Cara Backup Data di Android

FAST DOWNLOADads
Download

Cara Backup Data dan File di Android Dengan Mudah – Di abad modern dikala ini tidak ada yang tidak bersahabat dengan nama ponsel Android. Karena Android kini tertanam di komunitas, semua orang dari belum dewasa hingga orang renta kini mempunyai ponsel Android.





Ponsel canggih ini telah menciptakan semua orang lebih mungkin menghabiskan waktu di depan ponsel, apakah itu untuk hal-hal yang berdampak konkret atau bahkan negatif.





Android kini telah mempermudah orang untuk melaksanakan pekerjaan. Mem-Backup data dan file di ponsel android bahwasanya sangat penting untuk kita lakukan.





Tetapi kebanyakan orang mengabaikannya. Makara mereka sering kehilangan data dan file yang sangat penting.





Oleh lantaran itu, untuk sanggup menghindari duduk perkara ini terjadi pada kita, perlu untuk menciptakan cadangan data dan file untuk ponsel android yang kita miliki.





Karena tidak ada yang akan tahu bila suatu hari data dan file penting di ponsel android Anda sanggup hilang dan terhapus.





Cara Backup Data dan File di Android Dengan Mudah





Cara




Data dan file pada ponsel android sanggup hilang dan dihapus, sanggup disebabkan oleh banyak hal, apakah itu lantaran perubahan ROM, pengaturan ulang fiktif, serangan malware, file yang terhapus secara tidak sengaja, atau bahkan lantaran mengganti ponsel gres dan banyak lagi .





Itu sebabnya kita perlu menciptakan cadangan data dan file untuk mengetahui hal ini terjadi.





Backup data yaitu proses untuk menciptakan cadangan file dengan memindahkan atau menyalin data atau file, sehingga data sanggup dipakai kembali bila terjadi kerusakan atau kehilangan.





Baiklah sobat, bagi Anda yang mungkin tidak tahu cara menciptakan cadangan data dan file di ponsel Android Anda.





Pada kesempatan ini kami akan merekomendasikan cara gampang yang sanggup Anda lakukan untuk menciptakan cadangan data dan file di ponsel Android Anda.





Agar lebih terang dan memahami bagaimana dan langkah-langkahnya, silakan baca ulasan berikut.





1. Cara Backup Data di Android Menggunakan “Google Backup”





File cadangan nanti akan disinkronkan dengan akun Google, jadi bila Anda akan memulihkan file sebelumnya, masuk ke ponsel dengan akun Google yang Anda gunakan untuk menciptakan cadangan.





Berikut cara melakukannya di bawah ini:





  • Pertama, silakan masuk ke sajian Pengaturan »Pribadi» Cadangkan Atur Ulang.
  • Kemudian aktifkan “Cadangkan data saya”.
  • Kemudian kembali ke sajian Pengaturan kemudian pilih Pribadi »Akun dan Sinkronisasi.
  • Setelah itu, masuklah memakai akun Google yang Anda gunakan di ponsel Android Anda.
  • Kemudian lakukan proses sinkronisasi memakai Google Backup.
  • Maka daftar data yang sanggup dicadangkan akan muncul. Kemudian pilih yang penting, atau semuanya baik-baik saja bila Anda ingin aman.
  • Akhirnya, tunggu beberapa dikala hingga proses sinkronisasi selesai.




Keuntungan memakai metode ini yaitu gampang dan tidak merepotkan. Anda tidak perlu kanal root, dan Anda tidak perlu komputer atau laptop untuk cadangan.





Namun di samping kelebihan ini, hanya ada kekurangan memakai metode ini, yaitu beberapa jenis file ibarat film, game, foto dan musik tidak sanggup didukung.





2. Cara Backup Data File Menggunakan Aplikasi





Di Google Play Store ada banyak aplikasi yang sangat berguna, terutama untuk menciptakan cadangan duduk perkara data. Ada sejumlah aplikasi di Play Store yang direkomendasikan untuk pencadangan data di ponsel Android.





Dan pada kesempatan ini kami akan membahasnya satu per satu aplikasi backup data dalam artikel ini.





Seringkali aplikasi cadangan tidak memerlukan kanal root, tetapi ada beberapa aplikasi cadangan yang hanya berfungsi untuk perangkat yang di-rooting.





3. Cara Backup Menggunakan Aplikasi Titanium Backup





Tidak semua ponsel Android sanggup memakai aplikasi Titanium Backup. Karena hanya ponsel android yang telah di-root saja yang sanggup menikmati fitur cadangan titanium ini.





Aplikasi Titanum Backup sanggup mencadangkan semuanya di ponsel Android Anda.





Selain itu, Anda juga sanggup menciptakan penjadwalan cadangan secara otomatis dalam periode waktu tertentu.





Kemudian Anda juga sanggup menciptakan cadangan aplikasi atau game dikala dibuka, bahkan Anda juga sanggup mentransfer file antara kartu memori dan ponsel dengan sangat mudah.





Berikut cara memakai aplikasi Cadangan Titanum di bawah ini:





  • Unduh aplikasi Cadangan Titanum di Google Play terlebih dahulu.
  • Kemudian Instal dan jalankan. Pastikan ponsel android Anda sudah di-root, sobat, sehingga Anda sanggup memakai aplikasi ini. Pada tampilan awal dikala pertama kali dibuka, Anda harus membolehkan kanal root dan membaca disclaimer.
  • Setelah itu, pastikan Anda telah mengaktifkan USB Debugging di Android.
  • Di samping melaksanakan Backup, pilih tab Backup / Restore. Maka beberapa aplikasi yang sanggup Anda backup akan muncul. Jika ada tanda segitiga kuning di sisi kanan aplikasi, maka itu berarti aplikasi tersebut belum dicadangkan.
  • Kemudian klik Menu di sudut kanan atas dan pilih Batch Actions.
  • Kemudian kita akan melihat opsi cadangan. Jika Anda ingin menciptakan cadangan aplikasi, pilih “Cadangkan semua aplikasi pengguna”. Tetapi bila Anda ingin menciptakan cadangan data sistem, pilih “Cadangkan semua Data Sistem”. Kami sarankan Anda menentukan Cadangkan semua aplikasi pengguna + data sistem, lantaran ini akan mencadangkan semua aplikasi dan data sistem di ponsel Anda.
  • Pilih aplikasi mana yang ingin Anda backup. Setelah selesai, periksa daftar periksa di sudut kanan atas.
  • Terakhir, tunggu hingga proses pencadangan selesai (lamanya waktu proses tergantung pada ukuran data yang dicadangkan). Jika aplikasi telah dicadangkan, akan ada tanda centang dan ikon senyum di sisi kanan aplikasi.




Kami sarankan Anda menyimpan file cadangan di kartu memori atau komputer.





4. Cara Backup Data Menggunakan Aplikasi Easy Backup Restore





Aplikasi ini sanggup menciptakan cadangan kontak, SMS, MMS, bookmark, kalender dan log panggilan. Aplikasi ini juga sanggup diperoleh secara gratis di Play Store.





Tetapi kita perlu tahu bahwa aplikasi ini tidak sanggup menciptakan cadangan musik, foto, video, atau bahkan dokumen.





Kemudian pilihannya, gunakan laptop atau komputer untuk menciptakan cadangan file dan simpan ke Flashdisk / hard drive. Cara memakai aplikasi Easy Backup Restore sebagai berikut:





  • Unduh aplikasi Easy Backup Restore di Play Store terlebih dahulu.
  • Kemudian instal dan jalankan aplikasi. Kemudian Anda akan diminta untuk menciptakan cadangan. Kemudian pilih “Ya”.
  • Setelah itu, pilih data apa yang ingin Anda backup. Kemudian periksa data yang ingin Anda backup. Kemudian pilih “OK”.
  • Selanjutnya pilih lokasi untuk penyimpanannya.
  • Jika Anda mencadangkan data ke layanan cloud ibarat dropbox, satu drive, dan sebagainya, maka Anda harus masuk terlebih dahulu ke akun Anda. Jika Anda menentukan Kartu SD, pilih folder penyimpanan.
  • Kemudian tentukan nama file, atau bahkan biarkan saja nama file standarnya baik-baik saja.
  • Akhirnya, pilih “OK” untuk cadangan. Kemudian tunggu beberapa dikala hingga proses selesai (lamanya waktu proses tergantung pada jumlah data).




Jika ponsel Android Anda telah di-rooting, Anda juga sanggup menciptakan cadangan aplikasi dan menyimpan data. Tetapi bila tidak di-root, Anda hanya sanggup menciptakan cadangan file apk.





Cara mencadangkan aplikasi dan data memakai Easy Backup Restore sebagai berikut:





  • Pertama, silakan buka aplikasi Easy Backup Restore.
  • Kemudian pilih Alat Aplikasi.
  • Maka akan muncul notifikasi yang intinya telah kami jelaskan di atas, yaitu, bila ponsel Anda telah di-root, itu sanggup menciptakan cadangan aplikasi dan juga data. Tetapi bila tidak di-root, Anda hanya sanggup menciptakan cadangan file apk.
  • Setelah itu pilih “OK” untuk melanjutkan.
  • Kemudian periksa aplikasi apa yang ingin Anda backup.
  • Kemudian pilih CADANGAN.
  • Setelah itu, tunggu sebentar hingga proses selesai.
  • Dan terakhir, periksa di folder kawasan Anda menyimpan cadangan.




Jika Anda ingin memulihkan file atau data, Anda cukup membuka aplikasi Easy Backup dan pilih Pulihkan.





Untuk mengembalikan aplikasi yang telah dicadangkan sedikit berbeda. Metodenya yaitu sebagai berikut:





  • Pertama, buka aplikasi Easy Backup kemudian pilih Apps Tools dan kemudian pilih tab Diarsipkan.
  • Setelah itu, pilih aplikasi mana yang ingin Anda pulihkan, kemudian pilih tombol Instal.




5. Cara Backup Dengan Aplikasi Helium





Aplikasi Helium cocok untuk ponsel yang sudah di-root atau tidak. Dengan aplikasi ini Anda sanggup menciptakan cadangan aplikasi dan data ke kartu SD, Google Drive, DropBox atau Box.





Aplikasi ini juga sanggup menyinkronkan data aplikasi antara ponsel Android, meskipun mereka tidak berada di jaringan yang sama.





Selain itu, dengan memakai Helium Anda juga sanggup melaksanakan backup terjadwal. Tetapi fitur-fitur ini khusus untuk versi premium saja.





Jadi bila Anda ingin mencicipi semua kelebihan Helium, ada baiknya membeli versi premium di Play Store.





Dalam tutorial ini, kami memakai Helium Premium, sehingga kami sanggup memakai semua fitur Helium secara keseluruhan sehingga jadinya lebih kuat.





Berikut rekomendasi kami untuk cara mencadangkan aplikasi dan data memakai Helium:





Langkah 1
Unduh Helium dari Google Play dan pasang terlebih dahulu.





Langkah 2
Kemudian buka aplikasi Helium. Jika ponsel Anda telah di-root, maka Anda akan diminta untuk mengakses root, biarkan saja.





Tetapi untuk ponsel yang belum di-root, Anda harus menghubungkan ponsel android Anda ke PC atau komputer terlebih dahulu.





Jika Anda tidak mempunyai PC atau komputer, Anda sanggup pergi ke warnet atau meminjam milik teman. Ini tutorialnya (untuk ponsel yang tidak di-root)





  • Pertama, unduh dan instal perangkat lunak Pemasang desktop Helium pada PC terlebih dahulu.
  • Kemudian aktifkan USB Debugging di ponsel android.
  • Setelah itu langkah yang diambil yaitu membuka perangkat lunak dan menghubungkan android kita ke PC dengan usb secara otomatis, biasanya helium akan diperintahkan untuk mengubah pengaturan usb ke PTP (Mode Kamera).
  • Setelah itu, ikuti panduan yang muncul di layar ponsel untuk mengaktifkan Helium.
  • Jika Anda berhasil mengaktifkan Helium, maka gambar di PC atau komputer akan muncul ibarat yang ditunjukkan di bawah ini.




Catatan: Jika Anda mematikan ponsel Android Anda, maka Anda harus menghubungkan ponsel Anda ke PC lagi untuk mengaktifkan Helium (khusus untuk ponsel non-root).





Langkah 3
Saat Anda membuka aplikasi Helium, akan ada dua tab: Cadangkan dan Kembalikan dan Sinkronkan.





Tab “Cadangan” memungkinkan Anda menentukan aplikasi yang ingin dicadangkan, dengan menilik aplikasi yang ingin dicadangkan.





Jika Anda ingin mencadangkan aplikasi, yang perlu diperhatikan yaitu menggesek ke bilah di bawah ini.





Pilih Pilih Semua untuk menilik semua aplikasi. Periksa Hanya Data Aplikasi (cadangan lebih kecil) bila Anda menentukan untuk mencadangkan data saja.





Tetapi ketika mengembalikan aplikasi, Anda harus mengunduh file aplikasi lagi melalui Play Store. Tidak semua aplikasi sanggup didukung dengan Helium.





Langkah 4
Setelah menentukan aplikasi mana yang ingin Anda backup, saatnya untuk menekan tombol “Backup” untuk menciptakan cadangan aplikasi.





Langkah 5
Kemudian pilih lokasi penyimpanan. Kemudian tunggu hingga proses pencadangan selesai.





Nah, kini Anda telah berhasil menciptakan cadangan aplikasi. Lalu bagaimana Anda mengembalikan aplikasi cadangan? Berikut cara melakukannya di bawah ini:





  • Pertama-tama pilih tab Pulihkan dan Sinkronkan.
  • Karena kami menyimpan file cadangan di memori internal, kami menentukan Penyimpanan Internal.
  • Maka semua aplikasi yang telah dicadangkan akan muncul. Kemudian pilih aplikasi yang ingin Anda pulihkan dengan memeriksanya.
  • Kemudian pilih Pulihkan. Tunggu hingga proses pemulihan selesai.




6. Cara Backup Data Android ke PC (Metode Manual)





Cara mencadangkan data android melalui PC atau Komputer, Anda cukup menghubungkan ponsel android Anda ke PC memakai USB.





Kemudian pilih mode Storage (MTP), kemudian pindahkan (salin) data di ponsel ke hard drive komputer / PC.





Atau Anda juga sanggup memakai aplikasi SHAREit untuk mentransfer file dari ponsel Android ke PC. Dengan memakai SHAREit akan
lebih efektif lantaran mempunyai kecepatan transfer yang sangat cepat.





Penutup





Demikianlah artikel kami wacana Cara Backup Data dan File di Android Dengan Mudah, semoga sanggup membantu anda dalam mengetahui cara-cara membackup data.





Terima kasih dan hingga berjumpa di artikel kami selanjutnya.





Baca Juga:









F.A.Q.





Apa Itu Backup Data?

Backup data yaitu proses untuk mencadangankan file dengan memindahkan file sehingga data sanggup dipakai kembali bila terjadi kerusakan atau kehilangan.

Apa Manfaat Backup Data?

Manfaatnya yaitu supaya data yang mengalami kerusakan atau hilang masih sanggup digunakan.

Aplikasi Backup Data?

Bebrapa aplikasi backup data diantaranya yaitu aplikasi Easy Backup Restore serta aplikasi helium.


FAST DOWNLOADads
| Server1 | Server2 | Server3 |
Download
Next Post Previous Post