Teks Deskripsi adalah

FAST DOWNLOADads
Download

–  Dalam kehidupan sehari-hari, tentu kita pernah menceritakan keadaan suatu tempat dengan detail dan menggambarkan suasananya kepada orang lain, kan? Jika pernah melaksanakan hal tersebut, itulah yang dinamakan dengan rujukan teks deskripsi. Deskripsi bisa dibilang sebagai kegiatan menjabarkan, menjelaskan, maupun menggambarkan keadaan seseorang atau suatu tempat, dari mulai keadaaan fisik hingga suasananya kepada seseorang. Deskripsi bisa dilakukan secara lisan maupun tulisan. Deskripsi secara goresan pena sanggup disebut pula dengan teks deskripsi.


Pengertian Teks Deskripsi


tentu


Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, Teks Deskripsi yakni kegiatan mendeskripsikan sesuatu atau seseorang ke dalam bentuk tulisan. Ada beberapa pengertian teks deskripsi berdasarkan para andal yang akan dirangkum ibarat di bawah ini:


Keraf mendefinisikan teks deskripsi sebagai sebuah teks di mana penulisnya berusaha menyajikan suatu objek sebagai topik pembicaraan, dimana penulis berusaha menciptakan pembacanya seolah melihat objek yang ia ceritakan tersebut.


Sementara itu, Tarigan mendefinisikan bahwa teks deskripsi yakni goresan pena yang bisa melukiskan sebuah dongeng di mana dongeng tersebut bertujuan untuk mengajak pembaca memahami dan menikmati objek yang diceritakan.


Sedangkan Wiyanto mendefinisikan teks deskripsi dengan kalimat yang singkat. Yakni sebuah goresan pena yang berisi uraian atau melukiskan sebuah keadaan.


Jadi, secara umum sanggup disimpulkan bahwa teks deskripsi yakni sebuah goresan pena yang menceritakan sebuah objek dalam bentuk uraian dan harus mempu melukiskan objek tersebut ke benak pembaca. Biasanya, supaya lukisan sebuah objek tersebut hingga ke benak pembaca, harus melibatkan kesan indera berupa suara-suara, penglihatan, hingga ke tekstur objek yang dimaksud.


Fungsi Teks Deskripsi


tentu


Teks deskripsi mempunyai beberapa fungsi, yakni sebagai berikut:



  • Menggambarkan sebuah keadaan kepada seseorang yang belum tahu, sehingga seperti orang tersebut mencicipi sendiri keadaan di tempat yang digambarkan.

  • Melatih kelihaian penulis dalam menceritakan sebuah objek

  • Memberi klarifikasi yang utuh wacana sebuah objek kepada pembaca


Karakteristik Teks Deskripsi


tentu


Teks deskripsi mempunyai karakteristik atau ciri tersendiri. Sangat gampang membedakan teks deskripsi dengan teks lainnya sebab mempunyai karakteristik yang menonjol. Beberapa karakteristik tersebut adalah:



  • Teks berisi penggambaran atau melukiskan sebuah objek, baik suatu tempat ataupun seseorang.

  • Penggambaran di dalam teks deskripsi selalu rinci dan melibatkan kesan indera semoga lebih dipahami oleh pembaca

  • Pembaca yang membaca teks deskripsi harus mencicipi keadaan dimana dia seperti melihat sendiri situasi objek tersebut

  • Teks deskripsi juga menceritakan detail fisik objek secara rinci. Dari mulai warna, tekstur, bentuk, hingga ukuran objek yang diceritakan.


Struktur Teks Deskripsi


tentu


Seperti jenis goresan pena pada umumnya, teks deskripsi juga mempunyai struktur penulisannya sendiri. Beberapa struktur penulisan teks deskripsi adalah:



  • Pembukaan dengan identifikasi objek. Biasanya, dalam teks deskripsi, pembukaannya selalu berupa identifikasi objek. Identifikasi objek ini biasanya berupa identitas objek yang digambarkan. Bisa berupa nama orang (jika mendeskripsikan orang), nama tempat, dan lain sebagainya.

  • Bagian klasifisikasi objek. Dalam belahan ini, biasanya penulis menuliskan unsur penyusun teks.

  • Bagian deskripsi yakni belahan yang paling pentings dalam sebuah teks deskripsi. Karena di belahan inilah penulis mulai menuliskan deskripsinya mengenai suatu tempat tersebut. Di belahan ini pulalah penulis mulai menggambarkan objek yang menjadi tokoh utama di dalam teksnya.


Jenis Teks Deskripsi


tentu


Ada 2 jenis teks deskripsi yang berbeda, yakni berdasarkan sudut pandang dan cara menceritakan deskripsi objek tersebut. Secara sudut pandang, teks deskripsi dibedakan lagi menjadi tiga bagian, yakni:




  • 1. Teks Deskripsi Subjektif




Teks deskripsi subjektif yakni goresan pena yang berisi deskripsi, hanya saja goresan pena itu berdasarkan sudut pandang si penulis. Biasanya, teks deskripsi subjektif sanggup ditemui di artikel-artikel review sebuah produk atau sebuah tempat wisata.




  • 2. Teks Deskripsi Objektif




Teks deskripsi objektif yakni goresan pena yang berisi deskripsi dengan sudut pandang netral. Biasanya, dalam goresan pena deskripsi objektif, objek yang digambarkan benar-benar ibarat keadaan fisiknya tanpa ada adonan selera dari penulis.




  • 3. Teks Deskripsi Spatial




Teks deskripsi spatial yakni teks deskripsi yang hanya menjelaskan objek berupa benda, tempat, dan lokasi saja. Teks deskripsi yang menggambarkan insan tidak termasuk ke dalam teks deskripsi spatial.


Sedangkan berdasarkan cara penceritaan, teks deskripsi dibagi menjadi 2 jenis, yakni:



  • 1. Teks Deskripsi Imajinatif


Teks deskripsi imajinatif yakni teks deskripsi di mana si penulis menceritakan ruang atau lokasi tempat kejadian berlangsung dengan citra yang terperinci dan detail. Dari mulai lokasi kejadian, suasana yang sedang terjadi, hingga kesan yang berlaku dalam kejadian tersebut.



  • 2. Teks Deskripsi Faktual


Teks deskripsi faktual yakni teks deskripsi di mana si penulis menceritakan objek berupa manusia. Penceritaan ini bisa berupa nama, identitas, sifat, hingga ciri fisik sehingga pembaca bisa membayangkan keadaan objek tersebut dengan yang sebenar-benarnya.


Kaidah Kebahasaan Teks Deskripsi


tentu


Dalam sebuah teks, terutama teks deskripsi, selalu ada kaidah kebahasaan yang digunakan dalam struktur pembentuk teks deskripsi itu sendiri. Kaidah kebahasaan ini disebut juga sebagai unsur kebahasaan yang membentuk sebuah teks atau karya tulis.


Dalam teks deskripsi, biasanya kaidah kebahasaan yang digunakan meliputi: rujukan kata, kata berimbuhan, kata hubung atau konjungsi,  frasa atau kelompok kata, katabaku dan tidak baku, dan juga penggunaan abjad kapital.


Dengan  kata lain, kaidah kebahasaan yang digunakan dalam teks deskripsi meliputi PUEBI atau Panduan Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang berlaku ketika ini. Berikut beberapa klarifikasi mengenai kaidah kebahasaan dalam teks deskripsi:



  • Rujukan Kata biasanya menyangkut kata ganti subjek, bisa berupa kata ganti orang pertama, kedua, ketiga, hingga kata ganti tempat.

  • Kata Berimbuhan yang menyangkut pertambahan di awalan (prefiks), akhiran (surfiks), serta sisipan (infiks).

  • Konjungsi yakni kata sambung yang sanggup digunakan untuk menyambung antar kalimat, antar kata dan lain sebagainya. Contoh konjungsi yakni dan, atau, yang, karena, dan lain sebagainya.

  • Frasa yakni kelompok kata yang terdiri atas 2 kata atau lebih yang membentuk sebuah kata yang mempunyai arti baru. Misalnya yakni saputangan dan terima kasih.

  • Kata baku dan kata tidak baku biasanya dicampur dalam penggunaan teks deskripsi yang nonformal. Tetapi, bila teks deskripsi yang bersifat formil biasanya yang digunakan yakni kata baku.


Langkah Membuat Teks Deskripsi


tentu


Ada beberapa langkah yang bisa diikuti ketika ingin menciptakan sebuah goresan pena deskripsi. Beberapa langkah tersebut antara lain:



  • Menentukan objek yang akan dideskripsikan. Bisa berupa tempat atau orang.

  • Setelah objek ditentukan, maka selanjutnya yakni memilih tujuan dari dibuatnya teks deskripsi tersebut.

  • Langkah selanjutnya yakni melaksanakan riset dan mengumpulkan data terkait objek yang akan dibuatkan sebuah teks deskripsi

  • Lalu buatlah kerangka karangan teks deskripsi yang harus dibentuk sesuai dengan topik.


 


Contoh Teks Deskripsi


Berikut beberapa teks deskripsi yang bisa dijadikan contoh:




  • Contoh Teks Deskripsi Gunung




tentu



Gunung Sibayak


Sibayak yakni salah satu gunung yang ada di Sumatera Utara, tepatnya berada di Kabupaten Karo. Di wilayah Karo sendiri, gunung ini kerap disebut sebagai Gunung Raja. Pemandangan yang ada di gunung ini sangat luar biasa. Memiliki ketinggian sekitar 2.172 km di atas permukaan maritim menciptakan pemandangan di gunung ini lebih indah.


Gunung ini masih asri dengan banyaknya pepohonan yang akan menemani perjalanan para pendaki menuju puncak. Puncak yang paling terkenal di gunung yang menjadi pariwisata andalan Kabupaten Karo ini yakni Puncak Takal Kuda atau berarti Kepala Kuda. Panorama yang bisa dilihat di puncak ini sangat banyak, dari mulai pemandangan kota Berastagi yang apik hingga ke pemandangan Gunung Sinabung yang letaknya memang tidak begitu jauh.


Di puncak ini terdapat banyak bebatuan besar yang biasanya sering dijadikan objek berfoto para pendaki. Biasanya pendaki akan duduk di puncak kerikil dan mengambil pose di sana. Pemandangan matahari terbitnya juga luar biasa. Dengan langit biru higienis dan cahaya kuning keemasan yang perlahan muncul di ufuk timur akan menciptakan lelah sebab mendaku hilang seketika.


Suasana di gunung Sibayak juga hampir sama dengan gunung lainnya, yakni berangin dan mempunyai suhu yang dingin. Sehingga disarankan untuk menggunakan jaket tebal dan syal. Meskipun begitu, kalau cuaca cerah dan hingga terlalu siang, suhu yang ada di gunung bisa bermetamorfosis hangat.





  • Contoh Teks Deskripsi Sekolah




tentu



SMA Negeri 1 Simpang Empat


Dulu, saya bersekolah di Sekolah Menengan Atas Negeri 1 Simpang Empat. Sekolah Menengan Atas ini yakni satu-satunya Sekolah Menengan Atas Negeri yang ada di kecamatanku. Jadi, untuk masuk ke sini, kami cukup mempunyai perjuangan.


Selayaknya SMA, kami juga mempunyai kependekan keren untuk sekolah tersayang ini. Singkatannya yakni SMANISE dan kami sering guyon bahwa muridnya memang manis-manis.


Sekolah ini terletak di Jalan Benteng, sehingga oleh orang-orang dikenal juga sebagai Sekolah Pasar Benteng atau sekolah pasben. Total kelas yang ada di sekolah ini yakni 18 kelas. Terbagi atas 6 kelas untuk kelas 10, 3 kelas untuk kelas 11 IPA, 3 kelas untuk 11 IPS, 3 kelas untuk 12 IPA, dan 3 kelas untuk 12 IPS.


Selain 18 ruang kelas, sekolah ini juga mempunyai 2 laboratorium, yakni laboratorium komputer dan laboratorium IPA.  Laboratorium IPA letaknya berdekatan dengan perpustakaan sekolah. Kemudian, kami juga mempunyai UKS yang letaknya bersebelahan dengan ruang multimedia. Ruang multimedia ini yang biasanya kami gunakan sebagai ruang rapat OSIS, sebab OSIS kami tidak mempunyai ruangan tersendiri.


Di antara laboratorium IPA dan Perpustakaan, terdapat lagi 2 ruangan gudang. Gudang ini penuh sesak oleh dingklik bekas, CPU, dan Monitor rusak. Kemudian di antara kelas X-5 dengan X-6 terdapat sebuah ruangan kelas khusus untuk mereka yang beragama Kristiani. Oh, ya, di sini biasanya hanya ada 2 penganut agama yang sekolah, yakni Islam dan Kristen. Jarang sekali ada yang Hindu atau Budha.


Kemudian, sekolah kami juga mempunyai satu buah musholla yang berwarna hijau dan kini sedang dalam proses renovasi. Mushola itu terletak di antara X-4 dan X-5. Biasanya ketika dzuhur, musholla akan penuh. Bahkan terkadang murid-murid akan mengantre untuk melaksanakan sholat dzuhur di sana.


Kamar mandi kami terletak di belakang ruangan Laboratorium IPA dan kantin terletak di belakang ruang kelas X-2. Bentuk kantinnya memanjang ke samping dan selalu ramai kalau jam istirahat. Tapi, kalau tidak ingin makan kuliner berat, kami biasanya pergi ke koperasi sekolah.


Koperasi sekolah menjual alat tulis dan beberapa kudapan yang cocok untuk siswa yang suka ngemil. Koperasi ini terletak di antara 12 IPA 3 dan 12 IPS 1. Koperasi sekolah memang tidak seramai kantin, tapi cukup ramai untuk membuatku mengantre demi mendapat seplastik gorengan.





  • Contoh Teks Deskripsi Desa




tentu



Desa Sei Lama


Desa Sei Lama terletak di Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara. Untuk mencapai Desa Sei Lama, ada 3 jalur utama yang bisa ditempuh. Yang pertama melalui perempatan di Simpang Empat. Jalur ini agak sedikit rumit sebab harus melewati jalan perkebunan dan mempunyai banyak belokan.


Yang kedua melalui Simpang Kawat. Ini yakni jalur yang paling gampang diikuti. Kamu cukup memasuki gang yang terletak di dekat sekolah YAPIM dan mengikuti jalannya. Kamu akan menemukan jalan perkebunan, kemudian komplek perumahan Perkebunan Hessa, dan sungai sebelum mendapat Desa Sei Lama.


Hanya saja, kondisi jalan dari kedua jalur ini masih memprihatinkan. Tidak ada aspal, hanya jalanan tanah yang kalau hujan maka akan becek dan lengket. Jika ekspresi dominan panas tiba, maka pakaian yang kau kenakan akan putih, terkena abu-abu jalanan yang memang sangat banyak.


Selain itu, jalanannya juga penuh lubang dan kerikil padas. Sehingga untuk melalui jalan ini menggunakan kendaraan bermotor haus hati-hati semoga tidak mengalami goncangan keras.


Jalur ketiga yakni satu-satunya jalur yang mempunyai jalan mulus sebab beraspal. Kamu bisa menggunakan jalur ini dari Pasar Mereng dan mengikuti jalan hingga hingga ke Sei Lama.


Desa Sei Lama terdiri atas beberapa dusun. Di desa ini pula mempunyai sebuah Sekolah Menengah Pertama negeri yang berjulukan Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Simpang Empat. Selain itu, desa ini juga mempunyai pekanan setiap hari rabu dan disebut dengan Pekan Rabu. Pekanan itu sejenis pasar tempat jual beli dan hanya ada di hari rabu. Pekanan ini selalu ramai dikunjungi, tidak hanya dari warga Sei Lama, tetapi juga beberapa warga dari desa lain di sekitar desa Sei Lama. Pekanan ini terletak di depan Kantor Kepala Desa Sei Lama.





  • Contoh Teks Deskripsi Rumah




tentu



Rumahku


Aku tinggal di sebuah rumah yang terletak di Desa Gang Pribadi, Simpang Empat. Rumahku berlantai dua dan mempunyai halamn yang luas. Di sudut halaman dekat pagar, terdapat sebuah pohon mangga apel cangkokan yang berbuah lebat. Aku sering mengambil buahnya kalau pulang sekolah. Di sebelah pohon mangga tersebut, terdapat sebuah saung kecil tempatku bermain kala bosan.


Lantai satu rumahku terdiri atas ruang tamu dengan sofa hitam. Dinding luarnya sengaja dicat berwarna abu-abu semoga terlihat elegan. Lantai dua rumah sebagian berdinding beling dan menampilkan sebuah ruangan kosong dengan sepasang dingklik kalau dilihat dari luar. Ruangan itu bersama-sama tempat kami berkumpul sekeluarga untuk membaca buku. Karena di dinding yang tidak terbuat dari beling terdapat dua buah rak buku yang penuh terisi. Ayah dan Ibu memang rajin membeli buku.


Lalu, di luar ruangan, tepatnya di balik rumahku juga terdapat kolam renang. Alasannya yakni semoga saya bisa berguru berenang di rumah saja. Selain itu, abang sulungku juga pernah menjadi atlet renang dan pernah mengikuti PON. Keluargaku memang bahagia berenang.


Dibandingkan rumah tetangga, mungkin hanya rumah kami yang berlantai dua. Tapi, bukan berarti rumah kami luas. Susunan rumah kami bersama-sama sama ibarat tetangga yang lain, hanya saja dibentuk dua lantai semoga menghemat lahan dan bisa menciptakan kolam renang tadi. Juga semoga halaman rumah kami luas dan bisa ditanami beberapa pohon.


Selain pohon mangga, di halaman rumah kami juga ada beberapa pohon cangkokan lagi, ibarat bidara, jambu biji merah, dan kelengkeng. Jika ekspresi dominan berbuah, saya dan beberapa anak tetangga suka nongkrong di saung halaman untuk memakani buah-buahnya. Kadang sambil membaca buku dari dalam rumah.


Pokoknya, saya bahagia tinggal di rumah ini.





  • Contoh Teks Deskripsi Orang




tentu



Neni, Sahabatku


Aku punya sahabat, namanya Neni Hariyati dan biasa dipanggil Neni. Aku mengenal dia semenjak Sekolah Menengah Pertama kelas 7. Kami sekelas, tetapi dulu tidak akrab. Kami mulai erat semenjak kelas 8 dan sama-sama mengikuti ekstrakulikuler Pramuka. Neni orang yang sangat menyenangkan, tetapi juga mempunyai sisi menyebalkan.


Neni mempunyai tubuh tinggi kurus. Kadang, saya merasa dia terlalu tinggi dan saya harus mendongak ketika berbicara dengannya. Kulitnya berwarna kuning langsat, terlihat sangat eksotis. Yang menciptakan iri yakni alisnya yang tebal dan bulu matanya yang panjang. Mungkin, kalau dia menggunakan sedikit maskara, matanya akan terlihat cantik.


Tapi, yang paling menonjol dari Neni yakni perilaku setia kawannya yang tinggi. Dia baik dan tipe teman yang terbuka. Dia juga tidak segan bercerita wacana masalahnya kepadaku dan ini membuatku merasa bisa dipercaya. Hanya saja, Neni tidak percaya dengan dirinya sendiri. Dia sering minder dengan keadaan wajahnya yang sedikit berjerawat. Padahal, menurutku infeksi itu normal. Hanya saja, Neni terlalu merasa pesimis sehingga infeksi membuatnya aib dan tidak percaya diri tampil di depan umum.





  • Contoh Teks Deskripsi Kampus




tentu



STMIK Royal Kisaran


STMIK Royal Kisaran yakni sebuah kampus swasta yang ada di Asahan. Kampus ini mempunyai 2 bangunan di lokasi yang berbeda. Kampus 1 STMIK Royal terdapat di Jalan Imam Bonjol Kisaran, salah satu jalan arteri di kota kecil ini. Sementara kampus 2-nya berada di Jalan M. Yamin Sentang, dekat dengan Rumah Sakit Ibu dan Anak Marina.


Di STMIK Royal ada 4 jurusan komputer yang bisa dipilih, yakni Teknik Komputer (D3), Manajemen Informasi (D3), Sistem Komputer (S1), dan Sistem Informasi (S1). Meskipun swasta, tetapi STMIK Royal telah mendapat pengakuan B dan mempunyai banyak organisasi mahasiswa yang aktif.


Bangunan di kampus 2 STMIK Royal berbentuk L dan mempunyai 5 lantai. Dibandingkan kelas teori, kelas laboratorium lebih banyak di kampus ini. Di lantai dasar, terdapat Student Learning, yakni tempat mahasiswa biasa berkumpul untuk mengerjakan kiprah kelompok atau sekedar mengobrol. Di deretan lantai dasar ini juga ada ruang teori 1 hingga delapan.


Lantai dua yakni lantai yang paling ramai oleh mahasiswa. Tidak heran, di lantai inilah kantin berada. Selain itu, di lantai dualah terdapat ruangan dosen, kantor prodi, dan kantor LPM.


Lantai tiga yakni tempat laboratorium dan beberapa kelas  teori berada. Musholla dan perpustakaan berada di lantai empat, bersamaan dengan beberapa ruang teori. Sementara lantai lima yakni aula, sekaligus tempat dimana hasil karya mahasiswa Sistem Komputer dipajang. Di sini banyak sekali alat-alat hasil karya anak Sistem Komputer yang dipajang.


Itulah beberapa hal mengenai skema kampus 2 STMIK Royal Kisaran yang ada di Jalan M. Yamin, Sentang.





  • Contoh Teks Deskripsi Ayah




tentu



Ayah


Ayahku yakni seorang pensiunan pegawai negeri sipil yang bekerja sebagai POPT/PHP alias Pengamat Organisme Penyakit Tanaman/Pengamat Hama dan Penyakit. Ayah berjulukan Ibrahim Halil dan berusia 58 tahun. Ayah mempunyai tubuh tinggi menjulang, sekitar 179 cm dengan berat 80 kg. Meskipun begitu, Ayah mempunyai pipi yang tirus dan rambutnya tetap hitam. Oleh sebab itu banyak orang yang menyangka Ayah masih berusia muda.


Ciri utama yang menonjol di fitur wajah Ayah yakni adanya tahi lalat besar di pipi sebelah kiri. Hidungnya mancung dengan bola mata yang cokelat. Sayang, bola mata cokelatnya tidak menurun kepadaku. Kulit Ayah dulunya putih, tapi sebab sering terjemur matahari, kulitnya bermetamorfosis kecokelatan.


Ayah juga orang yang sangat aktif. Beliau tidak pernah bisa diam, kecuali kalau lagi sakit. Apa saja dikerjakan, terutama di masa pensiunnya sekarang. Dia suka menciptakan batako dan bercocok tanam. Belakangan ini, ia malah sudah mulai berternak ayam dan rajin sekali membeli jagung giling untuk pakan ayam-ayamnya. Alhamdulillah, ayam milik Ayah memang sedang getol-getolnya bertelur.


Ayahku yakni Ayah terhebat di dunia!





  • Contoh Teks Deskripsi Sayuran




tentu



Wortel


Siapa, sih, yang tidak kenal wortel? Wortel sering diidentikkan dengan kuliner kelinci dan di film kartun juga para kelinci biasanya digambarkan sebagai pencuri wortel.


Sayuran yang satu ini memang berbentuk umbi-umbian berwarna jingga cerah. Warnanya yang sangat menawan ini berbentuk ibarat kerucut terbalik. Biasanya, wortel selalu hadir di kuliner yang berkuah ibarat sup. Bisa juga sebagai adonan dari nasi goreng.


Buah ini kaya akan vitamin A yang cocok untuk kesehatan mata. Selain vitamin A, wortel juga mengandung beberapa vitamin lain. Beberapa di antaranya yakni B1, B2, B3, B6, B9, C, Kalsium, Zat besi dan lain sebagaunya.


Selain bisa dimasak, wortel juga bisa dimakan mentah, loh. Rasanya ada manis-manisnya dan terasa crunchy di ekspresi ketika dikunyah. Jika ingin mencoba hal lain, kau juga bisa memblender wortel dengan adonan jeruk untuk dijadikan jus yang bisa diminum sekaligus untuk menyumbang asupan vitamin A terhadap tubuh.


Pokoknya, wortel yakni salah satu sayuran yang sangat direkomendasikan untuk dimakan sebab manfaat dan rasanya yang berbeda dengan sayuran lain.





  • Contoh Teks Deskripsi Kantor




tentu



CV. Aktiva


CV. Aktiva yakni perusahaan dagang yang gres saja merintis usahanya. Meskipun masih berupa usaha rintisan, perusahaan ini telah mempunyai kantor resmi yang terletak di Jalan Kaisar No 5. Kantor ini terletak di antara beberapa ruko tempat jualan pakaian.


Kantor yang dimiliki CV Aktiva terdiri atas 3 lantai. Dimana lantai 1 yakni sebuah toko ATK yang cukup lengkap, bahkan terbesar di daerahnya.


Sementara lantai dua yakni kantor di mana administrasi perusahaan berlangsung. Biasanya, lantai dua tempat ‘ide’ kreatif CV. Aktiva muncul. Segala macam bentuk promosi dan banyak sekali rencana perusahaan ke depannya selalu dilakukan di lantai dua. Lantai dua juga bisa dibilang sebagai tempatnya para karyawan.


Sementara lantai ketiga untuk ketika ini digunakan sebagai tempat tinggal pemiliki CV. Aktiva dan beberapa karyawan lain. Menurut pengakuan manajer CV. Aktiva, Laila Purnama, alasannya cukup sederhana. Yakni sebab mereka gres merintis perusahaan sehingga seringkali lembur. Oleh sebab itu tim inti mereka memutuskan untuk tinggal di kantor sekalian semoga tidak perlu pulang malam.


Meskipun kantor CV. Aktiva masih terkesan sederhana, tapi peralatan yang ada di dalamnya cukup lengkap, terutama di lantai dua. Terdapat lebih kurang 4 laptop, satu mesin fax dan fotokopi, juga printer dan mesin cetak foto.


Amenitas lain yang ada di lantai dua yakni mini kafetaria yang berisi kulkas dan dispenser juga beberapa minuman sachet untuk dinikmati di kala lelah. Dengan dinding serba putih dan lantai keramik yang mengilat menciptakan kantor ini terkesan elegan. Selain itu, lukisan ‘Walk Under The Rain’ karya Imam Uni juga menambah nilai estetika kantor minimalis tersebut.


Kantor ini juga mempunyai toilet yang lengkap dengan wastafel.


Di lantai 3, terdapat 5 tempat tidur yang mempunyai ranjang springbed dan juga kemudahan AC. Kamar mandinya mempunyai shower dan amenitas lengkap lainnya. Juga tersedia mesin basuh dan dapur untuk memasak.


Toko, kantor, dan tempat tinggal menjadi satu. Bukankah itu idaman setiap pengusaha?





  • Contoh Teks Deskripsi Ibu




tentu



Ibu


Meskipun hanya seorang Ibu Rumah Tangga, tapi ibuku yakni ibu terhebat di dunia. Beliau mempunyai nama lengkap Minarni dan mempunyai nama panggilan Nar. Beliau anak keempat dari sebelas bersaudara. Ibu sering bercerita bagaimana dia menjaga adik-adiknya dan membantu orang tuanya dulu ketika masih muda.


Tubuh Ibu tidak begitu tinggi, hanya 155 cm dengan berat tubuh yang seimbang. Meskipun tidak begitu tinggi, Ibu tetaplah tampak tinggi bagiku. Ibu punya wibawa dan inner beauty yang memancar dan membuatku menyayanginya. Berbeda dengan Ayah yang tampak baka muda, Ibu mempunyai penampilan sesuai usianya yang 57 tahun.


Rambut Ibu telah memutih dengan wajah mempunyai flek hitam yang banyak. Tangannya juga sudah penuh kerutan. Ibu selalu mempunyai perilaku sabar dan  lemah lembut. Karena perilaku sabarnya itulah yang menciptakan saya sangat menyayanginya. Beliau juga menyayangiku dengan seringnya mengajariku banyak hal.


Aku lebih dekat dengan Ibu daripada dengan Ayah. Maklum, saya yakni anak bungsu yang tidur bersama Ibu hingga usia 14 tahun. Selama 14 tahun itu pula Ibu selalu memprioritaskan saya dan sangat mencintaiku.





  • Contoh Teks Deskripsi Hewan




tentu



Kucing


Anak tetanggaku memelihara seekor kucing yang diberi nama Mumut. Ketika saya bertanya kenapa diberi nama Mumut, dia menjawab sebab kucing tersebut imut sehingga akan sangat cocok dengan nama Mumut.


Dia menemukan Mumut terlantar di salah satu perkebunan sawit milik warga ketika Mumut masih kecil. Entah sebab Mumut tersesat atau memang sengaja dibuang, kami tidak tahu. Yang jelas, anak tetangga kami sangat menyukai Mumut dan membawanya pulang untuk dipelihara ketika itu.


Mumut mempunyai sepasang indera pendengaran yang kecil dan hidung berwarna merah jambu. Mata Mumut berwarna cokelat tua, nyaris ibarat warna lumpur dan selalu tampak berkilau, terutama kalau meminta makan. Tapi yang istimewa yakni Mumut mempunyai bulu berwarna putih bersih, tanpa ada noda sedikitpun. Jadi, meskipun Mumut hanya seekor kucing kampung, tetap tampak bagus sebab anak tetanggaku rajin memandikannya.


Mumut yakni seekor kucing jantan, tapi sayangnya, kami belum pernah melihat Mumut kawin untuk memperbanyak keturunan. Sekalinya kami melihat Mumut dengan dengan kucing betina, malah kucing betina yang masih kecil pula. Hal ini sering menciptakan kami bertanya-tanya, tetapi tidak pernah membawanya ke dokter binatang sebab tidak ada dokter binatang di sini. Meskipun begitu, kami sangat menyayangi Mumut sebab dia bukan kucing yang nakal, malah rajin memburu tikus-tikus yang memang banyak berkeliaran di sekitar rumah!





  • Contoh Teks Deskripsi Buah




tentu



Semangka


Semangka yakni buah berwarna lingkaran besar dengan kulit berwarna hijau tua. Biasanya, semangka mempunyai daging buah berwarna merah, tetapi tidak jarang yang mempunyai daging buah berwarna kuning. Semangka kuning lebih manis daripada semangka merah, tetapi harga semangka merah lebih murah dari semangka kuning.


Semangka termasuk ke dalam jenis tumbuh-tumbuhan dan berkembang biak dari biji. Buah yang mempunyai banyak air ini mempunyai banyak manfaat. Salah satunya yakni untuk kesehatan jantung, tulang, sebagai antioksidan, mengatasi impotensi bagi pria, mengontrol diabetes, gangguan ginjal, dan mengatur tekanan darah.


Tidak heran, semangka memang mempunyai banyak vitamin dan kandungan lemak hanya sebesar 0,2 gr saja. Beberapa vitamin yang terkandung di dalam semangka yakni Vitamin A, D, B12, C, B6, Kalsium, Zat Besi, dan Magnesium.


Semangka sangat cocok dikonsumsi di negara tropis ibarat Indonesia. Karena selain murah, buah ini juga mengandung banyak air yang sangat menyegarkan!





  • Contoh Teks Deskripsi Kendaraan Umum




tentu



Kereta Api


Kereta api yakni salah satu kendaraan umum yang mempunyai harga murah meriah. Untuk perjalanan dari Tanjung Balai menuju Medan saja hanya membutuhkan harga tiket sebesar Rp27.000,-.


Kereta api yakni kendaraan umum yang berbeda dengan kendaraan umum darat lainnya. Kereta api mempunyai jalur sendiri yang hanya bisa dilewatinya. Jalur ini disebut rel. Kereta api juga terdiri atas gerbong panjang yang ditarik di atas rel. Roda yang dimiliki kereta api juga bukan roda karet ibarat kendaraaan darat lainnya, melainkan roda besi yang terpasang apik di atas rel.


Biasanya, mesin yang digunakan kereta api yakni mesin uap. Ini yakni mesin yang paling terkenal zaman dahulu. Tapi sekarang, sudah ada kereta api yang menggunakan tenaga diesel bahkan tenaga listrik yang menciptakan perjalanan dengan kereta api lebih cepat. Bahkan, ada beberapa kereta api yang memanfaatkan magnet sebagai sumber gerak utamanya untuk menghemat energi.


Biasanya kereta api dijadikan moda transportasi utama kalau ingin melaksanakan perjalanan jauh. Alasannya sangat sederhana, kereta api sangat nyaman dan bisa mengangkut ratusan penumpang sekaligus. Jalurnya yang khusus menciptakan kereta api jarang sekali terlibat kecelakaan sehingga secara umum dikuasai penumpang lebih merasa aman. Tiketnya yang lebih murah juga menjadi salah satu alasan kenapa orang menaiki kereta api.





  • Contoh Teks Deskripsi Produk




tentu



Innisfree Grean Tea Seed Serum


Siapa, sih, yang enggak suka merawat wajah? Kalau yang rajin melaksanakan perawatann kulit secara rutin, niscaya sudah tidak absurd lagi dengan yang produk kosmetik yang mempunyai brand dagang Innisfree. Produk ini yakni salah satu produk perawatan kulit dari Korea yang kualitasnya tidak diragukan lagi.


Produk ini dibentuk dari ekstrak daun teh dan ekstrak biji teh yang ditanam di Pulau Jeju. Kualitas teh yang berasal dari Pulau Jeju memang terkenal sebagai kualitas terbaik dan terpercaya. Tidak heran, petani dan iklim di Jeju memang cocok untuk bercocok tanam.


Innisfree Green Tee Seed Serum ini cocok digunakan di semua jenis kulit. Pemakaiannya juga mudah, cukup dioleskan secara merata ke kulit wajah. Lakukan gerakan pengolesan yang lembut semoga lebih gampang terserap kulit.


Green Tea Seed Serum keluaran Innisfree ini berwarna bening dengan tekstur yang ringan. Serum ini juga tidak mempunyai warna, sehingga tidak perlu khawatir akan terjadinya ‘tabrak warna’ terhadap kosmetik yang akan digunakan sehabis pengolesan serum. Selain itu, sebab berbentuk cairan menciptakan serum ini gampang terserap ke dalam pori. Kulit pun akan terasa lebih lembab dan plumpy begitu selesai menggunakan serum ini. Wah, keren banget, kan?





  • Contoh Teks Deskripsi Pantai




tentu



Pantai Slili


Pantai Slili yakni pantai di Yogyakarta yang mempunyai ukuran kecil, hanya 100 m persegi saja. Meskipun demikian, pantai ini tidak kalah indah dengan pantai yang lain, terutama pemandangan bawah lautnya yang menawan. Banyak pengunjung yang tiba ke sini hanya untuk bersnokeling. Karena selain masih sunyi, keindahan bawah maritim pantai ini juga masih asri dan terjaga kealamiannya.


Pantai ini terletak di antara dua bukit dan dua pantai. Dua pantai yang terletak di dekat dengan Pantai Slili yakni Pantai Sandranan dan Krakal.


Pantai Slili termasuk destinasi wisata gres yang ada di Yogyakarta, tetapi wisatawan yang berkunjung ke pantai ini sudah cukup banyak. Fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola juga cukup lengkap. Dari mulai toilet, lahan parkir, tempat penyewaan alat snorkeling, dan warung-warung makan.


Harga tiket masuk yang ditawarkan juga sangat murah, yakni hanya sekitar Rp10.000 dengan tiket parkir sepeda motor sebesar Rp5000. Sedangkan untuk tiket parkir kendaraan beroda empat dan bus masing-masing seharga Rp10.000 dan Rp15.000 saja.





  • Contoh Teks Deskripsi Fasilitas Umum




tentu



Bandara Kualanamu


Jika dulu di Medan yang terkenal yakni Polonia, maka kini yang selalu didengar yakni Bandara Kualanamu. Sejak Bandara Polonia dijadikan sentra latihan Tentara Angkatan Udara RI, maka seluruh acara komersil dipindahkan ke Bandara Kualanamu yang terletak di Deli Serdang.


Bandara ini sendiri bersama-sama gres selesai dibangun dan diresmikan pada 25 Juli 2013 dan hingga kini masih dalam tahap pengembangan. Konstruksi dan desain bandara ini konon dibentuk ibarat dengan bandara Incheon yang ada di Korea Selatan.


Meskipun diresmikan tahun 2013, bersama-sama rencana pemindahan itu sudah ada semenjak zaman orde baru, tepatnya pada tahun 1992. Persiapan pembangunannya sendiri sudah dimulai semenjak tahun 1997, tetapi sebab pada tahun-tahun tersebut Indonesia didera oleh krisis moneter, maka pembangunannya ditunda hingga tahun 2006 dengan dimulainya proses pembebasan lahan.


Bandara ini bisa menampung sekitar 8 juta penumpang dengan traffic penerbangan kira-kira 10.000 per tahunnya. Bandara ini sendiri dikenal dengan nama KNO sebagai isyarat aviasinya.


Fasilitas di Bandara ini sendiri cukup lengkap, terutama kemudahan daaratnya. Selain bus damri dan banyak sekali layanan taksi bandara dan taksi daring, di Bandara ini juga mempunyai stasiun kereta api dengan jalur KNO-Medan. Suasana bandara yang modern dan glamor menciptakan banyak warga sekitar yang berkunjung ke bandara hanya untuk sekedar menikmati kemewahannya saja.


Bandara ini mempunyai 3 lantai dan masih dalam tahap pembangunan untuk melengkapi kebutuhan penumpang dan penerbangannya.



Pada dasarnya teks deskripsi yakni teks yang menceritakan kondisi dan keadaan seseorang atau sebuah tempat kepada pembaca. Semua orang bisa menciptakan teks deskripsi sebab memang sangat gampang dalam menuangkan pengalaman kita ke dalam bentuk tulisan.


Itulah beberapa pengetahuan mengenai teks deskripsi, contoh teks deskripsi, cara membuat, bahkan kaidah kebahasaannya. Untuk menciptakan teks deskripsi yang bagus bersama-sama cukup mudah, yakni dengan berlatih setiap hari.




Baca juga:



FAST DOWNLOADads
| Server1 | Server2 | Server3 |
Download
Next Post Previous Post