Cara Menghemat Baterai Android

FAST DOWNLOADads
Download

13 Cara Menghemat Baterai Android Agar Tidak Cepat Habis dan Awet – Ponsel Android ialah smartphone yang sanggup dianggap sebagai ponsel dengan fungsi dan akomodasi yang baik.





Android sendiri mempunyai spesifikasi lengkap dengan banyak sekali akomodasi yang ada. Namun terlepas dari fitur Android smarpthone yang terbilang bagus, ada juga duduk kasus dengan Android.





Pengguna smartphone Android mengeluh perihal duduk kasus bahwa smartphone Android mereka kehabisan baterai atau daya.





Mereka juga menjelaskan bahwa baterai yang mereka gunakan berkapasitas besar, nah bahwasanya ada sejumlah faktor yang memengaruhi baterai Android yang cepat habis dikala digunakan.





Salah satu penyebab baterai ponsel Android gampang habis ialah ketika kita memakai ponsel Android dengan menjalankan banyak sekali aplikasi secara bersamaan.





Hal itu yang menjadikan ada banyak aplikasi yang berjalan di smartphone Android dan ini ialah faktor yang menimbulkan mengapa baterai smartphone Android cepat habis.





Menjalankan aplikasi secara bersamaan ialah sesuatu yang menciptakan perangkat keras harus bekerja lebih ekstra untuk memenuhi kebutuhan pemrosesan data, hal itu akan mensugesti tingkat daya tahan baterai.





Jika smartphone android mempunyai layar dengan tingkat pencahayaan dan lebar layar akan sangat berpengaruh, semakin lebar layar dan semakin terang tingkat pencahayaan akan menciptakan baterai cepat boros.





Faktor lain ialah ketika kita bermain game dengan kapasitas besar juga memakai internet, nah di sisi lain itu menciptakan baterai tidak efisien.





Langkah utama untuk menghindari baterai ponsel bakir cepat habis ialah dengan membeli ponsel android yang mempunyai kapasitas baterai super besar.





Sedangkan untuk kelemahan dari smartphone yang mempunyai kapasitas baterai super besar ialah harganya, biasanya smartphone android dengan kapasitas baterai besar dihargai dengan harga mahal.





Di bawah ini ialah langkah utama supaya baterai ponsel Android tidak gampang habis. Dengan menghemat dan meningkatkan masa pakai baterai Android, dijamin baterai smartphone Android Anda tidak gampang habis.





Berikut ini merupakan cara menghemat baterai Android Anda supaya tidak gampang cepat habis.





Cara Menghemat Baterai Android





Cara




Kita bahwasanya sanggup menghemat baterai android dengan tujuan supaya baterai tidak cepat habis tanpa perlu membeli smartphone android lagi.





Berikut ini ialah cara untuk menghemat baterai di ponsel Android Anda sehingga tidak akan bertahan lama.





1. Jangan Nyalakan Notifikasi





Langkah pertama dalam mengoptimalkan penghematan baterai ialah mematikan notifikasi, yang merupakan langkah penting untuk menjaga baterai android awet.





Hal ini disebabkan oleh beberapa pemberitahuan yang tidak perlu dari aplikasi atau game yang biasanya terhubung ke internet.





Sekarang untuk menonaktifkan fungsi notifikasi itu juga sanggup dikatakan sangat mudah, kita perlu pergi ke hidangan pengaturan lalu kita pergi ke Aplikasi.





Pada layar itu daftar aplikasi dan game yang diinstal pada smartphone Android Anda akan muncul, kita sanggup menentukan aplikasi mana yang ingin kita instal notifikasi atau mana yang tidak ingin kita aktifkan.





Jika kita ingin aplikasi tetap muncul maka kita perlu meninggalkan tanda centang di sana dan kalau kita ingin aplikasi tidak muncul maka kita perlu hapus tanda centang.





Jika Anda telah menentukan mana yang ingin Anda aktifkan dan mana yang tidak maka lalu tekan finish atau ok.





2. Tutup Aplikasi yang Tidak Digunakan





Setelah metode di atas telah dilakukan, maka kita perlu menutup aplikasi kalau tidak digunakan.





Tujuannya masih sama, supaya kita sanggup menawarkan kelegaan pada prosesor yang juga akan menciptakan daya baterai pada smartphone menjadi awet, dengan menutup aplikasi juga akan berdampak baik.





Yaitu biasanya case yang jarang hang atau lagg pada smartphone android, ini juga masih terkait dengan yang namanya ram.





Dimana ram itu sendiri berfungsi untuk menyimpan data sementara, kalau sebagian besar aplikasi terbuka maka ram akan cepat hang atau lagg, jadi kita pelru mematikan aplikasi atau game dikala itu tidak digunakan.





Beberapa aplikasi yang sangat menguras baterai smartphone Android ialah aplikasi chat atau aplikasi yang berafiliasi dengan internet.





Ketika kita bermain dengan nama internet maka kita akan menyalakan layar secara terus menerus.





Tentu saja akan menguras energi begitu di baterai smartphone, cara menutup aplikasi ini sangat mudah, teman-teman.





Kami tetap menutup aplikasi secara normal dengan menekan tombol keluar pada smartphone android, atau kalau aplikasi tidak sanggup ditutup dan juga tersembunyi di latar belakang smartphone.





3. Turunkan Pencahayaan Layar





Salah satu cara untuk menghemat daya baterai ialah dengan mengatur kecerahan cahaya pada layar, metode ini merupakan cara yang efektif untuk menciptakan baterai tidak cepat habis dikala digunakan.





Ini lantaran kalau semakin terang lampu layar yang digunakan, maka semakin besar energi yang dikeluarkan untuk menghidupkan layar.





Itu juga berlaku sebaliknya kalau tingkat pencahayaan layar lebih rendah (tidak cerah), semakin banyak daya yang juga akan dipakai untuk menghemat daya baterai.





Sehingga kalau layar menyala kurang terang makan akan semakin usang ponsel android sanggup digunakan.





Selain itu, resolusi layar juga sangat kuat pada seberapa besar daya yang dibutuhkan nantinya.





Jika semakin tinggi resolusi layar ibarat HD atau Quad HD, semakin banyak daya yang dikonsumsi dan tentunya baterai pada smartphone android akan dengan gampang habis.





Selain menyesuaikan pencahayaan atau kontras pada smartphone android, kita juga harus mengubah waktu layar menyala.





4. Gunakan Mode Pesawat





Untuk langkah keempat supaya baterai ponsel android tidak cepat habis, yaitu dengan memakai mode pesawat.





Ini bertujuan untuk meminimalkan penggunaan daya baterai yang dipakai oleh ponsel Android, sehingga akan lebih efisien dan tahan usang selama berjam-jam.





5. Jangan Nyalakan Hotspot





Bagi Anda yang suka bersantai, jangan sering menyalakan hotspot, lantaran ini cukup menguras baterai. Di sini fungsi ponsel sebagai pemancar, dan akseptor sangat menguras energi.





Jadi Anda sebaiknya tidak memakai hotspot dikala menginginkan baterai hp yang tahan lama.





6. Hindari Wallpaper Live





Tujuan dari wallpaper hidup ialah untuk mempercantik penampilan smartphone yang mempunyai wallpaper live diinstal, tetapi jangan menciptakan kesalahan selain wallpaper hidup.





Itu juga sanggup menguras daya baterai smartphone yang memakai wallpaper live. Untuk menghindari baterai habis dengan cepat, kita perlu menghindari memakai wallpaper live di smartphone kita.





Alangkah baiknya kalau kita memakai ekstensi gambar dengan format png dan jpg pada wallpaper. Anda dihentikan memakai gambar dengan ekstensi format gif.





Jika kita memakai gambar dengan ukuran sederhana dan gambar yang jelas, itu juga akan membuatnya lebih gampang untuk memakai smartphone smartphone Android.





7. Jangan Menggunakan Aplikasi Penghemat Baterai





Cara




Mungkin Anda bertanya-tanya, mengapa itu mungkin? Bukankah aplikasi penghemat baterai bertujuan untuk menciptakan ponsel abadi dan tahan lama?





Jika Anda masih memakai aplikasi penghemat baterai, saran kami sebaiknya anda membuangnya.





Apakah Anda yakin aplikasi penghemat baterai Android benar-benar berfungsi? Mari kita mainkan logika sedikit.





Ketika aplikasi penghemat baterai dipasang, aplikasi akan berjalan di latar belakang. Aplikasi yang berjalan di latar belakang harus memakai CPU, niscaya memakai RAM, dan memakai daya.





8. Matikan Getaran dan Suara Keyboard





Fitur getaran pada ponsel ialah penyebab terbesar kedua yang menciptakan baterai cepat habis. Motor listrik untuk menggetarkan ponsel membutuhkan daya yang cukup besar.





Memang, ada kalanya fitur getaran pada ponsel dibutuhkan. Aktifkan hanya dalam mode tenang atau mode tenang saja.





Juga, bunyi pada keypad harus dimatikan. Suara keyboard aktif secara default pada keyboard dial dan keyboard.





9. Jangan Gunakan Antivirus





Tanpa memakai antivirus Android yang anda gunakan bahwasanya sudah kondusif dan tidak ada aplikasi antivirus yang diperlukan. Ini berbeda dengan Anda yang memakai PC atau Windows.





Tahukah Anda bahwa linux bahwasanya tidak membutuhkan antivirus.





10. Matikan Bluetooth, GPS dan NFC





Kebanyakan orang, termasuk sahabat kami, tidak menyadari ketika GPS berlanjut. Padahal GPS sangat menguras baterai.





Untuk itu, pastikan hanya memakai GPS atau Bluetooth atau NFC bila perlu. Selesai menggunakan, segera matikan.





11. Atur Sleep Time Cellphone





Smartphone Android mempunyai pengatur waktu tidur di ponsel. Artinya, ketika ponsel final digunakan, maka dalam waktu tertentu layar akan mati secara otomatis.





Kami telah menjelaskan sebelumnya bahwa faktor terpenting memakai baterai ialah layar. Jadi, waktu ideal untuk mengatur waktu tidur ponsel ialah sekitar 2 menit.





12. Matikan animasi pada sistem Android





Secara otomatis, ponsel Android akan mengaktifkan fitur animasi di jendela SO atau sistem oprasi nya. Artinya, ketika Anda membuka atau menutup aplikasi bahwasanya ada animasi.





Misalnya pada dikala membuka atau menutup aplikasi tertentu akan muncul imbas animasi dari perpindahan jendela.





Mematikan sistem Android akan meningkatkan masa pakai baterai plus bonus untuk meningkatkan kinerja kecepatan ponsel.





Caranya sebagai berikut:





  • Masukkan pengaturan telepon
  • Aktifkan mode pengembang (setiap telepon mempunyai cara berbeda untuk mengaktifkan mode pengembang)
  • Jika sudah menemukannya, buka mode pengembang
  • Matikan skala animasi jendela
  • Matikan skala animasi transisi
  • Matikan animator skala durasi




13. Matikan Fitur Auto Sync





Auto Sync atau Auto Sync ialah fitur android yang bekerja secara terpola di latar belakang.





Ketika fitur ini dihidupkan, Android akan menyinkronkan dan mengunduh informasi secara otomatis bila diperlukan.





Caranya sebagai berikut:





  • Masukkan pengaturan (setiap ponsel mungkin mempunyai pengaturan tampilan yang berbeda)
  • Cari Sinkronisasi Otomatis
  • Pilih Mati




Penutup





Demikian artikel kami perihal 13 Cara Menghemat Baterai Android Agar Tidak Cepat Habis dan Awet, semoga sanggup membantu anda dalam menghemat baterai ponsel Anda.





Terima kasih telah membaca dan hingga berjumpa di artikel kami selanjutnya 🙂





Baca Juga:









F.A.Q.





Apa Itu Ponsel Android?

Ponsel Android ialah smartphone yang sanggup dianggap sebagai ponsel dengan fungsi dan akomodasi yang baik.

Penyebab Baterai Ponsel Cepat Habis?

Salah satu penyebabnya ialah lantaran seringnya kita menjalankan banyak sekali aplikasi secara bersamaan.

Apa Cara Utama Agar Baterai Awet?

Langkah utamanya ialah dengan membeli ponsel android yang mempunyai kapasitas baterai super besar.


FAST DOWNLOADads
| Server1 | Server2 | Server3 |
Download
Next Post Previous Post