Seram, Inilah 5 Tarian Khas Indonesia Yang Bikin Penarinya Kerasukan

FAST DOWNLOADads
Download

Menari merupakan salah satu ekpresi atau ungkapan perasaan insan yang diungkapkan melalui gerakan. Pada umumnya menari sering kita lakukan pada dikala mendengar sebuah lagu atau irama. Namun, tak jarang pula menari dilakukan ketika suasana hati sedang baik atau gembira. Selain itu, menari merupakan sebuah talenta atau keterampilan khusus yang dimiliki seseorang.

Berbicara wacana menari atau tarian, Indonesia sendiri mempunyai banyak sekali tarian tradisional yang berasal dari aneka macam daerah, menyerupai tari jaipong, tari kecak, tari remong, tari yapong dan masih banyak lagi. Beberapa tarian tersebut sangat popular dan merupakan salah satu cirti khas dari aneka macam tempat Indonesia.

Selain itu, beberapa tarian yang berasal dari Indonesia dipercayai ada campur tangan makhluk halus, pasalnya ada beberapa tarian dari tempat tertentu yang menciptakan para penarinya setengah sadar atau bahkan tidak sadar sama sekali tetapi melenggok-lenggokan tubuhnya secara romantis, bahkan beberapa diantaranya ada yang menari diatas bara api dan bermain benda tajam. Penasaran tarian apa saja itu? Simak dibawah ini.

5 Tarian Mistis yang Sengaja Dibikin Kesurupan Penarinya


1. Tari Sintren (Tarian Tradisional Jawa)

 Menari merupakan salah satu ekpresi atau ungkapan perasaan insan yang diungkapkan melal Seram, Inilah 5 Tarian Khas Indonesia yang BIkin Penarinya Kerasukan

Tari sintren merupakan salah satu tarian yang lekat dengan aroma mistis dan ghaib. Karena, Dewi Lanjarsari yang merupakan Ratu penguasa pantai pulau jawa bab utara selalu hadir setiap kali program tradisional ini digelar.

Tarian ini merupakan tarian yang sangat diyakini oleh sebagian besar masyarakat Jawa, terutama di wilayh pesisir utara, Pemalang dan Cirebon. Selain itu, tidak sembarang orang dapat menjadi penari sintren, alasannya ialah hanya perawan ting-ting dan mempunyai keturunan bersahabat dengan leluhurnya yang pernah menjadi seorang penari sintren.

2. Tari Salai Jin


Tari salai jin merupakan tarian tradisional yang berasal dari Pulau Ternate, Maluku Utara. Tarian ini sangat berkaitan dengan hal-hal mistis, alasannya ialah orang yang melaksanakan tarian ini berada dalam kondisi trance atau kerasukan makhluk halus. Sehingga tarian salai jin ini dilarang dilakukan oleh sembarang orang.

Selain itu, tari salai jin harus dilakukan berkelompok dan jumlahnya harus genap dilarang ganjil, alasannya ialah diyakini akan membawa sial atau petaka kepada para penarinya tersebut.

3. Bambu Gila, Tarian Mistis dari Maluku


Bambu gila merupakan salah satu tarian yang paling terkenal di Indonesia. Namun, dalam tarian kali ini bukan sang penari yang trace atau kerasukan tetapi sebatang bambu. Bambu besar yang mempunyai panjang sekitar 2,6 meter akan dipegang oleh 8 hingga 10 orang. Kemudian sang pawang akan melaksanakan ritual tertentu, sehingga bambu tersebut mempunyai kekuatan mistis dan menciptakan para pemegang bambu tersebut kewalahan.

4. Tari Jaran Kepang (Kuda Lumping, Jawa Timur)


Tidak kalah terkenal dengan tarian tradisional lainnya, Tari Jaran Kepang atau Kuda Lumping ini terkenal dengan tarian yang mempunyai campur tangan ghaib. Sang penari akan mnunggangi kuda kulit dan kemudian melaksanakan hal-hal asing yang tak masuk akal, bahkan memakan ayam mentah hingga kaca atau beling.

5. Seni Tradisional Bantengan


Seni tradisional bantengan merupakan budaya tradisional peninggalan kerajaan Singosari yang menghubungkan seni tari, ilmu kanuragan, musik, syair dan mantra-mantra yang lekat dengan hal-hal mistis. Seni tradisional bantengan ini diperankan dua orang penari, yang satu bertugas sebagai kaki depan dan pemegang kepala banteng dan satunya lagi dibelakang.

Lihat juga:

Itulah 5 tarian khas Indonesia yang berkaitan dengan hal-hal mistis. Bagaimana menarik bukan? Semoga bermanfaat.

FAST DOWNLOADads
| Server1 | Server2 | Server3 |
Download
Next Post Previous Post