Berita Acara Adalah

FAST DOWNLOADads
Download

–  Setiap organisasi mempunyai banyak kegiatan yang harus diselenggarakan dengan baik dan didokumentasikan secara benar. Salah satu dokumentasi yang harus ada dalam sebuah kegiatan resmi organisasi yakni isu acara. Sebenarnya, ada banyak jenis dan contoh isu acara yang digunakan untuk keperluan yang berbeda.


Pada sebuah rapat penting yang dihadiri pimpinan, anggota, serta klien, keberadaan notulensi rapat dalam bentuk isu kegiatan wajib ada. Jika pada kemudian hari dibutuhkan, isu kegiatan ini sanggup menjadi arsip yang berguna. Dalam artikel ini, akan dijelaskan apa itu isu acara, jenis, struktur, fungsi, syarat sah dan banyak sekali contohnya.


Pengertian Berita Acara


  Setiap


Sebuah isu kegiatan yakni catatan yang menjadi bukti resmi suatu pernyataan dan ratifikasi yang bersifat legal di mata hukum. Sebuah isu kegiatan penting untuk mengabadikan terjadinya suatu peristiwa. Seseorang yang kehilangan KTP di jalan, harus menghubungi pihak kepolisian untuk meminta isu kegiatan kehilangan. Ini nantinya menjadi syarat pengurusan KTP baru.


Setiap isu kegiatan biasanya diperbanyak dan dilegalisasi beberapa kali, sesuai dengan jenis dan kebutuhan pihak terkait. Jika masing-masing pihak sudah mendapatkan salinannya, isu kegiatan orisinil akan disimpan sebagai arsip oleh forum yang mengeluarkannya. Jika pada masa depan dibutuhkan, harapannya isu kegiatan tersebut sanggup dilihat kembali di bab arsip.


Jenis dan Fungsi Berita Acara


  Setiap


Berita kegiatan banyak diharapkan di banyak sekali waktu dan kondisi, maka surat ini mempunyai banyak sekali jenis dan fungsi yang berbeda pula. Berikut yakni beberapa jenis isu kegiatan yang sering digunakan beserta fungsinya.




  • a) Berita Acara Rapat




Berita kegiatan rapat biasanya dibentuk oleh notulen rapat. Secara umum isinya memuat waktu dan daerah berlangsungnya rapat, serta poin-poin hasil rapat yang telah disepakati bersama. Berita kegiatan ini biasanya cukup ditandatangani oleh sekretaris dan pimpinan rapat. Berita kegiatan ini penting untuk mendokumentasikan hasil rapat secara legal.




  • b) Berita Acara Serah Terima




Ada tiga jenis isu kegiatan serah terima yang biasanya dibuat. Yang pertama yakni isu kegiatan untuk serah terima jabatan. Fungsi dari isu kegiatan ini yakni sebagai bukti legal bahwatelah terjadi serah terima jabatan. Surat ini harus diketahui dan ditandatangani oleh orang yang memegang jabatan, orang yang diserahi jabatan, serta pimpinan yang menyetujui pemindahan jabatan tersebut.


Yang kedua yakni isu kegiatan untuk serah terima hasil pekerjaan. Berita kegiatan ini dibentuk sebagai bukti bahwa suatu pekerjaan yang ditugaskan oleh pihak pemberi kerja telah selesai dilakukan oleh pihak pelaksana. Biasanya serah terima ini dibentuk di final masa sebuah proyek, ketika hasil pekerjaan sudah terlihat dan rampung.


Yang ketiga yakni isu kegiatan untuk serah terima barang. Tiap organisasi legal yang melaksanakan perpindahan barang (baik pembelian maupun penjualan), niscaya membutuhkan sebuah bukti serah terima. Contoh dalam golongan ini yakni isu kegiatan serah terima barang pada seorang guru yang memesan 100 set dingklik dan meja untuk sebuah sekolah.




  • c) Berita Acara Kejadian




Berita kegiatan kejadian yakni teks yang menggambarkan kronologi kejadian tertentu. Peristiwa ini sanggup meliputi kejadian perampokan, pembunuhan, kecelakaan, kehilangan, dan masih banyak lagi. Fungsi isu kegiatan ini sangat banyak, di antaranya yakni sebagai salah satu alat bukti kepolisian, rumah sakit, dan sebagainya.




  • d) Berita Acara Kegiatan




Setelah sebuah kegiatan baik formal maupun informal dilaksanakan, ada baiknya menciptakan isu kegiatan kegiatan sebagai dokumentasi legal. Kegiatan yang dimaksud sanggup bermacam-macam, mulai seminar, workshop, diskusi ilmiah, pagelaran seni, pertandingan olahraga, hingga sebuah konser. Isi isu kegiatan ini sanggup meliputi banyak sekali keterangan terkait pencapaian atau penilaian dari sebuah kegiatan.




  • e) Berita Acara Kesepakatan




Berita kegiatan kesepakatan dibentuk untuk mengabadikan hasil kesepakatan banyak sekali pihak yang hadir dalam suatu pertemuan. Berita kegiatan ini bersifat mengikat, sehingga orang-orang yang menyetujuinya harus berkomitmen untuk menjalankan semua pasal dalam isu kegiatan kesepakatan.




  • f) Berita Acara Pemeriksaan




Berita kegiatan investigasi merupakan notulensi legal yang diterbitkan oleh pihak kepolisian. Berita kegiatan pemeriksaan, atau yang lebih bersahabat disingkat sebagai BAP, mendokumentasikan hasil investigasi polisi terhadap saksi, tersangka, atau korban dalam suatu kejadian. Berita kegiatan ini juga sanggup berfungsi sebagai salah satu bukti legal di mata pengadilan.


Berbeda dengan isu kegiatan lainnya yang cenderung pendek, sebuah BAP sanggup jadi sangat panjang, tergantung kondisi pemeriksaan. Di dalam BAP terkandung pertanyaan penyidik dan tanggapan pihak yang diperiksa, secara rinci. Setelah selesai dibuat, BAP harus ditandatangani penyidik dan pihak yang diperiksa.


Selain untuk mendokumentasikan penyidikan, BAP juga mempunyai banyak fungsi lain. Diantaranya yakni untuk bukti penangkapan, penggeledahan, penyitaan benda, penahanan, investigasi surat, dan investigasi lokasi kejadian.


Ciri-Ciri Berita Acara


  Setiap


Meskipun ada banyak jenis isu acara, ada kesamaan yang menjadi ciri-cirinya. Diantaranya yakni sebagai berikut:



  • Menggunakan bahasa baku yang gampang dimengerti

  • Dibuat sesuai fakta, tanpa ada tambahan apapun

  • Ditulis dengan lengkap, padat dan jelas

  • Menampilkan detail keterangan waktu dan daerah kejadian atau kegiatan

  • Dibuat segera sesudah sebuah kejadian terjadi atau kegiatan dilaksanakan

  • Ditandatangani oleh pihak-pihak yang bersangkutan

  • Menggunakan materai (khusus untuk yang akan digunakan untuk keperluan pengadilan)


Contoh Berita Acara Rapat


  Setiap


Dalam sebuah isu kegiatan rapat, harus ada keterangan waktu, tempat, agenda, serta hasil rapat. Berita kegiatan sanggup juga disebut sebagai notulensi resmi yang nantinya akan disimpan dalam arsip. Ada beberapa contoh isu kegiatan terkait rapat, diantaranya sebagai berikut.




  • Contoh Berita Acara Rapat Perusahaan




Salah satu contoh isu kegiatan rapat yakni notulensi resmi pada kegiatan rapat di sebuah perusahaan. Biasanya isu kegiatan ini dicetak di kertas yang telah dilengkapi kop surat sesuai forum yang melaksanakan rapat.



BERITA ACARA


RAPAT PENJELASAN PEKERJAAN


Nomor


Tanggal


Pekerjaan


Nama Kegiatan


Lampiran


: 19/98.53.8/PDR/BAPP/Per/2019


: 21 Oktober 2019


: Pengadaan Media dan Alat Peraga


: Penyelenggaraan Koordinasi Media Pengadaan Alat Peraga


: Daftar media dan alat peraga beserta perusahaan pemenang tender


Pada hari Senin, 21 Oktober 2019, bertempat di Aula AVA 598 Lantai 4, Kampus Universitas Mercusuar, Jember, dimulai pukul 08.00, panitia pengadaan barang menyelenggarakan rapat dengan uraian sebagai berikut:


A.      Rapat dipimpin oleh Indra Gunawan sebagai ketua panitia.


Anggota panitia yang hadir:


1.       Irhamullah


2.       Zainur Razikin


3.       Indah Kusuma Dewi


4.       Istiara Annisa


B.      Perusahaan yang telah memenangkan tender sebanyak 15 perusahaan dan yang menghadiri rapat klarifikasi pekerjaan sebanyak 14 perusahaan (lihat daftar hadir pada lampiran 1).


C.      Poin-poin yang dibicarakan:


1.       Sosialisasi daftar media dan alat peraga beserta perusahaan pemenang tender


2.       Lembar konfirmasi kualitas dan kuantitas barang


3.       Penjelasan teknis


4.       Formulir kualifikasi


D.      Hasil dari rapat ini, serta daftar pertanyaan dan tanggapan dalam diskusi, secara rinci disampaikan dalam lampiran 2.


E.       Rapat ditutup pada pukul 13.30 WIB.


 


Ketua Panitia


Indra Gunawan


Mengetahui,


Supervisor Pengadaan Barang


Rindu Hafidza Ifti





  • Contoh Berita Acara Rapat Anggota Tahunan Koperasi




Dalam Rapat Anggota Tahunan yang dilakukan sebuah koperasi, banyak keputusan dan kesepakatan yang dihasilkan. Hal ini perlu diabadikan dalam sebuah isu acara


BERITA ACARAHASIL RAPAT ANGGOTA TAHUNAN (RAT)


Pada hari ini, Senin, 21 Oktober 2019, bertempat di Balai RW 04 Kelurahan Perak, telah diadakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun 2019. RAT diikuti oleh pengurus, anggota, pengawas, serta tamu permintaan yakni ketua dan wakil Dinas Koperasi Kota Lawe. Hasil RAT tahun 2019 sanggup dijabarkan sebagai berikut:


A.      Peserta RAT mendapatkan dan mendapatkan salinan LPJ (Laporan Pertanggungjawaban) Pengurus Koperasi Simpan Pinjam SEJATI SEHATI tahun 2019.


B.      Peserta RAT mendapatkan dan mendapatkan salinan LPJ (Laporan Pertanggungjawaban) Pengawas Koperasi Simpan Pinjam SEJATI SEHATI tahun 2019.


C.      Hasil musyawarah peserta RAT menyepakati susunan kepengurusan periode selanjutnya, yakni 2019-2024 yakni sebagai berikut:


·         Pengurus Harian


Ketua: Eksanti Ikrimah Gayo


Wakil Ketua: Andi Junaedi Arief


Sekretaris 1: Rinda Endri Wulandari


Sekretaris 2: Ardian Eko Putrama


Bendarahara: Wachid Ahmad Sudianto


 


·         Badan Pengawas


Ketua: Muhammad Munawwar Wisesa


Anggota: Muflihah Ayu Dian


D.      Peserta RAT siap mendukung dan mensukseskan banyak sekali kegiatan pengembangan Koperasi Simpan Pinjam SEJATI SEHATI.


Demikian isu kegiatan Rapat Anggota Tahunan (RAT) 2018/2019 ini dibentuk dengan sebaik-baiknya tanpa ada rekayasa.


 


Atas nama peserta RAT,


1.       Eksanti Ikrimah Gayo


2.       Andi Junaedi Arief


3.       Muhammad Munawwar Wisesa


4.       Faizah Fitriani


5.       Arfan Irama


Lawe, 21 Oktober 2019


 


: (__________________)


: (__________________)


: (__________________)


: (__________________)


: (__________________)





  • Contoh Berita Acara Rapat Kelulusan




Dalam isu kegiatan rapat kelulusan, biasanya di bab atas kertas telah tercetak kop khusus sebagai identitas. Jika belum ada, maka perlu dibentuk kop khusus dulu berdasarkan peraturan sekolah masing-masing. Baru sesudah itu gunakan contoh berikut sebagai acuan.


PENETAPAN KRITERIA KELULUSAN SISWA SMP KELAS IXSMP NEGERI 1 CISARUA


TAHUN PELAJARAN 2018/2019


NO 543.9/143/996.775.97/2019


Acara ini diselenggarakan berdasarkan UU nomor 20 Tahun 2003 yang memuat peraturan terkait Sistem Pendidikan Nasional, dan PP no 19 Tahun 2005. Dalam rapat ini, dibahas beberapa hal terkait:


A.      Kriteria terkait lulus tidaknya peserta UASBN berhak ditetapkan oleh setiap sekolah atau madrasah yang peserta


didiknya mengikuti UASBN.


B.      Syarat-syarat kelulusan peserta yang telah mengikuti UASBN ditetapkan melalui Rapat Dewan Guru yang mencakup:


·         Nilai minimum setiap mata pelajaran yang diujikan


·         Nilai rata-rata ketiga mata pelajaran


Acara ini diselenggarakan pada 22 Mei 2019, bertempat di Aula SMP Negeri 1 Cisarua, pada pukul 08.00-11.00. Diskusi ni dihadiri oleh 29 orang peserta rapat.


Dari hasil musyawarah dalam kegiatan ini, menetapkan bahwa Nilai Akhir (NA) kelulusan adalah:


Bahasa Indonesia: 3.50


Bahasa Inggris: 3.50


Matematika: 3.12


IPA: 3.00


Kelulusan UASBN ini nantinya akan digunakan sebagai bab dari pertimbangan penentuan lulus atau tidaknya seorang peserta didik dari sekolah atau madrasah.


 


Ketua Komite


 


 


Basuki Rahmat, S.T


Cisarua, 21 Oktober 2019


Mengetahui,


Kepala Sekolah


 


Syafrizal Yudi S.Pd, M.Pd.



Contoh Berita Acara Serah Terima


  Setiap


Acara serah terima biasanya selalu melibatkan minimal dua pihak yang terlibat. Berita kegiatan cukup dibentuk oleh salah satu pihak untuk ditandatangani keduanya.




  • Contoh Berita Acara Serah Terima Jabatan




Contoh isu kegiatan serah terima yang pertama yakni terkait pemindahan jabatan. Secara rinci, isu kegiatan sanggup dibentuk sesuai teladan berikut ini.


BERITA ACARA SERAH TERIMA JABATANKETUA UKM KEPENULISAN UNIVERSITAS VALENCIA


No: 768/I/SERTIJAB/9.II/2019


Pada hari Senin, 21 Oktober 2019, bertempat di Aula Fakultas Sastra Universitas Valencia, Bantur, diselenggarakan serah terima jabatan ketua UKM Kepenulisan Universitas Valencia. Mengingat bahwa batas kepengurusan yakni tanggal 22 Oktober 2019, maka kami masing-masing yang bertanda tangan di bawah ini:


I.            Nama


NIM


Fakultas/Jurusan


Jabatan


 


II.            Nama


NIM


Fakultas/Jurusan


Jabatan


: Agung Indra Lexell


: 20168004415


: Sastra/Sastra Indonesia


: Ketua UKM Kepenulisan Universitas Valencia, yang kemudian disebut pihak kesatu.


: Eliana Yusi


: 10177006675


: Sastra/Sastra Inggris


: Anggota UKM Kepenulisan Universitas Valencia, yang kemudian disebut pihak kedua.


 


A.      Pihak kesatu dengan ini menyerahkan hak dan kewajiban serta tanggung jawab sepenuhnya kepada pihak kedua


B.      Pihak kedua mendapatkan segala hak, kewajiban serta tanggung jawab atas UKM Kepenulisan Universitas Valencia


C.      Serah terima jabatan dan kiprah ini sah dan dilakukan di hadapan sebagian besar anggota UKM Kepenulisan Universitas Valencia.


D.      Jika ada hal yang kurang terperinci terkait kepentingan organisasi UKM Kepenulisan Universitas Valencia, maka pihak kedua sanggup menghubungi pihak pertama.


 


Demikian Berita Acara Serah Terima Jabatan ini dibentuk dengan sesungguhnya, untuk digunakan sesuai kebutuhan masing-masing pihak.


 


 


Pihak 1                                  Pihak 2


 


Agung Indra Lexell              Eliana Yusi


Bantur, 21 Oktober 2019


Mengetahui,


Pembina UKM Kepenulisan


 


Dr. Irwan Hadi Sutomo





  • Contoh Berita Acara Serah Terima Hasil Pekerjaan




Berikut ini yakni contoh isu kegiatan pekerjaan yang melibatkan dua pihak, yaitu pihak pemberi pekerjaan dan akseptor pekerjaan.


BERITA ACARA SERAH TERIMA HASIL PEKERJAANNo: 768/34/i/STP/HU/9/008


Pada hari ini, Senin tanggal 21 Oktober 2019, telah dilakukan serah terima hasil pekerjaan oleh pihak-pihak berikut:


I.            Nama: Fathir Muhammad


Perusahaan: Perseorangan


Alamat: Jalan Bulutangkis Blok G nomor 5, Malang, Jawa Timur


Selanjutnya disebut Pihak Pertama.


II.            Nama: Hanun Nisrina Yuliani


Perusahaan Penerima: PT. Suara Karya


Alamat: Jalan Basket VIII/89 Surabaya, Jawa Timur


Selanjutnya disebut PIHAK KEDUA.


Berdasarkan Surat Perjanjian dengan 768/34/i/STP/HU/9/008 perihal penulisan artikel untuk search engine optimization (SEO). Pihak Pertama memberikan untuk perkembangan pekerjaan sudah sesuai dengan syarat yang disepakati semenjak awal dan telah diselesaikan 100%, serta diterima dengan baik oleh Pihak Kedua. Berita kegiatan ini juga memuat lampiran invoice yang menjadi kewajiban Pihak Kedua terkait proses pembayaran atas jasa yang diberikan Pihak Pertama.


Detail invoice yakni sebagai berikut:


·         Nomor Invoice: A-10/10/2019


·         Nominal Invoice: Rp10.000.000,00


Demikian isu kegiatan serah terima ini dibentuk sebaik-baiknya, serta ditandatangani oleh kedua belah pihak sebagai syarat sah.


Pihak Pertama,


 


Fathir Muhammad


Penulis


Pihak Kedua,


(Letak Materai di Sini)


Hanun Nisrina Yuliani


Manajer PT Suara Karya





  • Contoh Berita Acara Serah Terima Barang Atau Dokumen




Berita kegiatan ini penting untuk memastikan adanya bukti legal ketika salah satu atau kedua pihak membutuhkan keterangan resmi terkait sebuah barang atau dokumen.


BERITA ACARA SERAH TERIMA SKHUN SEKOLAH MENENGAH PERTAMATAHUN PELAJARAN 2018/2019


Pada hari ini, Jumat tanggal 21 Juli 2019, yang bertanda tangan di bawah ini:


I.            Nama: Sa’diyah Annisa Dewi S.Pd M.Pd


NIP: 189 637 27262662


Jabatan: Ketua Panitia UN 2018/2019 Seksi Dinas Pendidikan Menengah Kota Jombang


Alamat: Jl. Titanium 8 Blok C no 24


Dalam isu kegiatan ini bertindak dan mengambil keputusan atas nama Dinas Pendidikan Menengah Kota Jombang, yang selanjutnya disebut Pihak Pertama.


II.            Nama: Astrid Wirdasari Julia S.Pd, M.Pd


NIP: 111 767 875 89887


Jabatan: Kepala SMP Negeri 62 Jombang


Alamat: Jl. Tebing Breksi Timur Gang 7 No 788


Dalam isu kegiatan ini bertindak dan mengambil keputusan atas nama SMP Negeri 62 Jombang, yang selanjutnya disebut Pihak Kedua.


Pihak Pertama menyerahkan kepada Pihak Kedua, dan Pihak Kedua mendapatkan SKHUN SMP Tahun Pelajaran 2018/2019 dalam kondisi utuh, lengkap dan baik.


Rincian serah terima yakni sebagai berikut:

















Nama SekolahTotal Jumlah SKHUN SahRentang Nomor SKHUNKeterangan
SMP Negeri 62 Jombang300 lembarDN 02 DD 0034578 hingga dengan 0034878Lengkap dan sesuai daftar nama peserta UN yang telah diserahkan sebelumnya

 


Demikian isu kegiatan serah terima dokumen ini dibentuk sesuai data dan kondisi.


Pihak Kedua,


Astrid Wirdasari Julia S.Pd, M.Pd


NIP: 111 767 875 89887


 


Saksi-Saksi:


1.       Iskarima Iskandar M.Pd


2.       Fathur Ridwan Anam, M.Pd


Pihak Pertama,


Sa’diyah Annisa Dewi S.Pd M.Pd


NIP: 189 637 27262662


 


 


( _____________________________ )


( _____________________________ )



Contoh Berita Acara Kejadian


  Setiap


Salah satu ciri utama isu kegiatan kejadian yakni adanya penyampaian kronologi sebuah kejadian dalam bentuk tulisan. Pembuatan isu sanggup dilakukan segera sesudah ada kejadian yang penting untuk didokumentasikan secara legal. Berita kegiatan terkait tindak kriminal biasanya masuk dalam golongan ini, sebelum masuk ke ranah penyidikan.




  • Contoh Berita Acara Kehilangan




Contoh isu kegiatan kehilangan sebetulnya sangat gampang dipahami. Berikut yakni teladan narasi yang sanggup dimodifikasi sesuai kebutuhan.


BERITA ACARA KEHILANGANTAPE AUDIO MOBIL


Yang bertanda tangan di bawah ini:


Nama: Masduki Ridwan Yuniarto


Jabatan: Supervisor


Menyatakan bahwa pada:


Hari: Senin, 21 Oktober 2019


Waktu: 08.00


Telah terjadi kehilangan barang berupa sebuah tape audio pada kendaraan beroda empat Triton AR 7865 HY. Secara kronologis, kejadian dimulai ketika driver yang sedang memanaskan kendaraan beroda empat untuk bekerja pada shift siang. Saat mengecek bawaan dan kelengkapan mobil, diketahui bahw tape audio telah tidak berada pada tempatnya. Driver segera melapor pada supervisor, yang eksklusif mengecek CCTV.


Dari CCTV, diketahui bahwa kehilangan tersebut merupakan sebuah pencurian. Saat ini kasus pencurian sudah dilimpahkan kepada pihak kepolisian untuk ditindaklanjuti.


Demikian isu kegiatan ini kami tulis dengan sesungguhnya, tanpa ada rekayasa.


 


Yang Melaporkan,


 


Andrean


Driver


Bandung, 09 Agustus 2019


Mengetahui


 


Masduki Ridwan Yuniarto


Supervisor





  • Contoh Berita Acara Kecelakaan Kerja




Salah satu contoh isu kegiatan kejadian yakni isu kegiatan kecelakaan kerja. Berita kegiatan ini nantinya sanggup digunakan untuk mengurus asuransi untuk pengobatan.


BERITA ACARA KECELAKAAN KERJANomor: B/2681/II/4/843


Pada hari ini, Senin tanggal 21 Oktober 2019, kami atas nama PT SELARAS HIDUP pertanda bahwa:


Nama: Fauzan Karim


NIK: 11100895


Jabatan: Kurir


No KPJ: 100466574


Kronologi Kejadian:


Hari ini, sekitar jam 08.30 WIB, Saudara Fauzan Karim sedang bekerja mengangkat barang yang akan diantar, dan memindahkannya dari lantai 3 ke lantai 1. Karena lift barang sedang rusak, yang bersangkutan memakai tangga darurat. Di tengah perjalanan dari lantai 3 ke lantai 2, yang bersangkutan terpeleset dan jatuh hingga mengalami sakit. Pihak kesehatan PT SELARAS HIDUP segera mengantar korban ke RSSA Agus Salim, Tangerang


Demikian isu kegiatan kecelakaan kerja ini, dibentuk dengan sebenar-benarnya.


Pembuat Laporan,


Fatih Ilham Aryanto


Supervisor Divisi Pengantaran


Tangerang, 21 Oktober 2019,


Mengetahui,


 


Redo Afrizal S.T.


Manajer SDM





  • Contoh Berita Acara Perampokan




Saat ini banyak tindak kriminal yang terjadi, tapi tidak semuanya mempunyai isu acara. Untuk membuatnya, sanggup mengikuti teladan berikut ini.


BERITA ACARA KEJADIANNomor: C24/II/ANH/10/2019


Pada hari Senin, tepatnya tanggal 20 Oktober 2019 pukul 22.00 WIB,


Saya, Farhan Hilmi, dengan jabatan Sekretaris Umum Polresta Lebak Bulus, telah mendapatkan laporan terkait terjadinya tindak kriminal. Selanjutnya, saya menciptakan isu kegiatan sebagai berikut:


Saya menerima laporan dari:


Nama: Agus Darmawan


Pekerjaan: Satpam Perumahan Saxophone


Alamat: Jalan Saxophone Gang 1 no 543, Lebak Bulus


Yang telah memberikan kronologi kejadian kejadian perampokan.


Saya dibantu oleh Brigpol Mahendra Setiawan telah mengunjungi lokasi kejadian dan memohon keterangan serta menyidik informasi dari korban dan juga para saksi mata. Beberapa keterangan yang berhasil didapatkan adalah:


a)       Korban


Nama: Andari Deswita


Umur: 30 tahun


Alamat: Jalan Saxophone no 45, Lebak Bulus


b)      Pelaku


Nama: Dion


Umur: 46 tahun


Alamat: Jalan Werkudara, Bandung


Dengan rincian kejadian sebagai berikut:


1.       Kerugian yang ditimbulkan berupa uang sebanyak Rp7.000,000,00.


2.       Barang bukti yang telah diamankan berupa SIM dan pistol rakitan.


3.       Dalam kronologi kejadian, korban keluar dari sentra perbelanjaan sesudah menjual perhiasannya. Saat sedang berjalan menuju daerah parkir yang agak jauh. Tiba-tiba sang pelaku mendekati dan mengancam korban dengan pistol. Korban menyerahkan uang yang dibawanya. Saksi kebetulan menyaksikan hal ini dan memanggil warga untuk menangkap pelaku. Akhirnya sang pelaku berhasil ditangkap.


4.       Tindakan aturan yang diambil yakni menangkap pelaku dan mengajak saksi dan korban ke kantor polisi untuk menjalani penyidikan.


Demikian isu kegiatan ini dibentuk sebaik-baiknya tanpa ada paksaan dari siapapun. Berita kegiatan ini sah dan sanggup digunakan untuk banyak sekali keperluan persidangan selanjutnya.


 


 


Pembuat Berita Acara


 


Farhan Hilmi


 


Lebak Bulus, 20 Oktober 2019


Mengetahui,


 


Irfan Nidhom



Contoh Berita Acara Kegiatan


  Setiap


Setiap kegiatan yang dilaksanakan niscaya terkait dengan beberapa unsur. Diantaranya yakni jumlah peserta, rangkaian acara, dan hasil dari kegiatan tersebut.




  • Contoh Berita Acara Seminar




Berita kegiatan seminar perlu dibentuk dalam format resmi dan ditandatangani oleh pihak yang berkepentingan melaksanakan pengawasan. Salah satu misalnya yakni Seminar Laporan Terkait Hasil Penelitian Tindakan Kelas berikut ini.


BERITA ACARA SEMINARLAPORAN HASIL PENELITIAN TINDAKAN KELAS


Nomor: 6786/II/N/737


 


Pada hari ini, Senin tanggal 21 Oktober 2019, yang bertanda tangan di bawah ini:


Nama


NIM


Fakultas/Jurusan


Instansi


Judul Karya


: Nanda Ayu Arsyla


: 10197565839


: Sastra/Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia


: Universitas Merpati Jaya, Malang


: IMPLEMENTASI METODE SHARPEN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PESERTA DIDIK DI KELAS VII G, SMP MELATI, MALANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020


Menyatakan bahwa Seminar Laporan Hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) telah dilaksanakan sesuai dengan prosedur, dan dihadiri oleh 35 orang.


Detail jalannya kegiatan Seminar Laporan Hasil Penelitian Tindakan Kelas ini yakni sebagai berikut:


1.       Pembukaan kegiatan seminar oleh Ida Nuraini S.Pd


2.       Sambutan dari Ketua Panitia Seminar


3.       Sambutan dari dosen pengawas, Dr. Srihardini Anggara Ismi


4.       Paparan singkat laporan hasil PTK


5.       Tanggapan dari dosen pengawas


6.       Diskusi terbuka


7.       Penutupan


Demikian isu kegiatan Seminar Laporan Hasil Penelitian Tindakan Kelas kami buat dengan seksama.


 


Penulis Laporan,


 


Nanda Ayu Arsyla


NIM: 10197565839


Malang, 21 Oktober 2019


Mengetahui Pengawas,


 


Dr. Srihardini Anggara Ismi


NIP: 6828 4788 28632





  • Contoh Berita Acara Kegiatan Guru/Sekolah




Berikut ini yakni salah satu contoh isu kegiatan kegiatan sekolah yang dilaksanakan oleh guru-guru SMP dalam wilayah sebuah kota.


BERITA ACARA KEGIATAN MGMPMATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KOTA MALANG


Nomor: 67532/U/NFG/94097/2019


Pada hari ini, Senin tanggal 21 Oktober 2019, bertempat di Aula SMP 27 Malang, telah diselenggarakan kegiatan MGMP yang dihadiri guru-guru mata pelajaran Bahasa Inggris SMP di Kota Malang. Acara dimulai pada pukul 08.00 WIB dan berakhir pada pukul 15.00 WIB.


Acara ini dihadiri oleh 56 guru perwakilan dari SMP negeri maupun swasta yang ada di kota Malang. Rincian kegiatan yakni sebagai berikut:


1.       Pembukaan oleh Farida Purnama Ningrum sebagai pembawa acara


2.       Sosialisasi Strategi FTG dalam pembuatan soal ujian


3.       Workshop pemanfaatan Strategi FTG


4.       Penyampaian informasi terkait lomba terdekat


5.       Penutupan


Daftar hadir peserta: terlampir


Hasil kegiatan: terlampir


Demikian isu kegiatan Kegiatan MGMP ini kami buat dengan sebaik-baiknya.


 


Notulen MGMP


 


 


Rino Alfan Hariadi S.Pd


NIP: 563 28896 328693


Malang, 21 Oktober 2019


Mengetahui Ketua MGMP Bahasa Inggris,


 


 


Fariha Al Insan, S.Pd, M.Pd


NIP: 6562 52635 2585





  • Contoh Berita Acara Kegiatan KKN




Sebagai langkah formal, sesudah kegiatan KKN selesai perlu dibentuk sebuah isu acara. Berita kegiatan ini memuat perihal uraian menyerahkan kembali mahasiswa dan mahasiswi KKN kepada pihak universitas.


BERITA ACARA PENYERAHAN KEMBALI MAHASISWA KULIAH KERJA NYATA (KKN) UNIVERSITAS VALENCIA ANGKATAN 36 SEMESTER 7 TAHUN 2019DI KECAMATAN PERUNGGU, KOTA BOGOR


Nomor: 675/II/7578/UNF/98877/2019


 


Pada hari ini, Senin tanggal 21 Oktober 2019, bertempat di Balai Kecamatan Perunggu, kami selaku Panitia Penerimaan KKN Mahasiswa menyerahkan kembali kepada Pengelola Kegiatan Kuliah Kerja Nyata Universitas Valencia sebanyak 10 orang (6 putra dan 4 putri) mahasiswa dan mahasiswi yang telah melaksanakan KKN mulai tanggal 4 September 2019 hingga 20 Oktober 2019. Para mahasiswa tersebut berasal dari:


1.       Fakultas MIPA: 4 orang (2 putra dan 2 putri)


2.       Fakultas Ekonomi: 3 orang (2 putra dan 1 putri)


3.       Fakultas Pendidikan: 3 orang (2 putra dan 1 putri)


Demikian isu kegiatan Penyerahan Kembali Mahasiswa KKN kami buat dengan sebaik-baiknya. Terima kasih atas jasa dan kerjasama yang baik selama proses KKN.


Camat Kecamatan Perunggu


Kota Bogor


 


Gunawan Fajar Hadi S.T.


 


Ketua Pengelola Kegiatan KKN,


Universitas Valencia


 


Dr. Husain Sholih Al Munawwar


NIP: 6729 563 256282



Contoh Berita Acara Kesepakatan


  Setiap


Berita kegiatan kesepakatan penting dibentuk untuk mencegah adanya kesalahan atau perselisihan di masa depan. Sebuah kesepakatan memilih langkah yang diambil dalam melaksanakan pekerjaan dalam suatu kerjasama.




  • Contoh Berita Acara Kesepakatan Upah




Berita kegiatan ini dibentuk apabila pihak yang memberi pekerjaan menetapkan untuk mempekerjakan pekerja borongan yang upahnya tergantung banyak dan jenisnya pekerjaan.


BERITA ACARA KESEPAKATAN UPAHPT. INDRA CEMPAKA GREEN VIEW


Nomor: 84/75/II/UPH/5325


Dalam rangka pembangunan cabang kedua PT. Indra Cempaka Green View yang kedua di Kota Bandung tahun 2019-2020, maka pada:


Hari: Senin


Tanggal: 21 Oktober 2019


Waktu: Pukul 08.00 WIB hingga 09.30 WIB


Telah dilaksanakan pertemuan antara administrasi dengan ketua kelompok upah borongan dan menghasilkan kesepakatan berupa:


A.      Deskripsi pekerjaan dan harga yang disepakati (terlampir)


B.      Cara dan syarat pembayaran, yakni:


1.       Pembayaran akan dilakukan sesuai dengan harga tiap deskripsi pekerjaan yang telah disepakati.


2.       Pembayaran dilakukan sesudah hasil pekerjaan resmi diserahkan kepada PT. Indra Cempaka Green View, dan dinilai baik oleh pengawas.


3.       Apabila ada hasil pekerjaan yang kurang sesuai dengan kualifikasi, maka pihak kelompok upah borongan bersedia memperbaiki atau mengatasi persoalan yang terjadi.


4.       Apabila ada perselisihan yang terjadi antara kedua belah pihak, maka penyelesaian diusahakan secara kekeluargaan.


Demikian isu kesepakatan upah dibentuk sesuai dengan hasil musyawarah kedua belah pihak.


 


Ketua Kelompok


Reyhan Joko


Bandung, 21 Oktober 2019


Manajer Cabang Bandung


 


Dodi Wahyudi


PT. Indra Cempaka Green View





  • Contoh Berita Acara Kesepakatan Kerjasama




Berita kegiatan ini memuat poin-poin kesepakatan kedua belah pihak yang akan dilaksanakan selama masa kerjasama.


BERITA ACARA KESEPAKATAN KERJASAMANomor: 6776/OY/66/9380/UI/2019


Pada hari ini, Senin tanggal 21 Oktober 2019, bertempat di kantor PT. Outdoor Universe, yang bertanda tangan di bawah ini:


I.            Nama: Dewi Sartika Aina


Jabatan: Manajer Logistik


Alamat: Jl. Anggrek Blok F Nomor 89, Malang


Dalam perjanjian ini mengambil keputusan dan bertindak atas nama PT. Outdoor Universe, yang selanjutnya disebut Pihak Pertama.


II.            Nama: Widuri Anastasya


Jabatan: Pemilik Katering


Alamat: Jl. Sulfat Blok H Nomor 46, Malang


Dalam perjanjian ini mengambil keputusan dan bertindak atas nama Katering My Lunch Box, yang selanjutnya disebut Pihak Kedua.


Dengan ini kedua pihak pertanda hasil kesepakatan kerjasama antara Pihak Pertama dan pihak Kedua, yakni sebagai berikut:


1.       Pihak Pertama setuju membeli paket makan siang dari Pihak Kedua selama 6 bulan berturut-turut, terhitung semenjak tanggal 1 November 2019.


2.       Pihak Kedua menyediakan paket makan siang untuk 350 orang karyawan selama 6 bulan berturut-turut, terhitung semenjak tanggal 1 November 2019.


3.       Penentuan sajian dilaksanakan secara musyawarah antara Pihak Pertama dan Pihak Kedua pada tanggal 29 setiap bulannya. Menu yang telah disepakati dihentikan diubah secara sepihak.


4.       Seluruh paket makan siang harus sudah hingga di kantor Pihak Pertama maksimal pukul 11.45 siang. Keterlambatan akan dikenai pemotongan harga, Rp1.000,00 per kotak per 15 menit.


5.       Pihak Pertama wajib membayarkan seluruh uang untuk paket makan siang selama sebulan pada tanggal 29 setiap bulannya.


Demikian isu kegiatan kesepakatan kerjasama dibentuk sesuai hasil musyawarah.


Pihak Pertama,


 


 


Dewi Sartika Aina


Pihak Kedua,


 


(Letak Materai di Sini)


Widuri Anastasya





  • Contoh Berita Acara Kesepakatan Kompensasi




Setiap pekerjaan yang membutuhkan waktu cukup usang biasanya akan melibatkan kompensasi tertentu.



BERITA ACARA KESEPAKATAN KOMPENSASIPENGGALIAN TANAH SALURAN LIMBAH PERUMAHAN BUMI ASRI


Pada hari ini, Senin tanggal 21 Oktober 2019, bertempat di Jalan Telaga Asri no 21, Kota Bandung, telah disepakati penyerahan uang untuk biaya kompensasi penggalian tanah susukan limbah Perumahan Bumi Asri yang dilakukan oleh PT BUMI JAYA.


I.            Yang Menerima


Nama: Wijayanto Sofyan


Alamat: Jalan Telaga Asri no 21, Bandung


Jabatan: Ketua RT


Dalam kesepakatan ini mengambil keputusan atas nama warga RT 09 Kelurahan Perak Kecamatan Perunggu. Yang bersangkutan selanjutnya disebut Pihak Pertama.


II.            Yang Menyerahkan


Nama: Qanitah Bahasuan


Alamat: Jalan Emas, no 56, Bandung


Jabatan: Manajer Keuangan


Dalam kesepakatan ini mengambil keputusan atas nama PT BUMI JAYA.  Yang bersangkutan selanjutnya disebut Pihak Kedua.


Detail kompensasi sanggup dijelaskan secara rinci sebagai berikut:


1.       Pihak Kedua menyerahkan uang sebesar Rp50.000.000,00 kepada Pihak Pertama sebagai kompensasi dari proses penggalian tanah untuk susukan limbah Perumahan Bumi Asri.


2.       Pekerjaan penggalian akan dilaksanakan mulai tanggal 1 November 2019, dan berakhir maksimal pada tanggal 1 Maret 2020.


3.   Dana kompensasi selanjutnya akan digunakan untuk kepentingan bersama warga RT 09 Kelurahan Perak Kecamatan Perunggu. Detail alokasi penggunaannya akan dibahas pada rapat RT selanjutnya.


Demikian isu kegiatan kompensasi penggalian tanah susukan limbah Perumahan Bumi Asri dibentuk dengan sebenar-benarnya.


Yang Menyerahkan,


PT BUMI JAYA


 


Qanitah Bahasuan


Manajer Keuangan


Yang Menerima


RT 09 Kelurahan Perak


 


Wijayanto Sofyan


Ketua RT



Cara Membuat Berita Acara Dengan Mudah


  Setiap


Dengan mengenal ciri-ciri dan membaca banyak sekali contoh isu acara untuk banyak sekali keperluan, pembuatan teks tersebut tidak akan terasa sulit. Berita kegiatan sanggup dibentuk oleh siapapun yang membutuhkan bukti legal atas berlangsungnya sebuah acara. Berita kegiatan wajib ada pada acara-acara yang mungkin berpotensi melibatkan pengadilan.


Terima kasih atas kunjungan ke halaman ini, biar menambah wawasan dan bermanfaat.


Baca juga:



FAST DOWNLOADads
| Server1 | Server2 | Server3 |
Download
Next Post Previous Post