Website Adalah

FAST DOWNLOADads
Download

–  Bukan hanya makan dan minum saja, dikala ini kuota internet juga menjadi pecahan dari kebutuhan. Ada banyak orang yang rela membeli kuota internet bahkan dikala tengah malam hanya demi bisa mengakses website tertentu. Sayangnya, walaupun sudah sering membuka website, masih banyak orang yang belum paham apa itu website. Padahal pengertian website yaitu sesuatu yang perlu dipahami terutama mengingat keuntungannya yang begitu penting di masa kini.


Selain pengertian, website ini juga memiliki banyak hal yang menarik untuk dibahas, di antaranya ialah sejarahnya, jenis-jenisnya, manfaatnya, contohnya dan lain-lain. Berikut ini akan disampaikan sekilas informasi mengenai hal tersebut, jadi mari disimak untuk menambah pengetahuan.


Pengertian Website Secara Umum


dikala


Secara umum, website sanggup diartikan sebagai kumpulan informasi yang sanggup diakses melalui internet. Website juga bisa diartikan sebagai dokumen yang berupa kumpulan halaman web di mana isinya berupa informasi baik itu dalam bentuk suara, teks, video, gambar maupun informasi bentuk yang lainnya.  Semua kumpulan halaman ini saling terhubung dan disimpan dalam server hosting.


Selain pengertian tersebut, website juga bisa dianggap sebagai suatu tempat di internet, di mana siapapun bisa mengunjunginya tanpa dibatasi waktu tertentu. Dalam kalimat yang lain, dijelaskan pula bahwa website itu merupakan kumpulan dari aneka jenis halaman situs yang terdapat dalam domain dan bahkan subdomain yang bisa diakses melalui home page dengan memakai suatu browser.


Dalam kehidupan sehari-hari, website seringkali disebut dengan istilah lain menyerupai situs web, situs, site dan web. Website-website tersebut terdapat dalam World Wide Web (WWW) Internet yang bisa diakses memakai URL khusus. URL ini bersifat unik dan secara umum disebut sebagai domain.


Pengertian Website Menurut Para Ahli


dikala


Agar informasi mengenai pengertian website menjadi lebih banyak, berikut ini akan disampaikan pengertian website berdasarkan para ahli, antara lain.


1. Hakim Lukmanul


Hakim Lukmanul beropini bahwa website merupakan kemudahan internet yang menciptakan banyak sekali dokumen jadi saling terhubung dalam lingkup lokal ataupun jarak jauh. Dalam hal ini terdapat dua istilah yakni web page dan hyperlink. Adapun pengertian web page ialah dokumen yang terdapat dalam website, sedangkan untuk hyperlink merupakan pecahan dalam website yang bisa menciptakan pengguna berpindah dari halaman ke halaman.


2. Gregorius


Gregorius beropini bahwa website itu merupakan kumpulan dari halaman web, di mana semua halaman tersebut saling terhubung dan berkas-berkasnya juga saling terkait.


3. Hidayat


Hidayat beropini bahwa website itu merupakan seluruh halaman yang di dalamnya terdapat informasi pada suatu domain. Umumnya, website itu dibangun dan terdiri atas banyak halaman web yang satu sama lainnya saling terkait.


4. Sibero


Sibero beropini bahwa website itu merupakan suatu sistem yang ada kaitannya dengan dokumen yang dimanfaatkan sebagai media guna menampilkan gambar, teks, multimedia maupun yang lainnya pada jaringan internet.


5. Suwanto Raharjo


Suwanto Raharjo beropini bahwa website itu merupakan layanan internet yang statusnya paling banyak digunakan dibandingkan dengan layanan yang lainnya, contohnya gopher, ftp dan bahkan email.


6. Yuhefizar


Yuhefizar beropini bahwa website itu merupakan metode dalam menampilkan banyak sekali informasi dalam internet, baik informasi tersebut berupa suara, gambar, teks maupun video interaktif yang memiliki kelebihan dalam hal menghubungkan antara dokumen yang satu dengan dokumen yang lainnya yang bisa diakses melalui suatu browser.


Berbagai pengertian web berdasarkan para jago di atas ditafsirkan dari banyak sekali rujukan yang disampaikan ulang tanpa merubah makna aslinya.


Sejarah Website


dikala


Mengenai sejarah website, disebutkan bahwa orang yang memiliki tugas besar dalam hal ini ialah Tim Berners-Lee. Tim Berners Lee ini merupakan ilmuwan komputer yang lahir di London, Inggris. Bukan hanya dirinya, bahkan orang tuanya juga merupakan ilmuwan komputer pada dikala masa-masa awal komputasi.


Tim Berners-Lee menciptakan website ini dengan tujuan awal untuk mempermudah para peneliti yang ada di tempatnya bekerja dikala ingin melaksanakan pertukaran informasi atau perubahan informasi. Sekitar tahun 1990, Dia kemudian mencatat 3 teknologi dasar web yang bahkan hingga sekarang masih digunakan yaitu HTML, URI dan HTTP.


Saat tahun 1990 akan berakhir, halaman web yang pertama tersedia di internet secara terbuka. Pada tahun selanjutnya, tepatnya tahun 1991, mereka yang bekerja di luar CERN (laboratorium Fisika di Swiss yang merupakan tempat Tim Berners-Lee bekerja) diundang untuk bergabung dengan web gres ini bersama dengan orang awam juga. Website kemudian bisa digunakan oleh publik secara gratis pada tanggal 30 April 1993.


Jenis-Jenis Website


dikala


Sudah tidak perlu diragukan lagi bahwa dikala ini ada banyak sekali jenis website. Akan tetapi, website-website tersebut secara umum bisa dibagi menjadi 3 jenis yaitu dengan berdasarkan pada sifatnya, berdasarkan fungsinya dan berdasarkan kontennya. Adapun klarifikasi mengenai jenis-jenis website tersebut ialah sebagai berikut.


a. Berdasarkan Sifatnya


Berdasarkan pada sifatnya, maka website dibagi menjadi 2, yakni website statis dan website dinamis. Agar lebih paham, mari simak jenis-jenis website dan contohnya berikut ini.


1. Website Statis


Maksud dari website statis ialah halaman website yang tampilannya bersifat tetap atau tidak berubah-ubah. Kalaupun nanti pemiliknya ingin tampilan tersebut berubah, maka yang bersangkutan harus melakukannya secara manual, yakni dengan cara mengedit instruksi struktur websitenya.


Website jenis ini biasanya memiliki minimal 5 halaman utama yang akan menawarkan informasi perihal website itu sendiri. Sifatnya yang statis juga menciptakan interaksi antara pengelola dan pengunjung menjadi mustahil terjadi. Contoh dari jenis website yang pertama ini ialah search engine menyerupai Google dan company profile atau website perusahaan.


Tentunya, website statis memiliki sejumlah kelebihan dan kelemahan. Kelebihannya ialah sebagai berikut:



  • Lebih sederhana

  • Aman dari serangan hacker

  • Mudah dibaca oleh search engine atau mesin pencari

  • Tidak rentan terhadap kesalahan teknis

  • Mudah dikembangkan

  • Efisien tatkala disimpan dalam web hosting.


Sementara untuk kekurangan website statis ini ialah sebagai berikut.



  • Jika pengelolanya menginginkan perubahan, maka ia memerlukan tenaga yang jago dalam bidang tersebut

  • Konten akan cenderung gampang usang

  • Situs akan menjadi kurang berfaedah bagi para pengunjung


2. Website Dinamis


Kebalikan dari website statis, website dinamis ini merupakan website yang bisa berubah-ubah sesuai dengan kebutuhan. Perubahan tersebut bisa saja terjadi pada tampilannya ataupun fiturnya dan memang dirancang secara khusus biar bisa menampilkan konten yang diupdate sesering mungkin.


Selain itu, sebab merupakan kebalikan dari website statis, ciri website dinamis yang lainnya ialah mendukung interaksi antara pengelola dengan pengunjung. Adapun teladan jenis website yang kedua ini ialah katalog online, situs berita, website portal, situs E-commerce, website pribadi, blog langsung dan lain-lain.  Selain memiliki ciri khusus, website dinamis juga memiliki kelebihan serta kelemahan. Untuk kelebihannya ialah sebagai berikut:



  • Mempunyai fitur perhiasan yang jumlahnya cukup banyak

  • Mudah untuk mengembangkannya

  • Terdapat fitur yang mempermudah pihak pengelola maupun pihak pengguna untuk bekerjasama

  • Mempermudah penambahan konten baru

  • Memberikan kesan yang profesional

  • Memberikan pengalaman yang lebih menarik pada pengunjung


Sementara itu, kelemahan website dinamis ialah sebagai berikut:



  • Biaya hostingnya lebih mahal

  • Untuk pengembangannya dibutuhkan waktu yang lebih lama dan dana yang lebih banyak


b. Berdasarkan Fungsinya


Apabila melihat website berdasarkan fungsinya, maka jenis-jenis website yang ada cukup banyak. Beberapa di antaranya ialah sebagai berikut.


1. Blog


Pengertian website blog ialah website yang difungsikan untuk menuliskan informasi, pengalaman pribadi, ide, opini, cerita perjalanan dan lain-lain. Diperkirakan semenjak tahun 2000-an, blog ini sudah menjadi tren sebagai jurnal langsung yang sanggup diakses dan juga dikelola secara online.


2. Website Berita


Pengertian website gosip ialah website yang dibentuk dengan tujuan untuk menyebarluaskan gosip ataupun informasi secara khusus. Website ini bisa menyedot perhatian terutama dari orang-orang yang mengakibatkan website sebagai media serta sumber informasi.


3. Archive


Website archive ialah website yang difungsikan untuk menyimpan serta melestarikan banyak sekali konten elektronik yang disinyalir dan terancam hilang. Misalnya, Internet Archive yang mulai tahun 1996 sudah menyimpan banyak sekali halaman website dengan baik.


4. E-Commerce


Website E-Commerce ialah website yang difungsikan untuk transaksi jual beli produk, baik produk itu berupa barang maupun jasa. Dalam menunjang fungsi tersebut, website ini dilengkapi dengan fitur yang sanggup menggantikan sejumlah fungsi yang biasanya ada pada toko offline, contohnya pemesanan, pengecekan stok produk, wujud produk dan lain sebagainya.


5. Government


Seperti namanya, jenis website yang satu ini yaitu website yang resmi milik pemerintah lokal, departemen, pemerintahan, negara pecahan maupun pemerintah nasional suatu negara. Umumnya, website ini juga akan mengoperasikan website lain guna menawarkan informasi mengenai suatu tempat beserta banyak sekali peraturan yang ada di dalamnya.


6. Company Profile


Website company profile merupakan website yang sengaja dibentuk oleh perusahaan dan difungsikan untuk menawarkan informasi mengenai bisnis mereka. Adapun informasi yang dimaksud sanggup berupa visi dan misi, produk yang ditawarkan, alamat kantor serta kontak yang bisa dikunjungi.


7. Website Portal


Pengertian website portal secara singkat ialah website yang menyediakan aneka macam informasi serta kemudahan khusus bagi para pengunjungnya.


c. Berdasarkan Kontennya


Bila dilihat berdasarkan kontennya, maka akan ditemukan banyak sekali jenis website yang beberapa di antaranya disebutkan di bawah ini.


1. Website Gallery


Pengertian website gallery ialah jenis website yang memang dirancang secara khusus biar bisa digunakan sebagai galeri. Contoh website untuk jenis ini ialah website galeri foto, website galeri bazar seni dan lain sebagainya.


2. Website Cloud


Pengertian website cloud ialah website yang menawarkan kemudahan istimewa berupa penyimpanan dan sekaligus membuatkan berkas atau file untuk anggotanya. Contoh dalam hal ini ialah Google Drive.


3. Website Forum


Manfaat website lembaga ini sendiri di antaranya ialah memungkinkan para membernya untuk berinteraksi, berdiskusi bahkan bertukar informasi yang sesuai dengan topik yang tengah dibicarakan dalam lembaga tersebut.


4. Blog


Sama menyerupai sebelumnya, website satu ini umumnya berisi tulisan-tulisan yang akan dimuat sebagai postingan. Ada sebagian blog yang dikelola oleh satu orang penulis dan ada sebagian lainnya yang dikelola oleh beberapa orang penulis sekaligus. Kontennya sendiri macam-macam, tergantung dari penulis itu sendiri.


5. Website Berita


Website gosip yaitu salah satu website yang mengalami pembaharuan secara terpola dan sesering mungkin. Untuk kontennya sendiri, ini juga macam-macam diubahsuaikan dengan sasaran pembacanya. Sementara untuk fungsi website gosip itu sendiri ialah menawarkan informasi mengenai suatu kejadian.


6. Multimedia


Ini yaitu website yang isinya berupa window bagi pengguna biar bisa menonton video maupun mendengarkan audio tanpa perlu mengunduh filenya terlebih dahulu. Namun terkadang website ini juga sanggup berupa galeri foto.


7. E-Learning


Ini yaitu website yang umum digunakan dalam organisasi pendidikan maupun perusahaan untuk menyediakan pembinaan maupun kemudahan berguru melalui internet.


8. Corporate Website


Corporate website ini sendiri yaitu website yang begitu kompleks, di mana di dalamnya terdapat informasi yang lengkap perihal suatu perusahaan yang umumnya dimulai dari latar belakang perusahaan, pengurus perusahaan bahkan hingga aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan.


Manfaat Website


dikala


Kehadiran website tentu saja menawarkan banyak manfaat, dan di antara manfaat yang ditawarkan oleh website ini ialah sebagai berikut.



  • Membantu mempermudah penyebaran informasi dengan cepat

  • Membantu mempermudah aktivitas promosi dan pemasaran produk sebab bisa menjangkau wilayah yang luas dan orang yang banyak dalam waktu yang sama

  • Bisa menjadi sarana hiburan

  • Bisa menjadi sarana edukasi

  • Bisa menjadi sarana dalam berkomunikasi

  • Bisa dijadikan sumber penghasilan


Contoh Website


dikala


Berbagai teladan alamat website standar serta website profesional seringkali dijadikan sebagai sumber ilham bagi mereka yang ingin memulai websitenya sendiri. Kaitannya dengan hal tersebut, berikut ini ada 10 teladan website yang menarik, populer dan sanggup dikunjungi, antara lain.



  1. Coca Cola

  2. Unilever

  3. Nestle

  4. Babyzania

  5. BNI

  6. Net TV

  7. Telkom Indonesia

  8. Samsung

  9. Microsoft

  10. Bio Farma


Beberapa Istilah yang Berkaitan dengan Website


dikala


Ketika berbicara perihal website, maka akan ada sejumlah istilah yang sering disinggung di dalamnya. Beberapa di antara istilah-istilah tersebut ialah sebagai berikut.



  • WWW atau World Wide Web ialah ruang yang menjadi tempat berkumpulnya informasi sekaligus menjadi sistem yang akan mengirimkan serta menyebarkan data melalu internet dalam skala besar

  • Web Sites atau Situs Web ialah alamat khusus yang ada di internet dan menyediakan informasi khusus pula

  • Web Pages atau Halaman Web ialah elemen penyusun situs web. Apabila situs web diumpamakan sebagai buku, maka halaman web yaitu halaman dalam buku yang di dalamnya berisi informasi tertentu

  • Home Page atau Halaman Muka ialah halaman yang paling depan dari sebuah situs web

  • Browser ialah aplikasi atau software khusus yang sanggup dimanfaatkan untuk menjelajah internet menyerupai Mozilla Firefox, Google Chrome dan lain-lain

  • Universal Resource Locator atau URL ialah alamat suatu website

  • Hypertext Transfer Protocol atau HTTP ialah pecahan dari URL yang akan mengidentifikasi lokasi suatu website

  • Search Engine atau Mesin Pencari ialah situs web yang sanggup dimanfaatkan untuk mencari informasi yang terdapat di internet

  • Hyperlink merupakan kemudahan yang bisa mengarahkan user atau pengguna dari suatu alamat ke alamat yang lain

  • Domain ialah nama suatu website yang bisa mempermudah pengguna internet mengingatnya

  • Hosting ialah ruang khusus yang menjadi tempat untuk menyimpan data-data website

  • Address Bar ialah sebuah kotak yang menjadi tempat untuk memasukkan domain atau alamat web

  • Content atau konten ialah isi dari website yang bisa meliputi gambar, teks, video maupun yang lainnya


Pemanfaatan Website untuk Bisnis Di Masa Sekarang


dikala


Berkembangnya teknologi dan ditemukannya internet serta website telah menawarkan banyak imbas pada kehidupan manusia. Khusus untuk website sendiri, sudah banyak pihak yang memanfaatkannya untuk masuk ke dunia digital dan memperkenalkan produknya dalam skala yang lebih luas.


Website ini sendiri juga sudah terbukti keuntungannya untuk bisnis, di antaranya ialah menciptakan aktivitas promosi menjadi lebih mudah. Bukan hanya itu saja, promosi ini juga menjadi seolah tidak terbatas sebab orang-orang yang berada di belahan dunia manapun bisa mengetahui produk yang dipromosikan tersebut.


Kemudian, dengan fungsi website yang utama yaitu sebagai sumber informasi, kepercayaan konsumen terhadap bisnis bisa menjadi lebih meningkat. Bagaimana bisa? Tentu saja bisa sebab website menciptakan bisnis menjadi lebih profesional.


Selain itu, perusahaan juga sering memanfaatkan website untuk mencari tenaga kerja yang dibutuhkan termasuk menjalin kerjasama dengan pemilik bisnis yang lain. Bahkan mereka juga menggunakannya biar bisa selalu terhubung dengan konsumen serta meningkatkan pelayanan kepada mereka.


Sebagai kesimpulan, pengertian website yaitu sebuah tempat di internet yang menyediakan banyak sekali informasi, di mana informasi tersebut sanggup berupa suara, teks, video, gambar maupun yang lainnya yang disimpan dalam suatu server. Website ini terdiri atas banyak sekali jenis yang contohnya sangat gampang ditemukan. Manfaatnya juga sangat banyak, namun manfaat yang utama ialah membantu penyebaran informasi dengan lebih cepat.


Saat ini internet dan website sudah meliputi hampir semua aspek kehidupan, bahkan sebagian orang memanfaatkannya untuk menambah pendapatan. Demikian pembahasan mengenai pengertian website berdasarkan para jago dan sejumlah informasi lainnya, semoga bermanfaat.




Baca juga:



FAST DOWNLOADads
| Server1 | Server2 | Server3 |
Download
Next Post Previous Post