Topologi Jaringan Peer to Peer

FAST DOWNLOADads
Download

Topologi Peer to Peer: Definisi, Karakteristik, Kelebihan Kekurangan serta Penerapannya – Jaringan komputer yaitu sesuatu yang menciptakan komputer terhubung satu sama lain.





Jika tidak ada jaringan komputer, komputer tidak sanggup terhubung satu sama lain.





Ada banyak jenis jaringan komputer yang sanggup dilihat dari jenisnya, yang sanggup dilihat dari susunan struktur jaringannya, media transmisi data, fungsinya, dan skala jaringannya.





Tetapi jikalau dilihat dari fungsinya jaringan dibagi menjadi 2 yaitu jaringan peer to peer dan server klien, yang semuanya mempunyai klarifikasi masing-masing dan banyak yang mungkin belum mengetahuinya.





Untuk jaringan server klien ada komputer yang bertindak sebagai server sistem dan juga komputer lain yang akan bertindak sebagai klien (yang membutuhkan server).





Untuk jaringan peer to peer, ia tidak mempunyai regulator sistem server atau yang bertindak sebagai klien alasannya yaitu pada jaringan peer to peer komputer bertindak sebagai server dan juga klien.





Apa Itu Topologi Peer to Peer?





Jaringan




Peer to Peer Network atau disebut juga Jaringan Peer to Peer yaitu model jaringan komputer yang terdiri dari dua atau lebih komputer, di mana setiap stasiun atau komputer yang terdapat dalam lingkungan jaringan sanggup saling berbagi.





Jaringan Peer to Peer tidak berlaku untuk rakitan komputer skala besar, biasanya hanya pada skala kecil ibarat 2-10 komputer dan dengan 1 hingga 2 periferal dalam jaringan.





Penggunaan jaringan ini yaitu untuk mengamankan penggunaan aktivitas dan periferal sehingga pengguna komputer sanggup bertanggung jawab atas keamanannya.





Khususnya dalam diskusi ini kami akan menjelaskan lebih banyak wacana jaringan peer to peer.





Sebagai karakteristik, aplikasi, kekuatan, dan kelemahan kami akan menjelaskannya satu per satu silakan lihat klarifikasi di bawah ini.





Karakteristik:





Jaringan




Poin pertama yang akan kami bahas yaitu karakteristik jaringan peer to peer. Baik server klien dan jaringan lain semua jaringan harus mempunyai karakteristik atau karakteristik mereka sendiri.





Berikut ini yaitu karakteristik peer to peer network, termasuk:





  • Semua komputer bertindak sebagai klien dan server.
  • Spesifikasi komputer tidak besar lengan berkuasa jikalau komputer ingin dihubungkan satu sama lain, spesifikasinya tidak perlu sama.
  • Tidak ada komputer yang bertindak sebagai server utama.
  • Kontrol dalam pengaturan jaringan tidak ada (lemah).




Kelebihan:





Semua hal di atas yaitu fitur karakteristik jaringan peer to peer, di sini kami akan menjelaskan laba dari jaringan peer to peer, lihat dengan baik.





  • Proses instalasi gampang
  • Biaya implementasi lebih murah daripada server klien alasannya yaitu tidak ada komputer yang bertindak sebagai server sehingga biaya menjadi lebih murah
  • Komputer tidak memerlukan aplikasi server dan sistem operasi untuk server
  • Karena semuanya bertindak sebagai server dan klien, kinerja komputer tidak bergantung pada server
  • Jika ada satu problem di jaringan maka komputer lain tidak akan terpengaruh
  • Komputer sanggup membuatkan dan memakai perangkat keras yang sama ibarat printer, hard drive, dan sebagainya
  • Pemeliharaan jaringan komputer tidak memerlukan direktur sehingga pemeliharaan lebih mudah




Kekurangan:





Setelah kita mengetahui kelebihan jaringan peer to peer, maka kita juga harus sanggup memahami dan memahami kekurangan atau kelemahan dari jaringan peer to peer dibandingkan dengan jaringan lain.





  • Kinerja komputer menjadi lebih rendah, ini alasannya yaitu komputer bertindak sebagai klien dan juga server sehingga harus mengelola penggunaan kemudahan jaringan secara maksimal selain komputer mengatur dan mengelola semua kebutuhan aplikasi itu sendiri hal ini mengakibatkan kinerja rendah
  • Pemeliharaan jaringan yang tidak memerlukan direktur mengakibatkan manajemen menjadi tidak terkendali
  • Jika jaringan mempunyai problem (masalah) dan ingin mengidentifikasi problem (troubleshooting) itu akan mengalami kesulitan alasannya yaitu komputer sulit diidentifikasi alasannya yaitu dalam pekerjaannya semua komputer terlibat dalam jaringan
  • Tingkat keamanan jaringan komputer rendah alasannya yaitu jikalau tidak ada server di jaringan komputer, pengguna harus bertanggung jawab untuk mengamankan komputernya sendiri.
  • Jaringan peer-to-peer hanya sanggup diterapkan pada skala jaringan sempit sehingga akan sulit untuk dikembangkan untuk skala besar
  • Setiap komputer yang terhubung ke jaringan ini harus mencadangkan komputer secara teratur dan sesuai jadwal
  • Dalam jaringan akan ada banyak file sharing yang dampaknya sanggup menciptakan kinerja komputer terpengaruh




Sekilas jaringan peer to peer lagi bahwa jaringan ini ketika dibangun sanggup dihubungkan secara pribadi memakai kabel UTP dan konektor RJ45, ini mengakibatkan jaringan peer to peer tidak memerlukan hub dikala membangunnya.





Untuk menghubungkan komputer semoga terhubung satu sama lain, tidak diperlukan spesifikasi komputer yang sama.





Karena untuk dihubungkan hanya dengan diberi kartu jaringan komputer yang sanggup terhubung secara langsung.





Jaringan peer to peer dalam penyedia internet sering disebut sebagai jaringan untuk membuatkan file.





Ini alasannya yaitu komputer yang terhubung satu sama lain di jaringan sanggup pribadi mengunduh / menyalin file dari komputer lain yang juga terhubung pada jaringan itu.





Jika dilihat dari sisi praktis, ini sangat efisien dan tidak rumit, tetapi jikalau kita menyalin file secara ilegal sanggup berdampak jelek pada mereka yang menyalin dan mereka yang disalin, ibarat kasus kehilangan Naspster pada tahun 1999.





Menerapkan Jaringan Peer to Peer





Seperti yang kami jelaskan di atas jaringan peer to peer mengimplementasikan denah bahwa komputer bertindak sebagai klien dan juga server.





Contoh denah implementasi contohnya komputer X mengambil data atau file dari komputer Y lalu komputer X sebagai servernya dan komputer Y sebagai klien.





Komputer X bertindak sebagai server alasannya yaitu komputer X mengakses file dari komputer Y dan sebaliknya.





Penutup





Demikianlah artikel kami wacana Topologi Peer to Peer: Definisi, Karakteristik, Kelebihan Kelemahan serta penerapannya, semoga sanggup menambah pengetahuan dan membantu anda dalam mempelajari jaringan peer to peer.





Terima kasih telah membaca dan hingga berjumpa di artikel kami selanjutnya.





Baca Juga:









F.A.Q.





Apa Itu Jaringan Peer to Peer?

Jaringan Peer to Peer yaitu model jaringan komputer yang terdiri dari dua atau lebih komputer.

Karakter Jaringan Peer to Peer?

Karakternya yaitu semua komputer bertindak sebagai klien dan server.

Apa Itu Jaringan Komputer?

Jaringan komputer yaitu sesuatu yang menciptakan komputer terhubung satu sama lain.


FAST DOWNLOADads
| Server1 | Server2 | Server3 |
Download
Next Post Previous Post