwa seseorang benar-benar pernah bekerja di suatu tempat. Berbagai contoh surat pengalaman kerja yang ada di atas, sanggup menjadi contoh untuk menulis surat keterangan yang benar.


Terima kasih sudah berkunjung ke halaman ini, semoga menambah pengetahuan dan wawasan.


Baca juga:



FAST DOWNLOADads
| Server1 | Server2 | Server3 |
Download
Next Post Previous Post