Cara Mengatasi Printer yang Tidak Merespon

FAST DOWNLOADads
Download

Cara Mengatasi Printer yang Tidak Merespon Perintah Cetak – Dalam kondisi normal ketika printer akan dipakai maka hanya perlu menghubungkannya dan kemudian menjalankan perintah cetak melalui laptop atau komputer.





Tetapi kadang kala printer kita sudah aktif tetapi tidak sanggup menanggapi perintah printer yang menciptakan proses tidak berjalan.





Bahkan dalam beberapa masalah itu sebetulnya memperlihatkan tidak merespons.





Bagi Anda yang mengalami dilema menyerupai ini, tentu akan sedikit sulit, bukan? Terutama ketika Anda sedang terburu-buru memakai printer.





Penyebab Printer Tidak Merespon





Masalah printer yang tidak sanggup menanggapi perintah cetak bukanlah dilema gres dan banyak pengguna printer mengalami dilema ini.





Jadi apa yang sebetulnya menjadikan printer tidak merespons untuk mencetak? Ada beberapa alasan mengapa printer tidak sanggup menanggapi perintah cetak.





Penyebab utama ada dua, yaitu dilema printer dan dilema lainnya dari sistem.





Beberapa pengguna printer Epson dan Canon bahkan melaporkan bahwa sering kali ada dilema dikala memakai Epson l120 series, serta Canon IP2770.





Meskipun sebetulnya dilema bisa terjadi di semua merek dan jenis printer, terutama jikalau printer Anda terlalu renta atau telah dipakai untuk waktu yang lama.





Bagi Anda yang mengalami dilema ini tidak perlu khawatir, alasannya pada kesempatan ini kami akan memperlihatkan beberapa solusi untuk penanganan printer yang tidak merespons perintah cetak.





Namun sebelum itu ketahui terlebih dahulu beberapa kemungkinan penyebab printer tidak merespons untuk mencetak atau tidak merespons, berikut ini:





1. Masalah Koneksi Kabel Printer





Seperti kita ketahui bahwa ada beberapa koneksi kabel yang terhubung antara printer dan komputer.





Kabel pertama yaitu kabel printer yang terhubung dengan catu daya atau sumber tegangan. Untuk kabel ini bertugas menghidupkan printer.





Jika koneksi tidak benar atau salah, printer tidak akan sanggup menanggapi perintah cetak alasannya tidak aktif.





Jenis kabel kedua yaitu koneksi printer dengan komputer yang berfungsi untuk menyelaraskan perintah antara komputer dan printer.





Jika koneksi bermasalah, maka sebanyak mungkin pekerjaan printer yang Anda inginkan tidak akan ditanggapi oleh printer. Untuk itu Anda perlu mengusut koneksi kedua kabel terlebih dahulu.





2. Masalah Dengan Instalasi Driver Printer





Perlu diketahui juga bahwa dalam mengoperasikan printer Anda harus menginstal driver printer terlebih dahulu. Instalasi driver ini berfungsi untuk menghubungkan antara perangkat keras komputer.





Untuk mengusut instalasi driver, Anda sanggup membuka penjelajahan di komputer. Kemudian pastikan perangkat printer Anda telah memasukkan daftar perangkat komputer.





Jika jikalau tidak ada maka Anda sanggup mencari instalasi driver terlebih dahulu alasannya kini ada banyak situs web yang menyediakan instalasi driver secara gratis.





Jangan lupa untuk menyesuaikan dengan jenis printer yang Anda gunakan.





3. Tidak Kompatibel Dengan Windows





Jika dua penyebab printer tidak merespons sebelumnya telah diperiksa dan karenanya tidak menemukan apa pun, maka alasan ketiga mungkin ada di komputer Anda.





Ini berarti bahwa ada kemungkinan Windows yang Anda gunakan tidak kompatibel dengan printer.





Bisa jadi alasannya printer yang dipakai sudah ketinggalan zaman dan tidak kompatibel dengan Windows dikala ini. Jika masalahnya yaitu ini maka tidak ada cara lain selain mengganti printer dengan yang baru.





Sebelum memutuskan untuk membeli printer baru, terlebih dahulu pastikan printer yang ingin Anda pilih kompatibel dengan Windows terbaru yang Anda gunakan.





4. Printer Mencetak Terlalu Banyak





Anda perlu tahu bahwa setiap printer mempunyai batas kemampuan untuk mencetak jumlah kertas. Misalnya, printer Canon Pixma 287 hanya mempunyai batas pencetakan 5 rim kertas HVS.





Jadi jikalau printer telah mencapai batas maksimum maka biasanya ditandai oleh printer tidak menanggapi perintah cetak. Dengan kata lain, printer telah melampaui kemampuan cetaknya.





Biasanya dalam kondisi ini printer Anda akan offline meskipun semua kabel terhubung dengan benar dan printer telah dihidupkan. Solusinya yaitu membiarkan printer beristirahat sebelum sanggup dipakai kembali.





5. Kerusakan pada Perangkat Keras





Ini juga bisa menjadi alasan terakhir mengapa printer Anda tidak merespons ketika perintah cetak dijalankan.





Jika Anda telah melaksanakan serangkaian tes tetapi belum menemukan cara untuk memperbaiki masalah, maka kemungkinan besar kerusakan pada perangkat keras.





Coba periksa kabel, kartrid, koneksi tinta dan semua komponen printer. Tetapi jikalau Anda masih tidak sanggup merespons, Anda juga sanggup memeriksanya melalui layanan printer yang tepercaya dan berpengalaman.





Secara umum, printer mempunyai masa hidup, seiring waktu penggunaan printer akan mengalami penurunan kualitas yang ditandai dengan kesalahan bahkan secara teratur.





Printer yang jarang dipakai untuk waktu yang usang juga sanggup menjadi penyebab printer tidak sanggup menanggapi perintah cetak dikala dipakai lagi.





Jadi Anda harus memakai printer setiap hari walaupun Anda hanya mencetak satu lembar biar printer tidak kesalahan.





Cara Mengatasi Printer yang Tidak Merespon Cetak





Cara




Di sini kami telah merangkum beberapa cara yang sanggup dipakai untuk menuntaskan dilema printer yang tidak merespons perintah cetak.





Jika kebetulan Anda mendapat masalah, gunakan metode atau solusi berikut:





1. Set Services.msc pada Windows





Services.msc yaitu kegiatan pada sistem operasi Windows yang dipakai untuk mengelola banyak sekali jenis layanan sistem yang dikala ini atau tidak berjalan di komputer.





Di Services.msc ada perintah yang disebut print spooler. Perintah ini berfungsi untuk mengelola dan menjalankan fungsi dan respons printer pada sistem operasi Windows.





Untuk mengatur spooler cetak, Anda sanggup mengikuti langkah-langkah di bawah ini:





  • Masukkan Services.msc
  • Untuk memasuki halaman Anda sanggup menekan tombol kombinasi Windows + R. Setelah bidang pencarian muncul ketik Services.msc, kemudian klik OK.
  • Masukkan Services.msc
  • Cari “print spooler
  • Sekarang terus mencari spooler cetak, jikalau Anda telah mengklik layanan berhenti untuk menghentikan perintah.
  • Cari spooler cetak
  • Minimalkan jendela “Layanan”
  • Langkah selanjutnya Anda meminimalkan jendela ‘Layanan’, kemudian buka Windows Explorer dan masukkan C: \ Windows \ System32 \ spool \ PRINTERS. Dalam folder hapus semua file yang disimpan sepenuhnya.
  • Minimalkan jendela Layanan
  • Kembali ke jendela “Layanan
  • Sekarang Anda kembali ke layanan Printer Spoiler dan klik start service untuk menjalankan perintah lagi.
  • Cari spooler cetak
  • Nyalakan kembali laptop atau komputer Anda
  • Jika Anda telah menuntaskan langkah-langkah di atas kini coba restart komputer atau laptop Anda sehingga pengaturan di-refresh.




Biasanya metode ini cukup berpengaruh untuk menangani printer yang tidak menanggapi perintah. Karena dengan memakai metode di atas, log dari printer akan dihapus dan printer akan di-refresh lagi.





2. Cabut dan Pasang Kembali Kabel Printer USB





Selain metode sebelumnya, ada juga tips yang direkomendasikan oleh banyak pengguna komputer, yaitu dengan mencabut kabel printer kemudian mengganti printer berulang kali.





Walaupun metode ini tidak menjamin 100% akan berhasil mengatasi dilema tetapi ternyata caranya bukan tanpa alasan.





Karena dengan mencabut dan memasang kabel USB printer berulang kali dimaksudkan biar Windows sanggup mengenali printer lagi.





Karena ada kemungkinan cara ini bisa menciptakan Windows bisa mengenali printer dan printer bisa merespons perintah cetak.





Coba gunakan metode ini beberapa kali hingga printer kembali normal. Jangan lupa untuk mencoba tes ini ke port USB lain. Karena bisa jadi masalahnya terletak pada port USB.





3. Instal Ulang Driver Printer





Solusi lain untuk menangani printer yang tidak merespons perintah cetak yaitu menginstal ulang driver printer.





Beberapa pengguna juga melaporkan bahwa metode ini sangat efektif untuk berurusan dengan printer Epson dan Canon yang tidak sanggup menanggapi perintah cetak.





Fungsi driver itu sendiri sangat penting dalam menjalankan perintah cetak di Windows. Makara jangan heran jikalau drivernya error, printer juga akan mengalami kesalahan





Silakan coba instal ulang driver di laptop atau PC Anda untuk menuntaskan masalah. Jika memungkinkan maka Anda sanggup memperbarui driver terlebih dahulu.





Untuk menemukan driver, Anda sanggup mencari situs web resmi setiap printer yang digunakan. Atau Anda juga sanggup memakai driver DVD default dikala Anda membeli printer baru.





4. Setel Ulang Printer





Menyetel ulang printer juga sepertinya sanggup menuntaskan dilema printer yang tidak merespons perintah cetak.





Mungkin metode ini sanggup dianggap sangat sepele tetapi seringkali sanggup mengatasi banyak sekali dilema dengan printer.





Karena mengatur ulang printer akan menciptakan komponen printer menyegarkan, efeknya akan menciptakan kesalahan hilang.





Setiap printer mempunyai metode reset yang berbeda sehingga Anda sanggup melihat di manual atau silakan jelajahi internet perihal cara mereset printer yang Anda gunakan.





Untuk opsi ini Anda sanggup mencoba ketika menginstal ulang driver tidak sanggup menuntaskan dilema printer yang tidak menanggapi perintah cetak.





5. Service Printer Anda





Solusi terakhir yang mungkin sanggup Anda lakukan yaitu memperbaiki printer Anda ke pembangun layanan. Karena bisa jadi dilema itu memang ada kerusakan pada satu atau beberapa komponen dalam printer.





Jika Anda tidak mempunyai kemampuan untuk memindai printer Anda sendiri, maka satu-satunya cara yaitu memperbaikinya ke layanan layanan printer.





Anda sanggup mencoba memeriksanya terlebih dahulu dengan melihat lampu LED yang berkedip.





Sekarang harap perhatikan juga bahwa setiap LED yang berkedip pada printer mempunyai arti tersendiri untuk mencari tahu di mana letak kesalahannya.





Ada beberapa komponen printer yang tidak sanggup lagi diperbaiki ketika mereka rusak parah, sehingga ada kemungkinan Anda harus membeli produk printer.





Karena bagaimanapun printer mempunyai masa keuntungannya sendiri.





Penutup





Demikianlah artikel kami perihal Cara Mengatasi Printer yang Tidak Merespon Perintah Cetak, semoga sanggup bermanfaat dan membantu anda dalam mengatasi printer yang tidak merespon.





Terima kasih telah membaca artikel kami dan hingga jumpa di artikel kami selanjutnya.





Baca Juga:






FAST DOWNLOADads
| Server1 | Server2 | Server3 |
Download
Next Post Previous Post