Cara Daftar BPJS Ketenagakerjaan dan Cara Claim Via E-Klaim

FAST DOWNLOADads
Download

Cara Daftar BPJS Ketenagakerjaan dan Cara Claim – BPJS Ketenagakerjaan, yang sebelumnya disebut Jamsostek (Jaminan Sosial Pekerja) tentu sanggup menjadi pilihan utama untuk melindungi diri mereka dalam pekerjaan Anda.


BPJS ketenagakerjaan atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Tenaga Kerja memang merupakan jadwal publik yang memperlihatkan proteksi atau proteksi bagi pekerja untuk mengatasi risiko sosial-ekonomi tertentu dan implementasinya memakai prosedur asuransi sosial.


Fokus BPJS Ketenagakerjaan itu sendiri lebih khusus pada tenaga kerja dan semua karyawan, baik karyawan sipil maupun swasta.


Dengan adanya BPJS Ketenagakerjaan yang telah berlaku semenjak 1 Juli 2015 kemarin, maka Anda akan mendapat banyak manfaat untuk melindungi atau melindungi diri dari risiko sosial ekonomi dengan pembiayaan yang terjangkau oleh pengusaha dan tenaga kerja sebagai alternatif asuransi kesehatan.


Risiko sosial-ekonomi yang ditangani oleh Program Jaminan Sosial itu sendiri yaitu proteksi kalau terjadi kecelakaan, sakit, kehamilan, persalinan, cacat, usia tua, dan kematian.


Bahkan menurut UU No. 3 tahun 1992, Jamsostek memperlihatkan hak dan membebankan kewajiban pada pengusaha dan pekerja pada jenis Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Asuransi Hari Tua (JHT), Jaminan Kematian (JKM) dan Jaminan Perawatan Kesehatan (JPK) ).


Lalu bagaimana Anda mendaftar untuk BPJS Ketenagakerjaan ini yang merupakan jadwal JKN (Asuransi Kesehatan Nasional)? dan Bagaimana cara penggunaannya? Simak ulasan berikut ini.


Program-Program BPJS Ketenagakerjaan


Cara



  • Program asuransi kecelakaan kerja


Dengan jadwal ini, pekerja sanggup meminimalkan hilangnya pendapatan sebab cacat atau meninggal.



  • Program asuransi hari tua


JHT akan memperlihatkan jaminan keamanan dan kepastian mengenai risiko sosial-ekonomi yang dihadapi oleh pekerja pada hari tua.



  • Program asuransi kematian


Program ini sanggup membebaskan keluarga dalam bentuk biaya kompensasi berbentuk uang atau biaya pemakaman.



  • Program asuransi perawatan kesehatan


Pekerja akan diberikan pinjaman mengenai duduk masalah kesehatan menyerupai layanan kesehatan, rumah sakit, kebutuhan akan alat, dan lainnya.


Syarat-Syarat Mendaftar BPJS Ketenagakerjaan



  • Fotokopi dan NPWP orisinil perusahaan

  • Fotokopi dan sertifikat perdagangan perusahaan asli

  • Surat izin perjuangan perdagangan fotokopi dan asli

  • Fotokopi kartu keluarga

  • Kotokopi Kartu tanda penduduk karyawan

  • 1 lembar Pas foto karyawan/ pekerja berwarna ukuran 2×3


Untuk akseptor BPJS Tenaga Kerja luar korelasi syarat-syaratnya yaitu sebagai berikut:



  • Fotokopi Kartu tanda penduduk pekerja

  • Fotokopi kartu keluarga pekerja

  • Surat izin perjuangan dari kantor RT/RW/Kelurahan

  • 1 LEMBAR Pas foto berswarna berukuran 2×3


Cara Mendaftar BPJS Ketenagakerjaan


Setelah mengetahui persyaratan ini, Anda sanggup mendaftar untuk BPJS melalui kantor BPJS atau online. Anda sanggup mendaftar melalui kantor dengan membawa persyaratan yang nantinya akan diarahkan oleh pekerja yang ada di kantor BPJS.


Tetapi cara yang lebih mudah dan gampang yaitu melalui online yang sanggup diakses memakai komputer atau smartphone dengan langkah-langkah berikut:



  1. Buka situs web resmi BPJS Ketenagakerjaan (BPJSTK) di sini.

  2. Klik “Daftarkan”, dan terdapat 3 pilihan (perusahaan, perorangan atau pekerja migram) silahkan pilih salah satu.

  3. Jika sudah dipilih, maka masukkan email perusahaan atau perwakilan grup Anda untuk mendaftar.

  4. Selanjutnya, tunggu email untuk membalas pemberitahuan dan ikuti setiap langkah selanjutnya.

  5. Setelah semuanya selesai, barulah bawa persyaratan yang sudah disiapkan ke kantor BPJS Ketenagakerjaan di kota Anda.


Cara Claim BPJS Ketenagakerjaan Via E-Klaim


Untuk mengajukan klaim untuk BPJS online, Anda harus memenuhi persyaratan PP.No. 60 tahun 2016 yang menyatakan untuk menarik saldo JHT Anda harus mempunyai status pekerjaan BPJS tidak aktif.


Dan dana tabungan JHT gres sanggup ditemukan sehabis proses sekitar 1 bulan sehabis Anda tidak bekerja di perusahaan. Berikut beberapa langkah untuk mengklaim via e-klaim.


Syarat-syarat dan Langkahnya


Untuk pencairan dana JHT melalui e-klaim syaratnya yaitu sebagai berikut:



  • Fotokopi KTP dan scan

  • Kartu akseptor BPJS ketenagakerjaan fotokopi dan scannya

  • Fotokopi KK dan scan

  • Fotokopi surat keterangan berhenti kerja dari perusahaan dan scan

  • Fotokopi buku tabungan dan scan


Setelah Anda memasukkan data, potongan BPJS ketenagakerjaan  akan memverifikasi data, apakah valid atau tidak. Kaprikornus cobalah scan dengan hasil yang terang dan sanggup dibaca dengan baik.


Jika proses verifikasi berhasil, e-mail akan diberikan ke e-mail yang terdaftar sebelumnya. Cetak e-mail yang Anda punya, dan bawa ke kantor BPJS, jangan lupa membawa persyaratan orisinil dan fotokopi yang telah diunggah sebelumnya.


Oleh petugas, akan diberikan aba-aba untuk memperlihatkan semua dokumen, kemudian petugas akan memverifikasi dokumen tersebut.  Proses klaim akan ditransfer dengan mentransfer dana ke bank, yang akan memakan waktu sekitar 10 hari kerja.


Artikel Lainnya :



Demikianlah Cara Daftar BPJS Ketenagakerjaan dan Cara Claim Via E-Klaim. Selamat mencoba, dan agar artikel ini bermanfaat.


FAST DOWNLOADads
| Server1 | Server2 | Server3 |
Download
Next Post Previous Post